PDGK4105 - Strategi Pembelajaran di SD. Materi mata kuliah ini berisi tentang hakikat strategi pembelajaran, karakteristik pembelajaran di SD, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dan pembelajaran yang efektif. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD dapat menjelaskan hakikat strategi pembelajaran, karakteristik pembelajaran di SD, metode mengajar, prosedur pengajaran, kriteria pemilihan metode mengajar dan media pembelajaran, serta penerapan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas serta disiplin kelas dalam pembelajaran efektif.
1. Pak Ali ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut membuat Riri semangat karena dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang dia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip belajar …
- A. perhatian
- B. motivasi
- C. aktivitas
- D. perbedaan individual
Perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan.(A)(1.11)
2. Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….
2. Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….
- A. metode mengajar
- B. strategi pembelajaran
- C. teknik pembelajaran
- D. pendekatan pembelajaran
Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut metode mengajar.(A)(1.24)
3. Proses internal yang digunakan seseorang untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …
3. Proses internal yang digunakan seseorang untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …
- A. keterampilan intelektual
- B. strategi kognitif
- C. informasi verbal
- D. sikap
Proses internal yang digunakan seseorang untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan strategi kognitif.(B)(1.35)
4. Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
4. Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
- A. ekspositori
- B. deduktif
- C. heuristik
- D. induktif
Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran heuristik.(C)(1.50)
5. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu ….
5. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu ….
- A. teman di rumah
- B. pembantu yang suka mengajarkan siswa
- C. perhatian orang tua terhadap belajar siswa
- D. paman yang kadang-kadang bisa mengajarkan siswa
Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu perhatian orang tua terhadap belajar siswa (C)(2.7)
6. Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
6. Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
- A. mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
- B. mampu merespons suasana hati
- C. mampu memotivasi orang lain
- D. mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri
Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri (D)(2.24)
7. Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
7. Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
- A. 5
- B. 6
- C. 3
- D. 4
Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas 3 (C)(2.30)
8. Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
8. Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
- A. logis dan sistematik
- B. konkret dan interaktif
- C. produktif dan inisiatif
- D. formal dan informal
Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara logis dan sistematik ,(A)(2.33)
9. Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
9. Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
- A. kolaboratif
- B. kuantum
- C. kooperatif
- D. tematik
Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar kuantum.(B)(3.6)
10. Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ....
10. Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ....
- A. sinetik
- B. mnemonik
- C. berpikir induktif
- D. inkuiri ilmiah
Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi mnemonik.(B)(3.19)
11. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
11. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
- A. menimbulkan motivasi siswa
- B. membuat kaitan
- C. melaksanakan tes awal
- D. memberi acuan
Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal memberi acuan.(D)(4.6)
12. Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
12. Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
- A. sistematis
- B. kerjasama
- C. belajar tuntas
- D. perhatian
Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip belajar tuntas (C)(4.27)
13. Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
13. Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
- A. memberikan tugas dan latihan-latihan
- B. meninjau kembali penguasaan siswa
- C. memberikan motivasi
- D. memberikan bimbingan belajar
Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah meninjau kembali penguasaan siswa .(B)(4.36)
14. Pada karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang
berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
14. Pada karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang
berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
- A. konsep
- B. fakta
- C. nilai
- D. prinsip
Aspek prinsip.(D)(5.9)
15. Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ....
15. Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ....
- A. diskusi
- B. demonstrasi
- C. simulasi
- D. eksperimen
Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode simulasi.(C)(5.24)
16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
- A. demonstrasi
- B. eksperimen
- C. diskusi
- D. simulasi
Metode eksperimen.(B)(5.28)
17. Salah satu fungsi media pembelajaran adalah ….
17. Salah satu fungsi media pembelajaran adalah ….
- A. sebagai alat hiburan
- B. peralatan dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
- C. membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
- D. meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
Salah satu fungsi media pembelajaran adalah meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.(D)(6.9)
18. Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media…
18. Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media…
- A. jangan didasari oleh kesenangan pribadi semata
- B. sudah memenuhi syarat-syarat teknis
- C. disesuaikan dengan rencana pembelajaran
- D. melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media jangan didasari oleh kesenangan pribadi semata.(A)(6.38)
19. Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah ....
19. Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah ....
- A. TMII
- B. Karang Taruna
- C. Museum
- D. Kantor Gubernur
Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah TMII.(A)(6.59)
20. Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
20. Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
- A. pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
- B. pemberian tuntunan
- C. penyebaran
- D. pemberian acuan
Komponen pemberian tuntunan.(B)(7.11)
21. Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
21. Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
- A. pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
- B. pengaturan urutan pertanyaan
- C. penggunaan pertanyaan pelacak
- D. peningkatan terjadinya interaksi
Komponen peningkatan terjadinya interaksi.(D)(7.15)
22. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
22. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
- A. meningkatkan perhatian siswa
- B. memudahkan siswa belajar
- C. menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
- D. mendorong munculnya perilaku yang negatif
Kecuali D.(D)(7.25)
23. Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
23. Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
- A. mimik dan gerakan badan
- B. gerak mendekati
- C. sentuhan
- D. kegiatan yang menyenangkan
Cara mimik dan gerakan badan .(A)(7.26)
24. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
24. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
- A. melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
- B. meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
- C. memelihara iklim kelas yang kondusif
- D. menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
Kecuali memelihara iklim kelas yang kondusif .(C)(7.40)
25. Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
25. Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
- A. variasi suara
- B. pemusatan perhatian
- C. kesenyapan
- D. mengadakan kontak pandang
Bentuk kesenyapan.(C)(7.42)
26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
- A. meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
- B. membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
- C. mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
- D. memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan guru
Keterampilan menjelaskan bertujuan option A.(A)(7.54)
27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
- A. menganalisis karakteristik penerima pesan
- B. merencanakan isi pesan
- C. pemberian tekanan
- D. penggunaan contoh dan ilustrasi
Bentuk merencanakan isi pesan.(B)(7.55)
28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ....
28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ....
- A. menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
- B. mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
- C. mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
- D. mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
(C)(8.5)
29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
- A. menimbulkan motivasi
- B. menarik perhatian
- C. memberi acuan
- D. membuat kaitan
(B)(8.6)
30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
- A. menilai
- B. memberi tindak lanjut
- C. meninjau kembali
- D. membuat kaitan
(C)(8.9)
31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
- A. berurutan
- B. berkesinambungan
- C. keterkaitan
- D. bermakna
(D)(8.11)
32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
- A. memperjelas masalah
- B. menganalisis pandangan
- C. menyebarkan kesempatan berpartisipasi
- D. menguraikan pendapat
(C)(8.24)
33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ....
33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ....
- A. menunjukkan sikap tanggap
- B. membagi perhatian
- C. memberi penguatan
- D. memberikan petunjuk yang jelas
(A)(8.38)
34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif adalah ....
34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif adalah ....
- A. menekankan hal-hal yang positif
- B. tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah siswa untuk belajar
- C. penggunaan variasi dalam mengajar
- D. mengulangi penjelasan yang tidak perlu
(A)(8.44)
35. Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
35. Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
- A. mengadakan pendekatan secara pribadi
- B. membimbing dan memudahkan belajar
- C. mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
- D. merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran
(B)(8.59)
36. Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
36. Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
- A. guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
- B. guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
- C. kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
- D. memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
(A)(9.5)
37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
- A. tutorial
- B. sumber yang relevan
- C. kegiatan kelompok
- D. mengajarkan kembali
(D)(9.15)
38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ....
38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ....
- A. media pembelajaran
- B. latihan
- C. sumber pembelajaran
- D. tutor sebaya
(D)(9.33)
39. Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
39. Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
- A. kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
- B. kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
- C. kegiatan yang sifatnya penjelasan
- D. kegiatan yang menuntut waktu lama
(A)(9.38)
40. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
40. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
- A. iklim sosio-ekonomi
- B. iklim sosio-emosional
- C. proses kelompok
- D. modifikasi tingkah laku
(D)(10.5)
41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ....
41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ....
- A. pengelolaan kelas
- B. pengelolaan pembelajaran
- C. mengembangkan latihan
- D. mengembangkan media
(B)(10.10)
42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas
42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas
- A. visibility
- B. accessibility
- C. flexibility
- D. comfortableness
(C)(10.19)
43. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
43. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
- A. norma
- B. kebersamaan
- C. persahabatan
- D. kepemimpinan
(D)(10.28)
44. Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
44. Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
- A. disiplin
- B. kesabaran
- C. kebudayaan
- D. kebiasaan
(A)(11.3)
45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas dalam hal ....
45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas dalam hal ....
- A. menangani gangguan ringan
- B. menangani prilaku agresif
- C. menangani gangguan berat
- D. menangani gangguan sedang
(B)(11.31)
46. Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....
46. Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....
- A. aturan secara fleksibel
- B. meningkatkan partisipasi siswa
- C. menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
- D. melibatkan guru
(B)(11.25)
47. Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
47. Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
- A. tujuan
- B. materi
- C. strategi
- D. penilaian
(A)
48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
- A. bersifat fleksibel
- B. berdasarkan kondisi siswa
- C. memenuhi kebenaran ilmiah
- D. berdasarkan kurikulum yang berlaku
(C)
49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
- A. menyiapkan materi baru
- B. menyediakan balikan
- C. melakukan review harian
- D. menyediakan koreksi
(C)
50. Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ....
50. Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ....
- A. belajar secara aktif
- B. kerjasama antardisiplin
- C. peranan pengajar
- D. belajar mandiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar