Rabu, 25 Desember 2013

Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

PDGK4407. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Di dalam Undang-
Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) yang terbaru, peristilahan Pendidikan Luar Biasa telah diganti dengan Pendidikan Khusus. Ini mengandung konsekuensi terhadap penggunaan istilah baik kelembagaan maupun subyek peserta didik. Demikian pula halnya dengan wacana yang berkembang secara intenasional tentang peristilahan anak luar biasa, yang dewasa ini sering disebut dengan istilah special needs educational children atau anak dengan kebutuhan pendidikan khusus.

Anak luar biasa diartikan sebagai anak yang memiliki kelainan fisik, mental, emosi, sosial atau gabungan dari kelainan tersebut yang sifatnya sedemikian rupa sehingga memerlukan layanan pendidikan secara khusus.

1. Menurut PP 72 tahun 1991 penyandang tunagrahita terbagi menjadi tiga yaitu ringan IQ-nya 50 - 70, sedang IQ-nya 30 - 50, dan berat dan sangat berat IQ-nya kurang dari 30. Istilah yang digunakan untuk anak berkebutuhan khusus menurut UU No 20/2003 tentang Sisdiknas adalah anak .........
A. kelaparan
B. yang mengalami gangguan pencernaan
C. Luar biasa
D. menderita karena penyakit kanker
sebab anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa, dan pendidikan bagi anak-anak ini disebut sebagai pendidikan luar biasa.(C)
2. Sejak berlakunya UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas, maka digunakan istilah pendidikan khusus, pendidikan khusus dimaksudkan untuk peserta didik yang ………
A. nakal
B. sering membolos sekolah
C. tidak disiplin
D. memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
sebab pendidikan khusus diperuntukkan bagi anak-anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.(D)
3. Salah satu penyebab munculnya kebutuhan khusus bagi anak-anak tertentu adalah ……
A. memiliki kondisi fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau kecerdasan atau bakat istimewa
B.adanya perbedaan antara siswa yang satu dengan lainnya
C. adanya kebutuhan umum yang dimiliki oleh anak-anak
D. kurangnya kasih sayang dari orang tua dan lingkungan anak
kondisi fisik, emosional, mental, sosial,dan/atau kecerdasan atau bakat istimewa menyebabkan anak memerlukan kebutuhan khusus.(A)
4. Dampak kelainan anak yang menderita kebutuhan khusus jenis ini jauh lebih parah dibandingkandengan jenis penderita kebutuhan khusus lainnya. Kebutuhan khusus yang dimaksud adalah …
A. tunanetra
B. tunarungu
C. tunawicara
D. tunagrahita
sebab penderita tunaganda mengalami kelainan lebih dari satu aspek.(D)
5. Tujuan mengapa guru harus memahami dan mengetahui kebutuhan anak yang berkelainan (kebutuhan khusus) adalah  …..
A. lebih menyayangi dan mengasihani  anak-anak yang berkelainan
B. mampu memahami dan bahkan memberi layanan yang sesuai
C. mudah memberikan semua keperluan mereka
D. mudah memberikan hukuman kepada mereka
dengan memahami anak berkelainan guru akan mudah dalam memberikan layanan bantuan bimbingan kepada mereka.(B)
6. Anak penyandang kelainan sama haknya dengan anak-anak normal lainnya dalam hal pendidikan. Hal ini telah diatur dalam Bab IV Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 6 ayat 5, yang berbunyi ……
A. setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu
B. Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus
C. warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus
D. Setiap warga negara berhak mendapat kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat
sebab pernyataan D merupakan isi dari pasal 6 ayat 5.(D)
7. Selain memiliki hak, penyandang kelainan juga mempunyai kewajiban yang sama dengan orang lain pada umumnya. Salah satu kewajiban mereka menurut Undang- undang No. 20/2003 tentang Sisdiknas, Bab IV adalah …
A. mendapatkan pelayanan kesehatan
B. mengikuti kegiatan keagamaan sesuai dengan agama yang mereka anut
C. mengikuti pendidikan dasar
D. memperoleh penghidupan yang layak
mengikuti pendidikan dasar merupakan hak dari penyandang kelainan.(C)
8. Dari berbagai macam layanan yang diberikan pada anak yang berkelainan, layanan berikut ini merupakan layanan yang paling dibutuhkan, yaitu ……
A. kesehatan
B. pendidikan
C. pemberian kebutuhan hidup
D. bidang keagamaan
layanan pendidikan mempunyai makna yang cukup besar dan merupakan pelayanan ekstra.(B)
9. Layanan pendidikan yang berkaitan dengan kebutuhan emosional sosial, seperti kebutuhan yang berkaitan dengan konsep diri, penyesuaian diri dengan lingkungan/masyarakat sekitar, menghadapi peristiwa penting dalam hidup, dan kebutuhan bersosialisasi, membutuhkan ahli dalam bidang …
A. ahli terapi fisik
B. ahli pendidikan dari berbagai bidang
C. ahli geologi
D. para psikolog dan pekerja sosial
para psikolog dan pekerja sosial dibutuhkan oleh ABK dalam memenuhi kebutuhan sosial emosional.(D)
10. The Education of All Handicapped Children Act (­Gerakan Pendidikan bagi Semua Anak Penyandang Cacat) merupakan undang-undang yang memberikan jaminan kepada ABK dalam hal ……
A. bebas mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma
B. bebas mendapatkan pendidikan sampai tingkat setinggi-tingginya
C. menjamin hak setiap ABK untuk mendapat pendidikan yang sesuai, bebas biaya, dan dilaksanakan dalam lingkungan yang paling tidak terbatas
D. semua ABK berhak mendapatkan pendidikan dasar, dan layanan bimbingan
The Education of All Handicapped Children Act  menjamin setiap penyandang kelainan mempunyai hak untuk mendapat layanan pendidikan yang tidak terisolasi dan sesuai dengan kondisinya.(C)
11. Segresi berbeda dengan integrasi, hal tersebut dikarenakan segresi merupakan bentuk layanan pendidikan bagi ABK yang bersifat ……
A. terpadu
B. terpisah
C. terpisah penuh
D. terpadu penuh
bentuk layanan pendidikan segresi terpisah secara penuh.(C)
12. Semua jenis layanan pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satu kekurangan dari layanan pendidikan terintegrasi terhadap ABK, adalah …..
A. mendapat perlakuan/perhatian yang lebih intensif karena para guru memang disiapkan khusus untuk melayani mereka.
B. dapat menghayati dunia yang sama dengan anak normal, demikian pula anak-normal akan mendapat kesempatan untuk menghayati keanekaragaman dalam hidup
C. keinginan untuk bersaing mungkin lebih tinggi karena para ABK merasa mempunyai kemampuan setara sehingga kesempatan untuk unggul akan semakin terbuka
D. setiap anak diakui sebagai bagian dari anak-anak lain yang ada dalam satu sekolah
sebab dengan layanan pendidikan integrasi, ABK dapat menghayati dunia yang sama dengan anak normal .(B)
13. Setiap anggota tim akan membahas kasus dari bidang keahliannya masing-masing, dan berdasarkan pembahasan tersebut, tim akan mengambil keputusan yang akan ditindaklanjuti oleh seluruh anggota tim. Pernyataan tersebut merupakan esensi dari pendekatan ……
A. kolaborasi
B. segregasi
C. integrasi
D. layanan terpadu
sebab esensi dari pendekatan kolaborasi terletak pada kekompakan tim dalam membantu ABK.(A)
14. Adalah anak yang mempunyai kemampuan yang unggul dari anak rata-rata/normal baik dalam kemampuan intelektual maupun nonintelektual sehingga mereka membutuhkan layanan pendidikan secara khusus Pernyataan tersebut merupakan kesimpulan dari anak …
A. tunarungu
B. tunawicara
C. tunagrahita
D. anak berbakat
kemampuan anak berbakat mempunyai kemampuan yang unggul dari anak rata-rata/normal baik dalam kemampuan intelektual maupun nonintelektual.(D)
15. Kebosanan terhadap pengajaran reguler, kesulitan hubungan sosial dalam kelompok seusia sulit berkonformitas dalam kelompok, frustrasi karena harus menunggu kelompok, merupakan akibat dari adanya …
A. kecepatan perkembangan kognitif yang tidak sesuai dengan perkembangan dan kekuatan fisik
B. perkembangan kognitif anak berbakat yang lebih cepat dari teman sebaya
C. kemampuan kognitif yang tinggi diikuti oleh kekuatan imajinasi anak berbakat yang hebat
D. kemampuan anak berbakat untuk menyerap dan menghimpun informasi yang tidak diimbangi dengan perkembangan emosi dan kesadaran
perkembangan kognitif anak berbakat yang lebih cepat dari teman sebaya, akan berakibat menimbulkan kebosanan terhadap pengajaran reguler, kesulitan hubungan sosial dalam kelompok seusia, sulit berkonformitas dalam kelompok, frustrasi karena harus menunggu kelompok.(B)
16. Anak-anak pada umumnya sama-sama memiliki kebutuhan khusus dalam pendidikan, begitu pula bagi anak berbakat, mereka juga memiliki kebutuhan pendidikan, diantaranya adalah …….
A. kebutuhan sandang dan pangan
B. kebutuhan perlengkapan sekolah
C.peluang untuk dapat berinteraksi dengan anak-anak lainnya
D. peluang untuk melakukan kegiatan keagamaan
anak berbakat juga membutuhkan peluang untuk dapat berinteraksi dengan anak-anak lainnya sehingga mereka tidak menjadi manusia yang memiliki superioritas intelektual saja.(C)
17. Salah satu komponen pemberian layanan bagi anak berbakat adalah komponen sebagai persiapan penentuan jenis layanan. Aspek yang termasuk dalam komponen tersebut adalah.....
A. ciri khas layanan yang sesuai dengan kebutuhan anak berbakat
B. strategi pembelajaran dan model layanan
C.layanan perkembangan kreativitas
D. pengidentifikasian anak berbakat
pengidentifikasian anak berbakat merupakan salah satu komponen sebagai persiapan penentuan jenis layanan.(D)
18. Pengejawantahan dari kekhususan layanan pendidikan anak berbakat, hasil umpan balik untuk keperluan tertentu, pemantauan tingkat kemantapan penguasaan suatu materi sesuai dengan sifat, keterampilan, dan kemampuan maupun kecepatan belajar seseorang, merupakan acuan dari……
A. belajar kelompok
B. belajar klasikal
C. belajar tuntas
D. sistem tutorial
belajar tuntas lebih mengutamakan pada ketuntasan belajar peserta didik.(C)
19. Penyandang tunanetra dapat diklasifikasi atas beberapa kelompok, diantaranya adalah yang mengalami butatotal, dan ada yang digolongkan sebagai low vision. Yang dimaksud low vision adalah.....
A. penyandang yang tidak dapat melihat secara total
B. masih memiliki sisa penglihatan yang fungsional
C.penglihatannya dapat dicatat sebagai PL, LP, atau LPO
D. ketajamana penglihatannya 6/6 hingga 6/18
low vision adalah kelompok penyandang yang tergolong kurang awas.(B)
20. WHO mempunyai strategi yang terdiri dari beberapa langkah untuk memerangi kebutaan dan kurang awas.Langkah langkah tersebut, salah satunya adalah.......
A. memperkuat program kesehatan dasar mata dan menghapuskan faktor-faktor penyebabnya yang dapat dicegah
B. mendirikan banyak rumah sakit khusus mata
C. pelatihan personel untuk perawatan mata
D. membuka seluas-luasnya fakultas kedokteran bagian mata
salah satu langkah WHO dalam memerangi kebutaan dengan cara memperkuat program kesehatan dasar mata dan menghapuskan faktor-faktor penyebabnya yang dapat dicegah.(A)
21. Seorang tunanetra dapat dilatih atau melatih dirinya untuk mengoptimalkan fungsi indera-inderanya yang masih berfungsi. Tujuan dari pelatihan terhadap tunanetra tersebut, adalah .....
A. mengoptimalkan seluruh indera yang ada pada tunanetra
B. meminimalkan dampak negatif ketunanetraan mereka
C. memfungsikan seluruh indera termasuk indera penglihatan
D. membantu tunanetra agar dapat hidup mandiri
dengan meminimalkan dampak negatif ketunanetraan dapat mengurangi rasa stress dan penyesalan yang berkepanjangan.(B)
22. Untuk dapat merumuskan program pendidikan yang tepat, yang dapat memenuhi kebutuhan pendidikan khusus anak-anak tunanetra, perlu dilakukan asesmen yang tepat. Manfaat asesmen yang tepat bagi anak-anak tunanetra adalah......
A. lebih paham mengenai layanan pendidikan khusus bagi siswa tunanetra
B. melakukan penyesuaian metode pengajaran secara tepat
C. memastikan agar anak tunanetra dapat mencapai tahap-tahap perkembangan secara benar
D. memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan
melalui asesmen yang tepat, guru dapat menyesuaikan metode pengajaran yang sesuai bagi anak-anak tunanetra.(B)
23. Siswa yang tergolong tunarungu ini mengalami kehilangan pendengaran antara 56-70 dB. Ia hanya dapat mendengar suara dari jarak dekat, sehingga ia perlu menggunakan hearing aid. Penyandang tunarungu yang dimaksud tergolong dalam …
A. tunarungu ringan
B. tunarungu sedang
C. tunarungu agak berat
D. tunarungu berat
untuk tunarungu agak berat kehilangan pendengarannya< antara 56 – 70 dB (C)
24. Salah satu penyebab terjadinya tunarungu pada diri seseorang karena adanya kerusakan/gangguan yang terjadi pada telinga tengah, yang dapat disebabkan antara lain oleh......
A. penyakit yang disebabkan oleh virus yang sering berbahaya dan sulit didiagnosa secara klinis
B. terjadinya peradangan pada lubang telinga luar (otitis externa)
C. meningitis, yaitu radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang labyrinth
D. tympanisclerosis, yaitu adanya lapisan kalsium/zat kapur pada gendang dengar (membran timpani) dan tulang pendengaran
tympanisclerosis, yaitu adanya lapisan kalsium/zat kapur pada gendang dengar (membran timpani) dan tulang pendengaran yang diakibatkan oleh  adanya kerusakan /gangguan yang terjadi pada telinga tengah.(D)
25. Penyampaian informasi melalui bicara dan bahasa, tekanan, kecepatan, intonasi, kualitas suara, pendengaran dan pemahaman, ekspresi muka, dan gerak-isyarat tangan, merupakan definisi dari ...
A. hubungan sosial
B. komunikasi
C. melakukan hubungan telepon
D. bercakap-cakap
komunikasi merupakan bentuk penyampaian informasi yang dapat dilakukan dengan berbagai cara.(B)
26. Seseorang mengalami kesulitan dalam pembentukan bunyi-bunyi, suku kata, maupun kata-kata, sehingga ucapannya sulit dipahami. Penderita seperti ini tergolong dalam gangguan
A. artikulasi
B. suara
C. kelancaran
D. kehilangan pendengaran
artikulasi merupakan jenis gangguan dalam pembentukan bunyi, suku kata/kata-kata.(A)
27. Salah satu dampak tunarungu bagi anak adalah munculnya sifat membeo, yaitu anak meniru suara-suara yang dibuat orang lain, dan suara-suara yang ditiru tersebut masih belum mempunyai arti. Fase yang dimaksud adalah …
A. fase reflexive vocalization
B. fase babling/vocal play
C. fase lalling
D. fase echolalic
echolalic merupakan fase dimana anak sering  membeo, karena bayi meniru suara-suara yang dibuat orang lain, dan suara-suara yang diriru tersebut masih belum mempunyai arti.(D)
28. Berikut ini merupakan hal yang penting untuk diketahui berkaitan dengan saat terjadinya ketunarunguan pada seseorang, yaitu .........
A. mengoptimalkan fungsi sisa pendengarannya
B. mempertimbangkan alat bantu dengar yang sesuai dengan anak
C. pemerolehan bahasa anak
D. memberikan bimbingan dalam menggunakan bahasa tubuh
pemerolehan bahasa anak, merupakan bentu dari saat terjadinya ketunarunguan.(C)
29. Pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa tunarungu untuk belajar bersama-sama dengan siswa mendengar di sekolah biasa/regular, disebut pendidikan dengan sistem.......
A. Segregasi
B. kelas jauh/kelas kunjung
C. integrasi
D. pendidikan inklusif
pendidikan inklusif menuntut sekolah untuk melakukan penyesuaian baik dalam segi kurikulum, sarana dan prasarana, maupun sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa tunarungu.(D)
30. Klasifikasi penyandang tunagrahita yang menitikberatkan pada kebutuhannya, seperti:(1) bantuan itu dibutuhkan secara berkala atau tidak selalu membutuhkan bantuan, (2) sering membutuhkan bantuan, (3) yang membutuhkan bantuan dalam jangka lama dan bantuanya serius; dan (4) kebutuhan bantuan sepanjang waktu. Klasifikasi tersebut dikelompokkan …..
A. oleh AAMR 1992
B. sesuai dengan PP 72 Tahun 1991
C. berdasarkan kelainan jasmani yang disebut tipe klinis
D. oleh American Asociation on Mental Deficiency
AAMR menitikberatkan penyandang tunagrahita pada empat kebutuhan seperti di atas .(A)
31. Tunagrahita pada diri seseorang bisa disebabkan oleh adanya penyakit Rubbela (campak Jerman) pada janin. Selain itu adanya infeksi penyakit Syphilis. Faktor penyebab seperti ini diakibatkan oleh ....
A. Genetik dan kromosom
B. Pada pra Kelahiran
C. Pada saat Kelahiran
D. Selama masa perkembangan anak-anak
penyakit rubella dan syphilis dapat tumbuh pada masa pra kelahiran.(B)
32. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan terjadinya tunagrahita pada seorang anak, salah satunya adalah ….
A. selama kehamilan, si ibu harus rajin beribadah kepada Tuhan YME
B. tidak ada rasa dendam kepada orang lain
C. setelah anak lahir, si ibu dilarang melakukan hubungan sex bebas
D. Sanitasi lingkungan
yaitu mengupayakan terciptanya lingkungan yang baik sehingga tidak menghambat perkembangan bayi/anak.(D)
33. Dari segi akademik, anak penyandang tunagrahita lebih menyukai terhadap mata pelajaran …
A. matematika
B. kesenian dan olah raga
C. agama
D. IPA
sebab pembelajaran yang bersifat aplikatif seperti kesenian dan olahraga lebih menyenangkan bagi mereka.(B)
34. Tujuan pendidikan anak tunagrahita dikemukakan oleh Suhaeri HN (1980) terbagi atas tiga bagian, yaitu tujuan pendidikan anak tunagrahita ringan tujuan pendidikan anak tunagrahita sedang , dan tujuan pendidikan anak tunagrahita berat. Salah satu tujuan pendidikan anak tunagrahita seperti berikut ini adalah agar anak tunagrahita dapat ….
A. bergaul di masyarakat
B. mengurus diri secara sederhana
C. mengerjakan sesuatu secara rutin dan sederhana
D. melakukan kesibukan yang bermanfaat
agar anak dapat  mengerjakan sesuatu secara rutin dan sederhana  merupakan tujuan pendidikan bagi penyandang tunagrahita sedang.(C)
35. Berikut merupakan strategi yang paling efektif diterapkan pada kelompok murid yang memiliki kemampuan heterogen, adalah …..
A. pengajaran yang diindividualisasikan
B. modifikasi tingkah laku
C. kooperatif
D. belajar kelompok
kooperatif merupakan strategi yang relevan dengan kebutuhan anak tunagrahita di mana kecepatan belajarnya tertinggal dari anak normal.(C)
36. Anak tunadaksa yang dapat mengikuti pelajaran sama dengan anak normal, adalah …..
A. yang mengalami kelainan pada sistem otot dan rangka
B. yang mengalami kelainan persepsi
C. anak cerebral palsy yang kelainannya berat
D. anak yang mengalami gangguan pada simbolisasi
karena anak tunadaksa yang mengalami kelainan  pada sistem otot dan rangka umumnya mempunyai intelegensi normal.(A)
37. Umumnya masyarakat mengganggap anak berkelainan jenis ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dan dianggap sebagai beban masyarakat serta lingkungannya. Maksud dari pernyataan di atas adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam ….
A. keleluasaan gerak dan memposisikan diri
B. komunikasi
C. keterampilan memelihara diri
D. psikososial
bagi remaja dengan kelainan fisik, banyak yang mengalami tidak percaya diri dan harga diri, sehingga mengakibatkan keterbatasan dalam bergaul.(D)
38. Salah, satu isi dari KTSP dalam bentuk pendidikan segregasi (terpisah) untuk kurikulum anak tunarungu, adalah pengembangan kemampuan dasar, pengembangan bahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan dan pendidikan jasmani, merupakan materi dari kurikulum tingkat ……
A. TKLB (Taman Kanak-kanak Luar Biasa)
B. SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa)
C. SLTPLB (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Luar Biasa)
D. SMLB (Sekolah Menengah Luar Biasa)
bagi remaja dengan kelainan fisik, banyak yang mengalami tidak percaya diri dan harga diri, sehingga mengakibatkan keterbatasan dalam bergaul.(A)
39. Anak tunalaras adalah anak yang secara kondisi dan terus menerus menunjukkan penyimpangan tingkah laku tingkat berat yang mempengaruhi proses belajar. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
A. Kauffman (1977)
B. Nelson (1981)
C. Sechmid dan Mercer (1981)
D. Public Law 94-242
bagi remaja dengan kelainan fisik, banyak yang mengalami tidak percaya diri dan harga diri, sehingga mengakibatkan keterbatasan dalam bergaul.(C)
40. Jelaskan akibat dari penggunaan metode dan teknik mengajar yang kurang mengaktifkan anak tunalaras…
A. menjadikan anak merasa bosan dan tidak betah berada di sekolah
B. membuat anak merasa tidak puas terhadap sekolah
C. membuat anak bosan dan merasa lelah
D. murid sering membolos berkeliaran di luar sekolah pada jam-jam belajar, kadang-kadang digunakan untuk merokok, tawuran, dan lain-lain.
membuat anak bosan dan merasa lelah merupakan akibat dari penggunaan metode dan teknik mengajar yang kurang mengaktifkan anak.(C)
41. Model ini menghendaki dalam memperbaiki problem perilaku agar mengupayakan interaksi yang baik antara anak dengan lingkungannya. Model yang dimaksud adalah …
A. biogenetic
B. behavioral (tingkah laku)
C. psikodinamika
D. ekologis
ekologis menganggap bahwa kehidupan ini terjadi karena adanya interaksi antara individu dengan lingkungannya.(D)
42. Kesulitan belajar pada gangguan jenis ini dialami anak terutama dalam pemahaman atau dalam penggunaan bahasa, lisan atau tulisan, dimana (gangguannya) dimanifestasikan dalam ketidak sempurnaan dalam mendengarkan, memikirkan, mengucapkan,membacakan, menuliskan, mengeja atau perhitungan matematis. Kesulitan belajar yang dimaksud adalah …
A. perceptual disabilities dan brain injury
B. Specific learning disabilitiy
C. learning problem
D. brain damage
penyebab dari  Specific learning disabilitiy  diakibatkan oleh gangguan yang dimanifestasikan dalam ketidak sempurnaan dalam mendengarkan, memikirkan, mengucapkan, membacakan, menuliskan, mengeja atau perhitungan matematis.(B)
43. Ayah dari Agus adalah seorang guru besar pada salah satu universitas ternama di Bandung, sementara ibunya seorang dokter ahli penyakit dalam pada rumah sakit swasta ternama di kota yang sama. Sejak kecil Agus tinggal bersama neneknya. Di sekolahnya Agus bukanlah anak yang cerdas, bahkan di kelas 3, dia pernah tidak naik kelas. Jika dibandingkan dengan kedua orangtuanya, Agus sangat jauh berbeda terutama dalam hal kecerdasannya. Kesulitan belajar yang dialami oleh Agus diakibatkan oleh faktor …
A. keturunan/genetik
B. teratogenik
C. pola asuh
D. medis
sebab pola asuh yang diterapkan oleh nenek Agus  kurang menunjang aspek pendidikannya .(C)
44. Dampak dari anak berkesulitan belajar jenis ini adalah anak menjadi kurang percaya diri , merasa cemas, dan takut melakukan kesalahan yang akan menjadi bahan cemoohan teman-temannya, sehingga ia menjadi ragu-ragu dalam berinteraksi dengan lingkungannya atau mengasingkan diri. Berkesulitan belajar yang dimaksud adalah …
A. mengalami gangguan dalam masalah mengingat dan berpikir
B. gangguan dalam perhatian dan hiperaktif
C. masalah persepsi dan koordinasi
D. pemisahan pandangan laki-laki dengan perempuan
dampak dari kurang mampu menyesuaikan diri adalah anak menjadi kurang percaya diri , merasa cemas, dan takut melakukan kesalahan yang akan menjadi bahan cemoohan teman-temannya.(D)
45. Tes ini terdiri dari 50 item dan setiap kartu berisi 10 item meliputi konsonan dan vokal. Tes yang dimaksud adalah …
A. pengenalan huruf
B. menganalisa kata
C. pengenalan kata
D. pemahaman kata
menganalisa kata merupakan bentuk tes yang mengukur kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengucapkan kata‑kata yang tidak mempunyai arti dengan menerapkan bunyi huruf dan menganalisis struktur bunyi huruf.(B)
46. Ada beberapa teknik yang digunakan dalam mengidentifikasi ABK, seperti teknik observasi, wawancara, dan tes sederhana. Bagi guru ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi ABK asal guru tersebut memiliki kemampuan …
A. menguasai materi pelajaran dengan baik
B. telah lulus sertifikasi mengajar
C. mempunyai wawasan yang memadai tentang ABK, kepekaan dan perhatian akan perilaku anak
D. menguasai berbagai teknik dan metode mengajar
dengan mempunyai wawasan yang memadai tentang ABK, kepekaan dan perhatian akan perilaku anak, guru akan mampu mengidentifikasi ABK.(C)
47. Sekilas dilihat dari wajahnya, Neneng nampak begitu cantik, ia duduk di kelas 4 SD namun hampir semua nilai mata pelajaran yang diperolehnya di bawah rata-rata, padahal orangtuanya sudah memberinya les dengan memanggil guru khusus untuknya, namun tidak ada perubahan sehingga di sekolah ia seringkali menjadi olok-olok temannya. Di samping itu Neneng lambat sekali dalam menerima pelajaran yang diberikan gurunya maupun guru lesnya. Setelah dilakukan tes IQ, ternyata IQ Neneng di bawah rata-rata, maka Neneng dikelompokkan ke dalam ……
A. tunagrahita ringan
B. tunanetra ringan
C. tunarungu ringan
D. tunadaksa
kemampuan mental yang berada di bawah normal dengan tolok ukurnya adalah tingkat kecerdasan atau IQ. Anak yang secara signifikan mempunyai IQ di bawah normal dikelompokkan sebagai anak tunagrahita.(A)
48. Dalam pembelajaran tematik, Ibud seringkali tidak dapat menemukan hubungan antara satu materi pada satu pelajaran dengan materi dari pelajaran lain, sehingga apabila dia diminta gurunya menyebutkan materi pelajaran yang sedang dipelajari, Ibud tidak dapat menjelaskannya. Bantuan atau layanan khusus yang pantas diberikan kepada Ibud adalah …
A. menjelaskan keterkaitan antara mata pelajaran satu dengan lainnya
B. memberikan contoh-contoh dari semua materi pelajaran
C. memperkenalkan tematik dan kaitannya dengan beberapa bidang studi yang sesuai
D. secara berkala selalu memberikan tugas untuk mencari kaitan/tema dari seluruh bidang studi yang dipelajari
anak terlebih dahulu diperkenalkan dengan konsep tematik serta keterkaitan antara satu tema pada bidang bantuan atau layanan khusus.(C)
49. Hasil asesmen yang dilakukan tim tidak akan berarti jika tidak ditindaklanjuti dengan …
A. penanganan kasus ABK
B. secara berkala memberikan tugas
C. pengembangan program
D. memberikan layanan yang sesuai
pengembangan program bisa dilaksanakan setelah hasil asesmen ditafsirkan.(C)
50. Sebelum pelaksanaan program berbagai hal perlu dipersiapkan, antara lain ….
A. sarana dan prasarana sekolah
B. soal-soal tes untuk evaluasi
C. jadwal pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang ada pada PPI
D. buku-buku pelajaran (buku paket)
jadwal pelaksanaan harus disiapkan sesuai dengan rencana pada PPI.(C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar