MKDK4001 - Pengantar Pendidikan. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat manusia dan pendidikan, landasan pendidikan, lingkungan pendidikan, sejarah pendidikan di Indonesia, macam- macam aliran pendidikan sejak zaman klasik, aliran pokok pendidikan di Indonesia, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional, serta inovasi pendidikan. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui tes tertulis atau online dalam bentuk tes obyektif.
1. Manusia dapat mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia, oleh sebab itu menurut Aristoteles manusia disebut sebagai makhluk ....
A. berbudaya | |
B. susila | |
C. beragama | |
D. sosial |
Setiap individu memiliki dunia dan tujuan hidup masing-masing. Mereka juga mempunyai
dunia bersama atau tujuan bersama. Dengan hidup sesamanyalah manusia akan mengukuhkan eksistensinya. Sehubungan dengan itu Aristoteles menyebut manusia sebagai makhluk sosial dan makluk bermasyarakat(Ernst Cassirer, 1987) .inti dari manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri. (1.10)(D)
2. Kelahiran manusia mengandung segala kemungkinan, dan ditandai dengan segala kekurangan. Hal ini disebabkan karena perkembangan manusia ....
dunia bersama atau tujuan bersama. Dengan hidup sesamanyalah manusia akan mengukuhkan eksistensinya. Sehubungan dengan itu Aristoteles menyebut manusia sebagai makhluk sosial dan makluk bermasyarakat(Ernst Cassirer, 1987) .inti dari manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri. (1.10)(D)
2. Kelahiran manusia mengandung segala kemungkinan, dan ditandai dengan segala kekurangan. Hal ini disebabkan karena perkembangan manusia ....
A. bersifat tertutup | |
B. berbeda dengan hewan | |
C. bersifat terbuka | |
D. memiliki kodrat dengan sebutan animal educandum |
Manusia dilahirkan ke dunia dengan keharusan untuk menjadi manusia. Namun demikian dalam perkembangannya manusia bersifat terbuka atau mengandung berbagai kemungkinan. Perkembangan manusia bersifat terbuka, oleh sebab itu manusia dapat dididik(1.20)(C).
3. Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
3. Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
A. potensialitas | |
B. moralitas | |
C. dinamika | |
D. sosialitas |
Asas moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik.(B)
4. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ....
4. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ....
A. humanisasi | |
B. individualitas | |
C. sosialitas | |
D. potensialitas |
Manusia bertujuan untuk menjadi manusia. Sedangkan manusia dapat menjadi manusia hanya melalui pendidikan. Dalam konteks ini pendidikan dapat didefinisikan sebagai humanisasi(upaya memanusiakan manusia)(1.29)(A).
5. Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja. Nandy juga bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
5. Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja. Nandy juga bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
A. merupakan martabat orang perorang | |
B. hanya boleh diikuti oleh orang yang memupunyai uang | |
C. hak asasi manusia | |
D. pendidikan dapat membentuk kepribadian manusia menjadi baik |
Akhir-akhir ini banyak organisasi internasional untuk memperluas ha asasi manusia. Kelompok-kelompok tersebut menyebut hak atas pendidikan. Kesempatan pendidikan yang memadai harus menjadi hak bawaan setiap anak (United States Information Agency, 1991). Pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan. (1.32)(C).
6. Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud adalah ....
6. Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud adalah ....
A. religius pendidikan | |
B. ilmiah pendidikan | |
C. filosofis pendidikan | |
D. yuridis dan hukum pendidikan |
Landasan ilmiah pendidikan yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari berbagai cabang atau disiplin ilmu yang menjadi titik tolak dalam rangka praktik pendidikan.(2.5)(B)
7. Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di bawah ini adalah ....
7. Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di bawah ini adalah ....
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006 | |
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 | |
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 | |
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 |
Landasan yuridis pendidikan di Indonesia antara lain :
1. Batang Tubuh UUD 1945;
2. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;
3. PP Nomor 27 Tahun 1990 tentang pendidikan prasekolah;
4. PP Nomor 28 Tahun 1990 tentang pendidikan dasar;
5. PP Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah;
6. PP Nomor 30 dan 31 Tahun 1999 tentang pendidikan tinggi;
7. PP Nomor 73 Tahun 1991 tentang pendidikan luar sekolah;
Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 Tentang Tata Persuratan Di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional (2.7)(A).
8. Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh sebab itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
1. Batang Tubuh UUD 1945;
2. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;
3. PP Nomor 27 Tahun 1990 tentang pendidikan prasekolah;
4. PP Nomor 28 Tahun 1990 tentang pendidikan dasar;
5. PP Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah;
6. PP Nomor 30 dan 31 Tahun 1999 tentang pendidikan tinggi;
7. PP Nomor 73 Tahun 1991 tentang pendidikan luar sekolah;
Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 Tentang Tata Persuratan Di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional (2.7)(A).
8. Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh sebab itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
A. mental spiritual | |
B. filosofis | |
C. yuridis pendidikan | |
D. moral dan agama |
Landasan filosofis pendidikan merupakan seperangkat asumsi-asumsi filsafat umum yang bersifat preskriptif dari suatu aliran filsafat tertentu. Oleh karena itu landasan filosofis pendidikan kita adalah pancasila.(2.9)(B).
9. Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia, tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari aliran pendidikan menurut ....
9. Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia, tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari aliran pendidikan menurut ....
A. Nativisme | |
B. Empirisme | |
C. Konvergensi | |
D. Behaviour |
Menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan bakat adalah faktor yang paling dominan yang dimiliki seseorang.(A)
10. Pranata sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh ....
10. Pranata sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh ....
A. Peter L. Berger | |
B. Komblum | |
C. Theodorson. G.A | |
D. Piaget |
Theodorson G. A. mendefinisikan pranata sosial (social institution) sebagai “an interrelated system of social roles and norms organized about the satisfaction of an important social need or function” (Sudarja Adiwikarta, 1988). Pranata sosial adalah suatu sistem peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi di sekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. (C)
11. Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
11. Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
A. psikologi | |
B. sosiologi | |
C. antropologi | |
D. pedagogik |
definisi di atas merupakan bidang kajian Antropologi.(C)
12. Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis pendidikan Indonesia ....
12. Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis pendidikan Indonesia ....
A. zaman pengaruh Spanyol dan Portugis | |
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 | |
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 | |
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 |
1. Zaman Purba.
2. Zaman Kerajaan Hindu-Budha.
3. Zaman Kerajaan Islam
4. Zaman Pengaruh Portugis dan Spanyol.
5. Zaman Pemerintahan Kolonial Belanda.
Zaman pengaruh Spanyol dan Portugis merupakan landasan historis pendidikan di Indonesia (A)
13. Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
A. ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani | |
B. Human invesment | |
C. deviant behaviour | |
D. pranata sosial |
Dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah investasi.(B)
14. Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji bulanannya hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu, namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
14. Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji bulanannya hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu, namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A. mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya pas-pasan | |
B. anak-anaknya menjadi pintar karena semuanya bersekolah di sekolah negeri | |
C. dibiayai dengan uang yang diperoleh secara halal | |
D. semua anak-anaknya dididik secara prihatin dan secara kebetulan mereka memiliki kecerdasan di atas rata-rata |
Anak yang dididik secara prihatin, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi pandai.(D)
15. Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
15. Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
A. garis keturunan | |
B. pemegang kekuasaan | |
C. bentuk perkawinan | |
D. keutuhan keluarga |
Berdasarkan pembagiannya, pemegang kekuasaan dibagi seperti tersebut di atas.(B)
16. Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ....
16. Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ....
A. instruksional umum | |
B. instruksional khusus | |
C. pendidikan nasional | |
D. pendidikan sekolah |
Tujuan pendidikan sekolah adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. (D).
17. Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
17. Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
A. kursus bahasa Inggris | |
B. kejar Paket A dan Paket B | |
C. secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga | |
D. kursus komputer dan perbengkelan |
Memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.(C)
18. Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ....
18. Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ....
A. guru, siswa dan orang tua murid saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri | |
B. kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas tambahannya sebagai wakil kepala sekolah | |
C. baik guru, siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara bersama-sama | |
D. siswa memiliki kompetensi belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang tua maupun sekolah |
Jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran akan mudah dicapai.(C)
19. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
19. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
A. semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik | |
B. semua guru harus menguasai berbagai kompetensi mengajar | |
C. kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta didik | |
D. media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa |
Hakikat peserta didik harus disesuaikan dengan semua hal yang berkaitan dengan pendidikannya(A)
20. Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
20. Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
A. pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak | |
B. harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur hubungan dan pergaulan tersebut | |
C. ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa | |
D. memiliki waktu khusus seperti layaknya jam belajar di sekolah |
Menurut Langeveld, salah satu karakteristik yang mengandung pendidikan adalah pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak.(A)
21. Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa penyebabnya?
21. Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa penyebabnya?
A. pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya, dan pak Ali dihormati karena pendiamnya | |
B. pak Bonar dihormati siswa karena ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa karena ia guru agama | |
C. dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh | |
D. guru yang dihormati siswa karena wibawanya adalah guru yang memperhatikan dan menyayangi siswanya |
Guru yang berwibawa dan menyayangi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya.(D)
22. Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
22. Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
A. Behavior | |
B. Progresivisme | |
C. Humanisme | |
D. Psikologi kognitif |
Pandangan humanisme terhadap pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek.(C)
23. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah pluralistis? Pengalaman itu ....
23. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah pluralistis? Pengalaman itu ....
A. terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia | |
B. baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat | |
C. hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus | |
D. terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan |
Pluralistis membicarakan tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan pengalaman.(D)
24. Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
24. Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
A. Behaviorisme | |
B. perenialisme | |
C. Nativisme | |
D. Konvergensi |
Pendidikan menurut perenealisme adalah nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan abadi.(B)
25. Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
25. Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
A. Perenialisme | |
B. Progresivisme | |
C. Kontruktivisme | |
D. Esensialisme |
Aliran esensialisme berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi.(D)
26. Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan ....
26. Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan ....
A. Hindu - Budha | |
B. Islam | |
C. Pengaruh Portugis dan Spanyol | |
D. Kolonial Belanda |
Pendidikan pada masa Islam tidak membeda-bedakan peserta didiknya.(B)
27. Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
27. Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
A. UUD RIS Tahun 1950 | |
B. UU Nomor 7 Tahun 1950 | |
C. UU RI Nomor 12 Tahun 1954 | |
D. UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto |
UU UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.(D)
28. Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
28. Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
A. masih rendahnya relevansi pendidikan | |
B. terbatasnya jumlah guru yang bermutu | |
C. masih tingginya angka putus sekolah yang merupakan bagian dari tantangan | |
D. kurangnya peranan dunia usaha dalam pendidikan nasional |
Terbatasnya jumlah guru yang berkualitas merupakan kendala yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah.(B)
29. Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki tujuh asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
29. Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki tujuh asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
A. Taman Siswa | |
B. Muhamadiyah | |
C. Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam | |
D. Pesanteren Tebu Ireng |
Taman Siswa pernah dua kali memiliki asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma.(A)
30. Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di bawah ini ....
30. Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di bawah ini ....
A. sistem religi dan upacara keagamaan | |
B. keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia | |
C. sebagai suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia | |
D. stabil dan berubah |
Stabil dan berubah merupakan salah satu karakteristik kebudayaan.(D)
31. Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
31. Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
A. pranata kebudayaan | |
B. hubungan kebudayaan dan pendidikan | |
C. Pendidikan sebagai proses enkulturasi | |
D. pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan |
Pernyataan di atas merupakan definisi dari pendidikan sebagai proses enkulturasi.(C)
32. Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
32. Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
A. pranata kebudayaan | |
B. pendidikan sebagai ekulturasi | |
C. hubungan kebudayaan dan pendidikan | |
D. kepribadian dan kepribadian bangsa |
Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainya merupakan definisi dari pranata kebudayaan.(A)
33. Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
33. Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
A. Melayu | |
B. Vedoid (Wedda) | |
C. Negroid (Negrito) | |
D. Mongoloid |
Ras Mongoloid memiliki ciri-ciri kulit agak kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk kepala pendek.(D)
34. Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia (masyarakat) di Indonesia adalah ....
34. Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia (masyarakat) di Indonesia adalah ....
A. terdiri dari lingkungan pendidikan, dan lingkungan pergaulan | |
B. terletak diantara dua benua dan dua samudera | |
C. lingkungan sosial | |
D. terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan |
Lingkungan fisik manusia Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera.(B)
35. Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki adat istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh bentuk kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor
35. Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki adat istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh bentuk kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor
A. Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dibantu oleh Sulewatang | |
B. Keuchi dibantu oleh teungku sebagai pimpinan agama dan orang-orang tua sebagai wakil penduduk | |
C. pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah | |
D. Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga namora-mora. Dalam tugasnya dibantu oleh senina |
Kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor bentuk kepemimpinannya pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah. (C)
36. Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan harus berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
36. Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan harus berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
A. nilai-nilai pendidikan dan pergaulan | |
B. nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa | |
C. UU RI No 20 Tahun 2003 | |
D. Pembukaan UUD 1945 |
Nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa merupakan akar implikasi pendidikan nasional.(B)
37. Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
37. Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
A. Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005 | |
B. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 | |
C. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 | |
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 |
UU RI No 23 Th 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional.(C)
38. Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
38. Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
A. berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa | |
B. memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usia mereka masing-masing | |
C. berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA | |
D. bersifat nasional dan bermuatan lokal |
Implikasi dari pengembangan kurikulum adalah bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat nasional bermuatan lokal.(D)
39. Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
39. Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
A. meningkatnya standar nasional mutu pendidikan | |
B. terbinanya kepribadian bangsa Indonesia | |
C. keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi | |
D. relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan lingkungan dan sosial budaya daerah |
Keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia adalah aspek yang ditinjau dari karakteristik antropologi.(C)
40. Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai anak-anak ibu Kamal sehingga mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
40. Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai anak-anak ibu Kamal sehingga mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
A. orang tua asuh | |
B. orang tua angkat | |
C. calon ayah anak-anak Ibu Kamal | |
D. relawan dan dermawan |
Orang tua asuh adalah orang yang rela membantu anak fakir miskin untuk membiayai sekolahnya.(A)
41. Di kelas Anda memiliki siswa yang sangat nakal, dia sering mengganggu teman-temannya, prestasi belajarnyapun kurang begitu bagus, sebenarnya sekolah ingin mengelurkan anak tersebut tetapi tidak mampu karena orang tuanya termasuk orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan sekolah tersebut. Jika Anda menjadi guru kelas dari anak tersebut, tindakan apa yang akan Anda ambil?
41. Di kelas Anda memiliki siswa yang sangat nakal, dia sering mengganggu teman-temannya, prestasi belajarnyapun kurang begitu bagus, sebenarnya sekolah ingin mengelurkan anak tersebut tetapi tidak mampu karena orang tuanya termasuk orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan sekolah tersebut. Jika Anda menjadi guru kelas dari anak tersebut, tindakan apa yang akan Anda ambil?
A. tetap bertekad akan mengeluarkan anak tersebut | |
B. tetap mengajar dengan sebaik-baiknya dan masa bodoh dengan siswa tersebut | |
C. melakukan pendekatan persuasif dan kekeluargaan kepada orang tua siswa dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya tentang anaknya dengan bukti-bukti yang dapat dimengerti mereka | |
D. melakukan pendekatan dengan orang tua siswa dengan harapan mendapatkan imbalan dari mereka |
Pendekatan yang baik oleh guru diharapkan dapat menyadarkan orang tua terhadap anaknya selama di sekolah.(C)
42. Sebuah hukum atau teori dikatakan benar apabila evidensi sesuai dalam mendukung skema induktif. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tindaklanjut dari sebuah pembuktian tentang ....
42. Sebuah hukum atau teori dikatakan benar apabila evidensi sesuai dalam mendukung skema induktif. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tindaklanjut dari sebuah pembuktian tentang ....
A. penyelidikan ilmiah | |
B. metode induksi - deduksi | |
C. proses originasi | |
D. hukum difusi |
Tindaklanjut dari penyelidikan ilmiah adalah pembuktian tentang penyelidikan ilmiah.(A)
43. Ada beberapa pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan kebijakan otonomi daerah menurut Undang-Undang No 22 Tahun 1999, yaitu tentang ....
43. Ada beberapa pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan kebijakan otonomi daerah menurut Undang-Undang No 22 Tahun 1999, yaitu tentang ....
A. untuk memberikan kekuasaan kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi | |
B. bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat | |
C. agar penyelenggaraan pemerintah dapat dilaksanakan lebih demokratis | |
D. agar penyelenggaraan otonomi daerah dipandang perlu untuk lebih menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, dan peran serta masyarakat |
Tujuan di atas merupakan pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan otonomi daerah.(D)
44. Sistem ini merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan yang meliputi bagian-bagiannya, komponennya, sub sistemnya dan titik beratnya pada interaksinya. Definisi di atas merupakan uraian dari ....
44. Sistem ini merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan yang meliputi bagian-bagiannya, komponennya, sub sistemnya dan titik beratnya pada interaksinya. Definisi di atas merupakan uraian dari ....
A. problem solving | |
B. filsafat sistem | |
C. analisis sistem | |
D. manajemen sistem |
Filsafat sistem merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan.(B)
45. Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, jenis pendidikan ini merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara dengan program sarjana. Jenis pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan ....
45. Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, jenis pendidikan ini merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara dengan program sarjana. Jenis pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan ....
A. umum | |
B. khusus | |
C. akademik | |
D. vokasi |
Jenis pendidikan mencakup pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, dan khusus.
Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana.(D)
46. Pilihlah bentuk perubahan yang terjadi sebagai akibat dari adanya inovasi/pembaharuan di bawah ini ....
A. terjadinya perubahan fisik pada anak sesuai dengan pertumbuhan usianya | |
B. akibat dipupuk dan disiram setiap hari, tanaman bunga menjadi subur dan besar | |
C. ditemukannya teknik membaca Alqur'an secara cepat melalui metode iqro | |
D. akibat hujan turun dengan derasnya, Jakarta menjadi banjir dan terjadi kemacetan disemua jalan |
Ditemukannya metode iqro akibat dari penelitian yang dilakukan dengan waktu yang panjang dan secara terus menerus.(C)
47. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi adalah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen adalah ....
47. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi adalah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen adalah ....
A. dilakukan oleh dua individu/kelompok yang memiliki kesamaan satu sama lain | |
B. saling mempengaruhi dan menyampaikan informasi sehingga diperoleh saling pengertian | |
C. dimana partisipan berbagi informasi untuk mencapai pengertian satu sama lain | |
D.adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan |
Ciri-ciri utama komunikasi konvergen adalah adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan.(D)
48. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang digunakan, dan seterusnya. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
48. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang digunakan, dan seterusnya. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
A. ukuran dan kewilayahan | |
B. kegiatan pemeliharaan terbatas | |
C. fasilitas fisik | |
D. prosedur yang digunakan |
Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang digunakan, dan seterusnya merupakan definisi dari kegiatan pemeliharaan terbatas.(B)
49. a. Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih ada yang berpikir bahwa pendidikan bagi anak perempuan tidak perlu tinggi-tinggi, bagi mereka jika sudah menikah pada akhirnya akan ke dapur juga. Anggapan mereka bagi wanita cukup bisa membaca dan menulis saja
49. a. Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih ada yang berpikir bahwa pendidikan bagi anak perempuan tidak perlu tinggi-tinggi, bagi mereka jika sudah menikah pada akhirnya akan ke dapur juga. Anggapan mereka bagi wanita cukup bisa membaca dan menulis saja
b. Di daerah tertentu, jika musim panen tiba, sekolah menjadi sepi karena ditinggalkan oleh murid-muridnya. Pada saat seperti ini anak-anak dilarang oleh orang tuanya untuk bersekolah karena waktu mereka akan diisi dengan kegiatan memanen padi di sawah, sehingga mereka tidak punya waktu untuk belajar.
Kedua contoh di atas merupakan hambatan dalam adopsi inovasi dalam bidang ....
A. mental block barries | |
B. culture block | |
C. sosial block | |
D. fisical block |
Sosial block merupakan hambatan sebagai akibat dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar.(C)
50. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
50. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
A. peningkatan pemerataan kesempatan belajar | |
B. pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar | |
C. cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan | |
D. pendemokrasian pendidikan di Indonesia |
Dasar dari upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan pemerataan kesempatan belajar.(A)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar