PDGK4104 - Perspektif Pendidikan SD. Mata kuliah ini berisi tentang landasan pendidikan
SD, perkembangan pendidikan di SD dari masa ke masa, karakteristik perkembangan siswa SD, karakteristik belajar siswa SD, berbagai bentuk layanan pendidikan bagi siswa SD. Selain itu, mahasiswa juga diberikan gambaran mengenai kompetensi guru SD sebagai pendidik profesional, hakikat kurikulum SD, prosedur pengembangan bahan ajar untuk SD, pelaksanaan pembelajaran di SD, pelaksanaan evaluasi program pembelajaran di SD, serta sumber daya di SD. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD dapat memiliki wawasan yang komprehensif tentang pendidikan di SD.
SD, perkembangan pendidikan di SD dari masa ke masa, karakteristik perkembangan siswa SD, karakteristik belajar siswa SD, berbagai bentuk layanan pendidikan bagi siswa SD. Selain itu, mahasiswa juga diberikan gambaran mengenai kompetensi guru SD sebagai pendidik profesional, hakikat kurikulum SD, prosedur pengembangan bahan ajar untuk SD, pelaksanaan pembelajaran di SD, pelaksanaan evaluasi program pembelajaran di SD, serta sumber daya di SD. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD dapat memiliki wawasan yang komprehensif tentang pendidikan di SD.
1. Definisi yang terkandung dalam teori historis-kultural yang relevan dengan landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD, adalah ....
A. salah satu pilar konseptual tentang perkembangan kognitif anak | |
B. memusatkan perhatian pada penggunaan simbol sebagai alat untuk mengembangkan cara berpikir anak | |
C. menekankan pada potensi manusia sebagai ciri utama, hubungan yang hangat, kesadaran akan perasaan orang lain | |
D. sumber pengetahuan tentang perkembangan kognitif anak |
Karena teori historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang memusatkan perhatian pada bidang telaah aspek manusia dari kognisi (Modul 1. Landasan Pendidikan SD, KB1 tentang landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD).(B)
2. Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu dari 4 sasaran utama karakteristik dalam pendidikan SD, karena pendidikan SD diarahkan untuk ....
2. Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu dari 4 sasaran utama karakteristik dalam pendidikan SD, karena pendidikan SD diarahkan untuk ....
A. dapat membaca, menulis dan menghitung | |
B. mencari informasi untuk memecahkan masalah | |
C. menggunakan logika | |
D. dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh |
Karena dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan berkomunikas (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD), KB 1: tentang: Fungsi, tujuan, dan ciri-ciri pendidikan SD)(D)
3. Makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD adalah sebagai berikut.kecuali ....
3. Makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD adalah sebagai berikut.kecuali ....
A. pengadaan gedung untuk SD adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah | |
B. pemeliharaan gedung dan tanah untuk SD merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah | |
C. pengembangan tenaga kependidikan adalah tanggung jawab Menteri | |
D. perbaikan dan pengadaan gedung serta penyediaan tanah adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah |
Karena pernyataan tersebut bukan makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD, melainkan makna ayat 1. (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD KB 2: tentang makna ayat 1 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD).(C)
4. Pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah adalah ....
4. Pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah adalah ....
A. sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping pendidikan Agama Islam | |
B. jenjang pertama Pendidikan Dasar yang menyelenggarakan Pendidikan Umum bagi anak usia 6-12 tahun | |
C. sekolah yang menyelenggarakan Pendidikan Umum dengan keunggulan yang merupakan kelebihannya dari SD biasa | |
D. sekolah yang mengadakan pelayanan khusus terhadap anak yang memiliki kelainan fisik atau mentalnya |
Karena sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping pendidikan Agama Islam merupakan bentuk pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD, KB 2: tentang Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan SD)(A)
5. Yang dimaksud sekolah rumah adalah....
5. Yang dimaksud sekolah rumah adalah....
A. pendidikan bagi peserta didik yang berusia 15-44 tahun | |
B. program pendidikan non formal setara SD/MI | |
C. sekolah dimana anak yang normal dengan anak yang mengalami kelainan berbaur menjadi satu | |
D. sekolah yang diselenggarakan oleh orang tua di rumah, dengan tujuan potensi anak yang unik dapat berkembang secara optimal |
Karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk Sekolah Rumah (D)
6. Beberapa ketentuan perundang-undangan yang merupakan penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang sistem pendidikan Nasional yang mencakup UU no. 4 Tahun 1950 adalah….
6. Beberapa ketentuan perundang-undangan yang merupakan penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang sistem pendidikan Nasional yang mencakup UU no. 4 Tahun 1950 adalah….
A. Dasar-dasar pendidikan, pengajaran dan kebudayaan | |
B. Pembentukan panitia penyelidik pengajaran RI | |
C. Tentang perumusan tujuan pendidikan nasional sesuai Manipol-USDEK | |
D. Mengatur perguruan tinggi |
Karena pernyataan tersebut merupakan penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional Yaitu UU no. 4 Tahun 1950 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 1: tentang: Ketentuan Perundang-Undangan Terkait Pendidikan SD)(A)
7. Tujuan upaya program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar adalah….
7. Tujuan upaya program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar adalah….
A. agar semua siswa dapat belajar di mana saja | |
B. agar program pendidikan SD dapat berkolaborasi dengan masyarakat | |
C. untuk menciptakan agar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan | |
D. untuk membantu pemerintan mengentaskan kemiskinan |
Krena tujuan upaya program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar, untuk menciptakan agar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan (Moddul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 1: tentang: Program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar)(C)
8. Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar sembilan tahunkecuali….
8. Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar sembilan tahunkecuali….
A. menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera | |
B. menurunya jumlah penduduk yang buta aksara | |
C. menyelesaikan program wajib belajar | |
D. meningkatnya jumlah tenaga terampil |
Karena menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera tidak ada kaitannya dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun.(A)
9. Rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu adalah….
9. Rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu adalah….
A. pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD | |
B. mengutamakan pemerataan pendidikan dasar | |
C. memberi kesempatan pada setiap warga Negara untuk memperoleh pendidikan | |
D. meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan kualitas SDM |
Karena pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD,KB 2:tentang rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005).(A)
10. Contoh yang tepat dengan kemampuan yang mampu menciptakan lingkungan belajar dan pembelajaran yang dapat menumbuhkenbangkan potensi peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan untuk bekerja (learning to do) adalah….
10. Contoh yang tepat dengan kemampuan yang mampu menciptakan lingkungan belajar dan pembelajaran yang dapat menumbuhkenbangkan potensi peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan untuk bekerja (learning to do) adalah….
A. melakukan penelitian tentang pendidikan | |
B. membaca surat kabar tentang berita dunia pendidikan | |
C. bekerja secara mandiri yang menghasilkan suatu produk | |
D. mencari informasi melalui internet tentang pembelajaran di SD |
Karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know.(B)
11. Misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah….
11. Misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah….
A. pelaksanaan pengawasan dalam sistem pendidikan nasional | |
B. pemberdayaan peran masyarakat, serta penyediaan sarana belajar yang mendidik | |
C. pelaksanaan wajib belajar, dan pelaksanaan otonomi manajemen pendidikan | |
D. mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral |
Karena misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 2: tentang: Visi dan Misi Pendidikan Nasional.(D)
12. Berbagai strategi pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam penjelasan umum UU SISDIKNAS 20/2003, adalah ....
12. Berbagai strategi pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam penjelasan umum UU SISDIKNAS 20/2003, adalah ....
A. pengembangan kurikulum berbasis kompetensi | |
B. mengupayakan perluasan untuk memperoleh pendidikan yang bermutu | |
C. pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu | |
D. memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh |
Karena pengembangan kurikulum berbasis kompetensi termasuk salah satu strategi pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam penjelasan umum UU SISDIKNAS 20/2003 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang Visi dan Misi Pendidikan Nasional).(A)
13. Prisip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 adalah….
13. Prisip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 adalah….
A. memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik | |
B. mendorong peserta didik untuk mengikuti perkembangan teknologi | |
C. mengembangkan potensi peserta didik | |
D. substansi kurikulum mencakup dimensi kompetensi |
Karena pernyataan tersebut termasuk Prinsip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum yang sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2 Tentang: beberapa prinsip pengembangan kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003).(A)
14. Gizi sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Hal ini ditunjukkan ….
14. Gizi sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Hal ini ditunjukkan ….
A. pertumbuhan anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam asupan makanannya | |
B. fisik anak sesuai dengan fisik kedua orang tuanya. | |
C. oleh gangguan emosional yang dapat menyebabkan terbentuknya steroid adrenal yang berlebihan | |
D. tinggi badan anak perempuan pada usia 11-12 tahun akan lebih tinggi dari anak laki-laki |
Karena pertumbuhan anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam asupan makanannya merupakan faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak.(A)
15. Sebuah keluarga nampak hidupnya damai dan sejahtera. Nampak anak dan kedua orang tuanya hubungannya dekat dan saling terbuka, Nampak anaknya merasa nyaman dekat orang tuanya.Kasus tersebut menunjukkan keluarga yang….
15. Sebuah keluarga nampak hidupnya damai dan sejahtera. Nampak anak dan kedua orang tuanya hubungannya dekat dan saling terbuka, Nampak anaknya merasa nyaman dekat orang tuanya.Kasus tersebut menunjukkan keluarga yang….
A. otoriter | |
B. bahagia | |
C. permisif | |
D. sejahtera |
Karena kasus di atas sesuai dengan kedua pernyataan tersebut.(C)
16. Motivasi berteman anak SD menurut Harry Stack Sullivan, yang termasuk tahap balas jasa adalah….
16. Motivasi berteman anak SD menurut Harry Stack Sullivan, yang termasuk tahap balas jasa adalah….
A. saling berbagi perasaan, saling bercanda | |
B. kadang-kadang bertengkar, tapi baikan kembali | |
C. mendapatkan teman karena adanya suatu kepentingan rasa keadilan | |
D. menghargai teman sebagai individu, bukan karena status ekonomi. |
Karena mendapatkan teman karena adanya suatu kepentingan rasa keadilan termasuk tahap balas jasa.(C)
17. Berikut adalah contoh prilaku anak SD yang memiliki kematangan perkembangan intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi Piaget seriasi yaitu….
A. anak sedang menyusun gelas dari ukuran kecil hingga yang berukuran besar, atau sebaliknya. | |
B. anak dapat mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk dan cirri-ciri dari masing-masing benda tersebut | |
C. anak menyebut temannya satu persatu sambil menyampaikan ciri-cirinya yang dimiliki oeh masing-masing dari temannya | |
D. anak diberi gelas yang berbeda bentuknya , kemudian di isi air yang volumenya sama, selanjutnya anak suru member komenta |
Karena pernyataan tersebut adalah contoh dari konservasi Piaget seriasi.(A)
18. Berikut adalah contoh yang benar bentuk prilaku anak berdasarkan fungsi bahasa untuk mempengaruhi orang lain....
18. Berikut adalah contoh yang benar bentuk prilaku anak berdasarkan fungsi bahasa untuk mempengaruhi orang lain....
A. Nina pulang sekolah bilang pada ibunya bahwa dia tadi pagi ketemu bibiknya sedang menyeberang jalan di depan pasar | |
B. Yaa! Hpku ketinggalan, padahal saya akan menghubungi teman “ Kata Bu Tatk yang Nampak kecewa” | |
C. Ma..ma..ma..ma terdengar suara bayi yang melihat Ibunya yang melintas di depannya | |
D. Nampak bayi sedang menangis, kemudian Ibunya menghampirinya dan langsung memberi susu ketika itu juga bayi diam dari |
Karena pernyataan tersebut termasuk mempengaruhi orang lain.(D)
19. Berikut adalah contoh ekspresi anak sedang berceloteh ....
19. Berikut adalah contoh ekspresi anak sedang berceloteh ....
A. Seorang bayi waktu melihat mamanya membawa makanan spontan mengucap ma-em-ma-em | |
B. Tatik anak usia 2 tahun saat makan pisang. Dihampiri temannya.Sontan Tatik bicara:mau piasng! | |
C. Wina waktu bermain dengan teman sekolahnya asyik membicarakan PR yang matematika | |
D. Seorang bayi menggeliat sambil menangis ketika akan disuapi oleh Ibunya |
Karena ekspresi tersebut menunjukkan ekspresi anak sedang berceloteh.(A)
20. Berikut adalah contoh yang benar penerapan metode bermain untuk perkembangan agama anak SD ....
20. Berikut adalah contoh yang benar penerapan metode bermain untuk perkembangan agama anak SD ....
A. Waktu anak diajak ke kebun binatang guru di tengah perjalanan memberitahukan pada siswa agar mengamati keistimewaan hewan yang ada di kebun binatang sebagai ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa | |
B. Waktu istirahat guru menghampiri siswa yang sedan meniup balon, sambil berkata minta bantuan teman agar kamu tidak merasa kelelehan meniup balon sendiri . Itulah perlunya berteman! | |
C. Guru bersama anak saat membicarakan kisah si Maling kondang memperingatkan anak jangan berani pada kedua orang tua. | |
D. Waktu pelajaran agama guru menyontohkan cara mengambil air wudhu yang benar |
Karena yang dilakukan guru tersebut adalah contoh yang benar penerapan metode bermain untuk perkenbangan agama anak SD.(B)
21. Pengertian belajar menurut Bruner bahwa inti belajar itu adalah….
21. Pengertian belajar menurut Bruner bahwa inti belajar itu adalah….
A. menstransformasikan informasi | |
B. menemukan kesalahan | |
C. dalam pembelajaran guru harus memperhatikan prisip | |
D. sekedar menghafal sesuatu |
Karena pengertian belajar menurut Bruner adalah menstransformasikan informasi.(A)
22. Pada proses pembelajaran guru memberi tugas pada siswanya untuk melakukan observasi terhadap kehidupan yang terjadi di sebuah pemukiman dekat pabrik. Yang dilakukan guru tersebut adalah contoh dari belajar….
22. Pada proses pembelajaran guru memberi tugas pada siswanya untuk melakukan observasi terhadap kehidupan yang terjadi di sebuah pemukiman dekat pabrik. Yang dilakukan guru tersebut adalah contoh dari belajar….
A. pemberian tugas | |
B. observasi | |
C. menyimak | |
D. menemukan |
Karena dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru hanya menugaskan tidak memberikan rambu-rambu kegiatan apa yang harus dilakukan.(D)
23. Pemberian hadiah dapat menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di sekolah karena ….
23. Pemberian hadiah dapat menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di sekolah karena ….
A. melalui pemberian hadiah dengan harapan siswa dapat belajar lebih baik lagi | |
B. membuat anak menjadi girang dan senang | |
C. anak menjadi percaya diri, karena telah menerima hadiah | |
D. dengan adanya hadiah anak akan berperilaku positif |
Karena melalui pemberian hadiah dengan harapan siswa dapat belajar lebih baik lagi.(A)
24. Tujuan bimbingan dan konseling di SD menurut Agus Taufik antara lain….
24. Tujuan bimbingan dan konseling di SD menurut Agus Taufik antara lain….
A. memperoleh makna pribadi dari belajarnya | |
B. sebagai suatu proses pemberian bantuan pada siswa | |
C. terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya | |
D. siswa dapat memahami diri sendiri |
Karena memperoleh makna pribadi dari belajarnya termasuk tujuan bimbingan dan konseling di SD menurut Agus Taufik.(A)
25. Model layanan yang mengarah pada perkembangan anak berbakat yang berkaitan dengan perkembangan moral adalah….
25. Model layanan yang mengarah pada perkembangan anak berbakat yang berkaitan dengan perkembangan moral adalah….
A. mengembangkan bakat seseorang | |
B. memperhatikan kehidupan anak sehari-hari | |
C. melatih kepemimpinan | |
D. membentuk individu yang bertanggung jawab secara moral |
Kkarena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan perkembangan moral.(D)
26. Sikap dan tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi anak yang berprilaku responsive terhadap perasaan anak adalah….
26. Sikap dan tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi anak yang berprilaku responsive terhadap perasaan anak adalah….
A. selalu memperhatikan anak tersebut | |
B. mengajak anak ketempat yang menyenangkan hatinya | |
C. menciptakan hubungan baik dengan anak | |
D. berbuat adil terhadap semua anak |
Karena pernyataan tersebut termasuk tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi anak yang berprilaku responsive terhadap perasaan anak.(A)
27. Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah….
27. Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah….
A. melakukan refleksi pada setiap akhir pembelajaran | |
B. membentuk kelompok kerja guru | |
C. melakukan penelitian mengenai kinerja guru | |
D. menyelenggarakan seminar ilmiah |
Karena melakukan refleksi pada setiap akhir pembelajaran termasuk kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru.(A)
28. Kegiatan yang dapat di lakukan oleh LPMP dalam peningkatan profesionalitas guru adalah….
28. Kegiatan yang dapat di lakukan oleh LPMP dalam peningkatan profesionalitas guru adalah….
A. penerapan PAKEM | |
B. menyampaikan beberapa pengalaman | |
C. pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran | |
D. informasi mode-model pembelajaran |
Karena pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran termasuk kegiatan yang dapat di lakukan di berbagai wadah peningkatan profesionalitas guru pada LPMP(C)
29. Yang harus dibentuk melalui pengembangan kurikulum dan pembelajaran di SD sesuai dengan pasal 6 ayat 6 PP No. 19 tahun 2005 yang berkaitan dengan kemampuan berkomuniksi adalah….
29. Yang harus dibentuk melalui pengembangan kurikulum dan pembelajaran di SD sesuai dengan pasal 6 ayat 6 PP No. 19 tahun 2005 yang berkaitan dengan kemampuan berkomuniksi adalah….
A. mengacu pada pemahaman peserta didik tentang fenomena di lingkungannya dalam rangka menyesuaikan perilaku dalam kehidupan. | |
B. kemampuan peserta didik dalam memahami fenomena di lingkungannya dan mengemasnya dalam bahasa Indonesia yang baik | |
C. mengacu pada kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, dan memilih alternatif yang paling layak. | |
D. mengacu pada kemampuan peserta didik dalam menggunakan logika dan bukti secara sistematis |
Karena kemampuan peserta didik dalam memahami fenomena di lingkungannya dan mengemasnya dalam bahasa Indonesia yang baik termasuk kemampuan berkomuniksi.(B)
30. Standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara peserta didik diharapkan….
30. Standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara peserta didik diharapkan….
A. mampu menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan perkenalan | |
B. memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan dan pesan | |
C. mampu menggunakan berbagai jenis bacaan untuk memahami wacana berbagai teks panjang dan berbagai karya sastra. | |
D. mampu melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. |
Karena standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara adalah peserta didik mampu menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan perkenalan.(A)
31. Ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan muatan kurikulum SD adalah …
31. Ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan muatan kurikulum SD adalah …
A. meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan , kepribadian, dan akhlak mulia | |
B. merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didikdalam kegiatan pembelajaran | |
C. merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun | |
D. rencana pembelajaran pada kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi |
Karena pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didikdalam kegiatan pembelajaran merupakan ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan muatan kurikulum SD.(B)
32. Cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah ….
32. Cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah ….
A. kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan kondisi sekolah | |
B. mencantumkan semua mata pelajaran beserta alokasi waktu yang telah disesuaikan dengan struktur kurikulum SD | |
C. kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan potensi daerah | |
D. mencantumkan aturan beban belajar untuk setiap mata pelajaran yang berlaku di sekolah. |
Karena kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan kondisi sekolah merupakan cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum.(A)
33. Pengertian dari aspek pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah….
33. Pengertian dari aspek pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah….
A. bagian integral dari pembelajaran semua mata pelajaran.di sekolah unggulan | |
B. pendidikan yang menerapkan program sekolah unggulan | |
C. pendidikan jangka panjang yang berorientasi menuju sekolah unggulan | |
D. pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global |
Karena pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global termasuk aspek pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur & muatan kurikulum.(D)
34. Komponen-komponen yang ada pada buku teks sebagai bahan ajar adalah….
A. tujuan, sumber, waktu, dan cara kerja | |
B. tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi | |
C. tujuan pembelajaran, tindak lanjut, dan cara keja | |
D. uraian materi, sumber, tindak lanjut, dan prosedur kerja |
Karena tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi merupakan komponen dalam buku teks sebagai bahan ajar.(B)
35. Langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick, Carey, & Carey sebagai berikut.
35. Langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick, Carey, & Carey sebagai berikut.
A. menelaah strategi pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai setiap kompetensi yang telah ditetapkan, melakukan survey berbagai leteraturmempertimbangkan apakah mengadopsi bahan ajar yang tersedia, , merancang dan menulis materi bahan ajar, dan melakukan evaluasi bahan ajar yang sudah dikembangkan. | |
B. menelaah hasil analisis tentang siswa dan masing-masing proses pembelajaran , mempertimbangkan peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran, menentukan materi yang perlu dirancang, melakukan surveiberbagai leteratur dan ahli bidang ilmu untuk mengetahui bahan ajar yang sudah tersedia. | |
C. memperbaiki bahan ajar sesuai dengan hasil evaluasi, membuat lembar kerja siswa jika diperlukan, menelaah setiap pertemuan pembelajaran, menelaah hasil analisis konteks belajar dan asumsi tentang sumber belajar yang tersedia untuk mengembangkan bahan ajar, menentukan apakah materi baru perlu dirancang . | |
D. melakukan evaluasi terhadap bahan ajar yang sudah dikembangkan, menelaah strategi pembelajaran, yang akan dilakukan untuk mencapai setiap kompetensi yang telah ditetapkan, menelaah hasil analisis tentang siswa dan masing-masing proses pembelajaran, merancang dan menulis materi bahan ajar, berdasarkan stratgi pembelajaran. |
Karena pernytaan tersebut menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick, Carey, & Carey.(A)
36. Pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan kriteria psiko-pedagogis antara lain….
36. Pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan kriteria psiko-pedagogis antara lain….
A. bahan ajar harus menjadi alat dan sarana untuk perkembangan kompetensi siswa | |
B. membantu siswa untuk memperoleh pemahamanyang mendalam tentang suatu bidang ilmu | |
C. kesesuaian antara isi dengan tujuan pembelajaran | |
D. memungkinkan siswa memiliki wawasan dan pemahaman terhadap bidang ilmu |
Karena pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan-pertimbangan pemilihan bahan ajar berdasarkan kriteria psiko-pedagogis.(D)
37. Dari pertanyaan berikut yang harus dijawab dalam memilh buku kerja siswa berdasarkan kriteria keterbacaan menurut Omstein adalah….
37. Dari pertanyaan berikut yang harus dijawab dalam memilh buku kerja siswa berdasarkan kriteria keterbacaan menurut Omstein adalah….
A. Apakah buku kerja sesuai dengan tujuan pendidikan? | |
B. Apakah siswa memahami petunjuk latihan? | |
C. Apakah materi membantu siswa menguasai kompetensi yang diharapkan? | |
D. Apakah latihan dalam buku kerja meningkatkan kemampuan berpikir siswa? |
Karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria keterbacaan menurut Omstein.(B)
38. Beberapa hal yang berhubungan dengan strategi pembelajaran secara kontekstual antara lain….
38. Beberapa hal yang berhubungan dengan strategi pembelajaran secara kontekstual antara lain….
A. fenomena kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan murid | |
B. dalam program pembelajaran tercermin tujuan pembelajaran dan media untuk mencapai tujuan tersebut | |
C. para guru ditingkatkan profesionalitasnya melalui penataran dan seminar-seminar | |
D. guru ditingkatkan kualifikasinya melalui latihan atau wokshop, dan penyempurnaan kurikulum |
Karena fenomena kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan murid termasuk beberapa hal yang berhubungan dengan strategi pembelajaran secara kontekstual.(A)
39. Berikut adalah contoh kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran kontekstual yaitu ....
39. Berikut adalah contoh kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran kontekstual yaitu ....
A. guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan | |
B. guru menyampaikan tujuan pembelajaran | |
C. siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran | |
D. siswa melakukan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru |
Karena siswa melakukan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru adalah tahap kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran kontekstual.(D)
40. PAKEM dari perspektif guru antara lain adalah….
40. PAKEM dari perspektif guru antara lain adalah….
A. siswa aktif bertanya dalam pembelajaran | |
B. siswa menyusun laporan percobaan | |
C. seluruh kegiatan siswa dalam pembelajaran | |
D. guru memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik |
Karena guru memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik adalah PAKEM dari perspektif guru.(D)
41. Jika model CIPP yang di terapkan untuk evaluasi program pembelajaran maka yang menjadi sasaran penilaian adalah ....
41. Jika model CIPP yang di terapkan untuk evaluasi program pembelajaran maka yang menjadi sasaran penilaian adalah ....
A. seluruh aspek program pembelajaran | |
B. sarana atau alat peraga pendidikan | |
C. lingkungan belajar | |
D. perencanaan pembelajaran |
Karena jika model CIPP yang di terapkan untuk evaluasi program pembelajaran maka yang menjadi sasaran penilaian adalah seluruh aspek program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB1: Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di SD tentang penerapan model CIPP.(A)
42. Tujuan dilakukannya evaluasi program pembelajaran adalah untuk ....
42. Tujuan dilakukannya evaluasi program pembelajaran adalah untuk ....
A. menjadikan sekolah unggulan | |
B. mengetahui kualitas program pembelajaran | |
C. mengetahui kurikulum yang berlaku | |
D. menentukan silabus yang diperlukan |
Karena mengetahui kualitas program pembelajaran merupakan tujuan dilakukannya evaluasi program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB1: Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di SD).(B)
43. Lima (5) langkah dari 12 langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran adalah ....
43. Lima (5) langkah dari 12 langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran adalah ....
A. menentukan KKM,mengkoordinasikan tes formatif, menentukan criteria kenaikan kelas, melaporkan hasil penilaian, dan melaporkan pencapaian hasil belajar | |
B. mengembangkan desain evaluasi, mengembangkan instrument, melaksanakan evaluasi, menganalisis data, dan menyusun laporan | |
C. merumuskan masalah, mengemukakan tujuan penilaian, menentukan model penilaian, menentukan sasaran, dan membuat instrument | |
D. membuat soal yang akan digunakan, menentukan kompetensi dasar, melaksanakan evaluasi, membuat jadwal dan mengembangkan instrument |
Karena kelima langkah tersebut adalah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB2: Langkah-langkah dan Tindak lanjud Evaluasi Proram Pembelajaran).(A)
44. Ruang lingkup tugas Pengawas SD yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di SD, yaitu ....
44. Ruang lingkup tugas Pengawas SD yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di SD, yaitu ....
A. bertanggung jawab, dan mempunyai wewenang secara penuh untuk melakukan pembinaan terhadap SD | |
B. sebagai penghubung antara dinas pendidikan dengan sekolah terutama dalam hal kebijakan | |
C. bertanggung jawab terhafap pengelolaan system pendidikan nasional yang telah ditetapkan oloeh Undang-undang no.20/2003 | |
D. berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan dalam hal perencanaan, pengawasan dan evaluasi program |
Karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Pengawas SD yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di SD (Modul 12: Sumber Daya Sekolah Dasar, KB 2: Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD).(A)
45. Pemanfaatan BOS di lingkungan SD antara lain untuk ....
45. Pemanfaatan BOS di lingkungan SD antara lain untuk ....
A. dipinjamkan pada yang membutuhkan | |
B. ditanamkan sebagai saham | |
C. pembelian buku siswa | |
D. kegiatan monitoring |
Karena pembelian buku siswa termasuk yang didanai BOS (Modul 12: Sumber Daya Sekolah Dasar, KB 2: Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD).(C)
46. Kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi, adalah ....
1. pemantauan satuan pendidikan dasar bertaraf internasional | |
2. mengembangkan sistem evaluasi dan akreditasi guru SD/MI | |
3. pembiayaan penjaminan mutu satuan pendidikan |
Jawaban 1, dan 3 benar, karena sesuai dengan kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 2: Tentang kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi). Jawaban 2 salah, karena pernyataan tersebut merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005.
47. Makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa warga Negara yang memilki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak memperoleh pendidikan khusus adalah….
1. pendidikan disesuaikan dengan karakteristik psikologis peserta didik | |
2. pendidikan berlangsung sepanjang hayat tanpa kecuali | |
3. terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi seluruh warga Negara tanpa kecuali |
1, 2, dan 3 benar, karena ketiga pernyataan tersebut sesuai dengan makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa warga Negara yang memilki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak memperoleh pendidikan khusus (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2 tentang:: Makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003).
48. Standard Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 antara lain….
1. mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri | |
2. mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya | |
3. menunjukkan kegemaran membaca dan menulis |
Jawaban 1, 2, dan 3 benar, karena pernyataan tersebut termasuk Standard Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 (Modul 3 Kb2: Tentang Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006).
49. Ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka dapat diidentifikasi apabila anak tersebut berjalan nampak….
49. Ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka dapat diidentifikasi apabila anak tersebut berjalan nampak….
1. seolah-olah seluruh tubuhnya ikut bergerak | |
2. tubuhnya oleng ke kiri atau kekanan | |
3. masih sering jatuh |
Jawaban 1, 2, dan 3 benar, karena ketiga pernyataan tersebut adalah ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka dapat cara berjalan (modul 4, KB 1 tentang Karakteristik Perkembangan Motorik.).
50. Manfaat dari bermain teka-teki dalam belajar menganalisis adalah….
1. Mengasah daya ingat | |
2. belajar mengklasifikasi | |
3. mengembangkan kemampuan analisis |
look at this web-site 7a replica bags philippines go to this website replica bags qatar look at this site replica bags online
BalasHapushis explanation https://www.dolabuy.ru/ check my blog Louis Vuitton fake Bags Continue Reading Gucci Dolabuy
BalasHapus