PEBI4223 - Pendidikan Lingkungan Hidup. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan
dapat menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan kependudukan dan lingkungan hidup serta menerapkannya dalam pembelajaran. Karenanya mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk mengkaji pengetahuan tentang lingkungan hidup menghayati etika lingkungan sehingga dapat mengambil keputusan tentang lingkungan hidup berdasarkan asas-asas lingkungan serta etika lingkungan hidup dan menerapkannya dalam pembelajaran. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.
dapat menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan kependudukan dan lingkungan hidup serta menerapkannya dalam pembelajaran. Karenanya mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk mengkaji pengetahuan tentang lingkungan hidup menghayati etika lingkungan sehingga dapat mengambil keputusan tentang lingkungan hidup berdasarkan asas-asas lingkungan serta etika lingkungan hidup dan menerapkannya dalam pembelajaran. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.
1. Kegiatan pendidikan di bidang Lingkungan Hidup (LH) di luar sekolah yang dilaksanakan secara tidak terstruktur merupakan pengertian dari ... .
A. Lingkungan Hidup (LH) | |
B. Kelembagaan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) | |
C. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) formal | |
D. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) |
Pendidikan mengenai lingkungan hidup yang dilakukan di luar sekolah dan tidak terstruktur merupakan pengertian dari PLH informal.(D)
2. Guru, pengajar dan fasilitator yang berkualitas dan berbudaya lingkungan merupakan salah satu faktor
2. Guru, pengajar dan fasilitator yang berkualitas dan berbudaya lingkungan merupakan salah satu faktor
A. sarana dan prasarana | |
B. metode berbasis kompetensi | |
C. sumber daya manusia | |
D. informasi yang berkualitas |
Guru, pengajar, dan fasilitator merupakan sumber daya manusia yang berperan dalam pelaksanaan pendidikan lingkungan hidupu (PLH) di lapangan.(C)
3. Pernyataan yang benar mengenai kedudukan manusia dalam jaring makanan dan rantai makanan adalah ....
3. Pernyataan yang benar mengenai kedudukan manusia dalam jaring makanan dan rantai makanan adalah ....
A. dalam rantai makanan, kedudukan manusia sama dengan elang | |
B. dalam jaring makanan, sumber makanan manusia lebih banyak daripada elang | |
C. dalam rantai makanan, manusia menduduki tingkat trofik I | |
D. dalam jaring makanan, manusia berada pada tingkat trofik |
Dalam jaring makanan maupun rantai makanan, manusia bersifat omnivora sehingga jenis makanannya lebih banyak daripada elang yang bersifat carnivore.(B)
4. Di negara yang belum berkembang umumnya masyarakatnya banyak melakkukan pemanfaat hutan untuk dijadikan pemukiman dan sebagai bahan makanan. Selain itu melakukan penambangan batu bara secara besar-besaran. Akibat dari aktivitas tersebut maka negara akan menghadapi krisis ....
4. Di negara yang belum berkembang umumnya masyarakatnya banyak melakkukan pemanfaat hutan untuk dijadikan pemukiman dan sebagai bahan makanan. Selain itu melakukan penambangan batu bara secara besar-besaran. Akibat dari aktivitas tersebut maka negara akan menghadapi krisis ....
A. kebijakan energi | |
B. kekurangan bahan bakan dan makanan | |
C. kekurangan cadangan energi minyak | |
D. kekurangan energi dan kerusakan lingkungan |
Hutan antara lain merupakan sumber makanan, sedangkan batu bara merupakan sumber bahan bakar. Keduanya harus dimanfatkan sebaik-baiknya.(B)
5. Standar kadar maksimum total kloroform dalam air yang akan digunakan untuk minum tanpa pengelolaan dulu adalah ....
5. Standar kadar maksimum total kloroform dalam air yang akan digunakan untuk minum tanpa pengelolaan dulu adalah ....
A. 3 ppm per 100 ml | |
B. 10 ppm per 100 ml | |
C. 20 ppm per 100 ml | |
D. 30 ppm per 100 ml |
Standar kadar maksimum senyawa dalam air tergantung dari penggunaan air tersebut sesuai degan ketentuan yang sudah dibuat(A)
6. Urutan yang benar mengenai siklus hidrologi air di alam adalah ....
6. Urutan yang benar mengenai siklus hidrologi air di alam adalah ....
A. evaporasi dan transpirasi - presipitasi - kondensasi | |
B. kondensasi - evaporasi dan transpirasi - presipitasi | |
C. evaporasi dan transpirasi - kondensasi - presipitasi | |
D. presipitasi - kondensasi - evaporasi dan transpirasi |
Urutan sikllus hidrologi di alam yaitu dimulai dari air yang menguap karena pemanasan atau transpirasi, kemudian terkondensasi menjadi butir-butir halus, dan akhirnya terjadi presipitasi turun sebagai hujan karena semakin berat.(C)
7. Contoh bahan pencemar perairan yang termasuk dala kategori anorganik adalah ....
7. Contoh bahan pencemar perairan yang termasuk dala kategori anorganik adalah ....
A. detergen dan Eschericia coli | |
B. kotoran ternak dan urea | |
C. cacing tambang dan jamur | |
D. oli dan minyak tanah |
Oli dan minyak tanah merupakan bahan pencemar perairan yang termasuk dalam kategori anorganik.(D)
8. Lapisan pada profil tanah yang memiliki ciri-ciri: berwarna terang, tebal, padat, disertai kandungan materi organik yang sedikit adalah lapisan ....
8. Lapisan pada profil tanah yang memiliki ciri-ciri: berwarna terang, tebal, padat, disertai kandungan materi organik yang sedikit adalah lapisan ....
A. horizon organik | |
B. topsoil | |
C. subsoil | |
D. horizon C |
Lapisan subsoil disebut juga zona leaching dimana pada lapisan ini tertumpuk campuran materi dari apisan topsoil yang ikut terbawa arus air.(C)
9. Pemanfaatan udara oleh makhluk hidup yang dilakukan secara langsung adalah sebagai berikut, kecuali sebaga....
9. Pemanfaatan udara oleh makhluk hidup yang dilakukan secara langsung adalah sebagai berikut, kecuali sebaga....
A. sumber untuk pernapasan bagi manusia dan hewan | |
B. sumber cahaya bagi aktivitas hewan nokturnal | |
C. sumber untuk pernapasan dan fotosintesis bagi tanaman | |
D. tempat kehidupan sementara bagi beberapa jenis jamur |
hewan nokturnal aktivitasnya dilakukan pada malam hari, sehingga cahaya dari udara tidak diperlukan secara langsung untuk melakukan aktivitasnya.(B)
10. Pandangan manusia yang bersifat ekosentris terhadap alam mempunyai arti ....
10. Pandangan manusia yang bersifat ekosentris terhadap alam mempunyai arti ....
A. dapat memanfaatkan alam untuk kepentingan pribadi | |
B. dapat menguasai alam tanpa batas | |
C. fenomena kehidupannya hanya menggunakan insting sebagai respon dari lingkungannya | |
D. dapat menguasai alam dan mengatur hubungan yang harmonis dengan alam |
Manusia mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada tumbuhan dan hewan sehingga dapat menguasai alam. Pandangan ekosentris dari manusia yaitu dapat mengatur hubungan alam dengannya dengan memperhatikan lingkungannya.(D)
11. Pengendalian pencemaran udara yang bersifat output diantaranya adalah ....
11. Pengendalian pencemaran udara yang bersifat output diantaranya adalah ....
A. menggunakan batu bara dalam bentuk cair | |
B. menggunakan saringan pada knalpot kendaraan bermotor | |
C. tidak sering menggunakan kendaraan pribadi | |
D. memanfaatkan cahaya matahari untuk menggantikan energi minyak |
Pengendalian pencemaran udaara yang bersifat output anatara lain dengan cara memperbaiki kadar limbah yang dihasilkan misalnya dengan menggunakan saringan atau menggunakan alat tambahan pada mesin mobil sehingga pembakaran menjadi sempurna(B)
12 Di suatu negara pada pertengahan tahun 2000 mempunyai penduduk 930.000.000 orang, dan mempunyai angka kelahiran 0,0067. Jumlah kelahiran pada tahun itu adalah .....
12 Di suatu negara pada pertengahan tahun 2000 mempunyai penduduk 930.000.000 orang, dan mempunyai angka kelahiran 0,0067. Jumlah kelahiran pada tahun itu adalah .....
A. 62.000 orang | |
B. 31.000 orang | |
C. 3.200 orang | |
D. 6.200 orang |
D
13. Berikut pernyataan mengenai contoh pencapaian tujuan ekoefisiensi yang benar, kecuali ....
13. Berikut pernyataan mengenai contoh pencapaian tujuan ekoefisiensi yang benar, kecuali ....
A. membuka usaha home industry bertenaga kerja cukup banyak | |
B. memisahkan sampah organik dan anorganik agar dapat didaur ulang | |
C. membuka lahan baaru untuk pemukiman | |
D. meminimalkan terjadinya polusi dan pencemaran |
14. Salah satu penerapan prinsip ekoefisiensi dalam suatu perusahaan adalah ....
A. kualitas dapat diabaikan | |
B. biaya untuk bahan produksi naik | |
C. pekerjaan bertambah banyak | |
D. biaya produksi lebih hemat |
Prinsip ekoefisiensi dalam suatu perusahaan diataranya adalah meningkatkan kualitas, menekan biaya produksi, mengurangi jumlah pekerjaan, dan menghemat biaya produksi.(D)
15. Dalam membuat suatu Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran PLH/PPB diperlukan rambu sebagai berikut kecuali ....
15. Dalam membuat suatu Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran PLH/PPB diperlukan rambu sebagai berikut kecuali ....
A. memuat tugas pada bagian akhir | |
B. disusun sesuai keinginan | |
C. menggunakan prinsip interaktif | |
D. mempunyai tujuan yang jelas |
Dalam membuat suatu LKS urutan komponennya harus disusun secara sistematis dan sama.(B)
16. Dampak adanya globalisasi pada jaringan informasi di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali ....
16. Dampak adanya globalisasi pada jaringan informasi di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. bermunculannya jenis makanan siap saji | |
B. mudahnya mendapatkan pengetahuan yang baru | |
C. Selera masyarakat pada umumnya menjadi global | |
D. banyaknya tenaga kerja yang di "ekspor" ke negara maju |
Pengeksporan tenaga kerja Indonesia ke negara maju merupakan globalisasi tenaga kerja / bidang pekerjaan bukan informasi.(D)
17. Berikut contoh adanya masalah lingkungan yang disebabkan adanya aktivitas manusia adalah ...
17. Berikut contoh adanya masalah lingkungan yang disebabkan adanya aktivitas manusia adalah ...
1. menipisnya lapisan ozon | |
2. meletusnya gunung Merapi pada tahun 1883 | |
3. longsornya gunungan sampah di Leuwigajah |
Jawaban 1 dan 3 benar. Gunung api meletus merupakan fenomena alam yang tidak dapat dihindarkan atau dipengaruhi oleh aktivitas manusia.
18. Pernyataan yang benar mengenai perkembangan Pendidikan Lingkungan Hidup di Indonesia adalah ...
18. Pernyataan yang benar mengenai perkembangan Pendidikan Lingkungan Hidup di Indonesia adalah ...
1. Pelopor pengembanganpenyelenggaraan Pendidikan Lingkungan di Indonesia pada tahun 1975 adalah Universitas Indonesia | |
2. Jaringan pendidikan Lingkungan (JPL) dibentuk pada tahun 1996/1997 | |
3. Garis Besar Program Pengajaran PLH untuk pendidikan dasar disusun oleh UNJ |
Jawaban 2 dan 3 benar. Jaringan Pendidikan Lingkungan pertama dibentuk pada tahun 1996/1997, dan GBPP bidang lingkungan hidup untuk pendidikan dasar pertamanya disusun oleh UNJ.
19. Pada perioda sosialisasi dalamperkembangan PLH di Indonesia terjadi hal-hal berikut seperti ... .
19. Pada perioda sosialisasi dalamperkembangan PLH di Indonesia terjadi hal-hal berikut seperti ... .
1. berdiri berbagai pusat studi mengenai kependudukan dan lingkungan | |
2. Diklat LAN memasukkan materi kependudukan dan LH ke dalam materi kurikulum tingkat sepada, sepadia, dan sespa | |
3. disusunnya GBPP bidang LH untuk pendidikan dasar |
Jawaban 1 dan 2 benar. Disusunnya GBPP bidang LH untuk pendidikan dasar terjadi pada perioda persiapan dan peletakan dasar, bukan pada saat sosialisasi.
20. Kendala dalam pelaksanaan PLH di Indonesia antara lain ....
20. Kendala dalam pelaksanaan PLH di Indonesia antara lain ....
1. rendahnya partisipasi, kemampuan , dan komitmen masyarakat terhadap masalah LH | |
2. kurangnya perhatian pemerintah dalam meningkatkan anggaran dalam pengembangan PLH | |
3. bertambah banyak berdirinya pusat studi kependudukan dan lingkungan |
Jawaban 1 dan 2 benar. Bertambah banyak berdirinya pusat studi kependudukan dan lingkungan di Indonesia menunjukkan berkembangnya pelaksanaan PLH, bukan merupakan kendala.
21. Pernyataan yang benar mengenai sumberdaya alam yang terbaharui adalah ....
21. Pernyataan yang benar mengenai sumberdaya alam yang terbaharui adalah ....
1. merupakan materi yang bisa didaur ulang | |
2. dapat menjadi sumber daya alam yang tidak terbaharui | |
3. ketersediaannya tidak terbatas |
1,2 dan 3 benar. Sumber daya alam yang terbaharui merupakan matei yang ketersediaannya tidak terbatas, dapat didaur ulang dan dapat menjadi sumber daya alam yang tidak terbaharui jika penggunaannya lebih cepat daripada kemampuannya untuk diperbaharui atau mendapat tekanan lingkungan yang sangat ekstrim.
22. Contoh sumber daya alam yang tidak terbaharui adalah ....
22. Contoh sumber daya alam yang tidak terbaharui adalah ....
1. emas murni | |
2. fosil | |
3. biogas |
1 dan 2 benar. Emas murni dan fosil tidak dapat diperbaharui jika penggunaannya dilakukan terus menerus tanpa batas.
23. Contoh yang memperlihatkan adanya aliran energi dan materi yang terjadi di alam adalah ....
23. Contoh yang memperlihatkan adanya aliran energi dan materi yang terjadi di alam adalah ....
1. proses pembuatan tape dari singkong | |
2. terjadinya makan memakan dalam jaring makanan di alam | |
3. proses makan yang dimulai dari ulat pemakan padi sampai denan elang yang makan burung pipit |
2 dan 3 benar. Aliran energi maupun materi terjadi melalui aktivitas makan memakan pada rantai makanan dan jaring makanan.
24. Faktor yang mempengaruhi hubungan manusia dengan sumber daya alam diantaranya adalah ....
24. Faktor yang mempengaruhi hubungan manusia dengan sumber daya alam diantaranya adalah ....
1. mortalitas | |
2. natalitas | |
3. pola hidup |
1, 2 dan 3 benar. Hubungan manusia dengan sumber daya alam dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan populasi dan kultur atau budaya masyarakatnya.
25. Hubungan antar manusia dengan sumber daya alam dapat dilihat dari contoh berikut ....
25. Hubungan antar manusia dengan sumber daya alam dapat dilihat dari contoh berikut ....
1. penggundulan hutan untuk dijadikan bahan bangunan | |
2. reboisasi pada daerah-daerah yang rusak akibat bencana alam | |
3. pembukaan pemukiman di daerah resapan air |
1, 2 dan 3 benar. Penggundulan hutan, reboisasi daerah yang rusak, maupun pembukaanpemukiman pada daerah resapan air merupakan hubungan antara manusia dengan sumber daya alam baik.
26. Berbagai cara pengolahan sumber daya alam yang mudah, murah dan sederhana diantaranya adalah ....
26. Berbagai cara pengolahan sumber daya alam yang mudah, murah dan sederhana diantaranya adalah ....
1. pengolahan limbah cair yang dihasilkan dari pabrik farmasi | |
2. penanaman lahan yang telah rusak akibat bencana alam | |
3. pemanfaatan ikan di laut yang tidak berlebihan |
2 dan 3 benar. Pengolahan limbah cair yang dihasilkan dari pabrik farmasi memerlukan cara pengolahan yang memerlukan teknik khusus dan biaya yang cukup tinggi.
27. Pernyataan yang benar mengenai persentase vollume dan distribusi air di alam adalah ....
27. Pernyataan yang benar mengenai persentase vollume dan distribusi air di alam adalah ....
1. persentase air tawar yang terdapat pada sugai, danau, dan air tanah adalah 2,6% | |
2. jumlah air tawar lebih banyak daripada air beku (es) | |
3. air yang paling banyak terdapat di alam adalah air asin |
1 dan 3 benar. Jumlah es (air beku) di alam lebih banyak daripada air tawar yang terdapat di danau, sungai atau air tanah.
28. Contoh pengolahan pencemaran air yang dilakukan melalui perubahan perilaku masyarakat adalah ....
28. Contoh pengolahan pencemaran air yang dilakukan melalui perubahan perilaku masyarakat adalah ....
1. secara bersama-sama masyarakat membuat kolam penampungan air buangan rumah tangga untuk diolah | |
2. membiasakan membuang sampah pada tempatnya | |
3. memanfaatkan sungai untuk transportasi air dan tempat kehidupan organisme air |
2 dan 3 benar. Membuat kolam penampungan air buangan rumah tangga untuk diolah bukan merupakan perilaku masyarakat untuk mengolah pencemaran karena menentukan penanganan yang lebih khusus.
29. Berikut pernyataan mengenai bahan komposisi tanah yang benar ....
29. Berikut pernyataan mengenai bahan komposisi tanah yang benar ....
1. tekstur tanah ditentukan oleh materi induk yang terurai | |
2. serasah dan bangkai hewan merupakan materi organik tanah | |
3. air mempunyai prosentase terbesar dari bahan komposisi tanah |
1 dan 2 benar. Sebetulnya air termasuk bahan komposisi tanah tetapi prosentasenya bukan yang terbesar.
30. Hal-hal yang bersangkutan dengan daur nitrogen di alam yang benar adalah ....
30. Hal-hal yang bersangkutan dengan daur nitrogen di alam yang benar adalah ....
1. nitrogen tidak dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan | |
2. nitrogen merupakan unsur penting pembentuk membran sel | |
3. di dalam air nitrogen berbentuk amonia dan garam amonium |
1 dan 3 benar. Nitrogen di alam tidak dapat dimanfaatkan secara langsung oelh tumbuhan maupun hewan, tetapi dengan adanya siklus nitrogen di alam maka nitrogen akan berada dalam bentuk yang sesuai seperti yang dibutuhkan.
31. Syarat lahan yang digunakan untuk lokasi pemukiman ditinjau dari tataguna tanahnya menurut Budiharjo adalah ....
31. Syarat lahan yang digunakan untuk lokasi pemukiman ditinjau dari tataguna tanahnya menurut Budiharjo adalah ....
1. wilayah bukan merupakan daerah resapan air | |
2. dapat menciptakan kesempatan kerja | |
3. bukan daerah perkebunan yang baik |
1 dan 3 benar. Menurut Budiharjo, loksi pemukiman yang baik ditinjau dari tataguna tanahnya yaitu bukan daerah persawahan dan perkebunan yang baik, serta bukan daerah resapan air tanah, penampun air hujan, dan penahan air laut.
32. Teknologi konservasi yang digunakan melalui tanaman penutup lahan pada tanah pertanian konservasi mempunyai ciri-ciri ....
32. Teknologi konservasi yang digunakan melalui tanaman penutup lahan pada tanah pertanian konservasi mempunyai ciri-ciri ....
1. tanaman yang digunakan ditanam dengan jarak relatif rapat membentuk lorong-lorong | |
2. jenis tanaman yang digunakan adalah kacang-kacangan | |
3. sifat tanaman yang digunakan antara lain meningkatkan kelembaban tanah |
2 dan 3 benar. Tanaman penutup lahan yang digunakan pada taah pertanian konservasi umumnya jenis kacang-kacangan yang cepat tumbuh dan merambat yang sifatnya antara lain memperlambat aliran permukaan, meningkatkan kelembaban tanah, dan sebagai sumber unsur hara.
33. Pemanfaatan atmosfer oleh manusia sebagai media lingkungan yaitu dapat dijadikan sebagai ....
33. Pemanfaatan atmosfer oleh manusia sebagai media lingkungan yaitu dapat dijadikan sebagai ....
1. tempat buangan limbah gas | |
2. sumber udara untuk pernapasan | |
3. penentu perubahan iklim |
1, 2 dan 3 benar. Manusia memanfaatkan atmosfer sebagai media llingkungan berupa sumber udara pernapasan, tempat buangan limbah gas yang dapaat mempengaruhi kesehatan, dan uap airnya dapat menentukan perubahan cuaca.
34. Benda partikulat sebagai pencemar udara antara lain merupakan ....
34. Benda partikulat sebagai pencemar udara antara lain merupakan ....
1. bahan pencemar udara yang paling berbahaya | |
2. sebagian besar terbentuk dengan pencemar SO2 | |
3. partikel-partikel halusnya dapaat menembus paru-paru bagian dalam |
1, 2 dan 3 benar. Benda partikulat disebut asam atau jelaga yang mudah terasa, dan yang paling berbahaya adalah partikel halusnya yan gdapat menembus bagian terdalam paru-paru. Partikel ini terbentuk dengan pencemar lain terutama SO2 dan NO yang berubah menjadi sulfat dan nitrat.
35. Hal-hal yang dapat menunjukkan adanya hubungan antara pemanasan golbal dengan naiknya permukaan laut adalah ....
35. Hal-hal yang dapat menunjukkan adanya hubungan antara pemanasan golbal dengan naiknya permukaan laut adalah ....
1. penebangan hutan secara besar-besaran menyebabkan CO2 di udara berkurang | |
2. pemanasan global menyebabkan naiknya air di permukaan laut | |
3. konsentrasi CO2 di udara yang tinggi menyebabkan terjadinya pemanasan global |
2 dan 3 benar . Berkurangnya tanaman di bumi akan menyebabkan konsentrasi CO2 di udara menjadi tinggi sehingga akanterjadi pemanasan global. Akibatnya es-es di puncak gunung mencair dan mengalir ke daerah rendah hingga ke laut yang menyebabkan permukaannya naik.
36. Pengaruh pencemaran udara seperti hasil buangan pabrik maupun asap rokok dapat menyebabkan penyakit ....
36. Pengaruh pencemaran udara seperti hasil buangan pabrik maupun asap rokok dapat menyebabkan penyakit ....
1. pada saluran / alat pernapasan | |
2. kulit | |
3. tulang |
1 dan 2 benar. Pencemaran udara dapaat menyebabkan penyakit pada pernapasan , kanker kuit, leukemia, selaput mata dsb.
37. Pencemaran udara dapat dihindari antara lain dengan cara berikut ...
37. Pencemaran udara dapat dihindari antara lain dengan cara berikut ...
1. menganti bahan bakar pengangkut tenaga matahari denan baterai | |
2. menurunkan emisi CO denan cara pembuatan gasohol | |
3. penanaman lahan-lahan yang gundul |
1, 2 dan 3 benar.
38. Pernyataan yang benar mengenai pertumbuhanpopulasi penduduk yang menkutipola kurva J adalah ....
38. Pernyataan yang benar mengenai pertumbuhanpopulasi penduduk yang menkutipola kurva J adalah ....
1. mempunyai angka pertumbuhan yang sangat tinggi | |
2. berlangsung terus menerus, tidak tergantung dari keterbatasan sumber daya alam | |
3. jika batas daya dukung terlampaui akan terjadi katstrof |
1 dan 3 benar. Pada pola kurva J, pertumbuhan populasi tidak dapat berlangsung terus jika sumber daya alam terbatas.
39. Hal-hal yang berhubungan dengan kualitas penduduk suatu negara adalah ....
39. Hal-hal yang berhubungan dengan kualitas penduduk suatu negara adalah ....
1. mengikuti pemindahan penduduk dari kota ke desa | |
2. dapat menjaga kelestarian alam | |
3. mendapatkan tempat tinggal yang nyaman |
2 dan 3 benar. Dinamika populasi penduduk ditinjau dari kualitas diantaranya menjaga kelestarian alam dan mempunyai tempat tinggal yang nyaman, sementara pemindahan penduduk berkaitan denan jumlah atau kuantitas.
40. Pola hidup masyarakat petani berdasarkan perubahan dalam perkembangan pola hidup dan kebudayaan serta tingkat pertumbuhan populasinya adalah ....
40. Pola hidup masyarakat petani berdasarkan perubahan dalam perkembangan pola hidup dan kebudayaan serta tingkat pertumbuhan populasinya adalah ....
1. menggunakan energi cuku banyak sehingga sering menimbulkan masalah ekologi | |
2. menyebabkan meningkatnya urbanisasi | |
3. menghilangkan tekanan kelaparan sehingga populasi menurun |
1 dan 2 benar. berdasarkan perubahan dalam perkembangan pola hidup dan kebudayaan serta tingkat pertumbuhan populasinya, masyarakat petani cendrung menggunakan energi banyak dalam aktivitasnya serta mulai banyak yang berpindah ke daerah perkotaan.
41. Untuk menunjukkan kerusakan lingkungan akibat pertumbuhanpenduduk, menurut hitungan matematis yang benar adalah ....
41. Untuk menunjukkan kerusakan lingkungan akibat pertumbuhanpenduduk, menurut hitungan matematis yang benar adalah ....
1. meningkatnya natalitas akan meningkatkan kerusakan lingkungan | |
2. kerusakan lingkungan berbading terbalik dengan konsumsi perkapita | |
3. menurunnya mortalitas akan meningkatkan kerusakan lingkungan |
1, 2 dan 3 benar. Kerusakan lingkungan dilihat secara matematis adalah sebagai berikut:
Kerusakan lingkungan = -------------------- x konsumsi perkapita.
42. Berikut pernyataan yang benar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teori antroposentrisme dalam etika lingkungan ....
Kerusakan lingkungan = -------------------- x konsumsi perkapita.
42. Berikut pernyataan yang benar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teori antroposentrisme dalam etika lingkungan ....
1. manusia memiliki hak, kepentingan dan nilai atas alam | |
2. alam merupakan subyek dari manusia | |
3. hubungan manusia denanalam bersifat instrumentalis |
1 dan 3 benar. Teori antroposentrisme dalam etika lingkungan menitik beratkan penguasan alam oleh manusia sehingga alam merupakan objek bagi manusia.
43. Contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan teori biosentrisme adalah ....
43. Contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan teori biosentrisme adalah ....
1. membuka lahan untuk pemukiman sesuai dengan keinginan | |
2. tidak membuang limbah ke dalam sungai | |
3. membuka daerah untuk cagar alam |
2 dan 3 benar. Pada teori biosntrisme masyarakat cenderung menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan antara lain denantidak membuang limbah ke dalam sungai dan membuka daerah cagar alam.
44. Kesadaran lingkungan yang layak untuk berkelanjutan bumi dan sumber daya alam menurut Muller adalah ....
44. Kesadaran lingkungan yang layak untuk berkelanjutan bumi dan sumber daya alam menurut Muller adalah ....
1. sumber daya alam tidak terbatas sehingga dapat digunakan sepuasnya | |
2. manusia berkewajiban mengkonservasi dan memberpaharui sumber daya alam | |
3. alam dan sumber dayanya merupakan hak semua organisme |
2 dan 3 benar. Menurut Muller alam dan sumber dayanya merupakan hak milik semua organisme termasuk manusia dan terbatas, oleh karena itu manusia berkewajiban untuk mengkonservasi dan memperbaharuinya.
45. Berikut pernyataan yang benar mengenai pilar pembangunan yang berkelanjutan yang berpihak kepada rakyat miskin ...
45. Berikut pernyataan yang benar mengenai pilar pembangunan yang berkelanjutan yang berpihak kepada rakyat miskin ...
1. makin tinggi nilai (IKM) berarti makin banyak rakyat yang miskin | |
2. kebutuhan dasar yang harus dipenuhi yan gdinilai dengan IPM adalah harapan hidup, tingkat pendidikan dan penghasilan | |
3. nilai pembangunan berkelanjutan dapat dinilai dengan IPM dan IKM |
1, 2 dan 3 benar. Pilar pembangaunan yang berkelanjutan yang berpihak pada rakyat miskin mencakup berbagai kebutuhan dasar yang dapaat dinilai dengan IKM dan IPM diantaranya harapan hidup, tingkat pendidikan dan penghasilan.
46. Masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang ada di Indonesia diantaranya adalah ....
46. Masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang ada di Indonesia diantaranya adalah ....
1. rendahnya ketersediaan pekerjaan menyebabkan makin tingginya pedagang kaki lima (PKL) | |
2. makin tinggi populasi manusianya makin krisis lahan dan hutannya | |
3. berambahnya jumlah... menunjang tercapainya pembangunan berkelanjutan |
1 dan 2 benar. Di Indonesia terdapat keterbatasan pekerjaan sehingga denan makin tingginya populasimanusianya dengansegala kebuhannya, maka semakin tinggi pedagang yang tidak mempunyai tempat tetap. Selain itu semakin banyak pula lahan dan hutan yang dibuka untuk pemukiman dan memenuhi kebutuhan hidup.
47. Untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaanpembelajaran PLH/PPB diperukan beberapa keterampilan sebagai berikut ....
47. Untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaanpembelajaran PLH/PPB diperukan beberapa keterampilan sebagai berikut ....
1. menganalisis suatu data | |
2. membuat desai grafis | |
3. membuat keputusan sendiri |
1 dan 2 benar. Untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaan pembelajaran PLH/PPB, keputusan harus dibuat sesuai dengan aturan.
48. Contoh yang menunjukkan adanya proses globalisasi diantaranya adalah ....
48. Contoh yang menunjukkan adanya proses globalisasi diantaranya adalah ....
1. berkembangnya penjualan makanan siap saji | |
2. mudahnya mengikuti perkembangan ilmu melalui internet | |
3. hilangnya kebudayaan asli dari suatu daerah |
1, 2 dan 3 benar. Denan adanya globalisasi, terdapat banyak perkembangan di berbagai bidang, misalnya bidang penjualan makanan, perkembanganilmu pengetahuan, dan masuknya kebudayaan baru.
49. Posisi teoritis dari para globalis pesimis memberikan pendapat bahwa globalisasi adalah ....
49. Posisi teoritis dari para globalis pesimis memberikan pendapat bahwa globalisasi adalah ....
1. suatu perkembangan yang menghasilkan masyarakat yang toleran | |
2. suatu bentuk penjajahan barat | |
3. suatu perkembangan yang dapat menyebabkan kebudayaan lokal akan hilang secara perlahan |
2 dan 3 benar. Menurut globalis pesimis, globalisasi adalah sebuah fenomena negatif karena merupakan suatu penjajahan barat dalam sejumlah bentuk budaya dan konsumsi yang homogen.
50. Adanya globalisasi ekonomi, berdampak kurang baik terhadap beberapa hal seperti berikut ....
50. Adanya globalisasi ekonomi, berdampak kurang baik terhadap beberapa hal seperti berikut ....
1. globalisasi cenderung menaikkan harga barang-barang impor | |
2. negara berkembang dapat bebas menggunakan tarif yang lebih tinggi | |
3. masalah pengangguran tidak dapat diatasi |
1 dan 3 benar. Dampak yang kurang baik dengan adanya globalisasi antara lain adanya sistem perdagangan luar negeri yang bebas, sehingga negara berkembang tidak dapat menggunakan tarif yang tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar