PEMA4210 - Statistika Pendidikan. Statistik dapat di beri pengertian sebagai data statistik , statistik pendidikan yaitu ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu di tempuh atau dipergunakan, dalam rangka megumpulkan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka.
Fungsi dan kegunaan dalam dunia pendidikan
Kemajuan atau perkembangan anak didik setelah mereka menempuh proses pendidikan
dalam jangka waktu tertentu sebenarnya yang bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif karena dalam kegiatan penilaian hasil pendidikan cara yang paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif , maka tidak perlu diragukan lagi bahwa statistik dalam hal ini akan mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk memperoleh, menganalisis dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.
dalam jangka waktu tertentu sebenarnya yang bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif karena dalam kegiatan penilaian hasil pendidikan cara yang paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif , maka tidak perlu diragukan lagi bahwa statistik dalam hal ini akan mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk memperoleh, menganalisis dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.
- Memperoleh gambaran baik, gambaran secara khusus maupun gambaran secara umum tentang suatu gejala, keadaan atau peristiwa.
- Mengikuti perkembangan atau pasang surut mengenai gejala keadaan atau peristiwa tersebut, dari waktu ke waktu.
- Melakukan pengujian, apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala yang lain ataukah tidak, jika terdapat perbedaan apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang berarti (menyakinkan) ataukah perbedan itu terjadi hanya secara kebetulan saja.
- Mengetahui, apakah gejala yang satu ada hubungannya dengan gejala yang lain.
- Menyusun laporan yang berupa data kuantitatif dengan teratur, ringkas dan jelas.
- Manarik kesimpulan secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta dapat memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa mendatang, dan langkah konkret apa yang kemungkinan perlu dilakukan oleh seorang pendidik.
1. Pembulatan angka 205,255 hingga perseratusan adalah
A. 205,2 | |
B. 205,3 | |
C. 205,25 | |
D. 205,26 |
A. 15 | |
B. 20 | |
C. 35 | |
D. 640 |
Panjang kelas =(2 + 0,5)-(1-0,5)=2 (A)
4. Perhatikan tabel distribusi frekuensi di bawah ini !
No.Urut | Kelas Interval | f |
1. | 30 - 40 | 1 |
2. | 40 - 49 | 4 |
3. | 50 - 59 | 14 |
4. | 60 - 69 | 20 |
5. | 70 - 79 | 22 |
6. | 80 - 89 | 12 |
7. | 90 - 99 | 2 |
Jumlah | 75 |
A. 9 | |
B. 10 | |
C. 11 | |
D. 12 |
5. Perhatikan tabel distribusi frekuensi pada nomor 4 !
Persentase banyaknya data pada interval ke 4 adalah
A. 13 | |
B. 18,7 | |
C. 26,7 | |
D. 29,3 |
6. Frekuensi kumulatif kurang dari 60 pada tabel di atas adalah.....
A. 1 | |
B. 5 | |
C. 19 | |
D. 39 |
19 merupakan frekuensi kumulatif kurang dari 60.(C)
7. Diberikan diagram lingkaran sebaran Kesukaan Siswa pada 5 Mata Pelajaran sebagai berikut:
7. Diberikan diagram lingkaran sebaran Kesukaan Siswa pada 5 Mata Pelajaran sebagai berikut:
Jika diketahui jumlah seluruh siswa 120 orang maka banyaknya siswa yang menyukai pelajaran matematika
adalah
A. 15 orang | |
B. 20 orang | |
C. 25 orang | |
D. 30 orang |
Siswa perempuan kelas IA 20 orang
Siswa laki-laki kelas IA 10 orang
Siswa perempuan kelas IB 15 orang
Siswa laki-laki kelas IB 25 orang
Siswa perempuan kelas IC 25 orang
Siswa laki-laki kelas IC 10 orang
Sajian data tersebut dalam bentuk diagram batang adalah...(C)
9. Rata-rata dari data di bawah ini adalah....
No.Urut | Kelas Interval | f |
1. | 30 - 40 | 1 |
2. | 40 - 49 | 4 |
3. | 50 - 59 | 14 |
4. | 60 - 69 | 20 |
5. | 70 - 79 | 22 |
6. | 80 - 89 | 12 |
7. | 90 - 99 | 2 |
Jumlah | 75 |
A. 60,0 | |
B. 68,5 | |
C. 68,1 | |
D. 69,0 |
Kelas Interval | f |
31 - 40 | 1 |
40 - 50 | 2 |
51 - 60 | 5 |
61 - 70 | 15 |
71 - 80 | 25 |
81 -90 | 20 |
91 -100 | 12 |
A. 70,5 | |
B. 71,0 | |
C. 77,2 | |
D. 80,0 |
No.Urut | Kelas Interval | f |
1. | 60 - 69 | 1 |
2. | 50 - 59 | 4 |
3. | 40 - 49 | 10 |
4. | 30 - 39 | 15 |
5. | 30 - 29 | 8 |
6. | 10 - 19 | 2 |
Jumlah | 40 |
A. 20,5 | |
B. 29,5 | |
C. 36,17 | |
D. 46,17 |
No.Urut | Kelas Interval | f |
1. | 14 - 15 | 3 |
2. | 12 - 13 | 8 |
3. | 10 - 11 | 15 |
4. | 8 - 9 | 20 |
5. | 6 - 7 | 10 |
6. | 4 - 5 | 4 |
Jumlah | 60 |
A. 9,5 | |
B. 10.97 | |
C. 45 | |
D. 45,75 |
Nilai D3 dari data di atas adalah....
A. 7,5 | |
B. 7,9 | |
C. 18,0 | |
D. 18,3 |
Nilai P60 dari data di atas adalah...
A. 9,50 | |
B. 9.77 | |
C. 10,00 | |
D. 10,50 |
A. 2,50 | |
B. 2.75 | |
C. 4,50 | |
D. 4,75 |
A. 20,0 | |
B. 20,8 | |
C. 4,09 | |
D. 4,90 |
No.Urut | Kelas Interval | f |
1. | 14 - 15 | 3 |
2. | 12 - 13 | 8 |
3. | 10 - 11 | 15 |
4. | 8 - 9 | 20 |
5. | 6 - 7 | 10 |
6. | 4 - 5 | 4 |
Jumlah | 60 |
A. -0,042 | |
B. -0,024 | |
C. 0,024 | |
D. -0,044 |
No.Urut | Kelas Interval | f |
1. | 14 - 15 | 3 |
2. | 12 - 13 | 8 |
3. | 10 - 11 | 15 |
4. | 8 - 9 | 20 |
5. | 6 - 7 | 10 |
6. | 4 - 5 | 4 |
Jumlah | 60 |
A. -0,271 | |
B. -0,0271 | |
C. 0,271 | |
D. 0,0271 |
A. 0,1628 | |
B. 0,2630 | |
C. 0,4265 | |
D. 0,5893 |
20. Luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kanan dengan derajat kebebasan 8 adalah...
A. 0,01 | |
B. 0,05 | |
C. 0,95 | |
D. 0,99 |
Luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kiri dengan derajat kebebasan 8 adalah 0,95 sehingga luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kanan dengan derajat kebebasan 8 adalah 1 – 0,95 = 0,05.(B)
21. Nilai t agar luas di bawah distribusi t dari t ke kanan 0,025 dengan derajat kebebasan 9 adalah...A. -2,260 | |
B. -0,703 | |
C. 0.703 | |
D. 2,260 |
Luas di bawah distribusi t dari t = 2,260 ke kanan dengan derajat kebebasan 9 adalah 1 - 0,975 = 0,025.(D)
22. Nilai x2 agar luas di bawah kurva khi kuadrat dar x2 ke kanan 0,1 dengan derajat kebebasan 20 adalah...
A. 8,26 | |
B. 12,4 | |
C. 28,4 | |
D. 37,6 |
C. Benar karena luas di bawah kurva khi kuadrat dari x2= 28,4 ke kanan dengan derajat kebebasan 20 adalah 1 - 0,90 = 0,1.
23. Nilai F agar luas di bawah kurva F dari F ke kanan 0,01 dengan dk pembilang 11 dan dk penyebut 9 adalah
A. 2,9 | |
B. 3,10 | |
C. 4,63 | |
D. 5,18 |
24. Anggapan atau pernyataan yang mungkin benar atau tidak, mengenai satu populasi atau lebih disebut ...
A. statistika | |
B. statistik | |
C. hipotesis | |
D. hipotesis statistika |
25. Kesalahan jenis I dari penelitian yang hendak mengetahui apakah metode baru lebih baik dari metode lama adalah...
A. menyimpulkan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama | |
B. menyimpulkan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama | |
C. menerima kesimpulan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama padahal metode baru lebih baik dari metode lama. | |
D. menerima kesimpulan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama padahal metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama |
pernyataan pada option D merupakan penolakan terhadap hipotesis awal padahal hipotesis tersebut benar (kesalahan jenis I).
26. Dua buah gugus data dengan jumlah sampel masing-masing 15 memiliki ragam (variansi) masing-masing 2,05 dan 4,85. Apabila kedua gugus data tersebut berdistribusi normal dan seorang peneliti ingin mengetahui kehomogenan dari kedua gugus data tersebut maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah...
A. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,02 | |
B. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,1 | |
C. kedua gugus data tersebut tidak dapat ditentukan kehomogenanya | |
D. kedua gugus data tersebut tidak dapat dianalisis |
27. RataPada suatu penelitian yang bertujuan menduga berat badan dari tinggi badan peserta pelatihan penerbangan, yang dapat dinyatakan sebagai peubah tak bebas (dependent variable) dan peubah bebas (independent variable) adalah ….
A. tinggi badan peserta sebagai peubah tak bebas dan berat badan peserta sebagai peubah bebas | |
B. tinggi badan peserta sebagai peubah bebas dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas | |
C. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah bebas | |
D. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas |
B benar karena karena tinggi badan peserta sebagai peubah bebas dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas.
28. Jika suatu penelitian menghasilkan persamaan regresi linear "Hasil Penjualan Mobil = 0,25 Harga BBM + 0,05"” maka dapat disimpulkan bahwa....
A. setiap kenaikan dua kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil | |
B. setiap kenaikan empat kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil | |
C. setiap kenaikan delapan kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil | |
D. setiap kenaikan 16 kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil |
29. Apabila suatu penelitin menghasilkan regresi linear y=β0 + β2x+ε dengan koefisen determinasi 0,80, maka dapat diartikan bahwa...
A. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,20 peningkatan peubah y | |
B. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,80 peningkatan peubah y | |
C. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 20% | |
D. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 80% |
D. benar karena koefisien determinasi dapat menjelaskan keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut yaitu sebesar 80%
30. Korelasi dari dua gugus data di bawah ini..Perhatikan tabel distribusi frekuensi di bawah ini adalah...
Nilai UAS Matematika | Nilai UAS BI |
7,54 | 8,39 |
5,09 | 8,29 |
6,34 | 8,39 |
7,83 | 7,37 |
5,77 | 8,00 |
7,74 | 9,43 |
7,12 | 8,13 |
5,52 | 6,57 |
5,63 | 5,72 |
6,03 | 7,10 |
A. 0,414 | |
B. 0,441 | |
C. 0,514 | |
D. 0,541 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar