Rabu, 25 Desember 2013

Pendidikan Seni di SD

PDGK4207 - Pendidikan Seni di SD.Mata kuliah ini berisi tentang wawasan seni, pengetahuan dasar seni, kemampuan dasar dan karakteristik seni anak SD, pemanfaatan teknologi dalam berkarya seni, olah musik, penciptaan karya musik anak SD, penciptaan tari anak SD, penciptaan karya seni rupa anak SD, apresiasi musik dan tari, apresiasi seni rupa anak, konsep pendidikan SD, pembelajaran seni terpadu. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman berkarya seni dalam merancang pembelajaran seni terpadu di sekolah dasar.

1. Seni dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi, merupakan pemahaman dari ....
  • A. seni murni
  • B. seni terapan
  • C. seni universal
  • D. seni Ansich
seni universal merupakan refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi.(C)
2. Falsafah hidup selalu muncul dalam pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai ....
  • A. tontonan
  • B. tutunan
  • C. ritual
  • D. hiburan
sebagai tutunan pelaku seni dituntut untuk menyampaikan pesan moral yang akan dicapai..(B)
3.Happening Art merupakan salah satu bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media ....    
  • A. terapi
  • B. aktualisasi diri
  • C. komersial
  • D. tontonan
Happening Art lebih sebagai semboyan dari perwujudan ekspresi atau aktualisasi diri.(B)
4. Seni yang memanfaatkan media kulit sapi atau kambing dapat dikategorikan sebagai seni ....  
  • A. Kriya
  • B. rupa
  • C. terapan
  • D. tari
Kriya salah satu media atau bahan yang digunakan adalah kulit.(A)
5. Interval nada pada suku kata ”ne” ke suku kata ”sia” pada awal lagu ”Indonesia Raya” adalah interval ....
  • A. kuin
  • B. sext
  • C. septim
  • D. kuart
interval tersebut adalah septim.(C)
6. Down beat pada kata ’In do ne sia’ di awal lagu ”Indonesia Raya” jatuh pada suku kata ....
  • A. 'in'
  • B. 'do'
  • C. 'ne'
  • D. 'sia'
 suku kata ‘ne’ adalah down –beat.(C)
7. Lagu ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud menggunakan tanda birama ....
  • A. 4/4
  • B. 3/4
  • C. 2/4
  • D. 6/8
lagu tersbut memiliki birama 4/4.(A)
8. Nada dasar lagu ”Indonesia Raya” adalah G Mayor. Trinada pertama yang dimainkan adalah trinada ....
  • A. C Mayor
  • B. G Mayor
  • C. D Mayor
  • D. F Mayor
nada dasarnya G Mayor dan akor pertama adalah G Mayor.(B)
9. Not pertama pada lagu ”Bunga Tanjungku” ciptaan Ibu Sud bernilai ....
  • A. setengah
  • B. seperenambelas
  • C. seperdelapan
  • D. seperempat
not pertama lagu tersebut bernilai seperempat.(D)
10. Ketika seorang penari menggerakan kipas pada tari Kipas, maka pada saat itu penari tersebut menggunakan unsur ....
  • A. waktu dan tenaga
  • B. ruang, waktu, gerak
  • C. ruang dan gerak
  • D. gerak, ruang, tenaga, dan waktu
unsur tari gerak, ruang, waktu. dan tenaga.(D)
11. Unsur musik yang ada pada tari ”Saman” dari Aceh, oleh para penari digunakan ....
  • A. musik daerah
  • B. musik acapella
  • C. musik external
  • D. musik internal
musik internal adalah musik yang diciptakan oleh si penarinya sendiri (biasanya tidak terdengar) untuk mengiringi tariannya.(D)
12. Tarian yang termasuk dalam kelompok koreografi primitif adalah tari ....
  • A. Bedaya dari Yogyakarta 
  • B. Minak Jinggo dari Jawa
  • C. Tor Tor dari Tapanuli
  • D. Yapong dari Betawi
Tor tor ditarikan untuk keperluan upacara dan telah tua usianya.(C)
13. Garis yang menciptakan bentuk dan lingkup suatu bidang disebut ....
  • A. kontur
  • B. ruang
  • C. gelap terang
  • D. arsir
kontur diciptakan dari garis yang membentuk sebuah bentuk dan lingkup.(A)
14. Meletakan objek dengan posisi tertentu pada gambar sehingga memberi kesan ada ”gerak”, adalah usaha perupa untuk memberi ....
  • A. keseimbangan
  • B. kesatuan
  • C. irama
  • D. proporsi
irama adalah susunan atau perulangan dari unsur-unsur rupa yang diatur, berupa susunan garis, bentuk maupun susunan warna.(C)
15. Seorang anak yang sudah mampu memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis, adalah anak yang berada pada tingkat kecerdasan intelektual tahap ....
  • A. operasi formal 
  • B. operasi konkret
  • C. pra operasional
  • D. sensori motor
operasi formal ditunjukan salah satunya dengan anak mampu memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis.(A)
16. Suara cambiata terjadi pada anak laki-laki yang menginjak usia ....
  • A. 10-14 tahun
  • B. 10-12 tahun
  • C. 14-16 tahun
  • D. 8-10 tahun
direntang usia 10-12 tahun anak laki-laki mengalami suara cambiata.(B)
17. Gerabah, merupakan salah satu produk seni yang mendasarkan pada prinsip teknologi yang mengan­dalkan bentuk karya terapan, yaitu yang disebut dengan teknologi ….
  • A. rekayasa
  • B. kerajinan
  • C. pengelolaan
  • D. peniruan
kerajinan adalah prinsip teknologi produksi berbentuk karya terapan.(B)
18. Jarum jam menggunakan energi yang bersumber dari ....
  • A. kumparan gas
  • B. gerakan tangan
  • C. tuas
  • D. gerigi roda
energi jam bersumber dari kumparan gas yang menghasilkan energy.(A)
19. Tahap ekshalasi pada pernafasan saat kita bernyanyi adalah tahap ....
  • A. menghirup nafas
  • B. menghembuskan nafas
  • C. menahan nafas
  • D. diam
menghembuskan nafas adalah ekshalasi.(B)
20. Aba-aba dalam mendireksi untuk jenis pukulan 6 secara garis besar ....
  • A. mirip jenis aba-aba 2/4
  • B. mirip jenis aba-aba ¾
  • C. mirip jenis aba-aba 4/4
  • D. tidak ada yang mirip
aba-aba ¾ mirip dengan aba-aba 6/8.(B)
21. Release merupakan bagian dari aba-aba mendireksi yang terdapat pada ....
  • A. aba-aba permulaan
  • B. gerakan pendahuluan
  • C. aba-aba penutup
  • D. persiapan aba-aba
 aba-aba penutup disebut juga release.(C)
22. Nut adalah bagian pada gitar yang terdapat pada ....
  • A. leher gitar
  • B. antara kepala dengan leher
  • C. antara leher dengan badan
  • D. bagian badan gitar
bagian antara kepala dan leher gitar disebut nuts.(B)
23. Alat musik berbilah terbuat dari kayu dengan tabung resonansi, dan berukuran lebih besar dari xylophone bernama ....
  • A. piano
  • B. marimba
  • C. glokenspiel
  • D. gender
marimba termasuk alat musik berbilah kayu.(B)
24. Pernafasan yang digunakan ketika meniup recorder adalah pernafasan ....
  • A. dada
  • B. diaphragma
  • C. perut 
  • D. biasa
diapraghma adalah satu-satunya teknik bernafasan yang dianjurkan dalam bermusik.(B)
25. Berikut ini adalah teknik mengembang­kan motif lagu menjadi tema lagu, kecuali ....
  • A. inversi
  • B. augmented
  • C. repetitif
  • D. interval
interval bukan sebuah teknik tetapi jarak nada.(D)
26. Dalam membuat pola iringan lagu, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan, kecuali ....
  • A. pitch
  • B. tempo 
  • C. melodi 
  • D. harmoni
Pitch bukan aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat pola iringan lagu.(A)
27. Mengembangkan imajinasi sebagai elemen esensial dalam berkarya tari, merupakan proses yang terdapat pada tahap ....
  • A. eksplorasi
  • B. improvisasi
  • C. evaluasi
  • D. forming
improvisasi memberi kesempatan lebih luas dalam melakukan imajinasi, pemilihan, dan penciptaan dibandingkan dengan eksplorasi.(B)
28. Berikut ini beberapa sumber garapan yang dapat dimanfaatkan bila seseorang hendak menciptakan sebuah karya tari, kecuali ....
  • A. auditif 
  • B. kinestetik
  • C. tertulis
  • D. gerak
gerak adalah salah satu unsur tari.(D)
29. Gambar-gambar yang berfungsi menjelaskan jalan cerita dapat ditemui pada ....
  • A. karikatur
  • B. kover
  • C.komik
  • D. kartun
komik adalah menggambar ilustrasi yang berfungsi menjelaskan cerita, baik fiksi maupun realitas.(C)
30. Berikut adalah teknik mencetak, kecuali teknik ....
  • A. Cetak tinggi
  • B. sablon
  • C. klise 
  • D. vinyet
vinyet adalah gambar pengisi ruang kosong di antara tulisan satu dengan yang lain.(D)
31. Menciptakan sebuah karya rupa dengan mengggunakan uliran panjang termasuk teknik ....
  • A. lempengan
  • B. global
  • C. pilin
  • D. ukir
pilin adalah didahului dengan membuat uliran panjang menyerupai benang atau kawat.(C)
32. Lagu anak-anak yang bertema Ketuhanan adalah ....
  • A. Twinkle-Twinkle Little Star
  • B. Uncle John
  • C. ABC 
  • D. Do Re Mi
Lagu Twinkle-Twinkle Little Star  bercerita tentang ciptaan Tuhan.(A)
33. Sebagai langkah awal memperkenalkan kepada anak apresiasi tari, adalah dengan memperkenalkan ....
  • A.  gerak Wantah
  • B. gerak Maknawi
  • C. stilasi
  • D. improvisasi
gerak wantah adalah  gerak murni apa adanya, sehingga anak tidak mengalami kesulitan.(A)
34. Seni rupa memiliki beberapa fungsi berikut ini, kecuali ....
  • A.  seni sebagai bahasa visual
  • B. seni sebagai media bermain
  • C. seni sebagai tujuan belajar
  • D. seni sebagai media belajar
sebagai tujuan belajar adalah bagian dari fungsi, bukan menjadi fungsinya itu sendiri.(C)
35. Objek yang selalu digambarkan di atas garis, merupakan ciri gambar anak yang menggunakan komposisi ....
  • A. rabatement
  • B. juntax position
  • C. folding over
  • D. transparent
karena folding over adalah komposisi tipe gambar anak yang meletakan objek gambar berdiri di atas garis dasar. Pada tipe ini tergambar bahwa anak mengalami kebingungan dalam menentukan bentuk prespektif.(C)
36. Gambar anak yang lebih mengembang­kan perasaan daripada pikiran adalah gambar tipe ....
  • A. Haptic type
  • B.  Non haptic type
  • C. Willing type
  • D. X-ray type
tipe haptic adalah jenis karya gambar anak yang lebih cenderung mengungkapkan rasa daripada pikiran.(A)
37. Gambar anak yang bersisi penuh dengan objek yang membuat orang yang melihatnya perlu menyusun urutan objek-objek tersebut, termasuk lukisan ....
  • A. potret
  • B. komik 
  • C. dekoratif 
  • D. heroisme
lukisan komik adalah lukisan anak yang memanfaatkan cerita lebih dahulu.(B)
38. Usia 4 – 7 tahun, anak biasanya menggambar dengan ciri gambaran masa ....
  • A. realisme semi          
  • B. realisme awal               
  • C. bagan 
  • D. pra bagan
karena masa prabagan pada umumnya berada pada rentang usia 4 - 7 tahun. Gambar anak pada masa ini mulai berkembang dari figur manusia kepala - kaki menjadi manusia - tulang, atau manusia - batang.(D)
39. Keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang di­ke­mas dalam model pengalaman kreatif dibutuhklan oleh anak ketika mereka berkembang. Ini adalah pendapat dari .…
  • A. Ki Hajar Dewantara
  • B. Wadjid Anwar
  • C. Leo Toltstoy
  • D. Lowenfeld
Lowenfeld berpendapat: perkembangan anak membutuhkan keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang dikemas dalam model pengalaman kreatif.(D)
40. Salah satu indikator anak mampu mensistematikakan sesuai dengan rancangannya ber­dasarkan rangsangan yang diterimanya, adalah bahwa anak tersebut ....
  • A. menyukai seni
  • B. menikmati seni
  • C. berbakat seni
  • D. menghargai seni
indikasi anak berbakat seni adalah bila seorang anak dengan cepat dan tepat menginterpretasi alam kemudian diekspresikan lewat nada dan irama, atau irama dengan geraknya serta bentuk-bentuk visual yang diharapkan menjadi simbol ide penciptanya.(C)
41. Model pembelajaran seni yang didominan dengan aktivitas penciptaan atau produksi karya seni, seperti bermain musik secara berkelompok mengiringi sebuah tarian ciptaan siswa-siswa sendiri atau membuat mural di lingkungan sekolah sebagai projek kelas 5 adalah bentuk model pembelajaran seni yang disebut dengan model ....       
  • A. lima 
  • B. empat 
  • C. enam 
  • D. tujuh
proses apresiasi pada diri seseorang dilalui dalam enam tahap.(C)
42. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan ….
  • A. kreatif 
  • B. integratif 
  • C. bermain 
  • D. teamwork
model dalam pembelajaran yang melibatkan penciptaan karya seni adalah model pembelajaran yang membutuhkan kreativitas siswa disamping penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Disini model tersebut disebut dengan model kreatif.(A)
43. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan .…
  • A. sifat dan fungsi materi
  • B. ruang lingkup materi
  • C. metode yang digunakan 
  • D. meida yang dipilih
Berdasarkan sifat dan fungsi materi pelajaranlah pembelajaran seni terpadu memadukan materi beberapa mata pelajaran berdasarkan topik dan tema yang ada pada kurikulum.(A)
44. Yang dimaksud dengan single subject matter adalah materi pelajaran dikemas atau diberikan dalam bentuk ….
  • A. penampilan utuh yang tidak dimuat dalam beberapa penggalan pengetahuan
  • B. secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang sama
  • C. secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang tersendiri
  • D. penampilan utuh yang memuat beberapa penggalan pengetahuan
single subject matter bercirikan materi pelajaran dikemas secara terpisah dengan disiplin ilmu tersendiri.(C)
45. Pemberian materi dari beberapa mata pelajaran tanpa melihat ketrkaitan konsep antara satu mata pelajaran dengan pelajaran yang lain adalah pengembangan materi pelajaran dalam model pembelajaran terpadu yang bersifat ....
  • A. horizontal
  • B.  Vertikal             
  • C. single subject
  • D. integrated subject
Sifat dari pengembangan materi pada pembelajaran terpadu adalah guru tidak melebur materi dari beberapa mata pelajaran menjadi satu.(B)
46. Keterampilan menata meja makan pada mata pelajaran KTK agar tampak serasi, indah,
dan nyaman akan memerlukan keterampilan (teknik) mengkomposisi ruang di atas meja makan dengan objek-objeknya (sendok, garpu, gelas, piring, serbet, dsb.nya) yang pengetahuan tersebu berasal dari seni rupa, merupakan salah satu contoh dari pembelajaran terpadu model ....
  • A. connected
  • B. Immersed  
  • C. Shared
  • D. integrated
model shared walaupun keterkaitannya belum menyeluruh, namun konsep sudah tampak dipadukan.(C)
47. Pembelajaran seni yang bertujuan agar siswa mempunyai pengalaman estetika dalam mengolah media dalam mencipta atau memproduksi karya seni, seperti bernyanyi, melukis, atau menari akan diperoleh melalui ….
  • A. aktivitas praktek
  • B. pilihan media
  • C. kualitas nilai
  • D. jenis pengalaman
melalui salah satu komponen seni yakni media anak akan memperoleh pengalaman estetika. Hal ini yang ditanyakan pada stem pertanyaan ini,(B)
48. Dalam sebuah pelajaran musik, siswa terlibat dalam aktivitas menciptakan sebuah iringan musik ritmik untuk sebuah tarian. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan ....       
  • A. Definitif
  • B. Partisipatif
  • C. Eksploratif
  • D. dekoratif
pendekatan partisipatif adalah model pembelajaran seni dimana siswa harus aktif berkarya/berproduksi seni.(B)
49. Bentuk pembelajaran seni terpadu yang disajikan kepada siswa berdasarkan kesamaan minat dan potensi mereka, adalah bentuk pembelajaran seni terpadu yang memadukan ….
  • A. pembelajaran 
  • B. kurikulum 
  • C. kelas 
  • D. konsep
kelas terpadu dibentuk untuk mengakomodasi atau memberi kesempatan kepada siswa-siswa yang berbakat untuk lebih cepat berkembang (acceleration). Hal ini dimungkinkan  karena kelas terpadu disusun berdasarkan minat dan potensi siswa dalam kelompok atau kelas tersebut.(C)
50. Ketika guru dapat menyatukan beberapa gagasan atau ide yang terdapat dalam seni rupa, musik, dan tari sekaligus, guru tersebut bermaksud menyelenggarakan model pembelajaran seni terpadu berdasarkan ....
  • A. keterpaduan konsep          
  • B. keterpaduan mata pelajaran          
  • C. keterpaduan kelas              
  • D. keterpaduan tujuan
keterpaduan konsep adalah pembelajaran terpadu yang menyatukan beberapa konsep yang teradapat pada beberapa mata pelajaran.(A)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar