PDGK 4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Mata kuliah ini membekali, maha
siswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini, serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji materi dan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa, teori pemerolehan bahasa, hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, hakikat membaca-menulis permulaan, telaah kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD, telaah buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia SD, dan pengelolaan pembelajaran bahasa Indonesia diSD.
1. Secara universal pengertian bahasa adalah....
siswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini, serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji materi dan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa, teori pemerolehan bahasa, hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, hakikat membaca-menulis permulaan, telaah kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD, telaah buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia SD, dan pengelolaan pembelajaran bahasa Indonesia diSD.
1. Secara universal pengertian bahasa adalah....
A. suatu ungkapan berbentuk ujaran yang membedakan manusia dari makhluk lainnya | |
B. suatu lambang bunyi yang ditetapkan secara manasuka | |
C. suatu lambang bunyi yang mempunyai pengertian | |
D. suatu lambang bunyi yang bersifat konvensional |
A. Benar, pengertian bahasa secara universal adalah bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran yang dapat membedakan manusia dari makhluk lainnya
2. Ada yang menyebut, rumah, pondok, gubuk untuk konsep tempat tinggal. Variasi sebutan menunjukkan bahasa bersifat....
2. Ada yang menyebut, rumah, pondok, gubuk untuk konsep tempat tinggal. Variasi sebutan menunjukkan bahasa bersifat....
A. produktif | |
B. sistematis | |
C. unik | |
D. mana suka. |
D. Benar, mana suka/arbitrer, tidak ada hubungan logis antara lambang dengan yang dilambangkan
3. Fonem, suku kata, dan kata merupakan bagian dari unsur segmental karena....
3. Fonem, suku kata, dan kata merupakan bagian dari unsur segmental karena....
A. fonem, suku kata, dan kata tidak selalu dapat diujarkan | |
B. fonem, suku kata, dan kata berfungsi membedakan arti | |
C. dapat ditulis dan dibunyikan secara deskriptif | |
D. dapat diujarkan dengan nada tinggi atau rendah |
C. Benar, fonem, suku kata, dan kata merupakan unsur segmental yang dapat diujarkan dan dituliskan secara deskriptif
4. Bahasa yang digunakan oleh seorang pembaca berita berfungsi sebagai....
4. Bahasa yang digunakan oleh seorang pembaca berita berfungsi sebagai....
A. informasi | |
B. kontrol sosial | |
C. ekspresi | |
D. adaptasi |
A. Benar, bahasa berita merupakan salah satu bentuk informasi informasi, dengan demikian bahasa berfungsi sebagai alat pemberi informasi
5. Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai bahasa negara yang salah satu penggunaannya adalah....
5. Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai bahasa negara yang salah satu penggunaannya adalah....
A. mempersatukan berbagai suku bangsa di Indonesia | |
B. membaurkan diri di dalam masyarakat | |
C. sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan | |
D. alat dalam menyampaikan informasi kepada masyaraka |
C. Benar, Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar merupakan fungsi bahasa indinesia sebagai bahasa nasional
6. Sajian dialog yang bertema “ Prestasi permainan bola Indonesia” pada stasion televisi swasta menggunakan ragam bahasa....
6. Sajian dialog yang bertema “ Prestasi permainan bola Indonesia” pada stasion televisi swasta menggunakan ragam bahasa....
A. tulisan populer | |
B. tulisan ilmiah | |
C. lisan ilmiah | |
D. lisan populer |
D. Benar, dialog tentang bola menggunakan ragam lisan popular, karena menggunakan istilah yang dikenal luas/umum
7. Yang dimaksud belajar adalah....
7. Yang dimaksud belajar adalah....
A. meniru tingkah laku seseorang yang dianggap positif | |
B. perubahan perilaku yang permanen sebagai hasil pelatihan dan penguatan | |
C. mengupayakan kemampuan yang ada untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya | |
D. berlatih menggunakan pengalaman yang didapat sendiri maupun orang lain |
B. Benar. Definisi belajar adalah perubahan perilaku yang permanen sebagai hasil pelatihan dan penguatan.
8. Tujuan pembelajaran bahasa adalah....
8. Tujuan pembelajaran bahasa adalah....
A. mengajak siswa berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis | |
B. mempersiapkan siswa untuk mampu melakukan interaksi yang bermakna dengan lingkungannya | |
C. agar siswa dapat memiliki pengetahuan tentang teori bahasa sesuai target | |
D. agar siswa memperoleh nilai maksimal dalam pengetahuan bahasa |
B. Benar, tujuan belajar bahasa adalah mempersiapkan siswa untuk melakukan interaksi yang bermakna dengan bahasa yang alamiah
9. Faktor di luar diri siswa(eksternal) yang mempengaruhi keberhasilan belajar di antaranya adalah....
9. Faktor di luar diri siswa(eksternal) yang mempengaruhi keberhasilan belajar di antaranya adalah....
A. lingkungan keluarga | |
B. fisik siswa | |
C. motivasi belajar | |
D. psikis siswa |
A. Benar, lingkungan keluarga merupakan faktor eksternal (di luar diri siswa) .
10. Kata menganga pada kalimat” Torehan luka itu semakin menganga” terdiri atas ...
10. Kata menganga pada kalimat” Torehan luka itu semakin menganga” terdiri atas ...
A. enam fonem | |
B. delapan fonem | |
C. tiga fonem | |
D. tujuh fonem |
A. Benar, menganga terdiri atas enam fonem yaitu /m,e,ng,a,ng,a/
11. Yang dimaksud dengan fonetik adalah....
11. Yang dimaksud dengan fonetik adalah....
A. bunyi yang dapat membedakan arti | |
B. bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia serta proses terjadinya bunyi bahasa | |
C. satuan bunyi yang terkecil yang bersifat membedakan arti | |
D. satuan bunyi yang hanya memiliki satu vokal |
B. Benar, fonetik adalah bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia serta proses terjadinya bunyi bahasa
12. Konsonan /d/ pada kata duduk termasuk....
12. Konsonan /d/ pada kata duduk termasuk....
A. bilabial bersuara | |
B. bilabial tak bersuara | |
C. dental tak bersuara | |
D. dental bersuara |
C. Benar, konsonan /d /pada kata duduk termasuk dental hambat tak bersuara
13. Mobil-mobilan dimainkan oleh adik. Morfem bebas yang tepat pada kalimat tersebut adalah….
13. Mobil-mobilan dimainkan oleh adik. Morfem bebas yang tepat pada kalimat tersebut adalah….
A. mobil-mobilan. | |
B. dimainkan | |
C. oleh | |
D. adik |
D. Benar, "adik" merupakan morfem bebas(dapat berdiri sendiri)
14. Pada kata ‘perjanjian’ terdapat jenis afiks....
14. Pada kata ‘perjanjian’ terdapat jenis afiks....
A. prefiks | |
B. infiks | |
C. konfiks | |
D. sufiks |
C. Benar, kata perjanjian berasal dari kata janji dan konfiks per-an
15. Kata ‘melarikan’ dibentuk dari kata....
15. Kata ‘melarikan’ dibentuk dari kata....
A. lari. | |
B. larikan. | |
C. berlari. | |
D. melarikan. |
B. Benar, kata "melarikan"berasal dari kata "larikan" prosedurnya adalah lari larikan melarikan
16. Morfem terikat secara sintaksis pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” adalah....
16. Morfem terikat secara sintaksis pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” adalah....
A. menyenangkan | |
B. melihat | |
C. pemandangan | |
D. yang |
D. Benar, karena ,yang pada kalimat "Kami melihat pemandangan yang menyenangkan" terikat secara sintaksis
17. “Frase ‘dari mana ‘ saja pada kalimat “Teknik menulis cerita jenaka dapat dimulai dari mana saja’ merupakan frase ...
17. “Frase ‘dari mana ‘ saja pada kalimat “Teknik menulis cerita jenaka dapat dimulai dari mana saja’ merupakan frase ...
A. verbal | |
B. ajektiva | |
C. adverbial | |
D. preposisional |
D. Benar, dari mana saja adalah frase preposisional karena mengandung kata depan dari.
18. Frase bertingkat pada kalimat ‘Ratih baru pulang sekolah’ adalah....
18. Frase bertingkat pada kalimat ‘Ratih baru pulang sekolah’ adalah....
A. Ratih | |
B. baru pulang | |
C. Ratih baru pulang | |
D. Ratih pulang |
B. Benar, baru pulang merupakan frase bertingkat yang berhukum, MD.
19. Kalimat “ Sementara menunggu anaknya ia mengikuti kursus menjahit agar dapat memanfaatkan waktu.” Terdiri atas....
19. Kalimat “ Sementara menunggu anaknya ia mengikuti kursus menjahit agar dapat memanfaatkan waktu.” Terdiri atas....
A. satu klausa | |
B. dua klausa | |
C. satu kalimat tunggal | |
D. tiga klausa |
Benar, kalimat di atas adalah kalmat majemuk yang terdiri atas tiga klausa:1)Ia menunggu anaknya, 2) Ia mengikuti kursus menjahit, dan 3) Ia dapat memanfaatkan waktu
20. Jaksa menuntut dia dua puluh tahun. Pola kalimat tersebut adalah....
20. Jaksa menuntut dia dua puluh tahun. Pola kalimat tersebut adalah....
A. Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P | |
B. Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P O | |
C. Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P O pel | |
D. Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P K |
C. Benar, Berdasarkan fungsi/kategorinya kalimat tersebut dipilih menjadi Jaksa menuntut dia dua puluh tahun sehingga polanya menjadi S P O Pel
21. Menurut Yuwono wacana adalah....
21. Menurut Yuwono wacana adalah....
A. Satuan makna antar bagian di dalam suatu bangun bahasa | |
B. satuan bahasa yang terkecil yang dapat membedakan arti | |
C. satuan fonem yang hanya memiliki satu puncak atau vokal | |
D. kumpulan kata yang bermakna lengkap dan diakhiri oleh kesenyapan |
A. Benar, Yuwono mendefinikan wacana sebagai satuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa
22. Kekerasan terhadap anak tidak cukup dihentikan dengan komitmen pribadi atas anak-anak sendiri. Komitmen demikian tentu saja sangat berarti , tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan hirau publik, atas kekerasan terhadap anak , anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun. Elemen inti pada wacana tersebut adalah....
22. Kekerasan terhadap anak tidak cukup dihentikan dengan komitmen pribadi atas anak-anak sendiri. Komitmen demikian tentu saja sangat berarti , tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan hirau publik, atas kekerasan terhadap anak , anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun. Elemen inti pada wacana tersebut adalah....
A. Kekerasan terhadap anak tidak cukup dihentikan dengan komitmen pribadi atas anak-anak sendiri | |
B. Komitmen demikian tentu saja sangat berarti | |
C. tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan hirau publik, atas kekerasan terhadap anak | |
D. anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun |
A. Benar, elemen intinya adalah "Kekerasan terhadap anak tidak cukup dihentikan dengan komitmen pribadi atas anak-anak sendiri"
23. Dialek bahasa Sunda Buhun tentunya berbeda dengan dialek bahasa Sunda pada umumnya.Dalam bahasa Sunda Buhun setiap kalimat atau kata-kata tertentu mendapat tekanan yang agak panjang, sehingga terdengar seperti manja dan agak kaku serta naik turun. Kutipan wacana tersebut memenuhi persyaratan kohesi dan koherensi. Kekohesifan wacana tersebut ditunjukkan oleh....
23. Dialek bahasa Sunda Buhun tentunya berbeda dengan dialek bahasa Sunda pada umumnya.Dalam bahasa Sunda Buhun setiap kalimat atau kata-kata tertentu mendapat tekanan yang agak panjang, sehingga terdengar seperti manja dan agak kaku serta naik turun. Kutipan wacana tersebut memenuhi persyaratan kohesi dan koherensi. Kekohesifan wacana tersebut ditunjukkan oleh....
A. Tanda titik yang menandakan bahwa wacana tersebut terdiri atas dua kalimat | |
B. adanya pengulangan pada frase bahasa Sunda Buhun | |
C. dibubuhinya tanda koma pada kalimat-kalimat dalam wacana tersebut | |
D. pengulangan pada kata dan sebanyak dua kali |
B. Benar, alat kohesi adalah pengulangan, dan pengulangan tersebut terdapat pada frase bahasa Sunda Buhun sebagai penjelasan yang padu
24. Di antara hal berikut yang termasuk ciri wacana lisan adalah...
24. Di antara hal berikut yang termasuk ciri wacana lisan adalah...
A. terdapat tanda kutip pada kalimat yang didialogkan | |
B. taat azas dalam penerapan huruf kapital | |
C. adanya alih tutur | |
D. selalu menggunakan bahasa baku |
C. Benar, ciri wacana lisan adalah adanya penutur, petutur, alih tutur, bahasa tutur, serta konteks.
25. Sebuah wacana yang dibawakan oleh dua pelaku tergolong ke dalam jenis wacana....
25. Sebuah wacana yang dibawakan oleh dua pelaku tergolong ke dalam jenis wacana....
A. polilog | |
B. dialog | |
C. monolog | |
D. prolog |
A. Benar, wacana polilog dibawakan oleh lebih dari dua orang pembicara/pelaku
26. Bahasa cerita jenaka harus baik, tampak hidup, dan dapat memberi pesona baru bagi pembaca. Unsur bahasa yang dinilai tidak hanya sekedar unsur mekanik, seperti ejaan, tanda baca, pilihan kata, dan struktur kalimat, tetapi juga bagaimana bahasa cerita jenaka itu enak dibaca, komunikatif, hidup, dan memberi kesegaran baru. Dari sisi pemaparannya, jenis wacana tersebut adalah....
26. Bahasa cerita jenaka harus baik, tampak hidup, dan dapat memberi pesona baru bagi pembaca. Unsur bahasa yang dinilai tidak hanya sekedar unsur mekanik, seperti ejaan, tanda baca, pilihan kata, dan struktur kalimat, tetapi juga bagaimana bahasa cerita jenaka itu enak dibaca, komunikatif, hidup, dan memberi kesegaran baru. Dari sisi pemaparannya, jenis wacana tersebut adalah....
A. argumentasi | |
B. eksposisi | |
C. narasi | |
D. deskripsi |
B. Benar , wacana di atas berjenis eksposisi karena bersifat memberikan informasi dan instruksi
27. Pendekatan whole language adalah salah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa....
27. Pendekatan whole language adalah salah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa....
A. dengan memperbanyak latihan berbicara | |
B. secara utuh (tidak terpisah-pisah) | |
C. dengan memperbanyak latihan tatabahasa | |
D. dengan memperbanyak berkomunikasi baik lisan maupun tulis sesuai konteks |
B. Benar , Pendekatan whole language adalah pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa secara utuh
28. Guru menyuruh anak membaca puisi secara keseluruhan, kemudian tiap satu baris kelas membacakan perbait, selanjutnya bergantian tiap siswa membaca puisi perbaris secara bergantian. Dalam pendekatan whole language guru tersebut menerapkan prinsip....
28. Guru menyuruh anak membaca puisi secara keseluruhan, kemudian tiap satu baris kelas membacakan perbait, selanjutnya bergantian tiap siswa membaca puisi perbaris secara bergantian. Dalam pendekatan whole language guru tersebut menerapkan prinsip....
A. interaksi sosial | |
B. keterpaduan antarketerampilan berbahasa | |
C. keutuhan dalam penggunaan bahasa sesuai konteks | |
D. dari keseluruhan mengarah kepada bagian-bagian |
D. Benar, pembelajaran tersebut dimulai dari keseluruhan (puisi) bergerak ke bagian-bagian (bait/baris)
29. Guru meminta siswa kelas dua SD menuliskan tiga kalimat mengenai perjalanannya dari rumah ke sekolah, kemudian masing-masing siswa membaca tulisannya. Kegiatan guru tersebut adalah penerapan pembelajaran....
29. Guru meminta siswa kelas dua SD menuliskan tiga kalimat mengenai perjalanannya dari rumah ke sekolah, kemudian masing-masing siswa membaca tulisannya. Kegiatan guru tersebut adalah penerapan pembelajaran....
A. menulis jurnal | |
B. membaca pemahaman | |
C. menulis terbimbing | |
D. membaca terbimbing |
A. Benar, menulis jurnal adalah menulis pengalaman pribadi dengan memperhatikan kaidah-kaidah menulis.
30. Dalam pendekatan Whole Language siswa bekerja dan belajar sesuai dengan kemampuannya serta berbagi tanggung jawab dalam pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai....
30. Dalam pendekatan Whole Language siswa bekerja dan belajar sesuai dengan kemampuannya serta berbagi tanggung jawab dalam pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai....
A. pengarah atau moderator selama pembelajaran berlangsung | |
B. model dalam pembelajaran agar dapat ditiru oleh siswa | |
C. perencana pembelajaran, perancang kelas, dan fasilitator bagi siswa | |
D. pengatur dan penguasa kelas dalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran |
C. Benar, dalam PWL guru berperan sebagai perancang aktifitas siswa, korektor, fasilitator, dan menyiapkan kelas sebagai sumber belajar
31. Tujuan pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan komunikatif adalah....
31. Tujuan pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan komunikatif adalah....
A. terbinanya kemampuan siswa dalam menulis dan membaca | |
B. terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa | |
C. mampu mengkomunikasikan materi pembelajaran yang disajikan | |
D. mampu menjawab soal-soal ujian bahasa Indonesia |
B. Benar, tujuan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa adalah terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa baik lisan maupun tulis
32. Pembelajaran bahasa yang selalu menyertakan pengalamn nyata (kehidupan sehari-hari) adalah pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan....
32. Pembelajaran bahasa yang selalu menyertakan pengalamn nyata (kehidupan sehari-hari) adalah pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan....
A. kontekstual | |
B. integratif | |
C. Whole language | |
D. konseptual |
A. Benar, pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran bahasa yang menggunakan konteks pengalaman nyata dalam berbahasa.
33. Guru meminta tiap siswa membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi yang tertera di papan tulis. Kegiatan guru tersebut menerapkan pendekatan kontekstual komponen...
33. Guru meminta tiap siswa membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi yang tertera di papan tulis. Kegiatan guru tersebut menerapkan pendekatan kontekstual komponen...
A. pemodelan | |
B. bertanya | |
C. inkuiri | |
D. refleksi |
B. Benar, kegiatan guru pada pembelajaran di atas adalah menerapkan komponen kemampuan bertanya bagi siswa
34. Bu Tuti memperdengarkan contoh pembacaan puisi dari radio kaset yang telah disiapkannya agar siswa dapat menirukan cara membaca puisi yang baik . Pemilihan media kaset dalam pembelajaran tersebut menerapkan prinsip.....
34. Bu Tuti memperdengarkan contoh pembacaan puisi dari radio kaset yang telah disiapkannya agar siswa dapat menirukan cara membaca puisi yang baik . Pemilihan media kaset dalam pembelajaran tersebut menerapkan prinsip.....
A. mudah | |
B. menarik | |
C. murah | |
D. fungsional |
D. Benar, pemilihan kaset untuk berlatih membaca puisi sangat fungsional karena dapat menarik minat siswa dan memperkuat latihan
35. Satu prinsip penggunaan media visual yang harus diperhatikan guru berkaitan dengan visual yang diproyeksikan adalah....
35. Satu prinsip penggunaan media visual yang harus diperhatikan guru berkaitan dengan visual yang diproyeksikan adalah....
A. guru harus pandai menggambar | |
B. guru harus memiliki CD drama | |
C. baik gambar maupun tulisan harus jelas sehingga mudah ditangkap/dibaca | |
D. sajian materi sebaiknya menggunakan metode bermain peran |
C. Benar, gambar dan tulisan yang jelas menjadi prinsip utama pada penggunaan media visual yang diproyeksikan
36. Contoh penggunaan media dengar pada pembelajaran menyimak adalah....
36. Contoh penggunaan media dengar pada pembelajaran menyimak adalah....
A. Pak Soleh meminta siswa memperhatikan gerakan pemain drama dari video yang diputarnya | |
B. Pak Dodi meminta siswa memperhatikan dan menulis runningtet atau berita berjalan yang disaksikan siswa | |
C. Siswa mendengarkan berita terkini dari tape recorder untuk diceritakan kembali inti-inti beritanya | |
D. Bu Lis meminta siswa memperagakan gerakan pantomim seperti contoh yang dilihat melalui video |
C. Benar, tape recorder adalah salah satu media dengar yang paling baik
37. Contoh penggunaan media teks untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah....
37. Contoh penggunaan media teks untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah....
A. Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menuliskan kembali isi teks. | |
B. Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menceritakan kembali isi teks di depan kelas. | |
C. Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta membuat rangkuman isi teks | |
D. Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta menganalisis ejaan dan tanda baca yang terdapat pada teks. |
B. Benar, Setelah membaca teks, siswa menceritakan isi teks = keterampilan berbicara
38. Seorang siswa yang memiliki kemampuan membaca yang tinggi diminta guru untuk membaca teks berita dengan baik sebagai model. Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan media....
38. Seorang siswa yang memiliki kemampuan membaca yang tinggi diminta guru untuk membaca teks berita dengan baik sebagai model. Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan media....
A. lingkungan dalam pembelajaran berbicara | |
B. video dalam pembelajaran menyimak | |
C. manusia dalam pembelajaran membaca | |
D. gambar dalam pembelajaran menulis |
C. Benar, Siswa sebagai model berperan sebagai media, membaca berita merupakan materi pembelajaran membaca
39. Contoh penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis adalah...
39. Contoh penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis adalah...
A. Guru memperdengarkan pembacaan berita tentang lingkungan alam kemudian siswa diminta menuliskan inti beritanya | |
B. Siswa diminta mlihat gambar pemandangan yang ada di papan tulis kemudian diminta menuliskannya dalam bentuk puisi | |
C. Siswa diminta mencatat hal-hal yang diamati di halaman sekolah kemudian menyusunnya menjadi sebuah karangan. | |
D. Siswa diminta menulis ringkasan dari teks yang dibaca |
C. Benar, Halaman sekolah yang menjadi objek pengamatan merupakan media lingkungan
40. Yang dimaksud dengan penilaian kinerja dalam pembelajaran bahasa adalah penilaian terhadap....
40. Yang dimaksud dengan penilaian kinerja dalam pembelajaran bahasa adalah penilaian terhadap....
A. proses aktivitas siswa dalam kegiatan berbahasa | |
B. kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal bahasa | |
C. hasil yang diperoleh siswa dalam tes bahasa | |
D. kumpulan hasil/pengalaman belajar bahasa siswa |
A. Benar, penilaian kinerja, menilai proses kegiatan berbahasa siswa (performance assessment)
41. Perhatikan rubrik penilaian di bawah ini
41. Perhatikan rubrik penilaian di bawah ini
RUBRIK PENILAIAN ………………………….
Nama : ________________________________
Kelas :
NO ASPEK DESKRIPTOR SKOR 1 Pemilihan Judul •Sesuai, menggambarkan isi, menarik 3 • Sesuai, kurang menggambarkan isi, kurang menarik 2 • Tidak sesuai, tidak menggambarkan isi, tidak menarik 1 2 1 2 Kelengkapan Isi • SKOR Isi lengkap (6 unsur) 3 • Isi mendekati lengkap (4-5 unsur) 2 • Isi tidak lengkap (kurang dari 4 unsur) 1 2 1 3 Kesesuaian Isi • SKOR Semua data sesuai dengan tulisan 4 • Sebagian kecil data tidak sesuai dengan tulisan 3 • Sebagian besar data tidak sesuai dengan tulisan 2 • Semua data tidak sesuai dengan tulisan 1 3 2 1 4 Sistematika • SKOR Urut-urutan sesuai 3 • Urut-urutan kurang sesuai 2 • Urut-urutan tidak sesuai 1 2 1 5 Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca • SKOR Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca 4 • Terdapat kesalahan (1—3) penggunaan ejaan dan tanda baca 3 • Terdapat kesalahan (4—6) penggunaan ejaan dan tanda baca 2 • Terdapat kesalahan lebih dari 6 dalam penggunaan ejaan dan tanda baca 1 1
Pedoman penskoran di atas tepat digunakan untuk penilaian hasil kerja siswa dalam....
Kelas :
NO ASPEK DESKRIPTOR SKOR 1 Pemilihan Judul •Sesuai, menggambarkan isi, menarik 3 • Sesuai, kurang menggambarkan isi, kurang menarik 2 • Tidak sesuai, tidak menggambarkan isi, tidak menarik 1 2 1 2 Kelengkapan Isi • SKOR Isi lengkap (6 unsur) 3 • Isi mendekati lengkap (4-5 unsur) 2 • Isi tidak lengkap (kurang dari 4 unsur) 1 2 1 3 Kesesuaian Isi • SKOR Semua data sesuai dengan tulisan 4 • Sebagian kecil data tidak sesuai dengan tulisan 3 • Sebagian besar data tidak sesuai dengan tulisan 2 • Semua data tidak sesuai dengan tulisan 1 3 2 1 4 Sistematika • SKOR Urut-urutan sesuai 3 • Urut-urutan kurang sesuai 2 • Urut-urutan tidak sesuai 1 2 1 5 Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca • SKOR Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca 4 • Terdapat kesalahan (1—3) penggunaan ejaan dan tanda baca 3 • Terdapat kesalahan (4—6) penggunaan ejaan dan tanda baca 2 • Terdapat kesalahan lebih dari 6 dalam penggunaan ejaan dan tanda baca 1 1
Pedoman penskoran di atas tepat digunakan untuk penilaian hasil kerja siswa dalam....
A. Membaca berita | |
B. Membaca puisi | |
C. Menulis puisi | |
D. Menulis berita |
D. Benar, contoh penilaian di atas tepat untuk menilai hasil kerja siswa dalam menulis berita
42. Penggunaan bahasa yang bersifat produktif terdapat pada kalimat berikut....
42. Penggunaan bahasa yang bersifat produktif terdapat pada kalimat berikut....
A. Pak Sunu menyuruh siswanya membaca novel untuk bahan rangkuman | |
B. Cristina menyimak dengan tekun diskusi panel tentang penggunaan EYD di televisi | |
C. Beni berhasil menjadi juara dalam perlombaan membaca puisi | |
D. Bu Lis menjadi pembicara pada seminar Hari Guru di UTCC |
D. Benar, menjadi pembicara menggunakan kemampuan menyampaikan ide/pikiran secara lisan yaitu kegitan berbahasa yang produktif
43. Yang dimaksud prinsip ilmiah dalam pengembangan silabus adalah....
43. Yang dimaksud prinsip ilmiah dalam pengembangan silabus adalah....
A. komponensilabus seluruh ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor) | |
B. terdapat hubungan logis antara kompetensi dasar, indikator, materi, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian | |
C. seluruh materi dan kegiatan yang tercantum dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan | |
D. komponen-komponen silabus disusun berurutan secara logis sehingga mudah dilaksanakan |
C. Benar, kebenaran dan berani bertanggung jawab menjadi tuntutan dalam prinsip ilmiah
44. Jika kompetensi dasarnya membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengarkan, maka indikator awalnya adalah....
44. Jika kompetensi dasarnya membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengarkan, maka indikator awalnya adalah....
A. menyusun ide pokok menjadi ringkasan sesuai judul teks | |
B. menceritakan hasil ringkasan dengan bahasa sendiri di depan kelas | |
C. mengembangkan karangan dari ide pokok yang ditemukan | |
D. menuliskan ide pokok setiap paragraf yang dibaca |
D. Benar, menuliskan ide pokok setiap paragraf yang dibacamenjadi indikator awal dalam membuat ringkasan
45. Jika kompetensi dasarnya dapat memceritakan kembali dongeng yang didengarnya dengan bahasa sendiri , maka langkah-langkah pembelajaran yang sistematis adalah....
45. Jika kompetensi dasarnya dapat memceritakan kembali dongeng yang didengarnya dengan bahasa sendiri , maka langkah-langkah pembelajaran yang sistematis adalah....
A. 1) mendengarkan dongeng, 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendongeng di depan kelas | |
B. 1) mendengarkan dongeng, 2) mendongeng di depan kelas 3)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 4)menyusun kembali menjadi dongeng, | |
C. 1) mendongeng di depan kelas 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendengarkan dongeng | |
D. 1) mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 2)menyusun kembali menjadi dongeng, 3)mendengarkan dongeng, 4) mendongeng di depan kelas |
A. Benar, langkah-langkah pembelajaran yang sistematis untuk mencapai kompetensi tersebut diawali dengan mendengarkan dongeng dan diakhiri dengan mendongeng di depan kelas
46. Ada beberapa prinsip untuk menjadikan kelas sebagai sumber belajar, di antaranya pelajaran terintegrasi. Yang dimaksud terintegrasi dalam hal ini adalah....
46. Ada beberapa prinsip untuk menjadikan kelas sebagai sumber belajar, di antaranya pelajaran terintegrasi. Yang dimaksud terintegrasi dalam hal ini adalah....
A. memadukan topik pembelajaran bahasa dengan topik bidang studi lain | |
B. menggunakan semua komponen bahasa dalam satu kali pembelajaran | |
C. menyatukan pembelajaran bahasa dengan sastra | |
D. menggabungkan pembelajran antartingkatan kelas |
A. Benar, yang dimaksid pembelajaran terintegrasi adalah memadukan topik pembelajaran bahasa dengan mata pelajaran lain (dapat disebut pendekatan terpadu atau tematik
47. Salah satu tujuan pembelajaran apresiasi sastra adalah memberikan pengalaman menginterpretasi karya sastra kepada siswa. Artinya siswa dapat....
47. Salah satu tujuan pembelajaran apresiasi sastra adalah memberikan pengalaman menginterpretasi karya sastra kepada siswa. Artinya siswa dapat....
A. membuat karya sastra sesuai kemampuan siswa | |
B. memrbangun kebiasaan untuk senang membaca karya sastra | |
C. merasakan apa yang dituangkan dalam karya sastra | |
D. menemukan makna dari karya sastra yang disajikan |
D. Benar, menginterpretasi adalah menemukan makna dari karya sastra yang disajikan
48. Pembelajaran apresiasi sastra untuk siswa SD kelas rendah harus sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu....
48. Pembelajaran apresiasi sastra untuk siswa SD kelas rendah harus sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu....
A. lebih banyak gambar untuk mengkongkretkan cerita | |
B. Sastra yang disajikan terdapat dalam buku teks yang disediakan | |
C. berisi tentang kehidupan sehari-hari , dongeng, dan cerita lucu yang sederhana. | |
D. sastra yang disajikan merupakan salah satu pengalaman guru |
C. Benar, kebutuhan siswa berkaitan dengan karakteristik siswa yaitu dekat dengan dunianya
49. Salah satu kriteria bahan pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah adalah keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah....
49. Salah satu kriteria bahan pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah adalah keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah....
A. sesuai dengan kurikulum yang berlaku | |
B. sesuai dengan kesiapan guru | |
C. sesuai dengan kejiwaan siswa, usia, dan lingkungan siswa | |
D. sesuai dengan tingkat pengetahuan masing-masing siswa di kelas tersebut |
C. Benar, yang dimaksud kesesuaian dalam sastra adalah sesuai dengan kejiwaan, usia, dan lingkungan siswa
50. Berikut ini adalah materi-materi sastra yang sesuai dikembangkan di SD kelas rendah kecuali....
50. Berikut ini adalah materi-materi sastra yang sesuai dikembangkan di SD kelas rendah kecuali....
A. membaca puisi berjudul “Terima Kasih Ibu” dan mendeklamasikannya | |
B. membaca dongeng “Asal-Muasal Ikan Mujair, dan “ menyebutkan para pelakunya | |
C. membaca drama pendek berjudul “ Kura-kura dan Monyet”, dan memperagakan ucapan salah satu tokohnya | |
D. menentukan watak tokoh pelaku utama dan pelaku sampingan dalam sebuah novel terkenal |
thanks soalnya...sangat membantu...
BalasHapusthanks soalnya...sangat membantu...
BalasHapus