PDGK4101 - Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Mata kuliah ini membahas tentang
hakikat keterampilan berbahasa, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan berbahasa terpadu dengan fokus menyimak, keterampilan berbahasa dengan fokus berbicara, keterpaduan keterampilan berbahasa dengan fokus menulis, keterpaduan keterampilan berbahasa dengan fokus membaca. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mempunyai kemampuan untuk menguasai berbagai keterampilan berbahasa dan keterkaitan antar aspek keterampilan berbahasa tersebut.
hakikat keterampilan berbahasa, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan berbahasa terpadu dengan fokus menyimak, keterampilan berbahasa dengan fokus berbicara, keterpaduan keterampilan berbahasa dengan fokus menulis, keterpaduan keterampilan berbahasa dengan fokus membaca. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mempunyai kemampuan untuk menguasai berbagai keterampilan berbahasa dan keterkaitan antar aspek keterampilan berbahasa tersebut.
1. Proses komunikasi adalah proses....
A.pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa | |
B.penyesuaian terhadap lingkungan baru | |
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun | |
D.pengadopsian tradisi budaya |
pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa adalah proses komunikasi.(A)
2. Wartawan merupakan salah satu jenis profesi yang harus memiliki keterampilan berbahasa ....
2. Wartawan merupakan salah satu jenis profesi yang harus memiliki keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak | |
B. membaca dan menulis | |
C. membaca dan berbicara | |
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara |
karena idealnya seorang wartawan memiliki 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya.(D)
3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif adalah ....
3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif adalah ....
A. menulis dan membaca | |
B. mendengarkan dan berbicara | |
C. berbicara dan menulis | |
D. mendengarkan dan membaca |
karena berbicara dan menulis adalah jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.(C)
4. Contoh kegiatan berbahasa yang bersifat interaktif adalah ....
4. Contoh kegiatan berbahasa yang bersifat interaktif adalah ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid | |
B. menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan | |
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat | |
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki |
karena dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antaranggota.(C)
5. Yang merupakan contoh berbicara secara noninteraktif adalah ....
5. Yang merupakan contoh berbicara secara noninteraktif adalah ....
A. berpidato secara langsung pada acara peringatan Hari Kemerdekaan R.I. | |
B. bertelepon melalui telepon seluler | |
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan | |
D. berpidato melalui radio atau televisi |
kegiatan berpidato melalui radio atau televisi merupakan contoh berbicara noninteraktif, karena pendengar tidak dapat melakukan interupsi atau tanya jawab.(D)
6. Berikut ini yang merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
6. Berikut ini yang merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
A. menggunakan bentuk kata dengan benar | |
B. mengenal sistem tulisan yang digunakan | |
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata sulit | |
D. menebak makna dari konteks |
menggunakan bentuk kata dengan benar, merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis.(A)
7. Yang merupakan persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca adalah ....
7. Yang merupakan persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca adalah ....
A. kedua kegiatan tersebut bersifat reseptif | |
B. kedua kegiatan tersebut bersifat produktif | |
C. kedua kegiatan tersebut merupakan hasil akal budi manusia dalam berbahasa | |
D. kedua kegiatan tersebut merupakan kajian dalam ilmu bahasa |
baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif.(A)
8. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya berbeda, yaitu ....
8. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya berbeda, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung | |
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung | |
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat | |
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat |
komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak.(A)
9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi adalah tataran menyimak di mana penyimak diharapkan mampu ....
9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi adalah tataran menyimak di mana penyimak diharapkan mampu ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin | |
B. mengenal berbagai jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan kalimat dalam hubungan timbal balik antarunsur | |
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi | |
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita menarik, berita surat kabar, dan sebagainya |
karena hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi.(C)
10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita dapat melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah ....
10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita dapat melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah ....
A. memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan berkonsentrasi penuh dalam menangkap gagasan | |
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawab latihan-latihan yang ada. | |
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif | |
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan |
untuk dapat menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawab latihan-latihan merupakan strategi untuk menangkap gagasan.(B)
11. Menyimak kritis adalah jenis menyimak yang ....
11. Menyimak kritis adalah jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif. | |
B. dilakukan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas | |
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan informasi baru | |
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat |
menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan penilaian secara objektif.(A)
12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bercerita adalah ....
12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bercerita adalah ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami. | |
B. memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan keteladanan | |
C. memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara | |
D. menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide |
penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami, hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika bercerita.(A)
13. Sebelum melakukan debat, peserta debat sebaiknya melakukan persiapan untuk ....
13. Sebelum melakukan debat, peserta debat sebaiknya melakukan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai | |
B. persiapan untuk menciptakan suasana yang dramatik | |
C. persiapan untuk memilih topik yang menarik | |
D. persiapan untuk melakukan tanya jawab |
sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai, sebelum menyampaikan argumentasi, agar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta setuju dengan pendapat peserta debat.(A)
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil adalah ....
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil adalah ....
A. pidato | |
B. diskusi | |
C. musyawarah | |
D. kampanye sebuah partai politik. |
diskusi adalah bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan.(B)
15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam memilih kata-kata, haruslah ....
15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam memilih kata-kata, haruslah ....
A. memberikan pujian kepada khalayak atas prestasi mereka | |
B. menggunakan kata-kata yang sederhana, agar mudah dipahami dengan cepat | |
C. banyak menggunakan istilah asing agar lebih berbobot | |
D. menggunakan kata-kata bermakna konotatif |
Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang mudah dipahami dengan cepat.(B)
16. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika berdiskusi adalah ....
16. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika berdiskusi adalah ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit | |
B. dengan suara keras dan tegas | |
C. disertai kata pembuka dan penutup | |
D. mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan argumen pembicara |
dalam menyampaikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya menyampaikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit.(A)
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya | |
B. berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan nada/suara | |
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi | |
D. tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak |
ketika berdiskusi, tanggapan atau jawaban harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif, dan memuaskan berbagai pihak.(D)
18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati | |
B. melukiskan latar belakang masalah | |
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab | |
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda |
menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda pernyataan tersebut adalah cara menutup pidato.(D)19. Membaca scanning adalah jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat | |
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks tersebut | |
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat | |
D. mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami |
membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat.(A)
20. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
20. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
A. para siswa berpidato | |
B. bermain drama | |
C. mendengarkan musik | |
D. menulis laporan |
membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yag memadai.(A)
21. Kalimat berikut ini yang memiliki kata bersinonim yakni ....
21. Kalimat berikut ini yang memiliki kata bersinonim yakni ....
A. Kau selalu ada di hati setiap orang yang memujamu | |
B. Semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua, berbondong-bondong pergi ke pasar malam tersebut | |
C. Bunga Mawar adalah bunga pujaan sebagian besar perempuan | |
D. Pencemaran udara memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap rendahnya kesehatan masyarakat |
kalimat tersebut merupakan kalimat yang memiliki kata yang bersinonim, yaitu kalbu.(A)
22. Berikut ini yang merupakan contoh kata umum dalam sebuah kalimat adalah ....
22. Berikut ini yang merupakan contoh kata umum dalam sebuah kalimat adalah ....
A. Alat komunikasi pada saat ini sudah sangat canggih. | |
B. Surat kabar tersebut sangat memperhatikan penggunaan bahasa dalam berita-beritanya. | |
C. Perahu sangat dibutuhkan di Pulau Kalimantan | |
D. Tidak ada korelasi antara jenis kelamin dan usia produktif terhadap minat baca. |
Kata alat komunikasi merupakan kata umum.(A)
23. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang bukan merupakan kata kajian yaitu ....
23. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang bukan merupakan kata kajian yaitu ....
A. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, menandakan kulit yang banyak mengandung pigmentasi. | |
B. Menurutnya, fenomena itu terjadi karena budaya Indonesia yang masih menilai perempuan karena kecantikannya. | |
C. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang lezat. | |
D. Kita terbiasa disuapi propaganda tentang apa yang baik dan buruk secara seragam. |
kata alami, merupakan kata populer.(C)
24. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan sebuah karangan adalah ....
24. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan sebuah karangan adalah ....
A. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan | |
B. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca | |
C. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta | |
D. Sebaiknya memperhatikan penggunaan kata yang bermakna sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata populer dan kata kajian |
Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan, hal tersebut merupakan syarat pemakaian kalimat efektif.(A)
25. Berikut ini penggunaan yang benar untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan berikut adalah ....
25. Berikut ini penggunaan yang benar untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan berikut adalah ....
A. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai dengan gejala-gejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan. | |
B. Yulianto, B. 1996. Teori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya. | |
C. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka. | |
D. Hasil tes yang dilakukan seperti itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang hanya dua kali. |
tanda titik dua juga dipakai antara tempat terbit dengan penerbit dalam penulisan daftar pustaka.(B)
26. Penalaran deduktif adalah ....
26. Penalaran deduktif adalah ....
A. Pengembangan paragraf dengan cara menyajikan serangkaian kalimat penjelas terlebih dahulu dan diakhiri dengan kalimat utama. | |
B. pengembangan paragraf kalimat utama yang berisi gagasan utama diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas. | |
C. pengembangan paragraf dimana pokok pikiran utama yang dikemukakan kembali pada akhir paragraf. | |
D. paragraf yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek |
pengembangan paragraf kalimat utama yang berisi gagasan utama diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas, pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari paragraf deduktif.(B)
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang gampang naik darah, ada cara mudah dan murah menurunkan tensi darah. Anda cukup mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat sehari. Menurut para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi produk segar, semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan efek kombinasi vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah segar tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) Contoh paragraf tersebut menggunakan jenis penalaran ....
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang gampang naik darah, ada cara mudah dan murah menurunkan tensi darah. Anda cukup mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat sehari. Menurut para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi produk segar, semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan efek kombinasi vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah segar tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) Contoh paragraf tersebut menggunakan jenis penalaran ....
A. deduktif | |
B. induktif | |
C. deduktif – induktif | |
D. naratif |
deduktif – induktif, pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf.(C)
28. Paragraf narasi adalah ....
28. Paragraf narasi adalah ....
A. Paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu | |
B. Paragraf yang biasanya dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek | |
C. Paragraf yang di dalamnya terdapat data dan fakta yang digunakan untuk meyakinkan pembacanya | |
D. Paragraf yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya |
paragraf narasi adalah paragraf yang terdapat dalam rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu.(A)
29. Perhatikan paragraf berikut ini!
29. Perhatikan paragraf berikut ini!
Jika saat ini banyak produk menawarkan pemutih kulit, orang jangan lantas percaya begitu saja. Beberapa waktu yang lalu pernah ditemukan krim pemutih kulit yang mengandung logam berat seperti merkuri yang maksudnya untuk membuat kulit mulus dan putih. Namun tanpa disadari merkuri ini justru berbahaya karena bisa merusak organ tubuh, salah satunya ginjal.
Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ....
A. deskripsi | |
B. argumentasi | |
C. persuasi | |
D. narasi |
paragraf tersebut merupakan jenis paragraf argumentasi karena paragraf tersebut menyajikan fakta dan data untuk memperkuat alasan yang terdapat dalam paragraf tersebut.(B)
30. Berikut ini bukan kriteria yang dapat dipakai dalam pemilihan topik karangan adalah ....
30. Berikut ini bukan kriteria yang dapat dipakai dalam pemilihan topik karangan adalah ....
A. menarik perhatian penulis | |
B. aktual | |
C. bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh | |
D. topik yang dipilih berasal dari pengalaman sehari-hari |
pernyataan tersebut bertentangan dengan kriteria penulis.(D)
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak adalah ....
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak adalah ....
A. proses berbicara secara alami selalu berpadu dengan proses menyimak, tidak ada orang yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak | |
B. kemampuan yang mencakup kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa | |
C. keterampilan berbicara akan diperoleh secara maksimal apabila pembicara selalu berperan menjadi pendengar | |
D. keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal apabila kita sering melihat orang menulis. |
proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak.(A)
32. Berikut ini yang termasuk contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah ....
32. Berikut ini yang termasuk contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah ....
A. siswa mendengarkan penyajian seorang moderator tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan diskusi, setelah beberapa temannya ketika berdiskusi, setelah itu mereka mengajukan pertanyaan tentang topik diskusi | |
B. siswa membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu guru mengadakan diskusi dengan siswa untuk berlatih drama | |
C. siswa membuat tulisan tentang kenaikan harga kebutuhan pokok, kemudian membacakannya di depan kelas | |
D. siswa berpidato di depan kelas kemudian guru dan teman-temannya mendiskusikan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pidato tersebut |
kegiatan pertama, fokus yang dilakukan siswa sekolah adalah menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara).(A)
33. Pernyataan yang menjelaskan hubungan antara membaca dengan menyimak adalah ....
33. Pernyataan yang menjelaskan hubungan antara membaca dengan menyimak adalah ....
A. Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama, yakni menguasai simbol-simbol bahasa, memiliki pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa | |
B. Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca | |
C. Membaca menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk sering menyimak | |
D. Menyimak dan membaca dapat berlangsung dalam situasi formal saja |
menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa.(A)
34. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menyimak adalah ....
34. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menyimak adalah ....
A. Setelah menyimak penjelasan tentang penyakit yang berjangkit akhir-akhir ini, siswa ditugasi membaca wacana kesehatan yang berjudul “flu burung”. Kemudian siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut. | |
B. Siswa menyimak rekaman video mengenai kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kemudian guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka lihat secara lisan. | |
C. Guru meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian membuat cerita secara lisan berdasarkan apa yang mereka simak tadi. | |
D. Siswa diberi tugas untuk membuat tulisan tentang bencana alam, kemudian salah satu dari mereka diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, sementara itu teman-teman lainnya menyimak. |
kegiatan tersebut berfokus pada keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca.(A)
35. Kegiatan berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak, adalah ....
35. Kegiatan berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak, adalah ....
A. Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak, kemudian dipentaskan di depan kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya. | |
B. Siswa diajak untuk menonton pementasan pembacaan puisi. Setelah itu mereka diminta untuk membuat parafrase dari salah satu puisi yang telah dibacakan tadi. | |
C. Siswa diminta untuk membuat tulisan argumentasi, kemudian mereka memasang tulisan mereka di majalah dinding. | |
D. Siswa bersama guru membahas mengenai sebuah artikel tentang banjir dan dampak yang sedang dihadapi. Setelah itu, guru menugasi siswa-siswa untuk menuliskan kesimpulan dari hal yang telah didiskusikan. |
contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak.(B)
36. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara adalah ....
36. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa mendengarkan dialog yang disajikan dalam bentuk rekaman kaset, kemudian mereka membuat kesimpulan dari dialog tersebut secara tertulis. | |
B. Seorang siswa bercerita/mendongeng di depan kelas, siswa lain menyimak dengan baik, kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa tersebut bercerita. | |
C. Setelah menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan drama tersebut di depan kelas. | |
D. Guru menjadi model dalam membacakan puisi sementara itu siswa-siswanya menyimak pembacaan puisi tersebut |
kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara.(B)
37. Cara yang baik untuk memilih tema karangan adalah ....
37. Cara yang baik untuk memilih tema karangan adalah ....
A. mencari aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan dapat diolah agar mudah ataupun yang disukai | |
B. memperhatikan penggunaan judul baik judul rangkap maupun judul lengkap | |
C. menentukan sasaran pembaca yang nantinya akan membaca hasil karangan tersebut | |
D. menentukan tema sesuai dengan keahlian |
karena menentukan tema sesuai dengan keahlian merupakan cara memilih tema.(D)
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, sampai pada tahap pemasaran merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif, biasanya menyajikan ....
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, sampai pada tahap pemasaran merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif, biasanya menyajikan ....
A. Kisah legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat unsur tema, alur, penokohan, latar tempat, sudut pandang dan amanat yang terdapat pada cerita tersebut. | |
B. Ulasan berita di surat kabar mengenai tindak kekerasan yang meningkat di Indonesia. | |
C. Informasi tentang keindahan alam provinsi Sulawesi Selatan | |
D. Kisah nyata peristiwa tenggelamnya kapal penumpang di Laut Jawa. |
hal tersebut merupakan jenis karangan narasi sugestif.(A)
39. Berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara adalah ....
39. Berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara adalah ....
A. menulis sebuah cerita anak-anak, kemudian menceritakan kembali dengan gaya mendongeng di depan kelas. | |
B. siswa menulis sebuah puisi, setelah itu guru membacakan sebuah puisi yang dianggap paling baik di depan kelas | |
C. siswa membaca sebuah puisi, kemudian memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen | |
D. guru memberikan salinan salah satu hasil tulisan siswa, kepada siswa-siswa lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi ejaan dan tanda bacanya |
contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara.(A)
40. Yang merupakan kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara adalah ....
40. Yang merupakan kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian beberapa siswa menanggapi isi cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan. | |
B. Siswa berdiskusi dengan teman-temannya mengenai jenis-jenis karya sastra. | |
C. Seorang siswa membaca sebuah artikel tentang perindustrian, kemudian siswa lain mencatat istilah dari kata-kata yang tidak mereka pahami, mengenai perindustrian. | |
D. Guru membacakan sebuah cerita rakyat Jawa, yaitu Roro Jonggrang. Setelah itu para siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari cerita tersebut. |
kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara.(A)
41. Berikut ini kegiatan yang merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis, kecuali ....
41. Berikut ini kegiatan yang merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis, kecuali ....
A. menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan bahasa sendiri | |
B. mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian dosen meminta mahasiswa membuat ringkasan dari hasil simakannya. | |
C. siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk membuat artikel atau yang berhubungan dengan lagu yang telah didengar tadi. | |
D. siswa Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi berdasarkan dongeng yang telah mereka simak. |
kegiatan tersebut tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis.(A)
42. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan berbicara dengan fokus menulis, adalah ....
42. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan berbicara dengan fokus menulis, adalah ....
A. melakukan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka membuat laporan penelitian | |
B. menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam bentuk tulisan kemudian dibacakan di depan kelas | |
C. menyimak sebuah dialog interaktif di televisi kemudian menulis sebuah artikel mengenai topik dialog yang disimaknya | |
D. seorang siswa berpidato di depan kelas sementara siswa-siswa lainnya menyimak kemudian memberikan tanggapan dalam bentuk tulisan |
kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menulis.(A)
43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis dapat dilihat pada kegiatan berikut ini :
43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis dapat dilihat pada kegiatan berikut ini :
A. Siswa menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah drama yang telah dibuat secara | |
B. Para siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka melanjutkan membuat resensi dari cerpen tersebut | |
C.Guru membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang terkandung dalam cerita secara lisan | |
D. Siswa membacakan sebuah artikel yang menarik di depan kelas, dan guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut |
kegiatan tersebut menggambarkan adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis.(B)
44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan fokus membaca terdapat pada kegiatan ....
44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan fokus membaca terdapat pada kegiatan ....
A. Setelah membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian menyimak diskusi mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa lainnya mengajukan tanggapan maupun pertanyaan secara lisan berkaitan dengan kehidupan anak-anak pada zaman sekarang. | |
B. Guru membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya, kemudian mereka berdiskusi dengan guru, usai pembacaan puisi tersebut. | |
C. Seorang siswa membacakan puisi, siswa lain menyimaknya, kemudiam mereka membuat parafrase dari puisi yang telah dibacakan tadi. | |
D. Siswa menyimak pementasan drama, kemudian mereka membaca sebuah novel dengan tema yang sama dengan drama yang telah dipentaskan, kemudian mendiskusikannya dengan guru mereka. |
hal tersebut menggambarkan keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan fokus membaca.(A)
45. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan menulisdengan fokus membaca, kecuali ....
45. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan menulisdengan fokus membaca, kecuali ....
A. setelah membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok” siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama, dimana bagian-bagian teks itu telah dikosongkan. | |
B. setelah membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali cerita tersebut secara lisan | |
C. setelah membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat kesimpulan dari bacaan tersebut | |
D. setelah membaca legenda suatu daerah di Indonesia, siswa kemudian mencari kata-kata yang sulit dimengerti oleh mereka, untuk kemudian dicari maknanya di dalam kamus |
karena kegiatan tersebut tidak menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca.(D)
46. Berikut ini yang termasuk manfaat bercerita adalah ....
46. Berikut ini yang termasuk manfaat bercerita adalah ....
1. mengajarkan kebenaran | |
2. memberikan keteladanan | |
3. menguasai cerita |
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena cerita yang baik mengandung ajaran kebenaran dan memberikan keteladanan.
Pernyataan 3 salah, karena menguasai cerita merupakan syarat untuk memperoleh kemampuan bercerita, bukan manfaat bercerita.
47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif adalah ....
Pernyataan 3 salah, karena menguasai cerita merupakan syarat untuk memperoleh kemampuan bercerita, bukan manfaat bercerita.
47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif adalah ....
1. membaca sekilas | |
2. membaca dangkal | |
3. membaca sastra |
Pernyataan 1 dan 2, benar, karena jenis membaca ekstensif adalah membaca sekilas dan membaca dangkal.
Pernyataan 3, salah, karena membaca sastra bukan jenis membaca ekstensif tetapi termasuk jenis membaca telaah bahasa atau membaca intensif.
48. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang mengandung denotasi adalah ....
1. Upaya menjaga kebersihan makanan menjadi syarat utama dalam mengelola rumah makan | |
2. Kulit yang berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap wanita Indonesia | |
3. Susu ini diproses secara higienis |
Pernyataan 1 dan 3, benar, karena kata kebersihan dan higienis adalah kata yang bermakna denotasi.
Pernyataan 2 salah, karena kata berkilau dan cerah pada pilihan ke-2 merupakan kata yang bermakna konotasi.
49. Kalimat berikut ini yang memiliki kata abstrak adalah ....
1. Restoran ini sangat cocok untuk pecinta kuliner | |
2. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah | |
3. Saat diproduksi, tablet dibentuk terlalu padat sehingga perut perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya. |
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena kata kuliner dan kasih merupakan kata abstrak.
Pernyataan 3 salah, karena kata tablet merupakan kata konkret.
50. Berikut ini kalimat yang memiliki kata asing adalah kalimat ....
Pernyataan 3 salah, karena kata tablet merupakan kata konkret.
50. Berikut ini kalimat yang memiliki kata asing adalah kalimat ....
1. Akibat kebersihan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air yang terkontaminasi kuman. | |
2. Bank swasta tersebut memiliki jumlah costumer yang cukup besar di Indonesia. | |
3. Jangan dulu memberikan judgment bahwa seseorang tersebut tidak suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik. |
Pernyataan 1 salah, karena kata terkontaminasi adalah kata serapan bukan kata asing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar