PDGK4102 Konsep Dasar IPS. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat dan karakteristik mata
kuliah Konsep Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS, konsep dasar sejarah, konsep dasar geografi, konsep dasar ekonomi, konsep dasar sosiologi, konsep dasar antropologi, konsep dasar politik dan pemerintahan, sikap masyarakat terhadap perubahan sosial, model-model pembelajaran IPS yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, merancang dan menerapkan keterampilan dasar IPS. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mempunyai kemampuan untuk memahami, mengembangkan, dan menerapkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran IPS di SD dengan menerapkan model-model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
kuliah Konsep Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS, konsep dasar sejarah, konsep dasar geografi, konsep dasar ekonomi, konsep dasar sosiologi, konsep dasar antropologi, konsep dasar politik dan pemerintahan, sikap masyarakat terhadap perubahan sosial, model-model pembelajaran IPS yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, merancang dan menerapkan keterampilan dasar IPS. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mempunyai kemampuan untuk memahami, mengembangkan, dan menerapkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran IPS di SD dengan menerapkan model-model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
1. Pendekatan yang dilakukan dalam IPS menggunakan pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, tidak seperti halnya Ilmu Sosial yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau
A. monodisiplin | |
B. multidisiplin | |
C. lintas ilmu | |
D. perpaduan pengetahuan |
2. Pendekatan ilmu pengetahuan sosial bersifat interdisipliner atau bersifat multidisipliner dengan menggunakan….
A. berbagai bidang keilmuan. | |
B. fakta dan data | |
C. berbagai sumber data | |
D. berbagai metode |
Karena Pendekatan ilmu pengetahuan sosial lebih bersifat multidispliner dengan menggunakan berbagai bidang keilmuan.(A)
3. Pengembangan materi pembelajaran IPS untuk tingkat persekolahan lebih banyak diambil dari….
A. ilmu-ilmu sosial | |
B. aspek-aspek kehidupan kemasyarakatan | |
C. aspek-aspek lingkungan alam sekitar | |
D. perpaduan antara ilmu sosial, kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan alam |
Karena Pengembangan materi pembelajaran IPS lebih banyak diambil dari perpaduan antara ilmu sosial, kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan alam.(D)
4. Program pembelajaran pendidikan IPS yang layak harus mampu mengembangkan….
A. sikap moral dan kesadaran peserta didik | |
B. intelektual pengetahuan peserta didik | |
C. keterampilan sosial dan bertindak peserta didik | |
D. ketiga komponen aspek kognitif, afektif dan psikomotor |
Program pembelajaran pendidikan IPS yang layak harus mampu mengembangkan ketiga komponen aspek kognitif, afektif dan psikomotor.(D)
5. Perkembangan PIPS dan PDIPS secara konseptual terkait erat pada konsep....
A. social education | |
B. study social | |
C. social science | |
D. social studies |
Karena Perkembangan PIPS dan PDIPS secara konseptual terkait erat pada konsep dan menurut sejarah perkembangan IPS, dimana IPS adalah terjemahan.(D)
6. Pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial (PDIPS) di bina pada…
A. pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial | |
B. program pendidikan ilmu-ilmu sosial. | |
C. pendidikan persekolahan | |
D.lembaga sosial |
Karena Pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial (PDIPS) di bina pada program pendidikan ilmu-ilmu social.(B)
7. Salah satu Pendidikan IPS, terintegrasi dengan nama Pendidikan Kewargaan Negara atau….
A. civics | |
B. Tata Negara | |
C. studi sosial. | |
D. kewarganegaraan |
8. Dalam Undang-undang No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cakupan pendidikan IPS muncul dua bahan kajian kurikuler ….
A.pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan | |
B. sejarah, ekonomi dan geografi | |
C. sosiologi dan tata negara | |
D. antropologi dan geografi |
Karena dengan berlakunya UU No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cakupan pendidikan IPS muncul dua bahan kajian kurikuler pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.(A)
9. Ilmu Pengetahuan sosial sebenarnya bukan merupakan bidang keilman atau disiplin akademis, namun IPS lebih merupakan sebagai bidang....
A. ilmu yang dikembangkan secara akademis | |
B. kajian tentang gejala dan masalah teknologi | |
C. kajian tentang gejala dan masalah sosial. | |
D. kajian yang dikembangkan kepentingan ilmu |
10. Studi sosial (sosial studies) bukan merupakan suatu bidang keilmuan atau disiplin bidang akademis, melainkan lebih merupakan suatu bidang pengkajian tentang....
A. gejala masalah sosial. | |
B. penerapan ketrampilan di lingkungan masyarakat | |
C. berbagai kajian bidang keilmuan | |
D. praktis gejala sosial |
karena studi sosial merupakan suatu bidang pengkajian tentang gejala masalah social.(A)
11. Ditinjau dari ilmu politik, kekuasaan tertinggi penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis terletak pada....
11. Ditinjau dari ilmu politik, kekuasaan tertinggi penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis terletak pada....
A.kemampuan birokrasi penyelenggara negara | |
B. kepercayaan rakyat yang memberikan wewenang. | |
C. anggota kabinet yang berkemampuan profesional | |
D.kemampuan undang-undang yang mengaturnya |
Karena dari segi ilmu politik, kekuasaan tertinggi penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis terletak pada kepercayaan rakyat yang memberikan wewenang.(A)
12. Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan Negara...... yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
A. Midred Parten | |
B. J. Barent. | |
C. Brown and Brown | |
D. Miriam Budiardjo |
Karena menurut . J. Barent Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya.(B)
13. Latar belakang pelaksanaan Tanam Paksa, kecuali….
13. Latar belakang pelaksanaan Tanam Paksa, kecuali….
A. anggaran belanja belanda mengalami defisit akibat perang kemerdekaan Belgia dan Diponegoro | |
B.tindakan pemerintah jajahan antara tahun 1816-1830 gagal menghasilkan keuntungan bagi Negara induk | |
C.perokonomian rakyat jawa sudah melemah sehingga perlu digalakan kegiatan dibidang pertanian | |
D. perusahaan pelayaran Belanda mengalami kerugian sehingga gagal dalam menjalankan tugas membangun perekonomian. |
Perusahaan pelayaran Belanda mengalami kerugian sehingga gagal dalam menjalankan tugas membangun perekonomian termasuk Latar belakang pelaksanaan Tanam Paksa.(D)
14. Ekspedisi pertama penjelajahan Belanda ke perairan nusantara atas nama….
14. Ekspedisi pertama penjelajahan Belanda ke perairan nusantara atas nama….
A.VOC | |
B. pemerintah kerajaan Nederland | |
C. Compagnie van Verre | |
D.Staten General |
Karena maskapai inilah yang membiayai ekspedisi tersebut.(C)
15. Organisasi pergerakan di bawah ini adalah organisasi yang menjadikan Perhimpunan Indonesia sebagai sumber aspirasi dalam pembentukannya, kecuali
15. Organisasi pergerakan di bawah ini adalah organisasi yang menjadikan Perhimpunan Indonesia sebagai sumber aspirasi dalam pembentukannya, kecuali
A. Budi Utomo | |
B.PNI | |
C. Parindra | |
D. PBI |
karena Budi Utomo berdiri lebih dulu dari pada Perhimpunan Indonesia.(A)
16. Pengaruh yang paling menonjol dari lahirnya pergerakan kedaerahan terhadap kehidupan politik bangsa Indonesia adalah;
16. Pengaruh yang paling menonjol dari lahirnya pergerakan kedaerahan terhadap kehidupan politik bangsa Indonesia adalah;
A.menumbuhkan kesadaran bahwa pergerakan kedaerahan tidak menguntungkan perjuangan | |
B.menghambat tumbuhnya rasa persatuan | |
C. menumbuhkan persaingan di antara pergerakan kedaerahan | |
D. timbulnya usaha untuk menyatukan semua organisasi kedaerahan |
karena pergerakan kedaerahan tidak menguntungkan perjuangan.(A)
17. Pasukan pembantu militer pada masa pendudukan Jepang adalah….
17. Pasukan pembantu militer pada masa pendudukan Jepang adalah….
A. Keibodan | |
B. Seinendan | |
C. Heiho. | |
D. Fujinkai |
karena Heiho dimasukkan ke dalam kesatuan militer aktif yang ikut bertempur.(C)
18. Hal-hal yang merugikan bangsa Indonesia setelah Dekrit, kecuali....
18. Hal-hal yang merugikan bangsa Indonesia setelah Dekrit, kecuali....
A. stabilnya pemerintahan negara | |
B. dikuasasinya politik oleh komunis | |
C. tindakan Presiden yang tidak konstitusional. | |
D. hilangnya demokrasi politik |
kecuali dan tidak benar keadaan jadi stabil malah gawat yang mengakibatkan G30S/PKI.(C)
19. Berikut ini adalah hakikat geografi menurut Broek, kecuali....
19. Berikut ini adalah hakikat geografi menurut Broek, kecuali....
A.geografi sebagai relasi hubungan timbal balik antara manusia dengan alam | |
B. geografi sebagai studi penyebaran gejala di permukaan bumi | |
C.geografi sebagai teori keruangan bumi | |
D. geografi sebagai studi permukiman |
karena memang geografi sebagai studi permukiman bukan hakikat geografi menurut Broek.(A)
20. Pendekatan yang digunakan dan disepakati oleh para pakar geografi adalah....
20. Pendekatan yang digunakan dan disepakati oleh para pakar geografi adalah....
A. humanitis | |
B. sejarah | |
C. tingkah laku | |
D. keruangan, ekologi dan komplek wilayah. |
karena Pendekatan yang digunakan dan disepakati oleh para pakar geografi.(D)
21. Berikut termasuk lingkungan tingkah laku, kecuali....
21. Berikut termasuk lingkungan tingkah laku, kecuali....
A. kepercayaan setempat | |
B. organisasi sosial | |
C. transmigrasi | |
D. tempat tinggal |
karena tempat tinggal tidak termasuk lingkungan tingkah laku.(D)
22. Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi geografi dunia yang diajarkan di jenjang tingkat sekolah dasar hanya terbatas
22. Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi geografi dunia yang diajarkan di jenjang tingkat sekolah dasar hanya terbatas
A. negara maju dan negara berkembang | |
B.wilayah kawasan tertentu | |
C. seluruh negara di dunia | |
D. seluruh negara Eropa |
Karena Kurikulum Berbasis Kompetensi geografi dunia yang diajarkan di jenjang tingkat sekolah dasar hanya terbatas negara maju dan negara berkembang.(A)
23. Ilmu ekonomi perlu kita pelajari karena....
23. Ilmu ekonomi perlu kita pelajari karena....
A. alat pemenuhan kebutuhan sifatnya tak terbatas | |
B. kebutuhan tidak terbatas. | |
C. barang bebas tersedia oleh alam | |
D. setiap manusia memiliki kebutuhan yang sama |
Ilmu ekonomi perlu kita pelajari karena kebutuhan tidak terbatas.(A)
24. Usaha seseorang dengan hidup berhemat agar bisa menabung karena mempunyai kebutuhan
24. Usaha seseorang dengan hidup berhemat agar bisa menabung karena mempunyai kebutuhan
A. spiritual | |
B.ekonomi | |
C. masa depan | |
D. kasih sayang |
karena masa depan termasuk Usaha seseorang dengan hidup berhemat agar bisa menabung.(C)
25. Perusahaan Negara melakukan aktivitasnya bertujuan untuk….
25. Perusahaan Negara melakukan aktivitasnya bertujuan untuk….
A. pelayanan masyarakat. | |
B. mengelola usaha vital | |
C. mengelola sumber alam | |
D. mendapatkan keuntungan |
Perusahaan Negara melakukan aktivitasnya bertujuan untuk pelayanan masyarakat.(A)
26. Koperasi yang sudah ada tidak mampu bersaing dengan badan usaha lain, agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang diperlukan....
26. Koperasi yang sudah ada tidak mampu bersaing dengan badan usaha lain, agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang diperlukan....
A. penyuluhan dan bimbingan terhadap koperasi | |
B. bantuan dari pemerintah | |
C. kerja sama dengan koperasi lain | |
D. peranan pemerintah lebih ditingkatkan |
karena selalu dibutuhkan penyuluhan dan bimbingan terhadap koperasi.(A)
27. Pengeritian individu sebagai makhluk sosial sebagai berikut, kecuali….
27. Pengeritian individu sebagai makhluk sosial sebagai berikut, kecuali….
A. beradaptasi | |
B. bersosialisasi | |
C. berintegrasi | |
D. berkonsentrasi |
Karena berkonsentrasi tidak termasuk pengeritian individu sebagai makhluk social.(D)
28. Kekuatan norma pada cara termasuk lemah, sedangkan kebiasaan merupakan “perikelakuan yang diakui dan diterima oleh masyarakat atau juga disebut dengan istilah...
A. usage | |
B. folkways | |
C. custom | |
D.custom |
karena termasuk kekuatan mengikat lebih besar daripada cara (usage).(B)
29. Adanya hubungan atau interaksi dalam masyarakat ialah….
29. Adanya hubungan atau interaksi dalam masyarakat ialah….
A. setiap kelompok menjalin interaksi dengan kelompok yang lain | |
B. setiap anggota menjalin interaksi dengan anggota yang lain | |
C. setiap anggota menjalin interaksi dengan kelompoknya | |
D. interaksi antara anggota, anggota dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. |
karena interaksi dalam masyarakat ialah interaksi antara anggota, anggota dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.(D)
30. Istilah lembaga kemasyarakatan jika dibandingkan dengan pengertian social institusion lebih luas karena lembaga kemasyarakatan tidak hanya membahas tentang unsur-unsur yang mengatur perilaku, namun lebih luas lagi pada....
30. Istilah lembaga kemasyarakatan jika dibandingkan dengan pengertian social institusion lebih luas karena lembaga kemasyarakatan tidak hanya membahas tentang unsur-unsur yang mengatur perilaku, namun lebih luas lagi pada....
A. kebiasaan dan tata kelakuan | |
B.bentuk dan norma | |
C. norma dan adat istiadat | |
D. bentuk dan tujuan |
karena bentuk dan norma lebih luas pengertian dibanding dengan unsur yang mengatur tingkah laku hanya terbatas pada unsur yang mengatur tingkah laku.(B)
31. Jika dia adalah anak seorang bangsawan dari keturunan Brahmana maka dia pun tergolong ke dalam kesta Brahmana, dan kalau dia adalah keturunan Sultan maka dia pun tergolong turunan raja. Hal tesebut adalah merupakan contoh dari….
31. Jika dia adalah anak seorang bangsawan dari keturunan Brahmana maka dia pun tergolong ke dalam kesta Brahmana, dan kalau dia adalah keturunan Sultan maka dia pun tergolong turunan raja. Hal tesebut adalah merupakan contoh dari….
A. Ascribed-Status | |
B. Achieved-Status | |
C. Assigned-Status | |
D.Inherent risk |
karena tradisi tersebut merupakan contoh dari Ascribed-Status.(A)
32. Jika orang sukses dalam kariernya atau dalam kedudukannya sebagai direktur misalnya maka statusnya secara subjektif akan naik pula. Hal tersebut termasuk penilaian status dari subjektif dalam kreteria...
32. Jika orang sukses dalam kariernya atau dalam kedudukannya sebagai direktur misalnya maka statusnya secara subjektif akan naik pula. Hal tersebut termasuk penilaian status dari subjektif dalam kreteria...
A. kelahiran | |
B. mutu pribadi | |
C.prestasi | |
D. pemilikan |
karena contoh tersebut statusnya secara subjektif akan naik.(B)
33. Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adaptasi istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat”, definisi kebudayaan tersebut menurut pendapat.
33. Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adaptasi istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat”, definisi kebudayaan tersebut menurut pendapat.
A. E.B. Tylor | |
B. A.L Kroeber | |
C.Kluckhohn | |
D. Parsudi Suparlan |
Kebudayaan meliputi; pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adapt istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.(A)
34. Kompleks dari ide, norma-norma yang sifatnya abstrak adalah sistem....
34. Kompleks dari ide, norma-norma yang sifatnya abstrak adalah sistem....
A. sosial | |
B. budaya | |
C. ekonomi | |
D. politik |
Karena sifatnya abstrak yang meliputi kompleks dari ide, norma-norma.(B)
35. Akulturasi budaya adalah…..
35. Akulturasi budaya adalah…..
A.proses social yang menyebabkan hilangnya sifat-sifat yang khas dari unsure kebudayaan masing-masing | |
B. masuknya unsur-unsur budaya asing ke dalam unsure-unsur budaya sendiri tanpa kehilangan kepribadian kebudayaan sendiri. | |
C. penyebaran unsur-unsur budaya ke seluruh penjuru dunia | |
D. proses penemuan baru dari unsur-unsur kebudayaan |
karena akulturasi atau accuturation atau culture contact.(B)
36. Negara berkewajiban memajukan kebudayaan nasional Indonesia hal ini terdapat dalam UUD 1945 hasil amandemen, pada....
36. Negara berkewajiban memajukan kebudayaan nasional Indonesia hal ini terdapat dalam UUD 1945 hasil amandemen, pada....
A. Pasal 32 ayat 1. | |
B. Pasal 31 ayat 3 | |
C. Pasal 31 ayat 4 | |
D. Pasal 32 ayat 2 |
Karena Pasal 32 ayat 1 menyebutkan Negara berkewajiban memajukan kebudayaan nasional Indonesia hal ini terdapat dalam UUD 1945.(A)
37. Unsur-unsur Negara hukum (rechtsstaat) menurut pendapat F.J Stahl, adalah berikut, kecuali….
37. Unsur-unsur Negara hukum (rechtsstaat) menurut pendapat F.J Stahl, adalah berikut, kecuali….
A. adanya jaminan hak asasi manusia | |
B. adanya pembagian dan pemisahan kekuasaan | |
C. pemerintahan berdasarkan peraturan-peraturan | |
D. adanya keputusan yang jelas |
Karena adanya keputusan yang jelas tidak termasuk unsur-unsur Negara hukum (rechtsstaat).(D)
38. Jika dibandingkan dengan materi muatan UU maka muatan materi Perpu....
38. Jika dibandingkan dengan materi muatan UU maka muatan materi Perpu....
A. sama dengan materi UU | |
B. lebih rendah dari materi UU | |
C. lebih kuat dari materi UU | |
D. lebih tinggi dari materi UU |
karena sama dengan materi UU.(A)
39. Salah satu ciri sistem presidensial yang diterapkan di negara kita adalah Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat langsung dan karena itu secara politik tidak bertanggung jawab kepada MPR atau parlemen melainkan bertanggung jawab pada...
39. Salah satu ciri sistem presidensial yang diterapkan di negara kita adalah Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat langsung dan karena itu secara politik tidak bertanggung jawab kepada MPR atau parlemen melainkan bertanggung jawab pada...
A. Dewan Perwakilan Daerah | |
B. langsung kepada rakyat yang memilihnya | |
C. Mahkamah Konstitusi | |
D. Mahkamah Agung |
karena Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat langsung dan karena itu secara politik tidak bertanggung jawab kepada MPR atau parlemen melainkan bertanggung jawab pada langsung kepada rakyat yang memilihnya.(B)
40. Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat dalam menjalankan Pasal 23 ayat (3) UUD 1945 termasuk fungsi....
40. Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat dalam menjalankan Pasal 23 ayat (3) UUD 1945 termasuk fungsi....
A. mediasi | |
B. legislasi | |
C. anggaran | |
D. Pengawasan |
karena fungsi anggaran terdapat dalam pasal 23 ayat (3) UUD 1945.(C)
41. Perlindungan dari pemajuan hak asasi manusia merupakan tanggung jawab....
41. Perlindungan dari pemajuan hak asasi manusia merupakan tanggung jawab....
A. setiap warga negara | |
B. warga negara dan pemerintah | |
C. setiap individu | |
D. negara terutama pemerintah |
karena Perlindungan dari pemajuan hak asasi manusia merupakan tanggung jawab negara terutama pemerintah.(D)
42. Pembentukan sikap seseorang amat tergantung pada informasi yang diterima pada cirinya karena informasi dapat....
42. Pembentukan sikap seseorang amat tergantung pada informasi yang diterima pada cirinya karena informasi dapat....
A. menambah pengetahuan | |
B. merubah sikap seseorang | |
C. merangsang sikap | |
D. membantu perilaku seseorang |
karena pembentukan sikap seseorang amat tergantung pada informasi yang diterima pada cirinya karena informasi dapat merubah sikap seseorang.(B)
43. Sumber kontrol sosial antara lain group pressure, misalnya secara fisik dicontohkan di masyarakat adalah....
43. Sumber kontrol sosial antara lain group pressure, misalnya secara fisik dicontohkan di masyarakat adalah....
A.DPR | |
B. DPD | |
C. Pengacara | |
D. Polisi. |
karena polisi secara fisik sebagai sumber kontrol social.(D)
44. Guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik ditentukan oleh metode yang dikuasainya; Pernyataan ini dikemukakan oleh....
44. Guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik ditentukan oleh metode yang dikuasainya; Pernyataan ini dikemukakan oleh....
A. John Dewey | |
B. James A. Banks | |
C. Edgar Wesley | |
D. Berry K. Beyer |
karena Guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik ditentukan oleh metode yang dikuasainya.(C)
45. Teknik mengungkap pemikiran melalui ;brainstorming; lebih tepat dikategorikan sebagai latihan berpikir....
45. Teknik mengungkap pemikiran melalui ;brainstorming; lebih tepat dikategorikan sebagai latihan berpikir....
A.kritis | |
B. kreatif | |
C. deduktif | |
D. konvergen |
karena Teknik mengungkap pemikiran melalui “brainstorming” lebih tepat dikategorikan sebagai latihan berpikir kreatif.(B)
46. Tahap model pembelajaran “mencapai solusi yang dapat dipertanggungjawabkan “menurut Savage and Armstrong, dapat ditafsirkan....
46. Tahap model pembelajaran “mencapai solusi yang dapat dipertanggungjawabkan “menurut Savage and Armstrong, dapat ditafsirkan....
A. tercapainya rumusan kesimpulan menurut responden | |
B. merumuskan kesimpulan berdasarkan analisis data dan informasi | |
C. menghasilkan target harapan dari proses penelitian | |
D. berhasil merumuskan hasil temuan penelitian |
karena Tahap model pembelajaran “mencapai solusi yang dapat dipertanggungjawabkan “menurut Savage and Armstrong, dapat ditafsirkan merumuskan kesimpulan berdasarkan analisis data dan informasi.(B)
47. Model pembelajaran “problem solving” dapat membina siswa mengantarkan pada kemampuan....
47. Model pembelajaran “problem solving” dapat membina siswa mengantarkan pada kemampuan....
A. sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah | |
B. peningkatan prestasi belajar maksimal | |
C. kurang tepat, karena sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah juga termasuk dalam Model pembelajaran problem solving | |
D. menarik perhatian, minat dan kesenangan siswa |
karena Model pembelajaran problem solvingdapat membina siswa mengantarkan pada kemampuan sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah.(A)
48. Keterampilan pengambilan keputusan perlu dimiliki oleh siswa sehingga perlu dilatih untuk kepentingan....
48. Keterampilan pengambilan keputusan perlu dimiliki oleh siswa sehingga perlu dilatih untuk kepentingan....
A. diri sendiri dan sosial | |
B. masyarakat | |
C. diri pribadi dan lingkungan | |
D. pemerintah |
karena siswa perlu dilatih untuk keterampilan untuk pengambilan suatu keputusan.(A)
49. Dalam pembelajaran IPS hal yang penting adalah mengembangkan pemahaman, sikap dan....
49. Dalam pembelajaran IPS hal yang penting adalah mengembangkan pemahaman, sikap dan....
A. bertanya | |
B. berkomunikasi | |
C. keterampilan | |
D. berandai-andai |
karena berandai-andai termasuk dalam pengembangan pemahaman dan sikap dalam pembelajaran IPS.(D)
50. Model pembelajaran pemecahan masalah dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan dasar IPS....
50. Model pembelajaran pemecahan masalah dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan dasar IPS....
A. dapat meningkatkan kemampuan siswa melakukan kerja kelompok | |
B. dapat menarik minat siswa untuk memecahkan persolan disekitarnya | |
C. sangat mampu mensimulasikan konsep yang dipelajari dalam kehidupan nyata | |
D. siswa dapat menggunakan pemahamannya untuk meneliti apa yang diperlukan |
karena menarik minat siswa untuk memecahkan persolan disekitarnya adalah termasuk dalam pengembangan keterampilan dasar IPS.(B)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar