Rabu, 25 Desember 2013

Evaluasi Pembelajaran di SD

PDGK4301 Evaluasi Pembelajaran di SD. Mata kuliah ini menjelaskan berbagai aspek evaluasi pembelajaran yang mencakup: konsep dasar tes dan non-tes, pengukuran, asesmen, dan penilaian; jenis dan fungsi penilaian dalam pembelajaran; pengembangan alat ukur tes dan non-tes; pengolahan dan interpretasi data hasil pengukuran; kualitas alat ukur; dan pemberian nilai serta tindak lanjut hasil penilaian. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dituntun untuk mampu melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas. Berikut contoh soal PDGK4301 Evaluasi Pembelajaran di SD

1. Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang
  • A. hasil belajar siswa
  • B. kinerja guru
  • C. mutu pendidikan
  • D. kemajuan sekolah
Fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran,(A)
2. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
  • A. asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
  • B. lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
  • C. asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
  • D. asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
Antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya.(B)
3. Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....
  • A. tes
  • B. evaluasi.
  • C. pengukuran
  • D. asesmen
Fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran.(B)
4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
  • A. terbuka
  • B. menyeluruh.
  • C. bermakna
  • D. adil
Menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.(B)
5. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....
  • A. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
  • B. terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
  • C. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
  • D. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat
tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk mengukur kemampuan siswa secara nyata yang tak dapat diukur dengan tes.(C)
6. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
  • A. seleksi
  • B. Penempatan
  • C. Pre Test-pos test
  • D. bakat
Fungsi tes penempatan adalah untuk menempatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan.(B)
7. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
  • A. melengkapi pilihan
  • B. hubungan antar hal
  • C. membaca diagram.
  • D. melengkapi berganda
Ddiperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar.(C)
8. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
  • A. mudah melakukan koreksi
  • B. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
  • C. sulit dalam penyusunan butir soal
  • D. tidak dapat digunakan untuk menggali ide 
pilihan jawaban A adalah salah satu kelebihan tes objektif.(A)
9. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….
  • A. mengingat
  • B. memahami
  • C. menerapkan
  • D. menganalisis
Mengabaikan keseimbangan merupakan hal yang harus dihindari.(D)
10. Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.
Butir soal tersebut ….
  • A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
  • B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
  • C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
  • D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Soal tersebut memang jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah.(C)
11. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
  • A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
  • B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
  • C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
ungkapan pendapat adalah tingkat berpikir tinggi.(A)
12. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....
  • A. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
  • B. hindari pengulangan kata pada pokok soal
  • C. satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
  • D. satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
dalam satu soal harus ada lebih dari satu jawaban.(D)
13. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
  • A. penentuan alokasi waktu
  • B. penentuan pokok bahasan
  • C. penentuan indikator/tujuan
  • D. pendiatribusian butir soal
indikator sudah dikembangkan pada saat pembuatan RPP.(C)
14. Perhatikan butir soal berikut.
Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....
tahun 1850 c. tahun 2001
tahun 1951 d. tahun 2005
Butir soal tersebut tidak baik karena...   
  • A. ada pengulangan kata tahun
  • B. mengukur ingatan
  • C. pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai
  • D. pertanyaan terlalu singkat
kata tahun dapat ditarik pada pokok soal.(A)
15. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
  • A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
  • B. tidak ditulis oleh guru yang mengajar
  • C. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
  • D. lebih bersifat bottom-up
tes tertulis kurang tepat untuk mengukur ranah afektif dan psikomotor.(C)
16. Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
  • A. R Spiro
  • B. Brunner
  • C. Wittrock
  • D. Rogers
menurut Brunner belajar merupakan proses rekonstruksi gagasan baru berdasarkan gagasan lama.(B)
17. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
  • A. biaya asesmen alternatif lebih murah
  • B. waktu yang diperlukan lebih singkat
  • C. mampu mengukur proses dan hasil belajar
  • D. lebih mudah dalam pelaksanaannya
asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar.(C)
18. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....
  • A. mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes
  • B. mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor
  • C. dapat digunakan untuk berbagai jenis tes
  • D. disertai dengan kunci jawaban yang objektif
kemampuan siswa terdiri atas kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.(B)
19. langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....
  • A menentukan tugas yang akan dinilai
  • B. menentukan skala yang akan digunakan
  • C. melakukan uji coba
  • D. mengindentifikasi kemampuan siswa
Langkah paling awal adalah indentifikasi kemampuan yang akan diakses.(D)
20. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….
  • A. saran guru lain
  • B. hasil uji coba.
  • C. saran kepala sekolah
  • D. pertimbangan guru
berdasarkan hasil uji coba masukan akan lebih lengkap.(B)
21. Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
  • A. umum
  • B. khusus
  • C. pendek
  • D. panjang
holistik rubrik untuk menilai kemampuan yang bersifat umum.(A)
22. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
  • A. kumpulan hasil karya siswa.
  • B. rekaman hasil karya siswa
  • C. rangkaian hasil karya siswa
  • D. kumpulan nilai siswa
portofolio adalah kumpulan hasil karya.(A)
23. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
  • A. kriteria tertentu
  • B. kebijakan guru
  • C. keinginan siswa
  • D. kebijakan sekolah
dalam pengumpulan hasil karya harus disesuaikan dengan kriteria tertentu/yang telah ditetapkan.(A)
24. Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio
  • A. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
  • B. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
  • C. mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
  • D. memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa
jenis-jenis bukti yang harus dirumuskan supaya jelas.(B)
25. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....
  • A. mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
  • B. menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
  • C. meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
  • D. meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian
dengan kata-kata itu anak akan lebih percaya diri.(C)
26. Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...
  • A. guru dengan kepala sekolah
  • B. guru dengan siswa.
  • C. siswa dengan kepala sekolah
  • D. siswa dengan siswa lain
mereka adalah pihak yang terlibat dalam penilaian portofolio.(B)
27. Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....
  • A. mengajukan pertanyaan
  • B. menjawab pertanyaan
  • C. memperhatikan uraian guru dengan baik
  • D. mengerjakan soal-soal yang diberikan
dengan memusatkan perhatian berarti siswa menerima nilai yang diuraikan guru.(C)
28. Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....       
  • A. kekurangan yang ada pada diri siswa
  • B. kelebihan yang ada pada diri siswa
  • C. kekurangan dan kelebihan siswa
  • D. cita-cita para siswa
konsep diri meliputi kelebihan dan kekurangan.(C)
29. Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
  • A. pengamatan langsung
  • B. wawancara
  • C. angket
  • D. kuesioner
dengan pengamatan langsung akan terlihat reaksi/emosi siswa yang sebenarnya.(A)
30. Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….
  • A. mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
  • B. mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
  • C. menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
  • D. menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah
pendapat dapat menunjukkan sikap seseorang suatu hal.(C)
31. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
  • A. tes uraian bebas
  • B. tes uraian terbatas
  • C. yang sederhana
  • D. yang sangat kompleks
jawaban dibatasi oleh format dan ruang lingkup.(B)
32. Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah .... 
  • A. nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lain
  • B. pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa
  • C. lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan II
  • D. berpegang pada pedoman penskoran
dengan cara ini pemeriksa tidak terpengaruh dengan peserta tes tertentu.(A)
33. Dari 30 butir soal tes objektif, Sila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidakmenggunakan formula tebakan, maka nilai Sila adalah ....
  • A. 24.00
  • B. 60,00
  • C. 70,00
  • D. 80,00
angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus.(D)
34. Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....
  • A. 10,77
  • B. 77,77
  • C. 80,77
  • D. 90,77
angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus.(B)
35. Hasil pengamatan/obervasi terhadap suatu kegiatan siswa dapat dikelompokkan berdasarkan ....
  • A. tujuan pembelajaran
  • B. pedoman penilaian
  • C. kebijakan guru
  • D. kriteria yang telah ditetapkan
pengelompokkan harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.(D)
36. Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan, maka nilai ulanagan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah ….
  • A. 17,00
  • B. 24,00
  • C. 68,00
  • D. 96,00
angka itu merupakan nilai untuk skor 17.(C)
37. Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali, menunjukkan hasil yang relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang baik dilihat dari segi ....
  • A. validitas
  • B. reliabilitas
  • C. capabilitas
  • D. crediibilitas
reliabel berarti tetap atau konsisten.(B)
38. Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….
  • A. tingkat validitas dan reliabilitas tinggi
  • B. tingkat validitas dan reliabilitas rendah
  • C. tingkat validitas tinggi, dan tingkat reliabilitas rendah
  • D. tingkat validitas rendah, tingkat reliabilitas tinggi
soal yang baik harus memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi.(A)
39. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....
  • A. menambah jumlah butir soal semaksimal mungkin
  • B. menambah jumlah butir soal yang homogen
  • C. mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelek
  • D. mengganti soal-soal yang dianggap jelek
semakin banyak jumlah utir soal yang homogen akan semakin tinggi tingkat reabilitasnya.(B)
40. Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0,45. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat reliabilitasnya akan menjadi ....
  • A. 0,51
  • B. 0,53
  • C. 0,55
  • D. 0,67
hasil hitungan benar.(C)
41. Dengan melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....
  • A. perhitungan skor
  • B. perhitungan koefisien
  • C. penulisan butir soal
  • D. perbaikan butir soal.
dengan melakukan perbaikan berarti mengetahui kesalahan.(D)
42. Berikut ini adalah data tentang jawaban siswa pada suatu butir soal
Kelompok
Alternatif Jawaban
A
B
C
D
Atas
3
1
0
1
Bawah
3
1
1
1
Dari tabel tersebut, angka yang menunjukkan tingkat kesukaran butir soal adalah …
  • A. 0,40
  • B. 0,50
  • C. 0,70
  • D. 1,00
karena hitungan benar.(B)
43 Dalam menjawab butir soal nomor 5, 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal tersebut adalah ….
  • A. 0,20
  • B. 0,50.
  • C. 0,70
  • D. 0,80
karena hitungan benar.(B)
44. Berikut ini adalah data jawaban siswa dari butir soal no. 3.
Kelompok
Alternatif Jawaban
A*
B
C
D
Atas
4
1
0
1
Bawah
3
1
0
0
Dari data di atas, maka butir soal tersebut perlu direvisi pada ….
  • A. pokok soal
  • B. kunci jawaban
  • C.option B
  • D. option C
arena option C tak ada yang menjawab.(D)
45. Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....
  • A. penelusuran
  • B. pengecekan
  • C. pencarian
  • D. penyimpulan
yang dicek adalah kemampuan siswa.(B)
46. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ….
  • A. melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya
  • B. menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran
  • C. menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa
  • D. melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah
pembelajaran lebih efisien dan efektif.(C)
47. Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....
  • A. kebijakan pemerintah daerah setempat.
  • B. keputusan pemerintah pusat
  • C. keputusan kepala sekolah
  • D. keputusan komite sekolah
kemampuan rata-rata siswa tiap daerah berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat.(A)
48. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan nilai ujian yang diperoleh Nana.
Mata pel
Agama
PKn
Ind
Mat
IPA
IPS
Jml
Rata
SKBM
75
70
75
65
70
70
425
70,83
Nilai Nana
80
85
90
59
70
75
459
76,5
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nana …
  • A. lulus karena jumlah nilai yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM
  • B. lulus karena nilai rata-rata yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM
  • C. tidak lulus, karena nilai matematika di bawah SKBM
  • D. tidak lulus, nilai rata-rata diatas SKBM
persyaratan lulus seluruh nilai mata pelajaran harus sama/di atas SKBM.(C)
49. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
  • A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
  • B. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
  • C. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar.
  • D. melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test
waktu untuk mengajarkan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk memperdalam materi lain.(C)
50. Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini …. 
  • A. dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa
  • B. data nilai yang terkumpul lebih lengkap
  • C. pelaksanaan penilaian lebih mudah
  • D. nilai yang terkumpul lebih sempurna
arah pembelajaran lebih tertuju pada kemampuan yang belum dikuasai siswa.(A)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar