PDGK4303 - Perspektif Global. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan konsep perspektif global, perspektif global dilihat dari sudut ilmu-ilmu sosial dan ilmu lain yang terkait, pentingnya kesadaran dan wawasan perspektif global, isu-isu dan masalah global dalam kaitannya dengan kepentingan nasional, isu-isu dan masalah global dalam kaitannya dengan pembelajaran IPS di SD, model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran perspektif global. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat merancang dan menerapkan model pembelajaran dan pembelajaran perspektif global.
1 Berikut adalah pengertian dari perspektif global yaitu ....
A. suatu pemikiran yang berlandaskan kepada kepentingan bersama | |
B. suatu cerminan perilaku manusia yang harus memperhatikan kehidupan global | |
C. suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global | |
D. suatu tindakan manusia yang dapat merugikan orang lain jika tidak sesuai aturan |
perspektif global merupakan suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global.(C)
2. Menurut Hamijono (Mimbar,1990) salah satu dari beberapa ciri yang terkait dengan globalisasi adalah ....
2. Menurut Hamijono (Mimbar,1990) salah satu dari beberapa ciri yang terkait dengan globalisasi adalah ....
A. batasan wilayah suatu negara tidak jelas | |
B. pengaruh negara maju sangat besar terhadap negara berkembang | |
C. adanya saling ketergantungan antarnegara | |
D. peran suatu negara sangat berarti terhadap negara lain |
Menurut Hamijono (Mimbar,1990) salah satu dari beberapa ciri yang terkait dengan globalisasi adalah setiap negara mempunyai saling ketergantungan.(C)
3. Salah satu penyebab hilangnya budaya suatu tempat oleh budaya global adalah ....
3. Salah satu penyebab hilangnya budaya suatu tempat oleh budaya global adalah ....
A. tingkat pendidikan rendah | |
B. gaya hidup global | |
C. pengaruh teknologi | |
D. budaya global lebih baik |
jika tingkat pendidikan rendah maka tingkat pengetahuan juga rendah.(A)
4. Sejalan dengan perkembangan jaman, bahwa ada dua ciri utama era globalisasi, satu diantaranya adalah ....
4. Sejalan dengan perkembangan jaman, bahwa ada dua ciri utama era globalisasi, satu diantaranya adalah ....
A. tidak ada larangan bagi warga negara Indonesia untuk pindah menjadi warga negara asing | |
B. kebebasan untuk bergerak di bidang sektor ekonomi | |
C. semua warga negara bebas menentukan jalan hidupnya masing-masing | |
D. adanya pasar bebas yang menuntut kemampuan, kreasi, dan produk yang berkualitas |
di era globalisasi, kemampuan dan kualitas produksi sangat menentukan untuk bersaing di pasar bebas.(D)
5. Mendorong mahasiswa untuk mempelajari lebih banyak tentang materi dan masalah yang berkaitan dengan masalah global termasuk dari ....
5. Mendorong mahasiswa untuk mempelajari lebih banyak tentang materi dan masalah yang berkaitan dengan masalah global termasuk dari ....
A. tujuan diberikannya materi perspektif global | |
B. manfaat diberikannya materi perspektif global | |
C. sasaran dari materi perspektif global | |
D. fungsi dan materi perspektif global |
Opsi A sesuai dengan pendapat dari Marryfield.
6. Adanya saling mengisi saling mengilhami sehingga ada kemajuan dan peningkatan antarbudaya bangsa merupakan bagian dari ....
6. Adanya saling mengisi saling mengilhami sehingga ada kemajuan dan peningkatan antarbudaya bangsa merupakan bagian dari ....
A. tujuan diberikannya materi perspektif global | |
B. empat dimensi budaya dalam era globalisasi menurut Makagiansar | |
C. model-model kerjasama dalam bidang budaya dengan negara lain | |
D. strategi dari penanaman budaya bangsa yang harus dimiliki anak bangsa |
hal itu sesuai dengan pendapat dari Makagiansar.(B)
7. Pendekatan pragmatis dalam penerapan area-area subtansial yang terdapat didalamnya untuk kepentingan bersama, pendekatan ini merupakan ....
7. Pendekatan pragmatis dalam penerapan area-area subtansial yang terdapat didalamnya untuk kepentingan bersama, pendekatan ini merupakan ....
A. peluang untuk suksesnya perwujudan APEC | |
B. prinsip-prinsip APEC | |
C. kesepakatan anggota APEC | |
D. deklarasi negara-negara APEC |
pendekatan ini sebagai kesepakatan negara-negara APEC.(C)
8. Suatu kemampuan memandang secara mendalam berkenaan dengan fenomena, proses, dan masalah keruangan permukaan bumi, baik untuk masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang merupakan definisi dari ....
8. Suatu kemampuan memandang secara mendalam berkenaan dengan fenomena, proses, dan masalah keruangan permukaan bumi, baik untuk masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang merupakan definisi dari ....
A. perspektif sejarah | |
B. perspektif antropologi | |
C. perspektif keruangan | |
D. perspektif lingkungan |
perspektif keruangan berkaitan dengan ruang.(C)
9. Menurut W.J. Waworoentoe, urbanisasi sebagai suatu proses dan terjadi karena adanya 3 peristiwa saling berkaitan, yang termasuk dalam proses urbanisasi adalah ....
9. Menurut W.J. Waworoentoe, urbanisasi sebagai suatu proses dan terjadi karena adanya 3 peristiwa saling berkaitan, yang termasuk dalam proses urbanisasi adalah ....
A. perubahan cara hidup orang kota | |
B. perubahan model rumah | |
C. perubahan model pakaian | |
D. perubahan cara bermasyarakat |
cara hidup orang kota sangat dinamis(A)
10. Pengaruh perkembangan glasnots dan perestroika menyebabkan negara adi kuasa Uni Soviet pecah menjadi negara-negara kecil. Tokoh yang terkait dengan kejadian itu adalah ....
10. Pengaruh perkembangan glasnots dan perestroika menyebabkan negara adi kuasa Uni Soviet pecah menjadi negara-negara kecil. Tokoh yang terkait dengan kejadian itu adalah ....
A. J.W. Bush | |
B. John Neisbit | |
C. Gorbachev | |
D. Vladimir Putin |
Gorbachev adalah tokoh glasnots dan perestroika dan pada saat itu menjabat sebagai presiden Uni Soviet.(C)
11. Hubungan antarmanusia dalam lingkungan yang terbentuk oleh manusia itu sendiri disebut sebagai ....
11. Hubungan antarmanusia dalam lingkungan yang terbentuk oleh manusia itu sendiri disebut sebagai ....
A. relasi sosial | |
B. hubungan sosial | |
C. lingkungan sosial | |
D. perilaku sosial |
hubungan antarmanusia terbentuk dari lingkungan social.(C)
12. Mengamati, manghayati, dan memprediksi perkembangan kebudayaan secara menyeluruh dimana aspek dan unsur kehidupan terintegrasi dalam kehidupan manusia termasuk dalam sudut pandang ....
12. Mengamati, manghayati, dan memprediksi perkembangan kebudayaan secara menyeluruh dimana aspek dan unsur kehidupan terintegrasi dalam kehidupan manusia termasuk dalam sudut pandang ....
A. sosiologi | |
B. psikologi | |
C. antropologi | |
D. geografi |
antropologi membahas tentang budaya manusia.(C)
13. Teknologi adalah penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengerjakan suatu tugas yang dikehendakinya, pendapat ini dikemukakan oleh ....
13. Teknologi adalah penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengerjakan suatu tugas yang dikehendakinya, pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Brown & Brown | |
B. Alvin Toffler | |
C. John Naisbitt | |
D. Marshall McCluhan |
sesuai dengan definisi yang dikemukakan oleh Brown & Brown.(A)
14. Selama pertumbuhan penduduk, produksi pertanian, konsumsi sumber daya, dan industrialisasi tidak terkendalikan, dan pencemaran global akan mengancam planet bumi, merupakan ungkapan yang disampaikan oleh ....
14. Selama pertumbuhan penduduk, produksi pertanian, konsumsi sumber daya, dan industrialisasi tidak terkendalikan, dan pencemaran global akan mengancam planet bumi, merupakan ungkapan yang disampaikan oleh ....
A. H.S.D. Cole | |
B. D.H. Meadows | |
C. Emil Salim | |
D. Otto Sumarwoto |
Meadows adalah salah satu tokoh kelompok Roma.(B)
15. Suatu pemahaman terhadap pengetahuan, fenomena, dan masalah serta peristiwa yang bersifat global untuk kepentingan umat manusia, jika kita berusaha mempertahankannya, kalimat ini mempunyai makna ....
15. Suatu pemahaman terhadap pengetahuan, fenomena, dan masalah serta peristiwa yang bersifat global untuk kepentingan umat manusia, jika kita berusaha mempertahankannya, kalimat ini mempunyai makna ....
A. pandangan global | |
B. wawasan global | |
C. tujuan global | |
D. persepsi global |
sesuai dengan makna yang terkandung dalam wawasan global.(B)
16. Jiwa nasionalisme seseorang terkadang dipertanyakan, dan akan kelihatan ketika seseorang ....
16. Jiwa nasionalisme seseorang terkadang dipertanyakan, dan akan kelihatan ketika seseorang ....
A. membeli produk bangsanya lebih murah dibandingkan produk negara lain | |
B. merasa aman dan nyaman tinggal di negerinya sendiri | |
C. memperjuangkan hak milik publik atau rakyat | |
D. mewakili negaranya dalam kompetisi olahraga di tingkat internasional |
rasa nasionalisme akan muncul ketika seseorang mewakili atas nama bangsa.(D)
17. Dengan teknologi yang sangat tinggi orang sekarang tidak sulit dalam mencari informasi secara rinci sesuai dengan keinginannya, kekuatan ini oleh Emil Salim digolongkan ke dalam gelombang globalisasi ....
17. Dengan teknologi yang sangat tinggi orang sekarang tidak sulit dalam mencari informasi secara rinci sesuai dengan keinginannya, kekuatan ini oleh Emil Salim digolongkan ke dalam gelombang globalisasi ....
A. pertama | |
B. kedua | |
C. ketiga | |
D. keempat |
Di bagian gelombang pertama menjelaskan tentang dunia yang transparan dan sempit.(A)
18. Melalui pendidikan kita memperluas persepsi anak, dan mendidik untuk mengadakan reorientasi sikap dan nilai sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas, hal ini merupakan bagian dari ....
18. Melalui pendidikan kita memperluas persepsi anak, dan mendidik untuk mengadakan reorientasi sikap dan nilai sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas, hal ini merupakan bagian dari ....
A. mengakomodasi | |
B. mereorientasi | |
C. mengantisipasi | |
D. mengatasi situasi |
memperluas persepsi anak untuk memperoleh wawasan yang lebih baik.(B)
19. Penguasaan terhadap sarana komunikasi seperti penguasaan bahasa yang merupakan syarat mutlak termasuk dalam era globalisasi ....
19. Penguasaan terhadap sarana komunikasi seperti penguasaan bahasa yang merupakan syarat mutlak termasuk dalam era globalisasi ....
A. kompetitif | |
B. kualitas | |
C. komunikasi | |
D. teknologi |
komunikasi merupakan sarana yang mutlak dalam era globalisasi.(C)
20. Era globalisasi merupakan era informasi dengan sarana-sarananya yang dikenal dengan superhighway, oleh karena itu pemanfaatan informasi superhighway marupakan suatu kebutuhan masyarakat modern, hal ini sesuai dengan pendapat ....
20. Era globalisasi merupakan era informasi dengan sarana-sarananya yang dikenal dengan superhighway, oleh karena itu pemanfaatan informasi superhighway marupakan suatu kebutuhan masyarakat modern, hal ini sesuai dengan pendapat ....
A. Emil Salim | |
B. HAR Tilaar | |
C. Susanto | |
D. Astrid S. Susanto |
HAR Tilaar yang mencetuskan konsep inovasi tentang globalisasi.(B)
21. Banyak pepatah dan motto yang nampaknya tidak lagi relevan dengan perkembangan dan kehidupan global, diantara pepatah tersebut adalah ....
21. Banyak pepatah dan motto yang nampaknya tidak lagi relevan dengan perkembangan dan kehidupan global, diantara pepatah tersebut adalah ....
A. Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, barsakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian | |
B. mangan ora mangan ngumpul, dalam keadaan susah kita tetap bersama | |
C. Air susu dibalas air tuba, kebaikan dibalas dengan kejahatan | |
D. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang jalan |
pepatah mangan ora mangan ngumpul, dalam keadaan susah kita tetap bersama nampaknya memang tidak relevan lagi.(B)
22. Salah satu ciri bahwa kualitas kemampuan penduduk sebagai sumber daya manusia (SDM) meningkat, hal tersebut ditunjukkan oleh ....
22. Salah satu ciri bahwa kualitas kemampuan penduduk sebagai sumber daya manusia (SDM) meningkat, hal tersebut ditunjukkan oleh ....
A. peningkatan kebutuhan akan sandang dan pangan | |
B. terjadinya kenaikan jumlah pelanggaran HAM | |
C. meningkatnya impor beras dan tekstil ke Indonesia | |
D. terjadinya peningkatan dalam penggunaan teknologi informasi |
meningkatnya penggunaan teknologi informasi menunjukkan kualitas SDM yang sesungguhnya.(D)
23. Suatu keadaan yang mencerminkan betapa cepatnya arus berita serta informasi yang harus direspon dengan cepat, wacana ini menunjukkan bahwa dunia telah menjadi ....
23. Suatu keadaan yang mencerminkan betapa cepatnya arus berita serta informasi yang harus direspon dengan cepat, wacana ini menunjukkan bahwa dunia telah menjadi ....
A. dusun global | |
B. abad informasi | |
C. kotak ajaib | |
D. gelombang ketiga |
wacana ini dikenal dengan istilah dusun global.(A)
24. Faktor yang mempercepat terjadinya arus informasi dari suatu kawasan ke kawasan lain dipermukaan bumi ini adalah ....
24. Faktor yang mempercepat terjadinya arus informasi dari suatu kawasan ke kawasan lain dipermukaan bumi ini adalah ....
A. banyaknya jumlah warga negara yang menggunakan telepon genggam (HP) | |
B. kemajuan IPTEK yang menghasilkan multimedia | |
C. dibangunnya jaringan telepon melalui satelit | |
D. banyak didirikan pusat-pusat perbelanjaan (Mall) |
hal tersebut merupakan faktor terjadinya arus informasi.(B)
25. Globalisasi banyak menimbulkan berbagai perubahan pada kehidupan manusia termasuk didalamnya isu-isu global yang bersifat negatif yaitu ....
25. Globalisasi banyak menimbulkan berbagai perubahan pada kehidupan manusia termasuk didalamnya isu-isu global yang bersifat negatif yaitu ....
A. berkembangnya model rambut dan model pakaian | |
B. penggunaan wartel dan warnet oleh anak usia sekolah | |
C. mudahnya memperoleh barang-barang berharga | |
D. terjadinya penyalahgunaan obat terlarang |
terjadinya penyalahgunaan obat terlarang memang merupakan isu globalisasi yang negative.(D)
26. Secara alamiah, kondisi, dan fisik maupun kehidupan sosial manusia dipermukaan bumi beraneka ragam, sehingga secara rasial dapat dibedakan. Yang termasuk pada ras kuning adalah ....
26. Secara alamiah, kondisi, dan fisik maupun kehidupan sosial manusia dipermukaan bumi beraneka ragam, sehingga secara rasial dapat dibedakan. Yang termasuk pada ras kuning adalah ....
A. negroid | |
B. kaukasoid | |
C. mongoloid | |
D. Indian |
mongoloid berarti ras kuning.(C)
27. Menurut Merry M. Marryfield terdapat isu-isu yang terkait dengan masalah global salah satunya adalah self determination yang berarti ....
27. Menurut Merry M. Marryfield terdapat isu-isu yang terkait dengan masalah global salah satunya adalah self determination yang berarti ....
A. hak rakyat menentukan pemerintahan sendiri | |
B. penduduk dan keluarga berencana | |
C. hak asasi manusia | |
D. emigrasi, imigrasi, dan pengungsian |
hak rakyat menentukan pemerintahan sendiri merupakan definisi self determination.(A)
28. Keterbatasan lapangan pekerjaan di tanah air menyebabkan penduduk Indonesia mencari pekerjaan ke negara Malaysia, masuknya penduduk ke negara tersebut disebut ....
28. Keterbatasan lapangan pekerjaan di tanah air menyebabkan penduduk Indonesia mencari pekerjaan ke negara Malaysia, masuknya penduduk ke negara tersebut disebut ....
A. emigrasi | |
B. transmigrasi | |
C. urbanisasi | |
D. imigrasi |
imigrasi berarti masuknya dari satu negara ke negara lain.(D)
29. Dalam perkembangan dunia, setiap negara daat digolongkan pada masing-masing golongan tergantung pada tingkat kemampuan menguasai IPTEK dan mengolah sumber daya alam bagi kepentingan kemakmuran penduduknya . Adapun yang termasuk pada golongan negara sedang berkembang adalah ....
29. Dalam perkembangan dunia, setiap negara daat digolongkan pada masing-masing golongan tergantung pada tingkat kemampuan menguasai IPTEK dan mengolah sumber daya alam bagi kepentingan kemakmuran penduduknya . Adapun yang termasuk pada golongan negara sedang berkembang adalah ....
A. Republik Afrika Selatan | |
B. Ghana | |
C. Ethiopia | |
D. Banglades |
Republik Afrika Selatan termasuk negara sedang berkembang.(A)
30. Bergulirnya globalisasi yang telah merambah diberbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya jenis-jenis makanan yang telah mengglobal yang dikelola oleh perusahaan tingkat dunia yaitu ....
30. Bergulirnya globalisasi yang telah merambah diberbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya jenis-jenis makanan yang telah mengglobal yang dikelola oleh perusahaan tingkat dunia yaitu ....
A. Hanamasa | |
B. Pizza Hut | |
C. biskuit | |
D. roti |
Pizza Hut merupakan makanan khas Italy yang sudah mengglobal.(B)
31. Kehiduan yang sudah mengglobal ternyata telah menyisakan kemiskinan hingga 40 % dari penduduk dunia yang ada dalam tingkat kemiskinan yang serius, kemiskinan ini menyangkut kebutuhan ....
31. Kehiduan yang sudah mengglobal ternyata telah menyisakan kemiskinan hingga 40 % dari penduduk dunia yang ada dalam tingkat kemiskinan yang serius, kemiskinan ini menyangkut kebutuhan ....
A. pendidikan | |
B. ekonomi | |
C. perumahan | |
D. kendaraan |
tanpa perlindungan tempat berlindung masyarakat bisa mati.(C)
32. Bagi masyarakat lapisan bawah yang lemah sangat sukar untuk mendapatkan perlakuan dan pelayanan HAM-nya secara wajar, hal ini tertuang dalam "Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat dunia" yang disunting oleh ....
32. Bagi masyarakat lapisan bawah yang lemah sangat sukar untuk mendapatkan perlakuan dan pelayanan HAM-nya secara wajar, hal ini tertuang dalam "Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat dunia" yang disunting oleh ....
A. Makagiansar | |
B. T. Mulya Lubis | |
C. Hamijoyo | |
D. HAR Tilaar |
T. Mulya Lubis memang penyunting buku tersebut.(B)
33. Dalam kehidupan di era global bahwa kita harus berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Ungkapan ini dikemukakan oleh ....
33. Dalam kehidupan di era global bahwa kita harus berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Ungkapan ini dikemukakan oleh ....
A. Parker dan Jarolimek | |
B. Marry M. Marryfield | |
C. G. Foley | |
D. Bartelmus |
sesuai dengan pendapat Parker dan Jarolimek.(A)
34. Dalam Pemberajaran IPS, penyajian materi perspektif global tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan tidak lagi mengalami kesulitan mengingat sumber materi dapat diperoleh dari ....
34. Dalam Pemberajaran IPS, penyajian materi perspektif global tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan tidak lagi mengalami kesulitan mengingat sumber materi dapat diperoleh dari ....
A. sekolah | |
B. Lingkungan rumah | |
C. tingkat lokal atau global | |
D. bahan bacaan |
materi bisa diperoleh di tingkat lokal maupun global yang tidak terbatas.(C)
35. Dengan berhasilnya perkembangan teknologi, menunjukan bahwa hubungan antarkawasan atau negara seolah tidak ada batas lagi. Oleh seorang tokoh hal ini disebut sebagai ....
35. Dengan berhasilnya perkembangan teknologi, menunjukan bahwa hubungan antarkawasan atau negara seolah tidak ada batas lagi. Oleh seorang tokoh hal ini disebut sebagai ....
A. perspektif global | |
B. dusun global | |
C. Kepemilikan global | |
D. batas global |
dusun global dikemukakan oleh Marshall MacCluhan.(B)
36. Secara ideal sumber daya Alam (SDA) dapat menjamin kesejahteraan masyarakat dan sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan budaya dalam bentuk penerapa IPTEK. Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
36. Secara ideal sumber daya Alam (SDA) dapat menjamin kesejahteraan masyarakat dan sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan budaya dalam bentuk penerapa IPTEK. Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
A. Henry J. warman | |
B. Emanuel Kant | |
C. Mac Cluhan | |
D. Muesing |
A. Henry J. warman.
37. Proses globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang dan batas waktu, faktor utamanya disebabkan oleh ....
37. Proses globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang dan batas waktu, faktor utamanya disebabkan oleh ....
A. gaya hidup dan aktivitas manusia | |
B. perilaku manusia dengan segala akibatnya | |
C. penduduk manusia dengan pertumbuhannya | |
D. eksploitasi manusia terhadap sumber daya alam |
terjadinya proses globalisasi akibat manusia dan pertumbuhannya.(C)
38. Masyarakat yang mengolah rotan menjadi barang jadi seperti kursi, meja bahkan menjadi barang perdagangan luar negeri. Kegiatan ini dapat dikatakan telah memasuki industri ....
38. Masyarakat yang mengolah rotan menjadi barang jadi seperti kursi, meja bahkan menjadi barang perdagangan luar negeri. Kegiatan ini dapat dikatakan telah memasuki industri ....
A. primer | |
B. sekunder | |
C. tertier | |
D. kuliner |
industri tertier bergerak di atas bidang primer dan sekunder.(C)
39. Seorang pakar filsafat yang juga sejarawan dan geografiwan yang mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan "ilmu dwitunggal". Tokoh tersebut adalah ....
39. Seorang pakar filsafat yang juga sejarawan dan geografiwan yang mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan "ilmu dwitunggal". Tokoh tersebut adalah ....
A. Emmanuel Kant | |
B. Preston E. James | |
C. Henry J. Warman | |
D. Gerald Foley |
Emmanuel Kant memang tokoh tersebut.(A)
40. Kelompok Roma yang telah mencanangkan masalah keterbatasan kemampuan planet bumi menjamin kehidupan, jika tidak dilakukan upaya-upaya mengenai pembatasan pertumbuhan penduduk dan menekan kebutuhan hidup hingga batas minimal. Tesisnya terkenal dengan judul ....
40. Kelompok Roma yang telah mencanangkan masalah keterbatasan kemampuan planet bumi menjamin kehidupan, jika tidak dilakukan upaya-upaya mengenai pembatasan pertumbuhan penduduk dan menekan kebutuhan hidup hingga batas minimal. Tesisnya terkenal dengan judul ....
A. Perspectives of Global Education | |
B. Environment ang Development | |
C. The Limit to Growth | |
D. New Viewpoints in Geography |
The Limit to Growth sangat berpengaruh terhadap perkembangan sekarang.(C)
41. Suatu kondidi yang menggambarkan norma dan nilai telah tersusun dalam struktur tata tertib, peraturan, hukum, dan undang-undang tertulis "hitam di atas putih" merupakan ciri negara yang ....
41. Suatu kondidi yang menggambarkan norma dan nilai telah tersusun dalam struktur tata tertib, peraturan, hukum, dan undang-undang tertulis "hitam di atas putih" merupakan ciri negara yang ....
A. sangat modern | |
B. modern | |
C. tradisional | |
D. terbelakang |
ciri negara modern sudah konsekuen dengan peraturan.(B)
42. Dalam pembelajaran IPS salah satu yang perlu diperhatikan adalah konteks keruangan. Ada beberapa pengembangan terkait dengan keruangan yaitu ....
42. Dalam pembelajaran IPS salah satu yang perlu diperhatikan adalah konteks keruangan. Ada beberapa pengembangan terkait dengan keruangan yaitu ....
A. mempertahankan diri | |
B. memperhatikan konteks lingkungan | |
C. membiarkan lingkungan | |
D. merekayasa lingkungan |
43. Pembinaan konsep dalam menanamkan berbagai pengertian tentang perspektif global seperti fenomena isu dan masalah kontroversial, oleh karena itu dalam proses pembelajaran hal ini termasuk dalam ....
A. metode yang diterapkan | |
B. strategi yang diterapkan | |
C. media pengajaran yang diterapkan | |
D. teknik evaluasi yang diterapkan |
di dalam strategi menanamkan berbagai pengertian tentang perspektif global.(B)
44. Melakukan karyawisata dalam rangka mengembangkan kemampuan observasi menemukan realita, dan mengalami langsung kehidupan bagi siswa, hal tersebut merupakan proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan ....
44. Melakukan karyawisata dalam rangka mengembangkan kemampuan observasi menemukan realita, dan mengalami langsung kehidupan bagi siswa, hal tersebut merupakan proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan ....
A. evaluasi | |
B. strategi | |
C. media | |
D. metode |
karyawisata sebagai metode untuk mengembangkan kemampuan siswa.(D)
45. Penerapan model pembelajaran perspektif global dengan cara memperhatikan hakikat
dasar mental yang melekat pada diri siswa diantaranya adalah ....
45. Penerapan model pembelajaran perspektif global dengan cara memperhatikan hakikat
dasar mental yang melekat pada diri siswa diantaranya adalah ....
A. dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan | |
B. memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks | |
C. mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kontroversial | |
D. memberi tugas kepada siswa mulai dari kepatuhan hingga ketepatan waktu |
dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkanbagian dari cara memperhatikan hakikat dasar mental siswa.(B)
46. Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan ....
46. Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan ....
A. strategi pembinaan konsep | |
B. pembinaan konsep | |
C. penerapan konsep | |
D. evaluasi konsep |
Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan pembinaan konsep.(B)
47. Membuat daftar, mengelompokkan seperti membuat tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam pembinaan konsep tertuang dalam strategi ....
47. Membuat daftar, mengelompokkan seperti membuat tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam pembinaan konsep tertuang dalam strategi ....
A. pertama | |
B. kedua | |
C. ketiga | |
D. keempat |
Membuat daftar, mengelompokkan seperti membuat tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam pembinaan konsep tertuang dalam strategi kedua.(B)
48. Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil, definisi tersebut dikemukakan oleh ....
48. Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil, definisi tersebut dikemukakan oleh ....
A. John W. Best | |
B. Loren Bagus | |
C. Alexander Graham Bell | |
D. Steiner |
Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil, definisi tersebut dikemukakan oleh John W. Best.(A)
49. Membuat laporan presentasi peserta didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang tua masing-masing, hal tersebut termasuk dalam ....
49. Membuat laporan presentasi peserta didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang tua masing-masing, hal tersebut termasuk dalam ....
A. hakikat evaluasi | |
B. asas evaluasi | |
C. fungsi evaluasi | |
D. tujuan evaluasi |
membuat laporan adalah bagian dari tujuan evaluasi.(D)
50. Membuat kisi-kisi tes tertulis dalam rancangan prosedur dan alat evaluasi hasil pembelajaran perspektif global termasuk dalam ....
50. Membuat kisi-kisi tes tertulis dalam rancangan prosedur dan alat evaluasi hasil pembelajaran perspektif global termasuk dalam ....
A. tujuan evaluasi | |
B. sasaran evaluasi | |
C. prosedur evaluasi | |
D. alat evaluasi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar