IDIK4012 Manajemen Berbasis Sekolah. Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan pemberdayaan sekolah dalam mengelola institusinya, telah dilakukan Depdiknas. Baik sebelum otonomi daerah maupun sesudah otonomi daerah. Pada era otonomi daerah muncul program pemberdayaan sekolah melalui Manajemen Berbasis Sekolah ( M B S ).
MBS akan terlaksana apabila didukung oleh sumber daya manusia ( SDM ) yang memiliki
kemampuan, integritas dan kemauan yang tinggi. Salah satu unsur SDM dimaksud adalah guru, di mana guru merupakan faktor kunci keberhasilan peningkatan mutu pendidikan karena sebagai pengelola proses belajar mengajar bagi asiswa.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya pendidikan dasaar dan menengah pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, dan pewningkatan mutu manajemen sekolah. Namun berbagai indikator mewujudkan bahwa, mutu pendidikan masih belum meningkat secara signifikan. Sebagian kecil saja sekolah menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun sebagian besar lainnya masih memprehatinkan.
1. Peningkatan ilmu dan teknologi dapat dilakukan melalui pengembangan berbagai program pendidikan, hal ini sesuai dengan fungsi pendidikan sebagai upaya untuk...
MBS akan terlaksana apabila didukung oleh sumber daya manusia ( SDM ) yang memiliki
kemampuan, integritas dan kemauan yang tinggi. Salah satu unsur SDM dimaksud adalah guru, di mana guru merupakan faktor kunci keberhasilan peningkatan mutu pendidikan karena sebagai pengelola proses belajar mengajar bagi asiswa.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya pendidikan dasaar dan menengah pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, dan pewningkatan mutu manajemen sekolah. Namun berbagai indikator mewujudkan bahwa, mutu pendidikan masih belum meningkat secara signifikan. Sebagian kecil saja sekolah menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun sebagian besar lainnya masih memprehatinkan.
1. Peningkatan ilmu dan teknologi dapat dilakukan melalui pengembangan berbagai program pendidikan, hal ini sesuai dengan fungsi pendidikan sebagai upaya untuk...
A. memasyarakatkan kemajuan bidang teknologi | |
B. meningkatkan solideritas bangsa | |
C. mempertinggi peradaban manusia | |
D. menggali budaya bangsa |
Salah satu fungsi pendidikan adalah mempertinggi peradaban bangsa.(C)
2. Salah satu Model Pendidikan yang dapat mengakomodasi berbagai kepentingan dan aspirasi masyarakat adalah model...
2. Salah satu Model Pendidikan yang dapat mengakomodasi berbagai kepentingan dan aspirasi masyarakat adalah model...
A. Kurikulum Berbasis Kompetensi | |
B. Multiple Inteligence | |
C. Manajemen Berbasis Sekolah | |
D. Ki Hajar Dewantoro |
MBS adalah sebuah model pengelolan pendidikan yang mengakomodasi berbagai kepentingan masyarakat.(C)
3. Manajemen Berbasis Sekolah perlu diterapkan di sekolah karena...
3. Manajemen Berbasis Sekolah perlu diterapkan di sekolah karena...
A. memberi arahan pada sekolah untuk mengembangkan keunggulannya | |
B. mempunyai standar kompetensi guru yang lebih jelas | |
C. memerlukan standar pelayanan minimal | |
D. menjadi model pendidikan yang mudah diterapkan |
MBS perlu diterapkan di sekolah karena dapat memberi arah pada sekolah untuk mengoptimalkan keunggulan yang dimiliki lingkungan sekolah.(A)
4. Upaya peningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di Indonesia masih sulit dilakukan, salah satunya karena faktor input sekolah-sekolah masih rendah. Untuk kewujudkan sekolah efektif masalah tersebut dapat diatasi dengan ...
4. Upaya peningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di Indonesia masih sulit dilakukan, salah satunya karena faktor input sekolah-sekolah masih rendah. Untuk kewujudkan sekolah efektif masalah tersebut dapat diatasi dengan ...
A. memberi bantuan dana secukupnya kesekolah-sekolah | |
B. memberikan training/pelatihan kepada personal sekolah | |
C. membuat Standar Pelayanan Minimal | |
D. melengkapi sarana dan prasarana sekolah |
Sistem Pelayanan Minimal akan mendorong sekolah untuk meningkatkan kinerja yang diterapkan.(C)
5. Nilai yang perlu diberikan agar kehidupan individu menjadi lebih bermakna adalah pendidikan nilai ...
5. Nilai yang perlu diberikan agar kehidupan individu menjadi lebih bermakna adalah pendidikan nilai ...
A. kolektif | |
B. spiritual | |
C. sosial budaya | |
D. kebangsaan |
nilai spiritual biasanya dapat menumbuhkan semangat untuk hidup lebih bermakna.(B)
6. Menurut para birokrat salah satu alasan mengapa Manajemen Berbasis Sekolah perlu diterapkan di Indonesia adalah....
6. Menurut para birokrat salah satu alasan mengapa Manajemen Berbasis Sekolah perlu diterapkan di Indonesia adalah....
A. untuk meningkatkan fleksibilitas dalam hal pengelolaan | |
B. perlunya reformasi dalam dunia pendidikan di Indonesia | |
C. adanya pengelolaan melalui satu pintu yaitu sekolah | |
D. efesiensi manajemen pendidikan dan upaya peningkatan mutu |
MBS diterpakan di sekolah-sekolah agar ada efesiensi dalam hal pengelolaan pendidikan untuk meningkatkan mutu.(D)
7. Pelaksanaan Ulangan Umum dan Ujian Nasional di suatu sekolah baik Negeri maupun swasta merupakan tanggungjawab dari .....
7. Pelaksanaan Ulangan Umum dan Ujian Nasional di suatu sekolah baik Negeri maupun swasta merupakan tanggungjawab dari .....
A.Kepala sekolah | |
B. Guru | |
C. Yayasan | |
D. Pemerintah |
menurut UU Sisdiknas tanggungjawab pelaksanaan ulangan umum ada pada kepala sekolah.(A)
8. Prinsip penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan menurut pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003 secara lengkap berbunyi ...
8. Prinsip penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan menurut pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003 secara lengkap berbunyi ...
A. Berkeadilan,menjaga hak azasi manusia, nilai agama, menjaga kemajemukan bangsa dan tidak bersikap | |
B. Berkeadilan, menjaga hak azasi manusia, nilai agama, kultur dan kemajemukan bangsa | |
C. Demokrasi, berkeadilan, menjaga kemajemukan bangsa, tidak diskriminatif dan memberi kesempatan yang sama bagi warga negara | |
D. Demokrasi berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjujung hak azasi manusia, nilai agama, kultur dan kemajemukan bangsa |
redaksinya sesuai dengan rumusan yang ada dalam pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003.(D)
9. Ada beberapa faktor yang melandasi timbulnya gerakan desentralisasi di Indonesia, kecuali ......
9. Ada beberapa faktor yang melandasi timbulnya gerakan desentralisasi di Indonesia, kecuali ......
A. Untuk mengurangi kekuasaan dan kewenangan pemerintah pusat | |
B. Hasil pembangunan kurang dinikmati daerah | |
C. Aspirasi daerah beragam kurang terakomodasi | |
D. Kemandirian daerah kurang berkembang dan aspek budaya kurang direspon pemerintah |
selama ini daerah sudah ikut menikmati hasil pembangunan.(B)
10. Salah satu dasar hukum dibentuknya desentralisasi adalah UU no. 22 thn 1999, yang membahas tentang...
10. Salah satu dasar hukum dibentuknya desentralisasi adalah UU no. 22 thn 1999, yang membahas tentang...
A. amanat penyelenggaraan pemerintah daerah | |
B. kewenangan pemerintah | |
C. pertimbangan keuangan antar pusat dan daerah | |
D. pemerintah daerah |
UU no. 22 thn 1999 membahas tentang pemerintah daerah.(D)
11. Pada pemerintahan sentralisasi umumnya pengambilan keputusan terkonsentrasi pada tingkat ....
11. Pada pemerintahan sentralisasi umumnya pengambilan keputusan terkonsentrasi pada tingkat ....
A. bawahan dalam suatu organisasi | |
B. atasan dalam suatu organisasi | |
C. diantara individu yang ada dalam organisasi | |
D. unit yang ada dalam suatu organisasi |
mumnya dalam pemerintahan sentralisasi keputusan diambil oleh atasan dalam suatu organisasi.(B)
12. Menurut Robbin salah satu faktor yang membuat makna sentralisasi menjadi kabur adalah ....
12. Menurut Robbin salah satu faktor yang membuat makna sentralisasi menjadi kabur adalah ....
A. Keputusan pemerintah sangat bergantung pada individu yang punya pengaruh | |
B. Pengambilan keputusan pada level bawah namun diikat pengaruh kebijakan atasan | |
C. Pembuat keputusan adalah pejabat tinggi dalam organisasi | |
D. Adanya kebijakan yang menggugurkan desentralisasi |
makna sentralisasi menjadi kabur karena pembuat keputusan adalah pejabat tinggi dalam organisasi.(C)
13. Yang membedakan desentralisasi vertikal dan horizontal adalah cara pengambilan keputusan dimana dalam desentralisasi vertikal...
13. Yang membedakan desentralisasi vertikal dan horizontal adalah cara pengambilan keputusan dimana dalam desentralisasi vertikal...
A. pendelegasian pengambilan keputusan dilakukan mengikuti mata rantai kewenangan dari puncak ke bawah | |
B. pendelegasian kekuasaan untuk pengambilan keputusan ke bawah mengikuti matarantai kewenangan dari puncak ke bawah | |
C. peran individu sangat mempengaruhi pengambilan keputusan walaupun mereka bukan pejabat struktural | |
D. pengambilan keputusan bersifat nonformal sesuai dengan jalur birokrasi |
alam desentralisasi vertikal pendelegasian keputusan dilakukan mengikuti mata rantai kewenangan dari puncak ke bawah.(A)
14. Pernyataan berikut ini merupakan langkah pertama dalam proses pengambilan keputusan yang bersifat rutin, yaitu ...
14. Pernyataan berikut ini merupakan langkah pertama dalam proses pengambilan keputusan yang bersifat rutin, yaitu ...
A. Pemberian kewenangan berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan | |
B. Pengumpulan informasi tentang apa yang akan dikerjakan untuk diteruskan pada pengambil keputusan | |
C. Melakukan proses eksekusi atau pelaksanaan | |
D. Penentuan pilihan mengenai kegiatan yang akan dilakukan |
langkah pertama proses pengambilan keputusan rutin adalah mengumpulkan informasi yang akan dikerjakan.(B)
15. Penyerahan sejumlah kewenangan administrasi dari suatu kementrian ke tingkat dibawahnya sehingga beban kerja pejabat pusat pindah ke daerah dan dilaksanakan sesuai kondisi, disebut ...
15. Penyerahan sejumlah kewenangan administrasi dari suatu kementrian ke tingkat dibawahnya sehingga beban kerja pejabat pusat pindah ke daerah dan dilaksanakan sesuai kondisi, disebut ...
A. delegasi | |
B. devolusi | |
C. privatisasi | |
D. dekonsentrasi |
dekonsentrasi adalah penyerahan wewenang administrasi dari kementrian ke tingkat di bawahnya sesuai kondisi.(D)
16. Peraturan pemerintah No. 18 Tahun 2007 tentaqng Proram Sertifikasi guru merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang bersifat ....
A. sementara | |
B. sentralistik | |
C. disentralistik | |
D.dekonsentrasi |
PP.tentang Sertifikasi guru merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat sentralistik.(B)
17. Adanya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan dan apirasi masyarakat yg begitu pesat dan cepat merupakan salah satu alasan perlunya pemerintah yang ...
17. Adanya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan dan apirasi masyarakat yg begitu pesat dan cepat merupakan salah satu alasan perlunya pemerintah yang ...
A. sentralistik | |
B. desentralistik | |
C. otonomi | |
D. demokrasi |
kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang begitu pesat hanya dapat dipenuhi oleh pemerintahan yang desentralistik.(B)
18. Bentuk formal perubahan penyelenggaraan pemerintah yang sentralistik ke desentralistik ditandai dengan ditetapkannya,kecuali ...
18. Bentuk formal perubahan penyelenggaraan pemerintah yang sentralistik ke desentralistik ditandai dengan ditetapkannya,kecuali ...
A.terwujudnya organisasi sekolah di setiap kabupaten | |
B. UU, no, 25 1999 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah | |
C. Peraturan pemerintah No. 25 thn 2000 tentang kewenangan Pemerintah | |
D. UU. No. 25 tentang Program Pembangunan Nasional |
UU. No. 25 tentang Program Pembangunan Nasional, bukan membahas program yang mendukung pemerintahan yang desentalistik.(D)
19. Kebijakan pembangunan pendidikan yg berhubungan dng upaya peningkatan pengelolaan pendidikan dapat dicapai dengan ...
19. Kebijakan pembangunan pendidikan yg berhubungan dng upaya peningkatan pengelolaan pendidikan dapat dicapai dengan ...
A. terwujudnya organisasi sekolah di setiap kabupaten | |
B. meningkatkan angka partisipasi siswa dlm pendidikan | |
C. diterapkannya manajemen berbasis sekolah/masyarakat | |
D. mengurangi jumlah buta aksara |
MBS merupkan salah satu model pengelolaan pendidikan yang cocok dengan kondisi pembangunan pendidikan di Indonesia.(C)
20. Tujuan dibuatnya standar pelayanan minimal persekolahan adalah...
20. Tujuan dibuatnya standar pelayanan minimal persekolahan adalah...
A. sebagai standar pelayanan minimal dalam menyelenggarakn Manajemen Berbasis Sekolah | |
B.patokan penyelenggaraan pendidikan di tingkat dasar dan menengah agar dapat mencapai kompetensi yg sama | |
C. standar kompetensi yang harus dimiliki dan dikuasai oleh lulusan pendidikan tingkat dasar dan menengah | |
D. patokan pelayanan minimal yang wajib dilakukan oleh kebupaten dan kota dalam penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah |
Standar Pelayanan Minimum adalah patokan pelayanan minimal yang wajib dilakukan oleh kabupaten dan dalam menyelenggarakan pendidikan dasar/menengah.(D)
21. Menurut standar Pelayanan Minimal di tingkat sekolah menengah pertama, faktor yang harus diperhatikan dalam hal anak didik adalah kecuali...
21. Menurut standar Pelayanan Minimal di tingkat sekolah menengah pertama, faktor yang harus diperhatikan dalam hal anak didik adalah kecuali...
A. persyaratan sebagai siswa | |
B. pakain siswa | |
C. biaya sekolah siswa | |
D. unit kegiatan siswa |
masalah biaya sekolah siswa tidak tercantum dalam SPM tingkat SMPC.(C)
22. Hambatan yang sangat dirasakan sekolah dalam melaksanakan dan menerapkan MBS adalah...
22. Hambatan yang sangat dirasakan sekolah dalam melaksanakan dan menerapkan MBS adalah...
belum adanya kesiapan personal sekolah dalam melaksanakan MBS | |
B. tingginya dana yang dibutuhkan sekolah untuk pengelolaan MBS | |
C. belum ada kesiapan pemerintah pusat untuk melaksanakan MBS | |
D. MBS dianggap tidak sesuai dengan sistem persekolahan di Indonesia |
yang menjadi factor penghambat dalam pelaksanaan MBS adalah belum adanya kesiapan personal sekolah untuk melaksanakan MBS.(A)
23. Pelatihan yang harus diikuti kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan adalah....
23. Pelatihan yang harus diikuti kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan adalah....
A. training kemampuan profesional tenaga pendidikan | |
B. training kelompok kerja pengembangan dan pendampingan MBS | |
C. workshop manajemen MBS | |
D. workshop tentang standar pendidikan Nasional |
untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan seorang kepala sekolah harus mengikuti workshop manajemen MBS.(C)
24. Dalam UU No. 20 Thn 2003 tentang standar Pendidikan Nasaional dikatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab menyediakan anggaran pendidikan sebagaimana diatur dalam pasal 31 ayat 4 UUD 45 dibahas pada pasal ....
24. Dalam UU No. 20 Thn 2003 tentang standar Pendidikan Nasaional dikatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab menyediakan anggaran pendidikan sebagaimana diatur dalam pasal 31 ayat 4 UUD 45 dibahas pada pasal ....
A. 46 ayat 1 dan 2 | |
B. 47 ayat 1 dan 2 | |
C. 48 ayat 1 | |
D. 49 ayat 1,2,3 dan 4 |
Pasal 26 ayat 1dan 2 dlm UU No. 20 thn 2003, berbunyi bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab menyediakan anggaran pendidikan.(A)
25. Pendanaan Pendidikan berbasis sekolah menuntut setiap sekolah utk memberikan layanan pendidikan pada siswa berdasarkan prinsip kecukupan, hal ini dapat dilakukan dengan cara...
25. Pendanaan Pendidikan berbasis sekolah menuntut setiap sekolah utk memberikan layanan pendidikan pada siswa berdasarkan prinsip kecukupan, hal ini dapat dilakukan dengan cara...
A. memberi bantuan biaya pendidikan berdasarkan kondisi sosial ekonomi siswa | |
B. menghitung satuan biaya peranak untuk setiap bentuk satuan pendidikan | |
C. menghitung penerimaan sekolah dari pemerintah kemudian dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah | |
D. biaya minimal ditetapkan berdasarkan syarat pendirian sekolah dan tuntutan kurikulum |
prinsip kecukupan dalam memberikan layanan pendidikan dapat dilakukan dengan menghitung satuan biaya peranak sesuai tingkat tingkat sekolah.(B)
26. Pelaksanaan MBS khususnya yang berhubungan dengan efektifitas profesionalisme guru dan tenaga kependidikan, telah berjalan dengan lancar dan baik. Sehubungan dengan hal tersebut maka yang harus direorientasi oleh pemerintah adalah mengenai..
26. Pelaksanaan MBS khususnya yang berhubungan dengan efektifitas profesionalisme guru dan tenaga kependidikan, telah berjalan dengan lancar dan baik. Sehubungan dengan hal tersebut maka yang harus direorientasi oleh pemerintah adalah mengenai..
A. pengawasan | |
B. lembaga pelatihan guru dan tenaga kependidikan | |
C. peraturan kebijakan pengadaan sarana dan prasarana | |
D. monitoring dan evaluasi MBS |
bila efektifitas profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah baik, untuk mempertahankan kondisi tersebut perlu dilakukan pengawasan.(A)
27. MBS adalah salah satu bentuk otonomi pendidikan pada satuan pendidikan dimana kepala sekolah dan guru dibantu komite sekolah dlm mengelola pendidikan. Definisi ini merupakan pendapat yang disampaikan oleh ....
27. MBS adalah salah satu bentuk otonomi pendidikan pada satuan pendidikan dimana kepala sekolah dan guru dibantu komite sekolah dlm mengelola pendidikan. Definisi ini merupakan pendapat yang disampaikan oleh ....
A. Mellen,Ogawa dan Kranz | |
B. Neal | |
C. Taylor | |
D. Depdiknas |
definisi MBS tersebut menurut pendapat Mellen,Ogawa dan Kranz.(A)
28. Salah satu tujuan MBS berupa peningkatan akuntabilitas sekolah dan komitmen semua berarti bahwa ...
28. Salah satu tujuan MBS berupa peningkatan akuntabilitas sekolah dan komitmen semua berarti bahwa ...
A. sekolah bertanggungjawab atas semua yang dilakukan secara adminitrasi | |
B.sekolah bertanggungjawab terhadap teknis edukatif tentang program.... | |
C. dewan pendidikan dan komite sekolah bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran | |
D. sekolah bertanggungjawab ata peningkatan mutu dan relevansi mutu sekolah .. |
meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen stekholder artinya pertanggungjawaban diberikan pada berbagai pihak internal dan external.(B)
29. Input dan proses pendidikan merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan menentukan output pendidikan. Salah satu input pendidikan yang mempengaruhi proses pendidikan adalah....
29. Input dan proses pendidikan merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan menentukan output pendidikan. Salah satu input pendidikan yang mempengaruhi proses pendidikan adalah....
A. tenaga pengajar | |
B. biaya pendidikan | |
C. kurikulum | |
D. teknologi |
input yang sangat mempengaruhi mutu pendidikan adalah tenaga pendidikan.(A)
30. Bila mutu suatu lembaga pendidikan ditentukan berdasarkan keinginan/kebutuhan dan syarat-syarat yang dikehendaki oleh pelanggan, artinya sekolah tersebut menganut konsep mutu ...
30. Bila mutu suatu lembaga pendidikan ditentukan berdasarkan keinginan/kebutuhan dan syarat-syarat yang dikehendaki oleh pelanggan, artinya sekolah tersebut menganut konsep mutu ...
A. Absolut | |
B. Relatif | |
C. Stakeholder | |
D. Konsumen Absolut |
bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan.(B)
31. Al Azhar termasuk sekolah favorit yang banyak diminati terutama oleh masyarakat golongan menengah keatas, namun saat ini sudah banyak bermunculan sekolah yang setingkat dan mutunya pun lebih baik. Pengertian mutu disini disebut ...
31. Al Azhar termasuk sekolah favorit yang banyak diminati terutama oleh masyarakat golongan menengah keatas, namun saat ini sudah banyak bermunculan sekolah yang setingkat dan mutunya pun lebih baik. Pengertian mutu disini disebut ...
A. TQM | |
B. Mutu menurut konsumen | |
C. Relatif | |
D. Absolut |
bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan.(B)
32. Bila kurikulum suatu sekolah dikembangkan untuk membantu siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi kehidupannya, artinya sekolah tersebut telah memiliki fungsi ...
32. Bila kurikulum suatu sekolah dikembangkan untuk membantu siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi kehidupannya, artinya sekolah tersebut telah memiliki fungsi ...
A. sosial | |
B. spiritual | |
C. ekonomi | |
D. politik |
fungsi sosial membantu individu agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi kehidupannya.(C)
33. Bila suatu sekolah menjadi berhasil karena mendapat banyak dukungan dari sekelompok orang atau anggota kelompok, sekolah tersebut dikatakan telah menggunakan pendekatan ...
33. Bila suatu sekolah menjadi berhasil karena mendapat banyak dukungan dari sekelompok orang atau anggota kelompok, sekolah tersebut dikatakan telah menggunakan pendekatan ...
A. Goal-attainment approach | |
B. Konstituen strategi | |
C. Sistem | |
D. Persaingan nilai |
sekolah yang berhasil karena mendapat dukungan sekelompok orang artinya telah menggunakan pendekatan konstituen strategi.(B)
34. Manajemen Berbasis Sekolah adalah model pengelolaan sekolah yang memiliki pokok-pokok pikiran utama, salah satunya adalah ...
34. Manajemen Berbasis Sekolah adalah model pengelolaan sekolah yang memiliki pokok-pokok pikiran utama, salah satunya adalah ...
A. pengambilan keputusan dalam hal pengelolaan sekolah adalah kepala sekolah | |
B. keputusan diambil secara kolektif antara kepala sekolah dan guru | |
C. sumber dana dapat diusulkan dan dikelola oleh kepala sekolah | |
D. Salah, sebab sumber dana diusulkan dan dikelola oleh sekolah sesuai perencanaan masing-masing sekolah |
eputusan diambil secara kolektif antara kepala sekolah dan guru merupakan pokok pikiran utama model pengelolaan sekolah.(B)
35. Berikut adalah salah satu fungsi manajemen berbasis sekolah ....
35. Berikut adalah salah satu fungsi manajemen berbasis sekolah ....
A. Ketenagaan | |
B. Perencanaan | |
C. Keuangan | |
D. Pengembangan |
perencanaan merupakan salah satu fungsi MBS.(B)
36. Landasan hukum pendirian MBS sebagai suatu pendekatan dalam pengelolaan sistem pendidikan di Indonesia adalah ....
36. Landasan hukum pendirian MBS sebagai suatu pendekatan dalam pengelolaan sistem pendidikan di Indonesia adalah ....
A. UU Dasar Tahun 1945 | |
B. UU No. 19 Tahun 2005 | |
C. UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah | |
D. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional |
UUD Tahun 1945 tidak menjadi landasan hukum pendirian MBS.(A)
37. Secara profesional guru bertanggungjawab dalam menentukan materi, metode dan evaluasi pembelajaran yang sesuai, meskipun demikian dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan...
37. Secara profesional guru bertanggungjawab dalam menentukan materi, metode dan evaluasi pembelajaran yang sesuai, meskipun demikian dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan...
A. pembelajaran kontektual | |
B. siswa belajar aktif | |
C. individual | |
D. interaktif |
dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran kontektual.(A)
38. Menurut UU No. 2 thn 1989, pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam hal ini masyarakat juga bertanggungjawab dalam ...
38. Menurut UU No. 2 thn 1989, pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam hal ini masyarakat juga bertanggungjawab dalam ...
A. ada keseragaman dalam pengelolaan pendidikan | |
B. tidak keluar dari koridor kebijakan nasional | |
C. efektifitas dan efesiensi pendidikan tercapai | |
D. pengelolaan pendidikan mudah dilakukan |
segitiga akuntabilitas dibuat agar pengelolaan pendidikan tidak keluar dari koridor kebijakan Nasional.(B)
39. Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044 /V/2000 tentang Dewan Pendidikan dan Komite sekolah, dijelaskan tentang beberapa peran Dewan pendidikan dan Komite Sekolah, kecuali... ...
39. Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044 /V/2000 tentang Dewan Pendidikan dan Komite sekolah, dijelaskan tentang beberapa peran Dewan pendidikan dan Komite Sekolah, kecuali... ...
A. menentukan kurikulum sekolah | |
B. mengelola pendidikan | |
C. biaya penyelenggaraan pendidikan | |
D. keberhasilan proses pendidikan |
menurut UU No. 2 thn 1989 masyarakat bertanggungjawab dalam biaya penyelenggaraan pendidikan.(C)
40. Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044 /V/2000 tentang Dewan Pendidikan dan Komite sekolah, dijelaskan tentang beberapa peran Dewan pendidikan dan Komite Sekolah, kecuali...
40. Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044 /V/2000 tentang Dewan Pendidikan dan Komite sekolah, dijelaskan tentang beberapa peran Dewan pendidikan dan Komite Sekolah, kecuali...
A. memberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan | |
B. pendukung, yang berupa finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan | |
C. mediator antara pemerintah dan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) dengan masyarakat | |
D. pengontrol pelaksaan pembelajaran dalam rangka ketercapaian sekolah efektif |
dewan dan komite sekolah tidak mengontrol pelaksanaan pembelajaran dalam rangka mencapai sekolah efektif.(D)
41. Seorang kepala sekolah perlu melakukan diskusi dan tukar pendapat dengan stafnya tentang masalah yang dihadapi dan upaya peningkatan mutu sekolah. Dalama rangka MBS kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan ...
41. Seorang kepala sekolah perlu melakukan diskusi dan tukar pendapat dengan stafnya tentang masalah yang dihadapi dan upaya peningkatan mutu sekolah. Dalama rangka MBS kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan ...
A. Perencanaan | |
B.Pelaksanaan | |
C. Perumusan visi dan misi sekolah | |
D. Evaluasi diri |
dalam rangka evaluasi diri, kepala sekolah mendiskusikan masalah2 yang dihadapi sekolah dengan stafnya agar ada upaya peningkatan mutu.(D)
42. Dalam menerapkan MBS, setiap sekolah wajib melakukan evaluasi diri yang tujuannya untuk ...
42. Dalam menerapkan MBS, setiap sekolah wajib melakukan evaluasi diri yang tujuannya untuk ...
A. mengetahui sejaumana sekolah telah menerapkaan MBS dan bagaimana hasilnya | |
B. mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah-masalah yang dialami serta harus diatasi | |
C. meningkatkan kualitas sekolah di berbagai komponen berdasarkan potensi yang dimuliki | |
D. menentukan status sekolah diantara sekolah yang lain dan melakukan tindak lanjut |
biasanya evaluasi diri dilakukan untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah2 yang harus diatasi.(B)
43. Dari uraian berikut yang merupakan pengertian misi adalah ....
43. Dari uraian berikut yang merupakan pengertian misi adalah ....
A. kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah bermutu | |
B. tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi | |
C. Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai visi | |
D. program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan sekolah tercapai |
misi adalah tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi.(B)
44. Bila suatu sekolah mempunyai visi "menjadikan siswa unggul di bidang masing-masing" maka untuk mencapai masa kegiatan utama yang dilakukan
44. Bila suatu sekolah mempunyai visi "menjadikan siswa unggul di bidang masing-masing" maka untuk mencapai masa kegiatan utama yang dilakukan
A. selalu menerapkan pendidikan berbasis ke berbagai kecerdasan jasmani | |
B. mengirim siswa yang berbakat ke berbagai kompetisi di tingkat sekolah | |
C. mengadakan kegiatan unggul untuk mengetahui bakat sebagai.. | |
D. mengadakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan keunggulan siswa sesuai dengan hobinya |
Bila siswa sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan maka akan diketahui keunggulan setiap siswa, dengan demikian sekolah dapat mengembangkan lagi keunggulan setiap siswa.(D)
45. Hal-hal yang harus diperhatikan sekolah ketika membuat rencana tahunan adalah kecual...
45. Hal-hal yang harus diperhatikan sekolah ketika membuat rencana tahunan adalah kecual...
A. mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri | |
B. menyusun draf rencana tahunan sekolah bersama semua staf | |
C. mempertimbangkan pengalaman sekolah lain yang berhasil | |
D. mempertimbangkan kontek lingkungan dan aspirasi masyarakat |
ketika membuat rencana tahunan sekolah tidak perlu mempertimbangkan pengalaman sekolah-sekolah yang telah berhasil.(B)
46. Program yang dianjurkan pemerintah agar setiap sekolah dapat menjadi sekolah efektif adalah dengan menerapkan ...
46. Program yang dianjurkan pemerintah agar setiap sekolah dapat menjadi sekolah efektif adalah dengan menerapkan ...
A. Program unggulan | |
B. Manajemen Berbasis Sekolah | |
C. Life Skill | |
D. Kurikulum berbasis kompetensi |
dengan menerapkan MBS memungkinkan dirintisnya sekolah yang efektif.(B)
47. Kepala sekolah yang senantiasa memberi arahan, mengendalikan, dan memotivasi stafnya agar menjalankan tugas sehari-hari dengan baik, menandakan bahwa kepala sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai ...
47. Kepala sekolah yang senantiasa memberi arahan, mengendalikan, dan memotivasi stafnya agar menjalankan tugas sehari-hari dengan baik, menandakan bahwa kepala sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai ...
A. pemimpin | |
B. manager | |
C. organisator | |
D. perencana |
salah satu fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin adalah senantiasa memberi arahan, mengendalikan dan memotivasi stafnya agar bekerja dng baik.(A)
48. Penerapan KBK menuntut seorang guru untuk dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik serta melakukan evaluasi pembelajaran yang objektif. Tugas ini merupakan salah satu peran guru kecuali..
48. Penerapan KBK menuntut seorang guru untuk dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik serta melakukan evaluasi pembelajaran yang objektif. Tugas ini merupakan salah satu peran guru kecuali..
A. Guru kelas | |
B. Staf sekolah | |
C. Manager | |
D. Profesional |
sebagai staf sekolah guru tidak harus menjalankan peran tsb, cukup membantu bagaimana caranya agar visi dan misi sekolah dapat tercapai.(B)
49. Salah satu kegiatan yang harus ada bila menyelenggarakan MBS di sekolah dasar adalah...
49. Salah satu kegiatan yang harus ada bila menyelenggarakan MBS di sekolah dasar adalah...
perlu ada dana hibah bersaing atau block grant | |
B. setiap guru harus menerapkan pembelajaran terpadu | |
B. Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak | |
C. Salah, sebab setiap guru memang harus merencanakan pembelajaran sesuai kondisi sekolah apakah di SD tersebut MBS sudah diterapkan ataupun tidak |
persyaratan untuk menerapkan MBS di SD perlu ada dana hibah bersaing atau block grant.(A)
50. Perintisan MBS salah satunya dilatarbelakangi oleh adanya krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Pada saat itu Pemerintah menyelenggarakan suatu proyek untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar. Proyek tersebut dinamakan...
50. Perintisan MBS salah satunya dilatarbelakangi oleh adanya krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Pada saat itu Pemerintah menyelenggarakan suatu proyek untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar. Proyek tersebut dinamakan...
A. Program Wajib Belajar Sembilan Tahun diseluruh indonesia | |
B. Program kecakapan hidup yang dibutuhkan masyarakat | |
C. Jaringan Pengaman Sosial beasiswa | |
D. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) |
dirintis pemerintah untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar ketika ada krisis thn 97-98 adalah program jaringan pengaman social (C)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar