PDGK4109 - Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat
bahasa, melafalkan dan menulis lambang bahasa yang benar, menggunakan tata bahasa yang benar, menggunakan kosakata yang tepat, hakikat sastra Indonesia, cerita anak-anak, puisi anak-anak, drama anak-anak, serta apresiasi karya sastra anak-anak. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mempunyai kemampuan untuk menerapkan kaidah ilmu bahasa dan sastra Indonesia.
bahasa, melafalkan dan menulis lambang bahasa yang benar, menggunakan tata bahasa yang benar, menggunakan kosakata yang tepat, hakikat sastra Indonesia, cerita anak-anak, puisi anak-anak, drama anak-anak, serta apresiasi karya sastra anak-anak. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mempunyai kemampuan untuk menerapkan kaidah ilmu bahasa dan sastra Indonesia.
1. Bahasa bersifat konvensional. Artinya, ….
- A. penggunaan lambang bunyi untuk suatu konsep tertentu berdasarkan kesepakatan
- B. bahasa tiap kelompok sosial merasa diri sebagai kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain
- C. penggunaan lambang sebagai sistem jumlahnya terbatas tetapi dapat dipahami secara tidak terbatas oleh pemakainya
- D. bahasa merupakan sistem lambang yang berwujud bunyi atau bunyi ujar
konvensional artinya didasari pada sebuah kesepakatan.(A)
2. Jika bahasa digunakan sekelompok masyarakat untuk membicarakan suatu permasalahan dengan topik tertentu, berarti bahasa tersebut berfungsi ....
2. Jika bahasa digunakan sekelompok masyarakat untuk membicarakan suatu permasalahan dengan topik tertentu, berarti bahasa tersebut berfungsi ....
- A. emotif
- B. konatif
- C. referensial
- D. puitik
fungsi referensial merujuk pada suatu pembicaraan dengan atau topik tertentu.(C)
3. Variasi bahasa yang menghasilkan slang, jargon, dan kolokial merupakan keanekaragaman bahasa yang disebabkan faktor ....
3. Variasi bahasa yang menghasilkan slang, jargon, dan kolokial merupakan keanekaragaman bahasa yang disebabkan faktor ....
- A. Geografis
- B. Sosiologis
- C. Fungsi
- D. Gaya
slang, jargon, dan kolokial disebabkan karena faktor sosiologis.(B)
4. Masuknya budaya Barat, mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia, misalnya dalam dunia kuliner, seperti penyebutan ….
4. Masuknya budaya Barat, mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia, misalnya dalam dunia kuliner, seperti penyebutan ….
- A. restaurant,
- B. saung, kedai, dan gubuk
- C. lesehan,angkringan, dan wasgitel
- D. pepes, bakar, dan tumis
restaurant, cafe, dan BBQ adalah pengaruh budaya Barat.(A)
5. Yang dimaksud dengan titik artikulasi adalah alat ucap yang ....
5. Yang dimaksud dengan titik artikulasi adalah alat ucap yang ....
- A. berupa sebuah pita pipih elastis yang bergetar pada waktu udara keluardari paru-paru
- B.digerakkan/digeser pada saat menghasilkan bunyi ujaran, seperti ujung lidah, bibir atas, dan bibir bawah
- C. menjadi tujuan sentuh artikulator, seperti gigi, lengkung kaki gigi, dan langit-langit
- D. berupa dua buah pita pipih yang elastis, yang bergetar pada waktu dilalui udara yang keluar dari paru-paru
opsi tersebut merupakan pengertian titik artikulasi(C)
6. Bunyi konsonan dihasilkan jika arus udara ....
6. Bunyi konsonan dihasilkan jika arus udara ....
- A. tidak mendapat hambatan, baik di rongga mulut maupun rongga hidung
- B. tidak mendapat hambatan di rongga hidung
- C. mendapat hambatan di rongga mulut
- D. mendapat hambatan, baik di rongga mulut maupun di rongga hidung
opsi tersebut merupakan cara menghasilkan bunyi konsonan.(D)
7. Perbedaan antara diftong dan vokal rangkap dapat dijelaskan bahwa ....
7. Perbedaan antara diftong dan vokal rangkap dapat dijelaskan bahwa ....
- A. diftong merupakan vokal rangkap yang tidak dapat dipisahkan, sementara vokal rangkap merupakan bunyi vokal yang dapat dipisahkan
- B. diftong merupakan vokal rangkap yang dapat dipisahkan, sementara vokal rangkap merupakan bunyi vokal berurutan yang tidak dapat dipisahkan
- C. vokal rangkap merupakan bunyi vokal tidak dapat dipisahkan, sementara diftong merupakan vokal rangkap yang dipisahkan
- D. vokal rangkap merupakan vokal tunggal, sementara diftong merupakan vokal ganda
vokal rangkap selalu melekat sementara vokal rangkap dapat dipisah.(A)
8. Ejaan Melayu-Indonesia (Melindo) digunakan pada tahun ....
8. Ejaan Melayu-Indonesia (Melindo) digunakan pada tahun ....
- A. 1901
- B. 1947
- C. 1957
- D. 1959
tahun 1959 adalah berlakunya ejaan Melindo.(D)
9. Sistem ejaan memenuhi fungsi kepraktisan jika ….
9. Sistem ejaan memenuhi fungsi kepraktisan jika ….
- A. aturan yang ditetapkan dilaksanakan secara konsisten
- B. ejaan tersebut membantu pemakainya untuk menghemat tenaga dan pikiran dalam komunikasi
- C. perubahan yang ada disesuaikan dengan lafal orang Indonesia
- D. tidak mengubah sarana pengetikan/pencetakan
(D)
10. Yang termasuk contoh morfem terikat adalah....
10. Yang termasuk contoh morfem terikat adalah....
- A. bijaksana
- B. tanggung jawab
- C. turunkan
- D. lukiskan
turunkan merupakan contoh morfem terikat.(C)
11. Yang termasuk jenis kata ulang berimbuhan adalah ....
11. Yang termasuk jenis kata ulang berimbuhan adalah ....
- A. bersahut-sahutan
- B. rumah-rumah
- C. tetanaman
- D. gegap-gempita
bersahut-sahutan merupakan contoh kata ulang berimbuhan.(A)
12. Karena kondisinya sudah kritis, ia akhirnya dirujuk ke rumah sakit setelah sempat dirawat di puskesmas selama 6 jam. Yang termasuk kata majemuk dalam kutipan tersebut adalah ….
12. Karena kondisinya sudah kritis, ia akhirnya dirujuk ke rumah sakit setelah sempat dirawat di puskesmas selama 6 jam. Yang termasuk kata majemuk dalam kutipan tersebut adalah ….
- A. puskesmas
- B. rumah sakit
- C. sudah kritis
- D. dirawat
rumah sakit merupakan kata majemuk.(B)
13. Yang termasuk dalam kalimat “gedung sekolah itu roboh akibat gempa" adalah ....
13. Yang termasuk dalam kalimat “gedung sekolah itu roboh akibat gempa" adalah ....
- A. roboh
- B. akibat gempa
- C. gedung sekolah itu
- D. sekolah itu
sekolah itu merupakan peran penderita.(D)
14. Pengertian wacana menurut Harimurti Kridalaksana adalah ....
14. Pengertian wacana menurut Harimurti Kridalaksana adalah ....
- A. bahan bacaan, percakapan, atau tuturan
- B. satuan bahasa terlengkap dalam hierarki gramatikal
- C. susunan ujaran yang merupakan satuan bahasa terlengkap
- D. satuan bahasa yang merujuk pada kohesi dan koherensi
opsi tersebut merupakan pengertian wacana menurut Harimurti Kridalaksana.(B)
15. aku terasa ternyata di kiri-kanan adalah jurang yang menganga. Sejengkal saja kakinya terpeleset, nyawa Tantra akan melayang. Sementara itu, hawa dingin telah menembus angka 10 derajat celcius. Padahal, perbekalan yang dibawa hanya cukup untuk hari itu. Tantra dan 2 temannya hanya mampu berdoa karena sudah 3 jam lamannya hujan belum juga mereda. Sementara jarak pandang hanya berkisar 3 meter.Kutipan tersebut tergolong wacana ....
15. aku terasa ternyata di kiri-kanan adalah jurang yang menganga. Sejengkal saja kakinya terpeleset, nyawa Tantra akan melayang. Sementara itu, hawa dingin telah menembus angka 10 derajat celcius. Padahal, perbekalan yang dibawa hanya cukup untuk hari itu. Tantra dan 2 temannya hanya mampu berdoa karena sudah 3 jam lamannya hujan belum juga mereda. Sementara jarak pandang hanya berkisar 3 meter.Kutipan tersebut tergolong wacana ....
- A. argumentasi
- B. persuasi
- C. deskripsi
- D. eksposisi
kutipan tersebut berusaha memberikan gambaran yang sejelas-jelasnya.(C)
16. Makna leksikal merupakan makna yang muncul sesuai dengan referennya, sementara makna gramatikal muncul sebagai makna yang ....
16. Makna leksikal merupakan makna yang muncul sesuai dengan referennya, sementara makna gramatikal muncul sebagai makna yang ....
- A. memiliki nilai rasa positif
- B. memiliki nilai rasa negatif
- C. terjadi karena proses gramatikal
- D. terjadi karena proses afiksasi
makna gramatikal muncul karena adanya proses gramatikal.(C)
17. Homonim merupakan kata yang lafal dan ejaannya sama tetapi maknanya berbeda, sementara homograf adalah kata yang ....
17. Homonim merupakan kata yang lafal dan ejaannya sama tetapi maknanya berbeda, sementara homograf adalah kata yang ....
- A. sama ejaannya tetapi lafal dan maknanya berbeda
- B. sama lafalnya tetapi ejaan dan maknanya berbeda
- C. memiliki makna lebih dari satu
- D. memiliki hubungan spesifik dan makna generik
psi tersebut merupakan pengertian homograf.(A)
18. Yang disebut kamus dwibahasa adalah kamus yang memuat ....
18. Yang disebut kamus dwibahasa adalah kamus yang memuat ....
- A. suatu bahasa yang disusun alfabetis dengan penjelasan dan contoh pemakaiannya dalam bahasa yang sama
- B. daftar kata dan padanannya lebih dari 2 bahasa yang berbeda
- C. gabungan kata atau kata suatu bahasa yang disusun secara alfabetis dengan penjelasan makna dan contoh pemakaiannya dalam bahasa lain yang menjadi bahasa sasaran
- D. suatu bahasa yang disusun secara alfabetis dengan penjelasan makna dalam bahasa yang berbeda
opsi ini merupakan pengertian kamus secara umum.(D)
19. Dalam lema suatu kamus artinya adalah ....
19. Dalam lema suatu kamus artinya adalah ....
- A. kelas kata yang meliputi kata depan, kata sambung, dan kata seru
- B. kata yang menjelaskan verba, adjectiva, adverbia
- C. kata yang menjelaskan nomina dan pronomina
- D. kelas kata yang meliputi kata ganti, kata tunjuk, dan kata kata tanya
pronomina merupakan kelas kata yang meliputi kata ganti, kata tunjuk, dan kata Tanya.(D)
20. Ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, dan keyakinan dalam bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa merupakan definisi sastra yang diungkapkan oleh ….
20. Ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, dan keyakinan dalam bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa merupakan definisi sastra yang diungkapkan oleh ….
- A. Jakob Sumardjo dan Saini KM
- B. Kamus Besar Bahasa Indonesia
- C. A. Teeuw
- D. etimologi kata
opsi ini merupakan pengertian sastra oleh Jakob Sumardjo dan Saini KM.(A)
21. Yang dimaksud kegiatan kreatif dalam apresiasi sastra adalah segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk ....
21. Yang dimaksud kegiatan kreatif dalam apresiasi sastra adalah segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk ....
- A. melestarikan keberadaan karya sastra
- B. meningkatkan kesadaran, kecintaan, dan penghargaan terhadap karya sastra
- C. memperoleh nilai kenikmatan karya sastra
- D.menunjang pemahaman terhadap karya sastra
kegiatan kreatif merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran, kecintaan, dan penghargaan terhadap karya sastra.(B)
22. Legenda khas Dukuh Paruk, misalnya kisah nenek tentang fenomena di pekuburan Dukuh Paruk malam hari ketika terjadi bencana itu. Nenek mengatakan banyak obor terlihat di atas kerimbunan pohon beringin di atas makam Ki Secamenggala. Dari pekuburan itu terdengar suara tangis bersahutan. Nenek yang mengatakan bayangan Ki Secamenggala keluar mendatangi setiap mayat yang malam itu belum satu pun sempat dikubur”. Berdasarkan kutipan tersebut, terlihat bahwa latar cerita terjadi di pedesaan ....
22. Legenda khas Dukuh Paruk, misalnya kisah nenek tentang fenomena di pekuburan Dukuh Paruk malam hari ketika terjadi bencana itu. Nenek mengatakan banyak obor terlihat di atas kerimbunan pohon beringin di atas makam Ki Secamenggala. Dari pekuburan itu terdengar suara tangis bersahutan. Nenek yang mengatakan bayangan Ki Secamenggala keluar mendatangi setiap mayat yang malam itu belum satu pun sempat dikubur”. Berdasarkan kutipan tersebut, terlihat bahwa latar cerita terjadi di pedesaan ....
- A. dengan kehidupan religi yang baik
- B. dengan kehidupan religi yang sangat baik
- C. dengan paham animisme yang kuat
- D. tanpa paham animisme
kepercayaan bahwa roh leluhur terus hidup adalah paham animism.(C)
23. Dalam mempengaruhi Srintil, Nyai Kartareja menggunakan segala kemampuan karena ia tahu Marsusi pasti membawa kalung 100 gram dengan bandul berlian. Perhiasan seperti milik istri Lurah Pecikalan itu telah lama menjadi buah mimpinya. Tetapi kepada Mrsusi ia mengatakan Srintil-lah yang menginginkannya.” Atas kutipan tersebut, watak Nyai Kartareja adalah ....
23. Dalam mempengaruhi Srintil, Nyai Kartareja menggunakan segala kemampuan karena ia tahu Marsusi pasti membawa kalung 100 gram dengan bandul berlian. Perhiasan seperti milik istri Lurah Pecikalan itu telah lama menjadi buah mimpinya. Tetapi kepada Mrsusi ia mengatakan Srintil-lah yang menginginkannya.” Atas kutipan tersebut, watak Nyai Kartareja adalah ....
- A. Baik tetapi materialistis
- B. Licik dan materialistis
- C. Baik dan tidak materialistis
- D. Licik tetapi tidak materialistis
Nyai Kartareja licik dan materialistis.(B)
24. Yang dimaksud unsur pantangan dalam cerita anak adalah bahwa dari segi isi cerita .....
24. Yang dimaksud unsur pantangan dalam cerita anak adalah bahwa dari segi isi cerita .....
- A. harus mengandung nilai pendidikan
- B. tidak disampaikan secara berbelit-belit
- C. harus menyampaikan ilmu pengetahuan
- D.tidak boleh ada hal yang tidak pantas untuk anak-anak
unsur pantangan ini memberikan makna bahwa dalam cerita anak tidak boleh ada hal yang tidak pantas.(D)
25. Jika dilihat dari segi bahasa, cerita anak memberikan manfaat ketika anak-anak dapat ....
25. Jika dilihat dari segi bahasa, cerita anak memberikan manfaat ketika anak-anak dapat ....
- A. mengambil pelajaran budi pekerti
- B. memperkaya perbendaharaan kata
- C. mengamati karakter jelek tokoh ceritanya
- D. memberikan pandangan tentang rasa percaya diri
cerita anak dapat memperkaya perbendaharaan kata.(B)
26. Yang dimaksud dengan legenda adalah cerita yang mengisahkan ....
26. Yang dimaksud dengan legenda adalah cerita yang mengisahkan ....
- A. hal-ihwal seorang tokoh yang lucu
- B. cerita yang menampilkan hewan-hewan sebagai tokohnya
- C. sejarah tentang suatu negeri, danau, atau gunung
- D. kepercayaan yang menyangkut kehidupan roh-roh atau dewa-dewa
legenda adalah cerita yang mengisahkan sejarah tentang suatu negeri, danau, atau gunung.(C)
27.. Tokoh protagonis merupakan tokoh sentral yang memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali ....
27.. Tokoh protagonis merupakan tokoh sentral yang memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali ....
- A. berperan baik
- B. selalu menjadi pusat sorotan
- C. berperan datar
- D. senantiasa berhubungan dengan tokoh-tokoh lain
peran datar bukan merupakan funsgi tokoh protagonist.(C)
28. ”Lasi tetap tertunduk. Ingatannya melayang pada suatu malam ketika ia di dalam kamar bersama Handarbeni. Malam yang menjengkelkan. Handarbeni benar-benar kehilangan kelelakiannya meski obat-obatan telah diminumnya. Untuk menutupi kekecewaan Lasi, Handarbeni selalu mengobral janji untuk memberikan hadiah ini dan itu”. Berdasarkan kutipan tersebut, Handarbeni merupakan tokoh yang memiliki kekayaan melimpah dan menikahi Lasi sebagai ....
28. ”Lasi tetap tertunduk. Ingatannya melayang pada suatu malam ketika ia di dalam kamar bersama Handarbeni. Malam yang menjengkelkan. Handarbeni benar-benar kehilangan kelelakiannya meski obat-obatan telah diminumnya. Untuk menutupi kekecewaan Lasi, Handarbeni selalu mengobral janji untuk memberikan hadiah ini dan itu”. Berdasarkan kutipan tersebut, Handarbeni merupakan tokoh yang memiliki kekayaan melimpah dan menikahi Lasi sebagai ....
- A. wujud kasih sayang yang tulus
- B. tanda bahwa ia laki-laki perkasa
- C. tanda bahwa ia memang senang menyenangkan wanita
- D. pajangan dan gengsi belaka
Handarbeni yang notabene lelaki loyo menikahi Lasi hanya sebagai pajangan.(D)
29. Asam kandis asam gelugur
29. Asam kandis asam gelugur
Kedua asam siriang-riang
Menangis mayat di dalam kubur
Teringat badan tidak sembahyang.
Pantun tersebut termasuk pantun ….
- A. jenaka
- B. Teka-teki
- C. Agama
- D. Suka cita
pantun tersebut berisi nasihat tentang agama, yakni pentingnya sembahyang.(C)
30. Yang dimaksud dengan tipografi adalah ....
30. Yang dimaksud dengan tipografi adalah ....
- A. pemindahan bagian kalimat pada larik berikutnya
- B. ukiran bentuk puisi yang biasanya berupa susunan baris ke bawah
- C. persamaan bunyi berulang secara teratur
- D. susunan kata yang dapat memperjelas/memperkonkret apa yang diutarakan penyair
tipografi adalah susunan kata yang dapat memperjelas/memperkonkret pikiran penyair.(D)
31. Unsur kesejarahan puisi muncul sebagai salah satu unsur ekstrinsik karena ....
31. Unsur kesejarahan puisi muncul sebagai salah satu unsur ekstrinsik karena ....
- A. unsur kesejarahan menjadi unsur penentu nilai kepuitisan puisi
- B. unsur kesejarahan menjadi satu tanda budaya yang berkembang pada saat puisi dicipta penyair
- C. tanpa kesejarahan puisi sulit untuk lahir
- D. tanpa kesejarahan puisi sulit ditafsirkan
unsur sejarah menjadi tanda budaya yang menentukan nilai sebuah puisi.(B)
32. Apa yang dituliskan dalam puisi tidak menggambarkan apa yang dialami pengarang karena sering kali ide yang ada merupakan imajinasi pengarang. Hal ini menandakan bahwa puisi memang terbentuk oleh lapis ….
32. Apa yang dituliskan dalam puisi tidak menggambarkan apa yang dialami pengarang karena sering kali ide yang ada merupakan imajinasi pengarang. Hal ini menandakan bahwa puisi memang terbentuk oleh lapis ….
- A. bunyi
- B. arti
- C. dunia pengarang
- D. makna
dunia pengarang menggambarkan bagaimana pengarang melahirkan gagasan yang diwujudkan dalam puisi.(C)
33. Pagiku hilang sudah melayang
33. Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku telah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Kutipan puisi tersebut menggambarkan sebuah tema yang menceritakan tentang ....
- A. penemuan jati diri
- B. pengangguran
- C. percintaan
- D. penyesalan
tiap barisnya menggambarkan tentang penyesalan.(D)
34. Yang dimaksud drama anak-anak adalah ....
34. Yang dimaksud drama anak-anak adalah ....
- A. teks yang bersifat dialog dan isinya membentangkan alur
- B. karya sastra yang bertujuan menggambarkan kehidupan dengan mengemukakan tikaia
- C. proses lakuan yang menempatkan anak sebagai tokoh
- D.karya sastra yang penikmatannya dengan dipentaskan
rama anak-anak memang berfokus pada anak-anak sebagai tokohnya.(C)
35. Yang dimaksud dengan drama tablo adalah drama yang dipentaskan ....
35. Yang dimaksud dengan drama tablo adalah drama yang dipentaskan ....
- A. tanpa gerak dan pengucapan kata oleh para pelaku dengan komposisi sikap para pelaku serta diikutkan oleh seorang narator untuk memberi prolog
- B. sama sekali tidak mengucapkan kata, tetapi hanya menggunakan sikap dan gerak serta diiringi musik
- C. dengan pemeran menggunakan bentuk boneka yang pada dasarnya hanya mewakili pemeran yang sebenarnya
- D. secara informal yang dibuat oleh anak untuk partisipan
tablo adalah drama tanpa gerak.(A)
36. Tahapan rangkaian peristiwa dalam drama anak-anak yang menimbulkan puncak ketegangan disebut ….
36. Tahapan rangkaian peristiwa dalam drama anak-anak yang menimbulkan puncak ketegangan disebut ….
- A. konflik
- B. antiklimaks
- C. penyelesaian
- D. klimaks
puncak ketegangan drama anak disebut klimaks.(D)
37. Yang dimaksud manfaat kepekaan batin atau sosial adalah manfaat yang ....
37. Yang dimaksud manfaat kepekaan batin atau sosial adalah manfaat yang ....
- A. menceritakan keindahan yang melekat pada sastra anak
- B. memberi upaya untuk selalu mengasah kepekaan sosial agar mudah tersentuh oleh hal-hal yang bersifat batiniah
- C.memberi berbagai informasi tentang proses perubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok melalui pembelajaran dan latihan
- D. memberi tambahan informasi, pengetahuan, pengelaman hidup, dan pandangan tentang kehidupan
kepekaan batin memberi upaya untuk selalu mengesah kepekaan social.(B)
38. Yang dimaksud dengan kejelasan watak dalam kriteria keterbacaan memilih drama anak adalah adanya ....
38. Yang dimaksud dengan kejelasan watak dalam kriteria keterbacaan memilih drama anak adalah adanya ....
- A. tokoh-tokoh yang dideskripsikan secara sederhana
- B.pemunculan perilaku yang mudah diikuti
- C.pendeskripsian tanpa menimbulkan kesulitan penafsiran
- D. pemunculan perilaku yang sederhana
kejelasan watak merujuk pada pendeskripsian tokoh secara sederhana.(A)
39. Apresiasi reseptif dilakukan dengan cara mendengarkan atau menyimak dan membaca cerita, sedangkan aspek produktif dilakukan dengan ....
39. Apresiasi reseptif dilakukan dengan cara mendengarkan atau menyimak dan membaca cerita, sedangkan aspek produktif dilakukan dengan ....
- A. mendengarkan cerita melalui radio
- B. membaca cerita melalui buku cerita
- C. melihat pementasan melalui televisi
- D. membuat sinopisi sebuah drama
(D)
40. Badu Ingat! Kan sekarang yang ada si Rahim, bukan Hasan Lagi. Hasan: Saya yakin, begitu melihat aku, Ibu akan mengenali aku. Badu :Ubahlah suaramu, kecilkan sedikit, dan agak sedikit bungkukan badanmu ! Nah, tuh Ibu datang, bersiap-siaplah. Ibu masuk Badu: Permisi, saya telah membawa anak itu. Inilah si Rahim, Bu. Hasan : (dengan suara dibuat-buat) Selamat siang Bu! Ibu: Aih, si Rahim, kau telah datang lebih cepat ya! Lho, tapi mana si Hasan! Atas dasar kutipan tersebut, dapat diparafrasekan bahwa Ibu tidak lagi mengenali Hasan karena ....
40. Badu Ingat! Kan sekarang yang ada si Rahim, bukan Hasan Lagi. Hasan: Saya yakin, begitu melihat aku, Ibu akan mengenali aku. Badu :Ubahlah suaramu, kecilkan sedikit, dan agak sedikit bungkukan badanmu ! Nah, tuh Ibu datang, bersiap-siaplah. Ibu masuk Badu: Permisi, saya telah membawa anak itu. Inilah si Rahim, Bu. Hasan : (dengan suara dibuat-buat) Selamat siang Bu! Ibu: Aih, si Rahim, kau telah datang lebih cepat ya! Lho, tapi mana si Hasan! Atas dasar kutipan tersebut, dapat diparafrasekan bahwa Ibu tidak lagi mengenali Hasan karena ....
- A. Badu telah memiliki ide cemerlang
- B. suara Hasan telah diubah
- C. Badu telah mengarahkan Hasan dengan baik
- D. penyamaran suara dan bungkukan badan Hasan telah berhasil dengan baik
penyamaran dan bungkukan badan Hasan telah berhasil.(D)
41. Berikut ini merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, kecuali ....
41. Berikut ini merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, kecuali ....
1. bahasa penghubung antardaerah/antarbudaya
2. bahasa resmi kenegaraan
3. bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
1 dan 3 Benar, karena keduanya adalah fungsi bahasa sebagai bahasa nasional.(B)
42. Dalam kata tunjukkan, terdapat konsonan rangkap, dan bukan gugus konsonan karena pada kata tunjukkan ....
1. terjadi karena proses gramatika
2. menimbulkan makna baru
3. muncul dalam kata benda
1 dan 2 Benar, karena konsonan rangkap muncul akibat proses gramatika dalam menimbulkan makna baru.(A)
43. Yang termasuk kalimat minor adalah ….
43. Yang termasuk kalimat minor adalah ….
1. sedang berpuasa
2. sangat gembira
3. adiknya pergi
1 dan 2 Benar, karena merupakan contoh kalimat minor.(A)
44. Yang termasuk kalimat verbal intransitif adalah ....
44. Yang termasuk kalimat verbal intransitif adalah ....
1. Tanto menikmati satai Padang
2. Tya tertidur di karpet
3. Anugrah menangsis
1 dan 3 Betul, karena opsi termasuk verbal intransitif.(B)
45. Yang bukan kriteria puisi anak menurut Norton adalah ....
45. Yang bukan kriteria puisi anak menurut Norton adalah ....
1. tidak ditulis berdasarkan dugaan yang rendah terhadap anak
2. memiliki keragaman sajak
3. sesuai dengan lingkungan anak
1 dan 3 Benar, karena merupakan keriteria puisi anak menurut Sumardi.(B)
1 dan 3 Benar, karena merupakan keriteria puisi anak menurut Sumardi.(B)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar