Sabtu, 28 Desember 2013

Pengembangan Bahan Ajar

IDIK4009 - Pengembangan Bahan Ajar.Mata kuliah ini memberi pengetahuan dan
keterampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan bahan ajar. Hal-hal yang akan dibahas dalam mata kuliah ini adalah peran dan jenis bahan ajar, baik bahan ajar cetak, noncetak maupun bahan ajar display; prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran serta cara-cara mengevaluasinya. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui tes tertulis atau online dalam bentuk tes obyektif.

1. Buku-buku yang berisi materi pelajaran yang dijual bebas dapat disebut sebagai bahan ajar apa bila...
A. Dapat membantu pemahaman orang yang membacanya
B. Ada penjelasan tentang tujuan Pembelajaran
C. Dilengkapi dengan pedoman belajar bagi guru dan siswa
D. Dikembangkan untuk membantu proses belajar

Jika buku, video, audio, program komputer tersebut berisi materi pembelajaran yang sengaja dirancang secara sistematis untuk keperluan proses pembelajaran, walaupun dijual bebas maka dapat dikatakan buku atau program-program tersebut adalah bahan ajar.(D)(1.6)
 2. Bahan ajar yang baik harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut …
1. Dirancang dengan sengaja secara sistematis
2. Berisi materi/informasi yang dapat menambah wawasan siswa
3. Ditulis untuk kepentingan proses pembelajaran siswa tertentu.
Bahan ajar yang baik adalah bahan atau materi pelajaran yang disusun secara setematis dan berisi materi/informai yang dapat menambah wawasan siswa.(1 dan 2 benar)(1.6)
 3. Menurut Rowntree, berdasarkan sifatnya jenis bahan ajar dibagi dalam empat kelompok, beberapa diantaranya adalah kelompok ...
1. audio video
2. berbasis cetak
3. berbasis teknologi
Menurut Rowntree bahan ajar dikelompokkan menjadi : bahan ajar berbasiskan cetak; bahan ajar berbasiskan teknologi; bahan ajar yang digunakan untuk praktik atau proyek; dan bahan ajar ajar yang dibutuhkan untuk interaksi manusia.(2 dan 3 benar)(1.7)
4. Bahan ajar cetak mempunyai banyak kelebihan sebagai berikut, salah satu kelebihan bahan ajar yang paling tepat adalah ....
A. dapat menampilkan gambar/ilustrasi yang berwarna
B. tidak memerlukan alat khusus untuk memanfaatkannya
C. memberikan umpan balik secara langsung
D. tidak menyajikan informasi yang bergerak
Kelebihan lain dari bahan ajar cetak adalah tidak memerlukan alat khusus untuk memanfaatkanny.(B)(1.9)
5. Salah satu jenis bahan ajar non-cetak yang penggunaannya tidak memerlukan alat proyeksi adalah …
A. Realia
B. Audio
C. OHP
D. Video
Contoh bahan ajar display antara lain : flipchart, adhesive, chart,poster, peta, foto, dan realia.(A)(1.11)
6. Dengan adanya bahan ajar proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif karena …
A. siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja
B. guru tidak perlu menjelaskan semua materi dalam bahan ajar
C. guru dapat memberikan tugas-tugas yang lebih banyak pada siswa
D. waktu belajar dikelas dapat dimanfaatkan untuk tanya jawab dan diskusi
Dengan adanya bahan ajar proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif karena guru tidak perlu menjelaskan semua materi dalam bahan ajar.(B)(1.15)
7. Ketika merancang paket bahan ajar, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah memilih media dan sumber belajar. Kegiatan ini dapat dilakukan bila …
A. analisis pembelajaran telah dikembangkan
B. tujuan pembelajaran sudah jelas
C. sasaran yang akan menggunakan media jelas
D. waktu kegiatan pembelajaran memungkinkan
Pada tahap memilih media dan sumber belajar anda sudah memiliki analisis instruksional, tujuan pembelajaran, dan topik mata pelajaran beserta elaborasinya.(B)(1.28)
8. Langkah keempat dalam mengembangkan Bahan Ajar adalah evaluasi. Kegiatan evaluasi tersebut dimulai dengan melakukan….
A. Uji coba oleh siswa satu persatu
B. Penelaahan oleh ahli media
C. Uji coba lapangan
D. Penelaahan oleh ahli materi
Kegiatan evaluasi tersebut dimulai dengan melakukan telaah oleh ahli materi.(D)(1.35)
9. Faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih media sebagai paket bahan ajar adalah media tersebut …
A. memudahkan mahasiswa belajar sendiri atau kelompok
B. menghilangkan kejenuhan mahasiswa dalam belajar
C. memfasilitasi pemberian umpan balik kepada mahasiswa
D. memungkinkan dimiliki oleh mahasiswa
Media tersebut merupakan alat dan cara memfasilitasi , mempermudah belajar siswa, serta membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih menarik bagi siswa.(A)(1.28)
10. Pengembangan Bahan Ajar yang baik, harus memperhatikan faktor kecermatan isi artinya ….
A. penyajian materi mudah dipahami dan dipelajari mahasiswa
B. menggunakan format penulisan yang sesuai dengan standar penulisan bahan ajar
C. cakupan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran
D. sesuai dengan sistem nilai yang berlaku didalam masyarakat
Pengembangan Bahan Ajar yang baik, harus memperhatikan faktor kecermatan isi artinya seusuai dengan sistem nilai yang berlaku didalam masyarakat.(D)(1.40)
11. Cakupan isi bahan ajar dikatakan sudah tepat apabila ....
A. Menyajikan materi yang sesuai kebutuhan siswa
B. Keluasan dan kedalaman materi sesuai dengan bidang ilmu
C. Materi mudah dipahami oleh siswa
D. Dilengkapi dengan peta konsep seluruh materi yang disajikan
 Cakupan isi bahan ajar dikatakan sudah tepat apabila kdan kedalaman materi sesuai dengan bidang ilmu.(B)(1.42)
12. Bahan ajar yang baik harus memiliki tingkat ketercernaan yang tinggi. Ciri-cirinya dalam bahan ajar tersebut ada penjelasan tentang .....
1. Relevansi antar topik
2. Manfaat dan kegunaannya dalam pembelajaran
3. Konsep isi bahan ajar secara utuh
Ciri-ciri bahan ajar dengan ketercernaan yang baik yaitu : pemaparan yang logis, penyajian materi yang sistematis, contoh dan ilustrasi yang memudahkan pemahaman, alat bantu yang memudahkan untuk mempelajari bahan ajar, format yang tertib dan konsisten, adanya penjelasan relevansi antartopik dan manfaat bahan ajar.(1,2, dan 3 benar)(1.43)
13. Penempatan tata letak bahan ajar yang berhubungan dengan judul, isi, contoh, latihan dan tugas berhubungan dengan faktor...
A. ketercernaan bahan ajar
B. ketepatan cakupan
C. perwajahan / pengemasan
D. validitas isi
Penempatan tata letak bahan ajar yang berhubungan dengan judul, isi, contoh, latihan dan tugas berhubungan dengan faktor perwajahan / pengemasan.(C)(1.49)
14. Untuk membantu mahasiswa agar mudah mempelajari dan memahami modul perlu dilakukan hal berikut yaitu ....
A. Mengulang-ulang bagian materi yang sulit
B. Dilengkapi ilustrasi yang menarik
C. Dilengkapi alat bantu belajar
D. Menjelaskan manfaat mempelajari modul
Komponen pelengkap bahan ajar salah satunya adalah panduan siswa(peta materi, petunjuk belajar, latihan dan tugas,tips, kata-kata sukar, dan pemilahan materi).(D)(1.56)
15. Menurut Rowntree untuk menentukan isi materi bahan ajar perlu dikembangkan terlebih dahulu .....
A. daftar isi bahan ajar
B. bentuk bahan ajar yang akan dikembangkan
C. garis besar materi
D. tujuan pembelajaran
Menurut rowntree ada 4 tahapan yang dilakukan dalam pengembangan modul yaitu : identifikasi tujuan instruksional, memformulasikan garis besar materi, menulis materi, dan menentukan format tata letak.(D)(2.4)
16. Bahan ajar berbentuk handout perlu dikembangkan dengan tujuan untuk ...
A. Melengkapi kekurangan isi modul
B. Memperjelas isi modul
C. Menambah alat penilaian
D. Menambahan materi utama
Manfaat utama dari handout adalah melengkapi kekurangan isi modul.(A)(2.15)
17. Pengembangkan handout dimulai dengan mengevaluasi bahan ajar yang tujuannya adalah untuk menentukan ….
A. urutan cara mempelajari handout
B. materi/ isi yang akan dikembangkan
C. cara penyajian yang menarik
D. bentuk–bentuk penyajian
Pengembangkan handout dimulai dengan mengevaluasi bahan ajar yang tujuannya adalah untuk menentukan materi/ isi yang akan dikembangkan.(B)(2.16)
18. Berikut adalah manfaat penggunaan gambar dalam handout....
1. mempengaruhi imajinasi pembaca
2. mengungkapkan makna yang bersifat perasaan
3. memperjelas uraian materi
Manfaat penggunaan gambar : hiasan, alat motivasi, menyampaikan perasaan, mempengaruhi, ilustrasi, deskripsi, menjelaskan, penyederhanaan, kualifikasi dan problem posing.(1, 2, dan 3 benar)(2.20)
19. Batasan umum yang harus diperhatikan dalam mendesain LKS adalah ....
A. Banyaknya materi
B. Bentuk LKS
C. Jumlah halaman
D. Ukuran kertas
Batasan umum yang harus diperhatikan dalam mendesain LKS adalah : ukuran kertas, kepadatan halaman, dan kejelasan.(D)(2.26)
20. Untuk mengembangkan LKS langkah yang harus dilakukan setelah menentukan tujuan adalah ....
A. menyusun elemen-elemen LKS
B. mengumpulkan materi
C. bentuk LKS yang sesuai
D. gambar/tampilan LKS
Untuk mengembangkan LKS langkah yang harus dilakukan setelah menentukan tujuan adalah mengumpulkan materi.(B)(2.28)
21. Untuk memperkenalkan alat komunikasi jaman dahulu sampai sekarang dapat digunakan chart ...
A. Organisasi
B. Flowchart
C. Klasifikasi
D. Garis waktu
Untuk memperkenalkan alat komunikasi jaman dahulu sampai sekarang dapat digunakan chart garis waktu.(D)(3.4)
22. Untuk menggambarkan nilai rata-rata kelas dari mulai siswa kelas 1 sampai 6, sebaiknya menggunakan grafik berbentuk ...
A. batang
B. gambar
C. lingkaran
D. garis
Untuk menggambarkan nilai rata-rata kelas dari mulai siswa kelas 1 sampai 6, sebaiknya menggunakan grafik berbentuk batang (A)(3.6)
23. Media Poster digunakan dalam pembelajaran, digunakan dalam rangka ....
1. Memperjelas materi agar mudah dimengerti
2. Memotivasi siswa dalam belajar
3. Menarik perhatian siswa ketika belajar
Media poster bersifat persuasif yaitu menarik perhatian dan memotivasi siswa.(2 dan 3 benar)(3.10) 
24. Dari beberapa materi pembelajaran berikut yang cocok disajikan dengan media poster adalah ...
A. proses terjadinya hujan
B. perkembangan penduduk DKI
C. kepadatan lalu lintas
D. bahaya menggunakan narkoba
Poster banyak digunakan untuk pesa-pesan khusus misalnya peringatan jangan merokok dan kebersihan lingkungan.(D)(3.9)
25. Buletin board adalah media display yang banyak digunakan di sekolah untuk ....
A. memasang pengumuman
B. menempel karya-karya siswa
C. memotivasi kreatifitas siswa
D. menempel benda hudup yang diawetkan
Buletin board adalah media display yang dapat memotivasi siswa apabila digunakan untuk menempelkan karya siswa.(B)(3.10)
26. Faktor utama yang membedakan antara media realia dan model terutama terletak pada ...
A. Realia berasal dari benda nyata sedangkan model berasal dari benda nyata yang diawetkan
B. Realia berbentuk tiga dimensi sedangkan model dua dimensi
C. Realia menjelaskan peristiwa dan kejadian nyata, model tidak menggambarkan peristiwa
D. Realia berbentuk benda hidup yg diawetkan sedangkan model mewakili benda nyata namun ukurannya lebih besar, sama, atau kecil
Bahan ajar realia dapat berbentuk benda hidup yangg diawetkan sedangkan model mewakili benda nyata namun ukurannya lebih besar, sama, atau kecil.(D)(3.11)
27. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan bentuk media display adalah ...
A. informasi yang tersedia
B. keterlibatan siswa
C. karakteristik siswa
D. alat evaluasi
Pertimbangan dalam penyusunan media display adalah : karakteristik siswa, tujuan yang akan dicapai, informasi yang tersedia, keterlibatan siswa, dan evaluasi. Karakteristik siswa merupakan faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan.(B)(3.20)
28. Ketika membuat bahan ajar display dua dimensi, setelah bahan/informasi yang akan didisplay terkumpul, langkah selanjutnya adalah ...
A. mendisplay bahan/informasi yang telah diperoleh
B. merencanakan visual
C. menentukan sasarannya
D. menentukan tataletak
Beberapa langkah pembuatan media display : mengumpulkan bahan yang akan didisplay, merencanakan visual, menentukan layout informasi, dan mendisplay informasi yang telah diperoleh.((B)(3.25)
29. Untuk menghindari kesan rumit dan padat dalam media display, maka dalam penyusunannya harus memperhatikan prinsip ....
A. kesatuan
B. kesederhanaan
C. pemanfaatan
D. pewarnaan
Prinsip kesederhanaan agar informasi mudah dipelajari dan menghindari kesan rumit dan padat dalam media display.(B)(3.34)
30. Yang dimaksud dengan overhead projektor adalah .....
A. Media yang terbuat dari Lembar transparansi yang nantinya akan diproyeksikan
B. Alat yang digunakan untuk memproyeksikan visual yang ada pd transparansi film
C. Alat untuk memproyeksikan film-film atau video pembelajaran
D. Media yang terbuat dari plastik bening yang dapat diproyeksikan
OHP adalah media yang digunakan untuk memproduksi atau memproyeksikan gambar atau visual dalam tranparensi film.(B)(4.4)
31. Yang dimaksud media overhead transparansi adalah .....
A. Lembar transparansi yang ditempel di atas sebuah karton
B. Plastik bening yang dapat digunakan untuk menulis pesan dan gambar
C. Media yang digunakan untuk menyeleksi gambar visual
D. Lembar plastik bening yang penyajiannya harus menyatu dengan OHP
OHT adalah lembar plastik bening yang penyajiannya harus menyatu dengan OHP.(D)(4.7)
32. Media OHT dapat digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya sebab ...
A. mudah disimpan dan digunakan
B. terbuat dari plastik bening yang mudah didapat
C. mudah dioperasikan dan hemat waktu
D. tidak menuntut ketrampilan tertentu
Media OHT dapat digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya sebab terbuat dari plastik bening yang mudah didapat.(B)(4.18)
33. Media transparansi dapat digunakan dalam pembelajaran kelas besar, kelas kecil atau individual karena ...
A. mudah dibawa-bawa
B. pembuatannya tidak menuntut ketrampilan tertentu
C. ukuran tampilannya mudah diatur sesuai kebutuhan
D. setiap sekolah/instransi mempunyai alat proyeksinya
Ukuran tampilannya mudah diatur sesuai kebutuhan.(C)(4.18)
34. Penyiapan dan pembuatan materi transparansi tepatnya dimulai dari kegiatan berikut ...
A. menentukan tujuan penggunaan media transparansi
B. mengidentifikasi konsep, fakta atau materi yang ingin disajikan
C. menentukan format tampilan materi yang ingin disampaikan
D. membuat pola yang akan disajikan
Penyiapan materi : identifikasi konsep  fakta atau materi yang ingin disajikan, merumuskan tujuan penggunaan, dan merancang format tampilan.(B)(4.19)
35. Guru Ani menggunakan audio musik untuk membuat pembelajaran menjadi jelas dan tidak membosankan. Dalam hal ini program audio berfungsi sebagai....
A. Metode pembelajaran
B. Media pembelajaran
C. Bahan ajar
D. Ilustrasi
Fungsi audio : memberi ilustrasi, menjadi pemicu dalam mempelajari teknik tertentu, sebagai alat pembelajaran utama, (B)(5.3)
36. Salah satu kegiatan yang sebaiknya dilakukan pada saat akan melakukan perekaman audio adalah ....
A. mencari lokasi yang cocok untuk perekaman.
B. membeli pita kaset yang berkualitas tinggi agar menghasilkan rekaman yang bagus
C. Melakukan tes suara untuk menentukan jarak ideal dengan pengeras suara
D. Memilih orang-orang yang akan terlibat dalam proses perekaman
Proses perekaman dengan tape rekorder : membeli pita kaset kosong, mencari ruangan yang sepi, siapkan semua kebutuhan pengisi suara, melakukan tes suara untuk jarak ideal, memperhatikan jarak perekam dengan pengisi suara, apabila terjadi kesalahan perekaman, berhenti terlebih dahulu, (C)(5.8)
37. Program video sangat bermanfaat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya untuk menyajikan kompetensi berikut ....
A. melakukan gerakan lompatan jauh dengan bertumpu pada kedua kaki
B. menghitung jumlah bilangan desimal
C. menyusun laporan studi lapangan
D. menyimpulkan proses perubahan kepompong menjadi kupu-kupu
rogram video sangat bermanfaat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya untuk menyajikan kompetensi  menyimpulkan proses perubahan kepompong menjadi kupu-kupu.(D)(5.14)
38. Dari beberapa kompetensi pembelajaran berikut yang paling tepat dicapai dengan menggunakan program video adalah ...
A. Menjelaskan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro
B. Bermain drama dengan penuh penghayatan
C. Membedakan karya sastra lama dan baru
D. Membaca puisi dengan benar 
Dari beberapa kompetensi pembelajaran berikut yang paling tepat dicapai dengan menggunakan program video adalah bermain drama dengan penuh penghayatan.(B)
39. Bila tujuan mengembangan program video sudah jelas, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang pengembang adalah ...
A. Menentukan manfaat program video
B. Mengembangkan naskah video
C. Menentukan bentuk penyajian program video
D. Mengembangkan naskah kasar
Tahap penyiapan materi : merumuskan tujuan program video, menentukan bentuk penyajian, membuat naskah kasar, dan mengembangkan naskah lengkap.(C)(5.16)
40. Pada umumnya bentuk format penyajian program video yang banyak melibatkan penyaji materi adalah ...
A. Berita
B. Drama
C. Feature
D. Dialog
Pada umumnya bentuk format penyajian program video yang banyak melibatkan penyaji materi adalah drama. (B)(5.17)
41. Pengambilan gambar dari jarak jauh sehingga objek yang diambil dapat terlihat secara penuh disebut ...
A. Medium Shot
B. Long Shot
C. Very Long Shot
D. Close-Up
Pengambilan gambar dari jarak jauh sehingga objek yang diambil dapat terlihat secara penuh disebut Long Shot.(B)(5.19)
42. Gerakan kamera dari jarak jauh kearah dekat untuk menghasilkan gambar close-up disebut ...
A. Fade Out
B. Panning
C. Tilt-up
D. Zoom in
Gerakan kamera dari jarak jauh kearah dekat untuk menghasilkan gambar close-up disebut Zoom in.(D)(5.20)
43. Beberapa prosedur untuk mengoperasikan program power poin, kecuali ......
A. Klik microsoft power point
B. Klik tombol start untuk menampilkan menu
C. Klik program power point Desain template
D. Klik kotak dialog
Prosedur pengoperasian Power Point : Klik tombol start pada taskbar, Klik program, Klik Microsoft Power Point, (D)(6.4)
44. Dalam program power point yang dimaksud Blank Presentation adalah ......
A. Cara membuat presentasi dengan memanfaatkan templete
B. Cara membuat presentasi dengan format kosong tanpa desain
C. Cara membuka file presentasi yang sudah dirancang
D. Cara tercepat untuk membuat lembaran presentasi
Dalam program power point yang dimaksud Blank Presentation adalah Cara membuat presentasi dengan format kosong tanpa desain.(B)(6.5)
45. Agar para pemula dapat mendesain lembar presentasi dengan baik dianjurkan untuk menggunakan fasilitas berikut ....
A. Blank Presentation
B. Design Template
C. Open existing presentation
D. Auto Content Wizard
Agar para pemula dapat mendesain lembar presentasi dengan baik dianjurkan untuk menggunakan fasilitas Auto Content Wizard.(D)(6.5)
46. Jika materi presentasi yang sudah dirancang akan dicetak pada sebuah transparansi berwarna maka output yang dipilih adalah ....
A. Color overheads
B. 35 mm Slide
C. Web presentation
D. Black & white overheads
Jika materi presentasi yang sudah dirancang akan dicetak pada sebuah transparansi berwarna maka output yang dipilih adalah Color overheads(A)(6.8)
47. Ketika bekerja dengan tampilan Normal View, untuk menampilkan jendela task pane harus mengklik ....
A. Taskpane
B. Tombol Normal View
C. Menu View
D. Microsoft PowerPoint
Ketika bekerja dengan tampilan Normal View, untuk menampilkan jendela task pane harus mengklik  Taskpane.(A)(6.10)
48. Penyimpanan dokumen dapat dilakukan dengan cara memilih Save as, apabila ingin ....
1. memberi nama dokumen yang akan disimpan
2. menentukan letak folder file disimpan
3. menentukan tipe file yang akan disimpan
1, 2 dan 3 benar (6.24)
49. Penyimpanan dokumen dapat dilakukan dengan cara memilih Save as, apabila ingin ....
1. memberi nama dokumen yang akan disimpan
2. menentukan letak folder file disimpan
3. menentukan tipe file yang akan disimpan
2 dan 3 benar (6.25)
50. Untuk mengatur perataan naskah dapat dilakukan dengan dua cara berikut yaitu.
1. pengaturan margin
2. Toolbar formatting
3. Format paragraph
2 dan 3 benar (6.30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar