PDGK4505 - Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD. Mata kuliah ini merupakan pengayaan bagi guru agar mampu menjalankan tugasnya sebagai guru dengan baik. Penekanan mata kuliah ini adalah pada contoh-contoh aplikatif yang ditunjang teori yang relevan dengan topik seperti pengertian inovasi pendidikan serta ruang lingkupnya. Selanjutnya, strategi pengembangan program pembelajaran inovatif dan penerapannya di sekolah (kelas), strategi penerapan program inovatif di kelas, serta hambatan dalam pelaksanaan dan cara mengatasi hambatan tersebut. Melalui mata kuliah ini diharapkan guru mempunyai pembaharuan/inovasi dalam proses pembelajaran di kelas.
1. Pengertian pembaruan menurut pendapat Rogers dan Peter Drucker adalah....
A.perubahan, ide, atau gagasan yang mendorong seseorang untuk menghasilkan dimensi kerja yang baru | |
B. suatu kegiatan, proses, produk, atau temuan ilmiah yang belum pernah digunakan | |
C. proses daur-ulang yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sebagai pengguna | |
D. kekhasan yang dapat mempermudah penyebaran informasi |
pembaruan berarti perubahan, ide, atau gagasan yang mendorong seseorang untuk menghasilkan dimensi kerja yang baru.(D)
2. Sumber inovasi yang berawal dari kesenjangan antara sesuatu yang seharusnya terjadi dengan sesuatu yang telah terjadi merupakan sumber pembaruan....
2. Sumber inovasi yang berawal dari kesenjangan antara sesuatu yang seharusnya terjadi dengan sesuatu yang telah terjadi merupakan sumber pembaruan....
A. tak terduga | |
B. kebutuhan proses | |
C. ketidakselarasan | |
D. struktur industri |
ketidakselarasan adalah sumber inovasi yang berawal dari kesenjangan antara sesuatu yang seharusnya terjadi dengan sesuatu yang telah terjadi.(C)
3. Perubahan yang terjadi secara kumulatif, serta memakan waktu yang relatif lama merupakan pengertian dari jenis perubahan....
3. Perubahan yang terjadi secara kumulatif, serta memakan waktu yang relatif lama merupakan pengertian dari jenis perubahan....
A. organisasi | |
B. sosial | |
C. teknologi | |
d. rutin |
perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi secara kumulatif, bertahap, serta memakan waktu yang relatif lama.(B)
4. Menurut model Salisbury, perubahan terjadi karena efek sinergi yang timbul sebagai dampak kerja sama, serta keharmonisan dari sistem berpikir, sistem rancangan, ilmu mutu, pengelolaan perubahan, dan teknologi pembelajaran. Kelima komponen tersebut dianggap Salisbury sebagai....
4. Menurut model Salisbury, perubahan terjadi karena efek sinergi yang timbul sebagai dampak kerja sama, serta keharmonisan dari sistem berpikir, sistem rancangan, ilmu mutu, pengelolaan perubahan, dan teknologi pembelajaran. Kelima komponen tersebut dianggap Salisbury sebagai....
A. orientasi | |
B. persiapan | |
C. integrasi | |
D. teknologi |
kelima komponen tersebut dianggap Salisbury sebagai teknologi.(D)
5. Menurut pendapat Rogers, pengembangan pembaruan melalui tahapan disebut sebagai inovation-decision process. Salah satu tahapan tersebut adalah tahap....
5. Menurut pendapat Rogers, pengembangan pembaruan melalui tahapan disebut sebagai inovation-decision process. Salah satu tahapan tersebut adalah tahap....
A. orientasi | |
B. pengetahuan | |
C. persiapan | |
D. integrasi |
pengembangan pembaruan melalui tahap pengetahuan.(B)
6. Sumber daya dalam pembaruan adalah orang yang terlibat dalam pemanfaat suatu pembaruan atau perubahan. Oleh karena itu, orang yang memiliki kewenangan penuh untuk mengelola suatu organisasi dalam pembaruan disebut....
6. Sumber daya dalam pembaruan adalah orang yang terlibat dalam pemanfaat suatu pembaruan atau perubahan. Oleh karena itu, orang yang memiliki kewenangan penuh untuk mengelola suatu organisasi dalam pembaruan disebut....
A. pencetus | |
B. pemimpin | |
C. pengguna | |
D. agen |
pemimpin merupakan orang yang memiliki kewenangan penuh untuk memimpin atau mengelola suatu organisasi.(B)
7. Pembaruan pendidikan merupakan perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Pendapat tersebut dikemukakan oleh....
7. Pembaruan pendidikan merupakan perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Pendapat tersebut dikemukakan oleh....
A. Ibrahim | |
B. Soekanto | |
C. Hamijoyo | |
D. Salisbury |
menurut Hamijoyo, pembaruan pendidikan merupakan perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan.(C)
8. Gagnon dan Colay mengusulkan desain pembelajaran yang berlandaskan teori konstruktivisme. Yang termasuk dalam desain pembelajaran tersebut adalah....
8. Gagnon dan Colay mengusulkan desain pembelajaran yang berlandaskan teori konstruktivisme. Yang termasuk dalam desain pembelajaran tersebut adalah....
A. kegiatan penghubung | |
B. internet | |
C. telekomunikasi | |
D. multimedia |
kegiatan penghubung merupakan salah satu strategi pembelajaran yang ditekankan dalam desain pembelajaran menurut Gagnon dan Colay.(A)
9. Siswa terlibat secara intelektual dan emosional dalam pembelajaran merupakan ciri dari model pembelajaran kreatif dan produktif, yaitu belajar....
9. Siswa terlibat secara intelektual dan emosional dalam pembelajaran merupakan ciri dari model pembelajaran kreatif dan produktif, yaitu belajar....
A. kolaboratif | |
B. kooperatif | |
C. belajar kreatif | |
D. belajar aktif |
dalam belajar aktif, siswa terlibat optimal secara intelektual dan emosional dalam pembelajaran.(D)
10. Salah satu contoh prinsip penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif yaitu pemahaman konsep yang benar adalah guru....
10. Salah satu contoh prinsip penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif yaitu pemahaman konsep yang benar adalah guru....
A. mempersiapkan alat dan bahan untuk keperluan eksperimen siswa | |
B. mampu menjelaskan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan benar | |
C. mendorong siswa untuk belajar melalui kegiatan eksplorasi dan diskusi | |
D. menggunakan sumber belajar yang variatif |
Option B merupakan penerapan dari pemahaman konsep yang benar.
11. Contoh langkah perencanaan dalam model pembelajaran kreatif dan produktif adalah....
11. Contoh langkah perencanaan dalam model pembelajaran kreatif dan produktif adalah....
A. menggunakan pabrik, perkebunan, perusahaan sebagai sumber belajar | |
B. memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyelesaikan tugas | |
C. memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mendemonstrasikan kreasinya | |
D. membandingkan hasil belajar dengan kriteria yang sudah ditetapkan |
Option A merupakan contoh perencanaan dalam penerapan model kreatif dan produktif.
12. Pengertian belajar kooperatif menurut Slavin adalah....
12. Pengertian belajar kooperatif menurut Slavin adalah....
A. interaksi antarsiswa dalam tim merupakan faktor berpengaruh terhadap penguasaan konsep penting | |
B. kemampuan memecahkan masalah dengan bimbingan orang dewasa | |
C. seluruh siswa diharapkan dapat menciptakan suasana saling membantu, berdiskusi, mengatasi keterbatasan penguasaan materi satu sama lain | |
D. seorang siswa dapat belajar banyak dari siswa yang lain dalam satu kelompok yang sama |
Option C merupakan definisi belajar kooperatif menurut Slavin.
13. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan untuk menentukan isi (materi) yang bersifat instruksional (apa yang akan diajarkan) dan proses (bagaimana materi akan diajarkan). Pendapat ini dikemukakan oleh....
13. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan untuk menentukan isi (materi) yang bersifat instruksional (apa yang akan diajarkan) dan proses (bagaimana materi akan diajarkan). Pendapat ini dikemukakan oleh....
A. Suparman | |
B. Jonassen dan Haris | |
C. Grabinger | |
D. Rothwell dan Kazanas |
Rothwell dan Kazanas mengemukakan bahwa strategi pembelajaran merupakan perencanaan untuk menentukan isi (materi) yang bersifat instruksional (apa yang akan diajarkan) dan proses (bagaimana materi akan diajarkan).(D)
14. Model belajar kreatif menurut Slavin adalah model STADS dan TGT. Salah satu contoh penerapan model STADS yaitu....
14. Model belajar kreatif menurut Slavin adalah model STADS dan TGT. Salah satu contoh penerapan model STADS yaitu....
A. guru memberntuk tim yang terdiri dari 2-3 orang siswa dengan jenis kelamin dan kemampuan yang sama untuk membahas jenis-jenis mata uang | |
B. guru memberikan kuis seputar tempat-tempat bersejarah kepada salah seorang anggota kelompok dan dibantu oleh teman satu kelompoknya untuk menjawab kuis | |
C. tim yang terdiri dari 4 - 5 orang siswa dengan karakteristik dan latar belakang yang beragam membahas tugas yang diberikan oleh guru tentang bencana alam | |
D. tim yang terdiri dari 2 orang siswa dengan salah satu siswa memiliki peringkat tinggi atau sedang dan satu orang dari peringkat yang kurang membahas operasi bilangan |
pengelompokan dalam belajar kooperatif terdiri dari beragam karakteristik dan latar belakang.(C)
15. Pengertian pembelajaran berbasis budaya adalah....
15. Pengertian pembelajaran berbasis budaya adalah....
A. strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran | |
B. strategi agar siswa dapat memperoleh pemahaman bahwa kidah keilmuan adalah bagian dari budaya mereka | |
C. pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai perancang dan pelaksana pembelajaran yang handal dan kreatif | |
D. cara yang dilakukan agar siswa dapat memperoleh pemahaman yang erintegrasi dan keterampilan ilmiah dalam memersepsikan segala sesuatu di sekelilingnya, termasuk dalam budaya dan ragam perwujudan budaya |
pembelajaran berbasis budaya merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran.(A)
16. Proses pembudayaan terjadi dalam bentuk....
16. Proses pembudayaan terjadi dalam bentuk....
1. pewarisan budaya | |
2. adopsi tradisi budaya | |
3. seleksi budaya |
proses pembudayaan terjadi dalam bentuk pewarisan budaya (enkulturasi) dan adopsi tradisi budaya (akulturasi).(1 dan 2 benar)
17. Hubungan antara proses pendidikan dengan proses pembudayaan adalah....
17. Hubungan antara proses pendidikan dengan proses pembudayaan adalah....
A. proses pendidikan berjalan setelah terjadinya proses pembudayaan | |
B. budaya merupakan tempat hasil pendidikan diterapkan dan dikembangkan | |
C. proses pembudayaan terjadi setelah proses pendidikan | |
D. proses pembudayaan dipandang sebagai alat untuk perubahan pendidikan |
proses pendidikan sebagai proses pembudayaan harus mampu menjadikan budaya sebagai bagian yang terintegrasi dalam mata pelajaran yang ditawarkan, serta menjadikan mata pelajaran yang diperoleh siswa sebagai bagian dari budaya dan alat bagi pengembangan komunitas budaya.(B)
18. Mata pelajaran kesenian yang mencakup kerajinan tangan, seni dan sastra, seni suara, melukis/menggambar, merupakan bentuk pembelajaran berbasis budaya, yaitu belajar....
18. Mata pelajaran kesenian yang mencakup kerajinan tangan, seni dan sastra, seni suara, melukis/menggambar, merupakan bentuk pembelajaran berbasis budaya, yaitu belajar....
A. tentang budaya | |
B. dengan budaya | |
C. melalui budaya | |
D. memahami budaya |
mata pelajaran kesenian yang mencakup kerajinan tangan, seni dan sastra, seni suara, melukis/menggambar, merupakan bentuk pembelajaran tentang budaya.(A)
19. Teori belajar konstruktivisme merupakan landasan bagi pembelajaran berbasis budaya. Salah satu prinsip dasar dari teori konstruktivisme dalam pembelajaran berbasis budaya adalah....
19. Teori belajar konstruktivisme merupakan landasan bagi pembelajaran berbasis budaya. Salah satu prinsip dasar dari teori konstruktivisme dalam pembelajaran berbasis budaya adalah....
A. terpaku pada proses mempelajari teori sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum | |
B. mempercayai bahwa dalam pembelajaran berbasis budaya terdapat perspektif yang sama | |
C. memungkinkan terjadinya penciptaan makna secara kontekstual berdasarkan pengalaman awal guru/siswa sebagai masyarakat budaya | |
D. proses belajar memberikan keleluasaan kepada guru untuk membuat keterkaitan antar konsep/ide |
pembelajaran berbasis budaya memungkinkan terjadinya penciptaan makna secara kontekstual berdasarkan pengalaman guru/siswa sebagai masyarakat budaya.(C)
20. Salah satu contoh belajar melalui budaya adalah....
20. Salah satu contoh belajar melalui budaya adalah....
A. guru memberikan tes kepada siswa untuk menjelaskan berbagai bentuk peristiwa alam | |
B. siswa membuat lukisan atau poster untuk melukiskan salah satu bentuk peristiwa alam | |
C. siswa mempelajari mata pelajaran IPA untuk memahami berbagai bentuk peristiwa alam | |
D. guru memberikan pelajaran tentang berbagai bentuk peristiwa alam dengan menghadirkan tokoh wayang |
dengan membuat lukisan atau poster tentang bentuk peristiwa alam, siswa sudah belajar melalui budaya.(B)
21. Belajar dengan budaya terjadi pada saat budaya diperkenalkan kepada siswa sebagai metode untuk mempelajari suatu mata pelajaran tertentu. Contoh belajar dengan budaya tersebut adalah....
21. Belajar dengan budaya terjadi pada saat budaya diperkenalkan kepada siswa sebagai metode untuk mempelajari suatu mata pelajaran tertentu. Contoh belajar dengan budaya tersebut adalah....
A. mempelajari mata pelajaran kesenian dan kerajinan tangan | |
B. membuat lukisan penari Bali | |
C. membuat puisi yang melukiskan proses fotosintesis | |
D. menghadirkan salah satu tokoh wayang untuk memperkenalkan bentuk bilangan |
dengan menghadirkan saslah satu tokoh wayang untuk memperkenalkan bentuk bilangan berarti sedang terjadi proses belajar dengan budaya.(D)
22. Inti dari proses belajar dalam pembelajaran berbasis budaya adalah....
22. Inti dari proses belajar dalam pembelajaran berbasis budaya adalah....
A. merancang strategi yang memungkinkan siswa agar terbiasa berpikir ilmiah | |
B. merancang proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menarik | |
C. menggambarkan keterkaitan antarkonsep dalam suatu bidang ilmu | |
D. strategi agar siswa memperoleh pengalaman terpadu tentang bidang ilmu dan budaya |
merupakan fokus/ inti dari proses belajar dalam pembelajaran berbasis budaya.(D)
23. Hasil belajar berbasis budaya dapat dinilai dengan menggunakan teknik berikut....
23. Hasil belajar berbasis budaya dapat dinilai dengan menggunakan teknik berikut....
1. poster | |
2. ukiran | |
3. patung |
penilaian terhadap hasil belajar berbasis budaya dapat melalui poster, ukiran, dan patung.(1, 2, dan 3 benar)
24. Alat ukur untuk menilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis budaya digunakan untuk mengukur....
24. Alat ukur untuk menilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis budaya digunakan untuk mengukur....
A. keberhasilan siswa dalam proses belajar dibandingkan dengan titik awal ketika mereka mulai belajar | |
B. jumlah mata pelajaran yang sudah dipahami oleh siswa | |
C. jumlah budaya yang sudah dikenal oleh siswa | |
D. keberhasilan siswa dalam menjawab tes awal yang diberikan oleh guru |
alat ukur digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam proses belajar dibandingkan dengan titik awal mereka ketika mulai belajar.(A)
25. Berikut merupakan contoh program pembelajaran berbasis budaya, kecuali....
25. Berikut merupakan contoh program pembelajaran berbasis budaya, kecuali....
A. program SUAVE | |
B. program CSUSM | |
C. pembelajaran SETS | |
D. pembelajaran inovatif IPA - TORAY |
program CSUSM (California State University of San Marcos) bukan merupakan program pembelajaran berbasis budaya, tetapi merupakan salah satu pendukung program SUAVE.(B)
26. Hakikat pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM adalah....
26. Hakikat pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM adalah....
A. pendidikan demokrasi dan HAM bertujuan untuk mengembangkan individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik | |
B. pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM dapat dipelajari dalam waktu singkat | |
C. pengalaman sejarah serta budaya kewarganegaraan merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan demokrasi suatu negara | |
D. pendidikan demokrasi dan HAM akan terjadi dengan sendirinya |
pendidikan demokrasi dan HAM merupakan bagian integral dari pendidikan kewarganegaraan, yang pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik.(A)
27. Paradigma baru dalam pendidikan demokrasi dan HAM adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional. Oleh karena itu, paradigma baru ini menuntut hal-hal seperti....
27. Paradigma baru dalam pendidikan demokrasi dan HAM adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional. Oleh karena itu, paradigma baru ini menuntut hal-hal seperti....
A. mengembangkan kelas sebagai democratic laboratory | |
B. menjadikan sekolah/kampus sebagai open global classroom | |
C. mengembangkan kelas sebagai open global classroom | |
D. menjadikan masyarakat luas sebagai micro cosmos of democracy |
salah satu tuntutan paradigma baru ini adalah menjadikan kelas sebagai democratic laboratory.(A)
28. Inti dari pendidikan demokrasi dan HAM adalah....
28. Inti dari pendidikan demokrasi dan HAM adalah....
A. mendidik warga negara yang sejati yang bersedia menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk negara dan masyarakat | |
B. pendidikan harus mampu membimbing murid-murid menjadi warga negara yang bertanggung jawab | |
C. mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya | |
D. kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan |
makna dari kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan merupakan esensi dari pendidikan demokrasi dan HAM.(D)
29. Tujuan diadakannya pendidikan demokrasi dan HAM adalah untuk mengembangkan....
29. Tujuan diadakannya pendidikan demokrasi dan HAM adalah untuk mengembangkan....
A. hubungan saling percaya dan toleran | |
B. individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik | |
C. kehidupan yang kooperatif | |
D. solidaritas sosial dan kemasyarakatan |
pendidikan demokrasi dan HAM bertujuan untuk mengembangkan individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik.(B)
30. Tantangan bagi pendidikan demokrasi dan HAM di Indonesia adalah....
30. Tantangan bagi pendidikan demokrasi dan HAM di Indonesia adalah....
A. memberikan perhatian yang cermat dan usaha yang sungguh-sungguh pada hakikat dan karakteristik aneka ragam demokrasi | |
B. mengembangkan kurikulum atau paket pendidikan yang sengaja dirancang untuk memfasilitasi siswa agar mampu mengeksplorasi | |
C. mengembangkan akhlak kewarganegaraan yang mampu memberikan kontribusi terhadap berkembangnya budaya kewarganegaraan yang menjadi inti dari masyarakat madani | |
D. tersedianya sumber belajar yang memungkinkan siswa mampu mengeksplorasi sejarah demokrasi di negaranya |
tantangan bagi pendidikan demokrasi dan HAM adalah mengembangkan akhlak kewarganegaraan yang mampu memberi kontribusi terhadap berkembangnya budaya kewarganegaraan yang menjadi inti dari masyarakat madani.(C)
31. Pembelajaran demokrasi dan HAM dapat menggunakan model PKKBI sebagai model pembelajaran. Salah satu fokus perhatian dari model ini adalah pengembangan civic dispossitions, yang berarti....
31. Pembelajaran demokrasi dan HAM dapat menggunakan model PKKBI sebagai model pembelajaran. Salah satu fokus perhatian dari model ini adalah pengembangan civic dispossitions, yang berarti....
A. pengetahuan kewarganegaraan | |
B. kebajikan kewarganegaraan | |
C. kepercayaan diri kewarganegaraan | |
D. komitmen |
kebajikan kewarganegaraan adalah civic dispossitions.(B)
32. Strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM adalah....
32. Strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM adalah....
A. mengidentifikasi permasalahan kebijakan publik dalam masyarakat | |
B. mengidentifikasi sumber informasi | |
C. membangun kelompok guru pionir | |
D. mengkaji informasi yang dikumpulkan kemudian memilih masalah |
merupakan strategi dalam pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM.(C)
33. Cara yang dapat digunakan oleh guru untuk menilai portofolio yang dibuat oleh siswa adalah dengan menggunakan....
33. Cara yang dapat digunakan oleh guru untuk menilai portofolio yang dibuat oleh siswa adalah dengan menggunakan....
A. lembar penilaian | |
B. lembar observasi | |
C. tes tertulis | |
D. kompetisi |
lembar penilaian dapat digunakan oleh guru untuk mengevaluasi portofolio.(A)
34. Pembelajaran terpadu merupakan sesuatu yang menghubungkan berbagai bidang studi dengan cara memotong garis batas mata pelajaran yang ada dan memperkuat suatu unit konsep-konsep. Pernyataan ini dikemukakan oleh....
34. Pembelajaran terpadu merupakan sesuatu yang menghubungkan berbagai bidang studi dengan cara memotong garis batas mata pelajaran yang ada dan memperkuat suatu unit konsep-konsep. Pernyataan ini dikemukakan oleh....
A. Idi | |
B. Vars | |
C. Wisconsin Department of Public Instruction | |
D. Nasution |
definisi tersebut dikemukakan oleh Wisconsin Department of Public Instruction.(C)
35. Salah satu model pembelajaran terpadu yang disusun oleh JAcobs adalah model kurikulum yang berorientasi pada satuan mata pelajaran yang terpisah-pisah. Maksudnya adalah....
35. Salah satu model pembelajaran terpadu yang disusun oleh JAcobs adalah model kurikulum yang berorientasi pada satuan mata pelajaran yang terpisah-pisah. Maksudnya adalah....
A. tema dikembangkan berdasarkan beberapa topik pada beberapa mata pelajaran | |
B. dua mata pelajaran secara bersama-sama diajarkan dengan menggunakan konsep atau keterampilan yang tumpang tindih | |
C. model pembelajaran masih berorientasi pada suatu mata pelajaran tertentu saja | |
D. beberapa topik dari suatu mata pelajaran diorganisasikan kembali dan diurutkan agar bertepatan dengan pada saat guru mata pelajaran lain membahas topik yang serupa |
merupakan model kurikulum yang berorientasi apda satuan mata pelajaran yang terpisah-pisah.(C)
36. Pengertian Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah penggabungan kelompok siswa yang terdiri dari....
36. Pengertian Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah penggabungan kelompok siswa yang terdiri dari....
A. tingkatan kelas yang sama, mata pelajaran sama, dan diajarkan secara bergantian | |
B. tingkatan kelas yang sama, mata pelajaran berbeda, dan diajarkan secara bersamaan | |
C. tingkatan kelas yang berbeda, mata pelajaran sama, dan diajarkan secara bergantian | |
D. tingkatan kelas yang berbeda, mata pelajaran berbeda, dan diajarkan secara bersamaan |
merupakan pengertian pembelajaran kelas rangkap.(D)
37. Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) model 221 memiliki ciri sebagai berikut....
37. Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) model 221 memiliki ciri sebagai berikut....
1. terdiri dari dua tingkatan kelas yang berbeda | |
2. dua mata pelajaran yang sama atau berbeda | |
3. satu ruang kelas |
PKR model 221 terdiri dari dua tingkatan kelas, dua mata pelajaran, satu ruang kelas.(1, 2, dan 3 benar)
38. Contoh penerapan PKR di sekolah yang ideal adalah....
38. Contoh penerapan PKR di sekolah yang ideal adalah....
A. Ibu Reni mengajarkan mata pelajaran Matematika di kelas 5 dan mata pelajaran IPA di kelas 6 pada ruangan kelas yang berbeda pada waktu bersamaan. Mula-mula Ibu Reni menjelaskan tentang konsep luas dan keliling, kemudian menyuruh siswa mengerjakan tugas. Sementara siswa kelas 5 mengerjakan tugas, Ibu Reni berpindah ke kelas 6 untuk menjelaskan tentang sistem tata surya. Sementara siswa kelas 6 mengerjakan tugas, Ibu Reni kembali ke kelas 5. Ibu Reni berpindah-pindah dari kelas 5 dan 6 untuk mengecek hasil kerja siswa. Kegiatan ini berlangsung terus sampai jam pelajaran berakhir | |
B. Pak Anto mengajarkan mata pelajaran Matematika di kelas5 dan mata pelajaran IPA di kelas 6 pada ruangan kelas yang berbeda. Pertama-tama Pak Anto masuk ke kelas 5 dan menjelaskan tentang rumus luas segitiga. Setelah selesai mengajar di kelas 5, Pak Anto pindah ke kelas 6 untuk mengajarkan planet-planet yang mengelilingi matahari | |
C. Ibu Shinta mengajarkan tentang konsep penjumlahan kepada siswa kelas I A. Karena Ibu Dewi tidak masuk hari ini, Ibu Shinta menggantikan Ibu Dewi untuk mengajarkan siswa kelas I C dengan mata pelajaran yang sama. Untuk mempermudah pekerjaannya, siswa kelas I A dan I C digabung dalam aula dan diajarkan tentang konsep penjumlahan | |
D. Pak Tedi mengajarkan siswa kelas 5 A tentang luas dan keliling. Setelah selesai mengajar di kelas 5 A, Pak Tedi pindah ke kelas 5 C untuk mengajarkan rumus luas segitiga. Hal ini berlangsung terus sampai jam pelaajran di kelas 5 C berakhir. |
Option A merupakan penerapan PKR yang ideal.
39. Contoh permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani adalah....
39. Contoh permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani adalah....
A. bermain peran | |
B. gobak sodor | |
C. tebak-tebakan | |
D. puzzle |
permainan gobak sodor dapat mengembangkan kebugaran jasmani siswa.(B)
40. Contoh permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani anak melalui aktivitas di luar kelas adalah permainan....
40. Contoh permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani anak melalui aktivitas di luar kelas adalah permainan....
A. puzzle | |
B. lego | |
C. bola kasti | |
D. menyusun balok |
permainan bola kasti membutuhkan tempat yang luas.(C)
41. Kecerdasan kinestetik sangat diperlukan oleh anak dalam mendukung kegiatan di sekolah mereka. Hal ini disebabkan oleh....
41. Kecerdasan kinestetik sangat diperlukan oleh anak dalam mendukung kegiatan di sekolah mereka. Hal ini disebabkan oleh....
A. anak masih dalam tahap perkembangan yang membutuhkan kecerdasan | |
B. anak memerlukan kesiapan fisik melalui kegiatan bermain dan olah raga untuk dapat menyelesaikan beban tugasnya | |
C. tugas yang diberikan oleh guru memerlukan kecerdasan anak | |
D. beban yang diberikan oleh guru sangat berat, sehingga anak harus pintar membagi waktu untuk menyelesaikannya |
dengan fisik yang prima anak dapat menyelesaikan seluruh beban tugasnya.(B)
42. Salah satu jenis kecerdasan pada anak adalah kecerdasan antardiri - interpersonal. Dengan kecerdasan ini, anak memiliki kemampuan untuk....
42. Salah satu jenis kecerdasan pada anak adalah kecerdasan antardiri - interpersonal. Dengan kecerdasan ini, anak memiliki kemampuan untuk....
A. menggunakan bagian anggota tubuh untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi | |
B. menyadari bila terjadi perubahan dalam lingkungan | |
C. bekerja dalam kelompok dan sering berperan sebagai pemimpin | |
D. membentuk mental model, melakukan atraksi, dan mengoperasikan model tersebut |
Option C merupakan ciri kemampuan antardiri - personal .
43. Salah satu contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran bahasa adalah....
43. Salah satu contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran bahasa adalah....
A. membuat patung | |
B. berkunjung ke perpustakaan | |
C. berdialog dengan tokoh bahasa | |
D. membuat puisi |
puisi dapat digunakan untuk anak yang mengalami kesulitan mengkomunikasikan secara verbal.(D)
44. Contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran IPA adalah....
44. Contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran IPA adalah....
A. kegiatan bermain peran tentang peristiwa metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu | |
B. tanya jawab tentang syair lagu "Kupu-kupu" | |
C. menyanyikan lagu "Kupu-kupu" | |
D. mencari kupu-kupu di pekarangan sekolah |
dengan bermain peran tentang proses metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu, anak belajar tentang proses metamorfosa itu sendiri.(A)
45. Lukisan atau foto tentang peperangan merupakan contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran....
45. Lukisan atau foto tentang peperangan merupakan contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran....
A. bahasa | |
B. sejarah | |
C. matematika | |
D. kesenian |
dengan lukisan atau foto tentang peperangan, siswa dapat mengetahui seragam yang digunakan prajurit pada waktu itu, jenis senjata yang digunakan pada saat itu, dan lain-lain.(B)
46. Untuk memanfaatkan seni dalam pembelajaran matematika, guru dapat menggunakan lukisan....
46. Untuk memanfaatkan seni dalam pembelajaran matematika, guru dapat menggunakan lukisan....
A. piramid | |
B. pedagang | |
C. polisi lalu lintas | |
D. bunga Rafflesia |
Piramid dapat mengajarkan tentang bentuk geometri.(A)
47. Salah satu jenis sumber belajar adalah metode. Yang dimaksud dengan metode sebagai sumber belajar adalah....
47. Salah satu jenis sumber belajar adalah metode. Yang dimaksud dengan metode sebagai sumber belajar adalah....
A. informasi, ide, fakta, konsep, teori, data yang disampaikan oleh komponen lain | |
B. orang yang menyimpan dan menyalurkan informasi | |
C. prosedur yang dirancang untuk menyampaikan pesan yang melibatkan penggunaan bahan pelajaran, peralatan, situasi, dan orang | |
D. situasi di sekitar dimana pesan disalurkan |
Option C merupakan pengertian dari metode.
48. Salah satu contoh pesan sebagai sumber belajar yang dirancang adalah....
48. Salah satu contoh pesan sebagai sumber belajar yang dirancang adalah....
A. program | |
B. nara sumber | |
C. komputer | |
D. bahan pelajaran |
Option D merupakan contoh pesan.
49. Tujuan adanya Pusat Sumber Belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
49. Tujuan adanya Pusat Sumber Belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
A. memotivasi pemakaian cara-cara baru dalam belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan program | |
B. meringankan tugas guru sebagai satu-satunya pusat informasi | |
C. menyiapkan berbagai alternatif bentuk interaksi yang menunjang pembelajaran tradisional | |
D. menyebarkan informasi yang dapat membantu memajukan penggunaan berbagai sumber belajar |
guru bukan merupakan satu-satunya pusat informasi.(B)
50. Kegiatan Pusat Sumber Belajar ditinjau dari aspek produksi adalah....
50. Kegiatan Pusat Sumber Belajar ditinjau dari aspek produksi adalah....
A. penyiapan hasil karya original | |
B. perencanaan kurikulum | |
C. program belajar individual | |
D. supervisi personalia |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar