PDGK4402 Penulisan Karya Ilmiah. Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.
Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya
ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.
1. Selain memiliki sifat ilmiah, sebuah karya ilmiah hendaknya memiliki sifat sebagai berikut, yaitu....
Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya
ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.
1. Selain memiliki sifat ilmiah, sebuah karya ilmiah hendaknya memiliki sifat sebagai berikut, yaitu....
A. urut | |
B. naratif | |
C. sistematis | |
D. agitatif |
Sistematis dalam menyusun gagasan adalah prasyarat penting dalam karya ilmiah.(C)
2. Pada dasarnya tulisan karya ilmiah bermanfaat bagi....
2. Pada dasarnya tulisan karya ilmiah bermanfaat bagi....
A. penulis, sampel yang diteliti, dan institusi | |
B. peneliti sendiri dan populasi yang dijadikan obyek penelitian. | |
C. penulis dan pembaca hasil tulisannya | |
D. penulis sendiri dan masyarakat umum |
Karya tulis ilmiah bermanfaat sebagai referensi baik bagi penulis maupun pembaca.(C)
3. Tulisan ilmiah yang dituangkan pada surat kabar harian kompas adalah termasuk karya....
3. Tulisan ilmiah yang dituangkan pada surat kabar harian kompas adalah termasuk karya....
A. ilmiah | |
B. ilmiah populer | |
C. akademis | |
D. inovatif |
Tulisan ilmiah yang dituangkan pada surat kabar harian kompas termasuk karya tulis ilmiah popular.(B)
4. Kalimat di bawah ini yang sesuai untuk tulisan karya ilmiah populer adalah....
4. Kalimat di bawah ini yang sesuai untuk tulisan karya ilmiah populer adalah....
A. yang dimaksud input sekolah adalah keseluruhan sumber daya sekolah yang mencakup tiga aspek yaitu karakteristik sekolah, karakteristik guru, dan karakteristik siswa | |
B. ditinjau dari segi karakteristik guru ternyata ada perbedaan yang cukup menonjol antara sekolah efektif dengan sekolah tidak efektif | |
C. ini berarti bahwa seseorang akan berhadapan dengan kebenaran hidup yang terpenting | |
D. kepuasan kerja guru adalah keseluruhan perasaan guru berkenaan dengan berbagai aspek pekerjaanya |
Bahasa yang digunakan sudah bisa mewakili pemahaman umum.(C)
5. Salah satu ciri yang menunjukan struktur karya ilmiah tesis adalah....
5. Salah satu ciri yang menunjukan struktur karya ilmiah tesis adalah....
A. harus diawali dengan fenomena | |
B. memiliki struktur yang ketat | |
C. harus dimulai dari temuan | |
D. dimulai dari bagian yang paling menarik |
Thesis harus memilki struktur yang ketat.(B)
6. Suatu tulisan memiliki komponen berikut ini: tidak ada daftar isi, ada bagian pendahuluan, ada bagian inti, ada bagian penutup, tidak memiliki daftar pustaka. Tulisan tersebut sesuai untuk....
6. Suatu tulisan memiliki komponen berikut ini: tidak ada daftar isi, ada bagian pendahuluan, ada bagian inti, ada bagian penutup, tidak memiliki daftar pustaka. Tulisan tersebut sesuai untuk....
A. makalah | |
B. prosiding | |
C. jurnal | |
D. skripsi |
Tidak ada daftar isi, ada bagian pendahuluan, ada bagian inti, ada bagian penutup, tidak memiliki daftar pustaka struktur tulisan tersebut sesuai untuk makalah.(A)
7. Penulis karya ilmiah yang bersifat netral memiliki karakteristik....
7. Penulis karya ilmiah yang bersifat netral memiliki karakteristik....
A. banyak mengungkapkan ide asli | |
B. banyak memberikan penilaian terhadap gagasan orang lain.... | |
C. memberikan argumen yang menolak pandapat orang lain | |
D. memberikan persetujuan terhadap pendapat orang lain |
Netralitas seorang penulis karya tulis ilmiah seringkali ditentukan dengan konsiderasi penulis yang lebih luas.(D)
8. Contoh kalimat dibawah ini yang sesuai dengan kaidah penulkisan karya ilmiah adalah....
8. Contoh kalimat dibawah ini yang sesuai dengan kaidah penulkisan karya ilmiah adalah....
A. sistim kehidupan masyarakat tradisional dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA | |
B. ada perubahan perilaku yang signifikan disaat kelinci mendapat treatment dari obat G | |
C. enzim amilasa mampu mengubah tepung menjadi glukosa | |
D. kelinci yang diberi obet G bersikap acuh dan diam terhadap lawan jenisnya |
9. Hal pertama yang harus disiapkan oleh seorang penukiskarya ilmiah adalah....
A. menentukan judul | |
B. menentukan topik | |
C. memilih sampel | |
D. memilih jenis uji statistik |
Topik harus ditetapkan sebelum karya ilmiah dibuat.(B)
10. Tujuan penulisan berikut ini yang menggambarkan pemilihan topik paling spesifik adalah....
10. Tujuan penulisan berikut ini yang menggambarkan pemilihan topik paling spesifik adalah....
A. memberikan gambaran umum tentang pengaruh usia terhadap kematangan diri | |
B. mengkaji hubungan antara input sekolah, kepuasan kerja guru dan iklim sekolah di sekolah efektif | |
C. menjelaskan peristiwa yang berkaitan dengan perubahan musim | |
D. mengungkapkan masalah yang dialami oleh pekerja lembur di garmen |
Kalimat menjelaskan peristiwa yang berkaitan dengan perubahan musim membuka beberapa alternatif kajian.(C)
11. Makalah yang diserahkan kepada dosen berbeda penulisannya bila dibandingkan dengan makalah yang akan disajikan pada majalah karena....
11. Makalah yang diserahkan kepada dosen berbeda penulisannya bila dibandingkan dengan makalah yang akan disajikan pada majalah karena....
A. target pembacanya berbeda | |
B. topiknya berbeda | |
C. sampelnya berbeda | |
D. pendekatannya berbeda |
Target pembaca forum dosen lebih fokus dan khusus dalam bidang ilmu.(A)
12. Berdasarkan rumusan tujuan dan identifikasi calon pembaca, penulis karya ilmiah dapat menentukan....
12. Berdasarkan rumusan tujuan dan identifikasi calon pembaca, penulis karya ilmiah dapat menentukan....
A. cakupan materinya | |
B. populasi dan sampel dari penenlitiannya | |
C. metode penelitiannya | |
D. kajian teori dan daftar pustakanya |
Cakupan materi sangat penting diperhatikan pada saat menuliskan karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca.(A)
13. Buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan merupakan sumber data....
13. Buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan merupakan sumber data....
A. primer | |
B. sekunder | |
C. paling akurat | |
D. tidak dapat langsung digunakan |
Sumber primer antara lain : buku, jurnal, penelitian, wawancara dengan ahli. Buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tergolong sumber primer.(B)
14. Kita dapat memanfaatkan kamus untuk keperluan....
14. Kita dapat memanfaatkan kamus untuk keperluan....
A. penulisan daftar pustaka | |
B. pengenalan pada suatu terminologi | |
C. sebagai buku pokok acuan berpikir | |
D. mengenal suatu topik yang spesifik |
Kamus yang utama berfungsi sebagai pengenalan suatu terminology.(B)
15. Dalam kaitannya dengan pelacakan buku, mesin pencari (search engine) dalam internet dapat dimanfaatkan menjadi....
15. Dalam kaitannya dengan pelacakan buku, mesin pencari (search engine) dalam internet dapat dimanfaatkan menjadi....
A. online catalog | |
B. buku elektronik | |
C. alat demonstrasi pembelajaran | |
D. alat simulasi suatu kejadian |
Mesin pencarian pada internet dapat bermanfaat untuk online catalog.(A)
16. Penggunaan tanda titik-titik (....) dalam kutipan memiliki makna....
16. Penggunaan tanda titik-titik (....) dalam kutipan memiliki makna....
A. kata dalam titik-titik tidak dapat dipertanggungjawabkan | |
B. kalimat yang dikutip terpotong | |
C. mengutip sebagian dari kalimat tersebut | |
D. kelimat yang dikutip perlu diteliti kembali |
Tanda titik (...) berarti ada bagian kalimat yang sangat berkaitan untuk diambil sebagai literatur.(C)
17. Yang harus dihindarkan pada saat melakukan wawancara adalah ....
17. Yang harus dihindarkan pada saat melakukan wawancara adalah ....
A. menggunakan pedoman wawancara | |
B. wawancara dilakukan dalam ruang terpisah | |
C. wawancara dalam suasana yang santai | |
D. mempengaruhi pendapat mereka |
Wawancara tidak boleh dilakukan untuk mempengaruhi pendapat.(D)
18. Permasalahan dari sebuah karya ilmiah dituliskan sebagai berikut: Mengapa mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial hasilnya selalu di bawah rata-rata dan kurang memuaskan ? Khalayak sasaran karya ilmiah tersebut yang paling sesuai untuk ....
18. Permasalahan dari sebuah karya ilmiah dituliskan sebagai berikut: Mengapa mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial hasilnya selalu di bawah rata-rata dan kurang memuaskan ? Khalayak sasaran karya ilmiah tersebut yang paling sesuai untuk ....
A. siswa | |
B. mahasiswa | |
C. pendidikan | |
D. masyarakat umum |
Kajian terhadap permasalahan tersebut memang hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan.(C)
19. Faktor yang mempengaruhi kualitas tulisan karya ilmiah menurut Utorodewo (2001) adalah pemilihan kata yang tepat dan tunggal, tujuannya adalah ....
19. Faktor yang mempengaruhi kualitas tulisan karya ilmiah menurut Utorodewo (2001) adalah pemilihan kata yang tepat dan tunggal, tujuannya adalah ....
A. supaya ringkas | |
B. tidak bermakna ganda | |
C. tulisannya padat | |
D. sulit dibaca |
Pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya agar tidak bermakna ganda.(B)
20. Perhatikan contoh artikel berikut ini: Dari tahun ke tahun masalah ini selalu datang dan menjadikan sebuah tantangan bagi penulis untuk menghadapinya. Berdasarkan kriteria tulisan yang komunikatif, artikel tersebut digolongkan sebagai artikel yang ....
20. Perhatikan contoh artikel berikut ini: Dari tahun ke tahun masalah ini selalu datang dan menjadikan sebuah tantangan bagi penulis untuk menghadapinya. Berdasarkan kriteria tulisan yang komunikatif, artikel tersebut digolongkan sebagai artikel yang ....
A. lengkap dan jelas | |
B. tidak lengkap tetapi jelas | |
C. lengkap tetapi tidak jelas | |
D. tidak lengkap dan tidak jelas |
Kriteria tersebut artikel dimaksud masuk kategori lengkap tetapi tidak jelas.(C)
21. Artikel yang ditulis untuk menelusuri perkembangan teori/ konsep dan mempertajam konsep tersebut dikelompokkan dalam artikel....
21. Artikel yang ditulis untuk menelusuri perkembangan teori/ konsep dan mempertajam konsep tersebut dikelompokkan dalam artikel....
A. teoritis | |
B. konseptual | |
C. penelitian | |
D. popular |
Artikel dengan tujuan untuk menelusuri perkembangan teori/ konsep dan mempertajam konsep tersebut tergolong konseptual.(B)
22. Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan merujuk pada ....
22. Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan merujuk pada ....
A. kesamaan persepsi materi yang ditulis | |
B. jumlah pustaka yang dirujuk | |
C. panjangnya tulisan | |
D. banyaknya tulisan dari ide sendiri |
Materi yang disajikan dalam laporan mengacu kepada keseragaman persepsi materi yang dituliskan.(A)
23. Urutan logis dalam artikel konseptual adalah ...
23. Urutan logis dalam artikel konseptual adalah ...
A. judul, pendahuluan, diskusi, abstrak, referensi | |
B. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi | |
C. abstrak, judul, pendahuluan, diskusi, referensi | |
D. abstrak, judul, pendahuluan, referensi, diskusi |
Judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi, urutan tersebut sudah benar.(B)
24. Citasi (sitasi) merupakan bagian dari tanggung jawab penulis yang menunjukkan ....
24. Citasi (sitasi) merupakan bagian dari tanggung jawab penulis yang menunjukkan ....
A. perkembangan ilmu | |
B. keaslian ide | |
C. kesesuaian metode | |
D. jumlah acuan |
Sitasi berfungsi menjadikan tulisan sesuai dengan perkembangan ilmu.(A)
25. Mendefinisikan terminologi khusus bertujuan agar abstrak penelitian memiliki karakteristik ....
25. Mendefinisikan terminologi khusus bertujuan agar abstrak penelitian memiliki karakteristik ....
A. akurat | |
B. utuh | |
C. menilai | |
D. spesifik |
Terminologi khusus dalam abstrak berfungsi spesifik.(D)
26. Hal-hal yang ditulis dalam artikel dan berkaitan dengan temuan sebelumnya adalah ....
26. Hal-hal yang ditulis dalam artikel dan berkaitan dengan temuan sebelumnya adalah ....
A. posisi penelitian yang dilakukan | |
B. tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan | |
C. landasan berfikir untuk melakukan penelitian selanjutnya | |
D. pemandu penelitian yang akan dilakukan |
Paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel dapat menggambarkan posisi penelitian terkati sebelumnya.(A)
27. Penggunaan jenis uji statistik mengacu pada komponen berikut, kecuali ....
27. Penggunaan jenis uji statistik mengacu pada komponen berikut, kecuali ....
A. perumusan masalah | |
B. hipotesis | |
C. jenis penelitian | |
D. data penelitian |
Data penelitian tidak termasuk dalam acuan dasar dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan.(D)
28. Salah satu referensi laporan hasil penelitian ditulis sebagai berikut: Soeseno, S. (1981). Teknik Penulisan Ilmiah-Populer. Penerbit Balai Pustaka: Jakarta. Kesalahan penulisan referensi ini adalah ....
28. Salah satu referensi laporan hasil penelitian ditulis sebagai berikut: Soeseno, S. (1981). Teknik Penulisan Ilmiah-Populer. Penerbit Balai Pustaka: Jakarta. Kesalahan penulisan referensi ini adalah ....
A. penulis | |
B. tahun | |
C. judul | |
D. penerbit |
Cara penulisan penerbit buku pada option D harus ditulis tempat lebih dahulu diikuti titik dua baru nama penertbit.(D)
29. Perhatikan pernyataan berikut ini. Walaupun pandangan ini secara intuitif menarik dan diterima umum tanpa ragu, tetapi bukannya tanpa masalah. Kata intuitif dapat dimaknai sebagai ....
29. Perhatikan pernyataan berikut ini. Walaupun pandangan ini secara intuitif menarik dan diterima umum tanpa ragu, tetapi bukannya tanpa masalah. Kata intuitif dapat dimaknai sebagai ....
A. coba-coba | |
B. perkiraan | |
C. hipotesa | |
D. kesimpulan |
Istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut bermakna perkiraan.(B)
30. Proses membaca artikel ilmiah dipengaruhi oleh kemampuan pembaca dalam memproses kata dan kalimat, karena ....
30. Proses membaca artikel ilmiah dipengaruhi oleh kemampuan pembaca dalam memproses kata dan kalimat, karena ....
A. karya tulis harus obyektif | |
B. setiap kata memiliki makna tertentu | |
C. pembaca akan lebih mudah memaknai apa adanya | |
D. mampu mengkaitkan suatu makna dengan makna lain |
Kemampuan pembaca dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mengkaitkan satu makna dengan makna lainnya.(D)
31. Skripsi, tesis, disertasi merupakan karya ilmiah yang ditulis untuk memenuhi sasaran masyarakat ....
31. Skripsi, tesis, disertasi merupakan karya ilmiah yang ditulis untuk memenuhi sasaran masyarakat ....
A. akademis | |
B. ilmiah | |
C. umum | |
D. penyandang dana |
Target pembaca skripsi, tesis, disertasi yang utama adalah kalangan akademisi.(A)
32. Karya ilmiah yang ditulis untuk jurnal teknologi IT dalam pendidikan memiliki sasaran masyarakat ....
32. Karya ilmiah yang ditulis untuk jurnal teknologi IT dalam pendidikan memiliki sasaran masyarakat ....
A. akademis | |
B. ilmiah | |
C. umum | |
D. penyandang dana |
Masyarakat ilmiah adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan.(B)
33. Meskipun laporan penelitian ditulis dengan target penyandang dana, namun tetap harus mempertahankan ....
33. Meskipun laporan penelitian ditulis dengan target penyandang dana, namun tetap harus mempertahankan ....
A. obyektivitas sesuai dengan keinginan penyandang dana | |
B. obyektif dan memenuhi etika penulisan ilmiah | |
C. hasil penelitian harus disesuaikan dengan dokumen kerangka acuan | |
D. laporan ilmiah menekankan kekonsistenannya dengan TOR |
Laporan penelitian harus memenuhi kriteria objektivitas dan etika penulisan ilmiah,(B)
34. Penggunaan istilah teknis sebaiknya dihindari jika target pembacanya adalah ....
34. Penggunaan istilah teknis sebaiknya dihindari jika target pembacanya adalah ....
A. masyarakat akademis | |
B. masyarakat ilmiah | |
C. penyandang dana | |
D. masyarakat umum |
Penggunaan istilah teknis tidak cocok diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat umum.(D)
35. Kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian berisi ....
35. Kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian berisi ....
A. tujuan yang ingin dicapai | |
B. cara analisis yang dilakukan | |
C. hasil penelitian yang diperoleh | |
D. simpulan dan saran penelitian |
Kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian berisi tujuan yang ingin dicapai.(A)
36. Dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian adalah ....
36. Dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian adalah ....
A. fenomena yang terjadi | |
B. kerangka teori | |
C. analisis data penelitian | |
D. saran dari penelitian sebelumnya |
Kerangka teori dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian.(B)
37. Data primer hasil penelitian diperoleh dari ....
37. Data primer hasil penelitian diperoleh dari ....
A. populasi | |
B. sampel | |
C. kajian pustaka | |
D. ulasan peneliti |
Data primer dapat diperoleh dari sampel.(B)
38. Saran dalam laporan karya ilmiah hasil penelitian diperoleh dari ....
38. Saran dalam laporan karya ilmiah hasil penelitian diperoleh dari ....
A. kajian teori dan daftar pustaka | |
B. pendapat para ahli yang dikutip | |
C. analisis dan interpretasi data | |
D. simpulan dan tindak lanjutnya |
Simpulan dan tindak lanjut adalah bahan yang baik untuk membuah saran laporan ilmiah.(D)
39. Perbedaan antara makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian terletak pada ....
39. Perbedaan antara makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian terletak pada ....
A. sistematika | |
B. konten | |
C. metodologi | |
D. simpulan |
Metodologi yang digunakan dapat membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian.(C)
40. Metodologi penelitian dalam makalah ilmiah terdiri dari ....
40. Metodologi penelitian dalam makalah ilmiah terdiri dari ....
A. desain penelitian, analisis hasil penelitian | |
B. populasi dan sampel, teknik analisis data | |
C. simpulan, kelemahan penelitian | |
D. hipotesis, rekomendasi |
Metodologi penelitian dapat berisi populasi, sampel, dan teknik analisis.(B)
41. Penyusunan abstrak yang bertujuan untuk mempermudah pembaca dalam memutuskan meneruskan membaca seluruh naskah atau tidak digolongkan abstrak jenis ....
41. Penyusunan abstrak yang bertujuan untuk mempermudah pembaca dalam memutuskan meneruskan membaca seluruh naskah atau tidak digolongkan abstrak jenis ....
A. deskriptif | |
B. informatif | |
C. agitatif | |
D. persuasif |
Abstract persuatif dimaksud untuk menarik minat calon pembaca untuk menelususri seluruh isi bacaan.(D)
42. Berikut ini yang tidak perlu ditulis dalam abstrak penelitian adalah ....
42. Berikut ini yang tidak perlu ditulis dalam abstrak penelitian adalah ....
A. perumusan masalah | |
B. tujuan penelitian | |
C. hasil penelitian | |
D. simpulan |
Rumusan masalah sangat spesifik dari isi karya tulis terutama dalam hal metode.(A)
43. Presentasi yang bertujuan agar peserta berubah pandangan tentang peran praktikum dalam pembelajaran IPA termasuk jenis penyajian presentasi ....
43. Presentasi yang bertujuan agar peserta berubah pandangan tentang peran praktikum dalam pembelajaran IPA termasuk jenis penyajian presentasi ....
A. komunikatif | |
B. persuasif | |
C. informatif | |
D. deskriptif |
Presentasi persuatif memang dimaksudkan untuk mempengaruhi audien.(B)
44. Kelompok pendengar yang menuntut penyaji tampil secara ekspresif adalah dari kelompok pendengar ....
44. Kelompok pendengar yang menuntut penyaji tampil secara ekspresif adalah dari kelompok pendengar ....
A. ramah dan terbuka | |
B. netral | |
C. Tidak berminat | |
D. penuh kecurigaan |
Audiens yang terbuka cenderung mendesak agar penyajian sebih ekspresif.(A)
45. Penyajian presentasi yang bertemakan pengaruh penggunaan telepon seluler terhadap kemampuan bahasa tulis, sebaiknya disajikan dengan sistematika berdasarkan ....
45. Penyajian presentasi yang bertemakan pengaruh penggunaan telepon seluler terhadap kemampuan bahasa tulis, sebaiknya disajikan dengan sistematika berdasarkan ....
A. kronologi | |
B. topik | |
C. sebab akibat | |
D. tujuan |
Sajian materi yang sifatnya mengacu pada topik tertentu dituntut untuk disajiakan secara sistematika.(B)
46. Catatan perlu disiapkan sebelum presentasi, ini digunakan untuk ....
46. Catatan perlu disiapkan sebelum presentasi, ini digunakan untuk ....
A. membantu mengingat materi penyajian | |
B. membuat keruntutan materi penyajian | |
C. membantu menjawab pertanyaan | |
D. menunjukkan bukti pada peserta |
Catatan awal perlu disiapkan agar peresentasi berjalam lancar sesuai tujuan yang ditetapkan.(B)
47. Tayangan visual untuk penyajian prsentasi di ujian skripsi yang sesuai adalah ....
47. Tayangan visual untuk penyajian prsentasi di ujian skripsi yang sesuai adalah ....
A. kejujuran dalam menyampaikan materi | |
B. pengusaan materi yang meyakinkan | |
C. kemampuan dalam menggunakan media | |
D. mampu menarik simpati dari semua peserta |
Kredibilitas penyaji diukur dari tingkat penguasaannya terhadap materi yang disampaikan.(B)
49. Hambatan semantik sering membuat penyajian menjadi kurang menarik, hal ini disebabkan oleh ....
49. Hambatan semantik sering membuat penyajian menjadi kurang menarik, hal ini disebabkan oleh ....
A. tidak semua peserta mengerti istilah asing | |
B. cara menjawab pertanyaan kurang meyakinkan | |
C. kurang baiknya dalam penampilan saat penyajian | |
D. terganggynya penampilan karena penyaji menerima telepon |
Penggunaan istilah asing terlalu banyak seringkali menjadi hambatan semantik sehingga sajian kurang menarik.(A)
50. Bila ditemukan kesan yang ditangkap peserta berbeda dengan harapan presenter, maka yang dilakukan presenter adalah ....
50. Bila ditemukan kesan yang ditangkap peserta berbeda dengan harapan presenter, maka yang dilakukan presenter adalah ....
A. mengulangi presentasi | |
B. menjelaskan ulang kepada peserta | |
C. mencatat perbedaan kesan ini | |
D. mengevaluasi kegiatan presentasi |
Kegiatan evaluasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sajian dan penyajian materi.(D)
makasih.,.
BalasHapuscukup membantu
V
BalasHapusgo aaa replica bags next dolabuy gucci pop over to these guys Check This Out
BalasHapusi was reading this best replica bags check my reference https://www.dolabuy.co click this link here now buy replica bags online
BalasHapus