Rabu, 25 Desember 2013

Pembelajaran Terpadu

PDGK4205 - Pembelajaran Terpadu di SD. Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep-konsep dan model-model pembelajaran terpadu, prosedur umum pembelajaran terpadu, keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu, perancangan pembelajaran terpadu, penilaian dalam pembelajaran terpadu, praktek pembelajaran terpadu di SD. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dituntun untuk mampu menjelaskan hakikat dan model pembelajaran terpadu serta cara memilih dan mengembangkan topik-topik dari berbagai bidang studi menjadi rancangan pembelajaran terpadu yang siap dilaksanakan di kelas.

1. Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan
berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling anak dan dalam rentang kemampuan perkembangan anak. Pengertian tersebut dikemukakan oleh .... 
  • A. Aminuddin
  • B. Gestalt
  • C. Wolfinger
  • D. Piaget
(A)(2.6)
2. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar pada pendekatan belajar modern. Pada pembelajaran terpadu hal ini merupakan....
  • A. landasan
  • B. konsep
  • C. karakteristik
  • D. prinsip
(C)(2.8)
3. Pak Ali sedang merumuskan tujuan, kompetensi, dan materi pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS. Kegiatan Pak Ali tersebut merupakan contoh dari landasan ....
  • A. filosofis
  • B. psikologis
  • C. edukatif
  • D. praktis
(A)(2.11)
4. Proses menghubungkan pengetahuan dan pengalaman belajar dengan pengetahuan lain untuk menghasilkan sesuatu dikemukakan oleh aliran ....
  • A. konstruktivisme
  • B. progresivisme
  • C. naturalisme
  • D. humanisme
(A)(2.12)
5. Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses penggalian tema adalah ....
  • A. tema tidak terlalu luas
  • B. guru hendaknya tidak terlalu otoriter
  • C. pemberian tanggung jawab individu harus jelas
  • D. memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri
(A)(2.10)
6. Pada pembelajaran terpadu, gabungan dari berbagai mata pelajaran akan menghemat waktu karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Hal ini merupakan suatu ....
  • A. landasan
  • B. karakteristik
  • C. prinsip
  • D. manfaat
(D)(2.15)
7. Model yang dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring dan memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan medan pemakaiannya adalah ....
  • A. jaringan
  • B. keterpaduan
  • C. celupan
  • D. bagian
(B)(2.23)
8. Bentuk pembelajaran yang memadukan sebuah konsep dari sejumlah mata pelajaran melalui hubungan tujuan-tujuan, isi, keterampilan, aktivitas, dan sikap merupakan bentuk keterpaduan ....
  • A. discipline based
  • B. multidisciplinary
  • C. interdisciplinary
  • D. integrated
9. Di bawah ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba dalam pembelajaran terpadu adalah ....
  • A. guru yang dapat melakukannya
  • B. konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan siswa secara terus menerus
  • C. guru dapat menjaga misi kurikulum
  • D. dapat mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran
10. Kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan ....
  • A. inti
  • B. akhir
  • C. tindak lanjut
  • D. pendahuluan
11. Media pembelajaran yang akan digunakan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran serta minat dan perhatian siswa merupakan alternatif yang dilakukan guru dalam ....
  • A. menumbuhkan kesiapan belajar siswa
  • B. menciptakan suasana belajar yang demokratis
  • C. membangkitakn motivasi belajar siswa
  • D. membangkitkan perhatian siswa
12. Dalam proses pembelajaran, guru sebaiknya menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh siswa. Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan guru adalah ....
  • A. membuat kaitan
  • B. melaksanakan apersepsi
  • C. penciptaan kondisi awal
  • D. memberi acuan
13. Pak Ali memberi pelajaran tentang kesehatan gigi dengan memberi contoh cara menyikat gigi dengan benar agar gigi tetap sehat dan bersih. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang ....
  • A. menunjukkan manfaat materi yang dipelajari
  • B. mengemukakan pengalaman yang berkaitan dengan materi yang dibahas
  • C. membangkitkan perhatian siswa
  • D. menyampaikan tujuan pembelajaran
14. Kegunaan melaksanakan tes awal dalam proses pembelajaran adalah untuk ....
  • A. mengetahui sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi atau bahan yang akan dipelajari
  • B. mengukur materi yang sudah diberikan
  • C. menghubungkan pembahasan materi yang lalu dengan yang akan dipelajari
  • D. membedakan materi yang akan dipelajari
15. Makna kegiatan inti pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk ....
  • A. menciptakan suasana awal pembelajaran
  • B. menekankan proses pembentukan pengalaman belajar siswa
  • C. menutup semua rangkaian kegiatan pembelajaran
  • D. memantapkan pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar dan bahan pelajaran yang sudah dipelajari
16. Berikut adalah nilai yang dapat dipetik dari penggunaan media dalam kegiatan inti yaitu ....
  • A. konsep yang abstrak dapat dikonkretkan
  • B. konsep-konsep yang konkret dapat dibuat abstrak
  • C. membawa binatang buas untuk keperluan pembelajaran
  • D. tidak dapat memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat dan lambat
17. Dalam memanfaatkan penggunaan media, yang perlu diperhatikan adalah ....
  • A. media pembelajaran merupakan fungsi tambahan dan tidak memiliki fungsi tersendiri
  • B. media pembelajaran memperlambat proses belajar mengajar
  • C. media pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan kompetensi dasar, indikator, dan isi/bahan pembelajaran
  • D. hasil belajar dengan media pembelajaran tidak tahan lama mengendap dalam pikiran siswa karena hanya sesaat pada waktu belajar saja
18. Berikut merupakan faktor-faktor kompetensi yang perlu dipertimbangkan guru dalam menentukan kegiatan inti pembelajaran, kecuali ....
  • A. penggunaan media
  • B. menentukan tujuan
  • C. karakteristik siswa
  • D. jenis dan tingkat kesulitan materi
19. Kegiatan yang dilakukan guru dengan cara memberikan pekerjaan rumah merupakan kegiatan ....
  • A. inti
  • B. evaluasi
  • C. tindak lanjut
  • D. akhir
20. Salah satu bentuk kegiatan akhir pembelajaran adalah ....
  • A. memberikan pekerjaan rumah
  • B. memberikan bimbingan
  • C. melaksanakan penilaian
  • D. mengemukakan topik yang akan datang
21. Manfaat keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran terpadu adalah ....
  • A. memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
  • B. menyiapkan bahan-bahan untuk proses pembelajaran
  • C. memantapkan pemahaman siswa tentang materi yang lalu
  • D. menetapkan kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mengembangkan kompetensi yang telah dikuasai siswa
22. Untuk membangkitkan motivasi siswa dalam keterampilan membuka pelajaran, yang harus dilakukan guru adalah ....
  • A. menimbulkan rasa ingin tahu
  • B. mengajukan pertanyaan
  • C. memberikan tugas yang harus dipecahkan bersama
  • D. memberikan penguatan kepada siswa
23. Salah satu komponen menutup pelajaran adalah melakukan penilaian. Mengingat waktu yang diperlukan dalam penilaian terbatas maka cara yang terbaik adalah ....
  • A. meminta siswa melakukan pengamatan di kebun/pekarangan sekolah
  • B. meminta siswa untuk menyatakan pendapat tentang bahan dan kegiatan belajar dari tema yang telah dibahas
  • C. memberi soal untuk didiskusikan selama proses pembelajaran
  • D. memberikan soal-soal tertulis yang dikerjakan secara cepat
24. Dalam melakukan penilaian bahan ajar dan pengalaman belajar yang ditetapkan harus sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
  • A. kesinambungan
  • B. kebermaknaan
  • C. keutuhan
  • D. keterbukaan
25. Salah satu manfaat keterampilan bertanya dalam pembelajaran terpadu adalah ....
  • A. mengatasi kekurangan sumber belajar yang diperlukan
  • B. membantu siswa memahami berbagai konsep dari tema yang sedang dipelajari
  • C. mengetahui tingkat keberhasilan dari pelaksanaan pembelajaran terpadu
  • D. meningkatkan kegiatan belajar yang lebih bervariasi dan bermakna
26. Komponen kejelasan dalam keterampilan menjelaskan yang perlu dikuasai guru adalah ....
  • A. kelancaran ucapan dalam berbicara
  • B. umpan balik
  • C. pemberian acuan
  • D. pemberian tekanan
27. Suatu pertanyaan yang diajukan guru dan tidak dapat dijawab oleh siswa atau jawaban tidak sesuai dengan keinginan guru, maka guru tidak boleh tinggal diam. Komponen yang harus dikuasai guru untuk mengatasi masalah ini adalah ....
  • A. pemberian tuntunan
  • B. pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat
  • C. pemberian waktu berpikir
  • D. pemusatan
28. Manfaat dari keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran terpadu adalah ....
  • A. memelihara iklim kelas yang kondusif
  • B. memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru dalam suatu tema yang dipelajari
  • C. memberikan kemudahan kepada siswa untuk mempelajari isi tema yang dipelajari dan dianggap memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi
  • D. menumbuhkan percaya diri siswa akan kemampuan yang dimilikinya dan keberanian mengungkapkan pendapat sendiri
29. Dalam memberi penguatan bentuk verbal, hal yang sebaiknya dilakukan guru adalah memberi ....
  • A. kegiatan yang menyenangkan
  • B. simbol atau tanda
  • C. pengakuan
  • D. peringatan
30. Agar penguatan dapat berfungsi secara efektif dan dapat memperlancar pencapaian kompetensi dasar siswa maka prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
  • A. sikap hangat dan antusias
  • B. diberikan setelah pelajaran selesai
  • C. dapat dilakukan dengan cara perubahan posisi guru
  • D. variasi dengan kesenyapan
31. Pola interaksi yang menuntut aktivitas siswa yang lebih tinggi, dimana interaksi tidak hanya antara guru dan siswa tetapi juga antara siswa dengan siswa lain merupakan pola interaksi pembelajaran ....
  • A. satu arah
  • B. dua arah
  • C. tiga arah
  • D. banyak arah
32. Kompetensi yang diharapkan dari lulusan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang tepat adalah ....
  • A. memiliki rasa cinta terhadap sekolah
  • B. menjalankan hak dan kewajiban
  • C. membela apa yang sudah menjadi hak siswa
  • D. memiliki sukuisme yang tinggi
33. Dalam struktur kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah terdiri dari mata pelajaran berikut, kecuali ....
  • A. Bahasa Inggris
  • B. Ilmu Pengetahuan Alam
  • C. Kerajinan Tangan dan Kesenian
  • D. Pendidikan Jasmani
34. Pak Ali sedang membuat peta kompetensi dari beberapa mata pelajaran antara lain; Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Aspek-aspek yang dapat dipadukan yaitu, Bahasa Indonesia (berbicara), Matematika (bilangan cacah sampai dengan tiga angka), IPA (makhluk hidup dan proses kehidupan), dan Kerajinan Tangan dan Kesenian (warna dan garis). Contoh tersebut menunjukkan bahwa Pak Ali sedang menetapkan ....
  • A. mata pelajaran
  • B. kompetensi dasar
  • C. tema
  • D. keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu
35. Garis besar, ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi/materi pembelajaran yang digunakan sebagai penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan uraian materi yang perlu dipelajari siswa disebut ....
  • A. kurikulum
  • B. satuan pembelajaran
  • C. silabus
  • D. rencana pembelajaran
36. Menulis nama-nama mata pelajaran yang akan dipadukan, menentukan judul tema yang akan dibahas, kemudian menentukan semester, dan kelas merupakan komponen ....
  • A. kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan
  • B. alat, media, dan sumber bahan yang digunakan
  • C. identifikasi belajar mengajar yang akan dilaksanakan
  • D. cara penilaian yang akan ditempuh
37. Salah satu komponen dalam satuan pembelajaran terpadu adalah ....
  • A. alokasi waktu yang diperlukan
  • B. alternatif strategi pembelajaran yang digunakan
  • C. materi pokok yang mengacu pada suatu tema
  • D. identitas mata pelajaran
38. Ibu Ani sedang mengajar siswa kelas I dengan menyanyikan lagu “Pelangi” setelah itu menanyakan kepada siswanya ada berapa macam warna pada pelangi. Contoh tersebut menggambarkan bahwa Bu Ani ingin mengetahui komponen mana yang akan dicapai yaitu ....
  • A. kompetensi dasar
  • B. strategi
  • C. materi pokok
  • D. mata pelajaran
39. Ibu Ani ingin menerangkan tentang peristiwa alam pada kelas III dengan memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Pada satuan pembelajaran yang dibuat oleh bu Ani untuk materi mata pelajaran Kesenian adalah ....
  • A. Pelangi
  • B. Puncak Gunung
  • C. Si Kancil
  • D. Balonku
40. Berikut merupakan komponen-komponen dalam silabus, kecuali ....
  • A. kompetensi dasar
  • B. indikator
  • C. evaluasi
  • D. alokasi waktu
41. Contoh kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah “Siswa dapat menceritakan peristiwa alam”. Dari segi strategi pembelajaran pada satuan pembelajaran, kita dapat melihat keterpaduan pembelajaran antara mata pelajaran IPA dengan Bahasa Indonesia. Kelengkapan yang perlu disusun untuk kebutuhan penilaian adalah, kecuali lembar ....
  • A. soal
  • B. pengamatan
  • C. analisis kemampuan
  • D. teks lagu
42. Program yang dilakukan secara berkesinambungan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan dalam pembelajaran terpadu diidentifikasi sebagai suatu ....
  • A. evaluasi
  • B. penilaian
  • C. observasi
  • D. pengukuran
(B)(6.7)
43. Tujuan penilaian dalam pembelajaran terpadu adalah untuk ....
  • A. menilai pembelajaran di kelas
  • B. menentukan skor yang diperoleh siswa
  • C. menentukan siswa yang berprestasi
  • D. menilai hasil ujian siswa
(A)(6.8)
44. Penilaian yang dilakukan secara berencana, terus menerus dan bertahap untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan tingkah laku siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar merupakan prinsip ....
  • A. integral
  • B. komprehensif
  • C. berkesinambungan
  • D. objektif
(C)(6.9)
45. Sasaran yang dinilai dalam penilaian proses adalah ....
  • A. kemampuan siswa dalam menulis laporan
  • B. masukan dari anak,orang tua, dan guru lain tentang proses belajar yang sudah dilakukan
  • C. penguasaan peserta didik terhadap apa yang sudah dipelajarinya
  • D. tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar
46. Penilaian yang dilakukan dengan melihat siswa melakukan tugas/proses atau produk yang dibuat siswa untuk selanjutnya melihat dan menilai proses dan produk tersebut untuk menentukan tingkat pengetahuan atau kemampuan siswa. Kegiatan tersebut merupakan bentuk penilaian alternatif ....
  • A. cuplikan kerja
  • B. portofolio
  • C. catatan anekdotal
  • D. rubrik
(B)(6.14)
47. Siswa kelas IV oleh pak Ali diharuskan memakai baju seragam dan asesorisnya dengan benar sesuai aturan sekolah. Pada pelajaran IPS guru ingin menilai aspek afektif dari siswa dengan topik “Disiplin”. Penerapan bentuk penilaian yang digunakan oleh pak Ali yaitu ....
  • A. portofolio
  • B. angket
  • C. observasi
  • D. wawancara
48. Kelebihan dari penggunaan teknik dalam penilaian adalah ....
  • A. kualitas tes item rendah
  • B. salah memilih bentuk tes
  • C. kesalahan dalam skoring
  • D. ranah afektif dapat diukur dengan tepat
49. Dalam prosedur pengembangan penilaian, penilaian dapat diarahkan pada proses maupun produk serta program. Kegiatan tersebut dapat dilakukan pada tahap ....
  • A. perencanaan
  • B. pelaksanaan
  • C. penyusunan laporan
  • D. penyajian laporan
50. Contoh format di atas adalah bentuk format penilaian dari ....
  • A. rubrik
  • B. observasi
  • C. penilaian berkala
  • D. portofolio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar