PDGK4406 - Pembelajaran Matematika SD. Mata kuliah ini membahas berbagai model
pembelajaran matematika yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK); Media dan Bahan Manipulatif dalam pembelajaran Matematika SD; materi dan metode pembelajaran tentang bilangan; bangun ruang dan unsur-unsurnya; luas dan volume bangun ruang; aplikasi materi-materi tersebut dalam matematika atau kehidupan sehari-hari; sistem koordinat; trigonometri; bilangan berpangkat dan logaritma. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui kecenderungan dan ragam model pembelajaran matematika masa kini, serta mampu mengembangkan diri sebagai guru matematika yang profesional di Sekolah Dasar.
1. Kekuatan matematika yang mejadi dampak dari berkembangnya aliran konstruktivistik, kecuali...
pembelajaran matematika yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK); Media dan Bahan Manipulatif dalam pembelajaran Matematika SD; materi dan metode pembelajaran tentang bilangan; bangun ruang dan unsur-unsurnya; luas dan volume bangun ruang; aplikasi materi-materi tersebut dalam matematika atau kehidupan sehari-hari; sistem koordinat; trigonometri; bilangan berpangkat dan logaritma. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui kecenderungan dan ragam model pembelajaran matematika masa kini, serta mampu mengembangkan diri sebagai guru matematika yang profesional di Sekolah Dasar.
1. Kekuatan matematika yang mejadi dampak dari berkembangnya aliran konstruktivistik, kecuali...
A. menyelesaikan soal-soal yang tidak rutin | |
B. mengkaji, menduga dan memberikan suatu alas an secara logis | |
C. meningkatkan ketekunan dan keuletan | |
D. meningkatkan ide-ide antara matematika dan kegiatan intelektual |
2. Kelemahan dari teori thorndike adalah...
A. kurang memberikan warna pada pembelajaran | |
B. tidak memperhatikan tingkat intelektual anak | |
C. hanya berorientasi pada target | |
D. kurang memberikan wawasan pada penyelesaian masalah |
3. Agar siswa mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, maka prinsip yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran diantaranya...
A. mengembangkan strategi pembelajaran yang tepat dan beragam | |
B. berorientasi pada lingkungan | |
C. memperhatikan keadaan pendidikan | |
D. mempelajari materi yang disajikan |
4. Jumlah siswa kelas I dan kelas III adalah 10 orang, jumlah siswa kelas I dan II sebanyak 7 orang, sedangkan jumlah siswa kelas II dan III sebanyak 12 orang. Dengan menggunakan penyelidika matematis berapa jumlah siswa keseluruhan?
A. 12 | |
B. 13 | |
C.14 | |
D. 15 |
5.Kriteria yang harus dimiliki dalam memilih media pembelajaran matematika, kecuali
A. ketersediaan alat | |
B. harga dan kualitas media | |
C. keterampilan menggunakan media | |
D. kecocokan dengan materi pelajaran |
6. Uuntuk menjelaskan operasi dan konsep pecahan maka bahanmanipulatif yang dapat dipakai adalah
A. kertas/karton | |
B. plastik | |
C. pensil | |
D. Kawat |
7 Dari bentuk kalimat matematika dibawah ini yang data dijadikan awal pembahasan bilangan bulat adalah:
A. 7 +…=15 | |
B. 18+2=… | |
C. 15+…=8 | |
D. 17+7=… |
8. Jika 7 buah manik-manik bertanda postif disimpan Rita diatas meja, kemudian disimpan pula manik-manik netral ( positif+negatif) sebanyak 5 buah. Tidak lama kemudian Rita mengambil manik-manik bertanda positif sebanyak 10 buah. Peragaan diatas memperlihatkan bentuk operasi hitung:
A. 7+10 | |
B. 7-(-10) | |
C. 7-10 | |
D. -7+(-10) |
9. Perhatikan gambar di bawah ini !
A. 3+(-5) | |
B. -3-5 | |
C. 3+5 | |
D. -3+5 |
10. Perhatikan gambar di bawah ini !
A. 4x2 | |
B. -4x-2 | |
C. -2x8 | |
D. -2x-8 |
11. Jika panjang kandang ayam Pak Amir (3x-3)cm dan lebarnya (x+)cm, mempunyai keliling 100 cm. panjang dan lebar kandang tersebut adalah:
A. p=20 l=18 | |
B. p=20 l=20 | |
C. p=23 l=18 | |
D. p=20 l=12 |
16. Bentuk pecahan dari bilangan 0,725 adalah
A. 29/70 | |
B. 29/40 | |
C. 725/100 | |
D. 725/40 |
17. Bentuk rasional pecahan dari adalah...
A. 4434/495 | |
B. 4434/990 | |
C. 8868/90 | |
D. 8868/495 |
18. Bilangan 17,897866 jika dibulatkan sebanyak 4 desimal...
A. 17,8979 | |
B. 17,8978 | |
C. 17,8988 | |
D. 17,8997 |
19. Notasi ilmiah baku dari bilangan 0,00000017087
A. 170,87x10-9 | |
B. 17,087x10-5 | |
C. 1,70.87x10-6 | |
D. 1,7087x10-7 |
20. Bilangan 0,3756 apabila dibuat dalam bentuk persen adalah
A. 37,56% | |
B. 3,76% | |
C. 0,3756% | |
D. 0,003756% |
21. Jika Rita memberi telur 5 kg dengan harga 25000 rupiah, maka berapa rupiah harga 15 Kg
A. 750000 | |
B. 75000 | |
C. 50000 | |
D. 5000 |
22. Prisma segilima mempunyai
A. 11 titik sudut, 7 sisi dan 15 rusuk | |
B. 6 titik sudut, 6 sisi dam 10 rusuk | |
C. 10 titik sudut, 6 sisi dan 15 rusuk | |
D. 12 titik sudut, 6 sisi dan 10 rusuk |
23. 1. segitiga mempunyai tiga sisi
2. kerucut mempunyai 2 sisi
3. Tabung mempunyai 2 sisi
Pernyataan yang benar adalah
2. kerucut mempunyai 2 sisi
3. Tabung mempunyai 2 sisi
Pernyataan yang benar adalah
A.1 dan 2 | |
B. 1 dan 3 | |
C. 2 dan 3 | |
D. semua benar |
26. Volume tabung yang mempunyai diameter 15 cm dan tinggi 25 cm , adalah...
A. 1530,25 cm³ | |
B. 1580,75 cm³ | |
C. 1525,25 cm³ | |
D. 1530,75 cm³ |
A. 150,72 cm² | |
B. 178,72 cm² | |
C. 178,80 cm² | |
D. 160,78 cm² |
29. Pak Amin mempunyai 30 kaleng yang akan diisi oleh 30000 liter air. Berapa tinggi air pada masing-masing kaleng jika diketahui jari-jari kaleng 5 dm.
A. 15,7 cm | |
B. 17,5 cm | |
C. 0,157 cm | |
D. 0,175 cm |
30. Panjang jarak titik P(3,4) dan Q (-2,-3) adalah...
A. √26 | |
B. √76 | |
C. √74 | |
D. √117 |
31. Tentukan koordinat titk kutub jika diketahui koordinat kartesius A (√2 √2 )dengan r≥0 dan 0≤0≤Î
A. (2, ¼Î ) | |
B. (2, Î ) | |
C. (4, ¼Î ) | |
D. (4, Î ) |
32. Persamaan garis yang melalui titik (-2,2) dan (-3,4) adalah....
A. y=x | |
B. y=-4x | |
C. y=-2x | |
D. y=–x |
33. Gambar dari pertidaksamaan linear 3x+12y≤6 adalah.....
34. Besar sudut 0 60° 60° 60° dalam bentuk desimal adalah....
A. 61,167 | |
B. 60,176 | |
C. 61,176 | |
D. 60,167 |
3 35. Jika diketahui a=7 b=5 c=6 maka jari-jari lingkaran dalam seitiga ABC adalah.....
A. √9/10 | |
B. √10/9 | |
C. √12/7 | |
D. √7/12 |
36. Nilai cos 245° adalah....
A. -0,5736 | |
B. 0,5736 | |
C. 2,7475 | |
D. -2,27475 |
A. 4 | |
B. 5 | |
C. 6 | |
D. 7 |
40. Jumlah ayam Pak Maman berjumlah 1.200.000 pada tahun 2005, dan pak Maman memperkirakan ayam akan beranak 5 % per tahun. Jumlah ayam Pak Maman pada tahun 2020 adalah ....
A. 2.498.686 | |
B. 2.494.713 | |
C. 2.574.817 | |
D. 2.879.817 |
Berharga info Anda
BalasHapusm8g61z6f36 o8q51a4h71 h9z48q3l39 d3l79h1q30 a8j60v5d70 b9o93p8j05
BalasHapus