PGSD4407 - Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Mata kuliah ini membahas
kerangka teoretik pengembangan kurikulum dan penerapannya dalam merancang pembelajaran. Topik-topik yang dibahas meliputi hakikat kurikulum, pengembangan kurikulum, profil kurikulum SD, proses dan produk pengembangan kurikulum, serta pengembangan rencana pembelajaran. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja
Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
kerangka teoretik pengembangan kurikulum dan penerapannya dalam merancang pembelajaran. Topik-topik yang dibahas meliputi hakikat kurikulum, pengembangan kurikulum, profil kurikulum SD, proses dan produk pengembangan kurikulum, serta pengembangan rencana pembelajaran. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja
Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
1. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A. melaksanakan proses belajar mengajar | |
B. melaksanakan supervisi atau pengawasan | |
C. memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah | |
D. membimbing anak belajar di rumah |
Bagi guru kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran(A)(1.7)
2. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
2. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A. konservatif | |
B. kreatif | |
C. kritis | |
D. evaluatif |
Fungi kreatif kurikulum adalah Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang.(B)(1.6)
3. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
3. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
A. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa | |
B. sesuai dengan minat siswa | |
C. memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi | |
D. bermanfaat bagi kehidupan |
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi.(C)(1.21)
4. Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
4. Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A. konsisten dengan tujuan pendidikan nasional | |
B. sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa | |
C. dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya | |
D. memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat |
Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus konsisten dengan tujuan pendidikan nasional.(A)(1.19)
5. Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
5. Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
A. aspek kebudayaan | |
B. perubahan fisik manusia | |
C. cara berpikir mendalam | |
D. perilaku manusia |
Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada perilaku manusia.(D)(2.8)
6. Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ... .
6. Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ... .
A. kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru | |
B. administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator | |
C. inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat | |
D. guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum |
Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat.(C)(2.23)
7. Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
7. Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A. Interdisipliner | |
B. Terintegrasi | |
C. Broadfield | |
D. Mata Pelajaran |
Pendekatan integratif adalah pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu .(B)(2.26)
8. Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
8. Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A. penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah | |
B. pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh | |
C. pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan | |
D. adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan |
Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh.(B)(2.26)
9. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
9. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
A. disusun secara logis dan sistematis | |
B. sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan | |
C. bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran | |
D. sesuai dengan perbedaan individual siswa |
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan.(B)(3.3)
10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A. sesuai dengan tujuan | |
B. merupakan warisan positif generasi masa lalu | |
C. sesuai dengan kebutuhan siswa | |
D. mudah dikuasai siswa |
Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria : sesuai dengan tujuan, sesuai dengan tujuan, sesuai dengan kebutuhan siswa, materi dipilih karena dianggap berguna bagikehidupan umat manusia.(D)(3.6)
11. Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
11. Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
A. melakukan berbagai inovasi | |
B. menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan | |
C. mendesain kembali organisasi sekolah | |
D. merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah |
12. Kompetensi dasar peserta didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya peserta didik harus memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A. pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup | |
B. keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar | |
C. penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik | |
D. penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup |
13. Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran | |
B. mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia | |
C. menitikberatkan pencapaian target kompetensi | |
D. memberi keseimbangan pengalaman belajar |
14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A. mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif | |
B. memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi | |
C. menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif | |
D. memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar |
15. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
A. kemandirian dan kerjasama | |
B. belajar untuk kebersamaan | |
C. interaksi dan komunikasi | |
D. suasana yang mendukung |
16. Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A. Bahasa Belanda | |
B. Sejarah | |
C. Pendidikan Jasmani | |
D. Bahasa Inggris |
Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran membaca, menulis, berhitung, bahasa belanda, sejarah, dan ilmu bumi.(A)(4.5)
17. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
17. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A. mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa | |
B. membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa | |
C. mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa | |
D. mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa |
Kurikulum 1984 bertujuan membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa.(B)(4.14)
18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ... .
18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ... .
A. menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler | |
B. menerapkan kemampuan dalam baca tulis | |
C. menerapkan bimbingan belajar | |
D. menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler |
Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler.(A)(4.19)
19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ... .
19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ... .
A. peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan | |
B. mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan | |
C. berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman | |
D. terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif |
20. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP adalah prinsip efektivitas, maksudnya ... .
A. kurikulum dituntut memiliki kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat | |
B. kurikulum dituntutmemiliki sifat lentur atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan. | |
C. kurikulum dituntut agar mudah dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia. | |
D. kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. |
21. Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam manajemen berbasis sekolah merupakan ciri ... .
A. akuntabilitas | |
B. partisipasi | |
C. keterbukaan | |
D. kemandirian |
22. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan peserta didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A. menganalisis konteks | |
B. menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi | |
C. memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran | |
D. menentukan sumber belajar |
23. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih materi pelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa | |
B. kebermanfaatan bagi siswa | |
C. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun | |
D. harus sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa. |
24. Komite sekolah dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A. mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah | |
B. memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah | |
C. memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah | |
D. memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah |
25. Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat era ... .
A. Perkembangan IPTEK | |
B. Profesionalisme | |
C. Informasi | |
D. Globalisasi |
26. Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang memiliki kepribadian yang mandiri dan terbuka sehingga mampu menciptakan perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
A. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi | |
B. memiliki solidaritas sosial | |
C. memiliki kreativitas | |
D. mempunyai integritas yang tinggi |
27. Kemampuan menyampaikan pengetahuan, berdiskusi, melakukan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A. performative | |
B. epistemic | |
C. functional | |
D. informational |
28. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi baru secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi adalah ... .
A. Accelerated learning | |
B. Quantum learnig | |
C. Cooperative learning | |
D. E-learning |
(A)(6.17)
29. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan tentang ... .
29. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan tentang ... .
A. dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai siswa | |
B. ukuran dalam menentukan keberhasilan program pembelajaran | |
C. dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran | |
D. dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran |
31. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa, dalam silabus merupakan prinsip ... .
A. ilmiah | |
B. relevan | |
C. sistematis | |
D. menyeluruh |
Relevan :
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian metode dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, social, emosional, dan spiritual peserta didik.(B)
32. Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian metode dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, social, emosional, dan spiritual peserta didik.(B)
32. Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A. karakteristik siswa | |
B. mata pelajaran | |
C. Kompensasi | |
D. potensi siswa |
Indikator merupakan penanda/bukti pencapaian kompetensi dasar yang ditengarai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah, dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dengan kata lain indikator merupakan tingkah laku operasional yang menjadi bukti / tanda tercapainya kompetensi dasar.(A)
33. Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa. Hal ini menunjukkan salah satu karakteristik rencana pembelajaran, yaitu ... .
33. Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa. Hal ini menunjukkan salah satu karakteristik rencana pembelajaran, yaitu ... .
A. ditujukan untuk siswa | |
B. memiliki tahap-tahap | |
C. sistematis | |
D. pendekatan sistem |
34. Salah satu prinsip dalam menyusun RPP adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A. tujuan pembelajaran khusus | |
B. standar kompetensi | |
C. kompetensi dasar | |
D. indikator pencapaian kompetensi |
36. Menurut model PPSI, alat evaluasi dikembangkan setelah ... .
A. menentukan materi pelajaran | |
B. mengembangkan program kegiatan | |
C. menetapkan kegiatan belajar | |
D. merumuskan tujuan pembelajaran |
37. Perumuskan indikator merupakan penjabaran dari ... .
A. tujuan pembelajaran umum | |
B. kompetensi dasar | |
C. standar kompetensi | |
D. tujuan pembelajaran khusus |
38. Contoh kemampuan hasil belajar menerapkan adalah ... .
A. Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk-bentuk bangun datar | |
B. Siswa dapat melakukan percobaan dalam menentukan arah angin | |
C. Siswa dapat menyebutkan macam-macam unggas | |
D. Siswa dapat menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan |
39. Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa | |
B. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran | |
C. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran | |
D. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa |
40. Suatu alat evaluasi hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat evaluasi tersebut harus ...
A. dapat mengukur apa yang seharusnya diukur | |
B. memberikan hasil yang dapat dipercaya | |
C. dapat membedakan kemampuan siswa | |
D. mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya |
41. Di suatu kelas, guru sedang membimbing siswa melakukan praktikum untuk membuktikan kandungan zat dari beberapa makanan. Siswa diminta untuk melakukan langkah-langkah secara teliti dan pada akhir pembelajaran siswa dibimbing untuk membuat laporan praktikum. Dengan memperhatikan ilustrasi pembelajaran tersebut, materi yang termasuk kategori prosedur adalah ... .
A. Zat Makanan | |
B. Pembuatan Laporan Praktikum | |
C. Ketelitian dalam Praktikuml | |
D. Langkah-langkah Praktikum |
42. Menyiapkan pokok-pokok materi yang jumlahnya minimal sama dengan jumlah rumusan kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa merupakan penerapa salah satu prinsip pemilihan materi pelajaran yaitu prinsip ... .
A. Relevenasi | |
B. Mutakhir | |
C. Kecukupan | |
D. Konsistensi |
43. Dalam mata pelajaran IPA, guru tidak saja menjelaskan tentang tumbuhan tetapi juga menunjukkan tanaman asli yang dibawa ke kelas. Membawa tanaman ke kelas dalam pembelajaran IPA mempunyai manfaat ... .
A. memberikan pengalaman belajar yang bervariasi | |
B. memenuhi minat siswa yang bervariasi | |
C. membentuk sikap siswa | |
D. memperlihatkan objek yang terlalu kecil atau besar |
44. Dalam suatu pelajaran guru menyuruh siswa ke perpustakaan untuk menonton tayangan terjadinya tsunami di Aceh. Guru tersebut dalam proses mengajar telah menggunakan media. Media yang digunakan adalah ... .
A. karakteristik media | |
B. tujuan pembelajaran | |
C. karakteristik siswa | |
D. situasi dan kondisi kelas |
46. Pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD dengan topik ”demam berdarah”, guru menugaskan siswa untuk melakukan wawancara terhadap beberapa warga akibat dan sumber terjadinya demam berdarah , yang dilakukan guru adalah memberikan pengalaman belajar dalam hal ....
A. mengembangkan keterampilan berpikir | |
B. membangun sikap sosial | |
C. memperoleh informasi | |
D. mengembangkan minat |
47. Dalam merancang pengalaman belajar, guru yang baik selalu berusaha menerapkan metode yang sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa agar siswa senang, semangat, dan merasa mudah dalam mempelajari suatu materi pelajaran, kegiatan yang dilakukan guru sesuai dengan prinsip ... .
A. mengaktifkan siswa | |
B. memberikan kepuasan | |
C. variasi pengalaman belajar | |
D. kesesuaian |
48. Pak Ali akan membahas topik “Binatang Air” dalam pelajaran IPA dengan mengajak siswa mengunjungi kebun binatang. Yang menjadi pertimbangan pak Ali dalam menentukan kegiata ini adalah agar siswa dapat melihat langsung berbagai jenis binatang air. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih metode mengajar adalah ... .
A. kemampuan siswa | |
B. karakteristik materi pelajaran | |
C. kemampuan guru | |
D. kondisi kelas |
49. Mendayagunakan berbagai sumber belajar, dan memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab merupakan prinsip penggunaan dari metode ... .
A. ceramah | |
B. resitasi | |
C. tanya jawab | |
D. diskusi |
50. Kegiatan yang dilakukan guru pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran yang menerapkan metode tanya jawab adalah ... .
A. menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat | |
B. menanggapi kesimpulan sementara yang dihasilkan setiap kelompok | |
C. meminta siswa melaporkan hasil pengerjaan tugas yang diberikan | |
D. menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas atau dibandingkan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar