PGSD4409 - Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Mata kuliah ini menggambarkan secara
umum hakikat keluarbiasaan serta karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak luar biasa. Anak luar biasa masih merupakan istilah yang dipergunakan sampai saat ini, meskipun secara perundangang dan wacana yang berkembang dewasa ini peristilahan tersebut nampaknya perlu ditinjau kembali.
Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) yang terbaru, peristilahan Pendidikan Luar Biasa telah diganti dengan Pendidikan Khusus. Ini mengandung konsekuensi terhadap penggunaan istilah baik kelembagaan maupun subyek peserta didik. Demikian pula halnya dengan wacana yang berkembang secara intenasional tentang peristilahan anak luar biasa, yang dewasa ini sering disebut dengan istilah special needs educational children atau anak dengan kebutuhan pendidikan khusus.
Anak luar biasa diartikan sebagai anak yang memiliki kelainan fisik, mental, emosi, sosial atau gabungan dari kelainan tersebut yang sifatnya sedemikian rupa sehingga memerlukan layanan pendidikan secara khusus.
1. Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
umum hakikat keluarbiasaan serta karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak luar biasa. Anak luar biasa masih merupakan istilah yang dipergunakan sampai saat ini, meskipun secara perundangang dan wacana yang berkembang dewasa ini peristilahan tersebut nampaknya perlu ditinjau kembali.
Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) yang terbaru, peristilahan Pendidikan Luar Biasa telah diganti dengan Pendidikan Khusus. Ini mengandung konsekuensi terhadap penggunaan istilah baik kelembagaan maupun subyek peserta didik. Demikian pula halnya dengan wacana yang berkembang secara intenasional tentang peristilahan anak luar biasa, yang dewasa ini sering disebut dengan istilah special needs educational children atau anak dengan kebutuhan pendidikan khusus.
Anak luar biasa diartikan sebagai anak yang memiliki kelainan fisik, mental, emosi, sosial atau gabungan dari kelainan tersebut yang sifatnya sedemikian rupa sehingga memerlukan layanan pendidikan secara khusus.
1. Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
A. anak normal | |
B. anak seusianya | |
C. Saudara- saudaranya | |
D. teman- temannya |
Anak luar biasa mempunyai sesuatu yang luar biasa secara signifikan membedakannya dengan anak normal.(A)
2. Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah....
2. Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah....
A. kecerdasan rendah | |
B. tunanetra | |
C. tunaganda | |
D. tunalaras |
Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah kecerdasan rendah.(A)
3. Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah....
3. Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah....
A. virus rubela | |
B. proses kelahiran | |
C. Posnatal | |
D. salah minum obat |
Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran termasuk posnatal.(C)
4. Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali....
4. Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali....
A. shock | |
B. menerima kenyataan | |
C. malu | |
D. sebagai anugerah |
Karena keluarbiasaan yang disandang anak bukan sebagai anugerah.(D)
5. Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
5. Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
A. sikap | |
B. berkomunikasi | |
C. mobilitas | |
D. pengembangan keterampilan. |
Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam berkomunikasi anak.(B)
6. Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek....
6. Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek....
A. sosial emosional | |
B. fisik | |
C. kesehatan | |
D. pendidikan |
Kendekatan dengan seorang teman termasuk masalah- masalah sosialisasi, karena itu tergolong dalam kebutuhan sosial emosional.(A)
7. Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini, kecuali....
7. Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini, kecuali....
A. bersosialisasi | |
B. mendapat pekerjaan | |
C. memanfaatkan fasilitas umum | |
D. mentaati peraturan yang berlaku |
Mentaati peraturan yang berlaku merupakan kewajiban.(D)
8. Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
8. Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
A. menumbuhkan potensi anak | |
B. melayani kebutuhan pribadi | |
C. pemenuhan kebutuhan | |
D. pengguna layanan |
Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk menumbuhkan potensi anak.(A)
9. Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali....
9. Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali....
A. kesehatan | |
B. emosional | |
C. kebutuhan pendidikan | |
D. berperilaku sopan dan santun |
Option D tergolong kewajiban penyandang ALB.(D)
10. Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun....
10. Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun....
A. 1901 | |
B. 19088 | |
C. 1928 | |
D. 1945 |
Tahun 1901 institut tunanetra didirikan.(A)
11. Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
11. Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
A. anak normal | |
B. anak seusia | |
C. saudaranya | |
D. teman - temannya |
Proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan penyediaan pendidikan bagi ALB di sekolah yang sama dengan anak normal.(A)
12. Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sama dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model....
12. Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sama dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model....
A. layanan di sekolah biasa | |
B. sekolah biasa dengan guru konsultan | |
C. sekolah biasa dengan ruang sumber | |
D. sekolah khusus ALB |
Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model guru PLB sebagai konsultan.(B)
13. Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
13. Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
A. mandiri | |
B. kolaborasi | |
C. pereodik | |
D. berkesinambungan |
Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan secara bekerjasama dalam membantu ALB.(B)
14. Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
14. Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
A. Moh Yamin | |
B. Erancoya | |
C. Clark | |
D. teman |
Anak berbakat anak yang memiliki skor IQ 130 – 140.(D)
15. Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
15. Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
A. sosial | |
B. fisik | |
C. akademik | |
D. emosional |
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi akademik.(C)
16. Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
16. Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien | |
B. membutuhkan kepedulian masyarakat | |
C. pengembangan aset bangsa | |
D. emosional |
Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien.(A)
17. Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
17. Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
A. Pengajaran semua matapelajaran di sekolah | |
B. penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya. | |
C. meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas | |
D. membina terciptanya anak unggulan |
Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah harus menguasai sistem konseptual.(B)
18. Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
18. Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
A. mengadakan kelas pengayaan | |
B. menggunakan guru konsultan | |
C. sekolah umum | |
D. studi mandiri |
Option C bukan merupakan jawaban yang sesuai.(C)
19. Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
19. Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
A. percepatan/ akselerasi siswa | |
B. studi mandiri | |
C. menggunakan guru konsultan | |
D. menggunakan ruangan sumber belajar. |
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan melalui percepatan/ akselerasi siswa.(A)
20. Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
20. Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
A. 20/20 - 20/50 feet | |
B. 60/60 - atau 20/200 feet | |
C. virus o | |
D. 6/20 atau 20/70 feet |
Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision) memiliki ketajaman 20/20 - 20/50.(A)
21. Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
21. Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
A. edukatif | |
B. sosial | |
C. medis | |
D. pribadi |
Pencegahan dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini.(C)
22. Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
22. Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
A. emosi | |
B. curiga pada orang lain | |
C. kepekaan terhadap lingkungan | |
D. ketergantungan pada orang lain |
Dini mengalami gangguan serius pada kepekaan pada lingkungan.(C)
23. Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek....
23. Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek....
A. Fisik | |
B. motorik | |
C. sosial | |
D. akademis |
Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek motorik.(B)
24. Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan....
24. Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan....
A. tali temali | |
B. bermain bola | |
C. membaca dan menulis huruf braille | |
D. menulis huruf latin |
Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah memberikan latihan membaca dan menulis huruf braille.(C)
25. Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian....
25. Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian....
A. luar dan tengah | |
B. tengah dalam dan syaraf pendengaran | |
C. tengah | |
D. dalam saja |
Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian luar dan tengah.(A)
26. Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali....
26. Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali....
A. rubela | |
B. meningtis | |
C. tympanisclerosis | |
D. trauma akustik |
Tunarungu tympanisclerosis terjadi disebabkan faktor konduktif.(C)
27. Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
27. Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
A. konduktif | |
B. sensor | |
C. endogen | |
D. eksogen |
Ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe konduktif yaitu kerusakan telinga tengah.(A)
28. Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek...
28. Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek...
A. akademis | |
B. sosial | |
C. kesehatan | |
D. fisik |
Anak tunarungu lebih dekat dengansesama anak tunarungu lainnya karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek sosial.(B)
29. Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan....
29. Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan....
A. pendidikan yang sama dengan anak normal. | |
B. memperbanyak pelajaran praktek | |
C. akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya. | |
D. latihan, administrasi |
Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan secara akademis untuk mengurangi dampak kelainannya.(C)
30. Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
30. Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
A. oral | |
B. membaca ujaran | |
C. manual ( isyarat) | |
D. komunikasi total |
Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode komunikasi total.(D)
31. Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
31. Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
A. kretin | |
B. hydrocephal. | |
C. microcephal | |
D. Macrocephal |
Microcephal memiliki ukuran kepala yang kecil.(C)
32. Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
32. Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
A. infeksi dan keracunan | |
B. faktor bawaan | |
C. kerusakan gen | |
D. kelainan kromoson |
Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan tidak disebabkan oleh terjangkitnya penyakit dan keracunan selama janin masih dalam kandungan.(A)
33. Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
33. Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
A. penyuluhan genetik | |
B. diagnostik prenatal | |
C. pemeliharaan kesehatan | |
D. sanitasi lingkungan |
Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara mengkomunikasikan berbagai informasi mengenai masalah genetika.(A)
34. Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
34. Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
A. ringan | |
B. sedang | |
C. berat | |
D. sangat berat |
Tunagrahita ringan mencapai kematangan belajar membaca dicapai pada usia 12 tahun.(A)
35. Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
35. Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
A. ringan | |
B. sedang | |
C. berat | |
D. sangat berat |
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serdapat bergaul di masyarakat merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita ringan.(A)
36. Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
36. Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
A. berkesempatan bergaul dengan anak normal | |
B. pergaulan lebih spesifik | |
C. lebih konsentrasi dalam belajar. | |
D. lahir dari rasa rendah diri |
Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita adalah pergaulan dengan anak normal merupakan latihan hidup yang sebenarnya.(A)
37. Anak tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
37. Anak tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
A. mudah tersinggung | |
B. mudah marah | |
C. keterbelakangan mental | |
D. ketidakmampuan bicara |
Anak tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala mengalami keterbelakangan mental.(C)
38. Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hal....
38. Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hal....
A. mematangkan moral | |
B. meningkatkan ekspresi diri | |
C. membantu perkembangan fisik | |
D. mematangkan aspek sosial |
Meningkatkan ekspresi diri melalui kesenian, keterampilan, dan kerajinan.(B)
39. Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
39. Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
A. 25 menit | |
B. 30 menit | |
C. 45 menit | |
D. 50 menit |
Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah 30 menit.(B)
40. Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
40. Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
A. perencanaan kegiatan belajar mengajar | |
B. prinsip multi sensori | |
C. prinsip individual | |
D. fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus |
Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah dalam perencanaan kegiatan belajar mengajar.(A)
41. Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
41. Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A. fisik | |
B. emosional | |
C. akademik | |
D. sosial |
Dari segi akademik anak tuna laras memiliki pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata.(C)
42. Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
42. Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A. memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup | |
B. memberi hukuman | |
C. menjelaskan perilaku yang akan diubah | |
D. mengatakan perilaku yang akan diterima |
Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup. (A)
43. Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
43. Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
A. perhatian | |
B. berbahasa | |
C. motorik | |
D. kesulitan membaca |
Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan kesulitan membaca.(D)
44. Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
44. Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A. akademik | |
B. perkembangan | |
C. pertumbuhan | |
D. motorik |
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang akademik.(A)
45. Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
45. Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
A. hiperaktif | |
B. gangguan persepsi motorik | |
C. kesulitan menyesuaikan diri | |
D. gangguan bicara dan mendengar |
Option C kurang mampu menyesuiakan diri bukan karakteristik anak berkesulitan belajar.(C)
46. Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
46. Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
A. kemampuan membaca | |
B. prosedur bimbingan membaca | |
C. pendekatan remidial membaca | |
D. membantu siswa membaca pemahaman |
Tujuan asesmen kemampuan membaca dengan pengelompokan anak secara tepat sehingga belajar lebih efektif dan efisien.(A)
47. Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
47. Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A. semi konkrit - konkrit - abstrak | |
B. konkrit - semi konkrit - abstrak | |
C. konkrit | |
D. abstrak - semi konkrit - konkrit |
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat konkrit - semi konkrit - abstrak.(B)
48. Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
48. Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
A. memeriksa riwayat hidup siswa | |
B. mencatat nama siswa yang mengalami kelainan | |
C. melakukan identifikasi | |
D. melakukan wawancara |
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah melakukan identifikasi.(C)
49. Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
49. Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
A. evaluasi | |
B. wawancara | |
C. diagnosa | |
D. identifikasi |
Tindakan yang dilakukan guru tersebut merupakan identifikasi anak berkesulitan belajar.(D)
50. Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
50. Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A. menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak. | |
B. untuk pengembangan potensi yang optimal | |
C. setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru. | |
D. setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar