IDIK4008 - Penelitian Tindakan Kelas. Mata kuliah ini membekali, mahasiswa Program
S1 PGSD membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal, desain penelitian,berbagai cara penarikan sampel, dan pengembangan instrumenpenelitian, pentingnya kaitan antara masalah penelitian, tujuan penelitian, hipotesis, dan analisis data; proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi penulisan laporan penelitian dan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas penelitian beserta manfaatnya, baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengambilan keputusan. Untuk itu mahasiswa diharapkan dapat mengkaji modul, mengerjakan latihan mandiri online, mengikuti tutorial online (tuton), dan mengikuti tutorial tatap muka. Kemampuan mahasiswa terhadap mata kuliah ini diukur melalui ujian akhir semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis dan tugas tutorial dalam bentuk tes uraian dan/atau kinerja.
1. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
S1 PGSD membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal, desain penelitian,berbagai cara penarikan sampel, dan pengembangan instrumenpenelitian, pentingnya kaitan antara masalah penelitian, tujuan penelitian, hipotesis, dan analisis data; proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi penulisan laporan penelitian dan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas penelitian beserta manfaatnya, baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengambilan keputusan. Untuk itu mahasiswa diharapkan dapat mengkaji modul, mengerjakan latihan mandiri online, mengikuti tutorial online (tuton), dan mengikuti tutorial tatap muka. Kemampuan mahasiswa terhadap mata kuliah ini diukur melalui ujian akhir semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis dan tugas tutorial dalam bentuk tes uraian dan/atau kinerja.
1. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. McTaggard | |
B. Carr dan Kemmis | |
C. Rochman | |
D. Schmuck |
Carr dan Kemmis : Penelitian tindakan kelas adalah suatu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melelui refleksi diri. (B)(1.4)
2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
A.berbasis refleksi diri | |
B. metode yang longgar dan fleksibel | |
C. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru | |
D. disesuaikan dengan kemampuan guru |
Self reflective inquiry maksudnya berbasis hasil pengamatan dan renungan guru.(C)(1.6)
3. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
3. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
A. sampel representatif | |
B. sampel purposif | |
C. sampel acak | |
D. kasus khusus yaitu kelas |
Sampel dalam PTK adalah kasus khusus yaitu kelas. PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri(D)(1.10)
4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
A. teori belajar yang akan diuji | |
B. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan | |
C. perbaikan hasil belajar siswa | |
D. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian |
hasil akhir yang ingin dicapai guru melalui PTK adalah terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil belajar siswa. Hasil akhir PTK adalah perbaikan hasil belajar siswa.(C)(1.10)
5. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
5. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
A. kemampuan guru di bidang instruksional | |
B. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan | |
C. daya inovasi pada diri guru | |
D. kualitas pembelajaran di kelas |
Manfaat PTK bagi sekolah adalah kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan.(B)(1.27)
6. Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
6. Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
A. peneliti | |
B. validitas | |
C. metodologi | |
D. instrumen |
Keterbatasan PTK antara lain : validitas PTK dan generalisasi, (D)(1.27)
7. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
7. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A. dukungan dari pihak sekolah | |
B. kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya | |
C. pengawasan dari Kepala Sekolah | |
D. kerjasama antar personil sekolah |
Persyaratan PTK : Sekolah harus memberikan kebebasan kepada gurumelakukan PTK; Birokrasi dan hierarki di sekolah hendaknya diminimalkan; Sekolah semestinya mempertanyakan apa yang diinginkan bagi sekolahnya; PTK mempersyaratkan keterbukaan semua staf untuk membahas masalah yang dihadapi; Sikap kepala sekolah dan staf harus menunjang adanya pembaharuan; Guru memiliki rasa percaya diri yang tinggi; Kepala Sekolah tidak harus melakukan pengawasan. guru cukup menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan PTK di kelasnya (C)(1.29)
8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
A. perumusan masalah | |
B. identifikasi masalah | |
C. analisis masalah | |
D. pembatasan masalah |
Langkah awal PTK adalah identifikasi masalah. identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat pertanyaan penelitian (B)(2.5)
9. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
9. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
A. melakukan refleksi | |
B. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa | |
C. berdiskusi dengan teman sejawat | |
D. melakukan studi banding ke sekolah lain |
Langkah menganalisis masalah : mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa seperti daftar hadir, daftar nilai, tugas-tugas yang diberikan, feedback, dalam konteks PTK analisis masalah tidak perlu studi banding. walaupun hal ini dapat juga dilakukan (D)(2.8)
10. Hipotesis tindakan adalah ....
10. Hipotesis tindakan adalah ....
A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan | |
B. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan | |
C. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan | |
D. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian |
Hipotesis tindakan adalah dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan.(C)(2.10)
11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ...
11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ...
A. menentukan metode pengolahan data yang tepat | |
B. mempersiapkan diri sebagai peneliti | |
C. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST) | |
D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian |
Langkah awal pelaksanaan PTK : menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST);Menyiapkan fasilitas pendukung; Menyiapkan cara merekam dan mengnalisa data; Mensimulasikan pelaksanaan tindakan.(C)(2.12)
12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
A. tanpa penafsiran | |
B. langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti | |
C. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera) | |
D. yang membutuhkan penafsiran |
13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
A. terfokus | |
B. sistematis | |
C. terstruktur | |
D. terbuka |
Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi sistematis. suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi digunakan observasi sistematis karena dibutuhkan kategori yang lebih sistematis.(B)(2.25)
14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A. wawancara | |
B. studi dokumen kelas | |
C. pengisian kuesioner | |
D. survai |
Selain observasi pengumpulan data dapat dilakukan dengan catatan harian, rekaman, angket, dan wawancara. survai tidak dapat dilakukan di kelas, karena PTK adalah penelitian khusus tentang kelas. bukan melihat kondisi kelompok sosial tertentu.(D)(2.29)
15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
A. sebelum menyusun proposal | |
B. sesudah mengidentifikasi masalah | |
C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan | |
D. sesudah melakukan upaya perbaikan |
Langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya. (D)(2.33)
16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya | |
B. merevisi pedoman observasi | |
C. menyusun proposal PTK | |
D. menentukan metode yang akan digunakan |
Perencanaan dan tindak lanjut adalah menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya.(A)(2.34)
17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
A. kenakalan remaja | |
B. disiplin belajar | |
C. interaksi belajar | |
D. prestasi belajar |
Siswa malas mengerjakan tugas termasuk domain disiplin belajar.(B)(3.5)
18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa | |
B. guru mampu untuk melaksanakannya | |
C. relevan dengan pengembangan sekolah | |
D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah. |
Kriteria masalah : Jangan memilih masalah yang anda tidak kuasai; Ambil topik yang skalanya kecil dan terbatas; Pilih masalah yang paling penting bagi anda dan siswa; Usahakan dapat dikerjakan secara kolaboratif; Kaitkan masalah dengan prioritas pengembangan sekolah.(D)(3.6)
19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
A. melakukan kajian dokumen kelas | |
B. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas | |
C. mewawancarai siswa | |
D. memberikan tes formatif |
Langkah pertama bagi guru peneliti adalah melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas. Karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.(B)(3.8)
20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
A. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran? | |
B. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak? | |
C. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini? | |
D. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya? |
Justru guru harus merumuskan permasalahan yang ada di kelasnya dengan menkaji/melihatnya dari aspek strategi, metode atau dari siswanya sendiri.(C)
21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan | |
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan | |
C. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini | |
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat |
Alternatif tindakan tidak bisa dilakukan dengan mengkopi hasil PTK sejawat, karena permasalahan setiap kelas/individu adalah spesifik dan tidak dapat digeneralisasikan.(D)
22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A. tujuan perbaikan | |
B. TIU | |
C. TIK | |
D. Kegiatan pembelajaran |
Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir tujuan perbaikan.(A)(3.29)
23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
A. mempelajari proposal PTK | |
B. melakukan simulasi perbaikan | |
C. berdiskusi dengan rekan sejawat | |
D. memvalidasi RPP |
Membuat skenario pembelajaran; Mempersiapkan fasilitas sarana; menyusun RPP lengkap dan melakukan simulasi pembelajaran.(B)(3.32)
24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah | |
B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian | |
C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya | |
D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru |
Proposal yaitu rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya. (C)(3.40)
25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
A. relasi antar-guru kelas | |
B. kerjasama antar pihak-pihak terkait | |
C. persamaan persepsi | |
D. citra guru sebagai peneliti |
Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnya. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.(B)(4.16)
26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan | |
B. sudah berhasil | |
C. belum menunjukkan perbaikan | |
D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan |
kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.SikluS 1 belum tidak memperlihatkan dampak yang signifikan.(C)(4.33)
27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
A. ordinal | |
B. kuantitatif | |
C. kualitatif | |
D. numerik |
Data yang dikumpulkan guru yang juga berperan sebagai peneliti disebut data kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis tentang sikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.(C)(5.9)
28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian | |
B. grafik histogram | |
C. narasi tentang perilaku siswa | |
D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan |
Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.(A)
29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yang disusun sesuai dengan ....
29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yang disusun sesuai dengan ....
A. urutan identifikasi masalah | |
B. pertanyaan penelitian | |
C. temuan penelitian | |
D. hasil analisis data |
tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian..Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yang disusun sesuai dengan pertanyaan penelitian.(B)(5.30)
30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
A. mempertinggi akurasi | |
B. memperoleh hasil yang valid | |
C. memperoleh perbaikan yang optimal | |
D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian |
karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yang optimal.(C)
31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
A. temuan penelitian | |
B. kesimpulan hasil penelitian | |
C. rekomendasi | |
D. saran-saran perbaikan pembelajaran |
Laporan PTK secara spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran.(D)(6.4)
32. Judul PTK harus menggambarkan ....
32. Judul PTK harus menggambarkan ....
A. upaya perbaikan pembelajaran | |
B. masalah pembelajaran | |
C. masalah pendidikan | |
D. perbaikan sistem persekolahan |
PTK adalah jenis penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran di kelas, bukan masalah pembelajaran secara umum, masalah pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.(D)(6.10)
33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikut rambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikut rambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
A. difokuskan pada saripasi penelitian | |
B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian | |
C. disajikan secararuntut, singkatdan padat | |
D. merupakan ringkasan penelitian |
Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi merupakan intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.(D).(6.6)
34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
A. identifikasi masalah | |
B. perumusan masalah | |
C. pendahuluan | |
D. Kesimpulan |
Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di bagian pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.(C)(6.12)
35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
A. estetika | |
B. logika | |
C. kejujuran | |
D. ke-konsistenan (keajegan) |
Peneliti sudah berbohong berarti dia sudah melanggar kode etik peneliti. Kejujuran.(C)(6.25)
36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti | |
B. ungkapan penulis yang memiliki kesatuan ide dan pikiran | |
C. kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru | |
D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis |
Paragraf adalah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru.(C)(6.30)
37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
A. teori-teori yang elevan | |
B. kerangka berpikir | |
C. metodologi | |
D. pertanyaan penelitian atau hipotesis |
Kajian pustaka berisi teori-teori yang elevan, pengalaman nyata hasil penelitian, atau pendapat para pakar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka (C)(6.12)
38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
A. proses sosialisasi laporan ilmiah | |
B. penyebarluasan hasil penelitian | |
C. publikasi temuan ilmiah | |
D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru. |
pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan dapat dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi masalah pembelajaran yangsama.(D)(6.38)
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah | |
B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas | |
C. meningkatnya kredibilitas sekolah. | |
D. meningkatnya intelektualitas staf guru. |
laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas sekolah. menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan akademik.(C)
40. karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai etika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
40. karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai etika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
A. estetika | |
B. logika | |
C. kejujuran | |
D. keajegan |
peneliti telah melanggar kode etik peneliti, Kejujuran.(C)(6.25)
41. Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
41. Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. | |
Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?. | |
Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?. |
1 dan 2 benar.
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat. | |
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat. | |
(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat. |
1, 2, dan 3 benar
43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya? | |
apakah tindakan perbaikan sudah berhasil? | |
apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan? |
2 dan 3 benar
44 Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
44 Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan. | |
suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan. | |
intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat. |
(1) dan (2) benar. Observasi oleh pengamat luar atau nonguru/pengajar difokuskan pada perilaku mengajar guru, suasana kelas dan perilaku siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
45 Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian. | |
melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut. | |
mengidentifikasi temuan penelitian. |
Pernyataan (2) dan (3) benar, karena hasil analisis data adalah untuk mengidentifikasi temuan sementara -melalui refleksi- dalam rangka menentukan apakah perbaikan sudah terjadi atau perlu terus ke siklus 2. Demikian pula hasil analisis data juga dapat dijadikan landasan untuk mencari/mengidentifikasi temuan penelitian baik temuan sementara (apabila belum diperoleh perbaikan) maupun temuan final (apabila sudah dicapai perbaikan pembelajaran.
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa | |
mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan | |
mempelajari dokumen hasil belajar. |
Observasi adalah untuk mendapatkan masukan tentang perilaku siswa dan melihat dampak tindakan perbaikan.1 dan 2 benar.
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa | |
mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa | |
mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa |
Sebagai peneliti PTK guru akan (1) mengamati perilaku siswa sebagai dampak dari tindakan yang diberikan dan (2) mencari penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa. Hal (2) dilakukan untuk mempertajam masalah penelitian karena siswa merupakan salah satu sumber informasi PTK. 1 dan 2 benar.
48. Refleksi pada dasarnya adalah .....
48. Refleksi pada dasarnya adalah .....
mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya | |
merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan | |
merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini |
Opsi (1), (2) dan (3) semuanya benar. Karena refleksi adalah merenung kembali untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menyebabkan munculnya masalah dilanjutkan dengan mencari alternatif hal-hal yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran. Bisa termasuk refleksi:
bertanya pada diri sendiri
mencari alternatif perbaikan
mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan
49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ...
bertanya pada diri sendiri
mencari alternatif perbaikan
mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan
49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ...
menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian. | |
menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian. | |
mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik. |
Opsi 1 (menemukan makna dari hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian) dan 2 (menterjemahkan atau memberi makna hasil pengolahan data) adalah merupakan salah satu bentuk interpretasi data. Jadi, 1 da 2 benar.
50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
A. saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak | |
B. alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian | |
C. usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi |
Saran tindak lanjut dalam PTK dapat direpresentasikan dalam bentuk (i) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian dan (ii) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi. Karena tujuan akhir PTK difokuskan pada mencari alternatif perbaikan dan usulan perbaikan. 2 dan 3 benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar