PDGK4403 - Pendidikan Anak di SD. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat pendidikan
SD, perkembangan kognitif anak usia SD, pengembangan moral dan sosial anak SD, kebutuhan anak SD, proses belajar siswa SD, pendekatan pembelajaran di SD, pengembangan dan inovasi pendidikan di SD, konvensi hak anak, konvensi hak anak dan pendidikan, implikasi konvensi hak anak SD, konsep dasar bimbingan konseling di SD, program bimbingan konseling di SD. Memiliki wawasan tentang hakikat pendidikan di SD, perkembangan, kebutuhan, dan hak-hak anak dengan segala permasalahannya, sehingga dapat menanamkan pada proses pembelajaran dan bimbingan anak di SD.
SD, perkembangan kognitif anak usia SD, pengembangan moral dan sosial anak SD, kebutuhan anak SD, proses belajar siswa SD, pendekatan pembelajaran di SD, pengembangan dan inovasi pendidikan di SD, konvensi hak anak, konvensi hak anak dan pendidikan, implikasi konvensi hak anak SD, konsep dasar bimbingan konseling di SD, program bimbingan konseling di SD. Memiliki wawasan tentang hakikat pendidikan di SD, perkembangan, kebutuhan, dan hak-hak anak dengan segala permasalahannya, sehingga dapat menanamkan pada proses pembelajaran dan bimbingan anak di SD.
1. Sunaryo Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD adalah....
A. proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya | |
B. suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan global | |
C. pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah laku | |
D. pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan |
Proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya merupakan pengertian yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata.(1.5)(A)
2. Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....
2. Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....
A. memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama | |
B. menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat | |
C. memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat | |
D. menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah |
Menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah merupakan tujuan pendidikan di SD.(1.13)(D)
3. Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara adalah....
3. Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara adalah....
A. membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun | |
B. membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku | |
C. mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnya | |
D. memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya |
Fungsi nasionalisasi. Pendidikan harus membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku.(1.21)(B)
4. Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....
4. Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....
A. inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik sentral | |
B. perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat | |
C. setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembang | |
D. prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan |
Menurut Sunaryo prinsip-prinsip perkembangan siswa sd dan kesepadanannya dengan prinsip-prinsip pendidikan sd. perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat.Setiap anak bersifat individual dan berkembang dalam percepatan individual. Semua aspek perkembangan saling berkaitan. Perkembangan terarah dan dapat diramalkan.(1.30)(B)
5. Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
5. Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
A. meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnya | |
B. mengurutkan cerita sesuai kejadian | |
C. mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhana | |
D. mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya |
Tahap Sensorimotor menurut Piaget dimulai sejak umur 0 sampai 2 tahun.
Pertumbuhan kemampuan anak tampak dari kegiatan motorik dan persepsinya yang sederhana. Ciri pokok perkembangannya berdasarkan tindakan, dan dilakukan langkah demi langkah. Kemampuan yang dimiliki antara lain :
Melihat dirinya sendiri sebagai makhluk yang berbeda dengan objek di sekitarnya.
Mencari rangsangan melalui sinar lampu dan suara.
Suka memperhatikan sesuat lebih lama.
Mendefinisikan sesuatu dengan memanipulasinya.
Memperhatikan objek sebagai hal yang tetap, lalu ingin merubah tempatnya.(2.6)(D)
6. Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....
Pertumbuhan kemampuan anak tampak dari kegiatan motorik dan persepsinya yang sederhana. Ciri pokok perkembangannya berdasarkan tindakan, dan dilakukan langkah demi langkah. Kemampuan yang dimiliki antara lain :
Melihat dirinya sendiri sebagai makhluk yang berbeda dengan objek di sekitarnya.
Mencari rangsangan melalui sinar lampu dan suara.
Suka memperhatikan sesuat lebih lama.
Mendefinisikan sesuatu dengan memanipulasinya.
Memperhatikan objek sebagai hal yang tetap, lalu ingin merubah tempatnya.(2.6)(D)
6. Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....
A. kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus | |
B. kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud | |
C. kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihan | |
D. kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus |
Menurut Utami Munandar (1992) Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu pengembangan dan latihan karena masih bersifat dasar. Bakat merupakan usaha dan latihan agar dapat terwujud. Contoh : seseorang yang memiliki potensi bakat musik tetapi tetapi tidak memperoleh kesempatan mengembangkannya, maka bakat musik tidak dapat berkembang dan terwujud dengan baik.(2.12)(B)
7. Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
7. Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
A. dukungan keluarga | |
B. minat anak | |
C. dukungan masyarakat | |
D. minat orang tua |
Faktor dalam diri anak, antara lain faktor fisik dan psikis. Minat, motivasi, dan keuletan anak merupakan faktor dalam diri anak yang menentukan perwujudan bakat.(2.14)(B)
8. Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....
8. Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....
A. Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping | |
B. Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas | |
C. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain | |
D. Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris |
Utami Munandar menerangkan bahwa kreativitas adalah sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibititas), dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci), suatu gagasan. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain merupakan contoh kreativitas pada anak SD.(C)(2.16)
9. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
9. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
A. tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif | |
B. tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif | |
C. kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi | |
D. kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi |
Orang yang kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensi yang tinggi.(2.17)(D)
10. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
10. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
A. memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen | |
B. menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen | |
C. meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing | |
D. mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa |
Dengan menggabungkan antara pemikiran konvergen dengan divergen, siswa akan lebih terasah untuk mencari alternatif jawaban terhadap suatu persoalan.(2.22)(B)
11. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
11. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
A. kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain | |
B. dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya | |
C. aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan | |
D. kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita |
Menurut Goleman, kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi (to manage our emotional life with intelligence); menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya (the appropriateness of emotion and its expression) melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial.(2.37)(A)
12. Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
12. Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A. mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita | |
B. menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya | |
C. mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan | |
D. membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain |
Goleman (1995) mengemukakan 5 norma dari kecerdasan emosional, sebagaimana yang diringkas oleh Salovey berdasarkan pandangan intelegensia pribadi dan Gardner. Kelima norma kecerdasan emosional tersebut adalah pengenalan emosi diri, pengendalian emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan mengendalikan hubungan dengan orang lain.(2.38)(A)
13. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
13. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A. yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik | |
B. cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial | |
C. cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat | |
D. menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya |
Tingkat Pra-Konvensional dari penalaran moral umumnya ada pada anak-anak, walaupun orang dewasa juga dapat menunjukkan penalaran dalam tahap ini. Seseorang yang berada dalam tingkat Pra-Konvensional menilai moralitas dari suatu tindakan berdasarkan konsekuensi nya langsung. Perkembangan moral masih dalam lingkup prakonvensional (4-9 tahun), dengan ciri anak hanya tunduk pada aturan dari luar. Maksudnya, anak belum mampu memandang sebuah aturan berdasarkan nilai-nilai dan manfaat yang terkandung di dalamnya.(D)(3.4)
14. Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
14. Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A. melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial | |
B. anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan | |
C. anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima | |
D. melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan |
Disiplin adalah penting bagi perkembangan anak karena berisi hal-hal yang diperlukan anak. Disiplin akan menambah kebahagiaan, penyesuaian pribadi dan sosial mereka. Beberapa kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah berikut ini.
- Disiplin membuat anak-anak mempunyai perasaan aman tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
- Anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku yang lain tidak diterima.
- Melalui disiplin anak-anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma-norma sosial. Anak-anak berperilaku dengan cara tertentu yang dapat memperoleh pujian, di mana anak-anak mengartikan sebagai dicintai-diterima. Hal ini mendorong anak untuk mengulang perilaku yang baik.
- Anak-anak pun akan mengembangkan kata hati untuk membuat keputusan dan pengendalian dari perilakunya (3.7)(D)
A. penghargaan | |
B. hukuman | |
C. alat untuk membentuk moral | |
D. konsistensi |
Alat untuk membentuk moral :
Pengajaran baik dan buruk perlu ditekankan pada alasan mengapa beberapa pola tingkah laku diterima sementara yang lain tidak, dan penjelasan langsung perlu untuk membantu anak memiliki konsep yang lebih luas.(C)(3.7)
16. Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
Pengajaran baik dan buruk perlu ditekankan pada alasan mengapa beberapa pola tingkah laku diterima sementara yang lain tidak, dan penjelasan langsung perlu untuk membantu anak memiliki konsep yang lebih luas.(C)(3.7)
16. Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A. setiap kali anak melakukan kesalahan | |
B. disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu | |
C. fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi | |
D. dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu |
Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu.(3.9)(B)
17. Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....
17. Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....
A. memberikan hafalan doa harian kepada anak | |
B. menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing | |
C. memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak | |
D. meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa |
Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa.(D)(3.10)
18. Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini adalah untuk....
18. Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini adalah untuk....
A. membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya | |
B. melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial | |
C. melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya | |
D. membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya |
Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya(C)(3.16)
19. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut Hurlock adalah....
19. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut Hurlock adalah....
A. acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi | |
B. kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum | |
C. anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih | |
D. menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi |
Hurlock (1978) mengemukakan beberapa karakteristik kelompok sebaya pada masausia SD, yaitu :
a. Kelompok sebaya dapat dikenal dari namanya, misalnya dari nama jalan atautempat tinggal, di mana anggotanya berasal, dapat pula nama-nama tokoh daribuku, komik atau film, misalnya kelompok Digimon atauPandawa.
b. Untuk menjaga kerahasiahan kelompok, acap kali menggunakan kode-kode rahasia dalam berkomunikasi, misalnya menggunakan kata bahasa sandi.
c. Kadang kala untuk menerima anggota baru diadakan semacam upacara, dimana halini dilakukan agar anggota kelompok merasa diharga
d. Kelompok sebaya sering bertemu di tempat-tempat tertentu, misalnya kelompoksebya perempuan akan sering bertemu di rumah, sementara kelomok sebaya laki-laki di luar rumah.
e. Kegiatan kelompok sebaya biasanya terlibat dalam berbagai kegiatan, misalnyadalam kegiatan olah raga, bermain kelompok, dapat juga kegiatan yang menyesatkan, seperti mencoba merokok(3.18)(A)
20. Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
a. Kelompok sebaya dapat dikenal dari namanya, misalnya dari nama jalan atautempat tinggal, di mana anggotanya berasal, dapat pula nama-nama tokoh daribuku, komik atau film, misalnya kelompok Digimon atauPandawa.
b. Untuk menjaga kerahasiahan kelompok, acap kali menggunakan kode-kode rahasia dalam berkomunikasi, misalnya menggunakan kata bahasa sandi.
c. Kadang kala untuk menerima anggota baru diadakan semacam upacara, dimana halini dilakukan agar anggota kelompok merasa diharga
d. Kelompok sebaya sering bertemu di tempat-tempat tertentu, misalnya kelompoksebya perempuan akan sering bertemu di rumah, sementara kelomok sebaya laki-laki di luar rumah.
e. Kegiatan kelompok sebaya biasanya terlibat dalam berbagai kegiatan, misalnyadalam kegiatan olah raga, bermain kelompok, dapat juga kegiatan yang menyesatkan, seperti mencoba merokok(3.18)(A)
20. Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A. anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya | |
B. kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan | |
C. kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu | |
D. kemampuan untuk memahami arti dari situasi sosial |
Diskriminasi sosial adalah kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkn tanda -tanda tertentu.(C)(3.22)
21. Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
21. Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
A. mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya | |
B. keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni | |
C. penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyak di bidang olah raga | |
D. perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan |
Ibu dan ayah berperan dalam perkembangan gender anak. Ayah merupakan bagian penting dalam perkembangan gender anak, karena ayah cenderung bereaksi secara beberda pada laki-laki maupun perempuan. Orang tua lebih mengharapkan laki-laki lebih mandiri daripada permpuan.(D)(3.28)
22. Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
22. Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A. obesitas | |
B. malnutrisi | |
C. kekurangan makanan | |
D. kekurangan waktu istirahat |
Ciri anak yang mengalami malnutrisi adalah anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah.(B).(4.9)
23. Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
23. Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A. kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah | |
B. kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu | |
C. anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran | |
D. kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak |
Akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu anak menjadi rewel atau mudah marah.(A)(4.18)
24. Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
24. Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A. terpenuhinya kebutuhan fisik | |
B. dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya | |
C. meningkatkan harga diri | |
D. terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman |
Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida, lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri ditandai dengan keadaan dimana manusia mampu menggunakan seluruh bakat dan potensinya serta tidak ada kepribadian yang menyimpang.(B)(4.25)
25. Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada anak SD adalah....
25. Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada anak SD adalah....
A. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah | |
B. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar | |
C. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni | |
D. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya |
Option C merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri.(C)(
26. Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
26. Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A. tantangan | |
B. rasa ingin tahu | |
C. kontrol | |
D. fantasi |
Berbagai aktivitas yang menantang dapat dapat memotivasi siswa secara intrinsik. Tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa tantangan.(A)(4.36)
27. Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen adalah....
27. Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen adalah....
A. perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu | |
B. proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi | |
C. perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman | |
D. pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang |
Santrock dan Yussen (1994) mendefinisikan belajar sebagai perubahan yang relatif permanen karena adanya pengalaman.(C)(5.4)
28. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, kecuali....
28. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, kecuali....
A. belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh | |
B. belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral | |
C. aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati | |
D. belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif |
Prinsip prinsip belajar :
Belajar membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh;
Belajar sebagai proses terpadu dan memposisikan anak sebagai titik sentral;
Aktiitas pembelajaran yang diciptakan harus melibatkan anak secara penuh hati;
Belajar sebagai proses terpadu;
Pembelajaran yang diupayakan guru harus mendorong anak untuk belajar secara terus menerus;
Pembelajaran di sekolah harus memberikan kesempatan kepada anak untuk maju;
Belajar sebagai prose yang terpadu.(D)(5.13)
29. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari segi proses adalah....
Belajar membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh;
Belajar sebagai proses terpadu dan memposisikan anak sebagai titik sentral;
Aktiitas pembelajaran yang diciptakan harus melibatkan anak secara penuh hati;
Belajar sebagai proses terpadu;
Pembelajaran yang diupayakan guru harus mendorong anak untuk belajar secara terus menerus;
Pembelajaran di sekolah harus memberikan kesempatan kepada anak untuk maju;
Belajar sebagai prose yang terpadu.(D)(5.13)
29. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari segi proses adalah....
A. masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya | |
B. interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak | |
C. perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar | |
D. masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas |
Faktor proses menggambarkan bagaimana ketiga jenis input tersebut saling berinteraksi satu sama yang lain terhadap aktivitas belajar anak.(B)(5.21)
30. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
30. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika | |
B. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masuk karena sakit | |
C. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas | |
D. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya |
Kesulitan belajar menurut Abin Syamsudin :
Nilai hasil belajar di bawah rata-rata nilai kelas atau kelompoknta;
Nilai belajar tidak sesuai dengan nilai kelas sebelumnya;
Nilai hasil belajar tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya;
Lambat dalam mengerjakan tugas-tugas di kelas;
Menunjukkan sikap yang kurang wajar dan acuh tak acuh;
Menunjukkan tingkah laku yang berkelainan;
Menunjukan gejala emosional yang kurang wajar.(C)(5.32)
31. Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori harus....
Nilai hasil belajar di bawah rata-rata nilai kelas atau kelompoknta;
Nilai belajar tidak sesuai dengan nilai kelas sebelumnya;
Nilai hasil belajar tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya;
Lambat dalam mengerjakan tugas-tugas di kelas;
Menunjukkan sikap yang kurang wajar dan acuh tak acuh;
Menunjukkan tingkah laku yang berkelainan;
Menunjukan gejala emosional yang kurang wajar.(C)(5.32)
31. Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori harus....
A. memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahami | |
B. menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru | |
C. dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnya | |
D. menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat |
Fungsi deskripsi suatu teori harus menggambarkan suatu yang terjadi alam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat.(D)(6.2)
32. Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....
32. Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....
A. proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya | |
B. kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasa | |
C. kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksi | |
D. kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi |
Menurut Keeton dan Tate (Siti Juleha, 2007) Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah roses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya.(A)(6.17)
33. Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
33. Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A. interpersonal | |
B. kinestetik | |
C. Matematika-logika | |
D. intrapersonal |
Gardner (Amstrong, 1994) memetakan kemapauan manusia dalam tujuh kategori :
Kecerdasan bahasa, Matematika-logika, pemahaman ruang, kinestetik, musikal, interpersonal, dan intrapersonal. Kecerdasan intrapersonal adalah pengetahuan tentang diri dan bertindak secara adaptif tas dasar pengetahuan Kecerdasn ini termasuk memiliki gambaran diri akurat tentang suasana hati, , intensitas, keinginan, temperamen, kapasitas disiplin, pemahaman diri, dan harga diri.(D)(6.21)
34. Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal adalah....
Kecerdasan bahasa, Matematika-logika, pemahaman ruang, kinestetik, musikal, interpersonal, dan intrapersonal. Kecerdasan intrapersonal adalah pengetahuan tentang diri dan bertindak secara adaptif tas dasar pengetahuan Kecerdasn ini termasuk memiliki gambaran diri akurat tentang suasana hati, , intensitas, keinginan, temperamen, kapasitas disiplin, pemahaman diri, dan harga diri.(D)(6.21)
34. Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal adalah....
A. program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasa | |
B. pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan | |
C. upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah | |
D. model pendidikan yang terintegrasi |
Pengembangan pendidikan secara vertikal yaitu penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar selain perwujudan pendidikan yang adil dan meratajuga harus memahami keragaman peserta didik dalam aspek kemampuan, pola hidup, dan lingkungan sosial budaya. Aspek pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi menjadi ciri pengembangan vertikal (D)(7.16)
35. Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu kecuali hubungan....
35. Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu kecuali hubungan....
A. reaktif | |
B. proaktif | |
C. responsif | |
D. interaktif |
Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu reaktif, proaktif, dan interaktif.(C)(7.28)
36. Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....
36. Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....
A. mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA | |
B. menggunakan alternative fasilitas belajar | |
C. mengembangkan media yang mahal | |
D. mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah |
Contoh penerapan inovasi di SD adalah mengembangkan metode pembelajaran, menggunakan media dan sumber belajar yang murah dan efektif, mengumpulkan data, membagi wewenang dan tanggung jawab, (7.30)(A)
37. Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....
37. Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....
A. sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang | |
B. tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain | |
C. perjanjian yang mengikat secara yuridis | |
D. sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir |
Hak adalah segala sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir.(D)(8.3)
38. Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku “Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
38. Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku “Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A. mengemukakan pendapat | |
B. dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya | |
C. mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadai | |
D. berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis |
Hak anak menurut Jebb adalah anak harus dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya, harus diasuh, diberi sarana untuk perkembangannya, anak yang kelaparan harus diberi makan, dan dalam keadaan bahaya anak harus diutamakan untuk diselamatkan.(B)(8.12)
39. Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan konvensi hak anak berdasarkan....
39. Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan konvensi hak anak berdasarkan....
A. pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anak | |
B. konvensi induk hak asasi manusia | |
C. komite hak anak PBB | |
D. cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak |
Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan konvensi hak anak berdasarkan Komite Hak Anak PBB (C)(9.4)
40. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan, contohnya....
40. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan, contohnya....
A. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah | |
B. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya | |
C. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya | |
D. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi |
Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah.(A)(9.13)
41. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
41. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
A. 27 | |
B. 28 | |
C. 29 | |
D. 31 |
Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal 28.(B)(9.25)
42. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
42. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A. gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya | |
B. tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan | |
C. pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP | |
D. dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA |
Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA .(D)
43. Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....
43. Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....
A. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran | |
B. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan | |
C. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka | |
D. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah |
44. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
A. guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa | |
B. penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik | |
C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa | |
D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik |
Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa(A)(11.5)
45. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
45. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A. berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa | |
B. memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa | |
C. berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu | |
D. bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak |
Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu.(C)(11.25)
46. Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
46. Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A. memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya | |
B. memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil | |
C. memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak | |
D. memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat |
Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil.(B)(11.38)
47. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
47. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A. buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir | |
B. format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian | |
C. buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali | |
D. buku pribadi dan map siswa |
Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir.(A)(12.13)
48. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
48. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
A. menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD | |
B. mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain | |
C. pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif | |
D. cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah |
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah.(D)(12.19)
49. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
49. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
A. penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus | |
B. menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah | |
C. memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa | |
D. merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan |
Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah.(B)
50. Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
50. Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A. mengulangi presentasi | |
B. menjelaskan ulang kepada peserta | |
C. mencatat perbedaan kesan ini | |
D. mengevaluasi kegiatan presentasi |
Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah mencatat perbedaan kesan ini.(C)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar