Jumat, 19 Oktober 2012

Soal UH Menyusun Percakapan

Bacalah percakapan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1 s.d. 3 !
Endah : "Serius banget, Rin. Buku apa yang sedang kamu baca?"
Rina    : "Buku pengetahuan tentang potensi matahari sebagai sumber energi pengganti."
Endah : "Apakah bisa?"
Rina    : "..."
Endah : "Benar juga, lalu bagaimana caranya?
Rina    : "Sekarang ada alat yang namanya sun seeker. Alat ini dirancang dengan roda khusus 
               di bagianbawahnya sehingga dapat mengikuti pergerakan matahari, dengan begitu, 
                tenaga matahari tersimpan secara maksimal untuk kemudian diubah menjadi 
                energi lain."
Endah  : "Wah, kalau begitu kita tidak perlu khawatir terhadap kelangkaan energi minyak 
               yang  persediaannya sudah menipis." 
1. Tokoh yang melakukan percakapan tersebut yaitu ....
  • a. Endah dan Rini
  • b. Rina dan Endah
  • c. Endah dan Lina
  • d. Endah dan Rino 
Tokoh percakapan di atas adalah Rina dan Endah. 
2. Kalimat yang tepat untuk melengkapi pernyataan tersebut adalah ....
  • a. Lihat! Buku ini bagus, bukan?
  • b. Aku tidak tahu. Aku belum selesai membaca buku ini.
  • c. Tentu bisa. Apalagi di Indonesia tingkat penyinarannya cukup tinggi.
  • d. Kuno banget kamu. Ya bisa saja, dong! 
Jawaban c paling tepat karena sesuai dengan kalimat percakapan sebelum dan sesudahnya. 
3. Topik percakapan tersebut yaitu ....
  • a. penemuan alat sun seeker
  • b. hobi membaca
  • c. potensi matahari sebagai sumber energi pengganti
  • d. persediaan energi minyak yang sudah menipis. 
Topik percakapan tersebut adalah potensi matahari sebagai sumber energi pengganti. 
4. Salah satu kalimat yang diucapkan penerima telepon pada saat menerima telepon adalah 
    ....
  • a. Bagaimana kabarmu di Jakarta?
  • b. Ya. Halo saya Hani. Ada yang bisa saya bantu?
  • c. Selamat malam, bisa bicara dengan Rafi?
  • d. Aku akan datang besok dengan kereta api. 
Kalimat yang tepat diucapkan penerima telepon adalah Ya. Halo saya Hani. Ada yang bisa saya bantu? 
5. Penulisan kalimat langsung yang benar di bawah ini adalah ....
  • a. "Siapa yang tidak hadir?", tanya Pak Guru.
  • b. "Siapa yang tidak hadir?" tanya Pak Guru.
  • c. "siapa yang tidak hadir?" tanya Pak Guru.
  • d. siapa yang tidak hadir? "Tanya Pak Guru." 
Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah: 
"Siapa yang tidak hadir?" tanya Pak Guru. 
6. Penggunaan tanda kurung ( ) yang tidak tepat terdapat dalam kalimat ....
  • a. Di dekat kantor kecamatan akan dibangun Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat)
  • b. Para petani di daerah itu terjerat hutang kepada rentenir (lintah darat)
  • c. Telepon seluler (telepon genggam) sdah bukan barang langka.
  • d. Upacara diikuti oleh (kepala sekolah, bapak ibu guru dan semua siswa) di sekolah itu. 
Tanda kurung ( ) dipakai untuk mengapit tambahan keterangan atau penjelasan. Penggunaan tanda kurung pada opsi d tidak tepat, tanda kurung sebaiknya dihilangkan karena bukan penjelasan atau keterangan tambahan. Perbaikannya sebagai berikut: 
Upacara diikuti oleh kepala sekolah, bapak ibu guru dan semua siswa di sekolah itu. 
7. akibat letusan gunung merapi, tanah di sekitar desa argomulyo menjadi subur.
    Kalimat tersebut jika ditulis dengan menggunakan huruf kapital menjadi ....
  • a. Akibat letusan Gunung merapi, tanah di sekitar desa Argomulyo menjadi subur.
  • b. Akibat letusan Gunung merapi, tanah di sektiar Desa Argomulyo menjadi subur.
  • c. Akibat letusan gunung Merapi, tanah di sekitar desa Argomulyo menjadi subur.
  • d. Akibat letusan Gunung Merapi, tanah di sekitar Desa Argomulyo menjadi subur. 
Huruf kapital digunakan untuk menuliskan unsur-unsur nama geografi. Jika tidak diikuti nama, maka penulisannya tidak menggunakan huruf kapital. Contoh:
1. Kami pernah mendaki Gunung Merapi.
2. Kami pernah mendaki gunung. 
8. Bacalah percakapan di bawah ini !
Hani : "Sin, sudahkah kamu mendengar kabar gembira?"
Sindi : "Kabar apa Han?"
Hani : "Sekolah kita akan mengadakan Persami besok tanggal 2 Mei." 
Inti percakapan di atas adalah ....
  • a. Sindi mendapat kabar gembira dari Hani.
  • b. Rencana sekolah mereka yang akan mengadakan Persami pada tanggal 2 Mei.
  • c. Sindi belum mengetahui kabar gembira.
  • d. Rencana kegiatan sekolah mereka pada bulan Mei. 
Inti percakapan di atas bukan Sindi mendapat kabar gembira dari Hani tapi lebih ditekankan pada kabar yang disampaikan oleh Hani yaitu rencana sekolah mereka yang akan mengadakan Persami pada tanggal 2 Mei. 
9. Susunlah percakapan berikut ini !
(1) "Besok Minggu aku akan berlibur di Water Boom Oa Bong, kamu ikut tidak?"
(2) "Aku sedang memikirkan kegiatan apa yang akan aku lakukan di liburan nanti?"
(3) "Aku ingin sekali ikut, tapi aku harus minta izin ayahku dulu."
(4) "Hai, Fan kamu kamu sedang memikirkan apa, kok melamun?"
Susunan percakapan di atas yang tepat adalah ....
  • a. (3) (2) (1) (4)
  • b. (4) (2) (1) (3)
  • c. (4) (2) (3) (1)
  • d. (3) (2) (4) (1) 
Susunan yang tepat adalah:
(4) "Hai, Fan kamu kamu sedang memikirkan apa, kok melamun?"
(2) "Aku sedang memikirkan kegiatan apa yang akan aku lakukan di liburan nanti?"
(1) "Besok Minggu aku akan berlibur di Water Boom Oa Bong, kamu ikut tidak?"
(3) "Aku ingin sekali ikut, tapi aku harus minta izin ayahku dulu." 

Bacalah percakapan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 10 s.d 12 !
Tifa    : "Saya usulkan agar sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler."
Agus  : "Saya tidak setuju. Itu Cuma buang-buang waktu saja."
Gusta: "Saya setuju. Karena hal itu berguna untuk menambah pengetahuan dan 
              keterampilan."
Tifa    : "Saya juga setuju. Saya usulkan agar diadakan latihan drama atau kesenian."
Allan  : "Kalau saya, olahraga dan Pramuka. Semua peserta diskusi harus setuju dengan 
              pendapat saya."
Tifa   : "Tidak bisa begitu! Semua peserta berhak mengemukakan pendapatnya."  
10. Dalam percakapan di atas, tokoh yang memaksakan pendapatnya adalah ....
  • a. Tifa
  • b. Agus
  • c. Gusta
  • d. Allan 
Jawaban dapat ditemukan pada kalimat yang diucapkan oleh Allan:
"Kalau saya, olahraga dan Pramuka. Semua peserta diskusi harus setuju dengan pendapat saya." 
11. Tokoh pada teks percakapan di atas berjumlah ....
  • a. tiga orang
  • b. empat orang
  • c. lima orang
  • d. enam orang 
Tokoh pada percakapan di atas ada lima orang, yaitu Tifa, Agus, Gusta, dan Alan. 
12. Dalam percakapan di atas, anak yang mengusulkan diadakan latihan drama adalah ....
  • a. Tifa
  • b. Agus
  • c. Gusta
  • d. Allan 
Jawaban dapat ditemukan pada ucapan Tifa: "Saya juga setuju. Saya usulkan agar diadakan latihan drama atau kesenian." 
13. Dari percakapan di atas, yang tidak setuju kalau kegiatan ekstrakurikuler diadakan 
      adalah ....
  • a. Gusta
  • b. Allan
  • c. Agus
  • d. Tifa 
Jawaban dapat ditemukan pada ucapan Agus.
Agus : Saya tidak setuju. Itu Cuma buang-buang waktu saja. 

Bacalah teks dialog berikut dengan seksama!
Sesa (...)  (...)Pak(...) bangsa Indonesia ini terdiri atas berapa provinsi(...)(...)
Pak guru (...)  (...) Ada 33 propinsi(...) Sa(...)(...) 
13. Tanda baca yang tepat untuk mengisi tanda kurung di atas adalah ....
  • a. (:) - (") - (,) - (?) - (")  dan (:) - (") - (,) - (.) - (")
  • b. (:) - (") - (,) - (!) - (")  dan (:) - (") - (,) - (.) - (")
  • c. (:) - (") - (,) - (") - (!) dan (:) - (") - (,) - (") - (.)
  • d. (:) - (") - (,) - (!) - (")  dan (:) - (") - (,) - (.) 
Penulisan kalimat langsung harus menggunakan tanda baca yang benar. 
Contoh: 
Sesa          : "Pak, bangsa Indonesia ini terdiri atas berapa provinsi?"
Pak guru  : "Ada 33 provinsi, Sa." 
14. Bacalah percakapan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 14 !
Reja   : "Mengapa Eli tidak masuk sekolah?"
Dimas: "Ibu Eli sakit keras. Eli menunggunya di rumah sakit."
Reja   : "Sakit parah? Dirawat di mana?"
Dimas: "Ya, sekarang dirawat di rumah sakit." 
Isi percakapan di atas adalah ....
  • a. Ibu Eli di rumah sakit.
  • b. Ibu Eli sakit panas.
  • c. Eli tidak masuk sekolah karena ibunya sakit.
  • d. Ruang perawatan rumah sakit. 
Isi percakapan dapat dicari dari inti percakapan. Inti percakapan tersebut yaitu Eli tidak masuk sekolah. Ia tidak masuk sekolah karena menunggu ibunya yang sakit keras di rumah sakit. Jawaban a, b, dan d kurang tepat karena jawaban tersebut sebagai pendukung atau penjelas dari inti percakapan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar