Jumat, 26 Oktober 2012

Menanggapi Persoalan

Setiap orang pasti pernah mempunyai suatu masalah. Dari majalah, koran, radio, televisi maupun internet, kita dapat mengetahui permasalahan yang terjadi di berbagai tempat. Suatu saat mungkin kita perlu menjelaskan permasalahan yang kita ketahui kepada teman, atau saudara. Mungkin juga suatu saat teman atau saudara kita menceritakan suatu permasalahan yang sedang terjadi, sehingga kita perlu memberikan tanggapan. Bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan atau memberikan tanggapan terhadap suatu persoalan.


Sebelum menanggapi persoalan terlebih dahulu kita harus memahami betul permasalahan   tersebut. Memberikan tanggapan terhadap masalah yang tidak jelas bisa menimbulkan kesalahan, oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memberikan tanggapan atau mengemukakan pendapat, antara lain:
  • 1. Memahami betul inti permasalahan.
  • 2. Permasalahan itu disertai dengan fakta atau data yang jelas.
  • 3. Tanggapan yang diberikan harus memperjelas permasalahan
Jika hal – hal diatas dapat terpenuhi, baru kita memberikan tanggapan terhadap suatu   permasalahan tersebut.

Tanggapan terhadap suatu persoalan dapat berupa anjuran. Kalimat anjuran, yaitu menyatakan suatu harapan agar dilaksanakan. Kalimat anjuran yang baik adalah yang sesuai dengan permasalah, bahasanya santun, dan masuk akal agar dapat membantu memecahkan permasalahan. Kalimat anjuran biasanya diawali dengan kata "sebaiknya" , "seharusnya", atau "lebih baik".

Perhatikan contoh persoalan berikut ini :
  • Sepatu Adi sudah rusak. Adi ingin membeli sepatu baru. Akan tetapi, Adi tidak memiliki uang untuk membeli sepatu.
Kalimat anjuran yang tepat adalah yang sesuai dengan permasalahan, bersifat logis, dan dapat membantu memecahkan masalah. Kalimat anjuran yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas adalah: Sebaiknya kamu menyisihkan uang sakumu untuk ditabung. Kalau sudah terkumpul, kamu baru membeli sepatu. Kalimat anjuran tersebut sesuai dengan permasalahan dan dapat membantu memecahkan masalah. 

  • Panji dibelikan mobil-mobilan oleh ayahnya. Karena senangnya, hampir setiap hari ia bermain. Suatu  hari Pak Guru menyuruhnya mengumpulkan PR Bahasa Indonesia. Ia pun merasa kaget karena lupa  mengerjakannya. 
Kalimat anjuran yang sesuai dengan persoalan di atas adalah : sebaiknya Panji tidak lupa mengerjakan PR.

Soal UH Menanggapi Persoalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar