PAUD4306 - Perkembangan dan Konsep Dasar Pengem-bangan AUD. Mata Kuliah ini
bertujuan untuk membantu mahasiswa sebagai guru Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK) dan Taman Penitipan Anak (TPA) dalam memahami perannya untuk mengembangkan anak-anak seoptimal mungkin melalui proses pendidikan. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat anak usia dini, pembelajaran anak usia dini, pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan anak usia dini, pandangan para ahli tentang pendidikan anak usia dini, hakikat belajar anak usia dini, metodologi pembelajaran anak usia dini, pendekatan belajar aktif, strategi untuk menciptakan belajar aktif, pengenalan dan pemilihan sumber belajar untuk anak usia dini, dan pemanfaatan berbagai sumber belajar untuk anak usia dini.
1. Anak usia dini menurut NAEYC adalah anak usia 0 – 8 tahun yang tercakup dalam lembaga pendidikan berikut, kecuali …
- A.taman penitipan anak
- B. pendidikan prasekolah
- C. sekolah dasar
- D. arena bermain
D. Benar! Arena bermain bukan lembaga PAUD yang direkomendasikan oleh NAEYC dan bisa berada di mana saja.
2. Ani adalah anak perempuan satu-satunya dari empat bersaudara. Ketiga kakaknya sangat aktif dan cukup berkuasa sehingga Ani seringkali harus mengalah dan menurut saja bila diperintah oleh kakak-kakaknya. Perilaku Ani terbawa sampai ke TK. Hal ini menyebabkan Ani mudah dipengaruhi oleh teman-temannya dan dia sering merasa tidak mampu berperan dalam kegiatan kelompok. Perilaku Ani menggambarkan bentuk egosentrisme, yaitu anak merasa. ….
2. Ani adalah anak perempuan satu-satunya dari empat bersaudara. Ketiga kakaknya sangat aktif dan cukup berkuasa sehingga Ani seringkali harus mengalah dan menurut saja bila diperintah oleh kakak-kakaknya. Perilaku Ani terbawa sampai ke TK. Hal ini menyebabkan Ani mudah dipengaruhi oleh teman-temannya dan dia sering merasa tidak mampu berperan dalam kegiatan kelompok. Perilaku Ani menggambarkan bentuk egosentrisme, yaitu anak merasa. ….
- A. inferior
- B. superior
- C. introvert
- D. ekstrovert
A. Benar, Perilaku Ani menggambarkan anak yang merasa inferior, yaitu merasa tidak mampu berperan dalam kelompok dan mudah dipengaruhi teman.
3. Kegiatan Pengembangan pada lembaga PAUD seringkali diulang-ulang, namun anak tidak pernah merasa bosan bahkan sebaliknya semakin senang hingga mereka menguasai suatu keterampilan tertentu. Hal itu merupakan salah satu titik kritis yang harus diperhatikan, yaitu anak usia dini membutuhkan. ….
3. Kegiatan Pengembangan pada lembaga PAUD seringkali diulang-ulang, namun anak tidak pernah merasa bosan bahkan sebaliknya semakin senang hingga mereka menguasai suatu keterampilan tertentu. Hal itu merupakan salah satu titik kritis yang harus diperhatikan, yaitu anak usia dini membutuhkan. ….
- A. bantuan dan penjelasan
- B. latihan dan rutinitas
- C. pembelajaran dan drill
- D. coba-coba dan salah
B. Benar ! Anak membutuhkan latihan dan rutinitas yang berulang untuk dapat menguasai suatu keterampilan.
4. Pendidik di lembaga PAUD tidak dapat menyamaratakan kemampuan semua anak didiknya karena salah satu prinsip perkembangan anak usia dini adalah bahwa perkembangan berlangsung dalam….
4. Pendidik di lembaga PAUD tidak dapat menyamaratakan kemampuan semua anak didiknya karena salah satu prinsip perkembangan anak usia dini adalah bahwa perkembangan berlangsung dalam….
- A. waktu yang bersamaan
- B. pola yang relatif sama
- C. rentang yang bervariasi
- D. arah yang khusus
C. Tepat !, rentang perkembangan anak usia dini sangat bervariasi. Ada yang singkat/cepat dan ada yang lama.
5. Pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD bersifat luwes dan fleksibel. Perencanaan yang telah isiapkan pendidik dapat berubah setiap saat sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi dengan tetap memperhatikan perbedaan individual anak. Hal itu menggambarkan prinsip utama penyelenggaraan PAUD, yaitu berorientasi pada ….
5. Pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD bersifat luwes dan fleksibel. Perencanaan yang telah isiapkan pendidik dapat berubah setiap saat sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi dengan tetap memperhatikan perbedaan individual anak. Hal itu menggambarkan prinsip utama penyelenggaraan PAUD, yaitu berorientasi pada ….
- A. keterpaduan
- B. perkembangan
- C. keilmuan
- D. pengembangan
B. Betul! Perencanaan pembelajaran di lembaga PAUD memang bersifat fleksibel namun tetap memperhatikan perkembangan anak.
6. Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh baik sebagian maupun keseluruhannya sehingga dapat diukur dengan satuan panjang atau satuan berat disebut proses ….
6. Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh baik sebagian maupun keseluruhannya sehingga dapat diukur dengan satuan panjang atau satuan berat disebut proses ….
- A. peningkatan
- B. pertumbuhan
- C. perkembangan
- D. pertambahan
B. Benar, Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh baik sebagian maupun keseluruhannya sehingga dapat diukur dengan satuan panjang atau satuan berat disebut proses pertumbuhan.
7. Terjadinya pertumbuhan menuju pembentukan jasad manusia yang sempurna dan alat-alat tubuh telah terbentuk dan mulai berfungsi disebut masa ….
7. Terjadinya pertumbuhan menuju pembentukan jasad manusia yang sempurna dan alat-alat tubuh telah terbentuk dan mulai berfungsi disebut masa ….
- A. zygot awal
- B. embrio lanjut
- C. fetus lanjut
- D. fetus dini
D. Benar! Pada masa ini terjadi suatu proses yang berlangsung cepat dalam apembentukan sistem organ tubuh.
8. Bahan makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan kecerdasan otak karena asam ini mengandung ….
8. Bahan makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan kecerdasan otak karena asam ini mengandung ….
- A. Hidro Quinon dan DHA
- B. DHA dan EPA
- C. DHA dan lipid
- D. EPA dan ADD
B. Betul! DHA dan EPA merupakan kandungan dalam Omega-3 yang memacu perkembangan otak.
9. Berikut ini adalah ciri-ciri yang diperlihatkan oleh anak-anak pada masa prasekolah, kecuali bahwa anak….
9. Berikut ini adalah ciri-ciri yang diperlihatkan oleh anak-anak pada masa prasekolah, kecuali bahwa anak….
- A. mulai berkenalan dengan lingkungan di luar rumah
- B. sudah dapat menghitung benda di sekitarnya
- C. mampu belajar dengan baik
- D. mulai dapat mengenal orang lain di luar anggota keluarga
B. Benar!, anak memang sudah dapat mengenal konsep berhitung sederhana namun bukan
yang kompleks.
10. Bayi yang baru lahir direkomendasikanuntuk diberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Salah satu alasannya adalah karena dalam ASI terkandung sel makrofag. Fungsi sel ini adalah untuk….
yang kompleks.
10. Bayi yang baru lahir direkomendasikanuntuk diberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Salah satu alasannya adalah karena dalam ASI terkandung sel makrofag. Fungsi sel ini adalah untuk….
- A. membunuh bakteri, fungi dan virus
- B. meningkatkan sumber energi
- C. membentuk struktur otak
- D. mencegah gangguan terhadap kelainan otak
A. Benar ! Sel mikrofaq berfungsi untuk membunuh bakteri, fungi dan virus.
11. Imunisasi yang diberikan hanya sekali pada anak di bawah lima tahun (balita) adalah imunisasi….
11. Imunisasi yang diberikan hanya sekali pada anak di bawah lima tahun (balita) adalah imunisasi….
- A. tetanus
- B. DPT
- C. Polio
- D. Dipteri
D. Tepat, Imunisasi Dipteri diberikan sekali ketika bayi berusia 2 bulan.
12.Pendidikan yang sesuai perkembangan (developmentally Appropriate practice) tergantung pada ststus perkembangan anak dan dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal berikut, kecuali ….
12.Pendidikan yang sesuai perkembangan (developmentally Appropriate practice) tergantung pada ststus perkembangan anak dan dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal berikut, kecuali ….
- A. kekuatan, minat dan kebutuhan tiap anak
- B. pengalaman anak yang bermakna dan bermain sambil belajar
- C. relevan, bertanggung jawab sesuai konteks sosial budaya anak
- D. relevan, fokus dan menitik beratkan pada pengembangan perilaku
D. Tepat, Pendidikan yang sesuai DAP tidak harus relevan, fokus dan menitik beratkan pada pengembangan perilaku saja tetapi seluruh aspek termasuk kemampuan dasar.
13. Perkembangan seorang anak dipengaruhi hal-hal di sekitarnya seperti pekerjaan orang tua, kebijakan pemerintah dan kehidupan rumah tangga orang tuanya. Pengaruh tersebut oleh Bronfrenbrener disebut ….
13. Perkembangan seorang anak dipengaruhi hal-hal di sekitarnya seperti pekerjaan orang tua, kebijakan pemerintah dan kehidupan rumah tangga orang tuanya. Pengaruh tersebut oleh Bronfrenbrener disebut ….
- A. mikrosistem
- B. mesosistem
- C. Ekosistem
- D.makrosistem
C. Benar! Ekosistem meliputi hal-hal di sekitar anak.
14. Seorang anak dapat belajar dengan baik bila anak dalam kondisi tidak terancam dan ia merasa gembira. Hal itu dalam brain based learning termasuk prinsip….
14. Seorang anak dapat belajar dengan baik bila anak dalam kondisi tidak terancam dan ia merasa gembira. Hal itu dalam brain based learning termasuk prinsip….
- A. otak selalu mencari makna atas informasi secara alami
- B. otak memroses informasi secara keseluruhan maupun perbagian secara bersamaan
- C. faktor motivasi belajar tergantung pada kondisi lingkungan
- D. Faktor emosi mempengaruhi proses belajar
D. Tepat, Bila emosi gembira dan tidak terancam, anak akan mudah menyerap informasi.
15. Pendidik di lembaga PAUD harus memperhatikan waktu istirahat untuk anak-anak, karena meskipun anak-anak senang bergerak dan bermain namun tubuh mereka juga membutuhkan waktu untuk relaksasi. Oleh karenanya dalam merencanakan kurikulum perlu diperhatikan….
15. Pendidik di lembaga PAUD harus memperhatikan waktu istirahat untuk anak-anak, karena meskipun anak-anak senang bergerak dan bermain namun tubuh mereka juga membutuhkan waktu untuk relaksasi. Oleh karenanya dalam merencanakan kurikulum perlu diperhatikan….
- A. kesinambungan anak dalam melakukan kegiatan
- B. Keseimbangan anak dalam aktivitas dan istirahat
- C. keseragaman anak dalam aktivitas dan istirahat
- D. keteraturan aktivitas dan istirahat sehari-hari
B. Benar! Keseimbangan anak dalam beraktivitas dan beristirahat harus mendapat perhatian dalam merencanakan kurikulum.
16. Pendidik di lembaga PAUD hrus mengnal anak didiknya secara individual sehingga setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat diketahui dan masalah yang dihadapi anak dapat diatasi dengan segera. Oleh karena itu pendidik di lembaga PAUD perlu memiliki pengatahuan tentang….
16. Pendidik di lembaga PAUD hrus mengnal anak didiknya secara individual sehingga setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat diketahui dan masalah yang dihadapi anak dapat diatasi dengan segera. Oleh karena itu pendidik di lembaga PAUD perlu memiliki pengatahuan tentang….
- A. kurikulum pembelajaran anak usia dini
- B. strategi belajar dan mengajar
- C. tanda-tanda stress pada anak dan cara mengatasinya
- D. ilmu gizi untuk anak usia dini
C. Benar! Pengetahuan tanda-tanda stress pada anak dan cara mengatasinya diperlukan untuk mengetahui perubahan perilaku anak dan bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi anak.
17. Salah satu rambu perencanaan DAP untuk perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah….
17. Salah satu rambu perencanaan DAP untuk perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah….
- A. menyediakan arena bermain yang luas dan menantang
- B. mengenali potensi kreatif dari tiap anak
- C. menanggapi anak dengan cara yang positif dan sensitif
- D. melibatkan anak dalam kegiatan membaca dan bercerita
C. Benar! menanggapi anak dengan cara yang positif dan sensitif untuk perkembangan sosial emosional anak.
18. Anak usia 2 tahun sudah dapat berjalan, namun dia belum dapat memegang bola atau benda-benda dengan baik. Hal itu karena perkembangan motorik bergerak dari….
18. Anak usia 2 tahun sudah dapat berjalan, namun dia belum dapat memegang bola atau benda-benda dengan baik. Hal itu karena perkembangan motorik bergerak dari….
- A. motorik kasar ke motorik halus
- B. tubuh bagian tengah ke arah bagian luar
- C. bagian atas tubuh ke bagian bawah tubuh
- D. motorik kecil ke motorik yang lebih besar
A. Benar! Motorik berkembang dari motorik kasar ke motorik halus.
19. Hal-hal yang mempengaruhi ukuran tubuh antara lain….
19. Hal-hal yang mempengaruhi ukuran tubuh antara lain….
- A. gizi, keamanan, kesehatan dan kelahiran
- B. jenis kelamin, gizi, kelahiran dan suku bangsa
- C. kecerdasan, gizi, kesehatan dan suku bangsa
- D. suku bangsa, keadaan tulang, gizi dan ilmu pengetahuan
C. Benar! kecerdasan, gizi, kesehatan dan suku bangsa, itu mempengaruhi ukuran tubuh.
20. Kegiatan makan bersama dilembaga PAUD kadang-kadang dilakukan dengan cara prasmanan. Kegiatan semacam itu dilakukan untuk melatih anak bagaimana bersilaturahmi atau bagaimana melakukan jamuan untuk tamu atau menjadi tamu yang baik. Contoh tersebut termasuk salah satu fungsi sosial dalam makanan, yaitu fungsi….
20. Kegiatan makan bersama dilembaga PAUD kadang-kadang dilakukan dengan cara prasmanan. Kegiatan semacam itu dilakukan untuk melatih anak bagaimana bersilaturahmi atau bagaimana melakukan jamuan untuk tamu atau menjadi tamu yang baik. Contoh tersebut termasuk salah satu fungsi sosial dalam makanan, yaitu fungsi….
- A. komunikasi
- B. kekuatan
- C. ekonomis
- D. organoleptik
A. Benar! Prasmanan merupakan contoh makanan sebagai fungsi komunikasi.
21. Tingkat daya rusak cacat jasmani pada sikap anak bergantung pada beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah….
21. Tingkat daya rusak cacat jasmani pada sikap anak bergantung pada beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah….
- A. banyaknya kemampuan yang dimilikinya
- B. rasa senasib sepenanggungan yang diterimanya
- C. banyaknya kasih sayang yang didapatnya
- D. rasa belas kasihan yang diterimanya
D. Benar! Semakin banyak orang merasa kasihan padanya maka anak yang cacat akan semakin minder dan mengasihani dirinya sendiri sehingga daya rusaknya semakin tinggi.
22. Di Lembaga PAUD kegiatan pengembangan motorik dirancang dari kegiatan yang paling mudah dan sederhana ke kegiatan yang lebih sukar dan semakin kompleks. Misalnya dari kegiatan jalan pelan – jalan cepat – berlari jarak dekat – berlari cepat dengan jarak yang semakin jauh. Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu prinsip perkembangan motorik, yaitu….
22. Di Lembaga PAUD kegiatan pengembangan motorik dirancang dari kegiatan yang paling mudah dan sederhana ke kegiatan yang lebih sukar dan semakin kompleks. Misalnya dari kegiatan jalan pelan – jalan cepat – berlari jarak dekat – berlari cepat dengan jarak yang semakin jauh. Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu prinsip perkembangan motorik, yaitu….
- A. dimungkinkan untuk dapat ditentukan
- B. cenderung mengikuti pola yang dapat diramalkan
- C. dimungkinkan jika anak sudah matang
- D. cenderung bergantung pada kekuatan otot
A. Benar! Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sangat mungkin untuk dapat ditentukan.
23. Salah satu cara yang digunakan untuk mempelajari keterampilan motorik adalah dengan cara memperhatikan orang lain melakukan keterampilan tertentu. Cara tersebut termasuk dalam ….
23. Salah satu cara yang digunakan untuk mempelajari keterampilan motorik adalah dengan cara memperhatikan orang lain melakukan keterampilan tertentu. Cara tersebut termasuk dalam ….
- A. trial and error
- B. imitation
- C. interaction
- D. true and false
B. Benar! Imitation adalah cara belajar keterampilan motorik dengan cara melihat dan meniru orang lain melakukan keterampilan tersebut .
24. Suatu penyakit mungkin saja akan menyebar dan menular dari satu anak ke anak yang lainnya. Salah satu strategi untuk menghentikannya adalah dengan....
24. Suatu penyakit mungkin saja akan menyebar dan menular dari satu anak ke anak yang lainnya. Salah satu strategi untuk menghentikannya adalah dengan....
- A. menjaga kebersihan, sanitasi dan higienis secara praktis
- B. memberikan imunisasi pada anak secara berkala
- C. melindungi anak-anak dengan asupan gizi yang terbaik
- D. menyediakan obat-obatan dan peralatan kesehatan selengkap mungkin
A. Benar! Untuk menghentikan penyebaran dan penularan penyakit dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, sanitasi, dan higienis secara praktis.
25. Bayi memandang sebuah kaleng bekas susu sebagai benda yang dapat digelindingkan atau dipukul-pukul untuk menghasilkan bunyi. Menurut Piaget dalam skema kognitif, hal yang seperti itu termasuk dalam skema …
25. Bayi memandang sebuah kaleng bekas susu sebagai benda yang dapat digelindingkan atau dipukul-pukul untuk menghasilkan bunyi. Menurut Piaget dalam skema kognitif, hal yang seperti itu termasuk dalam skema …
- A. simbolik
- B. perilaku
- C. operasional
- D. inteligensi
B. Benar! Tindakan bayi tersebut tersebut menggambarkan skema perilaku.
26. Zona dimana kemampuan seorang anak akan dapat berkembang secara optimal apabila diberikan intervensi yang tepat dari orang yang lebih tua disebut ....
26. Zona dimana kemampuan seorang anak akan dapat berkembang secara optimal apabila diberikan intervensi yang tepat dari orang yang lebih tua disebut ....
- A. Zone of Proxima Development
- B. Zone of Proxima Distal
- C. Developmentally Appropriate Practice
- D. Development of Proportion Zone
A. Benar. Zona dimana kemampuan seorang anak akan dapat berkembang secara optimal apabila diberikan intervensi yang tepat dari orang yang lebih tua disebut Zone of Proxima Development.
27. Berikut adalah beberapa alasan mengapa belajar berkolaborasi dianggap sangat efektif bagi anak, kecuali dalam belajar kolaborasi anak ….
27. Berikut adalah beberapa alasan mengapa belajar berkolaborasi dianggap sangat efektif bagi anak, kecuali dalam belajar kolaborasi anak ….
- A. lebih termotivasi ketika mengerjakan masalah secara bersama
- B. dituntut untuk menjelaskan ide masing-masing sehingga mudah dipahami
- C. lebih dapat menggunakan strategi kognitif kualitas tinggi saat bekerja bersama
- D. dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin agar idenya dapat diterima dalam kelompok
D. Benar, Opsi D bukan alasan mengapa belajar berkolaborasi dianggap sangat efektif bagi anak.
28. Anak-anak TK A diajak Ibu Dian menghitung panjang langkah kaki masing-masing menggunakan jengkal secara berkelompok. Menurut Anda, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal konsep ….
28. Anak-anak TK A diajak Ibu Dian menghitung panjang langkah kaki masing-masing menggunakan jengkal secara berkelompok. Menurut Anda, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal konsep ….
- A. urutan
- B. ukuran
- C. bentuk
- D. kelompok
B. Benar! Contoh tersebut menggambarkan kegiatan untuk mengenalkan konsep ukuran.
29. Reno sering berpura-pura membaca dengan menggunakan kalimat sendiri sambil membuka dan menunjuk gambar dalam buku yang dibacanya. Dia mulai mengetahui bahwa setiap cerita yang baik mempunyai alur, yaitu ada bagian awal, tengah dan akhir. Reno juga mulai mengenal kata-kata yang sering didengarnya dan menyadari bahwa dunia dipenuhi dengan huruf-huruf. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan membaca anak usia….
29. Reno sering berpura-pura membaca dengan menggunakan kalimat sendiri sambil membuka dan menunjuk gambar dalam buku yang dibacanya. Dia mulai mengetahui bahwa setiap cerita yang baik mempunyai alur, yaitu ada bagian awal, tengah dan akhir. Reno juga mulai mengenal kata-kata yang sering didengarnya dan menyadari bahwa dunia dipenuhi dengan huruf-huruf. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan membaca anak usia….
- A. 0 – 2 tahun
- B. 2 – 3 tahun
- C. 3 – 4 tahun
- D. 4 – 5 tahun
C. Tepat ! Ilustrasi tersebut memang menggambarkan perkembangan membaca anak usia 3 - 4 tahun.
30. “Sandi, Tolong ambilkan map Ibu guru yang berwarna biru di ruang guru dan berikan kepada Ibu dewi di perpustakaan”. Perintah Ibu Tina kepada Sandi. Dengan cepat anak itu berlari ke ruang guru dan mengambil map warna biru lalu dia berlari kembali menuju perpustakaan dan menyerahkan map tersebut kepada Ibu Dewi. Hal itu menunjukkan bahwa Sandi sudah memahami perintah yang lebih panjang dan kompleks. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran perkembangaaan mendengar anak usia ….
30. “Sandi, Tolong ambilkan map Ibu guru yang berwarna biru di ruang guru dan berikan kepada Ibu dewi di perpustakaan”. Perintah Ibu Tina kepada Sandi. Dengan cepat anak itu berlari ke ruang guru dan mengambil map warna biru lalu dia berlari kembali menuju perpustakaan dan menyerahkan map tersebut kepada Ibu Dewi. Hal itu menunjukkan bahwa Sandi sudah memahami perintah yang lebih panjang dan kompleks. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran perkembangaaan mendengar anak usia ….
- A. Taman Kanak-kanak
- B. kelompok bermain
- C. Toddler
- D. bayi
B. Benar! Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan mendengar anak usia KB .
31. Ibu Lusi adalah pendidik di kelompok bermain. Dia bertanya pada anak didiknya. “ Anak-anak, apa yang tadi pagi kalian lakukan sebelum berangkat ke sekolah?” Kegiatan tersebut dilakukannya karena Ibu Lusi mengetahui bahwa dalam perkembangan bicara anak usia KB sudah dapat....
31. Ibu Lusi adalah pendidik di kelompok bermain. Dia bertanya pada anak didiknya. “ Anak-anak, apa yang tadi pagi kalian lakukan sebelum berangkat ke sekolah?” Kegiatan tersebut dilakukannya karena Ibu Lusi mengetahui bahwa dalam perkembangan bicara anak usia KB sudah dapat....
- A. berbicara dengan gaya bahasa yang baik sesuai kaidah bahasa
- B. berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan fokus
- C. memotivasi diri untuk berani mengemukakan pendapatnya
- D. mendengarkan dan bicara secara sistematis dan tertata rapi
B. Benar! Anak usia KB sudah dapat berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan fokus.
32. Semua benda yang terdapat dalam ruang kelas di Kelompok Bermain Permata mempunyai label yang menunjukkan namanya. Peraturan-peraturan yang berlaku dalam kelompok tersebut juga terpampang di berbagai sudut kelas dalam bentuk tulisan dan gambar. Misalnya: “jangan berlari-lari”, “Cuci tangan sebelum makan”, Letakkan tasmu di sini” dan lain-lain. Ilustrasi tersebut menujukkan salah satu cara mendorong perkembangan …
32. Semua benda yang terdapat dalam ruang kelas di Kelompok Bermain Permata mempunyai label yang menunjukkan namanya. Peraturan-peraturan yang berlaku dalam kelompok tersebut juga terpampang di berbagai sudut kelas dalam bentuk tulisan dan gambar. Misalnya: “jangan berlari-lari”, “Cuci tangan sebelum makan”, Letakkan tasmu di sini” dan lain-lain. Ilustrasi tersebut menujukkan salah satu cara mendorong perkembangan …
- A. mendengar
- B. berbicara
- C. menyimak
- D. menulis
B. Benar sekali! Ilustrasi tersebut menggambarkan kegiatan untuk mendorong perkembangan menulis anak usia KB.
33. Di Lembaga PAUD, pendidik selalu mengawali kegiatan pembelajaran dengan kegiatan bercakap-cakap dengan berbagai topik yang dipilih yang menarik minat anak. Pendidik biasanya akan bertanya mulai dari hal-hal yang terdapat atau terjadi di sekitar anak hingga hal-hal lain yang belum terjadi dan meminta anak-anak untuk berandai-andai. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mendorong perkembangan ….
33. Di Lembaga PAUD, pendidik selalu mengawali kegiatan pembelajaran dengan kegiatan bercakap-cakap dengan berbagai topik yang dipilih yang menarik minat anak. Pendidik biasanya akan bertanya mulai dari hal-hal yang terdapat atau terjadi di sekitar anak hingga hal-hal lain yang belum terjadi dan meminta anak-anak untuk berandai-andai. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mendorong perkembangan ….
- A. berbicara
- B. menulis
- C. mendengar
- D. menyimak
A. Benar! Ilustrasi tersebut menggambarkan kegiatan untuk mendorong perkembangan berbicara anak usia TK.
34. Andi sedang menggambar pemandangan. Dia sudah dapat menggunakan warna sesuai dengan gambar sebenarnya. Bentuk gambarnya juga semakin realistis. Dia memulai gambarnya dengan membuat garis cakrawala yang merupakan batas antara langit dan bumi. Andi berada dalam tahap perkembangan menggambar...
34. Andi sedang menggambar pemandangan. Dia sudah dapat menggunakan warna sesuai dengan gambar sebenarnya. Bentuk gambarnya juga semakin realistis. Dia memulai gambarnya dengan membuat garis cakrawala yang merupakan batas antara langit dan bumi. Andi berada dalam tahap perkembangan menggambar...
- A. abstract
- B. Schematic
- C. preschematic
- D. scribble
B. Tepat! Ciri-ciri gambar Andi termasuk gambar anak pada tahap skematik.
35. Sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di daerah pertanian, mengajak anak-anak ke sawah yang baru dibajak. Kemudian anak-anak diminta untuk mengambil tanah disitu untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Setelah selesai hasil karya anak tersebut dijemur. Setelah kering, hasil karya anak-anak dipajang di sekolah. Kegiatan tersebut merupakan contoh dari penyajian seni berdimensi....
35. Sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di daerah pertanian, mengajak anak-anak ke sawah yang baru dibajak. Kemudian anak-anak diminta untuk mengambil tanah disitu untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Setelah selesai hasil karya anak tersebut dijemur. Setelah kering, hasil karya anak-anak dipajang di sekolah. Kegiatan tersebut merupakan contoh dari penyajian seni berdimensi....
- A. satu
- B. dua
- C. tiga
- D. empat
C. Benar! Kegiatan membentuk dengan tanah liat adalah salah satu bentuk penyajian tiga dimensi.
36. Ibu Leni tidak dapat memaksa anak-anak untuk ikut menyanyi atau menari saat kegiatan tersebut dilaksanakan. Dia harus menunggu hingga anak-anak menunjukkan rasa senang terhadap kegiatan tersebut dengan cara mengajak anak bercerita tentang asyiknya kegiatan tersebut. Ketika rasa senang dan antusiasme anak-anak muncul barulah Ibu Leni mengajak mereka untuk melakukan kegiatan tersebut. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa kegiatan musik dan gerakan bersifat ....
36. Ibu Leni tidak dapat memaksa anak-anak untuk ikut menyanyi atau menari saat kegiatan tersebut dilaksanakan. Dia harus menunggu hingga anak-anak menunjukkan rasa senang terhadap kegiatan tersebut dengan cara mengajak anak bercerita tentang asyiknya kegiatan tersebut. Ketika rasa senang dan antusiasme anak-anak muncul barulah Ibu Leni mengajak mereka untuk melakukan kegiatan tersebut. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa kegiatan musik dan gerakan bersifat ....
- A. spontan
- B. menyenangkan
- C. sukarela
- D. terpimpin
C. Benar! Kegiatan musik dan gerak bersifat sukarela sehingga guru harus menunggu dampai anak-anak itu benar-benar menginginkan untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.
37. Dibanding teman-temannya Dimas memiliki perasaan yang lebih halus. Dia senang sekali melihat suasana kelas yang rapi dan indah. Dia mudah trenyuh jika melihat ada temannya yang bersedih. Ciri-ciri yang ditunjukkan Dimas menunjukkan salah satu ciri anak yang memiliki bakat seni, yaitu ciri ....
37. Dibanding teman-temannya Dimas memiliki perasaan yang lebih halus. Dia senang sekali melihat suasana kelas yang rapi dan indah. Dia mudah trenyuh jika melihat ada temannya yang bersedih. Ciri-ciri yang ditunjukkan Dimas menunjukkan salah satu ciri anak yang memiliki bakat seni, yaitu ciri ....
- A. lebih peka
- B. mudah menangis
- C. tidak sabar
- C. suka menyendiri
A. Benar! Salah satu ciri anak yang memiliki bakat seni adalah memiliki perasaan yang lebih peka.
38. Salah satu tujuan program pendidikan seni pada anak usia dini adalah membiarkan anak-anak tumbuh dan berkembang dengan kecepatan masing-masing. Pendidik dapat saja merencanakan kegiatan untuk merangsang perkembangan potensi anak, namun sebenarnya perkembangan terjadi sesuai dengan diri anak sendiri. Tujuan tersebut adalah ....
38. Salah satu tujuan program pendidikan seni pada anak usia dini adalah membiarkan anak-anak tumbuh dan berkembang dengan kecepatan masing-masing. Pendidik dapat saja merencanakan kegiatan untuk merangsang perkembangan potensi anak, namun sebenarnya perkembangan terjadi sesuai dengan diri anak sendiri. Tujuan tersebut adalah ....
- A. proses bukan produk
- B. kebutuhan anak
- C. berpikir kreatif
- D. kemajuan individual
D. Tepat, dengan membiarkan anak-anak tumbuh kembang dengan sendirinya maka kemajuan anak akan terjadi secara individual.
39. Latihan fisik bagi anak-anak merupakan suatu hal yang menyenangkan dan disukai oleh mereka. Hal ini karena anak-anak kecil....
39. Latihan fisik bagi anak-anak merupakan suatu hal yang menyenangkan dan disukai oleh mereka. Hal ini karena anak-anak kecil....
- A. memperoleh macam-macam kesibukan dan keterampilan motorik baik kasar maupun halus
- B. mudah merasa lelah dan tidak mudah berkonsentrasi sehingga tidak bisa diam
- C. menemukan sesuatu saat mereka melakukan aktivitas untuk masa depannya kelak
- D. menyalurkan seluruh energinya untuk kegiatan fisik dan motorik sepanjang hari
A. benar! Anak senang melakukan kegiatan fisik karena dia memperoleh bermacam kesibukan dan keterampilan motorik.
40. Istilah yang berhubungan dengan personality atau kepribadian dan menunjukkan bagaimana cara seseorang bertingkah laku disebut ....
40. Istilah yang berhubungan dengan personality atau kepribadian dan menunjukkan bagaimana cara seseorang bertingkah laku disebut ....
- A. moralitas
- B. karakter
- C. etika
- D. estetika
B. tepat ! Istilah tersebut memang disebut karakter.
41. Salah satu pokok dalam belajar menjadi orang yang bermoral adalah pengembangan rasa bersalah dan rasa malu. Namun sebelum rasa bersalah dialami oleh seorang anak, mereka harus mengalami empat kondisi, salah satu diantaranya adalah ....
41. Salah satu pokok dalam belajar menjadi orang yang bermoral adalah pengembangan rasa bersalah dan rasa malu. Namun sebelum rasa bersalah dialami oleh seorang anak, mereka harus mengalami empat kondisi, salah satu diantaranya adalah ....
- A. menentukan standar yang sesuai dengan diri dan kebutuhannya
- B. mencari standar yang paling tepat bagi dirinya
- C. bertanggung jawab terhadap penyelewengan dari standar tertentu yang telah disepakati
- D. mampu menilai perilaku orang lain yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
C. benar! Setiap orang harus bertanggung jawab dari penyelewengan terhadap standar yang telah ditetapkan.
42.Dita sangat keras kepala dan tidak memiliki sopan santun. Dia seringkali membentak-bentak ibunya atau pengasuhnya. Dia juga selalu ingin menang sendiri dan tidak peduli pada perasaan orang lain. Ciri-ciri Dito tersebut menunjukkan bahwa dia tidak memiliki kecerdasan ....
42.Dita sangat keras kepala dan tidak memiliki sopan santun. Dia seringkali membentak-bentak ibunya atau pengasuhnya. Dia juga selalu ingin menang sendiri dan tidak peduli pada perasaan orang lain. Ciri-ciri Dito tersebut menunjukkan bahwa dia tidak memiliki kecerdasan ....
- A. emosional
- B. spiritual
- C. natural
- D. moral
D. Benar!, Ciri kecerdasan moral adalah lembut hati dan peduli pada perasaan orang lain.
43.Keluarga merupakan tempat yang paling awal dan efektif untuk mengajarkan kebiasaan yang baik yang perlu dimiliki oleh seorang anak, karena itu keluarga di sebut tempat ....
43.Keluarga merupakan tempat yang paling awal dan efektif untuk mengajarkan kebiasaan yang baik yang perlu dimiliki oleh seorang anak, karena itu keluarga di sebut tempat ....
- A. pertama dan terbaik
- B. pertama dan utama
- C. terakhir dan utama
- D. terakhir dan terbaik
B. Benar! Keluarga adalah tempat yang pertama dan utama.
44. Anak harus mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya, sehingga anak akan belajar dari contoh dan cara orangtua berkomunikasi saat mencurahkan kasih sayang. Hal tersebut termasuk salah satu dari sepuluh ide besar Thomas Lickona dalam membentuk karakter yang baik, yaitu....
44. Anak harus mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya, sehingga anak akan belajar dari contoh dan cara orangtua berkomunikasi saat mencurahkan kasih sayang. Hal tersebut termasuk salah satu dari sepuluh ide besar Thomas Lickona dalam membentuk karakter yang baik, yaitu....
- A. mencintai anak
- B. mendidik untuk mengemban tanggung jawab
- C. menciptakan kebersamaan
- D. mengajarkan keseimbangan
A. Benar! Cinta orang tua pada anaknya memberi kontribusi yang sangat besar terhadap pembentukan karakter anak.
45. Ketika anak melakukan kesalahan, maka pendidik atau orang tua harus memberitahu atau mengajarkan anak untuk mengetahui kesalahannya sehingga anak akan memiliki pembiasaan untuk merasa bersalah dan tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Hal ini termasuk dalam pengembangan....
45. Ketika anak melakukan kesalahan, maka pendidik atau orang tua harus memberitahu atau mengajarkan anak untuk mengetahui kesalahannya sehingga anak akan memiliki pembiasaan untuk merasa bersalah dan tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Hal ini termasuk dalam pengembangan....
- A. rasa simpati
- B. hati nurani
- C. rasa empati
- D. sikap hati-hati
B. Benar! Ilustrasi tersebut termasuk dalam pengembangan hati nurani.
46. Berikut ini beberapa reaksi bayi pada usia 3 atau 4 bulan pertama yang mengisyaratkan keadaan emosi, kecuali....
46. Berikut ini beberapa reaksi bayi pada usia 3 atau 4 bulan pertama yang mengisyaratkan keadaan emosi, kecuali....
- A. terjadinya penurunan gerakan motorik ketika merespon peristiwa yang tak terduga
- B. timbulnya rasa tertekan sebagai respon terhadap kekurangan yang dialami fisiknya
- C. perasaan puas akan muncul ditandai dengan menurunnya ketegangan otot
- D. tangisan akan muncul secara terus menerus dan sulit dikendalikan
D. tepat! Tangisan tidak termasuk reaksi bayi pada usia 3 atau 4 bulan pertama yang mengisyaratkan keadaan emosi.
47. Anak usia Dini kadang tidak harus bicara jika merasakan sesuatu. Mereka dapat menunjukkannya dengan ekspresi wajahnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa keadaan emosi ....
47. Anak usia Dini kadang tidak harus bicara jika merasakan sesuatu. Mereka dapat menunjukkannya dengan ekspresi wajahnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa keadaan emosi ....
- A. merupakan suatu bentuk komunikasi
- B. merupakan aktivitas mental
- C. mempengaruhi interaksi sosial
- D. mewarnai pandangan terhadap diri sendiri
A. Tepat ! Dengan ekspresi wajah anak dapat berkomunikasi dengan orang lain.
48. Dino tampak marah-marah karena kolase yang sedang dikerjakannya tidak kunjung usai, bahkan kolase karyanya semakin berantakan dan potongan kertas yang menempel ditangannya semakin banyak. Ibu guru segera menghampirinya dan mencoba menenangkannya. Ilustrasi tersebut menggambarkan Dino sedang mengalami masalah emosi, yaitu....
48. Dino tampak marah-marah karena kolase yang sedang dikerjakannya tidak kunjung usai, bahkan kolase karyanya semakin berantakan dan potongan kertas yang menempel ditangannya semakin banyak. Ibu guru segera menghampirinya dan mencoba menenangkannya. Ilustrasi tersebut menggambarkan Dino sedang mengalami masalah emosi, yaitu....
- A. malu
- B. terlalu emosional
- C. pemarah
- D. frustrasi
D. Tepat! Karena anak tidak berhasil menyelesaikan tugasnya maka dia mengalami frustrasi.
49. Ketika anak mulai menemukan dan mengenal dunia yang lebih luas di luar dirinya, dia juga mulai menemukan cara lain untuk mengungkapkan perasaannya dan mengingat sesuatu objek tanpa perlu menatapnya.Keterampilan tersebut ditunjukkan oleh anak yang berusia....
49. Ketika anak mulai menemukan dan mengenal dunia yang lebih luas di luar dirinya, dia juga mulai menemukan cara lain untuk mengungkapkan perasaannya dan mengingat sesuatu objek tanpa perlu menatapnya.Keterampilan tersebut ditunjukkan oleh anak yang berusia....
- A. 0 – 3 bulan
- B. 6 – 8 bulan
- C. 9 – 12 bulan
- D. 1 – 3 tahun
B. benar! Keterampilan tersebut dimiliki oleh anak berusia 6-8 bulan.
50. Perasaan yang bergantung dari cara seseorang berpikir dan merasakan tentang dirinya sendiri dan perasaan cinta, saling menghormati dan penerimaan terhadap orang lain. Perasaan tersebut termasuk salah satu perkembangan yang perlu dikembangkan sejak dini, yaitu....
50. Perasaan yang bergantung dari cara seseorang berpikir dan merasakan tentang dirinya sendiri dan perasaan cinta, saling menghormati dan penerimaan terhadap orang lain. Perasaan tersebut termasuk salah satu perkembangan yang perlu dikembangkan sejak dini, yaitu....
- A. harga diri
- B. kontrol diri
- C. emosi diri
- D. konsep diri
A. Tepat ! Perasaan tersebut termasuk dalam perkembangan harga diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar