Sabtu, 11 Januari 2014

Metode Pengembangan Sosial Emosional

PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional. Mata kuliah ini membahas tentang
pentingnya guru PAUD memiliki keterampilan pengembangan sosial emosional peserta didik. Lingkup pembahasan mata kuliah ini mencakup sasaran pengembangan emosi anak di Taman Kanak-kanak, strategi pengembangan emosi, dan metode pengembangan emosi anak. Selanjutnya dibahas pula mengenai sasaran pengembangan sosial si TK. Dalam mata kuliah ini juga akan diberikan contoh-contoh penerapan strategi dan metode pengembangan sosial dan emosianal anak di TK. Semoga dapat membantu anda dalam memahami mata kuliah PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional. Apabila anda ingin menyalin soal latihan ini, gunakan ctrl+u. Untuk mengerjakan soal latihan PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional, silahkan klik tombol di samping opsi jawaban. Selamat Belajar, semoga sukses.




1. Menurut World Book Dictionary emosi didefinisikan sebagai....
A. kecenderungan tindakan
B. berbaga iperasaan yang kuat
C. perasaan dan pikiran khas
D. suasana yang kompleks
2. Tahap terjadinya emosi berupa perubahan pada wajah dan daerah yang dapat diamati disebut....
A. elicitors
C. state
D. expression
D. expression
3. Contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak yaitu....
A. ramah dan penolong
B. takut dan stress
C. sedih dan menangis
D. tertawa dan gemmbira
4. Rasa impulsif dan frustrasi pada anak tergolong kedalam jenis emosi dasar.....
A. gembira
B. marah
C. takut
D. sedih
5. Tugas pengembangan sosial yang berkaitan erat dengan kemampuan memahami orang lain disebut....
A. sikap sosial
B. belajar berkomunikasi
C. belajar berorganisasi
D. sikap kompromi
6 Hakekat manusia sebagai mahluk sosial atau zoon politicon merupakan pandangan yang dikemukakan oleh.....
A. Loree
B. Syamsuddin
C. Muhibin
D. Plato
7. Pendapat berikut ini merupakan pandangan Hurlock mengenai perkembangan sosial, kecuali....
A. belajar bertingkah laku yang diterima oleh masyarakat
B. belajar memainkan peran sosial yang ada dimasyarakat
C. belajar menjai mahluk sosial
D. belajar berperilaku sosial terhadap individu lain.
8. Salah satu karakteristik individu yang bersifat introvert adalah.....
A. kurang suka bergaul
B. senang berteman
C. ramah-tamah
D. aktif
9. Contoh belajar mengorganisasi dalam pengembangan sosial anak yaitu ....
A. belajar berbagi dengan individu lain
B. mengerti dan dimengerti individu lain
C. belajar berbagi peran dalam bermain
D. memahami akibat dari tindakan yang dilakukan
10. Permainan kelompok seperti bermain menirukan aktivitas yang terjadi di pasar adalah contoh tingkatan bermain....
A. solitaire
B. paralel
C. asosiatif
D. kooperatif
11. Berikut merupakan karakteristik pokok reaksi yang diperlihatkan oleh anak, kecuali....
A. sangat kuat
B. berubah pada setiap kondisi
C. bersifat individu
D. selalu sama setiap saat
12. Anxiety atau perasaan cemas merupakan bentuk reaksi emosi yang tergolong sebagai....
A. marah
B. takut
C. cemburu
D. sedih
13. Keinginan anak yang tidak terpenuhi akan memunculkan rekasi emosi....
A. marah
B. takut
C. cemburu
D. sedih
14. Contoh perilaku marah yang bersifat impulsif yaitu....
A. frustrasi
B. agresif
C. menarik diri
D. lesu dan masa bodoh
15. Rasa tidak mampu dan malu melakukan sesuatu tergolong merupakan reaksi takut yang tergolong.....
A. shyness
B. anxiety
C. embarrassment 
D. strange
16. Pemenuhan emosi positif pada anak akan memberi dampak rasa....
A. kecewa
B. sedih
C. aman
D. takut
17. Ciri yang bukan merupakan perkembangan sosial pada periode bayi yaitu....
A. belum mampu membedakan objek dan benda
B. bereaksi terhadap suara yang ramah dan tidak
C. memilih teman bermain
D. tersenyum sosial atau social smiles
18. Kesedihan untuk berbagi dengan orang lain merupakan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak yang berupa....
A. kerjasama
B. persaingan
C. kemurahan hati
D. empati
19. Contoh perilaku pada tahapan a normative stage dalam penerimaan sosial yaitu....
A. kesaman nilai
B. kesamaan harapan
C. kesamaan minat
D. kedekatan mendalam
20. Contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif dalam mengenal perilaku sosial anak yaitu....
A. menyatu dengan lingkungan anak
B. bertindak adil dan bijaksana.
C. mengamati perlaku dan ekspresi anak
D. memprediksi perilaku anak
21. Kemampuan mengamati perkembangan perilaku dan emosional anak disebut sebagai kemampuan....
A. prediksi
B. observasi
C. merekam
D. mencatat 
22. Cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak yaitu.....
A. adil
B. tegas
C. disiplin
D. toleran
23. Contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik seseorang dapat terlihat dari.....
A. benci
B. ekspresi wajah
C. marah
D. kesal
24. Pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak yaitu.....
A. denyut jantung bertambah cepat
B. pupil mata membesar
C. konsentrasi menurun
D. peredaran darah bertambah cepat
25. Contoh bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional yang dimiliki anak yaitu..
A. sikap gembira
B. kasih sayang
C. cemburu
D. bahagia
26. Salah satu kemampuan guru dan orang tua untuk mengenali perilaku sosial emosional anak adalah melalui observasi yaitu.....
A. mengamati
B. mencatat
C. merekam
D. memprediksi
27. Contoh pengaruh sosial dan emosional yang menyenangkan terhadap interaksi sosial anak yaitu.....
A. menarik diri dari lingkungan
B. mengurangi peran sosial
C. senang menjadi bagian dari masyarakat
D. kurang senang bergaul
28. Berikut merupakan contoh reaksi emosi yang negatif pada anak, kecuali.....
A. mengamuk
B. tindakan agresif
C. bersahabat
D. melukai diri
29. Penyaluran energi emosional dapat dilakukan melalui sikap......
A. agresif
B. antisosial
C. egois
D. berteman
30. Contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional yaitu...
A. mudah memaafkan
B. rendah diri
C. suka berteman
D. percaya diri
31. Berikut ini merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai pada diri anak kecuali.....
A. mudah tersinggung
B. suka bergaul
C. suka menangis
D. selalu ingin berkuasa
32. Anak yang selalu mendapat perlakuan kasar akan berkembang menjadi anak yang.......
A. agresif
B. kurang inisiatif
C. egois
D. menarik diri
33. Tindakan penyembuhan pada anak yang dianggap positip mengalami gangguan emosi maupun sosial disebut.....
A. proaktif
B. kuratif
C. referal
D. preventif
34. Contoh faktor kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak yaitu......
A. kesehatan yang buruk
B. perlengkapan intelektual yang buruk
C. penyakit kronis
D. perubahan kelenjar
35. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku, kecuali......
A. disiplin yang ketat
B. pemberian hukuman yang keliru
C. pemahaman dan kesadaran disiplin 
D. meniru contoh yang tidak pantas.
36. Konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga akan mengakibatkan anak bersikap......
A. pemurung
B. beringas
C. kasar
D. kurang sopan
37. Pernyataan anak merupakan praktisi masa depan mempunyai makna......
A. kondisi emosi dan sosial anak perlu dikembangkan
B. anak akan mengisi baik buruknya hari esok
C. keberhasilan membina anak usia dini membawa kesuksesan
D. anak memerlukan pembinaan, bimbingan, dan pendidikan yang baik
38. Salah satu karakteristik penting dari kecerdasan emosional adalah......
A. diturunkan dari generasi sebelumnya
B. merupakan faktor bawaan atau genetika
C. tumbuh dan berkembang seumur hidup
D. berkaitan dengan hal-hal akademis
39. Menurut Goleman kecerdasan emosional seseorang terkait dengan.....
A. menentukan sikap
B. memecahkan masalah
C. bersifat akademis
D. mengendalikan perasaan 
40. Upaya pengembangan emosional dan sosial tidak dapat ditumbuhkan bentuk melalui permainan statis seperti......
A. lompat tali
B. play Station
C. main gundu
D. kucing - kucingan
41. Tujuan pemanfaatan permainan dinamis dalam perkembangan emosional anak adalah untuk melatih kemampuan......
A. individual
B. kerjasama
C. pemahamaan 
D. pengetahuan
42. Menirukan perbuatan orang tua merupakan cara anak belajar dari lingkungan melalui tindakan.....
A. trial and error
B. pengkondisian
C. imitasi
D. coba dan ralat
43. Contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin yaitu....
A. aktif bergaul dengan teman
B. mengikuti aturan permainan
C. meniru kegiatan orang dewasa
D. bekerjasama dengan orang lain
44. DAP adalah pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan tujuan - tujuan pembelajaran dengan dimensi perkembangan anak. Definisi ini dikemukakan oleh........
A. Maurice J. Elias
B. Al Mabrur
C. Weikert
D. Eliason dan Jenkin
45. Contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait yaitu.....
A. perkembangan anak dipengaruhi kematangan biologis dan lingkungan
B. anak-anak memberi kontribusi terhadap perkembangannya sendiri
C. keterampilan berbahasa berpengaruh terhadap keterampilan sosial
D. pengalaman anak bersifat kumulatif dan berpengaruh kuat
46. Perancangan pengembangan kurikulum TK perlu mempertimbangkan beberapa faktor, kecuali.......
A. mencakup fisik, emosi, sosial, bahasa, estetika dan kognitif
B. penekanan pada aspek kobnitif semata
C. mengintegrasikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung.
D. memberikan pengalaman belajar yang bermakna
47. Karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun yaitu.......
A. tertawa dan menjerit karena gembira diajak bermain
B. berkomunikasi dengan orang dewasa
C. menolong dan membela teman
D. senang menirukan lagu dan dongeng
48. Prosedur pengembangan pembelajaran berorientasi pada perkembangan anak mempunyai karakteristik.......
A. anak pasif dan mendengar
B. guru aktif memberi petunjuk
C. belajar bersifat situasional dan menyenangkan
D. guru lebih banyak mengarahkan
49. Faktor yang tidak termasuk kedalam pelaksanaan pembelajaran yang bersifat holistik adalah......
A. menggunakan media
B. memperhatikan kebutuhan guru
C. memanfaatkan rangsangan psikologis
D. memanfaatkan rangsangan fisiologis
50. Berikut ini merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus atau multisensori .......
A. menggali potensi dalam diri anak secara optimal
B. memfasilitasi perkembangan anak secara seimbang
C. mengantisipasi hal yang menghambat perkembangan anak
D. membuat pembelajaran lebih bersifat variatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar