PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional. Mata kuliah ini membahas tentang
pentingnya guru PAUD memiliki keterampilan pengembangan sosial emosional peserta didik. Lingkup pembahasan mata kuliah ini mencakup sasaran pengembangan emosi anak di Taman Kanak-kanak, strategi pengembangan emosi, dan metode pengembangan emosi anak. Selanjutnya dibahas pula mengenai sasaran pengembangan sosial si TK. Dalam mata kuliah ini juga akan diberikan contoh-contoh penerapan strategi dan metode pengembangan sosial dan emosianal anak di TK. Semoga dapat membantu anda dalam memahami mata kuliah PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional. Apabila anda ingin menyalin soal latihan ini, gunakan ctrl+u. Untuk mengerjakan soal latihan PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional, silahkan klik tombol di samping opsi jawaban. Selamat Belajar, semoga sukses.
1. Menurut World Book Dictionary emosi didefinisikan sebagai....
A. Salah, emosi bukan kecenderungan tindakan
B. Benar, emosi terkait dengan perasaan
C. Salah, emosi bukan perasaan dan pikiran khas
D. Salah, emosi bukan suasana yang kompleks
2. Tahap terjadinya emosi berupa perubahan pada wajah dan daerah yang dapat diamati disebut....
A. Salah, Elicitors adalah faktor pemicu
B. Salah, Receptors adalah sarana penerima
C. Salah, State adalah kondisi atau keadaan
D. Benar, emosi terlihat melalui ekspresi
3. Contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak yaitu....
A. Salah, ramah dan penolong bukan contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak
B. Benar, takut dan stress adalah contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak
C. Salah, sedih dan menangis bukan contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak
D. Salah, tertawa dan gembira bukan contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak
4. Rasa impulsif dan frustrasi pada anak tergolong kedalam jenis emosi dasar.....
A. salah, gembira bukan rasa impulsif dan frustrasi
B. Benar, marah tergolong rasa impulsif dan frustrasi
C. Salah,takut bukan rasa impulsif dan frustrasi
D. Salah, Sedih bukan rasa impulsif dan frustrasi
5. Tugas pengembangan sosial yang berkaitan erat dengan kemampuan memahami orang lain disebut....
A. Salah, pengembangan sosial yang berkaitan erat dengan kemampuan memahami orang lain disebut sikap sosial tidak terkait dengan kemapuan memahami orang lain
B. Benar, belajar berkomunikasi terkait dengan kemampuan memahami orang
C. Salah, belajar berorganisasi tidak terkait dengan kemapuan memahami orang lain
D. Salah, sikap kompromi tidak terkait dengan kemapuan memahami orang lain
6 Hakekat manusia sebagai mahluk sosial atau zoon politicon merupakan pandangan yang dikemukakan oleh.....
A. Salah, zoon politicon bukan dikemukakan Loree
B. Salah, zoon politico bukan dikemukakan Syamsuddin
C. Salah, zoon politicon bukan dikemukakan Muhibin
D. Benar, zoon politicon dikemukakan Plato
7. Pendapat berikut ini merupakan pandangan Hurlock mengenai perkembangan sosial, kecuali....
A. Salah, bukan pandangan Hurlock
B. Salah, bukan pandangan Hurlock
C. Benar, pandangan Hurlock
D. Salah, bukan pandangan Hurlock
8. Salah satu karakteristik individu yang bersifat introvert adalah.....
A. Benar, kurang suka bergaul adalah sifat introvert
B. Salah, senang berteman bukan sifat introvert
C. Salah, ramah-tamah bukan sifat introvert
D. Salah, aktif bukan sifat introvert
9. Contoh belajar mengorganisasi dalam pengembangan sosial anak yaitu ....
A. Salah, belajar berbagi dengan individu lain bukan pengembangan sosial anak.
B. Salah, mengerti dan dimengerti individu lain bukan contoh pengembangan sosial anak.
C. Benar, belajar berbagi peran dalam bermain merupakan contoh pengembangan sosial anak.
D. Salah, memahami akibat dari tindakan yang dilakukan bukan contoh pengembangan sosial anak.
10. Permainan kelompok seperti bermain menirukan aktivitas yang terjadi di pasar adalah contoh tingkatan bermain....
A. Salah, solitaire bukan contoh permainan kelompok
B. Salah, paralel bukan contoh permainan kelompok
C. Salah, asosiatif bukan contoh permainan kelompok
D. Benar, kooperatif adalah contoh permainan kelompok
11. Berikut merupakan karakteristik pokok reaksi yang diperlihatkan oleh anak, kecuali....
A. Salah, sangat kuat bukan karakteristik reaksi emosi anak
B. Salah, berubah pada setiap kondisi bukan karakteristik reaksi emosi anak
C. Salah, bersifat individu bukan karakteristik reaksi emosi anak
D. Benar, Selalu sama setiap saat merupakan karakteristik reaksi emosi anak
12. Anxiety atau perasaan cemas merupakan bentuk reaksi emosi yang tergolong sebagai....
A. Salah, marah bukan merupakan Anxiety
B. Benar, takut merupakan Anxiety
C. Salah, cemburu bukan merupakan Anxiety
D. Salah, sedih bukan merupakan Anxiety
13. Keinginan anak yang tidak terpenuhi akan memunculkan rekasi emosi....
A. Benar, marah adalah reaksi emosi jika keinginan anak tidak terpenuhi
B. Salah, takut bukan reaksi emosi jika keinginan anak tidak terpenuhi
C. Salah, cemburu bukan reaksi emosi jika keinginan anak tidak terpenuhi
D. Salah, sedih bukan reaksi emosi jika keinginan anak yang tidak terpenuhi
14. Contoh perilaku marah yang bersifat impulsif yaitu....
A. Salah, frustrasi bukan contoh sifat impulsif
B. Benar, agresi adalah contoh sifat impulsif
C. Salah, menarik diri bukan contoh sifat impulsif
D. Salah, lesu dan masa bodoh bukan contoh sifat impulsif
15. Rasa tidak mampu dan malu melakukan sesuatu tergolong merupakan reaksi takut yang tergolong.....
A. salah, shyness bukan rasa tidak mampu dan malu
B. salah, anxiety bukan rasa tidak mampu dan malu
C. Benar, embarrassment adalah rasa tidak mampu dan malu
D. Salah,Strange, bukan rasa tidak mampu dan malu
16. Pemenuhan emosi positif pada anak akan memberi dampak rasa....
A. Salah, kecewa bukan pemenuhan emosi positif
B. Salah,sedih bukan pemenuhan emosi positif
C. Benar, aman merupakan pemenuhan emosi positif
D. Salah, takut bukan pemenuhan emosi positif
17. Ciri yang bukan merupakan perkembangan sosial pada periode bayi yaitu....
A. Salah, belum mampu membedakan objek dan benda adalah ciri perkembangan sosial pada periode bayi
B. Salah, reaksi terhadap suara yang ramah adalah ciri perkembangan sosial pada periode bayi
C. Benar, memilih teman bermain bukan ciri perkembangan sosial pada periode bayi
D. Salah,tersenyum sosial adalah ciri perkembangan sosial pada periode bayi
18. Kesedihan untuk berbagi dengan orang lain merupakan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak yang berupa....
A. Salah, kerjasama bukan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak
B. Salah, persaingan bukan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak
C. Benar, kemurahan hati adalah contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak
D. Salah, empati bukan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak
19. Contoh perilaku pada tahapan a normative stage dalam penerimaan sosial yaitu....
A. Benar, Kesamaan nilai merupakan bontoh perilaku pada tahapan Normative Stage
B. Salah, Kesamaan harapan bukan contoh perilaku pada tahapan normative stage
C. Salah, kesamaan minat bukan contoh perilaku pada tahapan normative stage
D. Salah, Kedekatan mendalam bukan contoh perilaku pada tahapan normative stage
20. Contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif dalam mengenal perilaku sosial anak yaitu....
A. Salah, Menyatu dengan lingkungan anak bukan contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif
B. benar, bertindak adil dan bijaksana. adalah contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif
C. salah, mengamati perlaku dan ekspresi anak bukan contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif
D. Salah, memprediksi perilaku anak bukan contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif
21. Kemampuan mengamati perkembangan perilaku dan emosional anak disebut sebagai kemampuan....
A. Salah, prediksi bukan kemampuan mengamati
B. Benar, observasi adalah kemampuan mengamati
C. Salah, merekam bukan kemampuan mengamati
D. Salah, mencatat bukan kemampuan mengamati
22. Cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak yaitu.....
A. Benar, adil adalah cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak
B. Salah, tegas bukan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak
C. Salah, disiplin bukan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak
D. Salah, toleran bukan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak
23. Contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik seseorang dapat terlihat dari.....
A. Salah, benci bukan contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik
B. Benar, ekspresi wajah adalah ontoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik
C. Salah, marah bukan contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik
D. Salah, kesal bukan contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik
24. Pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak yaitu.....
A. Salah, denyut jantung bertambah cepat bukan pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak
B. Salah, pupil mata membesar bukan pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak
C. Benar, konsentrasi menurun adalah pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak
D. Salah, peredaran darah bertambah cepat bukan pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak
25. Contoh bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional yang dimiliki anak yaitu..
A. Salah, sikap gembira bukan bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional
B. Salah, kasih sayang bukan bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional
C. Benar, cemburu adalah bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional
D. Salah, bahagia bukan bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional
26. Salah satu kemampuan guru dan orang tua untuk mengenali perilaku sosial emosional anak adalah melalui observasi yaitu.....
A. Benar, mengamati adalah kemampuan observasi
B. Salah, mencatat bukan kemampuan observasi
C. Salah, merekam bukan kemampuan observasi
D. Salah, memprediksi bukan kemampuan observasi
27. Contoh pengaruh sosial dan emosional yang menyenangkan terhadap interaksi sosial anak yaitu.....
A. Salah menarik diri dari lingkungan bukan contoh interaksi sosial
B. Salah mengurangi peran sosial
C. Benar,senang menjadi bagian dari masyarakat adalah contoh interaksi sosial
D. Salah, kurang senang bergaul bukan contoh interaksi sosial
28. Berikut merupakan contoh reaksi emosi yang negatif pada anak, kecuali.....
A. Salah, mengamuk merupakan contoh reaksi emosi yang negatif
B. Salah, tindakan agresif merupakan contoh reaksi emosi yang negatif
C. Benar, bersahabat merupakan contoh reaksi emosi yang positif
D. Salah, melukai diri merupakan contoh reaksi emosi yang negatif
29. Penyaluran energi emosional dapat dilakukan melalui sikap......
A. Salah, agresif bukan penyaluran energi emosional
B. Salah, antisosial bukan penyaluran energi emosional
C. Salah, egois bukan penyaluran energi emosional
D. Benar, berteman adalah sikap penyaluran energi emosional
30. Contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional yaitu...
A. Salah, mudah memaafkan bukan contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional
B. Benar, rendah diri adalah contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional
C. Salah, suka berteman contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional
D. Salah percaya diri contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional
31. Berikut ini merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai pada diri anak kecuali.....
A. Salah, mudah tersinggung merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai
B. Benar, suka bergaul merupakan keadaan emotional security yang memadai
C. Salah, suka menangis merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai
D. Salah, Selalu ingin berkuasa merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai
32. Anak yang selalu mendapat perlakuan kasar akan berkembang menjadi anak yang.......
A. Benar, agresif merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar
B. Salah, kurang inisiatif bukan merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar
C. Salah, egois bukan merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar
D. Salah, menarik diri bukan merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar
33. Tindakan penyembuhan pada anak yang dianggap positip mengalami gangguan emosi maupun sosial disebut.....
A. Salah, proaktif sama dengan berinisiatif
B. Benar, kuratif berarti penyembuhan
C. Salah, referal berarti rujukan
D. Salah, preventif berarti pencegahan
34. Contoh faktor kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak yaitu......
A. Salah, kesehatan yang buruk bukan kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak
B. Benar, perlengkapan intelektual yang buruk adalah kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak
C. Salah, penyakit kronis kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak
D. Salah, perubahan kelenjar bukan kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak
35. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku, kecuali......
A. Salah, disiplin yang ketat merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku
B. Salah, pemberian hukuman yang keliru merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku
C. Benar, pemahaman dan kesadaran disiplin keliru bukan merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku
D. Salah, meniru contoh yang tidak pantas keliru merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku
36. Konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga akan mengakibatkan anak bersikap......
A. Benar, pemurung merupakan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga
B. Salah, beringas bukan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga
C. Salah, kasar bukan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga
D. Salah, kurang sopan bukan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga
37. Pernyataan anak merupakan praktisi masa depan mempunyai makna......
A. Salah, kondisi emosi dan sosial anak perlu dikembangkan tidak sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan
B. Benar, anak akan mengisi baik buruknya hari esok sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan
C. Salah, keberhasilan membina anak usia dini membawa kesuksesan tidak sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan
D. Salah, anak memerlukan pembinaan, bimbingan, dan pendidikan yang baik tidak sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan
38. Salah satu karakteristik penting dari kecerdasan emosional adalah......
A. Salah, kecerdasan emosional tidak diturunkan dari generasi sebelumnya
B. Salah, kecerdasan emosional bukan merupakan faktor bawaan atau genetika
C. Benar, kecerdasan emosional tumbuh dan berkembang seumur hidup
D. Salah, kecerdasan emosional tidak berkaitan dengan hal-hal akademis
39. Menurut Goleman kecerdasan emosional seseorang terkait dengan.....
A. Salah, menentukan sikap bukan ciri kecerdasan emosional
B. Salah, memecahkan masalah bukan ciri kecerdasan emosional
C. Salah, bersifat akademis bukan ciri kecerdasan emosional
D. Benar, mengendalikan perasaan merupakan ciri kecerdasan emosional
40. Upaya pengembangan emosional dan sosial tidak dapat ditumbuhkan bentuk melalui permainan statis seperti......
A. Salah, lompat tali dapat menumbuhkan emosional dan sosial
B. Benar, play station tidak dapat menumbuhkan emosional dan sosial
C. Salah, main gundu dapat menumbuhkan emosional dan sosial
D. Salah, kucing – kucingan dapat menumbuhkan emosional dan sosial
41. Tujuan pemanfaatan permainan dinamis dalam perkembangan emosional anak adalah untuk melatih kemampuan......
A. Salah, permainan dinamis kurang sesuai untuk mengembangkan kemampuan individual
B. Benar, permainan dinamis sangat tepat untuk mengembangkan kemampuan kerjasama
C. Salah, permainan dinamis kurang sesuai untuk mengembangkan kemampuan pemahamaan
D. Salah, permainan dinamis kurang sesuai untuk mengembangkan pengetahuan
42. Menirukan perbuatan orang tua merupakan cara anak belajar dari lingkungan melalui tindakan.....
A. Salah, menirukan perbuatan orang tua bukan upaya Trial and error
B. Salah, menirukan perbuatan orang tua bukanpengkondisian
C. Benar, imitasi merupakan upaya menirukan perbuatan orang tua
D. Salah, menirukan perbuatan orang tua bukan merupakan upaya coba dan ralat
43. Contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin yaitu....
A. Salah, aktif bergaul dengan teman bukan contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin
B. Benar, mengikuti aturan permainan adalah ontoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin
C. Salah, meniru kegiatan orang dewasa bukan contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin
D. Salah, bekerjasama dengan orang lain bukan contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin
44. DAP adalah pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan tujuan - tujuan pembelajaran dengan dimensi perkembangan anak. Definisi ini dikemukakan oleh........
A. Benar, definisi ini dikemukakan oleh Maurice J. Elias
B. Salah, definisi ini bukan dikemukakan oleh Al Mabrur
C. Salah, definisi ini bukan dikemukakan oleh Weikert
D. Salah, definisi ini bukan dikemukakan oleh Eliason dan Jenkin
45. Contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait yaitu.....
A. Salah, perkembangan anak dipengaruhi kematangan biologis dan lingkungan bukan contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait
B. Salah, anak-anak memberi kontribusi terhadap perkembangannya sendiri bukan contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait
C. Salah, keterampilan berbahasa berpengaruh terhadap keterampilan sosial bukan contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait
D. Benar, Pengalaman anak bersifat kumulatif dan berpengaruh kuat adalah contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait
46. Perancangan pengembangan kurikulum TK perlu mempertimbangkan beberapa faktor, kecuali.......
A. Salah, perancangan pengembangan kurikulum TK encakup fisik, emosi, sosial, bahasa, estetika dan kognitif
B. Salah, perancangan pengembangan kurikulum TK tidak menekankan pada aspek kognitif semata
C. Salah, perancangan pengembangan kurikulum TK perlu mengintegrasikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung.
D. Benar, perancangan pengembangan kurikulum TK perlu memberikan pengalaman belajar bermakna
47. Karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun yaitu.......
A. Salah, tertawa dan menjerit karena gembira diajak bermain bukan karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun
B. Benar, berkomunikasi dengan orang dewasa adalah karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun
C. Salah, menolong dan membela teman bukan karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun
D. Salah, senang menirukan lagu dan dongeng bukan karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun
48. Prosedur pengembangan pembelajaran berorientasi pada perkembangan anak mempunyai karakteristik.......
A. Salah, anak pasif dan mendengar bukan karakteristik DAP
B. Salah, guru aktif memberi petunjuk bukan karakteristik DAP
C. Benar, belajar bersifat situasional dan menyenangkan adalah karakteristik DAP
D. Salah, guru lebih banyak mengarahkan bukan karakteristik DAP
49. Faktor yang tidak termasuk kedalam pelaksanaan pembelajaran yang bersifat holistik adalah......
A. Salah, menggunakan media merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik
B. Benar, memperhatikan kebutuhan guru bukan merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik
C. Salah, memanfaatkan rangsangan psikologis merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik
D. Salah, memanfaatkan rangsangan fisiologis merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik
50. Berikut ini merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus atau multisensori .......
A. Salah, menggali potensi dalam diri anak secara optimal adalah tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus
B.Salah, memfasilitasi perkembangan anak secara seimbang merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus
C. Salah, mengantisipasi hal yang menghambat perkembangan anak merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus
D. Benar, membuat pembelajaran lebih bersifat variatif bukan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar