Rabu, 15 Januari 2014

Keterampilan Musik dan Tari

PAUD4402 - Keterampilan Musik dan Tari. Mata kuliah ini menyajikan berbagai
keterampilan guru dalam bermusik (vokal dan permainan instrumen musik) dan menciptakan gerakan-gerakan tari anak usia dini, membuat sebuah karya gerak dan musik, dan keterampilan membimbing anak usia dini dalam kegiatan musik dan tari (gerak) serta mengembangkan berbagai sumber belajar musik dan tari untuk anak usia dini. Mata kuliah ini menuntut kegiatan praktek lebih banyak dari pada pemahaman teori. Penyajian materi mata kuliah ini ditunjang dengan media non-cetak dalam bentuk program-program audiovisual yang terintegrasi dengan modul.

1. Indera pertama yang terhubung pada sistem syaraf ketika calon manusia berusia empat bulan pertama dalam kehidupannya dalam kandungan ibunya, adalah ....
  • A. penglihatan/mata
  • B. pendengaran/telinga
  • C. pengecap/lidah
  • D. peraba/kulit
B. Benar, karena yang indera pertama yang dihubungkan dengan sistem syarat manusia ketika calon manusia tersebut dalam proses pertumbuhannya dalam rahim adalah telinga atau pendengaran
 2. Ada sebuah kemampuan anak yang dikembangkan secara maksimal dan dominan, ketika anak-anak bernyanyi bersama. Kemampuan yang dimaksudkan adalah ....
  • A. auditif
  • B. bisual
  • C. sosial
  • D. kinestetik
A. Benar, karena produk bernyanyi adalah suara yang memiliki pitch dan irama yang bervariasi sehingga indera yang mengkapnya adalah pendengaran atau kemampuan auditif.
3. Anak akan bergerak dan bercoleteh dalam merespons musik yang diperdengarkan kepadanya , tetapi tanpa menghubungkan­nya dengan bunyi-bunyi musik dari lingkungan sekitarnya. Menurut Gordon keterampilan ini berada pada tahap ....
  • A. Respons dengan tujuan
  • B. Respons secara acak
  • C. Penampilan Ego
  • D. Penyerapan
B benar, Menurut Gordon keterampilan ini berada pada tahap Respons secara acak.
4. Menurut Frega, bentuk ritme4/4 x x x x / x x x x / ini sudah dapat dipertunjukan dengan bertepuk tangan oleh anak usia ....
  • A. 2 tahun
  • B. 3 tahun
  • C. 4 tahun
  • D. 5 tahun
B benar, menurut Frega kemampuan membuat ritme x x x x/x x x x/ dengan bertepuk tangan dapat diperlihatkan oleh anak usia 3 tahun.
5. Anak usia 3-4 tahun telah dapat ....
A.kualitas suaranya lebih tebal ketika menyanyikan lagu favoritnya
  • B. dapat menunjukan kemampuannya menangkap pitch, bila kepadanya diberikan satu nada lalu diminta untuk menirukannya
  • C. sudah mampu merubah arah pitch dengan cara memintanya untuk menyanyikan penggalan melodi
  • D.bila kepada mereka diajarkan lagu dengan nada dasar rendah, mereka akan mengalami kesulitan.
A. Benar. Karena kemampuan tersebut diperlihatkan oleh anak usai 5-6 tahun.
6. Pada usia satu hingga dua tahun, anak ketika mendengarkan jingle iklan produk yang disiarkan melalui radio atau televisi mereka terlebih dahulu akan ....
  • A. menirukan pitch lagu
  • B. menirukan irama lagu
  • C. menirukan syair lagu
  • D.ketiganya sekaligus
C. Benar. Menurut Moog anak usia satu hingga dua tahun akan menirukan syairnya terlebih dahulu sebelum menirukan irama atau pitchnya.
7. Lagu anak seharusnya bermelodi yang mudah diingat oleh anak, dan menarik untuk dinyanyikan tanpa teks. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
  • A. Frega
  • B. Gordon
  • C.Swanson
  • D. Gardner
C. Benar, Pendapat ini dikemukakan oleh Swanson.
8. Lagu-lagu yang memiliki bagian ”pembukaan”, ”inti”, dan ”pengakhiran” adalah indikator dari lagu yang ....
  • A. mengandung cerita singkat yang sesuai dengan dunia anak-anak.
  • B. bermelodi sederhana, singkat, dan mudah diingat anak-anak
  • C. relevan, penuh makna, dan menarik anak-anak
  • D. dapat diapresiasi anak-anak sesuai umurnya
A. Benar, Lagu-lagu yang memiliki bagian ”pembukaan”, ”inti”, dan ”pengakhiran” adalah indikator dari lagu yang mengandung cerita singkat yang sesuai dengan dunia anak-anak
9. Lagu di bawah ini bertemakan tentang arah ...
  • A. Dua Mata Saya
  • B. Potong Bebek
  • C. Pagi-pagi
  • D. Pelangi
B. Benar lagu Potong Bebek bertemakan tentang arah.
10. Untuk mengatasi kekurangan lagu untuk memperkenalkan tema tertentu, guru dapat menempuh cara sederhana dan mudah yakni dengan mengganti....
  • A. semua teks lagu yang ada
  • B. semua melodi lagu yang ada
  • C. semua ritme lagu yang ada
  • D. sebagian ritme lagu yang ada
A. Benar, Untuk mengatasi kekurangan lagu untuk memperkenalkan tema tertentu, guru dapat menempuh cara sederhana dan mudah yakni dengan mengganti semua teks lagu yang ada.
11. Not yang berada di spasi kedua pada paranada berkunci F adalah not ....
  • A. A
  • B. B.
  • C. C.
  • D. D.
C. Benar Not yang berada di spasi kedua pada paranada berkunci F adalah not C.
12. Perhatikan penggalan melodi di bawah ini !
Not-not yang dinaikkan setengah nada pada penggalan melodi lagu di atas, adalah ….
  • A. fis- fis - fis - fis
  • B. dis - fis - fis - dis - dis - fis - fis - dis
  • C. eis - eis
  • D. eis - dis - fis - eis - fis - fis.
A. Benar. Pada melodi tersebut not yang dinaikkan adalah not-not f menjadi not fis.
13. Rittardando sebagai tanda dinamika memaksudkan bahwa bagian yang ada tanda tersebut pada sebuah lagu harus dinyanyikan dengan teknik ….
  • A. makin lama makin lambat
  • B. makin lama makin cepat
  • C. makin lama makin lembut
  • D. makin lama makin keras
A. Benar. Rittardando sebagai tanda dinamika memaksudkan bahwa bagian yang ada tanda tersebut pada sebuah lagu harus dinyanyikan dengan teknik  makin lama makin lambat.
14. Pada birama 4/4 , arsisnya terdapat pada ketukan ....
  • A. pertama
  • B. kedua
  • C. ketiga
  • D. keempat
A. Benar. Pada birama 4/4 , arsisnya terdapat pada ketukan  pertama.
15. Lihat Pertanyaan Soal no. 15 pada Attachment
     _____ ____ ____ ____
A. d es / f f es d c bes c / d . .
    ___ ___ ___ ____
B. d e / f f e d c bes c / d . .
          ___ ___ ___ ___
      C. d es / f f es d c b c / d . .
____ ____ ____ ____
D. des es / f f es des c bes c / des . .
A. Benar. 
16. Perhatikan tangga nada di bawah ini !
Lagu di atas menggunakan tangganada minor, yaitu tangganada ….
  • A. B Minor
  • B. C Minor
  • C. D Minor
  • D. E Minor
C. Benar, karena D Minor memiliki 1 mol. 
17. Berikut adalah bentuk-bentuk dari kemampuan seseorang membayangkan nada, kecuali ....
  • A. membedakan dua atau lebih nada yang berbeda
  • B. penggambaran pitch yang tepat dari nada-nada yang melangkah
  • C. merasakan suasana yang dihasilkan dari nada-nada yang melompat
  • D. menyenandungkan notasi yang tertulis
D. Benar, kemampuan menyenandungkan notasi yang tertulis tidak termasuk bentuk kemampuan yang ditanyakan.
18. Nada yang menjadi pusat pergerakan atau arah penyelesaian rangkaian nada-nada dalam suatu tangga nada dikenal sebagai ….
  • A. nada dasar
  • B. nada Awal
  • C. nada pertama.
  • D. nada permulaan
A. Benar. Nada yang menjadi pusat pergerakan atau arah penyelesaian rangkaian nada-nada dalam suatu tangga nada dikenal sebagai  nada dasar.
19. Aspek yang serupa walaupun ketinggian nadanya berbeda dalam serangkaian motif sebuah lagu adalah …
  • A. melodi
  • B. pola nada
  • C. pola ritmik
  • D. pola dinamik
C. Benar.  Aspek yang serupa walaupun ketinggian nadanya berbeda dalam serangkaian motif sebuah lagu adalah pola ritmik.
20. Sebuah frase melodi lagu biasanya dikembangkan dari dua motif atau lebih yang dibuat berdasarkan ....
  • A. motif awal dengan teknik tertentu
  • B. motif kedua dengan teknik tertentu
  • C. motif bagian dengan teknik tertentu
  • D. motif bagian dengan teknik tertentu
A. Benar. Sebuah frase melodi lagu biasanya dikembangkan dari dua motif atau lebih yang dibuat berdasarkan motif awal dengan teknik tertentu.
21. Serangkaian nada yang disusun atas dua frase yang saling berhubungan dan keduanya diakhiri dengan sebuah kadens, disebut ....
  • A. kalimat musik
  • B. frase musik
  • C. motif
  • D. tema
A. Benar. erangkaian nada yang disusun atas dua frase yang saling berhubungan dan keduanya diakhiri dengan sebuah kadens, disebut kalimat musik.
22. Yang termasuk ragam bentuk musik, adalah ....
  • A. Song
  • B. Sonata
  • C. Soneta
  • D. Swing
B. Benar. Yang termasuk ragam bentuk musik, adalah Sonata.
23. Perhatikan lagu di bawah ini !
Motif pada lagu “Kelinciku” di atas ini adalah .....
       ___ ___
A. 0 5 6 5 / 3
     ___    ___                                                                                                                
B.  0  5    6   5     
     ___    ___                            ___    ___
C.  0  5    6   5    /   3       1     /  5   5   4   3  
      ___     ___                              ___    ___
D.  0  5      6   5    /   3       1     /  5   5   4   3   /   2      .                            

A. Benar. 
24. Perhatikan gambar di bawah ini !
Frase pada lagu “Kelinciku” di atas adalah .....ini ....
A. 
B. 
C.  
D. 
D. Benar karena itu merupakan sebuah frase lagu tersebut.
 25. Perhatikan lagu di bawah ini !
Kalimat pada lagu “Bunga Tanjungku” ciptaan C. Simanjuntak di atas ini, adalah .....
___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ____
A. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 /
___ ___ ____ ___ ____ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___
B. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 /
     ___  ___    ___    ___   ___  ___    ___  ___     ___  ___    ___  ___
C. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2     3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 / 
 __ __  __ __
2 . . 2 . 1 / 2 . . 2 0 0 /
   ___  ___    ___   ___
D. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2  3 . 5 /
C. Benar.
26. Sebuah lagu yang diaransemen secara utuh memiliki bagian-bagian berikut ini ....
  • A. intro
  • B. intro dan bagian utama lagu.
  • C. intro, bagian utama lagu, dan coda. 
  • D. intro, bagian utama lagu, intelude, dan coda.
D. Benar. Sebuah lagu yang diaransemen secara utuh memiliki bagian-bagian intro, bagian utama lagu, intelude, dan coda.
27. Perhatikan gambar di bawah ini !
Rangkaian akor di atas adalah ….
  • A. D - C - G
  • B. G - D - C
  • C. G - C - D
  • D. C - G - D
D. Benar, karena not-notnya terdiri dari c - e - g, g - b - d, d - fis - a.
28. Perhatikan gambar di bawah ini !

Rangkaian akor di atas adalah ….
  • A. F - C - G
  • B. F - G - C
  • C. C - G - F
  • D. C - F - G
A. Benar. Rangkaian akor di atas adalah F - C - G.
29. Perhatikan gambar di bawah ini !
Kadens di atas adalah ….
  • A. Sisipan
  • B. Sempurna
  • C. Plagal
  • D. Tengah.
B. Benar. Kadens di atas adalah Sempurna.
30. Perhatikan gambar di bawah ini !
Teknik aransemen pada lagu “Tanah Air” ciptaan ibu Bud adalah ….
  • A. Imitasi
  • B. Obligato
  • C. Intro
  • D. Filler - In
B. Benar. Teknik aransemen pada lagu “Tanah Air” ciptaan ibu Bud adalah Obligato.
31. Untuk membuat aransemen sebuah lagu berikut ini adalah yang harus dilakukan ....
  • A. tentukan lagu model - pelajari dan kuasai lagu - temukan puncak lagu - perhatikan isi pesan lagu
  • B. tentukan lagu model - pelajari dan kuasai lagu - perhatikan isi pesan lagu - temukan puncak lagu
  • C. tentukan lagu model - temukan puncak lagu - pelajari dan kuasai lagu - perhatikan isi pesan lagu
  • D. tentukan lagu model - perhatikan isi pesan lagu - temukan puncak lagu - pelajari dan kuasai lagu
B. Benar. Untuk membuat aransemen sebuah lagu berikut ini adalah yang harus dilakukan adalah tentukan lagu model - pelajari dan kuasai lagu - perhatikan isi pesan lagu - temukan puncak lagu.
32. Pada jenis gerak ini, si pelaku berusaha menghindarkan kesan emosional dan lebih menekankan pada kesadaran kebersamaan yang saling menyenangkan, adalah gerak .....
  • A. tari 
  • B. bekerja
  • C. bermain
  • D. pantomim
C. Benar. Pada gerak bermain si pelaku berusaha menghindarkan kesan emosional dan lebih menekankan pada kesadaran kebersamaan yang saling menyenangkan.
33. Karya tari yang merupakan hasil pengembangan berdasarkan pola-pola tari yang telah ada, disebut tari ....
  • A. tradisional
  • B. tradisional rakyat
  • C. tradisional klasik
  • D. kreasi baru
D. Benar. tari kreasi baru merupakan hasil pengembangan berdasarkan pola-pola tari yang telah ada.
34. Dalam mengembangkan pola gerakan tari untuk anak usia dini, guru perlu mengembangkan pula kecerdasan ...
  • A. emosional
  • B. kinestetik
  • C. bahasa
  • D. interpersonal
B. Benar. Dalam mengembangkan pola gerakan tari untuk anak usia dini, guru perlu mengembangkan pula kecerdasan kinestetik.
35. Orang yang berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai pola baru daripada reaksi serupa berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu perintah; adalah ....
  • A. Whiterington
  • B. Sardiman
  • C. Slameto
  • D. Yulianti Parani
A. Benar. Whiterington berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai pola baru daripada reaksi serupa berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu perintah.
36. Pembelajaran berpusat pada anak mengandung pengertian pula bahwa pembelajaran haruslah memperhatikan kebutuhan, pertumbuhan dan perkembangan anak di bidang berikut ini, kecuali ....
  • A. minat
  • B. bakat
  • C. bermain
  • D. kreativitas
C. Benar. Pembelajaran berpusat pada anak mengandung pengertian pula bahwa pembelajaran haruslah memperhatikan kebutuhan, pertumbuhan dan perkembangan anak di bidang minat, bakat, kreativitas.
37. Menunjukan kemampuan dalam memadukan gerakan tubuh maupun gerakan berpindah dengan iringan musik merupakan aktivitas yang melatih ....
  • A. kecerdasan anak
  • B. ketangkasan anak
  • C. ketepatan anak
  • D. kekuatan anak
A. Benar. Menunjukan kemampuan dalam memadukan gerakan tubuh maupun gerakan berpindah dengan iringan musik merupakan aktivitas yang melatih  kecerdasan anak.
38. Anak pada usia dini akan membutuhkan sarana untuk mengembangkan kemampuan atau keterampilan secara maksimal, diantaranya dengan anak mencoba berbagai gerakan dengan tubuh mereka. Mencoba gerakan-gerakan tersebut adalah bagian dari aktivitas mereka mengenal ....
  • A. kepekaan dan keterampilan mereka sendiri
  • A. indera dan keterampilan mereka sendiri
  • C. kecepatan dan kekuatan mereka sendiri
  • D. ruang dan tubuh mereka sendiri
D. Benar. Anak pada usia dini akan membutuhkan sarana untuk mengembangkan kemampuan atau keterampilan secara maksimal, diantaranya dengan anak mencoba berbagai gerakan dengan tubuh mereka. Mencoba gerakan-gerakan tersebut adalah bagian dari aktivitas mereka mengenal ruang dan tubuh mereka sendiri.
39. Ini adalah salah satu gerakan dasar berirama yang sulit untuk dilakukan oleh anak usia dini, adalah ....
  • A. head turn
  • B. shoulder pop
  • C. arm swing
  • D. back jump
D. Benar, karena back jump adalah gerakan yang sulit dilakukan oleh anak usia dini yang masing belum punya keseimbangan tubuh, namun demikian gerakan ini segera dapat dikuasai anak bila dilatih. 
40. Pada tarian “Bermain Lompat Tali” untuk , guru dapat memanfaatkan gerakan-gerakan berikut ini, kecuali …
  • A. straight jump
  • B. hip pops
  • C. tuck jump
  • D. arm swing
B. Benar,karena hip pops adalah gerakanmenggoyangkan pinggul.
41. Gerakan ini berfungsi anak mencapai keseimbangan badannya, yaitu ....
  • A. berjinjit
  • B. duduk
  • C. jongkok
  • D. berbaring
A. Benar, gerakan berjinjit berfungsi anak mencapai keseimbangan badan.
42. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih dan menentukan judul sebuah judul tarian untuk anak usia dini, kecuali ....
  • A. sesuai dengan judul tema
  • B. anak menyukai judul tarian
  • C. judul sederhana tapi menarik
  • D. sesuai dengan lingkungan anak
B. Benar, karena poin ini tidak menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika memilih judul tarian. 
43. Gerak-gerak yang dilakukan dalam keseharian diberi ritme sehingga gerak tersebut tidak lagi merupakan gerak fungsional semata, merupakan gerak sebagai akibat dari ....
  • A. kesadaran tubuh
  • B. kesadaran ruang
  • C. bentuk tubuh
  • D. irama
D. Benar, Gerak-gerak yang dilakukan dalam keseharian diberi ritme sehingga gerak tersebut tidak lagi merupakan gerak fungsional semata, merupakan gerak sebagai akibat dari  irama.
44. Anak usia 3-4 tahun masih mengalami kesulitan menggunakan keterampilan motorik halusnya dalam kegiatan ....
  • A. olah raga
  • B. bernyanyi
  • C. menari
  • D. drama
C. Benar,  Anak usia 3-4 tahun masih mengalami kesulitan menggunakan keterampilan motorik halusnya dalam kegiatan menari.
45. Menurut Gendhon Humardhani gerakan-gerakan yang sering dilakukan dalam keseharian, termasuk dalam kategori Gerakan ....
  • A. Aktif
  • B. Kata
  • C. Bagian
  • D. Kata Baru
A. Benar, Menurut Gendhon Humardhani gerakan-gerakan yang sering dilakukan dalam keseharian, termasuk dalam kategori Gerakan Aktif.
46. Orang yang menyatakan bahwa kegunaan pembelajaran tari anak usia dini setidaknya harus mencakup kegunaan kognitif, kegunaan afektif, kegunaan fisik, dan kegunaan sosial, adalah ....
  • A. Anne Green Gilbert
  • B. Alma Hawkins
  • C. Arch Lauterer
  • D. Lowy
A. Benar, Orang yang menyatakan bahwa kegunaan pembelajaran tari anak usia dini setidaknya harus mencakup kegunaan kognitif, kegunaan afektif, kegunaan fisik, dan kegunaan sosial, adalah  Anne Green Gilbert.
47. Musik iringan untuk tari “Randai” dari Minangkabau, menggunakan ....
  • A. musik pukul
  • B. musik external
  • C. musik internal
  • D. musik klasik
C. Benar, Musik iringan untuk tari “Randai” dari Minangkabau, menggunakan musik internal.
48. Memilih musik iringan untuk tarian anak usia dini sebaiknya adalah musik yang bertempo ....
  • A. cepat
  • B. lambat
  • C. sedang
  • D. bervariasi
C. Benar, Memilih musik iringan untuk tarian anak usia dini sebaiknya adalah musik yang bertempo  sedang.
49. Ada sebuah tahapan dalam perencanaan yang harus dilakukan guru ketika menciptakan sebuah tarian dimana pada tahapan tersebut adalah menjelaskan tentang hasil survey data yang dilakukan guru untuk mendukung bentuk tariannya. Tahapan yang dimaksudkan adalah ....
  • A. Metode garapan
  • B. Acuan teoritik
  • C. Orientasi garapan
  • D. Latar belakang
B. Benar, tahapan dalam perencanaan yang harus dilakukan guru ketika menciptakan sebuah tarian dimana pada tahapan tersebut adalah menjelaskan tentang hasil survey data yang dilakukan guru untuk mendukung bentuk tariannya. Tahapan yang dimaksudkan adalah Acuan teoritik.
50. Tahap penciptaan tari yang disebut dengan tahap eksplorasi adalah ....
  • A. suatu aktivitas menemukan dan menentapkan gerakan-gerakan yang spontan dan terkendali.
  • B. menyusun semua gerakan tari dan memberikan sentuhan akhir dari seluruh proses berkarya tari 
  • C. kegiatan mengkaji kembali gerakan-gerakan yang sudah ditemukan dan direncanakan untuk digunakan dalam tarian
  • D. pikiran kita bekerja, berimajinasi, merasakan, merespons rangsang untuk menemukan berbagai gerak dari berbagai sumber dengan menggunakan semua indera
D. Benar, tahap eksplorasi adalah pikiran kita bekerja, berimajinasi, merasakan, merespons rangsang untuk menemukan berbagai gerak dari berbagai sumber dengan menggunakan semua indera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar