PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa. Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh
mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini adalah kemampuan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak TK. Di samping mengkaji BMP dan program video serta mengikuti tutorial tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mencoba mempraktekkan materi yang telah dikuasainya Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik dan tujuan program pengembangan bahasa: bagaimana anak belajar bahasa: pendekatan dalam belajar bahasa terpadu serta penelaahan bidang pengembangan bahasa dalam PKB TK: bagaimana menstimulasi kemampuan berbahasa pada PKB TK, metode khusus pengembangan kemampuan berbahasa dan model pengembangan kemampuan berbahasa dalam PKB TK berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS.
mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini adalah kemampuan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak TK. Di samping mengkaji BMP dan program video serta mengikuti tutorial tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mencoba mempraktekkan materi yang telah dikuasainya Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik dan tujuan program pengembangan bahasa: bagaimana anak belajar bahasa: pendekatan dalam belajar bahasa terpadu serta penelaahan bidang pengembangan bahasa dalam PKB TK: bagaimana menstimulasi kemampuan berbahasa pada PKB TK, metode khusus pengembangan kemampuan berbahasa dan model pengembangan kemampuan berbahasa dalam PKB TK berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS.
1. Bahasa manusia berbeda dengan isyarat hewan. Pada manusia, bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian bahasa pada manusia merupakan ...
- A. bahasa isyarat
- B. upaya kreatif yang tidak pernah berhenti
- C. fenomena
- D. manipulasi simbol-simbol
B. benar, mengingat manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan daya pikirnya
2. Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud adalah aliran menurut ...
- A. Sofisme
- B. Stoijin
- C. Plato
- D. Aristoteles
A. Betul, bahwa aliran Sofisme mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia
3. Salah asatu karakteristik bahasa adalah hubungan antara berbagai macam suara dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut termasuk karakteristik bahasa ...
- A. sistematis
- B. fleksibel
- C. beragam
- D. arbitier
D.Betul, karena salah satu karakterisitk bahasa yang terkait dengan suara dan visual, objek, paupun gagasan adalah arbitier.
4. Dalam komunikasi diperlukan bahasa yang bersifat dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut adalah ...
- A. ekspresif
- B. reseptif
- C. sosialisasi
- D. berbicara
B. Betul, karena reseptif adalah kemampuan mendengarkan dan membaca suatu informasi
5. Dalam penggunaan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya. Pernyataan tersebut adalah contoh yang termasuk fungsi bahasa ...
- A. instrumental
- B. regulatif
- C. heuristik
- D. personal
C. Betul, karena fungsi ini melibatkan penggunaan bahasa untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya
6. Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan tanpa membawa kemampuan apapun, sementara ahli nativis mengatakan individu dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh nativis tersebut adalah...
- A. Chomsky
- B. Howe
- C. Marantos
- D. Miller
A. Betul, karena Chomsky termasuk yang menemukan model program penguasan bahasa
7. Berikut adalah contoh penerapan teori behavioristik” saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak menerima kalimat tersebut walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu menerima kalimat dari anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, adalah ...
- A. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu saat kalau kamu sudah besar kamu bisa belajar di sana
- B. Bu, Ani berangkat sekolah dulu ya...
- C. Sekarang saya sudah sekolah dan banyak temannya
- D. Di sekolah banyak tempat permainan
A. Betul, walaupun susunan kalimatnya tidak sesuai dengan tata bahasa, namun makna kalimat cukup jelas.
8. Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan tentang struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori ...
- A. nativistik
- B. behavioristik
- C. kognitif
- D. prakmatik
C. Betul, karena an teori ini menekankan bahwa anak memiliki kecenderung berperan aktif terhadap lingkungannya.
9. Berikut adalah contoh penerapan teori Pragmatik sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) tentang bahasa awal anak melalui bahasa personal
- A. Saya senang bermain denganmu
- B. Seandainya saya memilki mainan sepertimu
- C. Berikan pada saya mainanmu
- D. Ajaklah saya bermain denganmu
B. Betul, karena bahasa interaksionis ditandai dengan kata saya ingin ...
10. Berikut contoh penerapan teori Interaksionis dalam bentuk kalimat ...
- A. Seandainya saya memilki mainan sepertimu
- B. Saya ingin memberitahukanmu tentang teman baruku
- C. Ajaklah saya bermain denganmu
- D. Berikan pada saya mainanmu
D. Betul, karena Weaver sebuah sistem yang alamiah tentang pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah.
11. Whole Language adalah sebuah sistem yang alamiah tentang pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan ini dikemukakan oleh :
A. Eisele
- B. Kruhm
- C. Richard
- D. Weaver
D. Betul, karena Weaver sebuah sistem yang alamiah tentang pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah
12. Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan bekerja dan belajar sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya. Prinsip tersebut lebih tepat disebut .... masyarakat;
- A. Demonstration
- B. Expectation
- C. Responsibility
- D. Employment
B. Betul, karena prinsip Expectation menganggap bahwa anak diharapkan bekerja dan belajar sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya
13. Kelas whole languange adalah kelas yang sibuk karena dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam menata sentra kegiatan, kecuali ....
- A. menata sentra agar mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup
- B. memperjelas pola lalu lintas jalan untuk keluar masuk sentra
- C. menata sentra seaman mungkin untuk anak
- D. menata sentra agar nyaman dengan menggunakan fasilitas sekolah seperti AC
A. Betul, karena merupakan persyaratan yang harus diperhatikan
14. Dalam guru membacakan sebuah cerita dengan menggunakan suara keras dan intonasi yang baik sehingga anak-anak dapat tertarik dari isi cerita yang disampaikan guru tersebut. Contoh ini termasuk dalam ...
- A. reading aloud
- B. journal writing
- C. sustained silent reading
- D. guided reading
A. Betul, karena guru membacakan sebuah cerita dengan menggunakan suara keras dan intonasi yang baik.
15. Kemampuanmenyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai berikut, kecuali :
- A. penyimak
- B. situasi
- C. pembicara
- D. kapasitas
B. Betul, karena situasi berkaitan erat dengan lingkungan sekitar anak dan stimulus visual yang diberikan.
16. Menurut Jalongo (2007) tentang kemampuan anak dalam mendengar mengalami perkembangan
- A. infant, mulai mengeluarkan suara bergumam
- B. usia satu sampai dua tahun, mulai mengenal namanya sendiri
- C. usia 3-4 tahun, mengingat permainan jari
- D. usia 5-6 tahun , anak sering mengatakan “apa?” atau “hah?”
D. Betul, karena memang demikian menurut Jalango (2007)
17. Jika anak mulai belajar bahasa asing yang dimulai dari cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum dia dapat mengucapkan kata dan menggunakanya dalam berbicara, adalah fungsi
- A. menjadi dasar belajar bahasa
- B. menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulis
- C. menunjang keterampilan berbahasa lainya
- D. memperlancar komunikasi lisan
A. Betul, karena sesuai dengan fungsinya
18. Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang menyimakuntuk .... kecuali:
- A. belajar
- B. mengapresiasi
- C. menghibur diri
- D. mengisi waktu luang
A. Betul, karena kegiatan menyimak bertujuan untuk belajar
19. Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor neurologi, kecuali
- A. perkembangan kognitif
- B. strategi memproses informasi
- C. kemampuan output motor
- D. kemampuan sensorik
A. Betul, karena perkembangan kognitif termasuk faktor neurologi yaitu kemampuan mengolah dan merencanakan apa yang akan dikatakan .
20. Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal serbagai berikut, kecuali
- A. kesiapan berbicara
- B. kesempatan berlatih
- C. pengalaman
- D. motivasi untuk belajar dan berlatih
A. Betul, karena kesiapan berbicara merupakan kesiapan mental yang sangat tergantung pada pertumbuhan dan kematangan otak .
21. Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah. Komponen tersebut adalah...
- A. perkembangan fonologi
- B. perkembangan morfologi
- C. perkembangan fisik
- D. semantik
B. Betul, karena morfologi termasuk komponen dalam bahasa yang terkait dengan pertumbuhan dan produksi arti bahasa.
22. Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1tahun) dan periode linguistik (1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Setelah Anda analisis satu persatu dari alternatif jawaban, tentukan yang bukan termasuk dalam fase linguistik adalah fase ...
- A. satu kata
- B. dua lebih dari satu kata
- C. tiga lebih dari satu kata
- D. diferensiasi
A. Betul, karena fase ini anak mempergunakan satu kata untuk menyatakan pikiran yang komplek baik berupa keinginan, perasaan atau temuanya tanpa perbedaan yang jelas
23. Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap perkembangan bicara anak yang berhubungan erat dengan perkembangan berpikir anak, kecuali tahap ....
- A. eksternal
- B. egosentris
- C. berbicara internal
- D. verbal
B. Betul, karena tahap ini ketika anak berbicara sesuai dengan jalan pikirannya dan pembicaraan orang dewasa bukan lagi menjadi persyaratan
24. Dalam memberi pengalaman menulis pada anak didik, peran guru hendaknya.... kecuali
- A. menyediakan bahan dan kesempatan bagi anak untuk menulis sendiri
- B. menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis
- C. memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat anak
- D. perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam
A. Betul, karena dengan disediakan bahan dan kesempatan kepada anak untuk menulis sendiri, anak akan terpacu untuk mandiri .
25. Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam kemampuan menulis pada anak, sebagai berikut. Pilih satu yang bukan tahapan menururut Brewer adalah tahap ...
- A. mencoret atau membuat goresan (Scribble stage)
- B. pengulangan linear (Linear Repetitive stage)
- C. menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic Writing)
- D. menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage)
A. Betul, karena tahap ini merupakan tahap pertama menurut Brewer .
26. Menurut Jolongo (2007) perkembangan menulis yang saling berkaitan dengan menggambar dalam tahap awal disebut tidak ada huruf-huruf yang dapat dikenal. Dalam tahap ini lebih menunjukkan konsep komunikasi melalui simbol, yakni... kecuali
- A. random scribbling
- B. controlled scribbing
- C. name of scribbing
- D. modeling scribbing
A. Betul, karena tahap ini masih acak dan tidak terarah
27. Terdapat sejumlah alasan guru untuk menumbuhkan cinta membaca pada anak. Pilih satu yang bukan alasan menurut Leonard (1999:27) adalah ...
- A. anak yang senang membaca akan membaca dengan baik dan sebagian waktunya digunakan untuk membaca
- B. membaca akan memberikan wawasan yang lebih luas dalam segala hal dan membuat belajar lebih mudah
- C. membaca dapat membantu anak-anak untuk memiliki rasa kasih sayang
- D. membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan
A. Betul, karena sesuai dengan pentingnya membaca, anak yang senang membaca akan berdampak positif terhadapnya .
28. Hasil penelitian Grifin dkk (1998) menyatakan sekolah yang mengajarkan keterampilan pra membaca di TK berdampak positif terhdapa anak ketika memasuki sekolah dasar. Pilih satu jawaban yang tidak termasuk pernyataan hasil penelitian Grifin tersebut adalah kemampuan ...
- A. membedakan auditorial
- B. diskriminasi visual
- C. memainkan komputer
- D. bahasa lisan
A. Betul, karena ketika di TK anak-anak sudah diperkenalkan konsep volume, durasi, tempo, pengulangan, kontras dalam audio, anak dapat membedakan konsonan awal dalam kata.
29. Kemampuan membaca seperti juga kemampuan menulis merupakan kegiatan yang komplek, artinya banyak faktor yang mempengaruhinya seperti faktor motivasi, lingkungan , keluarga dan guru. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ...
- A. Anderson
- B. Tampubolon
- C. Grifin
- D. Leonhardt
A. Betul, karena ia menyatakan hal tersebut secara luas dan mendalam uraiannya terdapat pada halaman 7.11 dan seterusnya
30. Ketika anak diperkenalkan dengan buku dan ia mulai tumbuh kesadaran akan tulisan dalam buku, menemukan kata yang pernah ditemuai sebelumnya, dan mengungkapkan kata-kata yang bermakna terkait dengan dirinya serta mengenal tulisan kata-kata pusisi, lagu dan sudah mengenal abjad. Pernyataan ini adalah salah satu contoh tahapan dalam perkembangan membaca menurut Cochrane Efal yakni tahap ...
- A. fantasi
- B. pembentukan konsep diri
- C. membaca gambar
- D. membaca lancar
C. Betul, karena ciri khas pada tahap ini sesuai dengan pernyataan di atas.
31. Literatur anak-anak adalah pembelajaran yang baik untuk anak karena akan merangsang daya pikir dan imajinasi dengan baik.Manfaat buku bagi anak akan menggabungkan beberapa kualitas sebagai berikut, kecuali
- A. memperpanjang pengalaman
- B. sediakan bantuan bahasa
- C. sediakan dana secukupnya
- D. sediakan dukungan untuk pembaca
C. Betul, karena dana tidak termasuk manfaat literatur bagi anak.
32. Bahan pustaka atau literatur begitu banyak jenis dan ragamnya yang kesemuanya bertujuan mendukung pengembangan bahasa atau pengetahuan anak. Berikut adalah jenis karya cetak atau karya grafis sebagai berikut, kecuali :
- A. majalah
- B. piringan hitam
- C. surat kabar
- D. laporan
B. Betul, karena piringan hitam termasuk karya non cetak atau karya rekam.
33. Banyak para ahli yang mengklasifikasikan literatur berdasarkan usia anak. Berikut adalah contoh buku yang tepat sesuai dengan anak yang berusia 2- 4 tahun, adalah buku yang ...
- A. berwarna warni
- B. mempunyai cerita yang sederhana dengan dengan akhir yang menyenangkan
- C. mempunyai imajinasi, fantasi, komedi, dongeng dan buku yang berisi informasi
- D. mempunyai fantasi tinggi, memecahkan masalah dan mengidentifikasi karakter
B. Betul, karena usia ini belum dapat dituntut memilki imajinasi tinggi tetapi sudah tidak lagi buku-buku yang warna warni
34. Peranan literatur dalam pengembangan bahasa bagi anak adalah sebagai berikut, kecuali ...
- A. memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca pada anak
- B. memperluas pengetahuan anak
- C. memberikan dasar-dasar ke arah belajar secara mandiri
- D. mendorong dan mengembangkan potensi diri yang memiliki egoisme tinggi
D. Betul, karena egoisme tinggi tidak diperlukan dalam pengembangan diri anak
35. Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan bahasa anak khususnya membentuk kebiasaan membaca anak dan cinta buku, kecuali :
- A. bawa anak ke toko buku yang terkenal dan terlengkap koleksi bukunya
- B. membaca dan berbicara tentang buku-buku dengan cinta dan kasih sayang
- C. pastikan bahwa di kelas ada cukup buku untuk semua anak
- D. buat suasana yang menyenangkan untuk membaca
A. Betul, karena anak diajak ke toko buku tidak mesti yang terkenal dan terlengkap koleksi bukunya, sebaiknya toko buku mana saja.
36. Cara mengenalkan buku bacaan bagi anak agar anak memiliki sifat cinta buku diperlukan suatu proses yang harus ditempuh yakni pembangkitan minat, relasi makna, dan refleksi. Pada tahap pembangkitan diharapkan anak secara aktif terlibat dalam mengingingat apa yang anak tahu tentang topik. Selanjutnya tahap relasi makna, dalam fase ini anak akan datang ke dalam ide-ide baru dari teks dalam buku, serta tahap terakhir adalah tahap refleksi. Inti dari fase ini adalah ...
- A. anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
- B. anak didorong untuk mulai berpikir tentang topik dan mereka akan mengeksplorasi secara rinci
- C. memperkenalkan judul dan penulis dari teks dan ilustrasi
- D. melihat ilustrasi dan memprediksi konten sesuai dengan ilustrasi
A. Betul, karena anak mampu mengungkapkan dengan kata-kata sendiri dari ide-ide yang mereka temui adalah inti dari fase refleksi.
37. Permainan mendengarkan berkaitan dengan ...
- A. benda
- B. warna warni
- C. bunyi-bunyian
- D. tulisan
C. Betul, karena mendengarkan erat kaitannya dengan bunyi-bunyian
38. Media visual yang sering digunakan adalah televisi. Tidak diragukan lagi bahwa televisi dapat membantu memperkaya perbendaharaan kata-kata atau bahasa AUD. Untuk memanfaatkan televisi tersebut langkah yang harus dilakukan guru adalah ... kecuali
- A. mendampingi ketika menonton tayangan
- B. memberi penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami anak
- C. memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya seluas luasnya
- D. mengajukan pertanyaan terkait dengan tayangan televisi tersebut
C. Betul, karena ada kata seluas-luasnya mengandung arti ke luar dari kontek tayangan televisi.
39. Berikut adalah peranan menyimak, kecuali ..
- A. memperlancar komunikasi lisan
- B. meningkatkan keterampilan berbahasa
- C. landasan belajar bahasa
- D. memberitahukan sesuatu informasi
A. Betul, karena memperlancar komunikasi bukan merupakan peranan menyimak melainkan berbicara.
40. Berikut adalah contoh yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa memiliki kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran, kecuali :
- A. memainkan beberapa musik yang diminati
- B. menggunakan lagu-lagu berisi cerita
- C. saya bercerita, kamu mengerjakan, latihan untuk bekerja sama, yang satu menyebutkan yang lain mengerjakan
- D. simak - kerjakan
D. Betul, karena simak kerjakan bukan contoh.yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa memiliki kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran.
41. Berbagai strategi dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak agar anak menjadi pendengar aktif, kecuali
- A. mempertahankan kontak mata
- B. menggunakan bahasa verbal
- C. menangkap pengertian
- D. mengolah pesan
D. Benar, karena mengolah pesan bukanlah strategi bagi guru.
42. Berikut contoh sejumlah metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan menyimak . Pilihlah satu metode yang tidak sesuai untuk mengembangkan kemampuanmenyimak pada anak, adalah ...
- A. simak - ulang ucap
- B. simak – kerjakan
- C. simak – terka
- D. simak - gambar
D. Benar, karena penerapan metode ini tidak lazim mengingat anak usia dina belum pandai menggambar, kecuali sengaja guru mengajak menggambar pada anak dan tidak melalui menyimak .
43. Menurut Hurlock terdapat sejumlah kriteria untuk mengukur tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sehingga dapat diketahui apakah anak bicara secara benar atau hanya sekedar ‘membeo’, kecuali anak ...
- A. mampu melafalkan kata-kata yang dapat dipahami orang lain dengan mudah
- B. mengetahui arti kata yang digunakan dan mampu menghubungkannya dengan objek yang diwakilinya
- C. memahami kata-kata tersebut bukan karena telah sering mendengar atau menduga-duga
- D. mampu mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang dewasa tanpa ada kesalahan
D. Benar, karena rasanya terlalu berlebihan jika anak usia dini mengucap ulang kata-kata orang dewasa tanpa ada kesalahan.
44. Kemampuan berbicara berhubungan dengan fonologi, morfologi, sintaksis, dan menyimak. Anak berbicara sangat erat kaitannya dengan aktivitas menfdengarkan bunyi-bunyi, termasuk mendengarkan orang bicara.Terdapat unsur-unsur kemampuan berbicara pada anak, pilih satu yang bukan merupakan unsur kemampuan bicara anak.
- A. perkembangan kosa kata
- B. ekspresi
- C. lafal ucapan
- D. intonasi suara
D. Betul, karena intonasi tidak terkait dengan unsur kemampuan berbicara anak.
45. Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar-dasar kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak. Kemampuan kesiapan yang dimaksud adalah sebagai berikut, kecuali kemampuan ...
- A. penghafal aksara atau huruf
- B. diskriminasi visual
- C. bahasa lisan
- D. membedakan auditorial
B. Betul, karena diskrimisasi visual merupakan salah saru kemampuan kesiapan membaca anak, penjelasan selengkapnya silahkan Anda pelajari kembali hal 11.5 – 11.9
46.Berikut adalah sejumlah contoh strategi dalam membaca permulaan yang dapat dilakukan guru pada lembaga PAUD yakni dengan menerapkan konsep DAP atau Developmentally Aproppriate Practice, kecuali
- A. mengeksplorasi buku
- B. memperbanyak fasilitas pembelajaran
- C. memahami urutan
- D. mengenali kata-kata adalah simbol
B. Betul, karena dengan memperbanyak fasilitas pembelajaran bukan salah satu kriteria DAP dan informasi.
47. Perkembangan menulis berkaitan dengan menggambar. Para ahli menyatakan menggambar sebagai bagian dari menulis terutama pada saat awal. Pada saat itu anak lebih cenderung mencoret-coret baik itu dalam bentuk tulisan atau gambar. Kaitan antara menggambar dan menulis antara lain sebagai berikut. Anda dapat menganalisa keterkaitan menggambar dengan menulis melalui alternatif jawaban, dan pilih satu yang alternatif jawaban yang tidak menunjukkan keterkaitan antara menggambar dan menulis yakni ....
- A. menulis dan menggambar keduanya memerlukan keahlian motorik
- B. peningkatan prestasi belajar maksimal
- C. menulis dan menggambar sesuai dengan perkembangan anak
- D. menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan
A. benar ada kaitan antara menulis dan menggambar.
48. Untuk dapat melakukan asesmen perkembangan bahasa anak usia dini diperlukan pemahaman yang lebih spesifik terhadap indikator pencapaian perkembangan bahasa adalah anak usia...
- A. empat bulan belum memberi reaksi terhadap suara
- B. satu tahun telah mampu menyebutkan kata tunggal
- C. 18 sampai 24 bulan telah memiliki kosakata sampai 100 kata termasuk nama dan mainan
- D. dua tahun telah mampu mengerti sampai 13.000 kata
C. Betul, karena karena anak berusia 18 – 24 bulan memiliki salah satu ciri seperti pada butir C (lihat halaman 12.10).
49. Salah satu keberhasilan dalam proses asesmen perkembangan anak adalah ketepatan guru dalam membuat isntrumen perkembangan anak. Berikut contoh langkah-langkah yang harus diperhatikan guru saat menyusun instrumen, kecuali ....
- A. mengidentifikasi variabel
- B. menganalis teori
- C. menyusun definisi operasional
- D. menyusun laporan hasil asesmen
D. Betul, karena menyusun laporan bukan termasuk dalam langkah-langkah penyusunan instrumen perkembangan anak.
50. Pengumpulan data instrumen perkembangan anak dengan teknik observasi karena anak berkembangan sangat pesat sehingga lebih menekankan pada proses yang tidak dapat dilepaskan dengan pemilihan metode. Berikut beberapa metode yang digunakan dalam teknik observasi, kecuali
- A. metode daftar nama digunakan untuk pencatatan menyesuaikan kegiatan rutin, menjaga diri, perkembangan fisik dan tahap perkembangan sosial
- B. jurnal refleksi digunakan untuk mencatat ekspresi dan emosi, berpikir, pertanyaan dan ujian pribadi
- C. catatan anekdot digunakan untuk mencatat frekuensi kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan
- D. cek list digunakan untuk mencatat kemampuan menjaga diri, perkembangan fisik dan perkembangan non fisik
C. Betul, karena catatan anekdot bukan untuk mencatat pada butir C karena aktifitas butir C sebaiknya menggunakan metode perhitungan frekuensi (lihat hal 12.18 – 12.22)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar