PAUD4202 Metode Pengembangan Fisik. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa
diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan kemampuan fisik anak TK. Di samping mengkaji BMP dan program video dan mengikuti tutorial tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mencoba mempraktekkan materi yang telah dikuasainya. Mata kuliah ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan metode pengembangan fisik, yang meliputi penelahan tentang hakikat perkembangan fisik, karakteristik, fungsi dan tujuan pengembangan fisik, pengembangan dan metode khusus pengembangan fisik pada anak usia dini (0-6 tahun), serta penelaahan pengembangan kemampuan fisik dalam PKB-TK evaluasinya. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS.
diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan kemampuan fisik anak TK. Di samping mengkaji BMP dan program video dan mengikuti tutorial tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mencoba mempraktekkan materi yang telah dikuasainya. Mata kuliah ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan metode pengembangan fisik, yang meliputi penelahan tentang hakikat perkembangan fisik, karakteristik, fungsi dan tujuan pengembangan fisik, pengembangan dan metode khusus pengembangan fisik pada anak usia dini (0-6 tahun), serta penelaahan pengembangan kemampuan fisik dalam PKB-TK evaluasinya. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS.
1. Tahap dimana anak akan memahami keterampilan motorik dan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan suatu gerak tertentu. Tahap ini dinamakan ....
A. kognitif | |
B. asosiatif | |
C. autonomous | |
D. afektif |
A Betul, karena dengan kesadarannya anak berusaha dengan strateginya untuk mengingat gerakan serupa
2. Peran kemampuan motorik anak yang berhubungan dengan organ tubuh, dinamakan perkembangan ....
A. pisikologis | |
B. emosional | |
C. kognitif | |
D. asosiatif |
A Betul, karena dengan berolahraga akan meningkatkan sirkulasi darah dan pernafasan
3. Keterampilan motorik anak yang menyebabkan anak tersebut dapat berpindah tempat dinamakan ...
A. asosiatif | |
B. lokomotorik | |
C. non lokomotor | |
D. manipulatif |
B Benar, karena gerakannya dapat menyebabkan berpidah tempat seperti berjalan, mengguling
4. Contoh gerakan berikut merupakan gerakan motorik halus anak usia TK ....
A. melempar bola | |
B. meniti tangga | |
C. menggambar bola | |
D. menggantung |
C Benar, karena menggambar gerakannya hanya melibatkan otot kecil
5. Sebagai peran guru TK, untuk membantu meningkatkan gerakan motorik anak maka yang harus dilakukan guru, kecuali ....
A. alat dan tempat berlatih | |
B. memperlakukan anak yang sama | |
C. bersikap sabar | |
D. memberikan tes keterampilan |
D Betul, karena pada pembelajaran anak TK tidak perlu ada tes keterampilan
6. Salah satu contoh kegiatan motorik anak yang berhubungan dengan ekspresi dan berkreasi yaitu ....
A. membentuk obyek dari tanah liat | |
B. melempar bola yang terbuat dari tanah liat | |
C. melompat melewati tanah liat | |
D. menaiki tangga yang terbuat dari tanah liat |
A Betul, karena adanya proses gagasasn dan imajinasi
7. Yang memungkinkan beresiko cidera dalam aktivitas motorik kasar yaitu ....
A. melompati peti | |
B. melambungkan bola | |
C. lomba dengan alat | |
D. lomba tanpa alat |
A Benar, karena ada gerakan mendarat yang memungkinkan cidera lutut
8. Pengembangan program kegiatan motorik pada anak sebaiknya ditekankan pada ....
A. otot-otot besar | |
B. otot-otot kecil | |
C. motorik halus | |
D. motor egility |
A Betul, karena kegiatan ini berkaitan dengan pertambahan cephalocaudal dan proximodiosal
9. Tingkat keterampilan pada anak TK akan berkembang lebih cepat. Keadaan tersebut berhubungan dengan ....
A. perkembangan organ tubuh | |
B. pertumbuhan otot | |
C. pertumbuhan gigi | |
D. bertambahnya fungsi tulang tengkorak |
B Benar, karena gerak keterampilan berkaitan dengan keadaan otot
10. Kebutuhan pokok seperti keselamatan paling utama untuk anak TK, seperti ....
A. rasa aman | |
B. makan | |
C. kebutuhan berkawan | |
D. rasa ingin tahu |
A Betul, karena anak-anak masih memerlukan perlindungan
11. Karakteristik perkembangan anak umur 0-1 tahun dapat dilihat dari kebiasaan gerakannya, yaitu ....
A. meletakan tutup gelas di atas gelas | |
B. mengaduk air di gelas dengan sendok | |
C. bermain-main dengan tangannya | |
D. menggambar garis berbentuk lingkaran |
C Betul, karena gerakannya masih terbatas, maka hanya bisa memegang tangannya sendiri
12. Salah satu program kegiatan untuk perkembangan gerak bagi anak usia 1-2 tahun yaitu ....
A. naik turun tangga sambil berpegangan | |
B. naik turun tangga tanpa berpegangan | |
C. anak disuruh menirukan gerakan senam | |
D. membimbing anak untuk berjalan mundur |
D Betul, karena baru bisa berjalan, maka ditingkatkan kemampuannya dengan jalan mundur
13. Tingkat perkembangan gerak pada anak yang paling rendah diantaranya ....
A. refleks menggenggam | |
B. berjalan dengan bantuan | |
C. melempar dan menangkap | |
D. kemampuan khusus secara individual |
A Betul, karena gerak menggenggam dapat dilakukan pada umur yang paling rendah tingkatannya
14. Gerakan oleh konstraksi otot yang menyebabkan gerakan membengkokan sendi dinamakan ....
A. ekstensi | |
B. fleksi | |
C. rotasi | |
D. fronasi |
B Benar, karena gerakan tersebut contohnya membengkokan sendi sikut
15. Kemampuan mempertahankan posisinya dari gaya yang mempengaruhinya, merupakan pengertian dari ....
A. manipulatif | |
B. stabilisasi | |
C. lokomotor | |
D. non lokomotor |
B Benar, karena tanpa terpengaruh oleh gaya, maka menjadi stabil
16. Gerakan lokomotor yang memenyebabkan meningkatnya kekuatan otot lengan, salah satu contohnya ....
A. push up | |
B. menggantung | |
C. merangkak | |
D. meloncat |
C Betul, karena merangkak termasuk gerakan lokomor yang memerlukan kekuatan otot lengan
17. Selain kedua kaki harus selebar bahu pada gerak berjalan anak pada tahap matang, juga harus ....
A. ujung jari diarahkan ke depan | |
B. ujung jari diarahkan ke dalam | |
C. ujung jari diarahkan ke luar | |
D. menapak dengan kaki bagian depan |
A Benar, karena secara alami sikap ini baik untuk perkembangan otot tungkai
18. Masalah-masalah yang bisa terjadi pada gerakan berlari pada anak, diantaranya ....
A. badan tegak | |
B. ujung kaki mengarah ke dalam | |
C. kedua lengan rapat di badan | |
D. tidak mampu membengkokan sikut |
A Betul, karena sering ditemukan pada gerak berlari pada anak
19. Bentuk latihan pengembangan gerak berjalan yang divariasikan berdasarkan ruang , salah satu contohnya ....
A. ke depan dan ke belakang | |
B. bergerak dengan lembut | |
C. mengubah jarak langkah | |
D. bergerak secara zig-zag |
C Betul, karena berjalan langkah panjang atau pendek merupakan variasi berdasar ruang
20. Gerakan stretching yang bertujuan untuk penguluran/peregangan otot-otot sekitar punggung, salah satu contohnya adalah ....
A. membuka kedua kaki lebar-lebar | |
B. merentangkan lengan dan membusungkan dada | |
C. duduk selonjor dan mencium lutut | |
D. sikap kayang |
C Betul, karena mencium lutut akan teregang otot-otot punggung
21. Sikap kedua tangan pada saat menangkap pada gerakan menangkap dengan pola tangan atas yaitu ....
A. dilentingkan ke arah belakang | |
B. diluruskan ke depan | |
C. digerakan ke depan | |
D. diluruskan ke samping |
A Benar, karena gerakan ini untuk menghilangkan tenaga potensial dari bola
22. Kesalahan umum yang biasa ditemukan pada gerakan melempar dengan satu tangan pada tingkat dasar yaitu ....
A. mengayunkan lengan jauh ke belakang | |
B. tidak dapat membengkokan sikut | |
C. posisi bahu lurus | |
D. salahsatu kaki di depan |
B Benar, karena sikap ini kesalahan yang ditepukan pada gerakan berlari tingkat dasar
23. Dalam latihan melempar untuk anak, pertama anak melempar sambil berdiri kemudian di variasikan sambil menjingkat. Variasi latihan tersebut berdasarkan ....
A. gaya yang dikembangkan | |
B. waktu | |
C. arah gerakan | |
D. jalur |
A Benar, karena ada pengembangan gaya dari sikap berdiri ke sikap menjingkat
24. Berdasarkan sistematikanya sebelum anak ditugaskan latihan menggelindingakan bola dengan satu tangan sambil berdiri, sebaiknya anak dilatih terlebih dahulu menggelindingkan bola sambil ....
A. sambil awalan jalan | |
B. memakai awalan berlari | |
C. dengan dua tangan | |
D. sambil melompat |
C Betul, karena menggelindingkan bola dengan dua tangan lebih mudah daripada dengan satu tangan
25. Untuk mempelajari suatu gerakan yang baik maka anak harus memperoleh contoh yang baik pula. Hal tersebut merupakan kesempatan belajar anak berdasarkan pada ....
A. kesiapan belajar | |
B. kesempatan belajar | |
C. kesempatan berpraktek | |
D. model belajar yang baik |
D Benar, karena meniru suatu model yang baik akan memainkan peran yang baik pula
26. Salah satu contoh variasi latihan gerak berbaring untuk anak TK sebagai berikut....
A. sambil memiringkan badan | |
B. berkelompok sambil memegang bahu | |
C. menggunakan rintangan | |
D. mengejar dan dikejar |
A Benar, karena sikapnya yaitu badan lurus dan bagian samping rapat di lantai
27. Gerakan menolak ke depan dengan satu kaki kemudian mendarat dengan dua kaki secara nerurutan, dinamakan gerakan ....
A. berjingkat | |
B. mencongklang | |
C. meloncat | |
D. menyepak |
B Benar, karena gerakannya seperti langkah kuda yaitu berdiri, melangkah dan menjingkat
28. Latihan gerak dasar lompat untuk anak TK dengan cara melompat, kecuali ....
A. ke depan tanpa awalan | |
B. ke depan dengan awalan lari | |
C. ke atas peti lompat | |
D. ke samping depan sambil berpegangan tangan |
C Benar, karena melompat ke atas peti gerakannya sangat sulit dan cocok untuk anak besar
29. Kedua tangan di pinggang, liukan badan ke kiri dan ke kanan. Gerakan tersebut latihan untuk anak TK untuk mengembangkan otot....
A. lengan | |
B. tungkai | |
C. togok | |
D. leher |
C Benar, karena gerakan meliukan badan akan melatih otot-otot di sekitar pinggang/togok
30. Berdiri tegak dan kudua tangan lurus di samping badan, ayunkan kedua lengan ke depan sambil berjinjit kembali ke sikap semula. Gerakan tersebut merupakan latihan kombinasi pembentukan otot ....
A. lengan dan kaki | |
B. lengan dan togok | |
C. kaki dan leher | |
D. leher dan bahu |
A Benar, karena berjinjit dan mengayun lengan merupakan latihan pengembangan otot lengan dan kaki
31. Bentuk pemanasan dalam proses pembelajaran pengembangan fisik untuk anak TK yaitu dengan cara ....
A. jalan cepat | |
B. jalan secara bebas | |
C. menirukan gerakan binatang | |
D. gerak jalan |
B Benar, karena jalan bebas merupakan ekplorasi gerakan berjalan
32. Pembelajaran pengenalan gerakan star jongkok dalam gerakan lari untuk anak TK yaitu sebelum diberi aba-aba lari anak menempati posisi ....
A. berdiri dengan salah satu kaki di depan | |
B. duduk simpuh, kedua telapak tangan di lantai | |
C. lari di tempat, badan condong ke depan | |
D. berlari secara pelan |
B Benar, karena posisi simpuh menyerupai posisi star jongkok
33. Kemampuan seseorang untuk membangkitkan tegangan otot terhadap suatu tahanan dinamakan ....
A. kekuatan | |
B. daya tahan | |
C. kecepatan | |
D. kelincahan |
A Benar, karena kekuatan adalah kemampuan otot untuk melawan tahanan yang relatif besar
34. Sikap duduk dan kedua kaki selonjor, selanjutnya renggut badan ke depan sampai mencium lutut. Gerakan tersebut merupakan bentuk latihan pembentukan ....
A. kececpatan | |
B. keseimbangan | |
C. kekuatan | |
D. kelentukan |
D Benar, karena gerakannya dapat meningkatkan kelentukan otot pinggang, togok dan tungkai
35. Karakteristik kognitif yang dimiliki oleh anak TK yang mencerminkan kreativitas, contohnya ....
A. berpikir devergen | |
B. berani mengambil resiko | |
C. motivasi tinggi | |
D. mudah menyesuaikan diri |
A Benar, karena dengan berfikir depergen akan muncul tanggapan, pertanyaan dan gagasan yang beragam
36. Salah satu tujuan permainan kreatif pada anak TK untuk gerakan lokomotor yaitu ....
A. perkenalan berbagai keterampilan hidup mandiri | |
B. memperkenalkan anak dengan gerakan sebagai binatang | |
C. melatih anak dengan berbagai sikap statis | |
D. melati keterampilan pengontrolan gerakan tubuh |
B Benar, karena gerakan binatang berjalan dan melompat merupakan gerak lokomotor
37. Contoh bentuk permainan kreatif yang termasuk bentuk permainan simbolik pada anak TK diantaranya ....
A. berjalan menaiki tangga | |
B. bermain masak-memasak | |
C. permainan hijau hitam | |
D. melempar bola ke sasaran |
B Benar, karena permainan ini dapat mempengaruhi kegiatan lingkungan keluarga sedang memasak
38. Suatu rangkaian suara atau gerakan yang pendek yang diletakan di atas ketukan yang bersifat rata dan tidak rata dinamakan ....
A. ketukan | |
B. aksen | |
C. pola irama | |
D. birama musik |
C Benar, karena pola irama merupakan semua jenis ketukan
39. Gerak dan lagu dalam gerak ritmik pada intinya adalah ....
A. lagu mengikuti gerak | |
B. gerak mengikuti lagu | |
C. berdasarkan tarian daerah | |
D. peniruan irama ketukan |
B Benar, karena gerak yang dilakukan anak berdasarkan dan mengikuti syair lagu
40. Cara memproduksi irama yang relatif mudah dilakukan yaitu dengan ....
A. tom-tom | |
B. piano | |
C. band | |
D. organ |
A Benar, karena memukul tom- tom sedikit alami dan mudah dilakukan
41. Anak bariskan jongkok dalam satu barisan sambil memegang pundak anak yang di depannya, kemudian berjalan jongkok menuju garis finish. Proses gerak tersebut terdapat pada pemainan ….
A. lomba gerobag dorong | |
B. jalan bebek | |
C. elang dan anak ayam | |
D. buaya berlomba |
D Benar, karena berjalan berbaris berjongkok secara besama-sama sepeti buaya berjalan
42. Berikut merupakan contoh formasi yang tepat dalam latihan permainan anak dengan menggunakan alat bola ….
A. berkelompok | |
B. bersyaf | |
C. berpencar | |
D. berbaring |
B Betul, karena akan memudahkan mengontrol dan ada unsur komptitipnya
43. Permainan berikut dapat meningkatkan fisik untuk unsur kelincahan, yaitu….
A. lomba jalan bebek | |
B. gendong bersambung | |
C. tarik menarik tangan | |
D. kucing dan tikus |
D Betul, karena dalam lomba ini ada gerakan tiba-tiba mengubah arah lari
44. Bentuk latihan yang cocok untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan pada anak TK yaitu ....
A. sikap kapal terbang | |
B. berjalan di atas balok titian | |
C. lomba menggendong | |
D. lomba menaiki tangga |
A Benar, karena gerakannya mudah dan dapat meningkatkan keseimbangan
45. Berdasarkan kurikulum 2004, pengembangan motorik kasar anak untuk kelompok A yaitu anak dapat menggerakan tangan untuk kelentiran otot dan koordinasi, salah satu contohnya .....
A. membuat lingkaran dan segi empat | |
B. memantulkan bola besar dan kecil | |
C. merayap dan merangkak lurus ke depan | |
D. berjalan mundur ke samping |
B Benar, karena memantulkan bola bentuk keterampilan yang memerlukan koordinasi otot lengan
46. Tahap dimana anak belajar tentang berbagai bentuk yang dapat diterima sebagai tulisan dinamakan tahap ....
A. mencoret dan membuat garis | |
B. pengulangan secara linear | |
C. menulis secara rondom | |
D. menulis tulisan nama |
C Betul, karena walaupun coretan seperti tali menurutnya sudah mewakili suau kata
47. Menurut Lowenfeld, karakteristik menggambar untuk anak usia 2-4 tahun dengan aktivitasnya menggunakan otot besar dengan gerakan dari bahu yaitu ....
A. menyepak bola tanpa awalan | |
B. mengayun lengan membentuk garis lurus | |
C. membentuk sesuatu dari bentuk geometri | |
D. membuat variasi garis dengan lebih halus |
B Benar, karena mengayun lengan merupakan aktivitas motorik kasar
48. Salah satu aspek yang akan dikembangkan dalam rancangan program pengembangan fisik motorik untuk anak umur 4-6 tahun adalah ....
A. sasaran atau harapan yang ingin dicapai | |
B. menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan | |
C. memilih alat atau bahan yang akan digunakan | |
D. penggunaan cara-cara pembelajaran |
A Benar, karena harus ada kompetensi dasar yang dijabarkan dalam indikator tujuan
49. Dalam prinsip penilaian, bahwa penilaian harus mengyangkut semua aspek prilaku, artinya penilaian bersifat ....
A. menyeluruh | |
B. berkesinambungan | |
C. objektif | |
D. mendidik |
A Benar, karena harus menggambarkan perubahan prilaku pengetahuan, sikap dan keterampilan
50. Fortofolio adalah kumpulan atau sistemik yang dikembangkan anak atau guru yang berfungsi sebagai ....
A. pemahaman prilaku anak | |
B. dasar penelaahan usaha pencapaian | |
C. evaluasi perkembangan anak | |
D. catatan tentang sikap dan prilaku anak |
B Benar,karena merupakan kerangka sebagai usaha perubahan dan perbaikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar