MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan. Mata kuliah ini membahas tentang wawasan
nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi hankamnas, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (sishankamrata). Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Sishankamrata adalahsistem pertahanan keamanan dengan komponen-komponn yang terdiri dari seluruh potensi, kemampuan, dan kekuatan nasional yang bekerja secara total, integral, serta berlanjut dalam rangka mencapai ketahanan nasional.
1. Domain Individu mempunyai Kepribadian, Daerah punya masyarakat dan Negara mempunyai...
nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi hankamnas, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (sishankamrata). Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Sishankamrata adalahsistem pertahanan keamanan dengan komponen-komponn yang terdiri dari seluruh potensi, kemampuan, dan kekuatan nasional yang bekerja secara total, integral, serta berlanjut dalam rangka mencapai ketahanan nasional.
1. Domain Individu mempunyai Kepribadian, Daerah punya masyarakat dan Negara mempunyai...
A. Individu | |
B. Masyarakat | |
C. Bangsa | |
D. Daerah |
2. Pendidikan kewarganegaraan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu pasal . . .
A. Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1 | |
B. Pasal 30 ayat 2 dan pasal 31 ayat 2 | |
C. Pasal 32 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1 | |
D. Pasal 32 ayat 2 dan pasal 33 ayat 2 |
Landasan PKn yaitu :
Pasal 30 ayat 1: Hak dan kewajiban warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
Pasal 31 ayat 1 : Hak warga Negara mendapatkan pendidikan.
3. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu membentuk kesadaran berbangsa , bernegara dan bermasyarakat. Makna dan hakekat yang terkandung di dalamnya yaitu.....
Pasal 30 ayat 1: Hak dan kewajiban warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
Pasal 31 ayat 1 : Hak warga Negara mendapatkan pendidikan.
3. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu membentuk kesadaran berbangsa , bernegara dan bermasyarakat. Makna dan hakekat yang terkandung di dalamnya yaitu.....
A. berani membela bangsa dan negara | |
B. melaksanakan otonomi seluas luasnya | |
C. mengimpor bahan baku industri dari luar | |
D. mengeksploitasi sumber daya alam |
Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk membangun dan menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang mencintai tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa yang sedang dan mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi serta seni.
4. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu Cinta kepada Tanah –Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa. . .
4. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu Cinta kepada Tanah –Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa. . .
A. berani karena benar takut karena salah | |
B. patah tumbuh hilang berganti | |
C. tak kenal maka tak cinta | |
D. berat sama dipikul ringan sama dijinjing |
5. Salah satu latar belakang Wasantara yaitu secara pisik-geografik. Negara Kepulauan yang sangat luas. Hal ini berdampak negatif manakala . . .
A. pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri feri | |
B. pemerintah mengeksploitasi sumberdaya alam secara optimal | |
C. pemerintah perlu membangun sistem pertahanan yang kuat | |
D. Pembangunan nasional dilakukan secara merata |
6. Salah satu unsur dasar Wasantara, yaitu Kepulauan. Konsepsi berpikir atau paradigma Wasantara ini dilandasi oleh pemikiran bawa. . .
A. pulau pulau dipisahkan oleh laut dan selat | |
B. laut dan selat merupakan satu kesatuan | |
C. rangkaian pulau pulau dalam laut | |
D. laut yang ditebari oleh pulau pulau |
Batas ruang lingkup wilayah nusantara ditentukan oleh lautan yang di dalamnya terdapat gugusan ribuan pulau yang saling dihubungkan oleh perairan. Oleh karena itu Nusantara dibatasi oleh lautan dan daratan serta dihubungkan oleh perairan didalamnya.
7. Wasantara merupkan landasan Ketahannan Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .
7. Wasantara merupkan landasan Ketahannan Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .
A. menentukan lingkup dan volumre Bangnas | |
B. menentukan volume dan ketepan bangnas | |
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas | |
D. menentukan ruang lingkup bangnas |
8. Wasantara merupkan landasan Bangnas Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .
A. menentukan lingkup dan volume Bangnas | |
B. menentukan volume dan ketepan bangnas | |
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas | |
D. menentukan ruang lingkup bangnas |
A. dimensi kelangsungan hidup bangsa | |
B. dimensi Kesejahteraan bangsa | |
C. dimensi kekuatan dan kejayaan bangsa | |
D. dimensi kesejahteraan dan keamanan bangsa |
10. Ada dua ciri pokok yang terkandung dalam ketahanan nasional suatu bangsa yaitu ketangguhan dan ....
A. kesemestaan | |
B. kerakyatan | |
C. keuletan | |
D. kejayaan |
Hal-hal yang berkaitan dengan ketahan nasional yaitu sebagai berikut:
- Tantangan. Adalah merupakan suatu usaha yang bersifat menggunakan kemampuan.
- Ancaman. Adalah suatu usaha untuk mengubah atau merombak kebijaksanaan atau keadaan secara konsepsional dari sudut kriminal maupun politis.
- Hambatan. Suatu kendala yang bersifat atau bertujuan melemahkan yang bersifat konseptual yang berasal dari dalam sendiri. Adapun hal tersebut berasal dari luar maka dapat disebut sebagai kategori gangguan.
- Gangguan. merupakan hambatan yang berasal dari luar
- Keuletan. usaha secara giat dengan kemampuan yang keras dalam menggunakan kemampuan tersebut diatas untuk mencapai tujuan
- Ketangguhan. kekuatan yang menyebabkan seseorang atau sesuatu dapat bertahan, kuat, menderita atau dapat menanggulangi beban yang dipikulnya
- Identitas. Yaitu ciri khas suatu bangsa atau negara dilihat secara keseluruhan. Negara dilihat dalam pengertian sebagai suatu organisasi masyarakat yang dibatasi oleh wilayah dengan penduduk, sejarah, pemerintahan, dan tujuan nasional serta dengan peran internasionalnya.
- Integritas. Yaitu kesatuan menyeluruh dalam kehidupan nasional suatu bangsa baik unsur sosial maupun alamiah, baik bersifat potensional maupun fungsional
A. idiologi | |
B. Politik | |
C. Sumber daya manusia dan teknologi | |
D. Hankam |
12. Salah satu indikator ketahanan bidang politik kita sebagai negara demokrasi dapat dikatakan rendah yaitu. . .
A. pihak yang kalah pilkada menghasut pendukungnya untuk rusuh | |
B. pihak yang menang dalam pilkada menghargai yang kalah | |
C. pihak yang kalan menghormati yang menang dlm pilkada | |
D. pihak yang menang dalam pilkada menghargai yang kalah |
13. Pada tahun 1965, kondisi Indonesia dapat dikatakan “perang saudara” atau civil war. Ribuan jiwa melayang, kondisi ini menggambarkan Tannas Indonesia . . . .
A. tinggi | |
B. sangat tinggi | |
C. rendah | |
D. sedang |
Pada tahun 1965, kondisi Indonesia dapat dikatakan “perang saudara” atau civil war. Ribuan jiwa melayang, kondisi ini menggambarkan Tannas Indonesia rendah.
14. Dalam pembinan Tannas, harus memperhatikan seluruh gatra yang ada. Penekanan dapat dilakukan pada salah satu atau lebih dari Astagatra. Posisi kunci dalam astagatra ini yang mempunyai daya biak yaitu. . .
14. Dalam pembinan Tannas, harus memperhatikan seluruh gatra yang ada. Penekanan dapat dilakukan pada salah satu atau lebih dari Astagatra. Posisi kunci dalam astagatra ini yang mempunyai daya biak yaitu. . .
A. sumber kekayaan alam | |
B. sumber daya manusia, | |
C. ekonomi | |
D. pertahanan dan keamanan |
A. penyebaran manusia yang tidak merata | |
B. penyebaran sumber kekayaan alam yang tidak merata | |
C. dominasi negara negara maju | |
D. kejuan telekomunikasi/informasi |
16. Obyek nasionalisme berbeda menurut zamannya. Dahulu obyek nasionalisme melawan penjajah. Pada masa kini obyek nasionalisme yaitu . . .
A. negara dan bangsa | |
B. eksploitasi sumberdaya alam | |
C. anti penjajjahan | |
D. Pemberontakan dalam negeri |
17. Dalam meningkatkan Tannas Indonesia menghadapi globalisasi diperlukan kewaspadaan dalam menerima bantuan luar. Bantuan yang diterima yaitu. . .
A. yang meminta imbalan yg berlebihan | |
B. yang tidak mengikat | |
C. melemahkan kemadirian | |
D. dari negara negara besar |
18. Indonesia terletak pada posisi silang dunia. Dampak dari itu dapat negatif dan positif tergantung pada kita. Sikap kita i yaitu. . .
A. berkolaborasi untuk membangun pertahanan | |
B. mengelola kekuatan yg melintas utk kepentingan bangsa | |
C. menjadi mitra untuk ekspansi ke tetangga | |
D. menolak segala bentuk bantuan yang ada |
19. Kesenjangn erkonomi antar daerah , antar kaum, antar masyarakat dapat mengganggu ketahanan Nasional Indonesia.Imlplikasi dari kesenjangan tersebut dapat berupa. . .
A. kerjasama antar daerah danm antar masyarakat | |
B. konflik sosial dan perpecahan bangsa | |
C. upaya penngkatan kesejahteraan rakyat | |
D. gotong royong mengatasi ketimpangan sosial |
20. Wujud dari politik strategi nasional dalam bentuk . . .
A. Propenas | |
B. PJPT | |
C. Renstra | |
D. RAPBN |
21. Implementasi polstranas dalam pembangunan nasional dapat dilihat pada . . .
A. kenaikan harga BBM untuk Bantuan Langsung Tunai | |
B. Gerakan pengentasan kemiskinan | |
C. operasi pasar untuk menekan kenaikan harga | |
D. pembuatan undang undang anti teroris |
22.Prisnsip prinsip demokrasi yang paling pokok berikut ini yaitu. . .
A. historia vitae magistra | |
B. Vini vidi visi | |
C. liberty ,egality ,praternity | |
D. pox populi pox dei |
23. Pemerintah yang sedikit memerintah bertitik tolak dari pandangan. . .
A. Komunisme | |
B. sosialisme | |
C. Atheisme | |
D. liberalisme |
24. Demokrasi terpimpin pernah dijalankan di Indonesia yaitu pada masa pemerintahan . . .
A. Megawati | |
B. Habibi | |
C. Soeharto | |
D. Soekarno |
Tahun 1959-1965 (Presiden Soekarno); Demokrasi Terpimpin, dengan ciri-ciri:
Dominasi presiden, yang membubarkan DR hasil Pemilu 1955, menggantikannya dnegan DPR-GR yang diangkat oleh Presiden, juga diangkat presiden seumur hidup oleh anggota parlemen yang diangkat presiden itu.
Terbatasnya peran partai politik
Berkembangnya pengaruh komunis
Munculnya ideologi Nasional, Agama, Komunis (NASAKOM)
Meluasnya peranan militer sebagai unsur sosial politik
Demokrasi terpimpin berakhir dengan pemberontakan PKI September 1965.
25. Pada tahun 1945 NKRI menggunakan UUD 1945, namun dalam prakteknya digunakan model demokrasi . . .
Dominasi presiden, yang membubarkan DR hasil Pemilu 1955, menggantikannya dnegan DPR-GR yang diangkat oleh Presiden, juga diangkat presiden seumur hidup oleh anggota parlemen yang diangkat presiden itu.
Terbatasnya peran partai politik
Berkembangnya pengaruh komunis
Munculnya ideologi Nasional, Agama, Komunis (NASAKOM)
Meluasnya peranan militer sebagai unsur sosial politik
Demokrasi terpimpin berakhir dengan pemberontakan PKI September 1965.
25. Pada tahun 1945 NKRI menggunakan UUD 1945, namun dalam prakteknya digunakan model demokrasi . . .
A. Pancasila | |
B. Demokrasi Parlementer | |
C. Terpimpin | |
D. Liberal |
Tahun 1945-1959; Demokrasi Parlementer, dengan ciri;
Dominasi partai politik di DPR
Kabinet silih berganti dalamwaktu singkat
Demokrasi Parlementer ini berakhir dengan Dekrit Presiden 1959.
26. Hampir setiap hari Demonstrasi ada di Jakarta. Demonstrasi ini ada dalam berbagai bentuk. Melihat maraknya demonstrasi tersebut dapat digunakan sebagai indikator . . .
Dominasi partai politik di DPR
Kabinet silih berganti dalamwaktu singkat
Demokrasi Parlementer ini berakhir dengan Dekrit Presiden 1959.
26. Hampir setiap hari Demonstrasi ada di Jakarta. Demonstrasi ini ada dalam berbagai bentuk. Melihat maraknya demonstrasi tersebut dapat digunakan sebagai indikator . . .
A. DPR kurang berfungsi/meningkatnya kesadaran rakyat | |
B. MPR tidak berfungsi meningkatnya partisipasi rakyat | |
C. BPD kurang berfungsi dan meningkatnya kesejahteraan | |
D. MA kurang berfungsi dan meningkatnya kesadaran rakyat |
27. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan dapat Anda baca dalam statemen berikut ini, yaitu . . .
A. para sopir saling serobot tidak bisa antre di jalan | |
B. Tim sepakbola kalah, stadion dibakar | |
C. kalah dalam pilkada membuat kerusuhan | |
D. menghormati yang menang dan menghargai yang kalah |
28. Pelaksanaan demokrasi berhubugnan erat dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Hal ini berarti . . .
A. makin miskin masyarakat makin pintar berdemokrasi | |
B. makin pintar masyarakat makin bisa berdemokrasi | |
C. makin sejahtera masyarakat makin bisa berdemokrasi | |
D. makin kaya masyarakat, kurang bisa berdemokrasi |
29. Timbulnya gagasan Hak Azasi Manusia pada dasarnya akibat perkebangan aliran rasionalisme dan . . .
A. magna charta | |
B. dipengaruhi oleh gagasan hukum alam | |
C. Deklarasi Cairo | |
D. Declaration of Human Right |
30. Dalam Universal Declaration of Human Right, setiap orang berhak untuk perdagangan dan . . .
A. mendapat jaminan sosial | |
B. berinteraksi secara baik | |
C. mendapat jaminan keamanan | |
D. mendapat pengakuan dan penghargaan |
31. Setiap warga negara berhak untuk mendapat pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan. Pernyataan ini mengandung makna implementasi nilai-nilai HAM dalam . . .
A. perdagangan | |
B. perekonomian | |
C. sosial budaya | |
D. keamanan |
32.Berikut ini adalah bentuk pelanggaran Hak Azasi Manusia dimasa Orde Baru yaitu . . .
A. Peristiwa RMS | |
B. Gerakan APRA | |
C. G/30s/PKI | |
D. Peristiwa Talangsari Bandar Lampung |
33. Dihukumnya Gueteres, Abilio Soares dalam kasus pelanggaran HAM di Timtim, adalah salah satu bentuk . . .
A. penegakan HAM di Indonesia | |
B. promosi HAM di Indonesia | |
C. penghargaan HAM di Indonesia | |
D. pelayanan HAM di Indonesia |
34. Pada dasarnya ada dua bentuk otonomi daerah yaitu otonomi asli dan otonomi artifisial atau diciptakan. Termasuk daerah otonomi asli yaitu . . .
A. Propinsi | |
B. Kabupaten | |
C. Kota Madya | |
D. Desa, Naari, Kuria |
35. Pelaksanaan otonomi daerah pada hakikatnya penyelenggaraan pemerintahan secara mandiri dalam konteks NKRI. Nilai yang dibawa otonomi ini yaitu Pemberdayaan daerah, kemandirian dan . . .
A. kemakmuran | |
B. stabilitas daerah | |
C. demokrasi | |
D. kemaemukan |
36. Salah satu hambatan pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia yaitu . . .
A. Kuatnya aparatur birokrasi | |
B. Struktur permintaanyang berjenjang | |
C. Lemahnya konrol wakil rakyat | |
D. Sentralisasi pemerintahan |
37. Good Governance menggambarkan perubahan peran pemerintah dari memberikan pelayanan pada masyarakat menjadi . . .
A. Fasilitator | |
B. Dinamisator | |
C. Inisiator | |
D. regulator |
38. Capacity Building merupakan strategi untuk meningkatkan kinerja pemerintah supaya lebih efisien dan efektif serta . . .
A. Dapat dipercaya | |
B. Responsive | |
C. Mampu menjalankan tugas | |
D. memberikan pelayanan |
39. Menurut Ivan S. Bloch, selama kurun waktu 3357 tahun terdapat 227 tahun damai dan 3130 tahun perang. Data ini bermakna bahwa . . .
A. Jika ingin damai maka siaplah untuk berperang | |
B. Umat manusia cenderung sukaberperang | |
C. perang merupakan kelajutan dari politik | |
D. Perang merupakan kehidupan normal |
40. Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia di rancang atas dasar pertimbangan . . .
A. Untuk melakukan ekspansi ke negara tetangga | |
B. Bersaing dengan negara tetangga | |
C. Melakukan pertahanan dari setengah musuh | |
D. Perkirakan ancaman musuh ke depan |
41. KOmponen utama kekuatan dalam sishankamrata . . .
A. TNI dan Cad. TNI | |
B. ratih (rakyat terlatih) | |
C. limas (perlindungan masyarakat) | |
D. hansip (pertahanan sipil) |
42. Pada tahun 1945 - 1947, upaya bela negara dipersepsikan sebagai . . .
A. membela kepentingan bangsa di luar negeri | |
B.mengabdi dengan baik pada bidang masing-masing | |
C. peran serta dalam perang kemerdekaan | |
D. membela nama bangsa dan olah raga |
43. Wujud keikutsertaan warga negara dalam bela negara dapat dilakukan melalui: prajurit TNI, Pendidikan Kewarganegaraan, Latihan dasar kemeliteran dan . . .
A. latihan dasar kepemimpinan | |
B. jambore Pramuka | |
C. operasi abaskarajaya | |
D. pengabdian dalam profesi |
44. Pernyataan berikut ini merupakan konsep dari keamanan negara yaitu . . .
A. penghancuran musuh dikandang sendiri | |
B. menggagalkan upaya inviltrasi dan subversi | |
C. menghancurkan musuh dalam perjalanan | |
D. menghancurkan musuh dipintu masuk |
45. Dwi fungsi ABRI yaitu fungsi ABRI selain sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan juga mempunyai fungsi sebagai kekuatan . . . .
A. seni dan budaya | |
B. ekonomi - sosial | |
C.sosial dan budaya | |
D. sosial dan politik |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar