PGTK2102 - Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Setelah menempuh mata
kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agama. Di samping mengkaji BMP dan program video serta mengikuti tutorial tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mencoba mempraktekkan materi yang telah dikuasainya. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai pendekatan dan metode yang berkaitan dengan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak TK. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS.
1. Affective motivation aspect menurut Peter memiliki makna sebagai ....
kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agama. Di samping mengkaji BMP dan program video serta mengikuti tutorial tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mencoba mempraktekkan materi yang telah dikuasainya. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai pendekatan dan metode yang berkaitan dengan pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak TK. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS.
1. Affective motivation aspect menurut Peter memiliki makna sebagai ....
A. suatu perhitungan emosi yang akan diakibatkan dari sebuah keputusan yang diambil oleh seseorang | |
B. suatu perhitungan antisipatif dari seseorang terhadap risiko yang mungkin muncul jika dirinya menentukan suatu hal | |
C. suatu pola yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu nilai moral yang didasari oleh dua landasan perhitungan/ penilaian | |
D. suatu pola standar awal yang dimiliki oleh anak usia Taman Kanak-kanak dalam rangka mengembangkan moralitas anak |
Emosi mendasari perhitungan ketaatan dan kepatuhan seseorang terhadap sesuatu.(A)
2. Berikut adalah tahapan pengembangan moral menurut Dewey, kecuali ....
2. Berikut adalah tahapan pengembangan moral menurut Dewey, kecuali ....
A. Pre convensional | |
B. Autonomous | |
C. Heteronomous | |
D. tingkat konvensional |
Heteronomous merupakan tahapan perkembangan menurut Piaget.
3. Berikut adalah hal yang harus dilakukan seorang pendidik agar dapat membantu anak didik berhubungan dengan orang lain, kecuali ....
3. Berikut adalah hal yang harus dilakukan seorang pendidik agar dapat membantu anak didik berhubungan dengan orang lain, kecuali ....
A. mampu menempatkan dirinya setara dengan anak didik | |
B. dapat menyelami pikiran dan jiwa anak didik | |
C. menunjukkan ketegasan dan kewibawaan sebagai pendidik | |
D. membuat anak dapat menerima pendapatnya |
Jawaban D adalah tugas seorang pendidik dalam membentuk sikap dan perilaku anak.
4. Salah satu tujuan pendidikan moral yang dikemukakan oleh Adler adalah ....
4. Salah satu tujuan pendidikan moral yang dikemukakan oleh Adler adalah ....
A. menjalin hubungan konstruktif antara anak-guru, guru-guru, dan dengan pihak lain | |
B. memberi peluang kepada anak untuk memberi pengamatan | |
C. memberikan dukungan positif kepada anak dengan tindakan guru sebagai model peran yang positif | |
D. dapat beradaptasi pada berbagai situasi dalam relasinya dengan orang lain dan dalam hubungannya dengan kultur lain. |
Jawaban D adalah salah satu tujuan pendidikan dan pengembangan moral anak.
5. Pembentukan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan memberi dampak yang sangat besar dalam pembentukan diri anak, Hal ini dapat dilihat pada anak yang diajari iklim kerja keras dan tangggung jawab, maka anak tersebut akan....
5. Pembentukan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan memberi dampak yang sangat besar dalam pembentukan diri anak, Hal ini dapat dilihat pada anak yang diajari iklim kerja keras dan tangggung jawab, maka anak tersebut akan....
A. belajar memahami tentang bagaimana orang lain memperlakukan dirinya | |
B. menunjukkan prestasi yang tinggi | |
C. membentuk perilaku sosial pada kehidupan masa dewasa | |
D. mengkontrol emosinya dalam kehidupan sehari-hari |
Menunjukkan prestasi yang tinggi merupakan karakter yang dibentuk tertata dalam pikiran dan hati anak usia dini .
6. Anak yang berfikir heteronomous meyakini bahwa keadilan merupakan sesuatu yang tetap ada Piaget mengistilahkan dengan ....
6. Anak yang berfikir heteronomous meyakini bahwa keadilan merupakan sesuatu yang tetap ada Piaget mengistilahkan dengan ....
A. otonomus justice | |
B. autonomous morality | |
C. immanent justice | |
D. heteronomous morality |
immanent justice, jika aturan dilanggar maka hukuman akan ditimpakan segera.
7. Pada level pertama penalaran moral prakonvensional ada beberapa area perkembangan yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan pengembangan anak TK, kecuali ....
7. Pada level pertama penalaran moral prakonvensional ada beberapa area perkembangan yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan pengembangan anak TK, kecuali ....
A. sosial emosional | |
B. sains | |
C. fisik | |
D. bahasa |
Sains bukan termasuk level pertama yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan anak TK .
8. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya, pemahaman terhadap perbedaan ini kepada anak bertujuan ....
8. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya, pemahaman terhadap perbedaan ini kepada anak bertujuan ....
A. menitikberatkan pada pengembangan kepribadian | |
B. meningkatkan antarbudaya dan membangun sikap toleran | |
C. memberi kesempatan kepada anak untuk memahami satu budaya | |
D. meningkatkan keterampilan berbahasa anak |
Meningkatkan antarbudaya dan membangun sikap toleran memberikan kesempatan anak untuk mengenal berbagai bagian dari keragaman budaya indonesia diperluas.
9. Abdullah Nasih Ulwan menjelaskan bahwa salah satu aspek tanggung jawab pendidik terhadap anak didiknya adalah tanggung jawab pendidikan ....
9. Abdullah Nasih Ulwan menjelaskan bahwa salah satu aspek tanggung jawab pendidik terhadap anak didiknya adalah tanggung jawab pendidikan ....
A. sosial | |
B. kognitif | |
C. moral | |
D. bahasa |
Pendidikan sosial bertujuan agar anak peka dan kritis terhadap lingkungannya .
10. Kondisi yang menekankan pada pengurangan ajaran nilai, norma dan moral yang ada pada diri seseorang adalah ....
10. Kondisi yang menekankan pada pengurangan ajaran nilai, norma dan moral yang ada pada diri seseorang adalah ....
A. disolusi | |
B. resolusi | |
C. disonansi | |
D. resonansi |
Kondisi yang menekankan pada pengurangan ajaran nilai, norma dan moral yang ada pada diri seseorang merupakan penjelasan dari disonansi.
11. Sejak awal kehidupan manusia telah memiliki potensi positif maupun negatif yang tertanam pada dirinya. Peran guru dan orang tua dalam hal ini adalah ....
11. Sejak awal kehidupan manusia telah memiliki potensi positif maupun negatif yang tertanam pada dirinya. Peran guru dan orang tua dalam hal ini adalah ....
A. mengurangi ketegangan, mengurangi rasa sakit dan menimbulkan kesenangan | |
B. melepaskan energi pada setiap kesempatan yang memungkinkan tanpa penundaan | |
C. mengantisipasi beberapa perilaku positif yang muncul pada anak | |
D. pengkontrol dan pengendali dari perilaku anak didik dalam proses pendidikan |
Kegiatan pengkontrol dan pengendali dari perilaku anak didik dalam proses pendidikan merupakan tanggung jawab guru dalam mendidik anak selama anak berada dilingkungan sekolah.
12. Jika disonansi diistilahkan sebagai penghalang masuknya nilai-nilai budaya kehidupan, maka resonansi....
12. Jika disonansi diistilahkan sebagai penghalang masuknya nilai-nilai budaya kehidupan, maka resonansi....
A. menekankan getar nilai, norma dan moral pada pendidikan | |
B. menghambat getar nilai, kognitif dan moral pada pendidikan | |
C. menghalangi getar nilai, fisik dan moral pada pendidikan | |
D. menguatkan getar nilai, bahasa dan moral pada pendidikan |
Resonansi menguatkan nilai, norma dan moral yang telah diketahui seseorang dari proses pendidikan sebelumnya.
13. Seorang anak yang dilingkungan keluarganya tidak pernah ditegur ketika berbuat salah, maka ia tidak merasa melanggar aturan karena sudah terbiasa dibiarkan oleh orang tuanya. hal tersebut masuk kedalam kategori disonansi ....
13. Seorang anak yang dilingkungan keluarganya tidak pernah ditegur ketika berbuat salah, maka ia tidak merasa melanggar aturan karena sudah terbiasa dibiarkan oleh orang tuanya. hal tersebut masuk kedalam kategori disonansi ....
A. sosio politis | |
B. personal | |
C. bawaan ilmu pengetahuan dan pola modernisasi | |
D. kognitif |
Disonansi personal didorong oleh kebiasaan dan budaya yang mengarah pada perbuatan yang negatif dan kurang baik.
14. Sebagai guru kita dapat memberikan respon positif terhadap anak didik dengan cara dibawah ini, kecuali ....
14. Sebagai guru kita dapat memberikan respon positif terhadap anak didik dengan cara dibawah ini, kecuali ....
A. menghargai dan memuji hasil karya anak | |
B. memberi dukungan moril kepada anak | |
C. menghargai pendapat dan mendekatkan diri pada anak | |
D. memberikan berbagai informasi dan mengajukan beberapa pertanyaan |
Memberikan berbagai informasi dan mengajukan beberapa pertanyaan merupakan tugas guru kepada anak didiknya.
15. Pembuatan atau cara untuk mendekati suatu aktivitas tertentu disebut ....
15. Pembuatan atau cara untuk mendekati suatu aktivitas tertentu disebut ....
A. persamaan | |
B. persatuan | |
C. pendekatan | |
D. penjajakan |
Pendekatan merupakan proses perjalanan waktu, pendekatan upaya untuk mencapai sesuatu.
16. Berikut ini adalah faktor yang melandasi keputusan profesional dalam memilih pendekatan pendidikan, kecuali pengetahuan tentang ....
16. Berikut ini adalah faktor yang melandasi keputusan profesional dalam memilih pendekatan pendidikan, kecuali pengetahuan tentang ....
A. sosial kultural dimana anak hidup | |
B. proses kegiatan belajar mengajar | |
C. belajar dan perkembangan anak | |
D. kekuatan, minat dan kebutuhan setiap individu anak dalam kelompok |
Proses kegiatan belajar mengajar, guru harus mempersiapkan proses kegiatan belajar mengajar agar setiap kegiatan menjadi bermakna.
17. Pada saat orang tua melihat anak mencoret-coret tembok, guru menegur dengan memberi pujian " warna lukisanmu bagus sekali, coba melukisnya diatas kertas gambar, pasti lebih bagus". contoh diatas adalah teknik membentuk tingkah laku anak dengan ....
17. Pada saat orang tua melihat anak mencoret-coret tembok, guru menegur dengan memberi pujian " warna lukisanmu bagus sekali, coba melukisnya diatas kertas gambar, pasti lebih bagus". contoh diatas adalah teknik membentuk tingkah laku anak dengan ....
A. memuji | |
B. mengubah lingkungan rumah | |
C. peringatan atau isyarat | |
D. mengajak |
Pujian memberikan rasa berharga, mampu dan percaya diri pada anak.
18. Salah satu manfaat bercerita adalah guru dapat mengembangkan daya ....
18. Salah satu manfaat bercerita adalah guru dapat mengembangkan daya ....
A. imajinasi anak | |
B. pikir anak | |
C. halusinasi anak | |
D. ingat anak |
Dengan mendengarkan cerita anak dapat meningkatkan daya khayalnya (imajinasi) sesuai dengan isi cerita yang di dengar.
19. Untuk menunjukkan perwatakan dalam suatu cerita sesungguhnya guru dapat menggunakan media, maka teknik bercerita yang digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan ....
19. Untuk menunjukkan perwatakan dalam suatu cerita sesungguhnya guru dapat menggunakan media, maka teknik bercerita yang digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan ....
A. dongeng | |
B. ilustrasi dari buku | |
C. boneka | |
D. papan flanel |
Dengan papan flanel tokoh yang diceritakan dapat anak lihat bentuknya tetapi media ini mudah rusak sehingga tidak tahan lama.
20. Pendekatan pembelajaran yang mudah membuat anak senang dan gembira adalah ....
20. Pendekatan pembelajaran yang mudah membuat anak senang dan gembira adalah ....
A. karyawisata | |
B. dongeng | |
C. sajak | |
D. bernyanyi |
Secara nyata pendekatan pembelajaran bernyanyi mampu membuat anak senang dan bergembira.
21. Dibawah ini adalah program perilaku anak TK yang dilakukan dengan pembiasaan, kecuali ....
21. Dibawah ini adalah program perilaku anak TK yang dilakukan dengan pembiasaan, kecuali ....
A. berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan | |
B. menjenguk teman sakit | |
C. menyerobot pada saat antri mainan dengan temannya | |
D. bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan |
Menyerobot pada saat antri mainan dengan temannya, merupakan tugas guru untuk menanamkan sikap tengang rasa.
22. Untuk menumbuhkan sikap sopan santun pada anak guru dapat mengajarkannya dengan ....
22. Untuk menumbuhkan sikap sopan santun pada anak guru dapat mengajarkannya dengan ....
A. mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain | |
b. mengenal arti kebersamaan dan persatuan | |
C. bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan | |
D. berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan |
Mengucapkan salam berarti kita menghargai orang berada disekitar kita.
23. Kegiatan yang dilakukan oleh anak usia 4-5 tahun yang terdapat pada materi inti pengembangan moral dari menu pembelajaran anak usia dini adalah ....
23. Kegiatan yang dilakukan oleh anak usia 4-5 tahun yang terdapat pada materi inti pengembangan moral dari menu pembelajaran anak usia dini adalah ....
A. meniru gerakan beribadah dengan tertib | |
B. membantu pekerjaan ringan orang dewasa | |
C. menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak | |
D. mengikuti nyanyian lagu agama |
Membantu pekerjaan ringan orang dewasa merupakan pengembangan moral untuk anak usia 4-5 tahun.
24. Untuk mengenalkan aturan bermain didapur, guru dan orang tua dapat memperkenalkan hal-hal berikut kecuali ....
24. Untuk mengenalkan aturan bermain didapur, guru dan orang tua dapat memperkenalkan hal-hal berikut kecuali ....
A. tidak mengganggu ibu atau pembantu yang sedang bekerja | |
B. menekankan pentingnya berperilaku sopan diatas meja makan | |
C. tidak bercanda seperti mendorong atau berlari-lari yang dapat menyenggol benda yang ada didapur | |
D. memperlihatkan benda-benda didapur yang dapat membahayakan |
Menekankan pentingnya berperilaku sopan diatas meja makan merupakan tata cara sopan satun diatas meja makan.
25. Pada saat kegiatan bercerita selesai, guru meminta anak menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan, hal ini termasuk dalam melatih anak agar memiliki sikap ....
25. Pada saat kegiatan bercerita selesai, guru meminta anak menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan, hal ini termasuk dalam melatih anak agar memiliki sikap ....
A. sosialisasi | |
B. tenggang rasa dan toleransi | |
C. mampu mengendalikan emosi | |
D. berani, bangga, bersyukur dan tanggung jawab |
Anak diminta memberikan pendapatnya terhadap gambar yang diperlihatkan kepadanya merupakan sikap mampu mengendalikan emosi.
26. Dibawah ini adalah fungsi penilaian, kecuali ....
26. Dibawah ini adalah fungsi penilaian, kecuali ....
A. sebagai bahan masukan bagi pihak lain yang memerlukan pembinaan selanjutnya | |
B. memberikan informasi kepada orang lain tentang ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anaknya | |
C. sebagai pertimbangan untuk menetapkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan niat dan kemampuan anak | |
D. mengetahui ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam GBPKB TK |
Mengetahui ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam GBPKB TK adalah tujuan dari penilaian.
27. Prinsip yang berorientasi pada proses dan tujuan, penilaian di TK dilaksanakan dengan .....
27. Prinsip yang berorientasi pada proses dan tujuan, penilaian di TK dilaksanakan dengan .....
A. bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan hasil belajar | |
B. berorientasi pada tujuan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak | |
C. memperhatikan kesesuaian antara apa yang diajarkan di TK dengan laporan yang dibuat | |
D. memberikan gambaran sejauh mana penguasaan bahan belajar yang disampaikan guru selama proses pembelajaran |
Berorientasi pada tujuan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan salah satu dari 7 prinsip penilaian.
28. Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan lembar pengamatan, kecuali ....
28. Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan lembar pengamatan, kecuali ....
A. memberi kesempatan untuk anak dalam mempertahankan atau mempertanggungjawabkan pendapat | |
B. diadakan pembatasan agar jumlahnya tidak terlalu banyak | |
C. disepakati bersama sehingga siapapun yang menggunakannya tidak mengalami kesulitan | |
D. mewakili keseluruhan tingkah laku atau kemampuan yang akan dinilai |
Memberi kesempatan untuk anak dalam mempertahankan atau mempertanggungjawabkan pendapat merupakan bentuk kegiatan aktivitas belajar mengajar.
29. Penilaian kegiatan bercerita yang dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan teknik ....
29. Penilaian kegiatan bercerita yang dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan teknik ....
A. bertanya | |
B. observasi | |
C. pemberian tugas | |
D. portofolio |
Teknik bertanya berguna untuk mengetahui sejauh mana anak memahami isi cerita.
30. Pendidikan nilai-nilai keagamaan dalam landasan yuridis berfungsi untuk ....
30. Pendidikan nilai-nilai keagamaan dalam landasan yuridis berfungsi untuk ....
A. membangun pondasi yang kokoh bagi pendidikan selanjutnya | |
B. mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang memahami nilai-nilai ajaran agama | |
C. meletakkan kerangka kehidupan dalam tatanan masyarakat | |
D. menanamkan sifat saling menghormati antar suku bangsa dan agama |
Mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang memahami nilai-nilai ajaran agama merupakan fungsi dari pendidikan nilai-nilai agama.
31. Guru dapat memberikan kegiatan pembelajaran nilai-nilai keagamaan anak TK dengan cara ....
31. Guru dapat memberikan kegiatan pembelajaran nilai-nilai keagamaan anak TK dengan cara ....
A. membereskan mainan setelah digunakan | |
B. memberikan pembiasaan berdoa sebelum melakukan pekerjaan | |
C. mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita | |
D. membiasakan mandi sendiri sebelum berangkat sekolah |
memberikan pembiasaan berdoa sebelum melakukan pekerjaan merupakan pembiasaan yang dilakukan guru untuk mengenalkan anak dengan agama.
32. Pada hakekat belajar nilai-nilai keagamaan, peragaan mengandung makna ....
32. Pada hakekat belajar nilai-nilai keagamaan, peragaan mengandung makna ....
A. memberikan hasil dan pengalaman belajar yang mendalam bagi anak | |
B. menunjukkan keaktifan anak yang tumbuh atas dorongan dari dalam dirinya sendiri | |
C. anak dapat menangkap suatu pesan atau informasi secara langsung dan kongkret | |
D. anak dapat menikmati gerakkan yang diperagakan oleh guru |
Anak dapat menangkap suatu pesan atau informasi secara langsung dan kongkret merupakan penjelasan dari prinsip peragaan nilai-nilai keagamaan.
33. Dibawah ini adalah dampak positif dari target mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada anak TK, kecuali ....
33. Dibawah ini adalah dampak positif dari target mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada anak TK, kecuali ....
A. akal pikiran | |
B. fisik | |
C. kemampuan bersosialisasi | |
D. kemampuan berbahasa |
Kemampuan berbahasa bukan merupakan dampak positif dari pembelajran agama yang diberikan guru.
34. Guru dan orang tua dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak hendaknya memiliki tujuan khusus dengan melihat aspek-aspek dibawah ini, kecuali aspek ....
34. Guru dan orang tua dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak hendaknya memiliki tujuan khusus dengan melihat aspek-aspek dibawah ini, kecuali aspek ....
A. usia | |
B. sosial | |
C. fisik | |
D. psikis |
Aspek sosia bukan merupakan penentuan tujuan khusus pengembangan nilai-nilai agama.
35. Tujuan guru melakukan penanaman nilai-nilai agama bagi anak TK adalah ....
35. Tujuan guru melakukan penanaman nilai-nilai agama bagi anak TK adalah ....
A. membentengi anak dari pengaruh lingkungan yang negatif | |
B. membantu anak berfikir lebih matang | |
C. membantu perkembangan bahasa anak | |
D. membantu anak meningkatkan kreatifitas |
Dengan belajar agama dapat membentengi anak dari pengaruh lingkungan yang negatif dan membedakan perbuatan yang baik dan buruk.
36. Landasan utama penanaman esensi nilai-nilai keagamaan kepada anak usia TK adalah ....
36. Landasan utama penanaman esensi nilai-nilai keagamaan kepada anak usia TK adalah ....
A. keluarga | |
B. guru | |
C. teman | |
D. lingkungan |
Keluarga atau orang tua adalah orang yang paling dekat dengan anak.
37. Penanaman nilai-nilai agama pada anak akan muncul manakala anak sering melihat dan terlibat dalam acara-acara keagamaan seperti ....
37. Penanaman nilai-nilai agama pada anak akan muncul manakala anak sering melihat dan terlibat dalam acara-acara keagamaan seperti ....
A. melakukan peribadatan | |
B. bimbingan dan penyuluhan | |
C. renungan dan intropeksi | |
D. pendidikan budi pekerti |
Melakukan peribadatan, setelah anak melihat orang dewasa melakukan peribadatan baru anak akan berfikir untuk ikut melakukannya.
38. Pada saat mengajarkan nilai-nilai agama pada anak TK hendaknya guru harus menguasai terlebih dahulu materi yang akan diajarkan karena pada usia TK anak banyak belajar dari apa yang mereka lihat. Kondisi diatas menjelaskan bahwa anak bersifat ....
38. Pada saat mengajarkan nilai-nilai agama pada anak TK hendaknya guru harus menguasai terlebih dahulu materi yang akan diajarkan karena pada usia TK anak banyak belajar dari apa yang mereka lihat. Kondisi diatas menjelaskan bahwa anak bersifat ....
A. misunderstand | |
B. ritualis | |
C. imitative | |
D. egosentris |
Anak bersifat imitative, pada usia ini anak banyak meniru dari apa yang pernah dilihat sebagai sebuah pengalaman belajar.
39. Materi pembelajaran yang bersifat terapan dan sangat dibutuhkan untuk beraktivitas dalam kehidupan anak adalah ....
39. Materi pembelajaran yang bersifat terapan dan sangat dibutuhkan untuk beraktivitas dalam kehidupan anak adalah ....
A. enjoyable | |
B. aplikasi | |
C. mudah dimengerti | |
D. mudah ditiru |
Aplikasi merupakan konseptual pengetahuan agama seperti berdoa, memberi salam.
40. Untuk memantau proses perkembangan dan kemajuan anak dalam mengikuti program yang disiapkan guru maka prinsip materi pengembangan agama yang perlu dilakukan guru yaitu ....
40. Untuk memantau proses perkembangan dan kemajuan anak dalam mengikuti program yang disiapkan guru maka prinsip materi pengembangan agama yang perlu dilakukan guru yaitu ....
A. keteladanan dari lingkungan dan orang tua dan keluarga | |
B. monitoring yang rutin | |
C. penekanan pada aktivitas sehari-hari | |
D. kesesuaian dengan kurikulum spiral |
Monitoring yang rutin, peranan monitoring membantu untuk memperoleh data akurat dalam rangka perbaikan dan perkembangan anak.
41. Dalam menyiapkan kegiatan harian guru mengembangkan materi nilai-nilai agama yang disisipkan melalui pengembangan bidang kemampuan dasar lainnya, kegiatan tersebut disebut juga dengan kegiatan yang ....
41. Dalam menyiapkan kegiatan harian guru mengembangkan materi nilai-nilai agama yang disisipkan melalui pengembangan bidang kemampuan dasar lainnya, kegiatan tersebut disebut juga dengan kegiatan yang ....
A. rutinitas | |
B. khusus | |
C. umum | |
D. terintergrasi |
Terintergrasi, meliputi pengembangan materi nilai-nilai agama yang disesuaikan dan dihubungkan pada kemampuan dasar lainnya.
42. Dibawah ini adalah beberapa tujuan dari pembuatan SKH, kecuali ....A. proses kegiatan belajar mengajar akan lebih lancar | |
B. guru dapat mengajarkan materi yang diinginkan sesuai perkembangan situasi dikelas | |
C. guru dapat menggunakan media secara integral | |
D. guru dapat menghindari diri dari lupa dan kebimbangan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung |
Guru dapat mengajarkan materi yang diinginkan sesuai perkembangan situasi dikelas merupakan salah satu tujuan dari SKH
43. Salah satu langkah pembuatan perencanaan Satuan Kegiatan Mingguan adalah ....
43. Salah satu langkah pembuatan perencanaan Satuan Kegiatan Mingguan adalah ....
A. memilih dan menentukan kegiatan berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai dan mengintegrasikan dengan materi nilai-nilai ajaran agama | |
B. memilih tema sesuai dengan keinginan guru serta menggunakannya hingga waktu yang lama | |
C. mendistribusikan kemampuan yang harus dikuasai anak dalam satu bulan untuk setiap sub tema | |
D. memberikan tanda ceklis (V) pada setiap kemampuan dan tema yang disukai oleh guru, dan membaginya untuk setiap 3 bulan sekali. |
Memilih dan menentukan kegiatan berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai dan mengintegrasikan dengan materi nilai-nilai ajaran agama merupakan salah satu langkah pembuatan perencanaan SKM.
44. Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran yang telah dibuat guru melalui kajian empirik, kecuali ....
44. Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran yang telah dibuat guru melalui kajian empirik, kecuali ....
A. kesinambungan antara program satu dengan program lainnya | |
B. melalukan pendekatan terpadu | |
C. menyiapkan kurikulum yang komprehensif | |
D. mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak didik |
Melalukan pendekatan terpadu bukan merupakan persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran.
45. Yang melatarbelakangi perlunya inovasi dalam pengembangan pembelajaran di TK adalah ....
45. Yang melatarbelakangi perlunya inovasi dalam pengembangan pembelajaran di TK adalah ....
A. munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan sarana yang ada dilingkungan penyelenggara pendidikan | |
B. ketidakseragaman dalam pencapaian target kompetensi standar pengembangan nilai-nilai agama bagi anak | |
C. penerapan metode yang tidak sesuai dengan perkembangan anak | |
D. sikap anak yang tidak perduli dan antusias dalam mengikuti program pengembangan karena terkesan dipaksakan |
Munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan sarana yang ada dilingkungan penyelenggara pendidikan.
46. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan inovasi pendekatan dan pengembangan nilai-nilai agama pada anak TK, kecuali ....
46. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan inovasi pendekatan dan pengembangan nilai-nilai agama pada anak TK, kecuali ....
A. menggunakan berbagai media dan sumber belajar | |
B. kesesuaian dengan keinginan anak | |
C. lingkungan yang kondusif | |
D. menggunakan pembelajaran terpadu |
Kesesuaian dengan keinginan anak bukan termasuk pendekatan pembelajaran dalam pengembangan nilai agama.
47. Berikut adalah beberapa langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita lakukan, kecuali ....
47. Berikut adalah beberapa langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita lakukan, kecuali ....
A. lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara yang anak pilih | |
B. kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri | |
C. biasakan anak memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide dan gagasan | |
D. kembangkan sifat rasa ingin tahu anak dengan memancing mereka untuk bertanya |
Biasakan anak memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide dan gagasan bukan merupakan langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan melainkan pendekatan kontektual membiasakan diri.
48. Untuk dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi guru dapat mengangkat tema pembelajaran dengan bercerita terlebih dahulu kepada anak misalnya tema matahari, bulan dan bintang. kemudian guru mengambil salah satu untuk dijadikan topik pembicaraan dengan anak bertanya manfaat serta keindahannya. dalam kegiatan tersebut guru sedang melakukan pendekatan ....
48. Untuk dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi guru dapat mengangkat tema pembelajaran dengan bercerita terlebih dahulu kepada anak misalnya tema matahari, bulan dan bintang. kemudian guru mengambil salah satu untuk dijadikan topik pembicaraan dengan anak bertanya manfaat serta keindahannya. dalam kegiatan tersebut guru sedang melakukan pendekatan ....
A. karyawisata | |
B. keteladanan | |
C. demonstrasi | |
D. bercakap-cakap |
Pendekatan bercakap-cakap, kegiatan percakapan antara guru dan anak tentang suatu tema tertentu.
49. Karakteristik penilaian yang ideal adalah ....
49. Karakteristik penilaian yang ideal adalah ....
A. dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung | |
B. dilakukan hanya pada saat pembukaan pembelajaran | |
C. dilakukan pada saat guru melakukan umpan balik tentang materi pembelajaran | |
D. dilihat pada kemampuan dan kecepatan anak menyelesaikan tugas |
Dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung untuk mengetahui perkembangan anak secara keseluruhan.
50. Guru dapat melakukan penilaian terhadap anak didik dengan melihat seluruh hasil karya anak dan dengan melihat kinerja anak dalam melakukan kegiatan. dalam hal ini guru melakukan instrumen penilaian dengan mengacu pada ....
50. Guru dapat melakukan penilaian terhadap anak didik dengan melihat seluruh hasil karya anak dan dengan melihat kinerja anak dalam melakukan kegiatan. dalam hal ini guru melakukan instrumen penilaian dengan mengacu pada ....
A. produk | |
B. observasi | |
C. performance | |
D. pengukuran |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar