Minggu, 12 Januari 2014

Kurikulum PAUD

PAUD4409 Kurikulum PAUD. Mata kuliah Kurikulum PAUD diarahkan untuk membantu
mahasiswa mengembangkan kurikulum atau berbagai program kegiatan pengembangan pada lembaga pendidikan pra sekolah khususnya Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan dengan cara menjabarkan rambu-rambu menu pembelajaran generik untuk Kelompok Bermain ke dalam bentuk operasional. Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa melakukan kajian tentang hakikat kurikulum dan pengembangan kurikulum, Developmentally Appropriate Practice (DAP) pada anak usia dini, kurikulum KB dan TPA berbasis kompetensi, kurikulum alternatif dan kurikulum kreatif untuk anak usia 3-6 tahun, bermain sebagai sarana dalam kegiatan pengembangan pada Kelompok Bermain, konsep dasar pengembangan kurikulum, kompetensi, metode, strategi dan asesmen dalam kegiatan pengembangan pada KB dan TPA, dan rancangan kegiatan pengembangan untuk KB dan TPA.

1. Pendidik pada lembaga PAUD harus mampu menunjukkan perilaku, tindakan dan sikap yang baik dalam berkehidupan di masyarakat karena pendidik harus dapat menjadi contoh bagi anak. Hal ini terkait dengan hakikat anak usia dini, yaitu masa….
A. peka
B. eksplorasi
C. egosentris
D. meniru
D Benar, karena anak suka meniru maka pendidik harus mampu menunjukkan perilaku, tindakan dan sikap yang baik
2.Di lembaga PAUD selain diajarkan berbagai konsep dan ilmu pengetahuan, anak-anak juga dilatih untuk berempati pada orang lain. Misalnya dengan berkunjung ke panti asuhan. Hal tersebut termasuk dalam salah satu tujuan utama PAUD, yaitu….
A. melatih anak mengembangkan kepekaan (sensitivitas) terhadap sesuatu
B. menanamkan keimanan dan ketaqwaan
C. meningkatkan kecakapan dan kesanggupan anak
D. menanamkan sikap disiplin
A Benar, mengajak anak ke panti asuhan bertujuan untuk melatih anak mengembangkan kepekaannya terhadap orang lain
3.Lembaga PAUD berperan dalam membantu anak menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dan dengan keadaan  dirinya sendiri. Hal tersebut termasuk salah satu fungsi PAUD, yaitu.….
A. pengembangan
B. bermain
C. adaptasi
D. sosialisasi
C Benar, fungsi adaptasi berarti lembaga PAUD dapat membantu anak menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dirinya sendiri.
4. Pengertian PAUD secara filosofi adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia dini untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga mereka memiliki kesiapan memasuki pendidikan selanjutnya. Upaya ini dilakukan melalui….
A. penyediaan fasilitas yang memadai
B. pemberian respon secara verbal
C. pemberian rangsangan pendidikan
D. penyediaan waktusepanjang hari
C Benar, upaya pembinaan anak usia dini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan
5. Anak diajarkan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain sejak dini agar mereka dapat bersikap adil dan sesuai dengan norma masyarakat di sekitarnya. Hal ini sesuai dengan Pancasila sebagai filosofi pendidikan nasional, yaitu sila.….
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat 
B Benar, sila kedua melandasi pendidikan nasional untuk mengajarkan anak memahami dan berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya.
6. Sekolah bukan hanya sebagai tempat bagi anak untuk bersosialisasi, tetapi juga bermakna sebagai sarana religius dan penegakan moral. Pendapat tersebut dikemukakan oleh….
A. Martin Luther
B. John Amos Comenius
C. John Locke
D. Pestalozzy
A Benar, pendapat tersebut dikemukakan oleh Martin Luther.
7. Pendidikan anak usia dini melalui bermain yang disesuaikan dengan usia anak tetapi tujuan kegiatannya dilaksanakan sama untuk semua usia, merupakan ciri dari pendekatan.….
A. Bank Street
B. High/Scope
C. Creative Play
D. Reggia Emilia
A Benar, Bank street menekankan pada bermain yang sesuai dengan usia anak namun pelaksanaannya sama untuk segala usia
8. Berikut ini adalah beberapa hal yang terkait dengan Taman Penitipan Anak yang telah berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka, kecuali.….
A. TPA yang sudah ada pada jaman Belanda adalah TPA di perkebunan
B. Departemen Sosial adalah lembaga Pemerintah Indonesia yang mendirikan TPA
C. TPA pertama yang didirikan adalah TPA Montessori yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda
D. Secara bertahap muncul TPA pasar, perkebunan dan perkantoran
Jawaban C salah, karena Pemerintah Hindia Belanda tidak mendirikan TPA Montessori. Namun jika Anda memilih C berarti Anda benar
9. Pada tahun 1994, Dirjen Dikti melakukan uji coba proyek PGTK pada beberapa lembaga Pendidik Tenaga kependidikan (LPTK) sebagai salah satu bukti kepedulian pendidikan tinggi terkait dengan pendidikan anak usia dini. LPTK yang terlibat adalah.….
A. IKIP Jakarta, Surabaya, dan Medan
B. STKIP Surabaya, Jakarta, dan Bandung
C. IKIP Medan, Bandung, Malang
D. STKIP Jakarta, Malang, dan Padang
A Benar, LPTK yang terlibat dalam proyek PGTK dari Dirjen Dikti adalah IKIP Jakarta, IKIP Surabaya dan IKIP Medan
10.Terwujudnya anak usia dini yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia serta memiliki kesiapan fisik dan mental dalam memasuki pendidikan selanjutnya merupakan visi dari….
A. Direktorat PAUD
B. Dirjen Dikti
C. TPA
D. Taman Kanak-kanak
A Benar, pernyataan tersebut merupakan visi Direktorat PAUD
11.Kualitas sumber daya manusia Indonesia saat ini berada di peringkat 109 dari 174 negara. Oleh karenanya Pemerintah menggalakkan tumbuh dan berkembangnya lembaga PAUD di seluruh Nusantara agar dapat membantu mengoptimalisasi perkembangan anak-anak usia dini sebagai aset dan investasi masa depan sehingga peringkat Indonesia bisa menjadi lebih baik. Hal tersebut merupakan salah satu alasan diperlukannya PAUD tersebut adalah….
A. mencapai pemerataan pendidikan, ekonomi dan sosial di seluruh pelosok tanah air
B. meningkatkan SDM dan mengejar ketinggalan dari negara-negara lain.
C. membantu kaum ibu dan orang tua yang bekerja dan tidak memiliki kesempatan mengasuh sendiri anaknya
D. menciptakan sumber daya manusia yang dapat bersaing di era globalisasi
B Benar, alasan yang dikemukakan memang untuk meningkatkan SDM dan mengejar ketinggalan dari negara lain.
12.Arah kebijakan pemerintah Indonesia di bidang PAUD non formal untuk memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat, dilakukan dengan cara….
A. memberikan pelatihan kepada orang tua tentang pentingnya PAUD
B. meningkatkan kapasitas lembaga PAUD
C. mendorong dan memfasilitasi peran masyarakat terhadap lembaga PAUD agar semakin optimal
D. berperan sebagai mediator bagi masyarakat
C Benar, pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan mendorong dan memfasilitasi masyarakat terhadap lembaga PAUD.
13. Pemerintah melakukan berbagai upaya terobosan untuk menjalin kerjasama dengan organisasi mitra PAUD yang dilakukan dengan memfasilitasi terbentuknya organisasi….
A. Forum PAUD, konsorsium PAUD dan HIMPAUDI
B. IGTKI, Forum Pendidikan, dan Pos PAUD
C. HIMPAUDI, Posyandu, dan BKB
D. Posyandu, Kelompok Bermain, TPA dan Pos PAUD
A Benar, organisasi tersebut adalah mitra PAUD yang pendiriannya difasilitasi oleh Pemerintah
14. Develompentally Appropriate Practice adalah kerangka kerja, filosofi atau pendekatan yang digunakan saat bekerja dengan anak. Pendapat ini disampaikan oleh….
A. Sue Bredecamp 
B. Vygotsky
C. Jean Piaget
D. Montessori
A Benar, pengertian DAP tersebut dikemukakan oleh Sue Bredecamp sebagai pencetusnya.
15. Kurikulum sebagai salah satu landasan Developmentally Appropriate Practice (DAP) harus sesuai dengan ….
A. kebutuhan wilayah, masyarakat, dan kemampuan lembaga PAUD yang akan melaksanakannya
B. rentang usia anak, dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan, minat dan tingkat perkembangan setiap anak
C. potensi anak, latar belakang sosial dan ekonomi anak dan karakteristik pendidik yang akan mengajar
D. karakteristik anak, keinginan dan kebutuhan anak, dan kondisi lembaga PAUD tersebut
B Benar, kurikulum sebagai landasan DAP harus sesuai dengan rentang usia anak, dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan, minat dan tingkat perkembangan setiap anak
16.Anak-anak mempunyai gaya belajarnya masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. Oleh karenanya kegiatan pengembangan di lembaga PAUD dilaksanakan dengan berbagai metode dan strategi yang disampaikan secara terpadu dan holistik. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip Developmentally Appropriate Practice (DAP), yaitu….
A. keseimbangan antara pengarahan pendidik dan kebebasan anak
B. strategi pembelajaran yang beragam
C. pengalaman pembelajaran aktif
D. kurikulum terintegrasi dengan area pembelajaran
B Benar, penjelasan tersebut menggambarkan prindip DAP yaitu strategi pembelajaran yang beragam
17.Banyak kegiatan di lembaga PAUD yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perkembangan fisik anak usia dini khususnya kemampuan motorik halus anak, diantaranya adalah kegiatan…
A. berjinjit, melompat, memanjat dan lomba mengambil bendera
B. menggunting, melipat, meronce dan mewarnai gambar.
C. membaca, menulis, mendengarkan cerita dan bermain peran.
D. berlomba lari, merobek, mencoret dan mengenal alam sekitar
B Benar, menggunting, melipat, meronce dan mewarnai gambar termasuk kegiatan untuk mengembangkan motorik halus
18.Kegiatan di lembaga PAUD yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sosial emosi anak usia dini khususnya kemampuan mengontrol emosi melalui penanaman rasa aman dalam diri anak, diantaranya adalah kegiatan….
A. bercakap-cakap tentang perasaan, bermain peran dan kegiatan bermain bebas
B. bercerita, bermain peran, menyanyi lagu dengan irama riang dan sendu
C. berlomba lari, merobek dan mencoret dan mengenal alam sekitar
D. bermain tanpa kompetisi, kegiatan yang selalu berhasil dan memberi perasaan sukses.
D Benar, kegiatan bermain tanpa kompetisi dan kegiatan yang berhasil akan memberikan perasaan sukses sehingga anak merasa aman.
19. Anak-anak berusia di bawah 6 tahun masih kesulitan memahami bahwa huruf adalah bagian dari kata. Mereka juga belum memahami bahwa air dalam gelas dan botol memiliki volume yang sama atau berbeda. Kemampuan ini dalam perkembangan kognitif yang sesuai Developmentally Appropriate Practice (DAP) disebut dengan istilah….
A. konkretasi
B. konsentrat
C. sentrasi
D. dekonsentrasi
C Benar, istilah ini merupakan kecenderungan anak untuk memfokuskan hanya pada satu aspek saja
20.Salah satu perkembangan bahasa adalah komponen keaksaraan atau dasar penting dalam keaksaraan. Keterampilan mendengarkan dan memahami pola yang berbeda dari bahasa lisan merupakan salah satu dari komponen keaksaraan yang termasuk dalam….
A. pengetahuan tentang tulisan
B. pemahaman makna
C. kesadaran fonologi
D. kesadaran tentang buku
C Benar, kesadaran tulisan termasuk di dalamnya mendengarkan dan memahami pola yang berbeda dari bahasa lisan
21.Kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
A. anak belajar sebaik-baiknya bila kebutuhan fisiknya terpenuhi
B. bakat dan potensi anak akan berkembang dengan intervensi yang maksimal.
C. minat dan rasa ingin tahunya memotivasi belajarnya
D. anak belajar melalui interaksi dengan orang dewasa dan teman sebayanya
Jawaban B tidak termasuk dalam ciri pembelajaran yang sesuai DAP dan jika Anda memilih B maka jawaban Anda benar
22.Dalam penggunaannya, pelaksanaan kegiatan pengembangan yang sesuai menu pembelajaran generik untuk PAUD harus diarahkan pada....
A. pencapaian kompetensi sesuai tingkat kemampuan anak.
B. pemenuhan kebutuhan anak secara individual
C. keinginan stake holder, dalam hal ini adalah orang tua anak
D. kemajuan dan keberhasilan lembaga mencetak anak bangsa yang berkualitas
A Benar, kegiatan pengembangan harus diarahkan pada pencapaian kompetensi yang sesuai dengan tingkat kemampuan setiap anak
23. Kemampuan untuk membangkitkan kapasitas dalam berpikir secara tiga dimensi dan kemampuan untuk merasakan bayangan secara eksternal dan internal sehingga dapat melukiskannya kembali dalam bentuk yang nyata, termasuk dalam kecerdasan....
A. spatial
B. logical-mathematical  
C. linguistic
D. naturalist
A Benar, kemampuan tersebut termasuk adalam kecerdasan spatial atau pemahaman ruang
24.Pengembangan fisik-motorik pada anak usia dini harus dilakukan mulai dari yang mudah ke yang sukar, karena perkembangan fisik anak usia dini berlangsung secara terus menerus dan tidak pernah berhenti. Hal ini tergambar dalam pola umum perkembangan fisik anak, yaitu.....
A. uniform sequence
B. continuity
C. maturity
D. proximodistal
B Benar, continuity berarti bahwa perkembangan berlangsung secara terus menerus dan baru berhenti saat anak tersebut dewasa
25.Guru PAUD perlu membuat perencanaan pengembangan yang didokumentasikan dalam bentuk tertulis. Hal itu akan sangat membantu guru dalam ....
A. melaksanakan pembelajaran, mengikuti sertifikasi dan memonitor kegiatan pengembangan
B. mencapai tujuan, menyiapkan kegiatan dan sarana, dan melakukan pelaporan.
C. menentukan harapan, evaluasi dan pelaksanaan pembelajaran secara teratur
D. mengontrol anak didik, merapikan kelas dan melaporkan hasil pengembangan
B Benar, perencanaan secara tertulis membantu guru untuk mencapai tujuan, menyiapkan kegiatan, sarana dan melakukan pelaporan
26.Sebelum membuat perencanaan Ibu Dini melakukan pengamatan terhadap anak didiknya untuk mengetahui kebutuhan, minat dan potensi yang dimiliki tiap anak. Hasil pengamatan tersebut akan dijadikan dasar untuk menentukan indikator keberhasilan dan kegiatan yang akan dilakukannya. Proses pengamatan tersebut dalam perencanaan program termasuk dalam langkah ke....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
A Benar, pengamatan untuk mengidentifikasi kebutuhan, minat dan potensi anak termasuk dalam langkah pertama
27.Saat liburan akhir tahun, guru-guru TK Indah mengisinya dengan menyusun rencana program yang akan dilaksanakan pada tahun pembelajaran berikutnya. Mereka menentukan program kegiatan, estimasi waktu dan penanggung jawabnya. Perencanaan ini disebut....
A. kegiatan mingguan
B. rencana bulanan
C. rencana tahunan
D. kegiatan harian
C Benar, contoh tersebut merupakan perencanaan tahunan karena hanya berisi nama kegiatan, estimasi waktu dan penanggung jawab
28. Perhatikan tabel di bawah ini !
Minggu ke..... Tema: Kelompok:
Bahasa
Kognitif
Fisik Motorik
Seni
Moral dan perilaku
Sosial emosional
Tabel di atas adalah contoh format untuk menyusun...
A. rencana harian
B. rencana mingguan
C. program rutin
D. program tahunan
B Benar, format tersebut merupakan salah satu contoh rencana mingguan untuk tiap aspek perkembangan.
29.Menurut Erikson tahap perkembangan sosial pada tahun pertama kehidupan anak disebut tahapan menumbuhkan rasa percaya dan tidak percaya. Pada masa ini bayi akan mempelajari rasa percaya apabila mereka diasuh dengan cara....
A. konsisten, hangat dan penuh kasih sayang
B. bebas, tidak terlalu banyak aturan dan sesuai keinginan anak
C. tegas, bebas dan pengawasan yang sangat ketat
D. tegas, disiplin dan banyak penugasan
A Benar, rasa percaya bayi akan tumbuh bila ia diasuh dengan cara konsisten, hangat dan penuh kasih sayang
30.Bayi selalu bergerak ke segala arah dan tidak bisa diam. Terkait dengan hal itu maka penataan lingkungan yang sesuai dengan perspektif Beyond Center and Circle Time (BCCT) yang perlu diperhatikan pendidik adalah ....
A. tempat mengganti popok harus terpisah dan higienis
B. tersedia teras agar bayi dapat belajar tentang alam dan lingkungan sekitar
C. ruangan ditata dengan lebih lapang sehingga bayi leluasa bergerak
D. ruangan harus ditata dengan pembatas yang permanen agar bayi tidak mudah keluar ruangan.
C Benar, ruangan perlu ditata dengan lebih lapang untuk memfasilitasi bayi yang suka bergerak
31.Menempatkan bayi dalam posisi tengkurap di kasur/lantai dan meletakkan mainan di dekatnya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berikut ini, kecuali ....
A. kekuatan tubuh bagian atas
B. melatih kemampuan menggenggam 
C. menguatkan pengindraan
D. menguatkan otot wajah
D Benar, menguatkan otot wajah bukan tujuan yang ingin dicapai saat meletakkan bayi dalam posisi tengkurap
32. Pada subtahap Reaksi Sirkuler Sekunder bayi dapat mengkombinasi ulang skema yang telah dipelajarinya dengan cara yang lebih terkoordinasi. Bayi juga dapat melihat benda dan menggenggamnya secara serentak. Hal ini menunjukkan bahwa bayi pada tahap ini telah dapat...
A. bergerak keluar dirinya dengan sengaja dan lebih terarah.
B. memahami bahwa semua benda dapat bergerak
C. menjangkau semua benda yang berada di depannya.
D. mengambil benda di dekatnya sambil berdiam diri
A Benar, hal itu menunjukkan bahwa bayi dapat bergerak keluar dirinya dengan sengaja dan lebih terarah
33. Salah satu cara membantu mengembangkan aspek perkembangan fisik anak usia 8 – 18 bulan sesuai perspektif BCCT adalah sebagai berikut, kecuali....
A. menempatkan semua mainan di tempat yang tinggi agar anak berusaha menjangkaunya
B. memberikan mainan yang modern dan canggih agar bayi dapat bergerak sendiri
C. memegangi tangan anak dan menggerak-gerakkannya secara terus menerus
D. mengajak anak bermain lempar tangkap bola tanpa bosan.
D Benar, mengajak anak bermain lempar tangkap membantu anak mengembangkan fisiknya khususnya keterampilan tangannya.
34. Pada usia 18 – 24 bulan anak membutuhkan orang dewasa yang penuh cinta dan dapat dipercaya sehingga anak menyadari akan kekuatannya. Oleh karenanya pendidik harus selalu melakukan tindakan dan ucapan yang ....
A. positif dan menantang
B. positif dan protektif
C. negatif dan menantang
D. negatif dan protektif
A Benar, pendidik harus selalu melakukan tindakan dan ucapan yang positif dan menantang sehingga anak menyadari kekuatannya
35. Aspek perkembangan anak usia 18 - 24 bulan dapat distimulasi dengan menyediakan pengalaman main yang seimbang. Salah satu stimulasi yang dapat dilakukan untuk pengembangan fisik motorik adalah....
A. menyediakan peralatan memanjat yang besar dan komplek
B. menempatkan arena bermain pasir dan air di tempat yang mudah diakses anak 
C. membantu melindungi anak dalam setiap kesempatan bermain
D. menempatkan semua alat permainan outdoor dalam satu area
B Benar, menempatkan arena bermain pasir dan air di tempat yang mudah diakses merupakan stimulasi fisik motorik yang tepat bagi anak
36. Pada usia 3 tahun, anak anak membutuhkan orang dewasa atau pengasuh untuk berada di dekatnya. Dia membutuhkan hal ini agar pengasuhnya dapat melihat kemampuan atau keterampilan barunya. Perhatian orang dewasa atau pengasuh terhadap anak merupakan hal penting bagi perkembangan....
A. emosi dan sosial anak
B. intelektual dan berpikir anak
C. jati diri dan konsep diri anak
D. seni dan bahasa anak
C Benar, orang dewasa yang senantiasa berada di dekat anak dapat membantu mengembangkan jati diri dan konsep diri anak
37. Anak usia 2 – 3 tahun senang mengeksplor benda-benda dan lingkungan sekitarnya. Oleh karenanya stimulasi yang tepat bagi anak usia ini adalah sebagai berikut, kecuali....
A. menyediakan banyak kegiatan main yang beragam dan bervariasi
B. melindungi anak semaksimal mungkin agar mereka merasa aman dan nyaman. 
C. memberi kesempatan seluas-luasnya pada anak untuk mengeksplor lingkungannya
D. membatasi intervensi terhadap segala kegiatan anak selama kegiatan mereka positif
B Benar, melindungi anak semaksimal mungkin bukan stimulasi yang tepat bagi anak usia 2 – 3 tahun.
38. Bermain dikatakan sebagai kegiatan yang inklusif dan inheren, maksudnya adalah....
A. motivasi untuk bermain muncul dari dalam diri anak dan tidak perlu diajarkan. 
B. kegiatan bermain merupakan kegiatan yang tidak melelahkan dan membosankan
C. bermain berguna untuk menyalurkan kegundahan dan kegelisahan anak.
D. harapan dari setiap permainan adalah kesenangan dan ekspresi
A Benar, inklusif dan inheren maksudnya adalah bahwa motivasi untuk bermain muncul dari dalam diri anak dan tidak perlu diajarkan
39. Saat bermain anak melakukan berbagai kegiatan yang membuatnya bergerak dan berpikir dengan menggunakan seluruh anggota tubuh dan indranya. Selain itu saat bermain anak aktif dalam kegiatan itu sendiri. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik bermain, yaitu bahwa bermain ....
A. bersifat spontan dan sukarela.
B. melibatkan peran aktif anak.
C. memiliki hubungan sistematik dengan kegiatan lainnya
D. berdasarkan motivasi intrinsik anak
B Benar, gambaran tersebut menunjukkan bahwa bermain melibatkan peran anak secara aktif.
40. Perbandingan persentase bermain sensorimotor, simbolik dan main pembangunan anak usia 3 – 4 tahun pada perkembangan jenis main anak berdasarkan usia adalah....
A. 50% : 40% : 10%
B. 45% : 30% : 25% 
C. 30% : 30% : 40%
D. 30% : 35% : 35%
B Benar, perbandingan tersebut adalah untuk anak usia 3 – 4 tahun
41. Berikut adalah manfaat bermain bagi perkembangan intelektual atau kognitif anak, kecuali....
A. mendapatkan pengetahuan tentang sebab akibat terjadinya sesuatu 
B. memahami dunia di sekitarnya
C. melatih penggunaan nalarnya
D. sebagai pelarian atas kekecewaan yang dialaminya dalam kehidupan
D Benar, option ini termasuk manfaat bermain untuk perkembangan sosial emosional dan bukan perkembangan kognitif.
42. Pendidik perlu memberikan stimulasi pada seluruh indra anak usia 0 – 2 tahun untuk melihat dan bersentuhan langsung dengan lingkungan di sekitarnya. Hal ini disebabkan karena pada masa ini anak....
A. membutuhkan bantuan untuk menggunakan indranya
B. belum dapat mengonseptualisasikan secara abstrak
C. sudah mampu mengabstraksi pikiran dan perasaannya 
D. memerlukan penjelasan secara rinci dari orang di sekitarnya
B Benar,stimulasi perlu diberikan pendidik karena anak belum dapat mengkonseptualisasikan sesuatu secara abstrak
43. Urutan bahan main sifat cair menurut Charles Wolfgang dimulai dari air, cat, sagu, biji-bijian hingga puzzle. Hal ini menunjukkan bahwa bahan main sifat cair bersifat ....
A. maksimum
B. optimum
C. minimum
D. kontinum
D Benar, urutan tersebut menunjukkan bahwa bahan main sifat cair bersifat kontinum, yaitu dimulai dari yang paling cair ke semakin padat
44. Selain mengembangkan keterampilan sosialnya, pada saat bermain peran anak-anak juga mengembangkan kemampuan motoriknya, diantaranya adalah....
A. mengancingkan baju boneka
B. melukis pemandangan yang tampak di hadapannya 
C. menggambarkan suasana rumah secara verbal
D. memilih pakaian atau assesoris yang ingin digunakannya
A Benar, mengancingkan baju saat bermain peran dapat mengembangkan kemampuan motorik anak
45. Pendidik perlu melakukan pijakan setelah main karena pijakan tersebut berguna bagi anak, salah satu kegunaannya adalah....
A. mengetahui seberapa jauh pengetahuan anak tentang materi yang akan dibahas
B. memperluas gagasan atau ide bagi anak
C. membangun aturan untuk mengenalkan disiplin.
D. membiasakan bekerja secara tuntas.
D Benar, membiasakan bekerja sampai tuntas merupakan salah satu kegunaan pijakan setelah main
46. Dalam penataan lingkungan main untuk anak usia dini, sebaiknya sentra bahan alam letaknya berdekatan dengan sentra....
A. bermain mikro
B. perpustakaan
C. balok
C. main sifat cair
D Benar, bahan alam dan sentra main sifat cair merupakan sentra yang sama-sama memungkinkan anak bermain kotor.
47. Seluruh area dan alat permainan di lembaga PAUD harus terbebas dari segala kemungkinan yang dapat menyebabkan kecelakaan bagi anak. Hal ini termasuk dalam salah satu prinsip pengelolaan PAUD, yaitu ....
A. holistik
B. kesehatan
C. keamanan
D. integratif
C Benar, prinsip keamanan berarti bahwa seluruh area dan alat permainan harus aman dan nyaman digunakan anak
48. Pendidik merupakan sosok yang paling berpengaruh dalam proses pengembangan aspek perkembangan anak di lembaga PAUD. Salah satu perannya adalah menyediakan kegiatan bermain yang menarik dan bermakna. Peran ini adalah sebagai ....
A. inspirator
B. fasilitator
C. model
D. motivator
B Benar, sebagai fasilitator pendidik harus menyediakan kegiatan bermain yang menarik dan bermakna bagi anak didiknya
49. Anak usia dini membutuhkan perhatian secara individual meskipun berada dalam kelompoknya. Oleh karena itu, jumlah anak usia 1 – 2 tahun yang ideal dan rasio pendidik adalah....
A. 10 anak dan 1 : 5 
B. 8 anak dan 1 : 5
C. 10 anak dan 1 : 6
D. 12 anak dan 1 : 7
A Benar, rasio anak usia 1 – 2 tahun dengan jumlah anak 10 orang adalah 1 : 5
50. Perencanaan merupakan langkah awal dalam strategi mengembangkan program di lembaga PAUD. Salah satu hal yang dilakukan sebelum merencanakan dan menetapkan layanan yang akan diterapkan di lembaga tersebut adalah dengan mencari tahu jumlah sasaran dan kelompok usia yang banyak terdapat di sekitar lembaga dan kondisi sosial ekonomi keluarga calon peserta didik. Untuk mengetahui hal tersebut lembaga PAUD perlu melakukan....
A. evaluasi
B. verifikasi
C. identifikasi
D. aplikasi
C Benar, identifikasi adalah mencari tahu jumlah sasaran dan jumlah anak usia dini sebelum perencanaan dibuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar