AUD4404 - Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Mata kuliah ini bertujuan untuk
membantu mahasiswa agar dapat mengembangkan kegiatan yang berbasis kecerdasan majemuk untuk anak usia dini. Topik-topik yang akan dipelajari mahasiswa adalah: pengertian kecerdasan majemuk, kegiatan pengembangan yang sesuai dengan karakteristik AUD, delapan kecerdasan yang terdapat dalam kecerdasan majemuk dan cara mengembangkannya untuk AUD, serta permainan berbasis kecerdasan majemuk yang sesuai dengan AUD. Mata kuliah ini dilengkapi dengan program video.
membantu mahasiswa agar dapat mengembangkan kegiatan yang berbasis kecerdasan majemuk untuk anak usia dini. Topik-topik yang akan dipelajari mahasiswa adalah: pengertian kecerdasan majemuk, kegiatan pengembangan yang sesuai dengan karakteristik AUD, delapan kecerdasan yang terdapat dalam kecerdasan majemuk dan cara mengembangkannya untuk AUD, serta permainan berbasis kecerdasan majemuk yang sesuai dengan AUD. Mata kuliah ini dilengkapi dengan program video.
1. Dibawah ini merupakan kecerdasan anak yang didasarkan pada pandangan pokok multiple intelligences menurut Amstrongs, kecuali ....
- A. Anak memiliki berbagai cara untuk menunjukkan kecerdasannya dalam setiap kategori
- B. Setiap anak memiliki kapasitas untuk memiliki sembilan kecerdasan
- C. Semua anak pada umumnya, dapat mengembangkan setiap kecerdasan hingga tingkat penguasaan yang memadai apabila ia memperoleh cukup dukungan, pengayaan, dan pengajaran.
- D. Setiap anak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan nyata sehari-hari
A Benar, karena merupakan kecerdasan anak yang didasarkan pada pandangan pokok multiple intellegences menurut Amstrong
2. Ditemukannya penyandian kecerdasan dalam sisitem sistem simbol merupakan salah satu kriteria kecerdasan menurut ....
2. Ditemukannya penyandian kecerdasan dalam sisitem sistem simbol merupakan salah satu kriteria kecerdasan menurut ....
- A. Piaget
- B. Howard Gardner
- C. Amstrong
- D. Maslow
B.Benar, karena Gardner menyusun kritera tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap kategori kecerdasan
3. Dibawah ini adalah informasi mengenai kecerdasan visual-spasial pada anak-anak yang diperoleh melalui observasi, kecuali ....
3. Dibawah ini adalah informasi mengenai kecerdasan visual-spasial pada anak-anak yang diperoleh melalui observasi, kecuali ....
- A. Kesenangan anak mencoret-coret, menggambar, berkhayal, membuat desain sederhana
- B. Kemampuan anak dalam memhami arah dan bentuk
- C. Kemampuan anak mencipta suatu bentuk, seperti pesawat terbang, rumah, mobil, dll
- D. Kesenangan dan kemampuan anak memainkan alat musik
D. Salah, karena termasuk dalam kecerdasan musikal
4. Menyiapkan perpustakaan kelas dan sebuah sudut berbagi-buku merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam pengembangan ....
4. Menyiapkan perpustakaan kelas dan sebuah sudut berbagi-buku merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam pengembangan ....
- A. Bahasa
- B. Kognitif
- C. Fisik-motorik
- D. Moral
A. benar, karena menyiapkan perpustakaan merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak menurut Bredekamp
5. Salah satu cara belajar anak menurut Jeannette Vos adalah ....
- A. belajar melalui penyatuan gerak tubuh dan aktivitas otak
- B. belajar dengan melakukan berbagai aktivitas
- C. kegiatan yang dilakukan melalui angka-angka dan logika berfikir
- D. anak diberikan kesempatan untuk menunjukkan kecerdasannya
A. Benar, karena merupakan salah satu cara belajar anak yang diuraikan oleh Jeannette Vos
6. Setiap guru perlu mengintegrasikan keterampilan dan sub keterampilan untuk mencapai tujuan yang lebih besar, salah satunya adalah guru dapat mengintegrasikan kesehatan keselamatan dengan ....
6. Setiap guru perlu mengintegrasikan keterampilan dan sub keterampilan untuk mencapai tujuan yang lebih besar, salah satunya adalah guru dapat mengintegrasikan kesehatan keselamatan dengan ....
- A. Lingkungan
- B. Sains dan kajian sosial
- C. Kebiasaan sehari-hari
- D. Bahasa dan seni
C.Benar, karena kebiasaan sehari-hari dapat diintegrasikan dengan kesehatan dan keselamatan
7. Setiap kecerdasan memiliki padanan dalam aspek perkembangan meskipun tidak berkorespodensi satu lawan satu, salah satunya adalah aspek emosional berpadanan dengan ....
7. Setiap kecerdasan memiliki padanan dalam aspek perkembangan meskipun tidak berkorespodensi satu lawan satu, salah satunya adalah aspek emosional berpadanan dengan ....
- A.InterpersonalB. Intrapersonal
- C. Visual-spasial
- D. Linguistik-verbal
B. Benar, karena intrapersonal berpadanan dengan emosional
8. Kegemaran anak bercerita panjang lebar tentang pengalaman sehari-hari, apa yang dilihatnya dan diketahui merupakan kecerdasan linguistik yang muncul pada anak usia ....
8. Kegemaran anak bercerita panjang lebar tentang pengalaman sehari-hari, apa yang dilihatnya dan diketahui merupakan kecerdasan linguistik yang muncul pada anak usia ....
- A. 3-6 tahun
- B. 4-6 tahun
- C. 5-6 tahun
- D. 2-6 tahun
A.Benar, karena kemampuan tersebut sudah dapat dilihat pada usia 3-6 Tahun
9. Penyarian buku merupakan kegiatan mengambil garis besar isi buku. Cara yang disarankan adalah ....
9. Penyarian buku merupakan kegiatan mengambil garis besar isi buku. Cara yang disarankan adalah ....
- A. Memberi kesempatan kepada anak untuk melihat-lihat halaman dan gambar
- B. berhenti sejenak ketika membacakan buku
- C. Memberi kesempatan anak untuk bertanya dan memberi komentar
- D. Membiarkan anak untuk merapikan dan memperbaiki buku
B. Benar karena, memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya dan memberi komentar merupakan cara yang disarankan dalam penyarian buku
10. Dalam pembacaan buku intonasi yang jelas dan nada yang menarik sangat disarankan agar anak memperoleh ...
10. Dalam pembacaan buku intonasi yang jelas dan nada yang menarik sangat disarankan agar anak memperoleh ...
- A. penguatan auditif-musikal
- B. kemampuan sintaktik
- C. berbagai tingkatan pembacaan
- D. inventarisasi huruf
A.Benar, karena dengan intonasi yang jelas pembacaan buku anak dapat memperoleh penguatan auditif-musikal
11. Melalui kegiatan curah gagasan anak diharapkan mampu mengikuti topik dan memberikan ide-idenya, tujuannya adalah ....
11. Melalui kegiatan curah gagasan anak diharapkan mampu mengikuti topik dan memberikan ide-idenya, tujuannya adalah ....
- A. Marangsang kepekaan sturktur dan kemampuan menjalin cerita pada anak
- B. Menambah kosa kata bahasa tulis anak
- C. Merangsang keberanian dan kemampuan berbicara anak
- D. Merangsang ide-ide anak secara lisan dan merangsang kemampuan berbicara secara gayut
D. benar, karena merupakan tujuan dari curah gagasan
12. Setiap pagi guru selalu menyapa anak dengan mengucapkan salam dan menjabat tangan anak sambil menanyakan kabar anak hari ini. Pembiasaan tersebut dilakukan guru untuk mengasah kepekaan ....
12. Setiap pagi guru selalu menyapa anak dengan mengucapkan salam dan menjabat tangan anak sambil menanyakan kabar anak hari ini. Pembiasaan tersebut dilakukan guru untuk mengasah kepekaan ....
- A. mendengar
- B. menyimak
- C. pragmatik
- D. bercerita
A.benar, karena permainan kata mirip dapat merangsang kepekaan anak terhadap kata-kata yang mirip dan pada akhirnya menambah kekayaan kata
13. Ibu Mery mendeskripsikan sebuah cerita kepada anak-anak kemudian menawarkan kepada anak-anak setiap peran untuk dimainkan oleh anak-anak. Kegiatan tersebut dilakukan bu Mery untuk mengasah kepekaan pragmatik dalam mengembangkan kemampuan ....
13. Ibu Mery mendeskripsikan sebuah cerita kepada anak-anak kemudian menawarkan kepada anak-anak setiap peran untuk dimainkan oleh anak-anak. Kegiatan tersebut dilakukan bu Mery untuk mengasah kepekaan pragmatik dalam mengembangkan kemampuan ....
- A.mengingat
- B. berbicara
- C. konsentrasi
- D. bertanya
B. benar, karena dengan bermain peran anak dapat berimajinasi dan berekspresi
14. Pada akhir pembelajaran ibu Opi mengajak anak bermain menghitung warna biru, “ satu biru, dua biru, tiga biru, empat biru dan seterusnya sampai sepuluh biru. Anak diminta menyebutkannya dari perlahan-lahan hingga cepat hingga anak-anak salah menyebutkannya menjadi satu biru, dua biru, tiga biru hingga menjadi empat ribu, lima ribu dan ribu-ribu. Ketika menyadarinya sontak semua anak tertawa, kegiatan yang diberikan ibu Opi dilakukan untuk melatih ....
14. Pada akhir pembelajaran ibu Opi mengajak anak bermain menghitung warna biru, “ satu biru, dua biru, tiga biru, empat biru dan seterusnya sampai sepuluh biru. Anak diminta menyebutkannya dari perlahan-lahan hingga cepat hingga anak-anak salah menyebutkannya menjadi satu biru, dua biru, tiga biru hingga menjadi empat ribu, lima ribu dan ribu-ribu. Ketika menyadarinya sontak semua anak tertawa, kegiatan yang diberikan ibu Opi dilakukan untuk melatih ....
- A. kemampuan kosa-kata
- B. kemampuan menyimak
- C. kepekaan bahasa dan bunyi
- D. kepekaan pragmatik
C. Benar, karena anak dapat terbaha-bahak oleh bunyi bahasa yang didengar
15. Pada kegiatan awal untuk membuat suasana riang Ibu Yuni mengajak anak-anak bermain dengan membunyikan nada kelompok mawar membunyikan do-re-mi dan kelompok melati membunyikan mi-re-do secara bergantian guru meminta anak membunyikannya dan semakin lama semakin cepat sehingga anak-anak salah membunyikan nada mereka masing-masing kegiatan yang dilakukan ibu Yuni dilakukan untuk mengembangkan menyimak dalam ....
15. Pada kegiatan awal untuk membuat suasana riang Ibu Yuni mengajak anak-anak bermain dengan membunyikan nada kelompok mawar membunyikan do-re-mi dan kelompok melati membunyikan mi-re-do secara bergantian guru meminta anak membunyikannya dan semakin lama semakin cepat sehingga anak-anak salah membunyikan nada mereka masing-masing kegiatan yang dilakukan ibu Yuni dilakukan untuk mengembangkan menyimak dalam ....
- A. pembicaraan cerita
- B.simak-ulang-ucap
- C. simak kerjakan
- D. melatih kosakata
A. Benar, karena anak dapat tergeli-geli oleh bunyi bahasa yang berselang-seling
16. Kecerdasan matematis-logis memiliki indikator yaitu mampu berpikir dengan konsep yang jelas, abstrak, tanpa kata dan gambar yang didasarkan pada ....
16. Kecerdasan matematis-logis memiliki indikator yaitu mampu berpikir dengan konsep yang jelas, abstrak, tanpa kata dan gambar yang didasarkan pada ....
- A. kesenangan terhadap kepastian, pemolaan, kejelasan dan ketelitian
- B. kemampuan menangkap celah kesalahan penalaran pada pembicaraan dan ketidaksinkronan dalam bertindak seseorang
- C. ketertarikan dengan pola dalam geometri dan mudah menemukan pola yang tersembunyi dari suatu peristiwaD. penalaran dan bukti yang benar, disusun secara sistematis dan mampu menemukan hubungan antar fenomena
D.benar, karena termasuk dalam indikator mampu berpikir dengan konsep yang jelas, abstrak tanpa kata dan gambar
17. Ibu Nadya membagi anak-anak menjadi dua kelompok kemudian secara bergantian tiap kelompok anak diminta mencari gambar yang sama sesuai dengan gambar yang diperlihatkan oleh guru adalah ....
17. Ibu Nadya membagi anak-anak menjadi dua kelompok kemudian secara bergantian tiap kelompok anak diminta mencari gambar yang sama sesuai dengan gambar yang diperlihatkan oleh guru adalah ....
- A. penemuan hubungan logis
- B. mencocokkan pola kontras
- C. memasangkan pola konstruksi
- D. penguatan pengertian bilangan
B.benar, karena dilakukan untuk merangsang kepekaan anak terhadap pola-pola Geometri
18. Mengapa kita harus mandi ? tanya ibu guru ....
Karna badan kita kotor! Jawab anak-anak ..
Bagaimana jadinya kalau badan kita kotor?
Kita akan merasakan gatal-gatal!
Kegiatan diatas dilakukan guru untuk merangsang kemampuan matematika-logis anak dalam ....
18. Mengapa kita harus mandi ? tanya ibu guru ....
Karna badan kita kotor! Jawab anak-anak ..
Bagaimana jadinya kalau badan kita kotor?
Kita akan merasakan gatal-gatal!
Kegiatan diatas dilakukan guru untuk merangsang kemampuan matematika-logis anak dalam ....
- A. mencocokkan gambar berpasangan
- B. brainstorming sebab-akibat
- C. imajinasi jika-maka
- D. kecakapan konstruksi
B. benar, karena kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kemandirian berpikir divergen, dan memupuk kreativitas pada anak
19“ satu itu satu, satu Tuhan saya”
“ dua itu dua, dua mata saya”
“ tiga itu tiga , tiga roda becak”
“ empat itu empat, empat kaki meja”
Lagu yang dikenalkan ibu Novi dalam pembelajaran dimaksudkan untuk penguatan pengertian bilangan dengan cara ....
19“ satu itu satu, satu Tuhan saya”
“ dua itu dua, dua mata saya”
“ tiga itu tiga , tiga roda becak”
“ empat itu empat, empat kaki meja”
Lagu yang dikenalkan ibu Novi dalam pembelajaran dimaksudkan untuk penguatan pengertian bilangan dengan cara ....
- A. permainan angka
- B. bercerita dengan media angka
- C. permainan hitung
- D. menyanyi angka
D. benar, karena bertujuan merangsang kepekaan anak terhadap angka
20. Ibu Lisa meminta anak-anak untuk mengelompokkan benda berdasarkan pasangan nya seperti: Kegiatan yang diberikan Ibu Lisa kepada anak-anak dilakukan untuk melatih kemampuan ....
20. Ibu Lisa meminta anak-anak untuk mengelompokkan benda berdasarkan pasangan nya seperti: Kegiatan yang diberikan Ibu Lisa kepada anak-anak dilakukan untuk melatih kemampuan ....
- A. konstruksi
- B. Hipotesis-Eksperimental
- C. klasifikasi dan serial
- D. memecahkan masalah
C. Benar, karena kegiatan ini dirangsang dengan permainan mengelompokkan benda-benda berdasarkan ciri tertentu
21. Pada anak-anak usia 2-6 Tahun, kecerdasan visual-spasial terdeteksi melalui indikator dibawah ini, kecuali anak ....
21. Pada anak-anak usia 2-6 Tahun, kecerdasan visual-spasial terdeteksi melalui indikator dibawah ini, kecuali anak ....
- A. banyak bercerita tentang mimpinya dan dapat menunjukkan detik mimpinya dari pada teman sebayanya<
- B. memiliki kepekaan terhadap warna, cepat mengenali warna dan mampu memedukan warna dengan lebih baik daripada anak-anak
- C. senang mewarnai berbagai gamabr yang ada dibuku, menebalkan garisnya dan menirunya
- D. senang melamun, membayangkan sesuatu dan mengembangkan imajinasi mereka
D. Benar, karena indikator tersebut hanya garis besar kecerdasan visual-spasial
22. Ibu Siska mengajak anak-anak untuk berkunjung ke kebun Binatang setelah berjalan-jalan dan anak-anak kembali kesekolah, ibu Siska memeinta anak-anak untuk menggambarkan denah tentang perjalanan mereka di kebun binatang sesuai dengan apa yang anak-anak lihat, kegiatan tersebut bertujuan untuk merangsang kemampuan anak untuk ....
22. Ibu Siska mengajak anak-anak untuk berkunjung ke kebun Binatang setelah berjalan-jalan dan anak-anak kembali kesekolah, ibu Siska memeinta anak-anak untuk menggambarkan denah tentang perjalanan mereka di kebun binatang sesuai dengan apa yang anak-anak lihat, kegiatan tersebut bertujuan untuk merangsang kemampuan anak untuk ....
- A. membaca informasi dalam garfik
- B. mendeskripsikan tata letak benda dalam bentuk gambar
- C. memadukan warna
- D. kecermatan pengamatan terhadap objek
B. Benar, karena hal tersebut merupakan tujuan dari menggambar
23. Untuk menganalkan warna kepada nak ibu Sila membuat kartu-kartu warna dan mengajak anak untuk melompat sambil bernyanyi, anak akan melompat ke kartu warna yang diletakkan dilantai sesuai dengan warna kartu yang diperlihatkan untuk guru. permainan kartu yang dilakukan ibu Sila untuk merangsang kemampuan anak dalam ....
23. Untuk menganalkan warna kepada nak ibu Sila membuat kartu-kartu warna dan mengajak anak untuk melompat sambil bernyanyi, anak akan melompat ke kartu warna yang diletakkan dilantai sesuai dengan warna kartu yang diperlihatkan untuk guru. permainan kartu yang dilakukan ibu Sila untuk merangsang kemampuan anak dalam ....
- A. kepekaan anak terhadap warna dan gradasinya
- B. menuangkan pengamatan dalam bentuk gambar
- C. kepekaan anak terhadap warna dan merangsang kemampuan memadukannya
- D. mengenali perbedaan atau gradasi dari suatu objek visual
A. benar, karena hal tersebut merupakan tujuan dari permainan kartu nama
24. Untuk melatih kemampuan menggambar objek pada anak-anak pendidik dapat mengajak mereka kehalaman dan mintalah anak-anak memperhatikan keadaan sekelilingnya, kemudian mintalah anak-anak untuk menggambar apa saja yang dilihatnya tujuan dari kegiatan tersebut adalah ....
24. Untuk melatih kemampuan menggambar objek pada anak-anak pendidik dapat mengajak mereka kehalaman dan mintalah anak-anak memperhatikan keadaan sekelilingnya, kemudian mintalah anak-anak untuk menggambar apa saja yang dilihatnya tujuan dari kegiatan tersebut adalah ....
- A. merangsang kemampuan mengkontruksi gambarB. merangsang kecermatan pengamatan terhadap objek dan kemampuan menuangkan pengamatan
- C. merangsang kemampuan anak mengenali perbedaan atau gradasi dari suatu objek visual
- D. merangsang kepekaan anak terhadap komposisi visual dan kecintaan anak terhadap foto dan gambar
B. benar, karena hal tersebut merupakan tujuan dari menggambar objek
25. Ibu Lela memperlihatkan gamabr kemudian meeminta anak-anak untuk memperhatikan gamabr tersebut. gambar tersebut memeiliki objek yangsama hanya saja berbeda dalam ciri tertentu. menurut contoh diatas ibu lela meminta anak untuk ....
25. Ibu Lela memperlihatkan gamabr kemudian meeminta anak-anak untuk memperhatikan gamabr tersebut. gambar tersebut memeiliki objek yangsama hanya saja berbeda dalam ciri tertentu. menurut contoh diatas ibu lela meminta anak untuk ....
- A. mengurutkan gambar
- B. belajar memotret
- C. menggambar objek
- D. melengkapi gambar
A. benar, karena kegiatan tersebut ditujukan untuk merangsang kemampuan anak mengenali perbedaan atau gradasi dari suatu objek visual
26. Pada saat 17 Agustus ibu Novi mengajak anak-anak untuk menghias kelas dengan meronce kertas merah-putih serta menajdi rantai yang panjang dan memasangnya dijendela kelas mereka. kegiatan yang dilakukan guru adalah ....
26. Pada saat 17 Agustus ibu Novi mengajak anak-anak untuk menghias kelas dengan meronce kertas merah-putih serta menajdi rantai yang panjang dan memasangnya dijendela kelas mereka. kegiatan yang dilakukan guru adalah ....
- A. bermain geometri
- B. proyek dekorasi
- C. membuat konstruksi
- D. meniru konstruksi
B. Benar, karena proyek dekorasi merupakan kegiatan bermain yang menghasilkan karya yang perlu dirancang dan dilaksanakan secara bersama-sama
27. Pendidik dapat mengajak anak untuk melihat objek-objek yang terlihat kecil, sebelumnya pendidik dapat meminta setiap anak untuk mengacap ibu jari tangan mereka sehingga terlihat sisik jari masing-masing anak, dan memperlihatkan bahasa setiap anak memiliki alur sidik jari yang berbeda dengan menggunakan kaca pembesar, kegiatan tersebut berguna untuk ....
27. Pendidik dapat mengajak anak untuk melihat objek-objek yang terlihat kecil, sebelumnya pendidik dapat meminta setiap anak untuk mengacap ibu jari tangan mereka sehingga terlihat sisik jari masing-masing anak, dan memperlihatkan bahasa setiap anak memiliki alur sidik jari yang berbeda dengan menggunakan kaca pembesar, kegiatan tersebut berguna untuk ....
- A. merangsang kemammpuan anak mengamati objek kecil yang sulit dilihat oleh mata
- B. mengembangkan kemampuan menamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak mereka
- C. memfokuskan pandangan anak pada satu objek dan merangsang kemampuan mengamati elemen ciri dari objek
- D. merangsang kepekaan persepsi visual anak melalui objek langsung
D. salah, karena hal tersebut merupakan kegunaan untuk observasi
28. Kegiatan menonton DVD adalah hal yang paling menyenagkan bagi anak, dengan begitu pendidik dapat memanfaatkannya untuk melatih kemampuan anak melihat dan terpejam tentang apa yang dilihatnya dari ceritatersebut, setelah kegiatan tenyakanlah pada anak segala sesuatu yang ada di film tersebut, setelah itu pendidik dapat memutar kembali untuk memastikan bahwa jawaban mereka benar, kegiatan tersebut dilakukan pendidik dengan maksud untuk ....
28. Kegiatan menonton DVD adalah hal yang paling menyenagkan bagi anak, dengan begitu pendidik dapat memanfaatkannya untuk melatih kemampuan anak melihat dan terpejam tentang apa yang dilihatnya dari ceritatersebut, setelah kegiatan tenyakanlah pada anak segala sesuatu yang ada di film tersebut, setelah itu pendidik dapat memutar kembali untuk memastikan bahwa jawaban mereka benar, kegiatan tersebut dilakukan pendidik dengan maksud untuk ....
- A. mengembangkan kemampuan mengamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak mereka
- B. mengembangkan kemampuan berimajinasi anak dengan rangsang benda tertentu
- C. mengembangkan kemampuan imajinasi anak melalui rangsang prolog cerita
- D. mengembangkan imajinasi anak dan kemampuan mengidentifikasi objek secara komprehensif
A. Benar, karena hal tersebut merupakan maksud dari melihat dan terpejam
29. Kemampuan untuk mempersepsi dan memahami , mencipta dan menyajikan bentuk-bentuk musikal merupakan ....
29. Kemampuan untuk mempersepsi dan memahami , mencipta dan menyajikan bentuk-bentuk musikal merupakan ....
- A. komponen kecerdasan musikal
- B. sistem Neurologis kecerdasan musikal
- C. definisi kecerdasan musikal
- D. indikator kecerdasan musikal
C. benar, karena definisi kecerdasan musikal untuk mempersepsi dan memahami, mencipta dan menyajikan bentuk-bentuk musikal
30. Ibu Vika memutarkan lagu didalam kelas dan meminta anak untuk bergerak sesuai irama musik yang memiliki tempo irama yang tepat hingga yang memiliki tempo irama yang lambat. ibu Vika membiarkan anak berekspresi, serta mengamati mana anak yang dapat aktif dan pasif dalam mengikuti irama musik kegiatan tersebut dapat berguna untuk ....
30. Ibu Vika memutarkan lagu didalam kelas dan meminta anak untuk bergerak sesuai irama musik yang memiliki tempo irama yang tepat hingga yang memiliki tempo irama yang lambat. ibu Vika membiarkan anak berekspresi, serta mengamati mana anak yang dapat aktif dan pasif dalam mengikuti irama musik kegiatan tersebut dapat berguna untuk ....
- A. mengasah kepekaan anak terhadap berbagai bunyi dan suara musik
- B. mengasah kepekaan anak terhadap nada dan merangsang kemampuan menangkap keseluruhan nada lagu
- C. merangsang kepekaan anak terhadap nada dan irama sebuah lagu
- D. merangsang kepekaan anak terhadap musik dan kemampuan anak menikmati musik
D. benar, karena merupakan kegunaan dari gerak dan lagu
31. Guru dapat membawa peralatan musik seperti gitar, drum, tamborin, serta suling kedalam kelas, kemudian memeperkenalkan nama-nama alat musik tersebut serta bunyinya, kemudian biarkan anak mencoba membunyikan alat-alat musik tadi setelah itu mintalah mereka duduk ditempatnya masing-masing sambil menutup mata, setelah itu mintalah nak-anak menebak nama alat musik yang dimainkan oleh ibu guru, nama kegiatan yang dilakukan oleh adalah ....
31. Guru dapat membawa peralatan musik seperti gitar, drum, tamborin, serta suling kedalam kelas, kemudian memeperkenalkan nama-nama alat musik tersebut serta bunyinya, kemudian biarkan anak mencoba membunyikan alat-alat musik tadi setelah itu mintalah mereka duduk ditempatnya masing-masing sambil menutup mata, setelah itu mintalah nak-anak menebak nama alat musik yang dimainkan oleh ibu guru, nama kegiatan yang dilakukan oleh adalah ....
- A. tebak suara
- B. tebak alat musik
- C. suara yang pas
- D. volume yang pas
B. benar, karena merupakan kegiatan menerka alat musik berdasarkan suara yang dikeluarkannya
32. Ketika makan bersama ibu Indah menyanyikan lagur “ kepuncak Gunung” dengan mengubah syairnya, “ Ayo kawan makan bersama senag hati gembira, cuci tangan sebelum maka , agar sehatlah badan..., jangan lupa ucapkan doa agar menjadi berkah” kegiatan mengubah syair yang dilakukan ibu Indah bertujuan untuk ....
32. Ketika makan bersama ibu Indah menyanyikan lagur “ kepuncak Gunung” dengan mengubah syairnya, “ Ayo kawan makan bersama senag hati gembira, cuci tangan sebelum maka , agar sehatlah badan..., jangan lupa ucapkan doa agar menjadi berkah” kegiatan mengubah syair yang dilakukan ibu Indah bertujuan untuk ....
- A. merangsang kemampuan dan kesenangan menyanyi serta merangsang kecakapan terhadap lagu
- B. merangsang kemampuan bermusik anak dan merangsang kepekaan mereka terhadap nada
- C. mengasah kemampuan musikal anak melalui kegiatan membuat lirik lagu
- D. merangsang kemampuan mngubah lagu pada anak dan merangsnag kepekaan anak terhadap nada dan lirik
C. benar, karena merupakan tujuan dari mengubah syair
33. Ketika pertengahan semester TK Ananda membuat konser musik, aetiap kelas diwajibkan memberikan penampilan. Kelas B memberikan penmpilan orkestra dan menggunakan barang bekas yang terdiri dari galon aqua, botol yang berisi beras, kacang hijau, kelereng. Air dan tutup panci, kegiatan yang dilakukan guru adalah untuk ....
33. Ketika pertengahan semester TK Ananda membuat konser musik, aetiap kelas diwajibkan memberikan penampilan. Kelas B memberikan penmpilan orkestra dan menggunakan barang bekas yang terdiri dari galon aqua, botol yang berisi beras, kacang hijau, kelereng. Air dan tutup panci, kegiatan yang dilakukan guru adalah untuk ....
- A. mengekspresikan bentuk musikal
- B. mengubah bentuk musikal
- C. membedakan bentuk musikal
- D. mempersepsi bentuk musikal
A. benar, karena merupakan pengembangan komponen utama kecerdasan musikal
34. Sistem neurologis kecerdasan kinestetik berpusat pada ....
34. Sistem neurologis kecerdasan kinestetik berpusat pada ....
- A. serebelum
- B. lobus temporalis
- C. hemisfis
- D. lobus frontalis
A. benar, karena serebelum merupakan sistem kederdasan kinestetik
35. Untuk melatih keseimbangan tubuh anak guru dapat menyiapkan tali rapiah dan diletakkan dilantai kemudia mintalah anak untuk mengikuti tali tersebut dengan perlahan-lahan sambil membawa kelereng sampai keujung tali, kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih ....
35. Untuk melatih keseimbangan tubuh anak guru dapat menyiapkan tali rapiah dan diletakkan dilantai kemudia mintalah anak untuk mengikuti tali tersebut dengan perlahan-lahan sambil membawa kelereng sampai keujung tali, kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih ....
- A. keseimbangan tangan dan mata
- B. koordinasi kaki dan mata
- C. kekuatan kaki
- D. menyeimbangkan tubuh dan beban
D.benar, karena menyeimbangkan tubuh dengan beban dapat dilakukan dan memebawa kelereng
36. Pendidik menyiapkan kertas yang sudah digambarkan dengan garis terputus-putus, bantalan, serta jarum, kemudian pendidik meminta anak –anak menusuk-nusuk gambar tersebut dengan jarum hingga terlepas dari tertentunya tanpa harus menggunakan gunting, kegiatan yang diberikan pendidik kepada anak-anak dinamakan ....
36. Pendidik menyiapkan kertas yang sudah digambarkan dengan garis terputus-putus, bantalan, serta jarum, kemudian pendidik meminta anak –anak menusuk-nusuk gambar tersebut dengan jarum hingga terlepas dari tertentunya tanpa harus menggunakan gunting, kegiatan yang diberikan pendidik kepada anak-anak dinamakan ....
- A. kolase kertas
- B. mencocok gambar
- C. meronce
- D. menata
B. benar, karena merupakan kegiatan memotong kertas dengan cara menusuk-nusuk pinggiran gemabar sehingga membentuk gambar tertentu
37. Ibu Vita bercerita tentang katak yang nakal, setelah bercerita ibu Vita mengajarkan anak-anak bagaomana kodok berjalan dengan melompat sambil bernyanyi ‘melompat kodok’, setelah itu ibu Vita mengadakan perlombaan berjalan kodok. Kegiatan yang dilakukan ibu Vita bertujuan untuk ....
37. Ibu Vita bercerita tentang katak yang nakal, setelah bercerita ibu Vita mengajarkan anak-anak bagaomana kodok berjalan dengan melompat sambil bernyanyi ‘melompat kodok’, setelah itu ibu Vita mengadakan perlombaan berjalan kodok. Kegiatan yang dilakukan ibu Vita bertujuan untuk ....
- A.kelenturan tubuh
- B. kecepatan dan ketangkasan
- C. kekuatan fisik
- D. kepekaan sentuhan
C. benar, karena merupakan salah satu komponen kecerdasan kinestetik yang memiliki beberapa indikator
38. Untuk melatih kepekaan sentuhan anak terhadap suatu benda, misalnya dengan menyentuh buah apel dan buah salak, sabut kelapa dan rambut jagung dimana anak dapat merasakan perbedaan yang jelas dari benda tersebut. Agar anak-anak dapat langsung memahami perbedaan tersebut anak harus ....
38. Untuk melatih kepekaan sentuhan anak terhadap suatu benda, misalnya dengan menyentuh buah apel dan buah salak, sabut kelapa dan rambut jagung dimana anak dapat merasakan perbedaan yang jelas dari benda tersebut. Agar anak-anak dapat langsung memahami perbedaan tersebut anak harus ....
- A. melihat langsung
- B. menyentuh langsung
- C. mendengar langsung
- D. mengetahuinya langsung
B.benar, karena dengan menyentuh anak dapat merasakan perbedaannya
39. Individu yang cerdas dalam interpersonal memiliki beberapa indikator kecerdasan yaitu ....
39. Individu yang cerdas dalam interpersonal memiliki beberapa indikator kecerdasan yaitu ....
- A.mudah bersosialisasi di lembaga dan tidak takut terhadap orang baru
- B. lebih didengar oleh teman-temannya dan secara alami mengambil peran yang cukup diperhitungkan
- C. sering mengajari teman sebayanya, seperti mengajari menulis, mewarnai, menggambar
- D. lebih memilih kegiatan yang membutuhkan kerja tim
D. Benar, karena merupakan indikator kecerdasan interpersonal
40. Fanny dan Tika sedang, bermain gelembung sabun ditaman, ketika sedang asik bermain Tika melihat ada seorang anak perempuan yang sehjak tadi melihat mereka bermain, Tika lalu bertanya kepada Fanny” sedang apa ya, sejak tadi dia melihat kita terus?, Fanny pun menjawab: mungkin ingin ikut bermain dengan kita!. Kegiatan melatih empati dan simpati tentang apa maunya ini bertujuan untuk ....
40. Fanny dan Tika sedang, bermain gelembung sabun ditaman, ketika sedang asik bermain Tika melihat ada seorang anak perempuan yang sehjak tadi melihat mereka bermain, Tika lalu bertanya kepada Fanny” sedang apa ya, sejak tadi dia melihat kita terus?, Fanny pun menjawab: mungkin ingin ikut bermain dengan kita!. Kegiatan melatih empati dan simpati tentang apa maunya ini bertujuan untuk ....
- A.mengasah kepekaan dan empati anak serta mengambangkan kemampuan mengakap maksud dan motivasi orang lain<
- B. mengandaikan diri menjadi orang lain untuk melihat pikiran dan perasaan orang lain
- C. mengembangkan kemampuan bersimpati kepada sesama
- D. mengembangkan kemampuan bersimpati anak pada orang lain
A.benar, karena merupakan tujuan dari kepekaan empati dan simpati ” apa maunya”
41. Agar anak-anak tidak terlalu letih mengangkat air dari kolam untuk menyirami tanaman, ibu guru dapat menyiasatinya dengan selang yang terkait dari bambu, anak-anak berdiri hadap-hadapan dan memegang potongan bambu yang telah dibelah-belah, disambungkan dan diairi menganai tanaman yang akan disiram, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melatih ....
41. Agar anak-anak tidak terlalu letih mengangkat air dari kolam untuk menyirami tanaman, ibu guru dapat menyiasatinya dengan selang yang terkait dari bambu, anak-anak berdiri hadap-hadapan dan memegang potongan bambu yang telah dibelah-belah, disambungkan dan diairi menganai tanaman yang akan disiram, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melatih ....
- A.mengorganisasi teman
- B. berbagi rasa
- C. empati dan simpati
- D. bekerjasama
D. benar, karena bekerjasama dilakukan dengan selang bambu
42. Kemampuan menjalin kontak menunjukkan kecerdasan interpersonal yang tinggi salah satunya adalah memuji yaitu ....
42. Kemampuan menjalin kontak menunjukkan kecerdasan interpersonal yang tinggi salah satunya adalah memuji yaitu ....
- A.memberikan apresiasi berupa kata-kata terhadap orang lain untuk menimbulkan rasa senang
- B. menunjukkan sikap menghargai orang lain disekitar kita
- C. memberikan kesempatan kepada teman untuk berkarya
- D. mendorong teman agar bersemangat melakukan sesuatu
A.benar, karena merupakan pengertian dari memuji
43. Perhatian dan minat mendalam terhadap alam, serta kecermatan menemukan ciri-ciri spesies dan unsur alam merupakan ....
43. Perhatian dan minat mendalam terhadap alam, serta kecermatan menemukan ciri-ciri spesies dan unsur alam merupakan ....
- A.sistem Neurologis kecerdasan naturalis
- B. definisi kecerdasan naturalis
- C. komponen kecerdasan naturalis
- D. indikator kecerdasan naturalis
C. benar, karena komponen kecerdasan naturalis adalah kepekaan terhadap alam
44. Ibu Linda membawa gamabr berseri yang menceritakan anak sapi dan anak ayam. Kemudian menjelaskan ayam berasal dari telu dan sapi dilahirkan oleh ibunya. Kegiatan tersebut untuk melatih anak mengetahui ....
44. Ibu Linda membawa gamabr berseri yang menceritakan anak sapi dan anak ayam. Kemudian menjelaskan ayam berasal dari telu dan sapi dilahirkan oleh ibunya. Kegiatan tersebut untuk melatih anak mengetahui ....
- A. cara berkembang biak
- B. makanan khasnya
- C. kekahasan spesies
- D. tempat terhadap hewan
A.benar,karena mengembangkan pengetahuan anak hewan beranak dan bertelur
45. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk proyek bertanam, kecuali ....
45. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk proyek bertanam, kecuali ....
- A. siapkan beberapa kotak media tanam ukuran sedang hingga besar yang satu sisinya berupa kaca
- B. berikan kesempatan pada anak untuk memberikan makan pada ikan-ikan
- C. masukkan tanah gembur sebagai media tanam kira0kira 10 cm, beri air secukupnya
- D. ajak anak-anak mengamati dengan seksama setiap perubahan yang terjadi pada biji dan tunas dari hari ke hari
B.benar, karena merupakan langkah-langkah proyek akuarium
46. Pada satu kesempatan ibu Cika bercerita tentag semua yang ada disekitar kita kepada anak-anak, setelah bercerita ibu Cika mengajak anak-anak untuk mengidentifikasi benda hidup dan benda mati disekitar anak-anak. Langkah-langakah yang dilakukan ibu Cika adalah sebagai berikut kecuali ....
46. Pada satu kesempatan ibu Cika bercerita tentag semua yang ada disekitar kita kepada anak-anak, setelah bercerita ibu Cika mengajak anak-anak untuk mengidentifikasi benda hidup dan benda mati disekitar anak-anak. Langkah-langakah yang dilakukan ibu Cika adalah sebagai berikut kecuali ....
- A. melakukan kategorisasi untuk objek terdekat
- B. melakukan barainstorming spontan atau curah gagasan
- C. catat usul dan gagasan anak-anak
- D. mengajak anak-anak untuk melihat reaksi benda mati setelah disentuh
D. benar, karena bukan merupakan langkah-langkah dari benda hidup dan benda mati
47. Menurut Amstrong individu yang cerdas dalam interpersonal memiliki beberapa indikator kecerdasan salah satunya adalah ....
47. Menurut Amstrong individu yang cerdas dalam interpersonal memiliki beberapa indikator kecerdasan salah satunya adalah ....
- A. berkeinginan untuk berusaha sendiri, berwiraswasta
- B. dapat menyatakan perasaannya, penilaiannya, dan idenya kepada orang lain
- C. menunjukkan sikap sendiri, tidak mudah ikut-ikutan dan memiliki kemauan yang kuat untuk mencapai sesuatu
- D. kadang memiliki pendapat yang berbeda dengan teman yang lain dalam berbagai hal
A.benar, karena merupakan indikator kecerdasan interpersonal individu menurut Amstrong
48. Ibu Titi memperlihatkan beberapa gambar wajah dengan berbagai ekspresi kemudian Ibu Titi meminta satu persatu memilih ekspresi wajah yang sesuai dengan dirinya dan memberikan alasan mengapa gambar tersebut dipilih. Kegiatan tersebut dilakukan ibu Titi untuk merangsang kemampuan anak untuk ...
48. Ibu Titi memperlihatkan beberapa gambar wajah dengan berbagai ekspresi kemudian Ibu Titi meminta satu persatu memilih ekspresi wajah yang sesuai dengan dirinya dan memberikan alasan mengapa gambar tersebut dipilih. Kegiatan tersebut dilakukan ibu Titi untuk merangsang kemampuan anak untuk ...
- A. mengekspresikan diri melalui gaya dan sikap tubuh
- B. mengekspresikan diri melalui kalimat pendek yang mengacu pada konsep diri
- C. mengidentifikasi citra diri serta kemampuan mengidentifikasi emosi melalui gambar
- D. memunculkan penilaian diri positif
D. benar, karena bukan merupakan langkah-langkah dari benda hidup dan benda mati
49. Menurut Theacorn kecerdasan eksisitensial berkaitan dengan kemampuan merasakan memimpikan dalam menjadi pemikir yang menyangkut hal-hal yang besar. Hal tersebut merupakan salah satu dari ....
- A. definisi kecerdasan eksistensial
- B. indikator kecerdasan eksistensial
- C. sistem neurologis kecerdasan eksistensial
- D. komponen kecerdasan eksistensial
A. benar, karena hal tersebut merupakan definisi kecerdasan eksistensial
50. Ibu guru membawa film tentang penebangan hutan yang mengakibatkan banjir dan mengajak anak-anak untuk memonton bersama-sama apa yang terjadi akibat kelalaian manusia, apa yang dirasakan korban-korban banjir setelah rumah mereka terendam air. Setelah film habis ibu guru mengajak anak-anak untuk bercakap-cakap tentang kejadian tersebut dan bertanya apa yang dirasakan anak-anak apabila kita merupakan korban banjir tersebut. Kegiatan yang dilakukan guru adalah kemampuan untuk ....
50. Ibu guru membawa film tentang penebangan hutan yang mengakibatkan banjir dan mengajak anak-anak untuk memonton bersama-sama apa yang terjadi akibat kelalaian manusia, apa yang dirasakan korban-korban banjir setelah rumah mereka terendam air. Setelah film habis ibu guru mengajak anak-anak untuk bercakap-cakap tentang kejadian tersebut dan bertanya apa yang dirasakan anak-anak apabila kita merupakan korban banjir tersebut. Kegiatan yang dilakukan guru adalah kemampuan untuk ....
- A. memaknai hidup
- B. penempatan diri di wilayah kosmos
- C. makna sakit dan kematian
- D. pengalaman mendalam
A. benar, karena memaknai hidup dapat dilakukan dengan bercakap-cakap; tulis buiku harian, melihat film bebas, cerita interaktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar