Jumat, 10 Januari 2014

Metode Pengembangan Kognitif

PGTK2101 - Metode Pengembangan Kognitif. Setelah menempuh mata kuliah ini,
mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak TK. Di samping mengkaji BMP dan program video serta mengikuti tutorial tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mencoba mempraktekkan materi yang telah dikuasainya Mata kuliah ini mengkaji hal yang berkaitan dengan metode pengembangan kognitif yang meliputi hakikat kognitif, karakteristik kognitif anak TK, analisis kognitif, metodik khusus kognitif dan model pengembangan kognitif. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan nilai praktek dan UAS.


1. Kognitif adalah teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indera. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Terman
B. Hunt
C. Henman
D. Colvin
2.Thurstone berpendapat bahwa kognitif adalah penjelmaan dari berbagai kemampuan primer yaitu berbahasa, mengingat, berpikir logis, pemahaman ruang, bilangan, penggunaan kata-kata dan kecepatan pengamatan. Teori perkembangan kognitif ini sering disebut dengan teori ....
A. primary mental abilities
B. multiple intelligences
C. triachic of intelligence
D. two factors
3. Tentang kognitif, Cameron dan Barley berpendapat bahwa ...
A. Kognitif adalah kecerdasan melalui pikiran yang dapat digunakan untuk mengatasi situasi dalam memecahkan masalah.
B. Terdapat 3 aspek kemampuan dalam intelegensi yaitu konsentrasi, adaptasi, dan bersikap kritis
C. Aktivitas kognitif tergantung pada kemampuan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan karena bahasa adalah alat berpikir
D. Struktur kognitif terdiri dari kombinasi aktivitasmental operasi, materi, dan produk
4. Anggi, anak TK kelompok B, menemukan sebuah bando cantik yang terjatuh di halaman TK. Dia tertarik sekali dengan model bando itu, tetapi dia segera menyerahkannya ke ibu guru karena ia yakin bando tersebut milki salah seorang temannya. Perbuatan Anggi sudah memenuhi kriteria tindakan intelijen, yaitu dalam hal ....
A. kemampuan abstraksi dalam memecahkan masalah
B. penjelasan dari solusi dapat diterima masyarakat
C. perbuatan sesuai dengan tujuan, cepat dan akurat
D. konsentrasi yang tinggi dalam melakukan sesuatu
5. Sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, terutama pada anak usia dini karena di sekolah diajarkan berbagai materi yang akan mengasah nalar dan konsentrasi anak. Peranan sekolah ini termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak, yaitu faktor ....
A. keturunan
B. lingkungan
C. pembentukan
D. kematangan
6. Karakteristik anak usia 3 tahun antara lain adalah ....
A. sering bertanya karena ingin tahu.
B. rasa egosentrisme masih kuat
C. daya khayal makin menipis
D. mulai mengembangkan tahap bermain kooperatif
7. Hadi senang sekali memainkan alat genitalnya. Kadang saat dia buang air kecil juga dengan sengaja ia membuat bentuk-bentuk tertentu dari air seninya. Tingkah laku Hadi merupakan wujud rasa ingin tahunya tentang seksual yang biasanya muncul pada anak usia ....
A. 2 tahun
B. 3 tahun
C. 4 tahun
D. 5 tahun
8. Pernyataan Hurlock yang berkaitan dengan teori perkembangan kognitif anak antara lain adalah bahwa anak usia 3-5tahun disebut dengan....
A. masa bermain
B. tahap falish
C. masa peka
D. tahap praoperasional
9. Saat kegiatan inti, Bu Ani mengajak anak-anak kelompok A merobek kertas tisu, dilanjutkan merobek kertas koran, lalu kertas HVS. Anak-anak dapat melakukan dengan mudah saat merobek kertas
tisu, namun cukup kesulitan saat diminta merobek kertas HVS. Kegiatan tersebut
merupakan upaya pengembangan kognitif melalui bidang pengembangan ....
A. auditory
B. visual
C. taktil
D. kinestetik
10. Salah satu aspek perkembangan kognitif menurut Jean Piaget adalah cara orang tua mengasuh anak dan pola pendidikan yang diperoleh seseorang dalam dari masyarakat. Hal ini termasuk dalam aspek ...
A. pengalaman awal
B. kematangan
C. transmisi sosial
D. ekuilibrasi
11. Tahap perkembangan kognitif menurut Piaget yang ditandai dengan kemampuan dalam berpikir sistematik terhadap objek yang konkret disebut dengan tahap ....
A. sensorimotor
B. praoperasional
C. konkret operasional
D. formal operasional
12. Perhatikan 2 gambar berikut:
1. •••••••
2. • • • • • • •
Doni mengatakan bahwa bulatan pada gambar 2 jumlahnya lebih banyak karena untaiannya lebih panjang. Cara berpikir Doni ini merupakan salah satu ciri khas tahapan perkembangan kognitif, yaitu tahap ....
A. sensorimotor
B. praoperasional
C. konkret operasional
D. formal operasional
13. Melalui eksplorasi pada dunia sekitarnya, anak akan memperluas wawasan berpikirnya dan membangun pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu kegunaan alat berpikir menurut Vygotsky, yaitu dalam hal ...
A. membantu memecahkan masalah
B. memudahkan dalam bertindak
C. memperluas kemampuan
D. melakukan sesuai kapasitas
14. Setelah bercakap-cakap tentang susu di kelas, Bu Hana mengajak anak-anak berkunjung ke peternakan sapi perah yang tak jauh dari KB Ceria. Di peternakan tersebut, anak-anak diberikan kesempatan untuk bertanya jawab dengan pemilik petenakan, mengamati berbagai kegiatan sapi, dan juga mencoba memerah susu dari sapi. Menurut Vygotsky, kegiatan seperti ini akan memacu alat berpikir untuk ....
A. membantu memecahkan masalah
B. memudahkan dalam bertindak
C. memperluas kemampuan
D. melakukan sesuai kapasitas
15. Contoh perilaku anak yang menggambarkan sudah tercapainya tahap ZPD kedua yaitu tindakan yang didasarkan atas inisiatif sendiri adalah .....
A. Rani, anak TK kelompok A, masih harus disuapi saat sarapan pagi dan belum mau mandi sendiri
B. Dinda, anak TK kelompok A, mau memakai sepatunya sendiri meskipun kadang kesulitan saat mengikatkan talinya.
C. Roni, anak TK kelompok B, sudah dapat memakai sepatu dan bajunya sendiri tanpa dibantu.
D. Danang, anak TK kelompok B, sudah terbiasa bangun, makan, dan memakai baju sendiri tiap pagi tanpa diingatkan lagi.
16. Aktivitas terprogram yang dapat dilakukan untuk anak usia prasekolah antara lain adalah ...
A. komunikasi emosional
B. manipulasi objek
C. aktivitas bermain
D. kegiatan belajar
17. Anak-anak usia dini dapat diminta untuk menggambarkan perasaan atau pengalaman yang menarik setelah melakukan suatu kegiatan melalui sebuah kertas sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan kerja block building dalam hal ....
A. penyatuan rencana
B. pemetaan kerja
C. permainan
drama

D. penulisan jurnal
18. Salah satu jenis pengetahuan bersumber dari proses interaksi seseorang dengan budaya, norma, dan moral orang lain. Pengetahuan ini menurut Piaget disebut pengetahuan ....
A. fisik
B. logika
C. bahasa
D. sosial
19. Bu Dita membawa sekardus balok berisi berbagai bentuk geometri tanpa warna. Setelah itu, dia meminta Haris untuk mengambil balok-balok berbentuk segitiga lalu diletakkan di atas meja, dan Haris dapat melakukannya dengan baik. Pengetahuan yang dimiliki Haris menurut Piaget termasuk jenis pengetahuan ....
A. fisik
B. logika
C. bahasa
D. sosial
20. Pengetahuan dapat diperoleh anak dari hasil pembentukan pemikiran terhadap hubungan antar objek yang ditemuinya. Hal ini merupakan salah satu teori dalam mendapatkan pengetahuan yaitu melalui ....
A. peniruan
B. konstruktivism
C. transformasi
D. pembiasaan
21. Anak-anak diberikan media dengan tekstur yang bervariasi seperti kapas, kertas amplas, daun teratai, sikat cuci, kulit salak, kerikil, pasir, dan terigu. Setelah itu anak-anak diminta mengurutkan benda dengan tekstrur yang paling lembut sampai yang paling kasar. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan pengetahuan ....
A. fisik
B. logika
C. non-fisik
D. sosial
22. Bu Erni ingin mengenalkan cara lebah bekerja sama dalam sebuah sarang. Untuk memudahkan anak memahami penjelasannya, Bu Erni memutarkan film yang menggambarkan dengan jelas tentang kehidupan lebah. Anak-anak tampak sangat tertarik dengan film tersebut. Bu Erni telah berupaya mengembangkann pengetahuan anak-anak melalui metode ....
A. praktek langsung
B. demonstrasi
C. bermain peran
D. eksperimen
23. Bu Nurul akan mengenalkan sebuah lagu berjudul ‘Becak’. Karena anak-anak belum dapat membaca, Bu Nurul mendiktekan kalimat demi kalimat lalu ditirukan anak-anak. Lalu menyanyikan baris demi baris dan diikuti anak-anak. Kegiatan itu dilakukan beberapa kali sampai akhirnya anak-anak hafal dan dapat menyanyikan lagu tersebut. Cara yang dilakukan Bu Nurul termasuk membangun pengetahuan dengan memerankan dirinya sebagai ...
A. model yang baik
B. motivator
C. teman bermain
D. fasilitator
24. Pernyataan berikut yang bukan merupakan teori Gardner tentang kecerdasan adalah ....
A. meliputi pengenalan seseorang terhadap ciri-ciri tertentu dari berbagai benda di sekitarnya
B. kemampuan untuk menciptakan produk yang efektif atau menyumbangkan sesuatu yang bernilai dalam budaya
C. sebuah perangkat keterampilan seseorang untuk memecahkan permasalahan dalam hidupnya
D. potensi untuk menemukan jalan keluar dari masalah yang melibatkan penggunaan pemahaman baru
25. Salah satu fungsi yang biasa dilakukan oleh belahan otak kiri adalah ....
A. mengembangkan kemampuan visual dan spasial
B. menekankan pada cara berpikir sintesis
C. mengembangkan kemampuan bicara dan berhitung
D. mengembangkan kreativitas dan estetika
26. Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan memvisualisasikan gambar untuk memecahkan suatu masalah disebut kecerdasan ....
A. intrapersonal
B. visual spatial
C. logika matematika
D. interpersonal
27. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal antara lain melalui kegiatan ....
A. mengajak anak berjalan-jalan ke pegunungan untuk menikmati indahnya alam
B. membiasakan anak untuk berdoa sebelum dan sesudah makan
C. mengajak anak bermain tebak-tebakan kata atau merubah syair lagu
D. meminta anak menggambar yang dilihatnya sendiri melalui sebuah cermin
28 Cara menyampaikan suatu materi dengan bertutur atau memberikan penjelasan melalui cerita disebut dengan metode....
A. percobaan
B. bercerita
C. bersyair
D. peragaan
29. Kumpulan catatan singkat yang bersifat spesifik tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu disebut ....
A. asesmen kinerja
B. bundel portofolio
C. buku jurnal
D. catatan anekdot
30. Bu Ana ingin mengetahui apakah anak-anak sudah dapat melempar dan menangkap bola besar dalam jarak 2 meter dengan baik. Alat penilaian yang paling sesuai untuk digunakan Bu Ana adalah ....
A. asesmen diri
B. bundel portofolio
C. asesmen kinerja
D. catatan anekdot
31. Melalui media yang menarik dan menantang, anak dapat dirangsang untuk menemukan gagasan-gagasan baru berkaitan dengan materi yang sedang dibicarakan. Dalam hal ini, media berfungsi untuk ....
A. mengembangkan kreativitas
B. menghilangkan verbalisme
C. menyelidiki sesuatu
D. melaksanakan tugas
32. Untuk mengembangkan kognitif, sedapat mungkin pendidik memilihkan media yang memungkinkan anak dapat membongkar pasang media tersebut, bukan media jadi yang hanya dapat dilihat atau didengar saja. Hal ini merupakan salah satu syarat dalam pemilihan media untuk anak, yaitu ....
A. tampilan menarik
B. dapat dimanipulasi
C. ukuran sesuai
D. tidak membahayakan
33. Berikut ini yang merupakan penerapan dari syarat media untuk anak bahwa media yang digunakan tidak membahayakan adalah ....
A. Gambar terlihat oleh seluruh anak di dalam ruangan
B. Buku cerita bergambar penuh warna dan tulisan kata sederhana
C. Boneka dibuat dari bahan yang dapat dilepas anggota tubuhnya
D. Juluran kabel listrik tertutup rapat dan terpasang rapi
34. Salah satu media yang dapat digunakan untuk anak antara lain adalah 2 sisi gambar pada suatu kotak horisontal yang dibatasi dengan garis tengah. Biasanya salah satu sisi berupa gambar benda, dan sisi yang lain berupa angka atau huruf. Media ini disebut ....
A. loto berpasangan
B. kartu domino
C. gambar seri
D. kotak merjan
35. Salah satu dimensi perilaku guru menurut model perilaku kognitif-afektif dari Willliams adalah strategi untuk mengemukakan ciri-ciri sesuatu yang mencerminkan identitas atau lambang. Strategi ini disebut ....
A. analogi
B. diskrepansi
C. atribut
D. paradoks
36. Salah satu jenis operasi dari model struktur intelektiual Guilford adalah pemberian jawaban atau penarikan kesimpulan dengan penekanan pada satu jawaban yang paling tepat. Hal ini disebut berpikir....
A. divergen
B. evaluatif
C. konvergen
D. kognitif
37. Bu Ani bertanya pada anak-anak, “Ayo, siapa yang tahu, bulu ayam yang ibu pegang ini dapat digunakan untuk apa saja ya? Pada saat tersebut, Bu Ani sedang mengajak anak melakukan salah satu bentuk operasi menurut Guilford yaitu berpikir ....
A. divergen
B. evaluatif
C. konvergen
D. kognitif
38. Perilaku kognitif berupa menggabungkan unsur-unsur yang kecil menjadi suatu kesatuan menurut Bloom disebut dengan ....
A. analisis
B. pemahaman
C. sintesis
D. penerapan
39. Pagi itu Bu Heni menyiapkan berbagai jenis makanan di dalam kelas. Ada pepes tahu, tempe bacem, jagung rebus, roti tawar, nasi putih, bubur sagu, ayam goreng, ikan bakar, sop daging, sayur bayam, cap cay, tumis buncis, dan telur mata sapi. Selanjutnya anak-anak secara bergiliran diminta untuk mengelompokkan makanan yang berupa sayuran di meja kuning, lauk-pauk di meja merah, dan makanan pokok di meja biru. Kegiatan yang dilakukan Bu Heni ini termasuk mengembangkan perilaku kognitif berupa ....
A. analisis
B. pemahaman
C. sintesis
D. penerapan
40. Kurikulum PAUD di Indonesia hendaknya juga mempertimbangkan kekhasan budaya dan kondisi tiap daerah. Hal ini sejalan dengan salah satu ciri kurikulum berbasis kompetensi, yaitu ...
A. berorientasi pada keberagaman
B. menggunakan metode yang bervariasi
C. ketercapaian kompetensi anak didik
D. sumber belajar berpusat pada anak
41. Pernyataan langsung berupa kesan tentang hal-hal yang telah dilakukan merupakan salah satu prinsip dasar pembelajaran kontekstual yang disebut ....
A. inquiri
B. refleksi
C. modelling
D. questioning
42. Proses pembelajaran di PAUD perlu diarahkan pada kemampuan anak untuk mengurus dirinya sendiri dan kemampuan bertahan hidup dalam lingkungan yang lebih luas. Hal ini merupakan salah satu prinsip dasar pendekatan pembelajaran di PAUD, yaitu ....
A. menggunakan pendekatan tematik
B. menyediakan lingkungan yang kondusif
C. menerapkan bermain sambil belajar
D. mengembangkan kecakapan hidup
43. Salah satu alat penilaian yang dapat digunakan di PAUD adalah berupa tugas yang harus dikerjakan anak dalam waktu yang realtif lama. Alat penilaian ini disebut ....
A. portofolio
B. performansi
C. proyek
D. produk
44. Melalui permainan matematika sejak dini, diharapkan anak akan merasa mampu dan menyukai bidang matematika sehingga tidak menganggap matematika sebagai suatu bidang studi yang sulit. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari permainan matematika yaitu dalam ....
A. membelajarkan dengan konsep yang benar dan menarik
B. membantu anak belajar matematika secara alami
C. menghindari ketakutan terhadap matematika
D. mengarahkan anak menjadi ahli matematika
45. Saat bermain matematika, anak dapat diajak untuk menyusun rangkaian warna, bentuk, nada, atau kombinasi gerakan yang berulang. Keterampilan semacam ini disebut ....
A. mengelompokkan benda
B. menyusun pola
C. mengurutkan bilangan
D. menyortir bentuk
46. Permainan matematika dapat dilakukan dengan cara mengajak anak bermain patah gunung atau bongkar puzzle unit. Kegiatan ini terutama akan mengembangkan aspek ....
A. kreativitas
B. visual
C. fisik
D. sosial
47. Untuk menyiapkan area pasir dan air menjadi tempat yang nyaman dalam bermain matematika bagi anak, maka hal yang perlu dilakukan adalah ....
A. menyiapkan berbagai kostum, perabot rumah tangga dan alat dapur berbagai ukuran
B. menyediakan balok berbagai ukuran dan bentuk yang menarik
C. menyiapkan cat, kertas, kuas, tanah liat, lilin dan
celemek

D. menyediakan ember, sekop, baskom, corong, cangkir, dan karton
48. Siang itu, Bu Neni membawa beberapa ikat lidi dengan panjang yang berbeda-beda. Secara berkelompok, anak-anak diminta menyusun lidi dari yang paling pendek sampai yang paling panjang. Kelompok yang paling cepat dapat menyusun lidi itu dengan benar diberikan hadiah. Permainan matematika yang dilakukan Bu Neni bertujuan mengembangkan konsep ....
A. bilangan ganjil-genap
B. pasangan jumlah benda-lambang bilangan
C. urutan panjang-pendek
D. perbandingan lebih kecil-lebih besar
49. Permainan sains melalui percobaan pada berbagai hewan dan tumbuhan akan dapat mengembangkan sikap menyayangi dan menghargai sesama makhluk. Hal ini berarti permainan sains dapat juga mengembangkan aspek ....
A. kognitif
B. motorik
C. bahasa
D. emosional
50. Anak-anak TK Kenanga akan mengadakan percobaan sederhana tentang air . Bu Nia telah menyiapkan air dalam beberapa wadah, dan media berupa beberapa lembar daun talas, daun pisang, plastik, kain perca, kertas koran, dan kapas. Secara berkelompok, anak diajak untuk mencelupkan satu persatu media tersebut ke dalam air bergantian. Tiap suatu media dicelupkan, anak-anak diminta mengamati apakah media tersebut dapat meresap atau tidak dapat meresap jika terkena air. Setelah itu anak-anak diminta mengelompokkan media tersebut dalam 2 kategori yaitu media yang dapat menyerap air dan media yang tidak dapat menyerap air. Permainan sains di TK ini terutama mengembangkan konsep ...
A. membedakan volume air
B. menyelidiki kapilaritas
C. memprediksi ukuran
D. membandingkan benda padat   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar