PGTK2403 - Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Kompetensi yang harus dikuasai oleh
mahasiswa setelah menempuh mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu menjabarkan rambu-rambu kurikulum nasional kedalam bentuk operasional di kelas/sekolah. Pengalaman belajar yang harus dilalui mahasiswa selain menkaji BMP adalah mempraktekan bahan belajar yang digunakan dalam berbagai pengembangan di Taman Kanak-kanak. Materi pada mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengkaji kurikulum TK,perangkat PKB TK, pelaksanaan PKB TK, hakikat bahan belajar TK, karakteristik bahan belajar TK, serta pemanfaatan bahan dan sumber belajar dalam kegiatan belajar TK. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan TM dan UAS.
1. Salah satu indikator kurikulum Taman Kanak-kanak adalah meminta anak untuk mengerjakan maze atau mencari jejak. Kegiatan ini merupakan salah satu latihan bagi anak untuk memecahkan masalah secara sederhana. Hal tersebut termasuk dalam salah satu fungsi kurikulum sebagai....
- A. aktualisasi diri
- B. rekonsiliasi sosial
- C. program akademik
- D. proses kognitif
D. benar, karena proses kognitif adalah mengajarkan pada anak untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya dalam kehidupan ini.
2. Pada kurikulum tingkat SMP, mata pelajaran sejarah, ekonomi dan geografi merupakan mata pelajaran yang diajarkan sendiri-sendiri. Terdapat batasan yang ketat dalam pengorganisasian bahan belajarnya. Hal itu termasuk dalam model kurikulum....
2. Pada kurikulum tingkat SMP, mata pelajaran sejarah, ekonomi dan geografi merupakan mata pelajaran yang diajarkan sendiri-sendiri. Terdapat batasan yang ketat dalam pengorganisasian bahan belajarnya. Hal itu termasuk dalam model kurikulum....
- A. correlated subject
- B. separated subject
- C. integrated curriculum
- D. connected curriculum
B. Benar, separated subject merupakan pengorganisasian kurikulum yang didasari oleh batas yang ketat dan setiap pelajaran
3. Dengan adanya tujuan dalam kurikulum, guru dapat menentukan jenis dan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakannya di kelas untuk mengembangkan kemampuan anak didiknya. Hal tersebut menunjukkan salah satu fungsi tujuan dalam kurikulum, yaitu sebagai.….
3. Dengan adanya tujuan dalam kurikulum, guru dapat menentukan jenis dan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakannya di kelas untuk mengembangkan kemampuan anak didiknya. Hal tersebut menunjukkan salah satu fungsi tujuan dalam kurikulum, yaitu sebagai.….
- A. penentu arah dan corak kegiatan pendidikan yang akan dilaksanakan.
- B. penentu dalam menetapkan komponen berikutnya.
- C. tolok ukur keberhasilan pelaksanaan pendidikan.
- D. pegangan dalam usaha penyelenggaraan pendidikan
A. Benar, sebagai penentu arah dan corak kegiatan maka tujuan dapat membantu guru menentukan bentuk dan jenis kegiatan yang akan dilaksanakannya
4. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang yang harus diindahkan dalam setiap memilih dan menentukan materi kurikulum, kecuali bahwa isi kurikulum harus....
4. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang yang harus diindahkan dalam setiap memilih dan menentukan materi kurikulum, kecuali bahwa isi kurikulum harus....
- A. sesuai, tepat dan bermakna bagi perkembangan anak didik
- B. mencerminkan idealisme bangsa dan negara serta masyarakat
- C. mendukung pencapaian tujuan yang komprehensif
- D. mengandung pengetahuan ilmiah yang telah teruji kebenarannya
B. Benar, karena isi kurikulum yang mencerminkan idealisme bangsa, negara dan masyarakat bukan merupakan kriteria pemilihan dan penentuan isi kurikulum
5. Evaluasi yang digunakan untuk menilai semua sumber daya sebelum suatu program dimulai adalah evaluasi….
5. Evaluasi yang digunakan untuk menilai semua sumber daya sebelum suatu program dimulai adalah evaluasi….
- A. dampak
- B. hasil
- C. masukan
- D. proses
C. Tepat sekali, evaluasi masukan menilai semua sumber daya, seperti dana, tenaga, sarana, fasilitas dan anak didik
6. Kurikulum berfungsi sebagai alat pendidikan yang terkait dengan kebutuhan manusia. Oleh karenanya pengembangan kurikulum membutuhkan pemikiran yang mendalam dan komprehensif. Terkait dengan hal tersebut maka salah satu fungsi filsafat dalam pengembangan kurikulum adalah….
6. Kurikulum berfungsi sebagai alat pendidikan yang terkait dengan kebutuhan manusia. Oleh karenanya pengembangan kurikulum membutuhkan pemikiran yang mendalam dan komprehensif. Terkait dengan hal tersebut maka salah satu fungsi filsafat dalam pengembangan kurikulum adalah….
- A. menentukan arah pendidikan.
- B. memenuhi semua kebutuhan
- C. membantu mewujudkan impian manusia
- D. menetapkan batas waktu pencapaian keberhasilan pendidikan
A. Benar, menentukan arah pendidikan merupakan salah satu fungsi filsafat dalam pengembangan kurikulum
7. Pengembangan kurikulum yang intinya lebih memfokuskan pada upaya mengembangkan kurikulum sebagai suatu proses perbaikan dan penyempurnaan merupakan pendekatan model….
7. Pengembangan kurikulum yang intinya lebih memfokuskan pada upaya mengembangkan kurikulum sebagai suatu proses perbaikan dan penyempurnaan merupakan pendekatan model….
- A. Olivia
- B. Tyler
- C. Beaucham
- D. Taba
D. Benar, model Taba memfokuskan pengembangan sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan
8. Pengembangan kurikulum harus dapat memberikan peluang pada guru-guru dan pelaksana pendidikan di lapangan untuk melakukan penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi yang dihadapinya serta keadaan lingkungan setempat. Hal tersebut sesuai dengan prinsip fleksibilitas, yaitu bahwa kurikulum harus bersifat….
8. Pengembangan kurikulum harus dapat memberikan peluang pada guru-guru dan pelaksana pendidikan di lapangan untuk melakukan penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi yang dihadapinya serta keadaan lingkungan setempat. Hal tersebut sesuai dengan prinsip fleksibilitas, yaitu bahwa kurikulum harus bersifat….
- A. statis, komprehensif dan sistematik
- B. berkesinambungan, holistik dan valid
- C. luwes, lentur dan dapat dimodifikasi
- D. relevan, efektif dan efisien
C. Benar, prinsip fleksibilitas adalah bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat luwes, lentur dan dapat dimodifikasi
9. Hakikat Taman Kanak-kanak yang sesuai dengan kurikulum tahun 1968 adalah lembaga pendidikan ….
9. Hakikat Taman Kanak-kanak yang sesuai dengan kurikulum tahun 1968 adalah lembaga pendidikan ….
- A. resmi yang membantu anak meningkatkan kemampuan intelektual, sosial emosional dan spiritualnya
- B. pertama yang memberikan bimbingan dan pembinaan secara sistematis baik jasmani maupun rohani anak agar berkembang secara harmonis.
- C. formal yang melayani dan mengasuh anak usia 4 – 6 tahun untuk mengoptimalkan seluruh aspek perkembangannya
- D. dasar yang bersifat non formal untuk membantu anak mengembangkan potensi, bakat dan minatnya seoptimal mungkin
B. Benar, pernyataan tersebut merupakan hakikat TK yang terdapat dalam kurikulum tahun 1968
10. Berikut ini adalah beberapa hakikat TK yang disebutkan dalam kurikulum tahun 1976, kecuali….
10. Berikut ini adalah beberapa hakikat TK yang disebutkan dalam kurikulum tahun 1976, kecuali….
- A. pusat perkembangan kepribadian anak
- B. pusat kesejahteraan anak
- C. usaha membantu keluarga memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani anak yang dibutuhkan bagi perkembangan kepribadiannya
- D. usaha masyarakat dan pemerintah untuk memajukan dan memodernisasi kehidupan bangsa dan negara
Pernyataan tersebut tidak benar dan jika Anda memilih D sebagai jawaban maka Anda benar
11. Salah satu tujuan pendidikan TK menurut kurikulum tahun 1987 adalah….
11. Salah satu tujuan pendidikan TK menurut kurikulum tahun 1987 adalah….
- A. meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan untuk hidup di lingkungan masyarakat.
- B. memberikan segala pengetahuan dasar agar anak dapat diterima di sekolah dasar
- C. menciptakan anak yang mandiri, bertakwa dan dapat menjalani kehidupan tanpa bantuan dari orang-orang di sekitarnya
- D. membantu anak mengembangkan kemampuannya secara mandiri
A. Benar, Pernyataan tersebut merupakan salah satu tujuan dari pendidikan TK dalam kurikulum 1987.
12. Pada kurikulum TK 1994 terdapat pengembangan daya cipta yang bertujuan untuk….
12. Pada kurikulum TK 1994 terdapat pengembangan daya cipta yang bertujuan untuk….
- A. membuat anak terampil
- B. membuat anak kreatif
- C. menciptakan anak yang cerdas
- D. menjadikan anak yang mandiri
B. Benar, pengembangan daya cipta bertujuan membuat anak menjadi kreatif yaitu lancar, fleksibel dan orisinil dalam bertutur kata, berolah tangan dan berpikir
13. Setiap individu berhak mendapatkan pendidikan sejak dilahirkan sampai dia meninggal dunia. Pendidikan tersebut dapat berbentuk informal, formal maupun non formal. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip pengembangan kurikulum, yaitu prinsip....
13. Setiap individu berhak mendapatkan pendidikan sejak dilahirkan sampai dia meninggal dunia. Pendidikan tersebut dapat berbentuk informal, formal maupun non formal. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip pengembangan kurikulum, yaitu prinsip....
- A. berpusat pada anak
- B. kesamaan memperoleh kesempatan
- C. komprehensif dan berkesinambungan
- D. belajar sepanjang hayat
D. Benar, prinsip ini berarti bahwa setiap individu berhak mendapat pendidikan sepanjang kehidupannya
14. Penilaian berbasis kelas dapat bermanfaat bagi anak didik sebagai umpan balik artinya dengan penilaian ini anak didik dapat....
14. Penilaian berbasis kelas dapat bermanfaat bagi anak didik sebagai umpan balik artinya dengan penilaian ini anak didik dapat....
- A. mengetahui kemampuan berpikirnya agar dapat berprestasi di kelasnya
- B. mengetahui kemampuan dan kekurangannya sehingga dapat menumbuhkan motivasi intrinsik untuk memperbaikinya
- C. mengenal seluruh kelasnya dengan baik sehingga ia dapat beradaptasi dan belajar di kelas dengan baik
- D. mengenal gurunya sehingga dapat meminta bantuan untuk membimbing belajarnya dengan baik
B. Benar, pernyataan tersebut benar sehingga motivasi akan muncul dari dalam diri anak didik itu sendiri
15. Setiap sekolah di Indonesia menggunakan kurikulum nasional sebagai pedoman, namun pelaksanaan pembelajarannya disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan di mana sekolah tersebut berada dan sesuai dengan kemampuan sekolah tersebut. Pernyataan tersebut merupakan implementasi dari kurikulum….
15. Setiap sekolah di Indonesia menggunakan kurikulum nasional sebagai pedoman, namun pelaksanaan pembelajarannya disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan di mana sekolah tersebut berada dan sesuai dengan kemampuan sekolah tersebut. Pernyataan tersebut merupakan implementasi dari kurikulum….
- A. standar nasional
- B. standar minimal
- C. berbasis sekolah
- D. berbasis lingkungan
D. Salah, kalimat tersebut tidak menggambarkan implementasi kurikulum berbasis lingkungan
16. Program pengembangan sosial dan kemandirian dalam kurikulum Taman Kanak-kanak dimaksudkan untuk membina anak dalam hal-hal berikut, kecuali mampu....
16. Program pengembangan sosial dan kemandirian dalam kurikulum Taman Kanak-kanak dimaksudkan untuk membina anak dalam hal-hal berikut, kecuali mampu....
- A. mengendalikan emosinya secara wajar
- B. berinteraksi dengan sebayanya dan orang dewasa di sekitarnya
- C. menolong dirinya sendiri dan menguasai kecakapan hidup
- D. meningkatkan intelektualnya bersama dengan teman-temannya
Jawaban D tidak termasuk dalam ruang lingkup pengembangan sosial dan kemadirian, namun jika Anda memilih ini berarti jawaban Anda benar
17. Pendidik harus menyediakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan dan belajar anak. Lingkungan tersebut adalah lingkungan yang….
17. Pendidik harus menyediakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan dan belajar anak. Lingkungan tersebut adalah lingkungan yang….
- A. aman, nyaman, menarik dan memungkinkan anak untuk melakukan aktivitas secara optimal
- B. luas, tidak kotor, bebas dari hambatan dan memungkinkan banyak anak dapat bermain secara leluasa
- C. teduh, sejuk, luas dan dilengkapi dengan mainan yang beraneka ragam yang dapat dipilih anak sesuka hati
- D. luas, lapang dan tidak ada benda yang dapat menghalangi mobilitas anak
A. Benar, lingkungan yang paling tepat adalah yang aman, nyaman, menarik dan memungkinkan anak melakukan aktivitas secara optimal dan memiliki kualitas yang baik
18. Kegiatan pengembangan di TK banyak dilakukan melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anak-anak usia 4 – 6 tahun. Pelaksanaan kegiatan pengembangan tersebut berorientasi pada….
18. Kegiatan pengembangan di TK banyak dilakukan melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anak-anak usia 4 – 6 tahun. Pelaksanaan kegiatan pengembangan tersebut berorientasi pada….
- A. developmentally appropriate practice
- B. zona of proximal development
- C. learning by doing
- D. quantum learning with playing and fun
A. Benar, kegiatan untuk anak TK harus berorientasi pada perkembangan anak yang dilakukan melalui bermain, menyenangkan dan sesuai kebutuhan anak
19. Conny R Semiawan menyatakan keunggulan dan pentingnya kegiatan pengembangan di TK melalui cara terpadu, yaitu bahwa dengan cara ini anak mulai terlatih untuk mengkaitkan pengetahuan dan informasi untuk dapat....
19. Conny R Semiawan menyatakan keunggulan dan pentingnya kegiatan pengembangan di TK melalui cara terpadu, yaitu bahwa dengan cara ini anak mulai terlatih untuk mengkaitkan pengetahuan dan informasi untuk dapat....
- A. menyebarluaskan ilmu dan informasi yang telah didapatnya pada orang lain
- B. menemukan jati dirinya sendiri sehingga dapat mengaktualisasikan kemampuannya di hadapan orang lain
- C. menghadapi silang lingkungan sehingga mampu bertahan menghadapi berbagai masalah kehidupan.
- D. merespon stimuli yang dihadapinya untuk mengembangkan dunia di sekitarnya
C. Benar, dengan cara ini anak dapat menghadapi silang lingkungan sehingga mampu bertahan menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan
20. Pada TK Aktraktif terdapat metode pengajaran suara bentuk dan bilangan yang dikemukakan oleh Pestalozi. Pada pengajaran suara, bahan pengembangan yang diajarkan menitik beratkan pada beberapa hal berikut, kecuali....
20. Pada TK Aktraktif terdapat metode pengajaran suara bentuk dan bilangan yang dikemukakan oleh Pestalozi. Pada pengajaran suara, bahan pengembangan yang diajarkan menitik beratkan pada beberapa hal berikut, kecuali....
- A. bangun ruang, interaksi, kemampuan bicara, pemecahan masalah dan adaptasi
- B. mendengar, menyimak, menjawab pertanyaan, kemampuan mengurutkan dan mengelompokkan
- C. komunikasi, perbendaharaan kosa kata, pengetahuan sejarah dan pengetahuan bumi
- D. menulis, membaca, mengungkapkan ide, menggambar dan menyanyi
C. Benar, pengajaran suara menitik beratkan pada komunikasi, perbendaharaan kosa kata, pengetahuan sejarah dan pengetahuan bumi
21. Ibu Sinta mengajak anak-anak untuk membuat berbagai bentuk bangunan dari berbagai media yang sudah disiapkannya, seperti lego, bombiq, dan lasy. Kegiatan ini dalam pembelajaran TK Atraktif termasuk salah satu contoh metode pengajaran….
21. Ibu Sinta mengajak anak-anak untuk membuat berbagai bentuk bangunan dari berbagai media yang sudah disiapkannya, seperti lego, bombiq, dan lasy. Kegiatan ini dalam pembelajaran TK Atraktif termasuk salah satu contoh metode pengajaran….
- A. Spielfomen
- B. Vygotsky
- C. Suara, bentuk dan bilangan
- D. proyek
A. Benar, penggunaan lego, bombiq dan lasy termasuk bahan ajar dalam metode Spielformen
22. Dalam kegiatan pembelajaran kooperatif, ruang kelas harus ditata sedemikian rupa agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan, kecuali....
22. Dalam kegiatan pembelajaran kooperatif, ruang kelas harus ditata sedemikian rupa agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan, kecuali....
- A. ukuran ruang kelas
- B. tingkat kedewasaan anak didik
- C. toleransi orang tua
- D. pengalaman guru
C. Benar, toleransi orang tua tidak termasuk faktor pengelolaan yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran kooperatif
23. Melalui bermain anak-anak dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangannya. Selain itu bermain juga merupakan pekerjaan anak-anak. Oleh karenanya kegiatan pengembangan di Taman Kanak-kanak berdasarkan pada prinsip....
23. Melalui bermain anak-anak dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangannya. Selain itu bermain juga merupakan pekerjaan anak-anak. Oleh karenanya kegiatan pengembangan di Taman Kanak-kanak berdasarkan pada prinsip....
- A. bermain dan belajar
- B. bermain sambil belajar
- C. belajar sambil bermain
- D. belajar untuk bermain
B. Benar, dalam bermain anak belajar sesuatu.
24. Rumusan kualifikasi kemampuan/kompetensiyang harus dimiliki atau dilakukan anak didik setiap kali selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran disebut….
24. Rumusan kualifikasi kemampuan/kompetensiyang harus dimiliki atau dilakukan anak didik setiap kali selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran disebut….
- A. media
- B. materi
- C. harapan
- D. tujuan
D. Benar, tujuan merupakan rumusan kualifikasi kemampuan/kompetensi yang harus dimiliki/dilakukan anak setelah selesai pembelajaran
25. Anak dapat menjelaskan manfaat buah mangga bagi tubuh manusia dengan baik. Contoh tujuan pembelajaran tersebut sesuai dengan kriteria rumusan tujuan. Beberapa kriteria tersebut adalah sebagai berikut, kecuali....
25. Anak dapat menjelaskan manfaat buah mangga bagi tubuh manusia dengan baik. Contoh tujuan pembelajaran tersebut sesuai dengan kriteria rumusan tujuan. Beberapa kriteria tersebut adalah sebagai berikut, kecuali....
- A. analitis
- B. spesifik
- C. realistis
- D. komprehensif
A. Benar, rumusan tujuan tidak harus analitis
26. Anak usia TK sudah dapat diajarkan berbaris dengan tertib atau senam fantasi dengan berbagai gerakan yang bervariasi. Hal ini dimungkinkan karena anak TK memiliki karakteristik fisik ….
26. Anak usia TK sudah dapat diajarkan berbaris dengan tertib atau senam fantasi dengan berbagai gerakan yang bervariasi. Hal ini dimungkinkan karena anak TK memiliki karakteristik fisik ….
- A. kuat dan dapat melakukan semua kegiatan dengan baik
- B. cepat dan memiliki keseimbangan yang sangat baik
- C. aktif dan telah memiliki kontrol terhadap tubuhnya
- D. stabil dan telah memiliki kemampuan menelaah setiap gerakan yang dilakukannya
C. Benar, anak TK gerakannya aktif dan telah memiliki kontrol terhadap tubuhnya dengan baik.
27. Guru TK dapat mengetahui atau mengidentifikasi karakteristik anak didiknya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memperhatikan setiap tindakan dan perilaku anak dalam waktu tertentu. Cara ini dikenal dengan istilah ….
27. Guru TK dapat mengetahui atau mengidentifikasi karakteristik anak didiknya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memperhatikan setiap tindakan dan perilaku anak dalam waktu tertentu. Cara ini dikenal dengan istilah ….
- A. cumulative record
- B. observasi
- C. sosiometri
- D. anecdotal record
B. Benar, observasi adalah pengamatan yang dilakukan dengan cara memperhatikan tindakan dan perilaku anak
28. Kegiatan pengembangan yang dipilih dan ditetapkan guru untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran mengacu pada....
28. Kegiatan pengembangan yang dipilih dan ditetapkan guru untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran mengacu pada....
- A. satuan kegiatan harian
- B. penilaian yang akan dilakukan
- C. rancangan yang telah disusun
- D. bidang pengembangan yang dipilih
D. Benar, kegiatan pengembangan disusun guru dengan mengacu pada bidang pengembangan atau aspek perkembangan yang dipilih
29. Titik pusat atau sasaran penilaian di TK adalah perilaku mendasar (umum) sifat-ekspresi manusia dalam lingkungannya. Menurut Bloom, ranah yang menjadi sasaran penilaian adalah….
29. Titik pusat atau sasaran penilaian di TK adalah perilaku mendasar (umum) sifat-ekspresi manusia dalam lingkungannya. Menurut Bloom, ranah yang menjadi sasaran penilaian adalah….
- A. kognitif, seni, fisik-motorik dan bahasa
- B. afektif, kognitif dan psikomotor
- C. daya cipta, daya pikir, jasmani, bahasa dan keterampilan
- D. ketrampilan pra menulis, pra membaca, emosi, sosial, motorik aksar dan halus, bahasa dan seni
B. Benar, ranah afektif, kognitif dan psikomotor merupakan sasaran penilaian yang dikemukakan oleh Bloom.
30. Penilaian yang dilakukan terhadap anak Taman Kanak-kanak harus menyeluruh dan meliputi seluruh aspek perkembangan anak baik terhadap proses maupun hasil kegiatan pembelajaran. Pernyataan tersebut termasuk dalam prinsip penilaian di TK, yaitu….
30. Penilaian yang dilakukan terhadap anak Taman Kanak-kanak harus menyeluruh dan meliputi seluruh aspek perkembangan anak baik terhadap proses maupun hasil kegiatan pembelajaran. Pernyataan tersebut termasuk dalam prinsip penilaian di TK, yaitu….
- A. komprehensif
- B. edukatif
- C. objektif
- D. selektif
A. Benar, komprehensif berarti bahwa penilaian harus menyeluruh dan meliputi seluruh aspek perkembangan anak
31. Pada prosedur penilaian anak TK, langkah pertama yang harus dilakukan guru dalam menilai anak didiknya adalah….
31. Pada prosedur penilaian anak TK, langkah pertama yang harus dilakukan guru dalam menilai anak didiknya adalah….
- A. menentukan alat penilaian yang akan digunakan
- B. merumuskan tujuan secara jelas dalam definisi yang operasional
- C. menetapkan nama-anak anak yang akan dinilai kemampuannya
- D. menganalis data yang diperoleh dari pengamatan
B. Benar, langkah pertama dalam prosedur penilaian anak di TK adalah guru harus merumuskan tujuan atau indikator perkembangan anak yang akan dinilai
32. Suatu metode penilaian yang dilakukan guru dengan cara meminta anak-anak melakukan sesuatu untuk kemudian dilihat proses dan hasil akhir performa yang ditunjukkan anak, disebut….
32. Suatu metode penilaian yang dilakukan guru dengan cara meminta anak-anak melakukan sesuatu untuk kemudian dilihat proses dan hasil akhir performa yang ditunjukkan anak, disebut….
- A. portofolio
- B. percakapan
- C. pemberian tugas
- D. observasi
C. Benar, pemberuan tugas adalah metode yang dilakukan dengan meminta anak melakukan sesuatu untuk kemudian diamati proses dan hasilnya
33. Kegiatan pengembangan moral dan nilai agama di TK bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan dan membina sikap anak dalam rangka….
33. Kegiatan pengembangan moral dan nilai agama di TK bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan dan membina sikap anak dalam rangka….
- A. meningkatkan kemampuan berpikir kritis untuk membedakan ciptaan Tuhan dan manusia.
- B. memupuk rasa percaya diri anak dalam mengahadapi era global
- C. memotivasi anak untuk menjadi yang terbaik diantara teman sebayanya
- D. meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik.
D. Benar, pengembangan moral bertujuan untuk membina anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik
34. Anak TK kelompok A yang sudah dapat mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain dan tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah menunjukkan bahwa anak tersebut telah dapat memenuhi salah satu indikator kemampuan di TK, yaitu….
34. Anak TK kelompok A yang sudah dapat mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain dan tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah menunjukkan bahwa anak tersebut telah dapat memenuhi salah satu indikator kemampuan di TK, yaitu….
- A. mengucap salam dan bersikap sopan santun
- B. mengenal tata krama dan baik hati
- C. berperilaku seperti orang dewasa
- D. bersikap ramah dan saling menyayangi sesama
A. Benar, berarti anak tersebut telah dapat mengucap salam dan bersikap sopan santun
35. Di TK Dinda, anak-anak diajarkan membaca dan menulis dengan cara yang menyenangkan dan tidak membebani anak-anak. Mereka belajar membaca dan menulis tanpa mereka sadari bahwa mereka sedang belajar membaca dan menulis. Hal ini menunjukkan bahwa TK Dinda melaksanakan kegiatan sesuai prinsip pengembangan yang berorientasi pada….
35. Di TK Dinda, anak-anak diajarkan membaca dan menulis dengan cara yang menyenangkan dan tidak membebani anak-anak. Mereka belajar membaca dan menulis tanpa mereka sadari bahwa mereka sedang belajar membaca dan menulis. Hal ini menunjukkan bahwa TK Dinda melaksanakan kegiatan sesuai prinsip pengembangan yang berorientasi pada….
- A. learning by reading
- B. learning by doing
- C. belajar sambil bermain
- D. kebutuhan anak
D. Benar, pernyataan tersebut menggambarkan prinsip kegiatan pengembangan yang berorientasi pada kebutuhan anak
36. Saat memilih alat-alat pembelajaran di TK, guru harus memperhatikan bahan-bahan pembuatnya agar anak-anak terhindar dari bahaya saat menggunakannya dan anak-anak dapat bermain dengan tenang dan merasa senang. Hal itu termasuk dalam syarat sarana pembelajaran, yaitu….
36. Saat memilih alat-alat pembelajaran di TK, guru harus memperhatikan bahan-bahan pembuatnya agar anak-anak terhindar dari bahaya saat menggunakannya dan anak-anak dapat bermain dengan tenang dan merasa senang. Hal itu termasuk dalam syarat sarana pembelajaran, yaitu….
- A. bermakna
- B. aman dan nyaman
- C. murah dan mudah diperoleh
- D. estetis dan indah
B. Benar, aman dan nyaman mengandung arti bahwa alat pembelajaran harus memberikan rasa aman dan nyaman saat anak menggunakannya
37. Ibu Sinta sering mengajak anak-anak didiknya ke kebun belakang sekolah untuk belajar tentang sains dan matematika sederhana. Misalnya belajar tentang pengelompokan daun, pohon dan batu. Hal yang dilakukan Ibu Sinta termasuk dalam prinsip pengembangan sarana pembelajaran, yaitu....
37. Ibu Sinta sering mengajak anak-anak didiknya ke kebun belakang sekolah untuk belajar tentang sains dan matematika sederhana. Misalnya belajar tentang pengelompokan daun, pohon dan batu. Hal yang dilakukan Ibu Sinta termasuk dalam prinsip pengembangan sarana pembelajaran, yaitu....
- A. memanfaatkan lingkungan
- B. memanfaatkan sumber daya setempat
- C. berakar pada budaya setempat
- D. berakar pada kebutuhan lingkungan
A. Benar, Ibu Sinta melakukan prinsip memanfaatkan lingkungan dalam pengembangan sarana pembelajaran
38. Kegiatan mengumpulkan informasi dan referensi serta mengidentifikasi sumber belajar yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran dalam pengembangan silabus termasuk dalam langkah....
38. Kegiatan mengumpulkan informasi dan referensi serta mengidentifikasi sumber belajar yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran dalam pengembangan silabus termasuk dalam langkah....
- A. perencanaan
- B. pelaksanaan
- C. penilaian
- D. revisi
A. Benar, dalam pengembangan silabus, mengumpulkan informasi dan referensi dan menentukan sumber balajar termasuk dalam perencanaan
39. Materi standar dalam pengembangan silabus harus mempertimbangan tingkat kesesuaian dan keterujian materi yang akan diajarkan dan materi tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hal itu sesuai dengan kriteria penjabaran materi standar, yaitu....
39. Materi standar dalam pengembangan silabus harus mempertimbangan tingkat kesesuaian dan keterujian materi yang akan diajarkan dan materi tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hal itu sesuai dengan kriteria penjabaran materi standar, yaitu....
- A. significance
- B. utility
- C. validity
- D. learnability
C. Benar, berkaitan dengan tingkat kesesuaian dan keterujian materi dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah
40. Pengembangan kognisi anak dapat dilakukan menggunakan metode yang mampu menggerakkan kamampuan anak untuk berpikir, manarik kesimpulan dan menggeneralisasi. Hal itu menunjukkan bahwa pemilihan metode harus sesuai dengan ....
40. Pengembangan kognisi anak dapat dilakukan menggunakan metode yang mampu menggerakkan kamampuan anak untuk berpikir, manarik kesimpulan dan menggeneralisasi. Hal itu menunjukkan bahwa pemilihan metode harus sesuai dengan ....
- A. karakteristik anak
- B. karakteristik tujuan
- C. jenis kegiatan
- D. jenis penilaian
B. Benar, penjelasan tersebut tidak berkaitan dengan karakteristik tujuan, yaitu pengembangan kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni
41. Keterampilan motorik halus dapat dikembangkan di TK melalui kegiatan yang bervariasi. Beberapa alat yang dapat digunakan untuk pengembangan mototik halus adalah ....
41. Keterampilan motorik halus dapat dikembangkan di TK melalui kegiatan yang bervariasi. Beberapa alat yang dapat digunakan untuk pengembangan mototik halus adalah ....
- A. lilin/plastisin, alat Montessori, gunting dan kertas
- B. lilin/plastisin, papan titian, bola bekel dan bola besar
- C. alat Montessori, gunting, bola besar, panjatan dan perosotan
- D. papan titian, panjatan, perosotan dan ayunan
A. Benar, alat-alat tersebut dapat digunakan untuk pengembangan motorik halus
42. Silabus yang disusun oleh guru TK harus menggambarkan materi yang saling berkaitan. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan silabus, yaitu ....
42. Silabus yang disusun oleh guru TK harus menggambarkan materi yang saling berkaitan. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan silabus, yaitu ....
- A. ilmiah
- B. valid
- C. relevan
- D. sistematis
D. Benar, sistematis berarti bahwa materi tersebut saling berkaitan
43. Komponen silabus yang merupakan pengembangan potensi perkembangan anak dan direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai usianya adalah ....
43. Komponen silabus yang merupakan pengembangan potensi perkembangan anak dan direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai usianya adalah ....
- A. penilaian
- B. kompetensi dasar
- C. Indikator
- D. hasil belajar
B. Benar, kompetensi dasar merupakan pengembangan potensi perkembangan anak yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai usia anak
44. Salah satu komponen yang harus dijabarkan dalam Satuan Kegiatan Mingguan di TK adalah komponen kompetensi yang terdiri dari ....
44. Salah satu komponen yang harus dijabarkan dalam Satuan Kegiatan Mingguan di TK adalah komponen kompetensi yang terdiri dari ....
- A. kelompok usia 4 – 5 tahun dan 5 – 6 tahun
- B. jumlah minggu dan tahun pelajaran
- C. konsep yang akan disampaikan dan kegiatan yang akan disajikan
- D. kompetensi umumdan kompetensi dasar
C. Benar, konsep yang akan disampaikan dan kegiatan yang akan disajikan
45. Pada pengembangan Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dengan menggunakan bentuk, langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah ....
45. Pada pengembangan Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dengan menggunakan bentuk, langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah ....
- A. menentukan alat evaluasi yang akan digunakan
- B. memilih indikator yang akan dikembangkan
- C. memilih kegiatan yang akan dilaksanakan
- D. menentukan fokus atau tema
D. Benar, fokus atau tema ditentukan paling awal saat pengembangan SKM
46. Kegiatan pembukaan di TK biasanya dilakukan secara klasikal dan dilakukan di awal kegiatan pembelajaran sesaat setelah anak-anak masuk kelas. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya adalah ....
46. Kegiatan pembukaan di TK biasanya dilakukan secara klasikal dan dilakukan di awal kegiatan pembelajaran sesaat setelah anak-anak masuk kelas. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya adalah ....
- A. berdoa, mengucap salam, berbagi cerita tentang tema dan menyanyi bersama.
- B. bermain puzzle, berdoa, mendengarkan cerita, melipat
- C. kolase, bermain balok, berbaris dan mengucap ikrar
- D. mengucap salam, ikrar, berbaris dan ulasan
A. Benar, kegiatan tersebut dilakukan pada pembukaan
47. Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan suatu kegiatan/program maka kita harus melakukan evaluasi. Keterlaksanaan evaluasi hingga dapat diketahuinya ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan berpatokan pada....
47. Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan suatu kegiatan/program maka kita harus melakukan evaluasi. Keterlaksanaan evaluasi hingga dapat diketahuinya ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan berpatokan pada....
- A. harapan evaluator
- B. indikator keberhasilan
- C. alat evaluasi
- D. keahlian evaluator
B. Benar, ketercapaian tujuan dapat diketahui dengan evaluasi yang berpatokan pada indikator keberhasilan
48. Pengambilan keputusan evaluasi program atau kurikulum yang berpatokan pada perencanaan yang telah dibuat disebut kriteria evaluasi...
48. Pengambilan keputusan evaluasi program atau kurikulum yang berpatokan pada perencanaan yang telah dibuat disebut kriteria evaluasi...
- A. maksimal
- B. eksternal
- C. internal
- D. minimal
C. Benar, kriteria internal berpatokan pada perencanaa yang telah dibuat
49. Evaluasi yang membandingkan kinerja) dari berbagai dimensi program dengan sejumlah kriteria tertentu hingga akhirnya diketahui kekuatan dan kelemahan suatu program, disebut evaluasi model....
49. Evaluasi yang membandingkan kinerja) dari berbagai dimensi program dengan sejumlah kriteria tertentu hingga akhirnya diketahui kekuatan dan kelemahan suatu program, disebut evaluasi model....
A. kongruen
- B. Mikro
- C. makro
- D. CIPP
Benar, model CIPP (Content, Input, Process, Product) membandingkan kinerja dengan sejumlah kriteria.
50. Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur efek pembelajaran dengan membandingkan hasil yang dicapai anak didik sebelum dan sesudah pembelajaran termasuk dalam evaluasi kurikulum pada tingkat....
50. Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur efek pembelajaran dengan membandingkan hasil yang dicapai anak didik sebelum dan sesudah pembelajaran termasuk dalam evaluasi kurikulum pada tingkat....
- A. mikro
- B. makro
- C. dasar
- D. lanjut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar