Selasa, 04 September 2012

Peristiwa Alam



Peristiwa-Peristiwa Alam yang Mempengaruhi Kehidupan Sosial. Peristiwa alam dapat terjadi pada skala kecil dapat pula terjadi pada skala yang besar. Pernahkah kalian mendengar bencana tsunami yang terjadi Aceh pada tahun 2004. Berbagai peristiwa alam yang mempengaruhi kehidupan sosial manusia antara lain sebagai berikut:

1. Gempa Bumi
Gempa bumi merupakan gerakan atau goncangan bumi karena tekanan-tekanan dari dalam bumi.   Gempa bumi ada yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi atau karena aktivitas gunung berapi. Ada pula karena tanah runtuh dan bendabenda langit yang jatuh. Skala yang sering digunakan adalah skala Richter.  

Skala Rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa. Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, meskipun tidak ada batasan besarnya. Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011), dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. 

Daftar Gempa Besar di Indonesia
2. Gunung Meletus
Di dalam perut bumi terdapat cairan panas yang disebut magma. Bila tekanan cairan ini naik terus akan membuat cairan ini naik ke atas dan keluar melalui kawah gunung. Gunung yang meletus dapat menyebabkan berbagai kerusakan baik kerusakan jalan, rumah sawah, ataupun hutan. Namun setelah beberapa tahun kemudian tanah yang terkena letusan gunung menjadi subur.  

Daftar Latusan Gunung di Indonesia
3. Banjir atau Air Bah
Banjir biasanya terjadi pada musim penghujan. Kamu tentu pernah melihat di televisi, bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Jakarta termasuk kota yang tiap tahun terjadi banjir. Pada dasarnya banjir disebabkan oleh:
  • Hujan yang sangat deras
  • Kerusakan bendungan dan gempa bumi
  • Tersumbatnya saluran air dan sungai karena timbunan sampah
  • Gunung yang gundul sehingga tidak ada akar tanaman yang menahan arus air saat hujan
Banjir sering terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Kebisaan membuang sampah ke sungai atau saluran air dan menebang hutan sembarangan dapat menyebabkan banjir. Hutan yang gundul, saat hujan juga dapat menyebabkan tanah longsor. Banjir dapat membawa akibat buruk, yakni:
  • aKerusakan lahan pertanian
  • Kerusakan bangunan
  • Korban kematian dan luka
  • Muncul berbagai penyakit menular
4. Angin Topan
Angin yang sangat kencang disebut angin topan. Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan udara yang cukup besar. Angin topan disebut juga angin puting beliung, angin ribut, atau angin puyuh. Di Jawa disebut lesus. Angin topan yang sangat dasyat disebut Tornado. Kerusakan akibat angin topan antara lain kerusakan rumah dan tanaman. Rumah-rumah bahkan bisa roboh. Pohon-pohon pun bisa tumbang.

Terjadinya bencana alam atau kerusakan alam bisa disebabkan oleh kondisi yang ada di alam seperti gempa bumi tektonik. Namun kerusakan atau bencana alam bisa juga disebabkan perbuatan manusia yang merusak seperti banjir. Berikut ini merupakan perilaku manusia yang dapat merusak alam dan lingkungan:
1. Membakar atau menebang hutan secara liar
2. Mencemari udara dengan asap
3. Membuang sampah dan limbah sembarangan
4. Membuat ladang berpindah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar