Senin, 03 September 2012

Daftar Nama Teluk di Indonesia



Daftar Nama Teluk di Indonesia. Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan.Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.. Karena Indonesia memiliki puluhan ribu pulau, maka di Indonesia banyak sekali terdapat selat. Berikut ini adalah Daftar Nama Teluk di Indonesia.

Teluk Banten(Banten)
Teluk Banten adalah sebuah teluk di Provinsi Banten, dekat ujung barat laut Pulau Jawa, Indonesia. Merupakan bagian dari Laut Jawa dan luas wilayah permukaan totalnya 150 km² dan kedalaman rata-rata 7 m, yang termasuk ekosistem bawah laut seperti ladang rumput laut, terumbu karang, dan cagar alam burung internasional utama.Daerah pesisirnya, termasuk Kota Serang di dekatnya dan Pelabuhan Merak sedang mengalami industrialisasi yang cepat.

Teluk Jakarta(Jakarta)
Teluk Jakarta adalah sebuah teluk di perairan laut Jawa yang terletak di sebelah utara provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Di teluk ini, bermuara 13 sungai yang membelah kota Jakarta.Teluk Jakarta yang luasnya sekitar 514 km2 ini merupakan wilayah perairan dangkal dengan kedalaman rata-rata mencapai 15 meter. Kepulauan Seribu yang terdiri atas 108 pulau adalah gugusan kepulauan yang berada di Teluk Jakarta.

Teluk Lada(Banten)
Teluk Lada adalah teluk yang terletak di Selat Sunda, di sisi barat daya Provinsi Banten. Teluk ini adalah bagian laut yang membatasi sisi utara Ujung Kulon. Teluk Lada pernah menjadi daerah pelabuhan yang cukup ramai sebelum letusan besar Gunung Krakatau tahun 1883. Kala itu ia masih dinamakan dengan bahasa Belanda, Pfeferbai. Setelah disapu tsunami, daerah itu dinyatakan tertutup untuk pemukiman dan sisi selatannya kemudian dikembangkan menjadi cagar alam.

Teluk Penyu (Jawa Tengah)
Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan.

Berikut ini adalah daftar lengkap nama teluk di Indonesia.

Daftar Nama Teluk Berdasarkan Pulau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar