Kamis, 23 Agustus 2012

Sepuluh Danau Terdalam di Dunia



Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan menjadi Danau tektonik yaitu danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan. Danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi. Danau tektovulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme. Danau bendungan alami yaitu danau yang terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran lava saat erupsi terjadi. Danau karst yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur. Danau glasial yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yang kemudian terisi air. Danau buatan yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia. 

Banyak danau indah yang terdapat di indonesia dan dunia. Salah satunya adalah danau toba yang terletak di provinsi Sumatera utara. Untuk danau terdalam Indonesia menyumbangkan dua buah danau yaitu danau Toba dan danau Matano. Berikut ini adalah daftar nama sepuluh besar danau terdalam di dunia.

1. Danau Baikkal-Rusia (1.637m)
Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul" - "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia". Dalam bahasa Russia, dia disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berarti Danau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau "Laut suci".

2. Danau Tanganyika (1.470 m)
Danau Tanganyika adalah danau yang luas di Afrika tengah. Danau ini meliputi wilayah empat negara yaitu Burundi, Kongo, Tanzania, Zambia. Danau ini merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau nomor 2 terdalam di dunia serta menyimpan cadangan air tawar terbesar. Panjangnya membentang sekitar 673 km pada arah Utara-Selatan dan lebar rata-rata 50 km. Danau ini melingkupi area seluas 32,900 km², dengan panjang garis tepi sebesar 1,828km serta kedalaman rata-rata 570 m dengan kedalaman maksimum 1,470 m (di cekungan paling utara) menyimpan cadangan air dengan volume perkiraan sebesar 18,900 km³

3. Laut Kaspia (1.025 m)
Laut ini termasuk wilayah dari negara Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Russia, Turkmenistan. Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.

4. Danau Nyasa (706 m)
Danau Malawi yang juga disebut Danau Nyasa merupakan danau ketiga terbesar di Afrika dengan panjang 363 mil dan kedalaman mencapai 50 mil. Danau ini terletak di 2.300 kaki di bawah permukaan laut, di antara perbatasan Malawi, Mozambik, dan Tanzania, yang menyokong ratusan penduduk lokal dengan kekayaan sumber mata airnya, yang sayangnya semakin menipis akibat penangkapan ikan berlebihan. Bagian selatannya berbatasan dengan daerah yang kaya kehidupan liar. Cape Maclear, yang merupakan taman nasional air tawar pertama dan situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1984.

5. Danau Issyk Kul-Kyrgyzstan ( 668 m)
Danau Issyk Kul memiliki area seluas 6.236 kilometer persegi. Terletak di ketinggian 1.607 meter (5.272 kaki), dengan kedalaman 668 meter. Sekitar 118 sungai dan sungai mengalir ke danau ini, yang terbesar adalah Djyrgalan dan Tyup. Danau yang airnya bersumber dari banyak mata air ini saat ini tercatat tidak memiliki outlet,akan tetapi beberapa hydrologists berhipotesis bahwa di bawah tanah air danau ini terfiltrasi ke Sungai Chu.

6.  Danau Great Slave-Kanada (614 m)
Great Slave Lake (Perancis: lac des Grand Esclaves) adalah danau terbesar kedua di Northwest Territories Kanada. Danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman 614 m ini memiliki area seluas 27.200 km2. Kota di sekitar danau meliputi: Yellowknife, Fort Providence, Hay River dan Fort Resolution,  Lutselk'e, Hay River Reserve, Dettah and N'Dilo. Suku Aborigin Amerika Utara adalah pemukim pertama di sekitar danau, membangun masyarakat termasuk Dettah, yang masih ada hingga sekarang.

7. Danau Crater-Amerika Serikat (594 m)
Danau Crater atan Danau kawah Kaldera adalah sebuah danau yang terletak di Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Danau Crater terbentuk dari hasil erupsi gunung berapi Mazama di sekitar tahun 4680 SM. Danau ini adalah fitur utama dari Taman Nasional Danau Kawah (Crater Lake National Park) dan terkenal dengan warnanya biru tua dan kejernihan airnya.  

8. Danau Matano-Indonesia (600 m)
Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 meter, 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia. Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya sangat jernih.

9. Danau Toba-Indonesia (590 m)
Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

10. Danau Sarez, Tajikistan (505 meter)
Danau Sarez terletak di Rushon,Gorno-Badakhshan, Tajikistan. Danau ini panjang maksimalnya adalah 55.8 km, lebar maksimalnya 3.3 km dan luas permukaanya 79.7 km². Danau ini terbentuk pada tahun 1911, karena gempa bumi yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar