Sabtu, 18 Agustus 2012

Membuat Ling Jangkar



Link jangkar atau Link anchor berfungsi untuk menghubungkan atau membuka dokumen yang satu dengan yang lain pada bagian tertentu, baik itu dalam satu halaman yang sama maupun dengan halaman yang lain pada bagian tertentu. Anchorname sering digunakan pada daftar isi. Yaitu menghubungkan dari setiap daftar tersebut menuju data atau dokumennya masing - masing yang diletakkan pada bagian tertentu, dihalaman yang sama atau halaman yang lain. Anchorname ini juga bisa anda gunakan untuk menuju bagian dari tulisan anda yang berada dalam satu halaman. Apabila tulisan anda panjang Ling jangkar ini dapat digunakan sebagi panduan menuju bagian yang diinginkan oleh pembaca.

Untuk membuat Ling jangkar ini hanya diperlukan beberapa langkah saja :

Untuk Ling jangkar dalam satu halaman 
  • Langkah 1
<a name=Bagian-1></a>Bagian tulisan yang dituju.
Kata "Bagian-1" bisa anda ganti terserah anda, yang terpenting setiap ling jangkar tersebut memiliki nama atau ID yang berbeda. Pembuatan ling jangkar yang berbeda-beda apabila dalam satu halaman tersebut diletakan beberapa ling jangkar. Misalnya apabila dalam satu halaman terdapat 5 ling jangkar, anda bisa menamai dengan "Bagian-1", "Bagian-2", "bagian-3", "bahian-4", dan "Bagian-5". Kemudian letakkan ling jangkar tersebut tepat sebelum tulisan atau bagian yang akan di tuju. 

Contoh : <name=bagian-1></a>Link jangkar atau Link anchor berfungsi untuk menghubungkan atau membuka dokumen yang satu dengan yang lain pada bagian tertentu........dan seterusnya.
  • Langkah 2
<a href="url tulisan anda#Bagian-1">Ling jangkar</a>
Contoh :
<a href=" http://mastugino.blogspot.com/2012/08/membuat-anchorname.html#Bagian-1">Ling jangkar</a>
Catatan : jangan lupa beri tanda # sebelum ling jangkar. Dari contoh di atas hasilnya akan seperti di bawah ini :

Silahkan tempatkan kode tersebut dimana saja sesuai keinginan anda.

Untuk ling jangkar pada halaman lain 
<a name="mengunduhfilejavascript"></a>
Catatan :
url http://mastugino.blogspot.com/2012/08/mengunduh-file-javascript.html adalah alamat dokumen yang dituju. #mengunduhfilejavascript  adalah ling jangkar (jangan lupa tambahkan tanda "#") Anda bisa tambahkan kode target="_blank" agar terbuka dijendela atau halaman baru.  

Contoh : 
<a href=" http://mastugino.blogspot.com/2012/08/mengunduh-file-javascript.html" target=”_blank”# Mengunduhfilejavascript ">Mengunduhfilejavascript</a>
Hasilnya akan seperti ini (silahkan dicoba/diklik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar