Jumat, 17 Agustus 2012

Mengunduh File Javascript



Mengunduh file javascript. Banyak sekali tutorial blog yang menggunakan javascript. File javascript ini kadang anda yang langsung dipasang di blog, adapula yang disimpan terpisah (eksternal file). File javascript yang terpasang di blog biasanya dipasang diantara tag <head>....</head>. Terkadang kita menginginkan menjalankan JavaScript yang sama dalam beberapa kali pada halaman yang berbeda, tetapi tidak mau disibukkan jika harus menulis ulang script yang diinginkan di setiap halaman. Maka JavaScript dapat ditulis di file secara eksternal. Jadi, antara dokumen HTML dan JavaScript dipisahkan, kemudian berkas tersebut dipanggil dari dokument HTML. Berkas JavaScript tersebut disimpan dengan ekstensi .js. Biasanya file javasript ini disimpan di host file javascript, misalnya code.google.com, ada pula yang disimpan langsung di halaman web.

Sebelum mengunduh file tersebut perlu diperhatikan tentang hak cipta dari file tersebut. Apabila file tersebut memang bebas untuk digunakan tanpa ada ketentuan tentang hak cipta anda bisa mengunduhnya dan bahkan mengeditnya. Sebab ada beberapa file javascript yang memiliki hak cipta sehingga kita hanya boleh menggunakannya tanpa boleh melakukan pengeditan/perubahan pada file tersebut. Tentunya hak cipta harus kita hargai.

Untuk dapat mengunduh file javascript tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara, antara lain sebagai berikut :
  • Untuk file yang disimpan di host file caranya adalah copy url file javascript tersebut, pastekan pada tab pencarian browser anda lalu klik search/tekan enter, maka file javascript tersebut langsung terunduh.
  • Untuk file javascript yang disimpan di halaman web langkahnya hampir sama dengan cara di atas. Copy url file javascript tersebut lalu paste di tab pencarian browser anda. Klik search/tekan enter. Setelah anda masuk ke halaman web dimana file javascript tersebut di simpan, klik kanan mouse anda dan pilih "save as" . Muncul jendela pop-up untuk memberi nama file, silahkan beri nama file tersebut. Klik save/simpan.
Supaya file javascript tersebut bisa kita simpan di host sendiri, Sebaiknya unduh terlebih dahulu file tersebut. Apabila diperlukan perubahan silahkan lakukan perubahan. File javascript ini bisa diedit menggunakan beberapa aplikasi diantarannya adalah sebagai berikut : Macromedia Dreamweaver, xml editor, wordpad. Setelah dilakukan pengeditan selanjutnya adalah mengunggah file javascript ke code.google.com. Setelah file javascript tersebut terunggah ke host kita sendiri, berarti file javascript anda aman. Bayangkan jika script tersebut tidak kita unduh dan simpan di host sendiri. Jika sumber file javascript dihapus oleh yang punya, maka aplikasi kita yang menggunakan file javascript tersebut juga ikut bermasalah/tidak bisa berjalan dengan baik.

4 komentar: