Kamis, 24 Oktober 2013

Formulir Sarana & Prasarana

Pengisian Formulir Sarana & Prasarana. Proses penginputan data Peserta didik dan Formulir PTK Selesai, selanjutnya adalah pengisian formulir Sarana dan Prasarana (Sarpras). Perbedaan yang terlihat pada menu sarana & prasarana pertama dari letak menu dimana pada aplikasi versi 13.01 tersembunyi di menu rincian sekolah, sedangkan pada aplikasi ini letaknya berada di tampilan awal aplikasi bersamaan dengan tabulasi beranda, sekolah, peserta didik, ptk, dan rombongan belajar. Form sarana & prasarana ini kini menjadi satu, dimana sarana menjadi isi dari prasarana dengan tampilan sebagai berikut:
Untuk melakukan penambahan dan perubahan data Anda dapat menggunakan toolbar yang telah disediakan di  menu Sarpras. Berikut adalah tombol-tombol utama yang ada di Menu Sarpras dan fungsi masing-masing tombolnya:
1. Tambah
Untuk menambah grid pada pengisian Sarpras baru.
2. Ubah
Untuk membuka jendela rincian data Sarpras.
3. Simpan
Untuk menyimpan perubahan data Sarpras.
4. Hapus
Ketika prasarana yang sudah mempunyai data sarana, maka otomatis tombol nonaktif. Apabila data sarana tidak ada, barulah data prasarana dapat dihapus atau tombol aktif.
5. Input Kondisi
Untuk menginput kondisi prasarana berdasarkan tingkat kerusakan. Contoh form penginputan kondisi adalah sebagai berikut:
Kondisi sarana & prasaran diisi dengan prosentase kerusakan pada sarana & prasarana.

Input Data
Pengisian sarana & prasarana di aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan pengisian di aplikasi sebelumnya. Yang berbeda hanya pada saat operator ingin mengisi sarana, harus dipilih dahulu prasananya. Contoh pengisiannya adalah sebagai berikut:
Untuk melakukan input data sarana, hal pertama yang harus dilakukan adalah klik [Tambah] lalu isi data prasarananya, kemudian jika sudah selesai menginputkan data prasarana, klik [Simpan]. Untuk pengisian sarana didalamnya, pertama klik prasarananya dahulu, lalu klik [Tambah] pada tabel sarana, setelah pengisian jenis sarana diisi, klik tombol [Lengapi data Periodik] hingga muncul form sebagai berikut:
Isi jumlah dan status kelaikan sarana sesuai dengan yang ada di kelas/prasarana tersebut. Jika sudah selesai menginput data, klik [Save] atau [Save and Close].

Ubah Data
Perubahan data pada sarana dan prasarana hamper sama caranya dengan penginputan sarpras. Untuk mengubah data, klik kolom record mana yang akan diubah datanya, kemudian klik [Ubah]. 

Hapus Data
Ketika prasarana yang sudah mempunyai data sarana, maka otomatis tombol nonaktif. Apabila data sarana tidak ada, barulah data prasarana dapat dihapus atau tombol aktif.

Simpan Data
Untuk menyimpan data, klik [Simpan] pada prasarana dan sarana.

Tambah Sarana
Untuk menambah data, klik [Tambah] pada prasarana dan sarana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar