Kamis, 24 Oktober 2013

Formulir Rombongan Belajar

Pengisian Formulir Rombongan Belajar. Setelah proses penginputan data Peserta didik , Formulir PTK , dan Formulir Sarpras selesai, selanjutnya adalah pengisian formulir Rombongan Belajar (Rombel). Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar dalam pengisian rombel tidak mengalami error. Halaman rombongan belajar menunjukkan data rombongan belajar. Yang terdiri dari tingkat pendidikan, nama rombel, letak rombel (prasarana), wali kelas, kurikulum, moving class, dan rombongan belajar kebutuhan khusus. Menu-menu tersebut dikemas di aplikasi dengan tampilan sebagai berikut:
Untuk melakukan penambahan dan perubahan data Anda dapat menggunakan toolbar yang telah disediakan di menu rombongan belajar. Berikut adalah tombol-tombol utama yang ada di Menu rombongan belajar dan fungsi masing-masing tombolnya:
1. Tambah
Untuk menambah grid pada pengisian rombel baru.
2. Ubah
Untuk membuka jendela rincian data rombel.
3. Simpan
Untuk menyimpan perubahan data rombel.
4. Hapus
Menghapus data rombel secara permanen.
5. Kenaikan Kelas
Bagi operator yang sebelumnya sudah mengentrikan data rombel beserta isinya di semester
sebelumnya, dapat langsung menaikkan kelas secara otomatis tanpa menginput/ memapping ulang data rombongan belajarnya. Contoh form kenaikan kelas adalah sebagai berikut:
Contohnya, jika operator sekolah sudah mengentrikan data rombel “kelas 5” di semester 2 T.A 2012/2013, dan di semester 1 T.A 2013/2014 tidak ada perubahan di dalamnya (semua Peserta Didik naik ke kelas 6, dan PTK mengajarnya tetap), cukup klik tombol [Kenaikan Kelas], lalu pilih nama “kelas 5” dan klik tombol [Save and Close].
  • Anggota Rombel. Untuk mengisi data peserta didik yang terdaftar di salah satu rombel.
  • Pembelajaran. Untuk mengisi data PTK yang mengajar di salah satu rombel.
Tambah rombongan belajar
Untuk menambah data rombongan belajar, pertama klik [Tambah], kemudian akan muncul 1 baris data rombongan belajar yang masih kosong. Isi data tersebut kemudian pilih [Simpan].

Drag & Drop registrasi Peserta Didik
Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, untuk mengisi peserta didik yang terdaftar di rombel, siswa harus diisi dengan cara ‘drag and drop’. Drag and drop adalah menarik data dari tabel peserta didik ke dalam peserta didik terdaftar di dalam rombel. Untuk dapat mengisi data peserta didik kedalam rombel, pertama klik [Anggota Rombel] pada toolbar di halaman Rombongan Belajar. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut:
Pilih salah satu jenis pendaftaran, misal naik kelas pilih siswa yang akan dimasukan ke rombel kemudian tahan kemudian tarik ke bagian kosong di sebelah kiri hingga muncul jumlah data yang ditarik (drag and drop). Setelah terlihat tanda ceklis berwarna hijau lalu lepas sehingga data akan masuk ke dalam keanggotaan rombongan belajar.

Tambah Pembelajaran
Menu pembelajaran ini adalah untuk memetakan PTK kedalam rombel. Didalamnya ada beberapa kolom yang perlu diisi yaitu Mata Pelajaran, Jam, PTK, SK Mengajar, dan Tanggal SK. Untuk menambah pembelajaran, pertama klik [Tambah] sampai muncul form alokasi mapel yang akan ditambahkan sebagai berikut :
Setelah selesai mengisi semua data didalam form pembelajaran, klik [Simpan].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar