Rabu, 08 Januari 2014

Peran Serta dalam Upaya Pembelaan Negara.

Peran Serta dalam Upaya Pembelaan Negara.. Partisipasi atau peran serta adalah sikap dari setiap warga negara untuk turut berperan serta dalam upaya pembelaan negara. Dalam pasal 30 ayat (1) UUD 1945 disebutkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Jadi, setiap warga negara dituntut berperan secara aktif dalam suatu kegiatan bela negara.

Upaya pertahanan dan keamanan negara mencakup pembentukan dan penggunaan sumber
daya buatan dan prasarana fisik dan psikis bangsa dan negara. Dalam usaha pembelaan negara secara fisik, rakyat dapat dilibatkan dalam penanganan ancaman yang ada. Rakyat disiapkan dan dilatih sehingga menjadi rakyat terlatih.

Rakyat terlatih mempunyai empat fungsi yaitu; ketertiban umum, perlindungan masyarakat, keamanan rakyat dan perlawanan rakyat. Ketertiban umum, perlindungan masyarakat dan keamanan rakyat merupakan fungsi negara yang pelaksanaannya pada saat negara dalam keadaan damai atau sedang menghadapi suatu bencana alam. Sedangkan fungsi perlawanan rakyat dilaksanakan negara dalam keadaan darurat perang. Di saat genting negara dalam ancaman, rakyat terlatih sebagai unsur bantuan ikut terlibat membantu TNI di medan perang.

Disamping terdapat ancaman bersifat fisik ada juga ancaman yang bersifat non fisik. Ancaman yang bersifat non militer setiap waktu selalu dihadapi oleh negara. Bela negara non militer (nonfisik) dapat dilakukan oleh setiap warga negara dalam berbagai bentuk, dalam berbagai situasi. Misalnya dengan meningkatkan kesadaran diri akan makna berbangsa dan bernegara, termasuk menghayati arti demokrasi, mewujudkan rasa cinta tanah air melalui pengabdian secara tulus ikhlas pada masyarakat

Perwujudan upaya pembelaan negara
Sebagai warga negara yang cinta tanah air, kita harus ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan yang dimulai dari lingkungan sekitar. Pertahanan dan keamanan negara mencakup segenap aspek kehidupan. Pertahanan dan keamanan tidak dilaksanakan dengan mempersenjatai seluruh rakyat, akan tetapi mengikut sertakan seluruh unsur kekuatan yang ada dalam masyarakat Indonesia didasarkan pada profesi masing-masing. Upaya bela negara dilakukan tanpa pamrih.

Seperti upaya bela negera yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan yang dalam berjuang tidak mengharapkan suatu imbalan. Mereka berjuang tanpa pamrih. Sikap yang demikian adalah sikap seorang patriot sejati. Seorang yang memiliki jiwa patriotisme, memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
a. Cinta tanah air,
b. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara,
c. Menempatkan persatuan dan kesatuan,
d. Mengutamakan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Bela negara dapat diterapkan dengan menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. Kita bersama paham bahwa keamanan dan ketertiban merupakan dambaan setiap anggota masyarakat. Kondisi yang aman dapat terwujud tidak hanya sebagai tanggung jawab TNI dan POLRI, akan tetapi menjadi tanggung jawab segenap warga negara Indonesia.

Dengan ikut serta dalam menjaga kemanan dan ketertiban dan ketentraman dalam masyarakat berarti telah ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Keikutsertaan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dalam lingkungan setempat akan dapat menciptakan adanya:
a. Keamanan dan ketertiban lingkungan
b. Ketenangan dan ketentraman hidup
c. Suasana kehidupan menjadi teratur
d. Kehidupan masyarakat menjadi sejuk
e. Tidaknya suatu kerusuhan dan kekacauan.

Keikutsertaan setiap warga negara dalam upaya pertahanan dan keamanan dalam kehidupan sehari-hari dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan negara.

a. Di lingkungan keluarga
Upaya pertahanan dan keamanan dalam lingkungan keluarga dapat diwujudkan dengan menampilkan sikap-sikap sebagai berikut:
1) Setiap anggota keluarga menjalankan tugasnya dengan tertib
2) Setiap anggota keluarga berusaha menjaga nama baik keluarga
3) Setiap anggota keluarga menjaga kerukunan hidup

b. Di lingkungan sekolah
Upaya pertahanan dan keamanan dalam lingkungan sekolah dapat diwujudkan melalui
berbagai sikap sebagai berikut:
1) Menaati tata tertib sekolah
2) Hidup rukun sesama warga sekolah
3) Menjalin kerjasama antarsiswa tanpa pandang bulu
4) Menyelesaikan tugas dengan baik.

c. Di lingkungan masyarakat
Upaya pertahanan dan keaman di lingkungan masyarakat dapat diwujudkan melalui berbagai sikap sebagai berikut;
1) Ikut bergotong royong dalam masyarakat
2) Ikut menjaga keamanan lingkungan
3) Tidak membuang sampah sembarang tempat
4) Menjalin hubungan yang baik sesama anggota masyarakat
5) Tidak membuat keonaran di masyarakat

d. Di lingkungan kenegaraan
Upaya pertahanan dan keamanan di lingkungan kenegaraan dapat ditampilkan melalui berbagai sikap berikut ini;
1) Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara
2) Mempertahankan dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945
3) Rela berkorban untuk bangsa dan negara
4) Menjaga kelestarian tanah air Indonesia
5) Mempetaruhkan diri untuk kejayaan bangsa dan negara
6) Mencegah adanya terorisme
7) Mencegah sikap radikalisme
8) Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku
9) Tidak main hakim sendiri
10) Membela negara sampai titik penghabisan

1 komentar: