Jumat, 03 Januari 2014

Keterampilan Menulis

PGSD4303 - Keterampilan Menulis. Mata kuliah ini membahas konsep menulis dan
kaitannya dengan penalaran, kalimat efektif, serta perencanaan dan pengembangan berbagai ragam karangan. Menurut Proett dan Gill (1986), pembelajaran menulis melalui empat pendekatan, yaitu : Pendekatan Frekuensi, menyatakan bahwa banyaknya  latihan mengarang, sekalipun tidak dikoreksi (seperti buku harian atau surat), akan membantu meningkatkan keterampilan menulis seseorang.  Pendekatan Gramatikal, berpendapat bahwa pengetahuan orang mengenai struktur bahasa akan mempercepat kemahiran orang dalam menulis.  Pendekatan Koreksi, berkata bahwa seseorang menjadi penulis karena dia menerima banyak koreksi atau masukan yang diperoleh atas tulisannya.  Pendekatan Formal, mengungkapkan bahwa keterampilan menulis akan diperoleh bila pengetahuan bahasa, pengalineaan, pewacanaan, serta konvensi atau aturan penulisan dikuasai dengan baik.

Contoh Soal 1 :
1. Sebagai salah satu peserta pelatihan penulisan karya ilmiah di kota kabupaten, oleh penyaji materi Pak Narto diberi pengetahuan tentang bagaimana teori menulis. Dalam pelatihan tersebut, para penyaji memberikan bekal tentang penggunaan kaidah bahasa Indonesia baku, pengalineaan yang baik, konvensi penulisan, dan pemahaman tentang kalimat efektif, serta teknik menggayakan kalimat. Dalam pendekatan penulisan, apa yang ditugaskan oleh penyaji sebenarnya sesuai dengan pendekatan menulis.
Pertanyaan
Dalam pendekatan menulis, pendekatan apa yang digunakan para penyaji ketika memberikan pelatihan kepada Pak Narto? Jelaskan dan kaitkan dengan salah satu tahap penulisan, yakni menulis sebagai proses.
Jawaban :
Pendekatan yang disampaikan oleh penyaji adalah pendekatan gramatikal. Dalam pendekatan gramatikal pengetahuan seseorang mengenai struktur bahasa akan mempercepat kemampuan seseorang dalam menulis. Sebagai proses menulis merupakan serangkaian aktifitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, seperti fase prapenulisan, penulisan, dan pasca penulisan. Seseorang perlu memiliki keterampilan mekanik seperti penggunaan ejaan, pemilihann kata, pengkalimatan, pengalineaan, dan pewacanaan dalam mengarang. Namuan, kemampuan mekanik saja tidak cukup, karangan harus mengandung ide, gagasan, perasaan, atau informasi yang akan diungkapkan penulis kepada orang lain.

2. Perhatikan skenario soal berikut ini!
Berikut ini ditampilkan penggalan paragraf yang tidak runtut dan jika diurutkan kembali akan menjadi padu dan komprehensif. Setiap kalimat dalam paragraf tersebut juga mengandung satu kesalahan ejaan/tanda baca/kalimat tidak efektif. Untuk lebih jelasnya simak paragraf berikut.
  • 1. Jalan beraspal berakhir digerbang desa. Berbeda dari Segenter, desa ini sangat ramai oleh turis.
  • 2. Saya menanjak “pinggang” gunung rinjani hingga mendarat di Sendaru.
  • 3. Hal ini mungkin karena Sendaru adalah merupakan pijakan untuk menggelar pendakian ke Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani, salah satu gunung dengan panorama indah di nusantara.
  • 4. Pemandangannya cukup atraktif, sementara airnya seolah menembus banyak daun-daun dan batang pohon.
  • 5. Selanjutnya, perjalanan selama 20 menit membawa saya ke Sendang Gile, air terjun paling kondang di pulau lombok. (Dimodifikasi dari “Surga Bernama Lombok” dalam Garuda: The Magazine of Garuda Indonesia, Februari 2011, hlm. 105)

Pertanyaan
a. Urutkan paragraf dalam soal hingga menjadi paragraf yang padu dan komprehensif. Ketika mengurutkan Anda cukup menuliskan nomor saja dan tidak perlu menyalin kembali seluruh kalimat yang ada ! 3-5-4-2-1
b. Dalam setiap kalimat, terdapat 1 kesalahan yang disebabkan kesalahan penggunaan kalimat efektif atau karena kesalahan ejaan/tanda baca/kata penghubung, silakan Anda temukan bagian yang salah dan tulis pula pembetulannya!
digerbang = di gerbang, gunung rinjani = gunung Rinjani, Sendaru adalah merupakan = Sendaru merupakan,  atraktif, sementara airnya = aktraktif dan airnya, pulau lombok = pulau Lombok.

3. Perhatikan ilustrasi soal berikut ini!
Anda diumpamakan menjadi seorang guru di SD Negeri Kalirandu 17, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah dan bertindak sebagai Ketua Pantia “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Suatu ketika Anda diminta Kepala Sekolah membuat draft surat undangan untuk salah seorang guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang, Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum. Guru tersebut diminta menjadi narasumber dalam acara “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah” tersebut bagi para guru SD Kalirandu 17. Skenario tentang waktu dan tempat pelaksanaan acara silakan Anda tentukan sendiri, tetapi dalam undangan tersebut harus mencantumkan kalimat yang menyatakan kontak person yang dapat dihubungi untuk komunikasi selanjutnya. Surat yang Anda susun juga “seakan-akan” melampirkan rancangan jadwal acara pelaksanaan pelatihan tersebut. Selain itu, Kepala SMAN 5 Pemalang, tempat di mana Drs. Teguh Nugroho, M.Hum., juga harus diberi tahu. Penandatangan surat hanya oleh Kepala Sekolah, yakni Mustarida, S.Pd., NIP 19610312 199103 2 001.


Pertanyaan
Buatlah draft surat undangan tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat undangan yang benar. Seluruh isi surat, nama, identitas, dan lain-lain harus mengacu pada ilustrasi soal.
Jawaban :
Nomor      : 09/U/B/2009                                                                         6 Juni 2009
Lampiran : Satu berkas
Hal            : Permohonan menjadi Narasumber

Yth. Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum.
Guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang
di tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, kami akan menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi guru di SDN Kalirandu 17. Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami mengharap kesediaan Bapak untuk menjadi narasumber dalam kegiatan yang akan diselenggarakan pada:

hari, tanggal     : Sabtu, 25 Juli 2009
waktu                : Pukul 08.30 s.d. selesai
tempat              : Gedung Aula SDN Kalirandu 17
kontak person : Agung Laksono, S. Pd. SD. Hp. 085742365441

Ketentuan tentang teknis pelaksanaan dan jadwal pelaksanaan kegiatan kami sertakan dalam lampiran.

Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.






Kepala Sekolah

Mustarida, S. Pd.
NIP. 19610312 199103 2 001
Tembusan :
1. Ka. UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Petarukan
2. Kepala Sekolah SMAN 5 Pemalang

4. Perhatikan perintah soal berikut ini!
Buatlah wacana sederhana (sekitar 300 kata) dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Topik/tema yang harus Anda kembangkan adalah Bumi Insani: Hunian Ekslusif di Tempat Strategis, atau Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati, atau Memilih Kendaraan Bermotor yang Irit dan Bertenaga (pilih salah satu).
2) Judul tulisan Anda bebas tetapi harus merujuk pada topik/tema yang dipilih.
3) Tulisan yang Anda kembangkan harus runtut, padu, komprehensif, dan berjenis persuasif.
4) Anda pun harus memerhatikan kaidah penggunaan ejaan yang disempurnakan serta penggunaan tanda baca.
Jawaban :
Asuransi Pendidikan
Asuransi Pendidikan merupakan Program Dana Pendidikan yang akan menjamin terpenuhinya kebutuhan pendidikan bagi buah hati kita. Tidak bisa kita pungkiri bahwa biaya pendidikan terus meningkat, terlebih kondisi perekonomian yang semakin tidak menentu.

Salah satu biaya hidup yang paling mahal adalah biaya pendidikan. Menurut beberapa pengamat, biaya pendidikan beberapa tahun mendatang angkanya cukup fantastis atau sangat mahal.

Oleh karena itu, apakah Anda dapat menjamin kondisi keuangan akan tetap stabil sampai beberapa puluh tahun mendatang? Disinilah pentingnya peran asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan akan memberi jaminan tersedianya pendidikan yang baik untuk buah hati Anda. Jadi, Orang-tua yang bijaksana tentu sudah mempersiapkan perencanaan keuangan untuk anak-anak sejak mereka lahir, salah satunya adalah merencanakann program dana pendidikan untuk anak.

Sebagai orangtua, Anda juga wajib selektif dalam memilih perusahaan asuransi. Untuk menilai apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki program atau polis-polis terbaik, Anda bisa mengecek kredibilitas perusahaan asuransi tersebut, atau mencari informasi tentang jumlah aset yang mereka miliki, reasuransi terbaik, pertumbuhan investasi, underwriting tertinggi dan sebagainya.

Perlu anda sadari bahwa selain Anda berasuransi, Anda juga telah melakukan investasi. Jelas bahwa premi asuransi berguna apabila pada suatu saat anda tidak mampu lagi untuk membayar investasi hipotek. Hal ini dapat saja terjadi apabila anda tidak mampu lagi bekerja atau meninggal dunia.

Jika Anda masih bingung mengenai polis asuransi pendidikan, pastikan Anda bertanya secara detail kepada agent asuransi tentang pasal-pasal atau jaminan pendidikan apa saja yang akan buah hati Anda dapatkan. Pastikan program dana pendidikan buah hati Anda terjamin dengan asuransi pendidikan.

Contoh Soal 2 :
1. Ketika menerima hasil karangan yang diperiksa tutor, Pak Harjito (Pak Har) terkejut. Ternyata apa yang dituliskannya banyak yang keliru, baik ejaan, paragraf, maupun tata kalimatnya. Hampir tiap kalimatnya juga terdapat tanda koreksi dari sang tutor. Pak Har memang beranggapan bahwa menulis itu seperti yang biasa ia lakukan, saat ada ide, Pak Har pun menulis dan tidak berpikiran mengoreksi kembali tulisannya.
Pertanyaan: Benarkah anggapan Pak Har tersebut? Kaitkan jawaban Saudara dengan pemikiran bahwa menulis merupakan sebuah proses.
Jawaban:
Anggapan Pak Har tentang kegiatan menulis tidak benar. Pak Har menganggap bahwa menulis itu harus sekali jadi. Padahal, dalam menulis ada tiga tahapan yang harus dilalui, yakni prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan, dan ini merupakan konsep menulis sebagai proses.

Dalam tahap prapenulisan, Pak Har mestinya membuat kerangka tulisan, menganalisis siapa audience yang akan membaca, dan untuk acara apa tulisannya akan digunakan. Dengan menyusun kerangka dan menganalisis sasaran pembaca, Pak Har telah melalui tahapan yang benar sehingga ia tinggal mengembangkan apa yang telah dipersiapkan dalam prapenulisan.
Dalam tahap penulisan, Pak Har mengembangkan kata demi kata, kalimat demi kalimat, dengan berpedoman pada kerangka dan pokok-pokok pikiran yang telah dipersiapkan.

Dalam tahap pascapenulisan, Pak Har perlu memeriksa ulang tulisan yang telah dibuatnya. Kesalahan-kesalahan ejaan, huruf besar, dan tanda baca, sangat mungkin terjadi. Bahkan, kesalahan isi materi, juga dimungkinkan terjadi, misalnya salah menyebut UU atau PP. Dengan melewati tiga tahap ini, Pak Har telah melalui prosedur yang benar untuk menghasilkan sebuah tulisan.

2. Dalam penalaran deduktif, digunakan silogisme dan entimem sebagai alat penalarannya. Nah, atas dasar itu, Saudara jelaskan apakah perbedaan silogisme dengan entimem!
Jawaban:
Sebelum menjelaskan perbedaan antara silogisme dan entimem, perlu dijelaskan dahulu pengertian silogisme dan entimem.
Silogisme merupakan suatu proses penalaran yang menghubungkan dua proposisi (pernyataan) yang berlainan untuk menurunkan sebuah kesimpulan yang merupakan proposisi ketiga yang berupa kesimpulan.
Contoh
Premis mayor : Semua dosen memiliki kecerdasan intelektual
Premis minor : Rofiyah adalah dosen
Kesimpulan : Jadi, Rofiyah adalah dosen
Entimem merupakan bentuk silogisme yang tidak lengkap karena bagian yang telah dipahami dihilangkan.
Contoh
Premis mayor : Semua pilot adalah manusia-manusia terpilih
Premis minor : Suryo adalah pilot
Kesimpulan : Jadi, Suryo adalah manusia-manusia terpilih
Ketidaklengkapan silogisme di atas terletak pada premis minor yang semestinya berbunyi “Dino adalah pilot, manusia-manusia terpilih”, tetapi karena dianggap telah dipahami, kata “manusia-manusia terpilih” tidak digunakan lagi.
Berdasarkan dua penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan keduanya terletak pada lengkap tidaknya presmis yang digunakan. Dalam silogisme, seluruh bagian yang akan diturunkan (dibuat proposisi) dihadirkan secara utuh, sedangkan dalam entimem, karena dianggap telah dimengerti, salah satu bagian premisnya dihilangkan. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa entimem merupakan silogisme yang bentuknya dipersingkat.

3. Bacalah kutipan berikut secermat mungkin!
Penelitian terhadap penyakit kulit akibat orang bekerja pada pabrik tekstil yang dikemukakan dr. Unandar Budimulia, dr. Sudirman, dan dr. Adi Juanda, menunjukkan bahwa karyawan di bagian pemutihan ada yang mengidap dermatitis yang kronis karena kontak dengan air panas dan zat kimia yang digunakan untuk memutihkan bahan. Di bagian pemintalan, ditemukan dermatitis-kontak akibat komponen tertentu dari ”minyak putih” yang dipakai sebagai minyak pelumas. Pada bagian pemutihan ini benang diolah menjadi putih. Zat pemutihnya terdiri atas air, kaporit, dan asam keras. Bahan yang diputihkan direndam dalam larutan kaporit yang panas selama beberapa waktu. Bahan itu kemudian dibilas sampai bersih dan dikeringkan. Selama bekerja, sebagian besar pekerja tidak diberi atau tidak mau menggunakan alat pelindung, misalnya sepatu dan sarung tangan. Kontak langsung dengan larutan kimia itu menimbulkan berbagai kerusakan kulit (Republika, 2005).
Pertanyaan:
a. Tentukan jenis wacana dan alasan yang memperkuat jawaban Saudara!
b. Berdasarkan posisi kalimat topiknya, termasuk jenis paragraf apakah paragraf tersebut (deduktif, induktif, atau campuran)!
c. Tentukan judul yang cocok untuk wacana tersebut!

Jawaban:
(a) Berdasarkan kutipan yang ada dalam soal nomor 3 saya berpendapat bahwa tulisan tersebut berjenis eksposisi. Dalam kutipan tersebut, penjelasan-penjelasan yang diuraikan hanya bersifat memaparkan saja, tidak ada unsur membandingkan atau memberikan data efek zat pemutih. Meskipun tertulis sebagai hasil penelitian, tetapi penelitian tersebut tidak dirinci secara detail, melainkan hanya diinformasikan sebagai bahan pengetahuan pembaca.
(b) Berdasarkan posisi kalimat topiknya, contoh kutipan termasuk paragraf deduktif, yakni paragraf yang kalimat topik terletak di awal, didahului dengan penjelasan yang khusus yakni paparan hasil penelitian terhadap para buruh pabrik yang ternyata mengidap penyakit karena efek pemutih.
(c) Judul yang tepat adalah “Efek Zat Pemutih Bagi Kesehatan”

4. Saudara ditunjuk Kepala Sekolah untuk menjadi Ketua Panitia Hari Pendidikan Nasional. Salah satu agenda acaranya adalah lomba baca puisi tingkat SD se-Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Untuk keperluan tersebut, Saudara harus menghubungi Drs. Hendra Saputra, M.Pd., dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang, untuk diminta sebagai juri. Lomba akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Juli 2009, pukul 08.30 WIB s.d. selesai, bertempat di SD tempat di mana Saudara mengajar, yakni SDN Iser 09, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Alamat. Jalan Kyai Ragil, Desa Iser, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang 52362, Telepon (0284) 345678.
Pertanyaan:
Buatlah surat undangan untuk menghubungi dewan juri tersebut dengan format yang benar. Jangan lupa tulis pula pihak-pihak yang harus Saudara beri tembusan suratnya.
Jawaban:
Surat dinas untuk menghubungi seorang dewan juri dalam rangka lomba baca puisi di tempat saya mengajar dengan format surat dinas pemerintah/organisasi.


Nomor      : 03/U/B/2009                                                                         6 Juni 2009
Lampiran : Satu berkas
Hal            : Permohonan menjadi Juri

Yth. Drs. Hendra Saputra, M.Pd.
Dosen Jurusan Bhs. dan Sastra Indonesia
FBS, Universitas Negeri Semarang
di tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka memeriahkan hari Pendidikan Nasional, kami akan menyelenggarakan Lomba Baca Puisi Tingkat SD se-Kabupaten Pemalang. Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami mengharap kesediaan Bapak untuk menjadi juri dalam lomba yang akan diselenggarakan pada:

hari, tanggal : Sabtu, 25 Juli 2009
waktu            : Pukul 08.30 s.d. selesai
tempat          : Gedung Kesenian SD Iser 01.

Ketentuan tentang teknis pelaksanaan dan formulir kesediaan Bapak menjadi dewan juru kami sertakan dalam lampiran.

Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.






Hormat kami,
Ketua Panitia


Sukirmanto, S. Pd.
NIP. 132222555
Tembusan
1. Ketua Jurusan Pend. Bhs. dan Sastra Indonesia, Unnes
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang
3. Ka. UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Petarukan
4. Kepala Sekolah SDN Iser 01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar