Jumat, 17 Januari 2014

Metodologi Penelitian

IDIK4007 - Metode Penelitian. Mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan ini merupakan
Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK). Pada mata kuliah ini, uraian mengenai metodologi penelitian difokuskan untuk aplikasi dunia pendidikan. Oleh karena itu, selain mengandung teori, mata kuliah ini juga dilengkapi dengan soal-soal latihan yang berfokus pada praktek penelitian dalam dunia pendidikan. Di samping itu, mahasiswa juga diberi soal-soal latihan untuk melatih diri mengembangkan kemampuan praktik dalam penyusunan proposal penelitian pendidikan. Materi mata kuliah ini disajikan dalam 6 modul berisi penjelasan topik-topik bahasan dan contoh-contoh yang relevan dengan topik yang dibahas. Selain itu, soal-soal latihan, rangkuman, dan tes formatif yang ditujukan untuk membantu mahasiswa memahami dengan lebih mendalam melalui proses berpikir dan aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan maupun menyelesaikan kasus-kasus yang diberikan.

1. Dari beberapa karakterstik berikut ini, yang sesuai dengan karakteristik penelitian ilmiah adalah ....
  • A. bahasa jelas, dan dapat diverifikasi
  • B. objektif,emprik, dan dapat ditindaklanjuti
  • C. bahasa jelas, akurat, dan dapat ditindaklanjuti
  • D. emprik, subjektif,dan dapat diverifikasi
Karakteristik penelitian ilmiah adalah objektif, menggunakan bahasa yang jelas, dapat diverifikasi, dan empirik.
2. Pada tingkat generalisasi, penelitian dasar bersifat ....
  • A. umum dan berkaitan dengan ilmu yang diteliti
  • B. abstrak dan berkaitan dengan sains
  • C. konkret dan bersifat spesifik
  • D. spesifik dan melekat pada praktek di lokasi tertentu
Penelitian dasar bersifat abstrak dan berkaitan dengan sains.
3. Urutan yang ideal dalam melakukan perumusan masalah adalah....
  • A. mencari latar belakang masalah – identifikasi masalah – merumuskan masalah
  • B. mencari pustaka terkait – merekapitulasi kumpulan masalah – merumuskan masalah
  • C. identifikasi masalah – memfokuskan masalah – merumuskan masalah
  • D. mencari masalah – menjelaskan masalah – merumuskan masalah
identifikasi masalah – memfokuskan masalah – merumuskan masalah ini merupakan kesatuan yang harus dilakukan untuk merumuskan masalah.
4. Pada dasarnya tujuan penelitian berfungsi sebagai ....
  • A. pedoman bagi peneliti unutk menjalankan aktivitas penelitian tanpa kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja
  • B. arah petunjuk atau pengontrol yang memandu agar seluruh tahapan aktivitas penelitian yang akan dilakukan tidak menyimpang
  • C. alat kontrol bagi pemberi dana agar aktivitas penelitian dilakukan sesuai dengan jangka waktu dan dana yang telah ditetapkan
  • D. acuan bagi peneliti lain untuk melihat sampai sejauh mana aktivitas penelitian dilakukan di tempat yang telah ditentukan
Petunjuk atau kontrol diperlukan untuk memastikan aktivitas dilakukan tanpa penyimpangan.
5. Penelitian yang secara tipikal menunjukkan adanya keingintahuan yang besar dari si peneliti untuk memahami atau mengkaji lebih dalam suatu fenomena tertentu termasuk ke dalam penelitian jenis ....
  • A. eksplorasi
  • B. deskripsi
  • C. eksplanasi
  • D. intuisi
Penelitian eksplorasi bersifat eksploratif.
6. Hipotesis yang menguji penerapan metode belajar tertentu dengan capaian hasil belajar siswa merupakan salah satu contoh hipotesis yang baik dilihat dari sudut ....
  • A. ada kemungkinan hipotesis tersebut tidak benar
  • B. sifat kemustahilan dari pembuktian hipotesis tersebut
  • C. penggunaan dua variabel dalam hipotesis tersebut
  • D. rasionalitas yang dapat diukur dari hipotesis tersebut
Salah satu karakteristik hipotesis yang baik (menggunakan dua variabel atau lebih) dipenuhi hipotesis tersebut.
7. Hipotesis yang diturunkan dari teori yang sudah banyak dikenal dan mempunyai kontribusi dalam dunia ilmu pendidikan dinamakan ....
  • A. hipotesis deduktif
  • B. hipotesis induktif
  • C. hipotesis penelitian
  • D. hipotesis nol
Deduktif merupakan proses berpikir yang bermula dari hal yang bersifat umum kemudian melangkah ke yang spsesifik.
8. Pak Adi akan melakukan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn. rumusan hipotesis yang paling tepat untuk penelitian tersebut adalah ....
  • A. Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
  • B. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
  • C. motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn meningkat
  • D. meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn dapat dilakukan uji untuk melihat pengaruh metode diskusi terhadap motivasi siswa.
9. Bagian dari proposal penelitian yang berisi temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan masalah atau variabel penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya adalah ....
  • A. bab latar belakang
  • B. bab tinjauan pustaka
  • C. bab metode penelitian
  • D. bab hasil & pembahasan

Pada Bagian Tinjauan Pustaka disarikan teori dan hasil penelitian yang terkait dengan masalah yang akan diteliti.
10. Salah satu tujuan melakukan kegiatan tinjauan pustaka adalah ....
  • A. menemukan variabel penelitian yang penting
  • B. mencontoh apa yang sudah pernah dilakukan peneliti terdahulu
  • C. mendapatkan pendekatan yang steril
  • D. memastikan bahwa temuan kita sejalan dengan temuan penelitian sebelumnya
Menemukan variabel penelitian yang penting. Pada dasarnya tidak ada sesuatu yang sama sekali baru dalam ilmu pengetahuan.
11. Buku acuan yang memuat data publikasi dari buku-buku ataupun artikel riset dalam suatu topik tertentu disebut ....
  • A. general references
  • B. bibliografi
  • C. buletin
  • D. ensiklopedi

Bibliografi merupakan salah satu jenis buku acuan yang memberi petunjuk mengenai sumber informasi yang dapat dirujuk.
12. Salah satu langkah yang perlu dilakukan pada saat mencari sumber pustaka berupa media cetak adalah ....
  • A. mencari topik penelitian
  • B. mengumpulkan semua buku yang ada
  • C. menemukan kata kunci yang relevan
  • D. mencatat buku yang dibaca
Kata kunci yang tepat dapat membantu peneliti menemukan sumber pustaka yang sesuai.
13. Fasilitas dalam Internet yang memungkinkan kita untuk melakukan log in sebagai user jarak jauh untuk mengakses suatu alamat situs tertetnu disebut ....
  • A. FTP
  • B. Telnet
  • C. Browser
  • D. Command
 Melalui Telnet kita dapat mengakses alamat situs tertentu di Internet.
14. Membuat ringkasan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam ....
  • A. membuat latar belakang masalah
  • B. mengembangkan masalah
  • C. memformulasikan tujuan
  • D. menelaah sumber pustaka
Sumber pustaka begitu beragam jenis dan jumlahnya sehingga diperlukan ringkasan untuk membuatnya menjadi satu kesatuan.
15. Dua hal yang harus diperhatikan pada saat memilih sumber pustaka adalah ....
  • A. keberadaan pustaka dan jenis informasi yang diberikan
  • B. relevansi sumber pustaka dan kemutakhiran pustaka
  • C. jenis pustaka dan frekuensi perujukan pustaka
  • D. penulis pustaka dan bidang kajian pustaka
Relevansi sumber pustaka dan kemutakhiran pustaka menunjukkan kesesuaian pustaka dengan topik yang akan dibahas.
16. Tiga hal penting dalam penyusunan kerangka teori penelitian adalah ....
  • A. judul-subjudul-penjelasan untuk tiap variabel
  • B. struktur-kesatuan-ketarkaitan antara hal-hal yang dibahas
  • C. pendahuluan-latar belakang-pembahasan tiap temuan
  • D. teori-praktek-implikasi yang harus duperhatikan
Kerangka teori penelitian memberikan gambaran utuh struktur penelitian yang dilengkapi dengan hubungan antara hal-hal yang diteliti.
17. Pertimbangan berapa waktu yang tersedia untuk melakukan penelitian menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan pada saat peneliti menentukan ....
  • A. topik masalah
  • B. desain penelitian
  • C. metode penelitian
  • D. analisis penelitian
Waktu merupakan salah satu dari tiga hal yang harus diperhatikan pada saat menentukan desain penelitian di luar apa yang ingin diketahui dan bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.
18. Untuk memastikan bahwa data yang digunakan dalam penelitian valid adalah sebagai berikut, kecuali ....
  • A. data yang berasal dari sumber sekunder
  • B. data statistik yang diterbitkan oleh departemen pemerintah
  • C. data dari hasil penelitian sebelumnya
  • D. data dari sumber yang tidak jelas
Ketidakjelasan sumber data dapat menyebabkan data tidak valid.
19. Penelitian yang menggunakan desain: O X O menunjukkan bahwa desain penelitian yang digunakan ....
  • A. termasuk desain korelasional antara dua variabel
  • B. adalah desain diagramatik antar observasi dan perlakuan
  • C. mempunyai satu kelompok yang diobservasi dua kali
  • D. merupakan desain skematik antar observasi dan perlakuan
“X” mewakili satu kelompok dan “O” mewakili dua observasi yang dilakukan.
20. Desain eksperimental yang menunjukkan bahwa dalam satu penelitian terdapat dua kelompok dimana satu kelompok mendapat perlakuan dan diobservasi setelah perlakuan sementara kelompok yang satu yang juga non-ekuivalen tidak mendapat perlakuan namun diobservasi pada waktu yang sama dengan kelompok perlakuan, dapat digambarkan sebagai berikut ....
  • A. O X1 O
  • B. R X O R O
  • C. X1 O X2 O
  • D. R O X O R OXO
“R” mewakili kelompok, “X” mewakili perlakuan, dan “O” mewakili observasi
21. Ketidakcermatan dalam memilih kelompok dalam suatu penelitian dapat menyebabkan terjadinya ancaman terhadap validitas ....
  • A. histori
  • B. maturasi
  • C. instrumentasi
  • D. regresi statistikal
Ketidakcermatan dapat mengakibatkan pengaruh perlakuan tidak dapat dilihat dengan benar.(regresi statistikal)
22. Desain penelitian yang merupakan kombinasi dari dua desain ES (Eksperimental Sejati) dikenal juga sebagai ....
  • A. desain Pretest-Posttest Control Group
  • B. desain Posttset-only Control-Group
  • C. desain Kelompok Empat ala Solomom (KES)
  • D. desain Kelompok Kontrol Tes Awal dan Akhir (KKTAA)
Desain Kelompok Empat ala Solomom menggunakan empat kelompok.
23. Situasi dimana subjek penelitian tahu bahwa ia terlibat dalam eksperimen sehingga respon yang diberikan disesuaikan dengan penafsiran subjek tersebut terhadap tujuan penelitian, dikenal sebagai ....
  • A. efek histori
  • B. efek Rosenthal
  • C. efek Hawthorne
  • D. efek Novelty
Efek Hawthorne terjadi pada saat subjek terpengaruh oleh persepsi dia tentang penelitian bukan karena perlakuan yang diberikan dalam penelitian.
24. Pada situasi dimana penelitian mungkin memiliki dampak destruktif terhadap objek yang diteliti, apa yang harus dilakukan peneliti? ....
  • A. menggunakan data sekunder
  • B. tidak melanjutkan penelitian
  • C. menarik sampel dari populasi objek yang diteliti
  • D. mencari alternatif untuk mengurangi dampak
Penarikan sampel dari populasi objek yang diteliti dapat memperkecil dampak destruktif.
25. Perhatikan gambar berikut. Gambar ini menunjukkan penarikan acak dengan cara ....
  • A. sampel acak sederhana
  • B. sampel acak berlapis
  • C. sampel acak klaster
  • D. sampel acak dua tahap
Sampel yang diambil secara acak berlapis dari masing-amasing lapisan sebanding dengan ukuran lapisannya.
26. Menentukan sampel dengan bantuan potongan-potongan kertas kecil untuk mewakili sampel, dikenal sebagai teknik penarikan sampel ....
  • A. acak sederhana
  • B. acak berlapis
  • C. acak kluster
  • D. acak probabilitas
Dalam penarikan sampel acak sederhanan semua anggota populasi memiliki kesampatan yang sama untuk terpilih sebagai sampel.
27. Langkah ke dua dalam penarikan sampel acak berlapis adalah ....
  • A. tentukan ukuran sampel
  • B. identifikasi variabel yang akan diteliti
  • C. buat strata yang diperlukan
  • D. kelompokkan anggota populasi berdasarkan lapisan
Tentukan ukuran sampel adalah langkah ke dua dalam penarikan sampel acak berlapis setelah menentukan populasi yanag akan diteliti.
28. Penarikan sampel yang paling tepat untuk penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa SD kelas rendah dan kelas tinggi pada matapelajaran Matematika yang diajar melalui metode pembelajaran “X” di satu sekolah adalah….
  • A. sampel acak sederhana
  • B. sampel acak proporsional
  • C. sampel acak klaster
  • D. sampel acak dua lapis
Dengan sampel acak klaster maka kelas rendah dan kelas tinggi dapat dipilih sebagai sampel.
29. Pemilihan sampel yang dilakukan berdasarkan kebetulan dan kebutuhan dikenal sebagai ....
  • A. sampel purposif
  • B. sampel sistematis
  • C. sampel kuota
  • D. sampel aksidental
Sampel kuota dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan peneliti terhadap kategori atau sifat tertentu.
30. Prediksi yang dilakukan Gallup terhadap kandidat presiden Amerika dengan sampel yang cukup besar ternyata meleset karena ....
  • A. kesalahan instrumen
  • B. kesalahan teknik pengumpulan data
  • C. kesalahan mendefinisikan populasi
  • D. kesalahan penentuan sampel
Populasi yang ditargetkan tidak melibatkan pemilih yang tidak mencatatkan nomor teleponnya.(C)
31. Pertanyaan “Bagaimana pendapat Anda terhadap sikap guru yang melakukan demonstrasi guru?” hendaknya dihindari dalam penelitian karena ....
  • A. tidak semua guru melakukan demontrasi
  • B. tidak semua guru bersedia menjadi responden
  • C. pertanyaan ini dapat diartikan beda oleh orang yang berbeda
  • D. pertanyaan ini terkait erat dengan empati guru
Pertanyaan penelitian dapat diartikan beda oleh orang yang berbeda.
32. Di jenjang konstrak, konsep “disiplin” perlu dijabarkan ke dalam serangkaian ciri-ciri/sifaf yang diamati dan dinilai kedisiplinannya dari aspek, misalnya ....
  • A. kecepatan ybs dalam mengetik
  • B. jam pulang dan masuk kantor
  • C. rutinitas kegiatan dalam rapat
  • D. tinggi badan
Waktu datang dan pulang staf mencerminkan kedisiplinan ybs terhadap waktu.
33. Salah satu upaya untuk menjamin bahwa responden dapat mengisi atau menjawab kuesioner dengan benar adalah melalui ....
  • A. menanyakan tentang fakta
  • B. mengajukan pertanyaan tertutup
  • C. memberi petunjuk pengisian kuesioner
  • D. menggunakan format yang mudah dipahami
Petunjuk pengisian kuesioner akan menuntun responden untuk memahami kuesioner sebelum dan pada saat mengisi kuesioner.
34. Pada jenis wawancara apa tidak dibutuhkan pedoman wawancra yang detail tetapi cukup semacam rencana umum untuk menanyakan pendapat atau komentar responden tentang suatu topik? ....
  • A. wawancara terstruktur
  • B. wawancara terukur
  • C. wawancara tak terstruktur
  • D. wawancara tak terukur
Pada wawancara tak terstruktur pewawancara memiliki kebebasan untuk menggali lebih dalam jawaban responden.
35. Jika seorang peneliti ingin mencatat kelakuan-kelakuan luar biasa yang dinilai penting dari objek yang ditelitinya maka digunakan alat yang dikenal sebagai ....
  • A. anecdotal records
  • B. catatan berkala
  • C. check list
  • D. rating scale
anecdotal records berisi kejadian penting selama observasi.
36. Mirrors for Bahavior and Evaluating Classroom Instruction merupakan salah satu contoh dari ....
  • A. format check list
  • B. format rating scale
  • C. format catatan berkala
  • D. format observasi standar
MBCEI (format observasi standar) sudah dibakukan dan digunakan di banyak penelitian.
37. Validitas yang dikatakan sebagai prosedur validasi yang paling kuat adalah ....
  • A. validitas permukaan
  • B. validitas kriteria
  • C. validitas konstrak
  • D. validitas isi
Pada validtras konstrak dibutuhkan indikator yang lebih lengkap untuk menentukan tingkat validitasnya.
38. Tiga aspek penting dalam reliabilitas mencakup ....
  • A. dapat digunakan, dapat direplikasi, dapat dihitung
  • B. dapat dihitung, dapat diramalkan, dapat dibuktikan
  • C. dapat diandalkan, dapat diramalkan, menunjukkan ketepatan
  • D. dapat diandalkan, dapat direplikasi, menunjukkan ketepatan
Dapat diandalkan, dapat diramalkan, menunjukkan ketepatan yang membuat alat yang digunakan mantap.
39. Untuk mendapatkan pengukuran yang valid sekaligus reliabel, peneliti dapat melakukan ....
  • A. mendahulukan kebenaran konstrak dari variabel yang diteliti
  • B. mengembangkan alat ukur yang tepat untuk mengukur konsep yang benar
  • C. memperhatikan dengan teliti keandalan alat yang dikembangkan
  • D. menggunakan alat yang sudah pernah digunakan peneliti sebelumnya
Keduanya (reliabel dan valid) harus dimiliki oleh alat ukur.(B)
40. Untuk masalah penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada nilai matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah ....
  • A. penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran tersebut
  • B. nilai matapelajaran Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang diterapkan
  • C. penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran Sejarah siswa
  • D. perilaku siswa pada matapelajaran sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran X yang diterapkan
Masalahnya adalah pengaruh penerapan pola pembelajaran terhadap nilai matapelajaran Sejarah.(C)
41. Nilai ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI sekolah dasar diukur berdasarkan ....
  • A. skala nominal
  • B. skala ordinal
  • C.  skala interval
  • D. skala rasio
Pengukuran dengan skala ordinal dilakukan jika kita mempunyai asumsi bahwa nilai dari suatu variabel yang diukur dapat diurutkan dati yang terkecil/tereendah sampai yang terbesar/tertinggi.
42. Teknik pengolahan data yang memungkinkan peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pada sejumlah sampel dari suatu populasi, dinamakan teknik anaisis ....
  • A. statistik deskriptif
  • B. statistik inferensial
  • C. koefisien korelasi
  • D. tingkat signifikansi
Statistik inferensial yang biasa disebut analisis uji hipotesis memungkinkan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil uji yang dilakukan.
43. Berikut ini tip yang diberikan Eckhardt & Erman (1977) untuk membuat laporan penelitian yang jelas dan mudah di pahami ....
  • A. sajikan informasi dengan cara yang sistematis untuk memperlihatkan bahwa peneliti memahami masalah
  • B. gunakan istilah/ jargon abstrak untuk memperkaya mutu laporan
  • C. tuangkan dengan jelas hakekat dan hasil penelitian sesuai dengan target pembaca yang dituju
  • D. gunakan bahasa ilmiah sehingga laporan memeberikan kesan ilmiah yang kental
Eckhardt & Erman (1977) menyatakan bahwa hakikat dan hasil penelitian perlu di tuangkan dengan jelas sesuai karakteristik target pembaca.
44. Untuk masalah penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada nilai matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah:
  • A. penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran tersebut
  • B. nilai matapelajaran Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang diterapkan
  • C. penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran Sejarah siswa
  • D. perilaku siswa pada matapelajaran Sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran X yang diterapkan
Masalahnya adalah pengaruh penerapan pola pembelajaran terhadap nilai matapelajaran Sejarah.(C)
45. Bagian dalam laporan penelitian yang berisi informasi tentang prosedur rinci yang ditempuh untuk mengumpulkan data, bagaimana instrumen dikembangkan, bagaimana validasi terhadap instrumen, dan bagaimana pengadministrasiannya adalah .....
  • A. sumber data
  • B. cara pengumpulan data
  • C. teknik pengukuran variabel
  • D. teknik analisis
Bagian “Teknik Pengukuran Variabel” atau “Instrumentasi” dijelaskan variabel apa yang akan diukur dengan instrumen tertentu.
46. Pedoman yang dapat diikuti untuk menyejikan temuan penelitian yang komunikatif, antara lain ...
  • A. tampilkan hasil uji statistik yang signifikan untuk meningkatkan kepercayaan pembaca
  • B. gunakan tabel dan gambar saja untuk memudahkan pembaca memahami temuan penelitian
  • C. sajikan data (nominal) yang dapat menarik perhatian diikuti dengan prosesntase untuk memudahkan
  • D. sajikan dahulu gambaran umum populasi atau sampel penelitian baru diikuti dengan sajian hasil analisis data
Urutan sajikan dahulu gambaran umum populasi atau sampel penelitian baru diikuti dengan sajian hasil analisis data memberikan cukup persiapan kepada pembaca untuk masuk ke temuan dan analisis hasil penelitian.
47. Sebagai titik awal diadakannya penelitian, masalah perlu dideskripsikan secara ....
  • A. jelas dan menarik untuk mencuri perhatian pembaca
  • B. hati-hati dalam bentuk pertanyaan maupun pernyataan
  • C. akurat dan didukung berbagai pendapat atau bukti empirik
  • D. terang dan lugas agar mudah digunakan sebagai pedoman
Ketepatan formulasi masalah dan bukti penunjang membuat masalah dapat berdiri kokoh.(C)
48. Dalam mendeskripsikan sumber data untuk laporan penelitian, peneliti harus memperhatikan dampak dari informasi yang diberikan terhadap ...
  • A. tujuan penelitian
  • B. sumber data itu sendiri
  • C. nilai yang dianut masyarakat
  • D. reaksi pembaca terhadap laporan penelitian tersebut
Hasil penelitian selayaknya tidak merugikan sumber data yang terlibat dalam penelitian.(B)
49. Faktor sebagian besar pembaca pada saat membaca laporan hasil penilaian adalah pada ...
  • A. latar belakang
  • B. tinjauan pustaka
  • C. metode penelitian
  • D. temuan penelitian
Nilai suatu penelitian dilihat dari analisis terhadap temuan tersebut.(D)
50. “Secara umum tingkat kemandirian siswa kelas VI SD X bervariasi, mulai dari kurang sampai dengan kuat, tidak ada satupun yang mempunyai tingkat kemandirian sangat kuat”. Dalam penelitian, pernyataan tersebut merupakan ....
  • A. diskusi
  • B. kesimpulan
  • C. saran
  • D. rekomendasi
Kesimpulan merupakan salah satu temuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar