Minggu, 24 November 2013

Pendidikan Lingkungan Hidup

1. Pada tahun 1979 telah terbentuk Pusat Studi Lingkungan (PSL) di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, diantaranya sebagai pelopor program studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) di perguruan tinggi adalah…
  • A. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • B. Universitas Indonesia (UI)
  • C. IKIP Jakarta (UNJ)
  • D. Universitah Gajah Mada (UGM)
Pada tahun 1979 dibentuk dan berkembang Pusat Studi Lingkungan (PSL) di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Bersamaan dengan itu pula mulai dikembangkannya pendidikan AMDAL oleh semua PSL di bawah koordinasi Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Meneg-PPLH). Saat ini jumlah PSL yang menjadi anggota BKPSL telah berkembang menjadi 87 PSL, di samping itu berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mulai mengembangkan dan membentuk program khusus pendidikan lingkungan, misalnya di Jurusan Kehutanan IPB.(A)
2. Penetapan memorandum bersama antara DEPDIKNAS dengan kantor Menteri Negara
Lingkugan Hidup tentang pembinaan dan pengembangan PLH termasuk pada perkembangan PLH) donesia periode…
  • A. 1965-1969
  • B. 1969-1983
  • C. 1983-1993
  • D. 1993-sekarang
Periode 1993 – sekarang (periode pemantapan dan pengembangan). Salah satu hal yang menonjol dalam periode ini adalah ditetapkannya Memorandum Bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 0142/U/1996 dan No Kep: 89/MENLH/5/1996 tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup, tanggal 21 Mei 1996. (D)
3. Kegiatan pendidikan dibidang lingkungan hidup melalui sekolah-sekolah (pendidikan dasar, menengah, tinggi) merupakan definisi dalam konsep dasar PLH pada….
  • A. Pendidikan formal
  • B. Pendidikan nonformal
  • C. Pendidikan informal
  • D. Kelembagaan PLH
Pendidikan lingkungan hidup formal adalah kegiatan pendidikan di bidang
lingkungan hidup yang diselenggarakan melalui sekolah, terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi dan dilakukan secara terstruktur dan berjenjang dengan metode pendekatan kurikulum yang terintegrasi maupun kurikulum yang monolitik (tersendiri). Pendidikan lingkungan hidup nonformal adalah kegiatan pendidikan di bidang lingkungan hidup yang dilakukan di luar sekolah yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang (misalnya pelatihan AMDAL, ISO 14000, PPNS). Pendidikan lingkungan hidup informal adalah kegiatan pendidikan di bidang lingkungan hidup yang dilakukan di luar sekolah dan dilaksanakan tidak terstruktur maupun tidak berjenjang.(A)
4. Kebijakan umum konsep dasar PLH adalah menyusun materi PLH yang…
  • A. Berskala internasional
  • B. Berwawasan global
  • C. Mudah dicerna masyarakat
  • D. Berwawasan pembangunan berkelanjutan
Materi PLH perlu dipersiapkan secara matang dengan mengintegrasikan pengetahuan lingkungan yang berwawasan pembangunan berkelanjutan, dan disusun secara komprehensif, serta mudah diaplikasikan kepada seluruh sasaran (D)
5. Berikut pernyataan yang benar mengenai sumber daya alam yang terbaharui….
  • A. Barang bekas yang dapat didaur ulang
  • B. Ketersediaannya terbatas
  • C. Jumlahnya dua kali lebih banyak dari sebelum digunakan
  • D. Habis lebih cepat dibandingkan proses regenerasi alamiahnya
Sumber daya alam yang  dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat segera tergantikannya dengan materi yang sama dan jumlahnya kurang lebih sebanyak ketika sebelum digunakan.  Sumber daya alam yang tak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat habis lebih cepat dibandingkan prose regenerasi alamiahnya.(D)
6. Angin merupakan sumber daya alam yang….
  • A. Terbaharui
  • B. Tidak terbaharui
  • C. Dapat dilestarikan
  • D. Dapat diciptakan
Energi terbarukan energi yang berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi.(A)
7. Perpindahan energi dan materi dalam ekosistem adalah…
  • A. Energy dan materi perpindahannya bersifat siklus/daur
  • B. Energy dan materi perpindahanya bersifat aliran
  • C. Materi bersifat siklus/daur sedangkan ebergi bersifat aliran
  • D. Materi bersifat aliran, sedangkan energy bersifat daur
Peristiwa perpindahan energi dalam ekosistem disebut aliran energi, dan karena perpindahan energi hanya satu arah saja, maka pada energi tidak ada siklus energi. Daur materi merupakan siklus perubahan dan perpindahan materi yang terjadi dalam suatu rantai makanan.(C)
8. Dalam suatu jaring makanan manusia menduduki tingkat….
  • A. Trofik I
  • B. Trofik II
  • C. Trofik III
  • D. Trofik IV
Tiap tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut tingkat trofik. Pada tingkat trofik pertama adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof dengan kata lain sering disebut produsen. Organisme yang menduduki tingkat tropik kedua disebut konsumen  primer (konsumen I). Konsumen I biasanya diduduki oleh hewan herbivora. Organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen sekunder (Konsumen II), diduduki oleh hewan pemakan daging (carnivora) dan seterusnya. Organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen puncak. Contoh konsumer puncak adalah manusia(D)
9. Besarnya rata-rata penggunaan energi setiap harinya pada masyarakat petani yang sudah maju adalah….
  • A. 250.000 kilokalori perorang perhari
  • B. 125.000 kilokalori perorang perhari
  • C. 60.000 kilokalori perorang perhari
  • D. 20.000 kilokalori perorang perhari
Rata-rata penggunaan energi pada masyarakat petani yang sudah maju adalah 20.000 kilokalori perorang perhari (D)
10. Standar kualitas air di perairan umum golongan A (air untuk diminum tanpa pengolahan
terlebih dahulu) parameter warna adalah….
  • A. 0,015 skala TCU
  • B. 0,15 skala TCU
  • C. 15 skala TCU
  • D. 150 skala TCU
Standar kualitas air di perairan umum golongan A (air untuk minum tanpa pengolahan terlebih dahulu) parameter warna adalah 15 skala TCU.(C)
11. Dalam siklus hidrologi, awan (uap air) yang terbentuk akan menjadi jenuh dan jatuh sebagai hujan , salju, atau es. Peristiwa ini disebut sebagai….
  • A. Kondensasi
  • B. Presipitasi
  • C. Evaporasi
  • D. Transpirasi
Presipitasi adalah curahan atau jatuhnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dan laut dalam bentuk yang berbeda, yaitu curah hujan di daerah tropis dan curah hujan serta salju di daerah beriklim sedang.(B)
12. Limbah pestisida dari kegiatan pertanian dapat mencemari perairan. Bahan pencemar ini
termasuk ke dalam kelompok sumber pencemar yang…
  • A. Dapat dikenali
  • B. Tidak dapat dienali
  • C. Non-biodegradable
  • D. biodegradable
Limbah pertanian dapat mengandung polutan insektisida atau pupuk organik. Limbah pestisida merupakan contoh limbah nonbiodegradable (Non-biodegradable: yaitu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi)(C)
13. Salah satu metode pengolahan air limbah cair dengan cara menghilangkan organism
penyebab penyakit adalah…
  • A. Klorinasi
  • B. Adsorbsi
  • C. Elektrodialis
  • D. Osmosis
Klorinasi merupakan salah satu bentuk pengolahan air yang bertujuan untuk membunuh kuman dan mengoksidasi bahan-bahan kimia dalam air. Kadar sisa klor sebagai produk klorinasi dipengaruhi oleh beberapa bahan kimia yang bersifat reduktor terhadap klor yang mengakibatkan kadar sisa klor dalam air tidak cukup untuk membunuh bakteri.(A)
14. Komponen utama tanah yang terbesar adalah…
  • A. Mineral
  • B. Air
  • C. Udara
  • D. Humus
Rata-rata bahan komposisi utama yang terdapat dalam satu satuan volume tanah adalah sebagai berikut :1) mineral 45%; 2) air 25%; 3) udara 25%, dan materi organik atau humus 5% (A)
15. Lapisan tanah yang mengandung detritus, sampah-sampah daun, dan materi organic lain
dikenal sebagai horizon….
  • A. O
  • B. A
  • C. B
  • D. C
Lapisan paling atas disebut sebagai horizon organik (horizon O). Mengandung detritus, sampah-sampah daun, dan materi lainnya yang terhampar di permukaan tanah. Lapisan ini berwarna gelap karena adanya pembusukan materi organik dari sisa-sisa tumbuhan atau hewan yang telah mati, dan pembusukan ini memperkaya kandungan nutrient/zat hara tanah.(A)
16. Yang termasuk tipe daur endapan (sedimentary cycle) adalah….
  • A. Daur hydrogen
  • B. Daur karbon
  • C. Daur fosfor
  • D. Daur nitrogen
Terdapat tiga tipe dalam daur biogeokimia, yaitu daur gas (gaseous cycles), daur endapan (sedimentary cycles), dan daur air (hydrological/water cycles). Yang termasuk daur endapan adalah daur fosfor. Pada daur endapat terdapat pergerakan material dari tanah/darat ke laut dan kembali lagi.(C)
17. Dilihat dari segi kesehatan dan kemudahan akses kesehatan, maka lokasi pemukiman
hendaknya…
  • A. Bukan daerah penampung air laut
  • B. Merupakan daerah penampung air laut
  • C. Mudah mendapatkan air bersih
  • D. Merupakan daerah kebun yang baik
Dilihat dari segi kesehatan dan kemudahan:Lokasi sebaiknya jauh dari lokasi pabrik-pabrik yang dapat mendatangkan polusi misalnya debu pabrik, buangan sampah-sampah dan limbah pabrik;Lokasinya sebaiknya tidak terlalu terganggu oleh kebisingan;Lokasinya sebaiknya dipilih yang udaranya masih sehat;Lokasinya sebaiknya dipilih yang mudah untuk mendapatkan air minum, listrik, sekolah, pasar, puskesmas dan lain-lain;Lokasi sebaiknya mudah dicapai dari tempat kerja penghuninya;(C)
    18. Contoh pemanfaatan udara oleh makhluk hidup yang dilakukan secara langsung seperti…
    • A. Melakukan peenapasan pada setiap makhluk hidup
    • B. Terbang di udara naik helicopter/pesawat terbang
    • C. Menelpon teman yang tempatnya berjauhan
    • D. Memancarkan siaran TV
    Makhluk hidup membutuhkan udara (atmosfir) baik secara langsung maupun tidak langsung. Kebutuhan lansung adalah sebagai sumber keberadaan oksigen dan pembuangan karbondioksida dan uap air dalam pernapasan, serta bagian dari nisia. (A)
    19. Pesawat terbang militer maupun komersial biasanya terbang di atas permukaan bumi
    mencapai ketinggian pada jarak….
    • A. 75 km
    • B. 25 km
    • C. 15 km
    • D. 5 km
    Troposfer adalah lapisan atmosfer terendah yang tebalnya kira-kira sampai dengan 10 kilometer di atas permukaan bumi. Pada lapisan ini angin yang sangat kencang terjadi dengan pola aliran yang tertentu. Lapisan ini juga merupakan tempat terbangnya pesawat. (D)
    20. Contoh pengendalian pencemaran udara melalui pendekatan secara input yaitu…
    • A. Membebaskan asap buangan dari cerobong asap pabrik
    • B. Melakukan pengendalian pembuang pencemar udara
    • C. Menggunakan batubara yang telah dicairkan
    • D. Membuat alat tambahan pada mesin mobil untuk pembakaran mobil menjadi sempurna
    Udara mudah mengalami pencemaran apabial banyak kegiatan manusia yang menghasilkan bahan limbah yang dibuang ke udara. Pengendalian terhadap pencemaran udara lebih menekankan pada pendekatan input, antara lain dengan upaya :Menekankan pertumbuhan populasi manusia, memperkecil penghamburan dan penggunaan energi di pabrik dan mobil agar kontaminasi partikel (dalam bentuk gas) yang berbahaya ke dalam udara dapat dikurangi;Menggantikan energi minyak dengan sumber energi lain, seperti: nuklir, cahaya matahari, angin, dan panas bumi;Gunakan batubara yang telah dibuat gas atau dicairkan;Memperkecil penggunaan mobil pribadi dan mengutamakan angkutan massal dan “para-transit”;Arahkan pemilihan kendaraan bermesin pada jenis yang irit bahan bakar;(C)
      21. Dari tujuh pencemar utama, pencemar udara yang dapat meningkatkan kation bayi dan
      kerusakan otak adalah…
      • A. Benda partikulat
      • B. Karbon monoksida
      • C. Ozon
      • D. Nitrogen oksida
      Karbon monoksida yang meningkat di berbagai perkotaan dapat mengakibatkan turunnya berat janin dan meningkatkan jumlah kematian bayi serta kerusakan otak. Karena itu strategi penurunan kadar karbon monoksida akan tergantung pada pengendalian emisi seperti pengggunaan bahan katalis yang mengubah bahan karbon monoksida menjadi karbon dioksida dan penggunaan bahan bakar terbarukan yang rendah polusi bagi kendaraan bermotor (B)
      22. Volume gas NO yang boleh dikeluarkan oleh solar adalah….
      • A. 200 ppm
      • B. 1.200 ppm
      • C. 2.100 ppm
      • D. 2.200 ppm
      Volume gas NO yang boleh dikeluarkan oleh solar adalah 1,200 ppm (B)
      23. Negara X pada tahun 2007 mempunyai jumlah penduduk sebanyak 240 juta orang, jumlah kelahiran sebanyak tiga juta orang, Maka angka kelahiranya adalah….
      • A. 1,25orang
      • B. 12,5 orang
      • C. 125 orang
      • D. 1.250 orang
      CBR = Crude Birth Rate (Angka Kelahiran Kasar) dapat dicari dengan rumus :
      CBR =b x 1.000
      p
      CBR =3.000.0000 x 1.000
      240.000.000
               = 125
      b = births(jumlah kelahiran)
      p = population(jumlah penduduk)
      1. 000 = konstanta
      24. Berikut pernyataan yang benar tentang pertumbuhan populasi penduduk yang memiliki pola kurva J….
      • A. Negara yang memiliki program pembatasan kelahiran
      • B.Negara dimana terjadi kematian besar-besaran karena kurangnya daya dukung lingkungan
      • C. Negara yang memiliki angka pertumbuhan yang rendah
      • D. Negara dimana daya dukungnya melimpah
      Pada pola kurva J, pertumbuhan populasi tidak dapat berlangsung terus jika sumber daya alam terbatas.(B)
      25. Tahap perkembangan masyarakat yang mulai mengubah kedudukan manusia yang awalnya mendalami lingkungan menjadi masyarakat yang melawan lingkungan merupakan ciri-ciri masyarakat….
      • A. Petani dan peterrnakan
      • B. Industri
      • C. Pemburu dan pengumpul tingkat lanjut
      • D. Peduli kelangsungan bumi
      Tahap perkembangan masyarakat yang mulai mengubah kedudukan manusia yang awalnya mendalami lingkungan menjadi masyarakat yang melawan lingkungan merupakan ciri-ciri masyarakat Pemburu dan pengumpul tingkat lanjut (C)
      26. Membuang sampah ke saluran air merupakan sikap yang melanggar etika lingkungan,
      karena dapat mengganggu keseimbangan lingkungan berupa….
      • A. Berkurangnya karbondioksida dalam perairan
      • B. Meningkatnya kadar oksigen dalam air
      • C. Banjir di musim hujan
      • D. Meningkatnya pertumbuhan tanaman
      Membuang sampah ke saluran air merupakan sikap yang melanggar etika lingkungan,karena dapat mengganggu keseimbangan lingkungan berupa banjir di musim hujan(C)
      27. Pernyataan mengenai etika lingkungan yang menjelaskan bahwa pengembangan wilayah
      pandang etika terdapat pada seluruh komunitas ekologi, baik biotik maupun abiotik termasuk dalam teori….
      • A. Biosentrisme
      • B. Ekosentrisme
      • C. Antropesentrisme
      • D. monosentrisme
      Ekosentrisme, Teori ini merupkan lanjutan dari Biosentrisme. Dalam Biosentrisme hanya memusatkan kepada pada kehidupan seluruhnya, ekosentrisme memusatkan perhatian kepada seluruh komunitas biologis yang hidup maupun yang tidak.(B)
      28. Berikut contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan teori biosentrisme….
      • A. Membuat hutan di daerah cagar alam
      • B. Membuka lahan untuk pemukiman sesuai dengan keinginan
      • C. Tidak membuang limbah industri ke sungai
      • D. Memburu hewan-hewan langka
      BiosentrismeMenempatkan alam memiliki nilai dalam dirinya. Teori ini bertentangan dengan Antroposentrisme.Biosentrisme mendasari moralitas pada keluhuran kehidupan kepada semua mahluk hidup, tidak hanya manusia. Semua kehidupan di dunia ini memiliki moral dan nilai yang sama sehingga harus dilindungi, diselamatkan dan dipelihara sebaik mungkin.Semua mahluk hidup bernilai dalam kehidupan untuk itu semua mahluk hidup, apalagi manusia harus menjaga dan melindungi semua kehidupan dan lingkungan di sekitarnyaManusia bukan merupakan pusat dari kehidupan, semua kehidupanManusia bukan merupakan pusat dari kehidupan, semua kehidupan sama pentingnya sehingga manusia harus menghargai lingkungan hidup dengan sebaik-baiknya, dan turut melestarikan komunitas ekologis dengan baik.(C)
        29. Dasar etika dan kesadaran lingkungan yang layak berdasarkan prakata teologis adalah…
        • A. Adanya keterkaitan atas kehidupan, tindakan manusia pada masa lalu, sekarang, dan akan datang
        • B. Agama dan nilai-nilai luhur merupakan sumber bagaiman alam sebenarnya diciptakan dan bagaimana kedudukan dan fungsi manusia terhadap alam
        • C. Pentingnya tanggungjawab untuk hak dan kesejahteraan manusia lain atas sumber daya alam
        • D. Manusia hendaknya saling berbagi dan mengisi, tidak individualistis dan mendominasi alam
        Dasar pendekatan teologis, merupak dasar dari keduan pendekatan sebelumnya, bersumber pada agama yang nilai-nilai luhur dan mulia ajarannya menunjukkan bagaiman alam sebenarnya diciptakan dan bagaimana kedudukan dan fungsi manusia serta interaksi yang selayaknya terjalin antara alam dan manusia(B)
        30. Berikut ini merupakan contoh kegiatan yang menunjang tercapainya tujuan ekoefesiensi…
        • A. Penggunaan plastik sebagai pembungkus makanan
        • B. Menggunakan air bekas cucian baju untuk mencuci mobil
        • C. Pembuangan limbah plastik ke sungai
        • D. Menghisap rokok pada tempat yang disediakan
        Eko-efisiensi merupakan singkatan dari kata ekologi dan efisiensi dimana kata ini mengimplikasikan bahwa peningkatan efisiensi berasal dari perbaikan kinerja lingkungan. Salah satu contoh ekoefisiensi adalah menggunakan air bekas cucian untuk mencuci mobil(B)
        31. Empat pilar pembangunan berkelanjutan berpihak terhadap aspek berikut, kecuali….
        • A. Lingkungan hidup
        • B. Rakyat miskin
        • C. Lapangan kerja
        • D. Laki-laki
        Swaminatan (Otto Soemarwoto, 2003) mengubah sedikit formulasi pembangunan berkelanjutan dengan tanpa mengubah intisarinya, dengan mengemukakan 4 pilar pembangunan berkelanjutan yang dapat diukur secara kuantitatif. Empat pilar pembangunan berkelanjutan keberpihakan (pro) pada lingkungan hidup, rakyat miskin, perempuan, dan lapangan kerja. (D)
        32. Ekowisata merupakan salah satu dinamika pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Dalam hal ini yang dijadikan daya tariknya adalah….
        • A. Kota modern
        • B. Barang antik
        • C. Hutan yang direhabilitasi
        • D. Kerajinan tradisional
        Ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Contoh Wisata kebudayaan dan sejarah : Suku terasing (orang Rimba, orang Kanekes), Kerajinan tangan (batik, ukiran), Peninggalan bersejarah (candi, batu bertulis, benteng kolonial)(D)
        33. Keterampilan yang diperlukan untuk memecahkan masalah dalam membuat rancangan
        pembelajaran PLH adalah….
        • A. Investigasi
        • B. Evaluasi
        • C. Sirkulasi
        • D. Revisi
        Keterampilan yang diperlukan untuk memecahkan masalah dalam membuat rancanganpembelajaran PLH adalah investigasi yaitu merancang, mensurvei, studi pustaka, melakukan wawancara, dan menganalisa data (A)
        34. Berikut merupakan contoh dari ciri-ciri terjadinya globalisasi…
        • A. Tenggelamnya kebudayaan asli daerah
        • B. Kekurangan pangan karena Negara penghasil pangan tidak lagi memproduksi pangan tersebut
        • C. Bermunculannya suku-suku bangsa
        • D. Meningkatnya rakyat miskin
        Ciri yang terlihat dalam era Globalisasi antara lain: Terjadinya Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Berkembangnya barang-barang seperti televisi satelit, telepon genggam dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). Saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.(A)
        35. Posisi teoritis dari para globalisasi pesimis yang berkaitan dengan globalisasi memberikan pendapat bahwa globalisasi adalah
        • A. Sebuah fenomena negatif
        • B. Sebuah mitos semata
        • C. Kebudatyaan yang menguntungkan masyarakat dunia yang toleran
        • D. Sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata
        Para globalis pesimis berpendapat bahwa globalisasi adalah sebuah fenomena negatif karena hal tersebut sebenarnya adalah bentuk penjajahan barat (terutama Amerika Serikat) yang memaksa sejumlah bentuk budaya dan konsumsi yang homogen dan terlihat sebagai sesuatu yang benar dipermukaan. Beberapa dari mereka kemudian membentuk kelompok untuk menentang globalisasi (antiglobalisasi).(A)
        36. Dampak globalisasi pada ekonomi dalam bidang produksi adalah….
        • A. Suatu perusahaan dapat berproduksi di berbagai Negara sehingga harga hasil produksidapat ditekan
        • B. Akses untuk memperoleh pinjaman semakin sulit
        • C. Jumlah TKIyang dikirim ke luar negeri bertambah
        • D. Cepat mendapatkan informasi melalui media masa
        Dampak globalisasi bidang produksi yaitu suatu perusahaan dapat berproduksi di berbagai Negara sehingga harga hasil produksi dapat ditekan(A)
        37. Berikut merupakan kendala pelaksanaan PLH di Indonesia
        1) Belum diketahui sepenuhnya oleh para pejabat pemerintah
        2) Rendahnya partisipasi masyarakat untuk berperan dalam PLH
        3) Materi dan metode PLH yang digunakan belum memadai
        Dalam pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup selama ini, dijumpai berbagai situasi permasalahan antara lain: rendahnya partisipasi masyarakat untuk berperan dalam pendidikan lingkungan hidup yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap permasalahan pendidikan lingkungan yang ada, rendahnya tingkat kemampuan atau keterampilan dan rendahnya komitmen masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.Materi dan metode pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup yang selama ini digunakan dirasakan belum memadai sehingga pemahaman kelompok sasaran mengenai pelestarian lingkungan hidup menjadi tidak utuh. Di samping itu, materi dan metode pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup yang tidak aplikatif kurang mendukung penyelesaian permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi di daerah masing-masing.(2 dan 3 benar)
        38. Berikut pernyataan yang benar tentang pertumbuhan populasi di dunia
        1) Peningkatan perkembangan penduduk Negara maju sekitar 1,5 % tiap tahun
        2) Peningkatan perkembangan penduduk Negara berkembang sekitar 2-3 % tiap tahun
        3) Peningkatan perkembangan penduduk Negara berkembang harus lebih besar dari
        Negara maju
        Rerata pertumbuhan penduduk negara maju adalah 0,8%, rerata pertumbuhan penduduk di negara berkembang 2-3%. Rerata pertumbuhan populasi dunia adalah 1,8%(2 dan 3 benar)
        39. Di daerah pantai di Indonesia hutan mangrove semakin berkurang. Akibat berkurangnya
        mangrove tersebut karena aktivitas manusia, akan menimbulkan krisis antara lain
        1) Berkurangnya aneka keragaman hayati hutan mangrove
        2) Populasi ikan yang hidup di sekitar mangrove berkurang
        3) Mempercepat pengikisan pantai
        Dampak berkurangya mangrove :tidak adanya penghalang terhadap erosi pantai dan gempuran ombak yang kuat tidak adanya pengolah limbah organiktidak adanya habitat dari berbagai jenis ikan dan udang(1, 2, dan 3 benar)
        40. Hal-hal berikut ini dapat dilakukan sebagai upaya dalam pengelolaan lingkungan
        1) Meluaskan ruangan beton di pekarangan rumah
        2) Mengurangi penggunaan bahan kimia penyebab polutan
        3) Merupakan recycling (mengolah kembali sumber daya alam)
        Upaya yang dapat dilakukan dalam pengelolaan lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan bahan kimia penyebab polutan dan melakukan recycling terhadap limbah. (2 dan 3 benar)
        41. Pernyataan yang benar mengenai prosentase volume dan distribusi air di alam adalah
        1) Persentase air bersih di danau kurang dari 0,300 %
        2) Jumlah air asin dan es bumi lebih banyak dari air tawar
        3) Volume air asin dan es disungai lebih banyak dari air asin dan es di danau
        Sumber airVol air tawar (mm3)Vol air asin dan es (mm3)Prosentase dari seluruh air bersihProsentase dari seluruh air di bumi
        Danau, rawa24.600102.5000,290%0,0080%
        Sungai5092.1200,006%0.0002%
        Total air bersih8.404.00035.030.000100,000%2,5000%
        Total air di bumi332.500.0001.386.000.000-100,000%
        (1 dan 2 benar)
        42. Pengolahan lahan pertanian dengan menggunakan pendekatan teknologi konservasi yang
        sudah teruji dan dapat diterapkan adalah
        1) Olah tanam konservasi
        2) Tanaman penutup tanah
        3) Tanaman hidroponik
        Pertanian konservasi adalah suatu sistem budidaya pertanian yang dalam pengolahan tanah atau tanaman menggunakan pendekatan konservasi sehingga lahan dapat  diusahakan secara lestari dengan produktivitas tetap tinggi. Teknologi konservasi yang sudah teruji dan dapat diterapkan yaitu terasering, rorok, tanaman penutup tanah, pergiliran tanaman, pertanaman lorong, dan olah tanah konservasi. (1 dan 2 benar)
        43. Pola pikir manusia yang bersifat egosentris dan ekosentris terhadap alam dalam
        pandangannya mempunyai arti
        1) Menguasai alam untuk kepentingan diri sendiri
        2) Dapat menguasai alam dan mengatur hubungan yang harmonis dengan alam
        3) Dapat mengguasai alam tanpa batas
        sikap Antroposentrisme yang melihat manusia sebagai pusat alam semesta (bukan ekosentris tapi egosentris). Manusia dan kepentingannya dianggap sebagai yang tertinggi, paling menentukan dan seluruh tatanan ekosistem. Manusia dan kepentingannya dilihat sebagai nilai yang tetinggi. Ekstremnya, antroposentrisme radikal tampak adalah sikap yang memandang bahwa hanya manusia dan kepentingannya yang mempunyai nilai. Sedangkan tumbuhan dan binatang hanyalah sarana untuk melayani kebutuhan manusia semata, tidak lebih! Dengan demikian, hanya manusia dan kepentingannya yang perlu mendapat pertimbangan moral. Sedangkan semua kosmos itu bernilai/berharga sejauh menjamin kebutuhan manusia.(1 dan 3 benar)
        44. Berikut pernyataan hubungan antara pemanasan global dengan naiknya permukaan laut
        1) Mencairnya salju di daerah kutub
        2) Menipisnya ozon yang ada di kutub
        3) Banyaknya gedung-gedung diperkotaan yang terbuat dari kaca
        Beningkatnya tinggi permukaan laut ini disebabkan oleh air es yang telah mencair dari arah kutub. Mencairnya es di kutub akibat pemanasan global. (1 dan 2 benar)
        45. Berikut merupakan efek nitrogen dioksida(NO2) terhadap kesehatan
        1) Iritasi paru-paru
        2) Kanker
        3) Menghambat pertumbuhan
        Oksida nitrogen seperti NO dan NO2 berbahaya bagi manusia.  NO2 bersifat racun terutama terhadap paru. Pemajanan NO2 dengan kadar 5 ppm selama 10 menit terhadap manusia mengakibatkan kesulitan dalam bernafas.
        46. Perbedaan rerata pertumbuhan di Negara maju dan Negara berkembang dipengaruhi oleh faktor
        1) Angka fertilitas tinggi
        2) Angka rata-rata pada saat melaksanakan pernikahan pertama
        3) Angka kelahiran dan kematian
        Perbedaan rerata pertumbuhan di Negara maju dan Negara berkembang dipengaruhi oleh faktor : angka kelahiran dan kematian, angka fertilitas total, angka rata-rata umur pada saat melaksanakan pernikahan pertama kali angka rata-rata umur wanita melahirkan anak pertamanya, dan komposisi umur( 2 dan 3 benar)
        47. Berikut pernyataan yang benar tentang dampak pertumbuhan penduduk terhadap kerusakan lingkungan
        1) Berkurangnya sumber daya minyak setiap tahun
        2) Berkurangnya jumlah hutan sebesar empat sampai kali lapangan sepak bola dalam satu
        menit
        3) Menyusut jumlah terumbu karang yang ada di perairan laut dangkal
        48. Prinsip dari ekoefesiensi adalah…
        1) Menghemat sumber daya dan mengurangi dampak
        2) Menciptakan produk-produk baru yang khas
        3) Menciptakan produk dan jasa sesuai dengan prinsip ekologi
        Hal yang paling pokok dalam pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi adalah sebagai berikut.Menghemat sumber daya alam yang digunakan.Menggunakan semua sumber daya alam yang dihasilkan dalam proses energi (industri).Proses penambangan sumber daya alam tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.Sumber daya alam yang ditambang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.Proses penggunaan sumber daya alam tidak menimbulkan entropi atau limbah.(1 dan 3 benar)
        49. Pernyataan yang benar tentang pendidikan pembangunan berkelanjutan adalah…
        1) Memanfaatkan satu situasi pembelajaran
        2) Memotivasi peserta didik untuk membuat keputusan
        3) Secara eksplisit mempertimbangkan aspek lingkungan
        50. Pernyataan ini merupakan keuntungan positif dari adanya globalisasi ekonomi…
        1) Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu Negara
        2) Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri
        3) Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
        Berikut dampak globalisasi dibidang ekonomi yang positif  Pasar yang sangat terbuka untuk produk-produk ekspor (dengn catatan produk ekspor Indonesia dapat bersaing si pasar internasional). Dengan demikian kesempatan pengusaha Indonesia sangat terbuka dalam menciptakan produk berkualitas yang dibutuhkan oleh pasar duniaMudah untuk mengakses modal investasi yang berasal dari luar negeriMudah mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum diproduksi di IndonesiaKegiatan pariwisata akan meningkat sehingga mampu membuka lapangan kerja dan juga menjadi ajang promosi produk-produk Indonesia. (1, 2, dan 3 benar)

        3 komentar:

        1. Dear : Custumer Import & Domestics
          Kami dari TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

          Services Kami,
          Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
          Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
          Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
          Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

          Berikut Attecment terlampir.

          Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
          Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

          Best Regards,

          Mr. Andi JM
          Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
          = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
          PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
          Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
          Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
          Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
          Web : www.twinlogistics.co.id

          BalasHapus