1. Selain membaca, menulis, dan berhitung orientasi pendidikan di SD juga ditujukan pada...
- A. penyiapan intelektual dan personal siswa
- B. pengembangan kemampuan, sifat, dan kebiasaan
- C. perkembangan peserta didik sebagai pribadi
- D. pengembangan sikap dan perilaku
Pendidikan Sekolah Dasar sebagai suatu proses yang bukan hanya memberikan kemampuan intelektual dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung saja melainkan juga sebagai proses mengembangkan kemampuan dasar peserta didik secara optimal dalam aspek intelektual, sosial, dan personal.(1.7) (A)2. Salah satu cara guru SD mempersiapkan siswanya untuk mengikuti pendidikan di SLTP adalah...
- A. mengajarkan materi yang ada di SLTP
- B. mengadakan lomba menggambar gedung SLTP
- C. menunjukkan contoh baju seragam SLTP
- D. memberikan informasi lisan dan tertulis tentang pendidikan di SLTP
Banyak upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk memperiapkan siswanya untuk mengikuti pendidikan di SLTP, diantaranya adalah dengan cara memberikan informasi secara lisan dan tertulis kepada siswa kelas V dan VI, mengadakan kunjungan ke SLTP terdekat, mendatangkan narasumber dari SLTP tertentu, dan sebagainya (1.15)(D)3. Diakui bahwa percepatan perkembangan anak tidak sama, oleh sebab itu....
- A. pembelajaran harus bersifat praktis
- B. pembelajaran harus dipadukan antara individual dan klasikal
- C. remedial teaching dan pengayaan perlu diterapkan melalui program yang matang
- D. pembelajaran harus memperhatikan jumlah siswa dalam satu kelas
Terdapat variasi dalam tempo perkembangan individual atau kelompok tertentu menurut latarbelakang jenis, geografis dan kultural. Sehingga strategi belajar mengajar sampai batastertentu seyogyanya diorganisasikan agar memungkinkan belajar secara individual disamping secara kelompok, misalnya menggunakan sistem modul.(1.28)(B)4. Menurut Hammarberg, kurikulum yang sesuai dengan hak anak adalah sebagai berikut kecuali...
- A. kurikulum yang dikembangkan merupakan yang terbaik bagi anak
- B. metoda pembelajaran terfokus pada anak
- C. sekolah tidak memungut biaya bagi pendidikan anak
- D. sekolah memberikan keterampilan yang berguna bagi kehidupan anak
Pasal 28 KHA menyatakan bahwa pendidikan adalah hak dan mengusulkan langkah-langkah agar hak ini dapat tercapai "Secara progresif dan berdasar keempatan yang sama". Pendidikan dasar harus wajib dan diperoleh secara gratis dan cuma-cuma, tanpa biaya untuk semua anak.(9.29)(C)5. Tugas pustakaan yang diberikan guru untuk mendukung mata pelajaran yang sedang diajarkan, maka guru sedang....
- A. memancing minat baca siswa
- B. menerapkan ko-kurikuler
- C. menerapkan ekstrakurikuler
- D. mengajar bagaimana menggunakan referensi
Kegiatan ko-kurikuler adalah rangkaian kegiatan siswa yang berada dalam sekolah. Kegiatan ko-kurikuler selain menunjamg kegiatan kurikuler juga dilakukan saat anak berada dalam lingkungan sekolah atau berada dalam kelas, khususnya saat pelajaran berlangsung. Kegiatan ko-kurikuler merupakan perluasan dari kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Umumnya kegiatan ko-kurikuler dilakukan untuk lebih menjelaskan mengenai suatu pokok bahasan kepada siswa.(10.4)(B)6. Definisi bimbingan yang didasarkan atas falsafah demokrasi, sehingga memandang bimbingan sebagai wahana yang yang sangat strategi untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis daiajukan oleh...
- A. Edward C. Glants
- B. Mortensen dan Schmuller
- C. Traxler dan North
- D. Rogers
Definisi bimbingan menurut Mortensen dan Schmuller adalah bimbingan sebagai bagian integral dari program pendidikan yang diupayakan oleh staf yang kompeten bertujuan untuk memberikan bantuan kepada individu untuk dapat mengembangkan kesanggupan dan kemampuannya secara penuh dalam tatanan masyarakat yang demokratis. Definisi bimbingan ini didasarkan pada falsafah demokrasi dan dilaksanakan secara terpadu dalam program pendidikan. Bimbingan dipandang sebagai wahana yang sangat strategis untuk mewujudkan masyarakatyang demokratis (11.8)(B)7. Pendapat yang mengatakan fokus bimbingan di SD adalah pengembangan pemahaman diri dan memberi kemudahan belajar siswa, diajukan oleh...
- A. Shertzer dan Stone
- B. Farwell dan Peter
- C. Rochman Natawijaya
- D. Loiyd Jones, Barry, dan Wolf
Pengertian bimbingan menurut Rochman dan Natawijaya, bimbingan sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya individu tersebut memahami dirinya, sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan sekolah, keluarga, dan masyarakat serta kehidupan pada umumnya.(11.9)(C)8. Supaya bimbingan di sekolah berjalan efisien dan efektif maka program bimbingan harus disusun dan dikembangken berdasarkan....
- A. kebutuhan nyata siswa
- B. arahan kepala sekolah
- C. keinginan orang tua
- D. minat semua siswa
- Program itu disusun dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan yang nyata dari para siswa sekolah yang bersangkutan.
- Kegiatan bimbingan dalam program itu diatur menurut skala prioritas yang juga ditentukan berdasarkan kebutuhan siswa dan kemampuan petugas bimbingan.
- Program itu dikembangkan berangsur-angsur dengan melibatkan semua tenaga pendidik di sekolah dalam merencanakannya.
- Program itu memiliki tujuan ideal tetapi realistik dalam pelaksanaannya.
- Program yang disusunnya mencerminkan komunikasi yang berkesinambungan diantara semua anggota staf pelaksananya.
- Program itu menyediakan fasilitas yang diperlukan.
- Program yang disusun disesuaikan dengan program pendidikan lingkungan sekolah yang bersangkuatan.
- Program itu memberi kemungkinan pelayanan kepada semua siswa sekolah yang bersangkutan.
- Program itu memperlihatkan peranan yang penting dalam menghubungkan dan memadukan sekolah dengan masyarakat.
- Program itu berlangsung sejalan dengan proses penilaian diri, program itu sendiri, kemajuan dari siswa yang dibimbingnya, serta mengenai kemajuan pengetahuan, keterampilan dan sikap para petugas pelaksananya.
- Program itu menjamin keseimbangan dan kesinambungan pelayanan bimbingan.(11.22)(A)
- A. tradisional
- B. spontan
- C. individual
- D. komprehensif
Program bimbingan dan konseling komprehensif adalah suatu model pengembangan program yang difokuskan pada penciptaan lingkungan yang kondusif agar siswa dapat mengembangkan kebutuhan, kemampuan, dan minatnya, dan isu-isu yang berkaitan dengan berbagai tahap perkembangan siswa. Program tersebut dijadikan sebagai bagian vital dan integral dari keseluruhan program pendidikan sekolah dasar.(12.23)(D)
10. Evaluasi program yang beraspek pengetahuan bertujuan untuk...
- A. memberikan pengalaman pada para guru pentingnya evaluasi program
- B. memberikan pemahaman yang lebih baik dari isu tertentu
- C. meningkatkan program
- D. memperoleh evaluasi program
Tujuan evaluasi program menurut Furqon(2004:4) mengemukakan bahwa tujuan evaluasi dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu akuntabilitas, pengembangan, dan pengetahuan. Dari aspek pengetahuan tujuan evaluasi adalah untuk memperoleh pemahaman atau pengetahuan yang lebih baik tentang persoalan atau isu tertentu.(12.45)(B)
11. SD pamong dapat berlangsung dimana saja, ini merupakan salah satu usaha untuk mengubah pandangan bahwa...
- A. sekolah merupakan satu-satunya pusat pendidikan
- B. belajar hanya di dalam gedung saja
- C. belajar hanya dapat dilakukan dengan tatap muka
- D. guru merupakan pendidik utama di sekolah
Sistem SD pamong dapat berlangsung di mana saja artinya sistem SD pamong berusaha untuk mengubah pandangan bahwa belajar hanya dapat terjadi di dalam gedung sekolah dan anak putus sekolah berarti juga putus belajar.(7.7)(B)
12. Pendidikan khusus anak tunarungu diberikan di....
- A. SD biasa
- B. SD Pamong
- C. SLB A
- D. SLB B
SLB A untuk anak tunarungu, SLB B untuk anak tunarungu, SLB C untuk anak tunagrahita, SLB D untuk anak tuna daksa, dan SLB E untuk anak tuna laras.(7.10)(D)
13. Pada saat sekolah mengundang komite sekolah atau dewan sekolah mengunjungi sekolah bersangkutan untuk melihat dari dekat tentang kondisi dan produk sekolah. Kemudaian meminta tanggapan dan komentar, maka sekolah mengajak berinovasi dengan metode...
- A. ceramah
- B. demonstrasi
- C. observasi
- D. tanya jawab
Dengan mengundang komite sekolah atau dewan pendidikan mengunjungi sekolah maka sekolah mengajak berinovasi dengan metode demonstrasi (melihat dari dekat tentang kondisi dan produk sekolah). (B)14. Yang tidak termasuk inovasi di bidang strategi pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali....
- A. team teaching
- B. pembelajaran dengan teman sebaya
- C. role playing
- D. ekstra kurikuler
Inovasi dalam bidang strategi pembelajaran antara lain diperkenalkannya team teaching dan pembelajaran dengan teman sebaya, dan role playing.(7.24)(D)
15. Yang dimaksud hubungan interaktif sekolah dengan lingkungannya dalam jalinan inovasi pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali...
- A. dalam inovasi pendidikan sekolah berusaha saling mengembangkan dan mengontrol dengan lingkungannya
- B. lewat komite sekolahatau dewan pendidikan sekolah mengadakan kerja sama demi peningkatan kualitas sekolah
- C. pendayagunaan segala sumber yang terdapat di lingkungan
- D. lingkungan dapat mempengaruhi keputusan sekolah
Hubungan proaktif dan interaktif antara sekolah dan lingkungannya, berarti dalam usaha mengadakan perubahan atau inovasi dapat terjadi saling megembangkan dan mengontrol antara lingkungan dan sekolahnya. Pimpinan sekolah dan guru dapat bekerja sama dengan orangtua siswa untuk mengadakan perubahan guna mengefektifkan proses belajar mengajar peserta didik. Dengan demikian segala sumber yang ada di lingkungan sekolah dasar dapat didayagunakan untuk program inovasi pendidikan.(7.28)(D)
16. Elemen pokok yang kelima dalam proses inovasi pendidikan adalah....
21. Umumnya semua orang merasa bahwa situasi baru merupakan masalah yang mendesak untuk dipecahkan. Itu sebabnya peran kecerdasan intelektual sangat penting karena....
- A. mengidentifikasi sumber penunjang dan penghambat
- B. menentukan alternatif kegiatan
- C. menentukan alternatif pemecahan masalah
- D. menentukan kebutuhan
Ibrahim (1988) mengungkapkan elemenn-elemen pokok dalam proses perencanaan, yaitu (1) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus, (@) mengidentifikasi masalah, (3) menentukan kebutuhan, (4) menentukan sumber penunjang dan penghambat, (5) menentukan alternatif kegiatan, (6) menentukan alternatif pemecahan masalah, (7) menentukan alternatif penggunaan aumber daya yang ada, (8)menentukan kriteria untuk memilih alternatif pemecahan masalah,(9) menentukan alternatif pengambilan keputusan, dan (10) menentukan kriteria untuk menilai hasil inovasi(7.29)(B)17. Era globalisasi yang disertai ledakan informasi menuntut sekolah untuk membenahi diri, merubah berbagai hal bila memang dianggap perlu, kurikulum misalnya. Artinya dunia pendidikan membutuhkan...
- A. kajian nilai dan budaya
- B. sejumlah pakar
- C. inovasi
- D. penelitian
Era globalisasi yang disertai ledakan informasi menuntut sekolah untuk berinovasi.(C)18. Yang termasuk jenis minat yang umumnya ditujukan pada suatu kegiatan khusus yang ditimbulkan dari dalam diri manusia disebut minat...
- A. pribadi
- B. khusus
- C. situasional
- D. umum
Minat Pribadi. Minat pribadi ini umumnya ditujukan pada suatu kegiatan khusus, misalnya minat khusus pada olahraga, ilmu penetahuan, musik, tarian, dan komputer.(B)19. Menurut Renninger, ternyata bila ditinjau dari sudut perkembangan, minat anak cenderung stabil pada...
- A. usia kelas tingggi SD
- B. usia kelas rendah SD
- C. usia balita (3-4 tahun)
- D. akhir pendidikan dasar
Dari berbagai penelitian mengenai perkembangan dan perbedaan individu dalam minat, Renninger ( dalam Pintrich dan schunk, 1996:39) menyimpulkan sebagai berikut:Jika ditinjau dari sudut pandang perkembangan, kepads usia pra sekolah, yaitu usia 3-4 tahun umunya anak-anak memiliki minat yang secara relatif, stabil dan minat mereka berhubungan dengan pemilihan kegiatan dan belajar mereka.(C)20. Bonar sedang membongkar mainan-mainan yang dibelikan ayahnya sebab ia ingin tahu mengapa mobil-mobilan atau robotnya dapat berjalan. Ia kutak-kutik baterainya, ia pasang kembali motor dalam mainannya sehingga dapat berjalan kembali jika dihidupkan. Di kelas ia belajar IPA lebih cepat ketimbang teman-teman sekelasnya, lebih-lebih jika pokok bahasannya berkaitan dengan listrik. Dari paparan dia di atas dapat ditentukan, Bonar berbakat dalam bidang...
- A. matematika
- B. IPA
- C. permotoran
- D. elektronika
21. Umumnya semua orang merasa bahwa situasi baru merupakan masalah yang mendesak untuk dipecahkan. Itu sebabnya peran kecerdasan intelektual sangat penting karena....
- A. berpikir adalah kegiatan memecahkan masalah
- B. berpikir adalah kegiatan bertahap dari konkrit ke abstrak
- C. berpikir selalu menggunakan simbol bahasa
- D. proses berpikir merupakan kesatuan kognitif, afektif, dan psikomotor
- A. merasa tidak bersalah
- B. punya konsep diri yang buruk
- C. menjadi takut
- D. berani menentang gurunya
Untuk anak usia sekolah pemberian hukuman lebih baik dan lebih efektif jika diserta dengan pemberian alasan mengapa guru menghukum anak. Jika hukuman guru dipandang dari sudut pandang anak tanpa alasan yang spesifik maka anak tidak akan memahami hubungan anatara apa yang telah dilakukan dengan hukuman yang diperoleh atau anak juga tidak paham mengapa tingkah lakunya tidak diterima. Misalnya mengatakan pada nak bahwa ia jelek/buruk, justru akan membuat anak memiliki konsep diri/gambaran diri yang buruk.(3.9)(B)23. Perkembangan sosial anak usia SD banyak dipengaruhi oleh kelompok sebayanya, seperti anak yang pemalu karena teman sebayanya anak yang pemberani, maka ia akan berusaha memiliki sifat yang dimiliki kelompoknya agar dapat diterima oleh kelompoknya. Hal tersebut menandakan bahwa....
- A. anak belajar bertingkah laku dari kelompoknya sebayanya
- B. untuk bersosialisasi anak perlu menyeleksi teman-temannya
- C. kelompok sebaya mendorong anak untuk berani
- D. menjadi anggota kelompok tertentu mutlak bagi anak
Selama berinteraksi dengan teman sebaya, anak tidak hanya belajar bergaul dengan teman-temannya, tetapi juga diperkenalkan oleh kelompok pada khidupan sosial. Kelompok sebaya merupakan kesatuan dari orang yang usianya sama dan tingkah lakunya sama.(A)24. Sebagai seorang behaviouris Thorndike terkenal dengan teori belajarnya...
- A. stimulus-respons
- B. insighy
- C. reinforcement
- D. konep
Thorndike, mengemukakan teori Stimulus dan Respon dalam belajar, respon siswa perlu dimunculkan dengan pemberian stimulus-stimulus yang tepat, selanjutnya dapat dikemukakan hukum belajar. Hukum belajar yang dikenal dengan nama Law of effect, dalam hukum ini dikatakan bahwa seorang siswa akan meningkat keberhasilannya dalam belajar jika respon siswa terhadap suatu stimulus memperoleh reinforcement atau penguatan yang berupa pujian atas keberhasilannya. Pemberian penguatan ini menimbulkan rasa senang bagi siwa, sehingga ada kecenderungan ia akan berusaha lebih keras dalam belajar untuk dapat memperoleh reinforcement lagi. Teori lain yang dikemukakan oleh Thorndike dalam belajar berkaitan Stimulus dan Respon siswa, yaitu: 1). Hukum kesiapan (Law of readiness), 2) Hukum latihan (Law of Exercise), dan 3). Hukum akibat ( Law of Effect). a. Hukum kesiapan menjelaskan bahwa respon seorang terhadap stimulus yang diberikan kepadanya akan muncul jika siswa dalam.(A)25. Stimulus, respon, dan akibat. Dari ketiga komponen tersebut yang menimbulkan jawaban adalah...
- A. stimulus
- B. respon
- C. akibat
- D. semua komponen
Dari ketiga komponen tersebut yang menimbulkan jawaban akibat.(C)26. Tujuan pembelajaran secara rinci oleh guru dalam SAP. Pembelajaran yang tujuanya ditentukan oleh guru seperti itu sehingga siswa dapat belajar secara bermakana merupakan implikasi pendekatan belajar...
- A. behavoiurisme
- B. kognitif
- C. humanisme
- D. konsep
- A. pembagian maju
- B. penyusunan konsep dari umum ke khusus
- C. kemajuan berganda
- D. pengembangan yang terus menerus
Differensiasi progresif adalah pemecahan konsep hingga menjadi konsep-konsep baru. Dalam proses belajar bermakna perlu ada pengembangan dan kolaborasi konsep. Caranya, unsur yang paling umum dan inklusif diperkenalkan dulu, kemudian baru yang lebih mendetil. Berarti pembelajaran mengarah dari umum ke khusus.(B)28. Menurut Rogers untuk menciptakan iklim kelas yang kandusif bagi terlaksananya perbuatan belajar, guru harus...
- A. menata kelas dengan baik
- B. memberikan banyak latihan
- C. bijaksana dalam melaksanakan tugasnya
- D. mengenal betul keunikan siswanya
Asumsi yang mendasari penggunaan pendekatan ini adalah bahwa proses belajar mengajar yang baik didasari oleh adanya hubungan interpersonal yang baik antara peserta didik – guru dan atau peserta didik – peserta didik dan guru yang menduduki posisi penting bagi terbentuknya iklim sosio-emosional yang baik. Dalam hal ini, Carl A. Rogers mengemukakan pentingnya sikap tulus dari guru (realness, genuiness, congruence); menerima dan menghargai peserta didik sebagai manusia (acceptance, prizing, caring, trust) dan mengerti dari sudut pandangan peserta didik sendiri (emphatic understanding).
29. Prinsip purpose behaviour menurut Edward Tolman adalah....
- A. siswa menangkap prinsip-prinsip pokok dari suatu masalah
- B. adanya padanan dan kaitan antara proses pembelajaran dengan tuntutan
- C. pembelajaran akan lebih efektif apabila dapat membantu siswa untuk mengenal tujuan yang akan dicapainya
- D. pembelaharan menempatkan individu pada posisi yang terhormat dalam suasana kebersamaan
Perilaku bertujuan atau purpose behaviour menurut Edward Tolman yang meyakini bahwa pada hakekatnya perilaku itu terarah pada suatu tujuan. Perilaku bukan hanya sekedar hubungan antara stimulus-respon, akan tetapi adanya keterkaitan erat dengan tujuan atau sesuatu yangingin diperoleh. Berdasarkan proses ini pembelajaran akan lebih efektif apabila dapat membantu anak mengenal tujuan yang akan dicapainya.(6.5)(C)
30. Pepatah mengataka dengan mendegarkan saja siswa akan lupa, dengan melihat siswa akan ingat, dengan melakukan sesuatu siswa akan mengerti. Jika dalam proses belajar mengajar hal ini diterapkan, maka siswa akan...
- A. bertanggungjawab terhadap jenis belajar yang ingin dicapai
- B. lebih dari hanya sekedar melibatkan proses kognitif
- C. tujuan belajar afektif dan keterampilan tercapai
- D. memahami proses belajar yang aktif secara fisik dan psikologis
31. Kemampuan seseorang menggunakan anggota tubuhnya untuk mengekspreikan ide dan pikirannya disebut dengan kecerdasan...
- A. sintetik
- B. kinestika
- C. personal
- D. kultural
Kecerdasan Kinestetik. Yaitu kecerdasan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresiakan gagasan dan perasaan.(B)
32. Salah satu aspek yang terkandung dalam kata hak adalah....
- A. kebutuhan sandang
- B. kebutuhan dasar
- C. semua yang menjamin perkembangan jasmani dan rohani
- D. hidup berdampingan secara damai
Hak anak adalah semua yang harus dimiliki anak supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jadi hak anak bukan hanya pemenuhan kebutuhan dasar seperti,sandang, pangan, dan papan, tetapiharusmencakup semua hal yang bisa menjamin perkembangan jasmani dan rohani yang baik dalam mewujudkan hak-hak anak Indonrsia (8.3)(C)33. Maksud dan prinsip non-diskriminatif dalam konensi hak anak adalah...
- A. setiap anak diberikan haknya sesuai dengan ststus yang dimilikinya
- B. tidak ada perbedaan antara hak anak dengan hak orang dewasa
- C. semua anak laki-laki memiliki perlakuan yang sama dibanding anak perempuan
- D. semua hak yang diakui harus diberlakukan kepada setiap anak tanpa perbedaan apapun
Prinsip non-diskriminasi artinya semua hak yang diakui dan terkandung dalam Konvensi Hak Anak harus diberlakukan kepada setiap anak tanpa pembedaan apapun. Prinsip ini tertuang dalam Pasal 2 Konvensi Hak Anak.(9.5)(D)
34. Terhadap anak cacat mental yang hendak naik pesawat terbang, sikap petugas tiket sebaiknya...
- A. menolak
- B. membiarkan yang penting membayar
- C. mengusir
- D. membolehkan asal bersama dengan teman/keluarga
Pasal 23 KHA memberikan pedoman untuk memenuhi hak-hak anak cacat, yang harus disediakan kondisi kehidupan yang meninfkatkan kemandirian dan memfasilitasi patisipasi aktif dalam masyarakat. Anakcacat juga berhak mendapatkan perawatan khusus (mendapat akses yang efektif terhadap berbagai pelayanan), yang memungkinkan anak mencapai integrasi dan perkembangan individual sepenuh mungkin.(9.14)(D)35. Jika kita telaah tujuan pendidikan Indonesia yang antara lain berisi :"membentuk manusia cerdas, utuh, dan mandiri", jika dipenuhi oleh para pendidik secara optimal sebenarnya sudah merupakan implikasi...
- A. pasal 6 yang isinya menjamin kelangsungan hidup dan pengembangan anak
- B. pasal 14 tentang kekebasan berpikir, nurani, dan agama
- C. pasal 19, mengambil langkah legeslatif, administrasi, sosial, dan pendidikan yang layak
- D. pasal 29, pendidikan anak akan diarahkan pada pengembangan kepribadian dan potensi bertanggung jawab, hormat pada nlai-nilai peradaban sendiri
Pasal 29
1. Negara-negara Pihak sependapat bahwa pendidikan anak harus diarahkan untuk:
- pengembangan kepribadian, bakat dan kemampuan mental dan fisik anak hingga mencapai potensi mereka sepenuhnya;
- pengembangan penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan dasar, dan atas prinsip-prinsip yang diabadikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa;
- pengembangan rasa hormat kepada orangtua anak, identitas budaya, bahasa dan nilai-nilainya sendiri, kepada nilai-nilai nasional negara tempat anak bermukim, anak berasal, dan penghormatan kepada peradaban-peradaban yang berbeda dari peradabannya sendiri;
- penyiapan anak untuk kehidupan yang bertanggungjawab dalam suatu masyarakat yang bebas, dalam semangat saling pengertian, perdamaian, toleransi, kesetaraan jenis kelamin, dan persahabatan antar semua bangsa, suku bangsa, kelompok nasional dan agama, dan orang-orang yang termasuk penduduk asli;.
- Pengembangan rasa hormat pada lingkungan alamiah.(8,39)(D)
36. Aplikasi pasal 12 KHA dalam pendidikan di sekolah adalah...
- A. diskusi dalam kelas
- B. study tour
- C. kegiatan ekstra kurikuler
- D. kesempatan melanjutkan hak sekolah
Dalam pasal 12 KHA diatur bahwa negara peserta menjamin hak anak untuk menyatakan pandapat, dan untuk memperoleh pertimbangan atas pendapatnya itu, dalam segala hal prosedur yang menyangkut anak.(8,30)(A)
37. Rochman Natawijaya menjelaskan bahwa guru SD sehubungan dengan BK seharusnya...
1). mengutamakan bimbingan individu
2). meleksanakan bimbingan kelompok di luar dan di dalam kelas
3). melengkapi rencana yang disusun bersama siswa
Rochman Natawidjaja (1984) salah seorang pakar terkemuka dalam bimbingan dan konseling mengemukakan peran yang harus dikaksanakan oleh guru dalam keseluruhan program bimbingan dan konseling dirumuskan kedalam 10 butir pernyataan:
- Mengidentifikasi kebutuhan, minat, bakat, dan masalah tiap anak, terutama didalam kelas
- Mengidentifikasi gejala salah suai pada diri anak dalam kegiatan di sekolah
- Memberi kemudahan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di lingkungan sekolah
- Melaksanakan bimbingan kelompok baik didalam maupun diluar kelas
- Melengkapi rencana yang telah dirumuskan oleh anak bersama guru
- Melaksanakan pengajaran sesuai dengan kebutuhan anak
- Mengumpulkan data dan informasi tentang anak terutama dalam kegiatan belajarnya
- Melaksanakan kontak dengan masyarakat, terutama pada orang tua atau wali anak
- Melaksanakan konseling terbatas
- Memberikan pelayanan rujukan (11.24)(1 dan 2 benar)
1). Sinta dapat menari selendang dengan baik
2). Tono dapat menulis tegak sambung dengan baik
3). Ani dapat menjawab soal matematika dengan baik
(1 dan 2 benar)
39. Menurut Hulock (1989) ada 4 cara minat mempengaruhi perkembangan anak
1) minat masa anak dapat menjadi minat selamanya
2) minat terhadap suatu mata pelajaran di sekolah, maka anak akan kuat belajarnya dan meraih nilai bagus
3). minat terhadap sesuatu yang besar akan menyulitkan perkembangan anak
Menurut Hurlock (1989) ada empat cara minat mempengaruhi perkembangan anak yaitu sebagai berikut :Minat dapat mempengaruhi bentuk dan intensitas aspirasi.Minat dapat sebagai pendorongMinat berpengaruh pada prestasiMinat yang berkembang pada masa anak–anak dapat menjadi minat selamanya.(1 dan 2 benar)
40. Kegiatan pembagian kelompok serta pemikiran ketua kelompok dalam kegiatan pembelajaran merupakan upaya yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan
1) persaingan sehat antar kelompok
2) semangat kepemimpinan
3) rasa tanggung jawab terhadap kelompoknya
(1 dan 3 benar)
41. Contoh kesibukan kelas yang merangsang belajar kreatif adalah
1) diskusi
2) melakukan kegiatan fisik
3) memberi ulangan/tes
42. Agar anak berperilaku sesuai dengan kelompok sosialnya, disiplin harus ditegakkan dengan cara
1) hukuman yang bijak
2) memberikan pujian/penghargaan
3) mendorong motivasi anak
Hal-hal yang penting dari disiplin untuk anak SD, (Hurlock, 1980) seperti berikut ini :1. Alat pembentuk moral2. Penghargaan3. Hukuman (3.7)(1,2,dan 3 benar)
43. Secara psikis anak yang menderita malnutrisi akan mengalami hambatan pada
1) daya konsentrasi belajarnya
2) kordinasi sensomotoriknya
3) tingkat kecerdasannya
Anak yang kekurangan gizi akan akan berkembang lebih kecil. Pertumbuhan pada jaringan otak akan terpengaruh, koordinasi sensomotoriknya sangat buruk, tingkat kecerdasan yang kurang, dan kelak akan memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi.(4.9)(1, 2, dan 3 benar)
44. Jika anak memandang dirinya cukup hebat atau bahkan sebaliknya. Bahwa dirinya terlalu kurang, maka
1) pertanda aktualisasi dirinya mulai berkembang
2) anak menunjukkan harga dirinya
3) anak mengalami gangguan emosi
45. Deficiency need berikut merupakan dasar yang harus lebih dulu dipenuhi dalam perkembangan hidup anak
1) aktualisasi diri
2) memiliki/mencintai
3) harga diri
Maslow menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenai
teori hirarki kebutuhan. Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya.Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hirarki, mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai yang paling tinggi (aktualisasi diri). Adapun hirarki kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut :
Kebutuhan fisiologis atau dasar
Kebutuhan akan rasa aman
Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
Kebutuhan untuk dihargai
Kebutuhan untuk aktualisasi diri
(4,24)(2 dan 3 benar)
Maslow menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenai
teori hirarki kebutuhan. Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya.Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hirarki, mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai yang paling tinggi (aktualisasi diri). Adapun hirarki kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut :
Kebutuhan fisiologis atau dasar
Kebutuhan akan rasa aman
Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
Kebutuhan untuk dihargai
Kebutuhan untuk aktualisasi diri
(4,24)(2 dan 3 benar)
46. Menurut Maslow dari teori humanisme seorang pendidik sebaiknya
1) rajin memotivasi siswa
2) berusaha mengendalikan siswa
3) memacu kemandirian siswa
Maslow mengemukakan bahwa individu berperilaku dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat hirarkis. Pada diri masing-masing orang mempunyai berbagai perasaan takut seperti rasa takut untuk berusaha atau berkembang, takut untuk mengambil kesempatan, takut membahayakan apa yang sudah ia miliki dan sebagainya, tetapi di sisi lain seseorang juga memiliki dorongan untuk lebih maju ke arah keutuhan, keunikan diri, ke arah berfungsinya semua kemampuan, ke arah kepercayaan diri menghadapi dunia luar dan pada saat itu juga ia dapat menerima diri sendiri.Hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow ini mempunyai implikasi yang penting yang harus diperhatikan oleh guru pada waktu ia mengajar anak-anak. Ia mengatakan bahwa perhatian dan motivasi belajar ini mungkin berkembang kalau kebutuhan dasar si siswa belum terpenuhi.(1 dan 3 benar)
47. Prinsip belajar menurut Rogers adalah
1) sikap mandiri, kreativitas dan percaya diri
2) materi yang dipelajari harus relevan dengan anak
3) adanya kebebasan yang diberikan untuk anak dengan batasan tertentu
(1 dan 3 benar)
4.Belajar yang bermakna dalam masyarakat modern berarti belajar tentang proses.
1) operasional konkrit
2) periode intuitif
3) bersifat egosentris
1) pembelajaran terpadu
2) meaningful learning
3) life space
Aplikasi teori Gestalt dalam pembelajaran adalah:
1) radikal
2) biasa
3) holistik
1) sikap mandiri, kreativitas dan percaya diri
2) materi yang dipelajari harus relevan dengan anak
3) adanya kebebasan yang diberikan untuk anak dengan batasan tertentu
(1 dan 3 benar)
4.Belajar yang bermakna dalam masyarakat modern berarti belajar tentang proses.
1) operasional konkrit
2) periode intuitif
3) bersifat egosentris
Pada tahap praoperasioanl (2-7) dalam berpikir anak masih egosentris, artinya pola pikr anak masih pada susut pandangnya saja tidak bisa menggunakan sudut pandang orang lain. Pada tahapan pemikiran intuitif (4-7 tahun) anak menggunakan penalaran primitifnya untuk menemukan jawaban-jawaban. Pada tahapan praoperasional anak belum dapat melakukan konservasi, berpikir anak terpusat pada satu karakteristik saja.(2.7)(2 dan 3 benar)49. Pendekatan pembelajaran yang didasari teori Gestalt adalah
1) pembelajaran terpadu
2) meaningful learning
3) life space
Aplikasi teori Gestalt dalam pembelajaran adalah:
- Pengalaman (insight/tilikan). Dalam proses pembelajaran siswa hendaknya memiliki kemampuan insight, yaitu kemampuan mengenal keterkaitan unsur-unsur dalam suatu objek. Guru hendaknya mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan insight.
- Pembelajaran yang bermakna. Kebermaknaan unsur-unsur yang terkait dalam suatu objek akan menunjang pembentukan pemahaman dalam proses pebelajaran. Content yang dipelajari siswa hendaknya memiliki makna yang jelas baik bagi dirinya maupun bagi kehidupannya di masa yang akan datang.
- Perilaku bertujuan. Perilaku terarah pada suatu tujuan. Perilaku di samping adanya ikatan dengan SR-bond, juga terkait erat dengan tujuan yang hendak dicapai. Pembelajaran terjaid karena siswa memiliki harapan tertentu. Sebab itu pembelajaran akan berhasil bila siswa mengetahui tujuan yang akan dicapai.
- Prinsip ruang hidup (life space). Dikembangkan oleh Kurt Lewin (teori medan/field theory). Perilaku siswa terkait dengan lingkungan/medan di mana ia berada. Materi yang disampaikan hendaknya memiliki kaitan dengan situasi lingkungan di mana siswa berada (kontekstual).(2 dan 3 benar)
1) radikal
2) biasa
3) holistik
Van Glaservield membedakan 3 level pengetahuan dan kenyataan, yakni konstruktivisme radikal, konstruktivisme hipotetik, dan konstruktivisme biasa.(6.9)(1 dan 2 benar)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih sangat membantu .. 🙏
BalasHapus