Sabtu, 01 Desember 2012

Menentukan Isi Pengumuman

Pengumuman adalah pesan atau informasi yang disampaikan kepada umum. Tujuan pengumuman adalah untuk menyampaikan sesuatu agar diketahui oleh umum (masyarakat). Pengumuman yang baik menggunakan bahasa yang singkat, padat dan mudah dipahami isinya. Bahasa yang singkat berarti bahasa itu ringkas, tidak berbelit-belit. Bahasa pengumuman harus padat, maksudnya ada keterpaduan antar paragraf, terdapat hubungan erat antara kalimat satu dengan lainya dalam sebuah paragraf.

Pengumuman harus memuat kepada siapa pengumuman ditujukan atau sasaran pengumuman; isi pengumuman; tempat dan tanggal pengumuman dibuat, serta pembuat pengumuman. Perhatikan contoh pengumuman berikut :

Menentukan Isi Pengumuman
Isi pengumuman merupakan maksud yang ingin disampaikan dalam pengumuman. Cara menentukan isi pengumuman adalah dengan membaca kalimat pembukan dan isi pengumuman yang terdiri dari hari, tanggal, waktu, tempat dan keperluan. Perhatikan contoh pengumuman  berikut :


Pengumuman
      Diberitahukan kepada seluruh siswa kelas 4, 5, dan kelas 6 SD Mandiri, bahwa SD Mandiri akan mengadakan pelatihan Dokter Kecil. Setiap kelas wajib mengirimkan lima orang wakil untuk mengikuti pelatihan dokter kecil. Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 14 - 17 Mei 2008 di gedung serbaguna SD Mandiri. Peserta akan mendapatkan seragam dan sertifikat.
        Bagi siswa yang akan mengikuti pelatihan dokter kecil harap mendaftarkan diri di kantor guru. Pendaftaran paling lambat tanggal 10 Mei 2008.
                                                                                               Surakarta, 20 April 2008
                                                                                                          Kepala Sekolah
                                                                                                          Abdullah S. Pd.

Sumber : Buku BSE Kelas IV, Samidi 
Dari pengumuman di atas dapat kita tentukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Pengumuman tersebut ditujukan kepada seluruh siswa kelas 4, 5, dan kelas 6 SD Mandiri;
  2. Pengumuman tersebut berisi  tentang kegiatan pelatihan Dokter Kecil di SD Mandiri Jaya;
  3. Pengumuman dibuat di Surakarta pada tanggal 20 Mei 2008;
  4. Pembuat pengumuman adalah Kepala Sekolah SD Mandiri Jaya bapak Abdullah, S. Pd.
Jadi isi pengumuman di atas adalah Sekolah akan mengadakan kegiatan pelatihan dokter kecil pada  tanggal 14 - 17  Mei 2008.  
Berikut ini beberapa contoh soal pengumuman
Pengumuman
      Dalam rangka menyukseskan program penghijauan, sekolah akan mengadakan penanaman pohon buah-buahan di kebun sekolah. Murid-murid diminta membawa satu bibit pohon buah ke sekolah.

Isi pengumuman tersebut adalah. … 
  • a.  Informasi tentang kebersihan sekolah
  • b.  Pengadaan program penghijauan
  • c.  Penanaman pohon buah-buahan di sekolah
  • d.  Informasi untuk murid agar membawa satu pohon buah ke sekolah
Isi pengumuman tersebut adalah  informasi untuk murid agar membawa satu pohon buah ke sekolah

   Sehubungan dengan hasil ujian tengah semester, SD Taruna Bangsa akan mengadakan remidi. Siswa yang mendapatkan nilai di bawah 6 harus mengikuti remidi….Atas perhatian siswa, saya ucapkan terima kasih.Isi pengumuman tersebut adalah
  • a.  Hasil ujian tengah semester sangat bagus.
  • b.  Siswa diminta belajar dengan tekun karena remidi ini sangatlah penting.
  • c.  SD Taruna akan mengadakan remidi
  • d.  Siswa kelas VI akan mengikuti remidi.
Isi pengumuman tersebut adalah SD Taruna akan mengadakan remidi
Pengumuman
Diberitahukan kepada semua siswa SD Harapan Jaya. SD Harapan Jaya akan mengadakan lomba baca puisi. Diharapkan kepada siswa-siswi yang berminat segera mendaftarkan diri di sekretariat Pendaftaran ditutup tanggal 7 mei 2012.

Demikianlah pengumuman ini disampaikan. Terima kasih.

Isi pengumuman tersebut adalah. …
  • a.  SD Harapan Jaya akan mengadakan lomba baca puisi. 
  • b.  Pendaftaran peserta lomba di sekretariat.
  • c.  Pendaftaran ditutup tanggal 7 Mei 2011.
  • d.  Siswa wajib mengikuti lomba baca puisi.
Isi pengumuman tersebut adalah SD Harapan Jaya akan mengadakan lomba baca puisi.

Melengkapi Pengumuman
Pengumuman bertujuan untuk menginformasikan sesuatu kepada pembaca. Kalimat pertama pengumuman memiliki maksud bahwa pembuat pengumuman ingin menyampaikan informasi kepada banyak orang. Kalimat pertama pengumuman biasanya menggunakan kata "Diberitahukan kepada......." atau "Diumumkan kepada....." Perhatikan contoh pengumuman berikut ini :
Contoh 1 : 
Pengumuman
..................Sehubungan dengan hal itu, semua siswa diharapkan hadir di halaman sekolah tepat pukul 07.oo WIB mengenakan pakaian seragam merah-putih. 

Untuk melengkapi pengumuman di atas dapat kalimat : Diumumkan kepada seluruh siswa SD Maju Jayaa, dalam rangka memperinagti hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2012, sekolah akan melaksanakan upacara.

Contoh 2 :
Pengumuman
.......SD Budi Asih akan mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah. Kegiatan direncanakan pada hari Jum'at, 12 Maret 2012. Semua siswa diwajibkan membawa peralatan kebersihan.

Untuk melengkapi pengumuman di atas dapat kalimat : Diumumkan kepada seluruh siswa SD Budi Asih untuk membawa peralatan kebersihan ke sekolah pada hari Jum'at, 12 Maret 2012.

Contoh 3 :
........
       Siswa yang berminat supaya mendaftar kepada ketua kelas masing-masing paling lambat hari Senin, 12 April 2012. Lomba akan diadakan hari Sabtu, 17 April 2012. Pembagian hadiah bagi pemenang pada hari Rabu, 21 April 2012.
            Demikian mohon diperhatikan dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Untuk melengkapi pengumuman di atas dapat kalimat : Diumumkan kepada seluruh siswi  SD Negeri 4 Karanganyar, dalam rangka memperingati Hari Kartini sekolah kita akan mengadakan lomba kartini kecil.

Soal UH Menulis dan Menentukan isi Pengumuman

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar