Rabu, 11 September 2013

RPP Perbaikan Pembelajaran

RPP Perbaikan Pembelajaran. Pada hakikatnya PKP merupakan program kegiatan yang memberikan pengalaman belajar untuk meningkatkan kemampuan profesional guru SD dalam mengelola pembelajaran. Artinya, guru SD tidak saja bertanggung jawab mengajar lima bidang studi sebagai guru kelas di SD, tetapi juga harus terampil mengelola dan memperbaiki atau meningkatkan proses pembelajaran lima bidang studi (matematika, PKn, IPS, Bahasa Indonesia, IPA) di berbagai kelas di SD. Berikut ini contoh RPP Perbaikan Pembelajaran. Silahkan anda unduh file (Ms Word) di sini.
RENCANA  PERBAIKAN  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah
: SD Negeri....
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: VI/1
Waktu
: 1 x 35menit
Hari, tanggal
: Rabu,13 Oktober 2013
Standar Kompetensi : 
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
Kompetensi Dasar : 
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar
      sederhana.
Indikator : 
3.1.4 Menentukan luas segi banyak gabungan dari segitiga dan persegi 
I.  Tujuan 
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Siswa dapat menentukan luas segitiga.
2. Siswa dapat menentukan luas persegi.
4. Siswa dapat menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan dari segitiga  
    dan persegi.

B. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
Dengan bantuan alat peraga gambar bangun datar segitiga dan persegi, pemahaman siswa meningkat dalam hal luas gabungan bangun datar.

II. Materi, Media, Sumber, Metode Pembelajaran
A. Materi Pembelajaran
( terlampir )
B. Media
  1. Media cetak
  2. Gambar bangun datar segitiga dan persegi
C. Sumber Bahan
  1. Buku Matematika VI Tahun 2008, Y.D. Sumanto dkk,  Penerbit Pusat Perbukuan
  2. Lingkungan Sekitar
  3. Buku Perpustakaan
D. Metode
  1. Demonstrasi
  2. Ceramah bervariasi
  3. Diskusi
III. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan 1
A.  Kegiatan awal ( 5 menit )
  • Menyiapkan alat dan sumber pelajaran.
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran.
  • Apersepsi: Untuk menggali informasi, siswa menceritakan pengalaman di rumah yang  berhubungan dengan luas bangun datar
 B.  Kegiatan Inti  (20 menit )
  • Melalui demonstrasi, guru menunjukkan cara menyelesaikan masalah yang  berhubungan dengan luas segi banyak gabungan segitiga dan persegi.
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
  • Melalui berdiskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menemukan luas segi  banyak gabungan segitiga dan persegi.
  • Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
  • Guru member pekerjaan rumah sebagai tindak lanjut
C.  Kegiatan Akhir ( 10 menit )
  •  Siswa mengerjakan test formatif
  •  Guru menganalisis soal test formatif
  •  Refleksi  : Siswa membuat rangkuman materi dengan bimbingan guru.
IV. Penilaian
A.  Prosedur test
Post test
B.  Jenis test
      Tes tertulis.
C.  Bentuk test
      Isian 
D.  Alat test 
      ( terlampir )
E.  Teknik Penskoran
  ( terlampir )
Mengetahui:
Spervisor




...................................
NIP.............................................
Bandung,...................
Mahasiswa




..........................................
NIM....................................
Lampiran 1 :
MATERI PEMBELAJARAN
Sekolah
: SD Negeri....
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: VI/1
Waktu
: 1 x 35menit
Hari, tanggal
: Rabu, 13 Oktober 2013
Standar Kompetensi : 
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
Kompetensi Dasar : 
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar
       sederhana.
Indikator :  
3.1.4 Menentukan luas segi banyak gabungan dari segitiga dan persegi
 Luas gabungan bangun datar
1. Luas segitiga
Luas segitiga dapat dicari dengan rumus : ½ x a x t
a = alas
t = tinggi
Contoh :
Luas segitiga :
= ½ x a x t
= ½ x 8 cm x 4 cm
= ½ x 32 cm
= 16 cm² 
2. Luas persegi
Luas persegi dapat dicari dengan rumus : s x s
s = sisi
Contoh :
Luas persegi =
= s x s
= 8 cm x 8 cm
= 64 cm²
3. Luas gabungan segitiga dan persegi
Luas gabungan segitiga dan persegi dapat dicari dengan :
1. Membagi segi banyak menjadi bangun segitiga dan persegi
2. Menghitung luas tiap bagian
Luas segitiga = ½ x a x t
= ½ 15 cm x 8 cm
= ½ x 120 cm²
= 60 cm2
Luas persegi = s x s
= 15 cm x 15 cm
= 225 cm²
3. Menjumlahkan luasnya
Luas segi banyak = Luas segitiga + luas persegi
=  60 cm² + 225 cm² 
= 285 cm²   


Lampiran 2 : 
LEMBAR KERJA SISWA
Sekolah
: SD Negeri....
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: VI/1
Waktu
: 1 x 35menit
Hari, tanggal
: Rabu,13 Oktober 2013
Standar Kompetensi : 
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
Kompetensi Dasar : 
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar
      sederhana.
Indikator : 
3.1.4. Menentukan luas segi banyak gabungan dari segitiga dan persegi 
Petunjuk  :
  1. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok, dengan anggota masing – masing kelompok 3 – 5 orang.
  2. Kerjakanlah soal di bawah ini dengan baik dan benar.
  3. Apabila ada yang masih kurang jelas tanyakan pada guru.
Luas gabungan segitiga dan persegi dapat dicari dengan :
1.  Bangun di samping terdiri dari bangun ............. dan .............
2.  Hitunglah luas tiap bagian
     Luas segitiga = ½ x ........x...............
                     = ½ x.......cm x ......cm
                     = ½ x.......cm²
                     = ............. cm²
    Luas persegi   =..............x.............
                     = ........cm x.........cm
                     =.........cm²
3.  Jumlahkan luasnya
     Luas segi banyak = ............... +.............
                            = .........cm² +........cm² 
                            =......... cm²  

Sampaikanlah hasil diskusi kelompokmu di depan kelas, dan mintalah kelompok lain menanggapi hasil diskusimu !
Kelompok : ...................
Ketua : ...................
Anggota kelompok :
1. ............................
2. ............................
3. ............................
4. ............................
5. ............................

Lampiran 3 :
LEMBAR EVALUASI 
Sekolah
: SD Negeri....
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: VI/1
Waktu
: 1 x 35menit
Hari, tanggal
: Rabu,13 Oktober 2013
Standar Kompetensi : 
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
Kompetensi Dasar : 
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar
      sederhana.
Indikator : 
3.1.4 Menentukan luas segi banyak gabungan dari segitiga dan persegi

Nama : .................
Tanggal : ..................

Petunjuk :
1. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !


a. Luas segitiga adalah........cm²  
b. Luas bangun persegi adalah..........cm²  
c. Luas gabungan bangun datar adalah........cm²
   







Lampiran 4 :
Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
1. 25 cm²   
2. 100 cm²
3. 125 cm²
Pedoman Penilaian :
1. Jumlah soal 3 butir soal;
2. Soal nomor 1 dan 2 jika benar diberi skor masing – masing 3.
3. Soal nomor 3 jika benar diberi skor 4.
4. Jumlah skor 10;
5. Nilai Akhir =     Skor perolehan siswa     x 100
                                       Skor maksimum

Lampiran 5 :
LEMBAR ANALISIS HASIL BELAJAR

Sekolah
: SD Negeri....
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: VI/1
Waktu
: 1 x 35menit
Hari, tanggal
: Rabu,13 Oktober 2013
asu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / semester : VI / 1
Waktu : 1  x 35 menit 
Hari, tanggal : Rabu, 13 Oktober 2013
Standar Kompetensi : 
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma 
    segitiga.
Kompetensi Dasar : 
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar
      sederhana.
Indikator : 
3.1.4 Menentukan luas segi banyak gabungan dari segitiga dan persegi
No.
Jumlah Salah
Nilai (x1)
Jumlah Ssswa (x2)
Jumlah
1.
0
100
-
-
2.
1
80
-
-
3.
2
60
-
-
4.
3
40
-
-
5.
4
20
-
-
6.
5
0
-
-
( X1 – X2 )
Rata – rata :  ------------
                            ( X2 )
Keterangan : Jika rata – rata < 65 maka diadakan perbaikan
               Jika rata – rata >65 maka diadakan pengayaan                    

3 komentar: